• Tidak ada hasil yang ditemukan

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Strategi Komunikasi Pengemasan Pesan 24 Mobile SPA dalam Meraih Calon Pelanggan

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Strategi Komunikasi Pengemasan Pesan 24 Mobile SPA dalam Meraih Calon Pelanggan"

Copied!
18
0
0

Teks penuh

(1)

STRATEGI KOMUNIKASI PENGEMASAN PESAN 24 MOBILE SPA DALAM MERAIH CALON PELANGGAN

Oleh

MEI INDRANINGRUM 362007103

SKRIPSI

Diajukan Kepada Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi

Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

SALATIGA 2014

(2)

STRATEGI KOMUNIKASI PENGEMASAN PESAN 24 MOBILE SPA DALAM MERAIH CALON PELANGGAN

Oleh

MEI INDRANINGRUM 362007103

SKRIPSI

Diajukan Kepada Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi

Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

SALATIGA 2014

(3)
(4)
(5)
(6)
(7)

   

(8)

MOTTO

“Believe you can and you’re halfway there”

Theodore Roosevelt

“I can do everything through God who gives me strenght”

Phillippians 4:13

(9)

KATA PENGANTAR

Segala pujian, hormat, dan syukur yang terdalam penulis naikkan kepada Tuhan Yesus Kristus karena perbuatanNya yang dahsyat dan selalu ajaib. Tak pernah lelah Dia memberkati dan memberikan kekuatan dari hari ke hari, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik.

Penulis sangat menyadari dalam proses penyusunan skripsi ini, ada banyak kekurangan yang dimiliki. Namun, dimulai dari proses penyusunan proposal, penelitian hingga penyusunan skripsi ini, penulis telah mendapatkan bimbingan serta dorongan dari berbagai pihak baik secara moral, spiritual, dan material. Oleh karena itu pada kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis dalam pengerjaan skripsi ini, yaitu:

1. Seluruh anggota keluarga besar Indra, keluarga besar penulis yang selalu ada untuk penulis dalam suka dan duka. Terutama kepada Alm. Bapak Gitawan Indrarto dan Sumini yang telah mendewasakan penulis. Alm. Pakdhe Ucok, Budhe Nuning, Tante Dian, Tante Ari yang selalu mendukung penulis untuk tak lelah dan tak menyerah. Mas Indra, Mbak Ari, dan Satria yang telah menjadi saudara yang hebat.

2. Bapak Royke Robert Siahainenia selaku pembimbing I sekaligus sosok bapak yang hebat bagi penulis. Terimakasih atas cara yang unik dalam mendidik penulis untuk berpikir berbeda selama proses bimbingan sampai skripsi ini selesai. Untuk seluruh perhatian, motivasi, dan waktu yang diberikan selama ini, penulis tak berhenti bersyukur memiliki pembimbing yang hebat.

3. Ibu Ester Krisnawati selaku pembimbing II, sekaligus menjadi teman berbagi suka dan duka. Terimakasih untuk setiap pencerahan baru dan segala bantuan yang sudah dikerahkan selama proses bimbingan.

(10)

4. Terimakasih dan hormat terbesar bagi setiap dosen-dosen yang sudah berbagi banyak hal baru selama penulis menuntut ilmu di FISKOM, yaitu : Ibu Dewi K.S, Bapak Daru Purnomo, Ibu Sri Suwartiningsih, Ibu Mustika Kuri Prasela, Bapak Kutut Suwondo, Bapak John Lahade, Bapak Erikson Sumtaky, Bapak Pamerdi Giri Wiloso dan Ibu Sih Natalia Sukmi dan dosen lain-lainya yang belum tersebutkan.

5. Pak Budi, Pak Panto dan Bu Yeni, serta staf TU lain. Terima kasih atas semua pertolongan dan senyum yang selalu tulus diberikan kepada penulis. Hal yang langka yang penulis bisa temukan di tempat lain.

6. Teman-teman FISKOM, diantaranya: Rike Indriyani, Emawati Sulistyo, Dini Johanawati, Astrid Acknesia, Karina Shintaningrum, Alnelia Sefriani, Yessy Stefany, Theresiana Noviana, dan juga teman-teman lain yang selalu ada di sekeliling penulis, yang selalu berbagi suka dan duka. Terimakasih untuk setiap suasana persahabatan yang tercipta. Kesuksesan dan berkat menyertai kita semua.

7. Pemilik 24 Mobile Spa, Kak Pebry Setyoko Handoyo dan Kak Michelle Tobing yang sudah mengijinkan penulis untuk meneliti, memberikan waktu, dan menyediakan segala keperluan penulis untuk menunjang penelitian. Dengan segala kerendahan hati penulis mengucapkan terimakasih dan Tuhan Yesus memberkati. Sukses!

