• Tidak ada hasil yang ditemukan

ANALISA PROGRAM STASIUN TELEVISI Perband (1)

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2018

Membagikan "ANALISA PROGRAM STASIUN TELEVISI Perband (1)"

Copied!
18
0
0

Teks penuh

(1)

ANALISA PROGRAM STASIUN TELEVISI

Perbandingan TV Hiburan (RCTI) dan TV Berita (METRO TV)

Diajukan untuk syarat kelulusan tugas individu PERENCANAAN

PROGRAM RADIO DAN TV

NAMA

: ELLYANTI HERLINA

NIM

: 42130744

KELAS

: 42.2B.12

Akademi Komunikasi Bina Sarana Informatika

Jurusan Penyiaran

Jakarta

(2)

KATA PENGANTAR

Atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, tugas ANALISA PROGRAM STASIUN TV ini dapat diselesaikan. Dalam proses penyusunannya sempat mengalami beberapa kendala. Namun, berkat kesungguhan dan kerja keras Penyusun dan dorongan dari berbagai pihak, kendala-kendala tersebut dapat diatasi. tugas ANALISA PROGRAM STASIUN TV ini disusun dengan tujuan membantu pembaca mempelajari, memahami, dan menggunakan Media televisi Untuk pembelajaran dengan baik dan benar.

Penyusun menyadari bahwa dalam ANALISA PROGRAM STASIUN TV yang dibuat ini masih banyak kekurangan di berbagai aspek, oleh sebab itu, Penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan ANALISA PROGRAM STASIUN TV ini.

Akhirnya, semoga ANALISA PROGRAM STASIUN TV ini bermanfaat dan menambah pengetahuan pembaca.Amin.

JAKARTA 2014

(3)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele (τ λε, "jauh") dari bahasa Yunani dan visioῆ ("penglihatan") dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.”Penggunaan kata "Televisi" sendiri juga dapat merujuk kepada "kotak televisi", "acara televisi", ataupun "transmisi televisi". Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal sering disebut dengan TV (dibaca: tivi, teve ataupun tipi.)

(4)

1.2 Maksud danTujuan analisa

1.2.1 Maksud

Kami bermaksud untuk menerapkan ilmu pengetahuan PERENCANAAN PROGRAM RADIO DAN TV kami , yang pada akhirnya kami memilih dan menganalisa program televisi berita(metro TV) dan Televisi Hiburan (RCTI) dengan data dan analisa yang kami punya

1.2.2 Tujuan Akademis

Program radio ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat tugas PERENCANAAN PROGRAM RADIO DAN TV di Akademi Komunikasi Bina Sarana Informatika (AKOM BSI) jurusan penyiaran (Broadcasting).

1.2.3 Tujuan Praktisi

Tujuan kami secara praktisi adalah untuk membuat suatu analisa tentang televisi berita dan televisi hiburan yang sesuai dengan teori yang selama ini kami pelajari serta dijadikan bahan acuan secara aplikatif terhadap perwujudan ilmu pengetahuan dibidang penyiaran khususnya program siaran televisi, juga sebagai bahan pertimbangan program siaran televisi yang telah banyak disiarkan dibeberapa stasiun televisi di indonesia.

1.2.4 Tujuan Umum

Berdasarkan masalah diatas kami mengidentifikasi maksud dan tujuan analisa ini di buat adalah :

1. Mengetahui sejarah RCTI dan METRO TV

2. Mengetahui bentuk-bentuk Program acara all days, program unggulan, dan format program yang ada di RCTI dan METRO TV

3. Mengetahui perbandingan antara televisi hiburan dan televisi berita.

(5)

PEMBAHASAN

2.1 RCTI (televise hiburan)

2.1.1

Sejarah RCTI

Tanggal 24 Agustus 1989 sebuah catatan penting digoreskan dalam lembaran sejarah pertelevisian Indonesia, stasiun televisi swasta pertama di Indonesia, RCTI, mulai mengudara secara terrestrial di Jakarta. Menayangkan berbagai program acara hiburan, informasi dan berita yang dikemas dengan menarik.RCTI tumbuh dengan cepat menjadi agen perubahan dan pembaharu dalam dinamika sosial masyarakat di Indonesia.