8. Untuk semua sahabat spiritual di GSJA Kristus Raja dan semua pihak yang tak lelah memberikan dukungan, motivasi, dan doa selama ini. Untuk Yonatan, Om Libe, Tante Anik, Weny, Ara, Fena, Roni Ndut, Lia, Yosia, Destiya, Rini Devi, Sinta, Danis, Tina, Eta, Roni S, dan semua teman-teman lain yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu, terimakasih untuk kebaikannya. Tuhan Yesus menyertai kita semua.

(11)

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna. Penulis berharap skripsi ini dapat memberikan manfaat dan sebagai bahan pembanding untuk penelitian selanjutnya dan pembaca pada umumnya. Terima kasih.

Salatiga, 25 Maret 2014

MEI INDRANINGRUM 362007103

(12)

SARIPATI

STRATEGI KOMUNIKASI PENGEMASAN PESAN 24 MOBILE SPA DALAM MERAIH CALON PELANGGAN

24 Mobile Spa merupakan usaha jasa yang yang melayani spa langsung ke rumah-rumah pelanggan. Kondisi Jakarta yang macet dan semrawut membuat calon pelanggan tidak punya kesempatan untuk merawat diri lantaran malas antre, tempat spa jauh, macet, dll menjadi peluang untuk membangun spa secara mobile. Untuk itu, promosi terus dilakukan agar banyak calon pelanggan mengenal 24 Mobile Spa. Lalu, muncul pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu bagaimana strategi komunikasi pengemasan pesan yang dilakukan 24 Mobile Spa dalam meraih calon pelanggan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan mengenai strategi yang dipakai oleh 24 Mobile Spa menjemput bola calon pelanggannya lewat pengemasan pesan yang telah dilakukan, sehingga calon pelanggan dapat tertarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data terdiri dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi jemput bola 24 Mobile Spa adalah adalah strategi yang dipakai untuk dapat menemui calon pelanggannya, yaitu dengan membangun saluran penjualan secara online, dan mengemas pesan tersebut sedemikan rupa supaya calon pelanggan tertarik. Pesan tersebut dikemas menggunakan isi pesan rasional, struktur pesan yang menarik kesimpulan sendiri atau menyerahkan kepada pelanggan, dan juga format pesan dengan menampilkan pesan yang jelas dan lengkap, yaitu dengan cara menampilkan bahasa yang mudah dimengerti, elemen pesan sebagai penegas, dan gambar untuk memperkuat pesan.

Kata kunci: 24 Mobile Spa, jemput bola, promosi, pengemasan pesan.

(13)

ABSTRACT

24 Mobile Spa is a kind of business that service directly into customer’s house. But, due to traffic jam and the crowded of Jakarta, make the costumer don’t have a time to take care of themself because they don’t want to stand in line, the location of SPA is so far, traffic jam, etc, it make an opportunity to build a mobile spa. So, they keep doing promotion to customer in order to get a recognize from new customer. Then, a question in this research is, how 24 Mobile Spa arrange a strategy of communication packing message to get a new customer.

The purpose of this research is to answer about picked up the ball strategy that 24 mobile spa’s apply to their costumer by messages packing that had been doing, so can make a new costumer interest in it. This research use qualitative descriptive approach. The collecting data technique includes from the result of intervies, observation, and documentation.

The result research show that 24 Mobile Spa’s pickep up the ball strategy is a strategy that used to meet their new customer, they build an online sell outlet development, and packing the message in order to meet their new costumer. That message used a rational message content, the structure of message that can make concluison by themself or give itu to their customer, and the show it clearly and completely message format, is by showing an easy message, an element message as a confirmation, and picture to support the message.

Keywords: 24 Mobile Spa, pickep up the ball, promotion, packing message

(14)

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

LEMBAR PENGESAHAN ... ii

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS………. iii

PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI……….. iv

MOTTO ... v

KATA PENGANTAR ...vi

SARIPATI ... ix

ABSTRACT... x

DAFTAR ISI ... xi

DAFTAR GAMBAR ... xiv

DAFTAR LAMPIRAN ... xv

1.5 Konsep-Konsep Yang Digunakan Dan Batasan Penelitian….. 6

A. Konsep-konsep yang digunakan………....…… 6

1. 24 Mobile Spa ...………... 6

(15)

2. Komunikasi Pemasaran ………... 7

3. Pengemasan Pesan ………... 7

B. Batasan Penelitian………... 8

BAB II KAJIAN TEORI ...10

2.1 Komunikasi Pemasaran ... 10

2.2 Tahapan Mengembangkan Komunikasi Pemasaran yang Efektif ... 13

a. Identifikasi Audiens Sasaran ... 14

b. Menentukan Tujuan Komunikasi ... 14

c. Merancang Pesan ... 14

d. Memilih Saluran Komunikasi ... 15

2.3 Pengemasan Pesan ... 16

2.4 Strategi ... 18

2.5 Strategi Jemput Bola ... 19

2.6 Internet Marketing ... 21

2.7 Hasil Penelitian Sebelumnya ... 22

2.8 Kerangka Pikir ... 24

BAB III METODE PENELITIAN ... 26

3.1 Pendekatan dan Jenis Penelitian ………... 26

3.2 Unit Analisa dan Unit Amatan ………... 26

3.3 Sumber Data ………... 27

(16)

3.4 Tekhnik Pengumpulan Data ………... 28

3.7 Tekhnik Analisis Data ………... 28

3.8 Validitas Data ………..………..…. 29

BAB IV HASIL PENELITIAN 24 MOBILE SPA………....31

4.1 Sejarah 24 Mobile Spa ……….……….. 31

4.2 Lokasi 24 Mobile Spa ... 36

4.3 Visi Misi Perusahaan ... 36

4.4 Logo ... 37

4.5 Stuktur Organisasi dan Deskripsi Kerja ... 38

4.6 Strategi Komunikasi Pemasaran yang dipakai 24 Mobile Spa ... 39

BAB V STRATEGI JEMPUT BOLA 24 MOBILE SPA ……… 53

5.1 Pengemasan Pesan ...………...….. 56

DAFTAR PUSTAKA ... 73

DAFTAR TERSEDIA ONLINE ... 75

(17)

DAFTAR GAMBAR

Gambar 4.1 Logo 24 Mobile Spa ... 16

Gambar 4.2 Promo lewat Blog ... 42

Gambar 4.3 Promo lewat BBM ... 43

Gambar 4.4 Display Picture BBM ... 43

Gambar 4.5 Promo lewat website ... 44

Gambar 4.6 Promo lewat Sosial Media Facebook ... 45

Gambar 4.7 Promo lewat Sosial Media Twitter ... 46

Gambar 4.8 Promo lewat Iklan Baris ABS ... 47

Gambar 4.9 Promo lewat Iklan Baris Baris Iklan... 48

Gambar 4.10 Promo lewat Iklan Baris Living Social ... 49

Gambar 4.11 Promo lewat Iklan Baris Groupon ... 50

Gambar 5.1 Website 24 Mobile Spa ... 54

Gambar 5.2 Isi Pesan pada menu Home ... 57

Gambar 5.3 Isi Pesan pada menu Pijat Hot Stone ... 58

Gambar 5.4 Isi Pesan pada menu Promo Spa Bulan ini... 59

Gambar 5.5 Isi Pesan pada menu Hot Stone ... 60

Gambar 5.6 Isi Pesan pada menu Home ... 61

Gambar 5.7 Struktur Pesan pada menu Home... 62

Gambar 5.8 Struktur Pesan pada menu Menu Spa ... 63

Gambar 5.9 Struktur Pesan pada menu Menu Spa ... 64

Gambar 5.10 Format Pesan pada menu Hot Stone ... 65

Gambar 5.11 Format Pesan pada menu Home ... 65

Gambar 5.12 Format Pesan pada menu Home ... 65

(18)

xv 

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Daftar wawancara Informan

Lampiran 2 Tabel Analisis Wawancara Informan Lampiran 3 Tabel Analisis Pesan Website

Gambar

Tabel Analisis Wawancara Informan

Referensi

Dokumen terkait

•• ---- ---- à à pertanyaan : seberapa cocok model yang pertanyaan : seberapa cocok model yang disusun terhadap data yang diperoleh ??. disusun terhadap data yang

bawa data-data asli yang berhubungan dengan p ng saudara upload di http://lpse.acehselatankab.go ah dikirim melalui e-mail masing-masing calon pe ai dengan batas waktu

•• Rancangan Rancangan percobaan percobaan secara secara faktorial faktorial dengan.. dengan tujuan

Program Peningkatan Kapasitas Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah 1

DAFTAR

Panitia Pengadaan Barang/Jasa Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan Sumber dana APBK+DAK Tahun Anggaran 2013 telah mengumumkan pemenang lelang melalui aplikasi layanan pengadaan

Hasil analisis data menunjukkan bahwa perbedaan kinerja yang diukur dari Secara absolut rata-rata rasio Current Ratio sebelum akuisisi lebih tinggi daripada sebelum

1 DINAS SYARIAT ISLAM Pembangunan Pagar Masjid Nurudda'wah 1