Saat ini RCTI merupakan stasiun televisi yang memiliki jangkauan terluas di Indonesia, melalui 48 stasiun relaynya program-program RCTI disaksikan oleh lebih dari 190,4 juta pemirsa yang tersebar di 478 kota di seluruh Nusantara, atau kira-kira 80,1% dari jumlah penduduk Indonesia. Kondisi demografi ini disertai rancangan program-program menarik diikuti rating yang bagus, menarik minat pengiklan untuk menayangkan promo mereka di RCTI.

Sejak awal, cita-cita RCTI adalah menciptakan serangkaian acara unggulan dalam satu saluran, yang memungkinkan para pengiklan memilih RCTI sebagai media iklan-iklan mereka.Cita-cita itu menjadi nyata karena sejak berdiri hingga saat ini RCTI senantiasa menjadi market leader.Di usianya yang ke-22, tahun 2011 (periode Januari - Desember 2011) RCTI tetap mempertahankan posisi market leader dengan pangsa pemirsa mencapai 17.5% (ABC, 5+) dan 17.8% (All Demography).RCTI juga berhasil mempertahankan pangsa periklanan televisi tertinggi sebesar 15.7% (periode Januari - Nopember 2011), seperti dilaporkan oleh Nielsen Audience Measurement.

(6)

2.1.2 Visi dan misi RCTI

-Visi

"Media Utama Hiburan dan Informasi"

RCTI menyajikan acara-acara yang menarik dan bermutu sehingga menjadi televisi pilihan terbaik untuk hiburan dan informasi di Indonesia.Keseimbangan antara bisnis dan tanggung jawab sosial berjalan seiring.

-Misi

"Bersama Menyediakan Layanan Prima"

RCTI memberi tekanan pada semangat kebersamaan dalam rangka menumbuh-kembangkan upaya-upaya bersama di mana semua komponen Perusahaan, dari tingkat atas sampai bawah, dirangsang, dikoordinasi serta disistematisasi untuk berkarya sebaik mungkin dalam memberikan layanan terbaiknya.

2.1.3 Profil Perusahaan RCTI

RCTI menerima izin siaran pada 1 Januari 1987 di Jakarta dan sekitarnya dengan dekoder. RCTI berdiri pada 21 Agustus1987 di Jakarta dan dibangun di atas tanah seluas 10 Hektar. Pada13 November1988, RCTI melakukan siaran percobaan pertama kali, selama 4 jam sehari dengan dekoder.

Televisi berlangganan

(7)

modalnya lebih murah jika dibandingkan dengan memproduksi sendiri yang biayanya jauh lebih mahal.

Televisi terestrial

Karena setiap hari pelanggan dekoder RCTI semakin bertambah di wilayah Jabodetabek, maka pada 1 Agustus 1990, RCTI melakukan pelepasan dekoder. Lalu bertepatan dengan ulang tahun RCTI ke-1, tepatnya tanggal 24 Agustus 1990, pemerintah akhirnya mengizinkan RCTI beroperasi secara terestrial sebagai siaran gratis dan pada saat itu pula, PT Bimantara Citra Tbkmendirikan SCTV sebagai stasiun televisi swasta kedua di Indonesia yang pada saat itu berstatus televisi lokal di Surabaya untuk merelay acara-acara RCTI di Surabaya. Baru pada tahun1991, RCTI merealisasikan hal itu setelah RCTI meluaskan siarannya ke Bandung pada 1 Mei1991.

Bertepatan dengan ulang tahun ke-4, tepatnya tanggal 24 Agustus 1993, RCTI melakukan siarannya secara nasional. Menginjak usia ke-11, tepatnya tanggal 24 Agustus 2000, RCTI resmi berganti logo baru yang menggambarkan penampilan

10 dan semangat baru. Hingga awal tahun 2001, RCTI memiliki 47 stasiun transmisi di seluruh Indonesia.

2.1.4 Program Unggulan RCTI

Dahsyat

(8)

Go Spot

Go Spot, tayangan infotainment in-house production ini, memberikan nuansa baru dari setiap kisah selebritis yang disajikannya. Ditayangkan secara live setiap pagi, Go Spot menyajikan berita dari kalangan selebritis dengan apa adanya, tidak mengurangi, menambahi, apalagi memanas-manasi. Pemirsa tidak perlu waswas ketinggalan berita karena Go Spot hadir menemani pemirsa sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Tidak ada cara yang lebih menyenangkan untuk memulai hari selain dengan segelas kopi dan gosip hangat di Go Spot. Setiap Senin - Jumat (Pukul 06.00 WIB), Sabtu - Minggu (Pukul 05.30 WIB)

12

Bukan Talent Biasa

Bukan Talent Biasa adalah program variety show yang menghadirkan beragam talent unik. Dalam program ini, seorang kontestan akan dinilai oleh 4 juri dan diberikan uang tunai total puluhan juta rupiah. Kontestan akan ditantang oleh penonton ataupun artis. Di akhir program, akan dipilih satu orang kontestan ter-”Bukan Biasa” dan mendapatkan hadiah jutaan rupiah. SENIN, SELASA & JUMAT, 22.30 WIB LIVE  Intens

Infotainment terbaru yang mampu membahas dunia selebritis .Selama satu jam, INFOTAINMENT terbaru "INTENS" hadir untuk mengupas tuntas kisah dan kasus para selebritis tanah air secara intens dan aktual dengan Investigasi yang mendalam juga turut menjadikan "INTENS" berbeda dari tayangan infotainment lainnya. SETIAP SENIN -JUMAT (11.30 WIB), SABTU - MINGGU (11.00 WIB).

Kabar – Kabari

Kehidupan selebritis yang penuh dengan pernak-pernik selalu menarik untuk disimak. Semakin terkenal seorang selebritis, semakin tinggi minat pemirsa untuk mengetahui kehidupan pribadinya. Demi memenuhi rasa ingin tahu pemirsa setia RCTI akan para public figure tanah air, Kabar Kabari hadir untuk mengungkap kisah teranyar dari dunia selebriti dengan gaya penuturan yang ringan dan blak-blakan. Apa pun bisa jadi berita karena, “Tidak ada berita yang tak bisa kami kabari karena kami adalah Kabar Kabari.” SETIAP SENIN & KAMIS, 16.00 WIB

(9)

Selama satu jam, Silet hadir untuk mengupas tuntas kisah dan kasus para selebritis tanah air. Dengan gaya bahasa yang puitis, Silet menjadikan hal-hal yang tabu menjadi layak dan patut diperbincangkan. Infotainment yang mampu membahas dunia selebritis setajam silet ini sanggup menghadirkan nara sumber yang sulit ditemui sekali pun. Dengan reputasinya, Silet selalu berhasil membuat selebritis angkat bicara tentang persoalan yang tengah mereka hadapi bahkan tidak jarang sampai menguraikan air mata. Investigasi yang mendalam juga turut menjadikan Silet

berbeda dari tayangan infotainment lainnya. SETIAP SENIN - JUMAT (11.00 WIB), SABTU - MINGGU (11.30 WIB).

Seputar Indonesia

Seputar Indonesia adalah program berita berdurasi 30 menit yang ditayangkan langsung setiap sore dari studio RCTI di Kebon Sirih Jakarta Pusat. Program ini merupakan program berita pertama yang ditayangkan oleh sebuah stasiun televisi swasta di Indonesia.

Embrionya adalah program Seputar Jakarta yang pertama mengudara pada 1 November 1989 dan menyajikan berbagai perkembangan utama di ibukota. Sejak itu Seputar Indonesia memperluas cakupan liputannya ke seluruh nusantara, mengandalkan kekuatan peliputan dari

koresponden dan kontributor di hampir semua provinsi.

Seputar Indonesia memiiki filosofi “apa kata dan bagaimana pengaruh bagi masyarakat”. Filosofi ini mendasari penyajian setiap berita sehingga dekat dan mudah dipahami oleh masyarakat. SETIAP HARI, 16.30 WIB

Seputar Indonesia Pagi

Sejak Februari 2009 bertransformasi menjadi Seputar Indonesia Pagi, guna memperkokoh positioning dan citra Redaksi RCTI di bawah flagship program Seputar Indonesia. Setiap Hari, 04.30 WIB

(10)

Program berita berdurasi 30 menit yang ditayangkan secara langsung dari studio RCTI Kebon Sirih, Jakarta, mulai Senin hingga Jum’at. Sebagai penutup hari, Seputar Indonesia Malam menyajikan peristiwa yang terjadi mulai siang hingga malam.

Masalah politik, hukum, olahraga dan internasional menjadi sajian utama bagi para pria, pemirsa dominan Program Seputar Indonesia Malam. Sesuai konsep rest & relax, Seputar Indonesia Malam juga menyajikan features, seperti profil, gaya hidup, tempat wisata dan teknologi. Setiap Selasa - Sabtu, waktu tentativ

2.1.5 Clock Format RCTI

12% 8%

PRESENTASE PROGRAM RCTI

NEWS INTERAKTIF HIBURAN

2.2 METRO TV

MetroTV adalah sebuah stasiun televisi swasta Indonesia yang didirikan oleh PT Media Televisi Indonesia. Stasiun ini resmi mengudara sejak 25 November2000 di Jakarta. PT Media Televisi Indonesia merupakan anak perusahaan dari Media Group, suatu kelompok usaha media yang dipimpin oleh Surya Paloh, yang juga merupakan pemilik surat kabar Media Indonesia. PT Media Televisi Indonesia memperoleh izin penyiaran atas nama "MetroTV" pada tanggal 25 Oktober 1999. Pada tanggal 25 November 2000, MetroTV mengudara untuk pertama kalinya dalam bentuk siaran uji coba di 7 kota. Pada awalnya hanya bersiaran 12 jam sehari, sejak tanggal 1 April2001, MetroTV mulai bersiaran selama 24 jam. Dari awalnya memulai operasi dengan 280 orang karyawan, saat ini MetroTV mempekerjakan lebih dari 900 orang, sebagian besar di ruang berita dan daerah produksi.

2.2.1

Sejarah MetroTV

(11)

program sinetron. Metro TV juga menayangkan siaran internasional berbahasa Inggris pertama di Indonesia Indonesia Now yang dapat disaksikan dari seluruh dunia. Stasiun ini dikenal memiliki presenter berita terbanyak di Indonesia

2.2.2 Visi dan Misi MetroTV

-Visi Metro TV

Untuk menjadi stasiun televisi Indonesia yang berbeda dengan stasiun televisi lainya dan menjadi nomor satu dalam program beritanya, menyajikan program hiburan dan gaya hidup yang berkualitas. Memberikan konsep unik dalam beriklan untuk mencapai loyalitas dari pemirsa maupun pemasang iklan.

-Misi Metro TV

Untuk membangkitkan dan mempromosikan kemajuan bangsa dan negara melalui suasana yang demokratis, agar unggul dalam kompetisi global, dengan menjunjung tinggi moral dan etika.

Untuk memberikan nilai tambah di industri pertelevisian dengan memberikan pandangan baru, mengembangkan penyajian informasi yang

berbeda dan memberikan hiburan yang berkualitas. Dapat mencapai kemajuan yang signifikan dengan membangun dan menambah aset, untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para karyawannya dan menghasilkan keuntungan yang signifikan bagi pemegang saham.

2.2.3 Profil MetroTV

Profil perusahaan merupakan identitas perusahaan dimana didalamnya terdapat kejelasan sebagai berikut:

Nama Perusahaan : PT. Media Televisi Indonesia (METRO TV)

Alamat : Jl. Pilar Mas Raya Kav A – D, Kedoya, Kebon Jeruk

Jakarta 11520

Telepon : (021) 58300077 (Hunting)

Fax : (021) 58300066 (General)

(021) 58302139 (Redaksi)5

(021) 5816216 (PR & Publicity)

(12)

Website : www.metrotvnews.com

Slogan : METRO TV Knowledge To Elevate

2.2.4 Program Unggulan MetroTV

Breaking News

Program berita tercepat dan terbaru saat sebuah kejadian atau peristiwa penting terjadi. Setiap program yang sedang berjalan akan dihentikan sementara untuk pemberitaan program Breaking News ini.

Headline News

Program berita setiap jam selama 2-7 menit, setiap harinya. Program ini diadaptasi dari program yang sama yang dimiliki stasiun televisi internasional CNN. Sebagian besar Headline News ditayangkan dalam Bahasa Indonesia, namun pada jam tertentu Headline News dibacakan dalam Bahasa Inggris.

Metro Pagi

Program berita pagi Metro TV yang mengudara setiap hari pada pukul 05:00 - 06:30 WIB. Metro Pagi juga menayangkan Laporan VOA yang disiarkan Voice of America dari Washington setiap Senin hingga Jumat.

Metro Xin Wen

Program berita berbahasa mandarin yang mengudara setiap hari pada pukul 08.30 - 09.00 WIB

• Metro This Morning

Program berita berbahasa Inggris. Mengudara setiap hari pada pukul 08.30 - 09.00. Namun, acara ini berakhir pada awal April 2007.

Indonesia This Morning

(13)

Metro Siang

Siaran berita Metro TV yang mengudara setiap hari pada pukul 12:00 - 13:00 WIB (pada hari Senin dan Jumat) dan 12:00 - 12:30 WIB (pada hari Sabtu dan Minggu).

• News Flash

Program berita tiga bahasa (Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin dan Bahasa Indonesia. Mengudara setiap hari Senin - Jumat pada pkl 09:30, 12:30, 19:30 WIB selama 5 menit.

• World News

Program berita dunia yang mengudara selama 30 menit pada hari Senin - Jumat pada pukul 16:30 WIB. Metro World News ini telah sukses melakukanwawancara terhadap berbagai pemimpin dunia seperti Tony Blair, dan Mahmood Ahmadinejad.

• Metro Hari Ini

Program berdurasi 1.5 jam pada hari Senin - Sabtu dan 30 menit pada hari Minggu pada pukul 17:30 WIB. Berisi rangkuman informasi selama sehari.

• Suara Anda

Program berita 30 menit yang menyajikan berita yang bisa anda pilih. Mengudara pada hari Senin - Jumat pada pukul 19:00 WIB.

• Top Nine News

Salah satu program yang ditunggu. Karena memiliki variasi angka 9. Sembilan berita teratas pada pukul Sembilan malam WIB. Dan pada rubrik ke-8 Top of The top berisi 9 berita menarik yang disajikan dalam waktu 90 detik. Mengudara pada hari Senin - Jumat selama 30 menit.

Top Nine News Weekend

Program sembilan berita teratas pada pukul 21.00 WIB. Dan pada rubrik ke-8 Top of The Week berisi 9 berita menarik yang disajikan dalam waktu 90 detik. Mengudara pada hari Sabtu selama 30 menit.

(14)

Program berita Metro TV yang berisi rangkuman berita selama sepekan. Mengudara setiap hari Minggu pada pukul 18:30 WIB selama 30 menit.

Metro Sport

Program berita olahraga yang disiarkan pada pukul 23:05 WIB selama 25 menit.

• Metro Malam

Program berita malam yang disiarkan pada pukul 00:00 WIB selama 1 jam.

Kick Andy

Program talk show oleh Andy F. Noya pada hari Jumat pukul 22.00 WIB

Indonesia Now

Program Internasional yang mulai mengudara pada tanggal 1 September 2006. Dibawakan oleh Frida Lidwina dan Dalton Tanonaka ( Mantan penyiar CNN, CNBC Asia dan NHK Jepang). Mengudara setiap hari Sabtu pada pukul 07.00 WIB dan Minggu pukul 17.30 WIb selama 30 menit. Acara ini juga dapat disaksikan di Benua Amerika, Eropa dan di wilayah Asia Pasifik.

Mario Teguh Golden Ways

Program motivasti yang ditayangkan setiap hari Minggu pukul 19.00-20.00 WIB, siaran ulang pada setiap hari Jumat pukul 13.30-14.30 WIB.

TELEVISI BERITA

NO

.

(15)
(16)

2.

PROGRAM UNGGULAN:

“METRO PAGI”

Waktu siaran: SETIAP HARI ( 05.00 – 06.30) Target segmentasi :

Usia penonton: 25-50 tahun Tingkat sosial: menengah keatas Gender: Pria dan Wanita

Pekerjaan : Karyawan, Wirausaha, dan Pegawai Tingkat pendidikan: S1-Menengah Atas

3.

FORMAT PROGRAM :

Format penyajian siarannya porsi dominan adalah berita dan program-program “interview”.

Contoh: Berita aktual seputar Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya.

4.

FORMAT CLOCK:

15%

70% 15%

Clock Format Metro TV dalam Seminggu

Hiburan News Interaktif

(17)

RCTI METRO TV

Adapun tipe tayangannya biasanya berupa: acara musik, sinetron, drama tivi, FTV, talk show, kulineri,

wisata, humor,

infotainment, kartun dll.. lebih banyak menayangkan hiburan dan lebih sedikit berita nya.

stasiun tivi yang sebagian besar menayangkan berita. Umumnya jenis program yang ditayangkan berupa: berita pagi, berita siang, berita petang, berita malam, diskusi, headlinenews, talkshow, berita olahraga, berita ekonomi, dll. Mulai pagi hari hingga larut malam semuanya tentang berita. Memang benar kalau program berita cenderung berdampak positif terhadap masyarakat. Yakni memberikan informasi terupdate dan faktual. Misalnya info tentang bencana alam di suatu daerah tertentu. Peran media di sini sangat membantu dalam mengabarkan tentang kondisi di lokasi kejadian.

Saran

RCTI METRO TV

(18)

kurangnya nilai edukasi. Maksudnya, nilai tayangan mereka kurang berbobot. Misalnya, menempatkan program sinetron pada prime time. Sangat disayangkan sekali kalau waktu-waktu itu hanya diisi oleh program-program kurang bermutu. Apalagi di dalamnya ada adegan-saja, tapi juga hiburan, edukasi, religi, dan informasi

Referensi

Dokumen terkait

hara tanaman dengan cara mengembalikan bahan organik tanah yang dimanfaatkan sebagai pupuk kompos. Dalam proses Penyehatan tanaman dilakukan dengan beberapa tahapan,

Dapat diidenti fi kasi beberapa poin yang menyebabkan terjadinya penurunan motivasi petani untuk merawat kebun. Penyebab tersebut terdiri dari kurangnya pengetahuan petani

[r]

konvensional seperti koran, radio, dan televisi; (2) Media sosial yang paling banyak dipilih sebagai sumber informasi utama terkait kasus Covid-19 adalah Instagram; (3)

Puji syukur kepada Alloh SWT atas rahmat dan karunia-Nya sehingga terselesaikannya tugas akhir saya yang berjudul “PENGEMBANGAN RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TEXT TO

Kesimpulan ini didasarkan pada dua temuan penelitian yang menyatakan bahwa pertama, tingkat performansi aktual kompetensi konselor profesional yang berlatar belakang

selection and a case studi for istanbul. Hospital side selection using fuzzy ahp and its derivatives. Sistem Pendukung Keputusan Model Fuzzy AHP Dalam Pemilihan Kualitas

pasangan mengetahui tentang apa itu keharmonisan keluarga itu, menurut ketiga pasangan suami istri yang menjalani pernikahan jarak jauh ini keluarga harmonis adalah