• Tidak ada hasil yang ditemukan

Trafficking Terbongkar, Cafe Podomoro Digerebek

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "Trafficking Terbongkar, Cafe Podomoro Digerebek"

Copied!
12
0
0

Teks penuh

(1)

RAKYAT POS

Rakyat Pos online:

KLIK

www.rakyatpos.com HARGA Rp. 3.000,-

Dari Rakyat Untuk Rakyat

C

M

Y

K

C

M

Y

K

C

M

Y

K

C

M

Y

K

EDISI 4641, TAHUN XVI JUMAT, 31 JANUARI 2020

TOBOALI– Sebanyak 160 jerigen atau sekitar 3 ton BBM solar berhasil diamankan Sat-reskrim Polres Bangka Selatan di pinggir Pantai Sebagin Keca-matan Simpang Rimba Kabu-paten Bangka Selatan pada Rabu dinihari (29/1/2020) atau sekitar pukul 01.00 WIB.

Selain mengamankan BBM solar, polisi juga mengamankan pemilik RD (45) yang beralamat di Desa Sebagin Kecamatan Simpang Rimba.

Kasat Reskrim AKP Albert Daniel seizin Kapolres Basel AKBP Ferdinand Suwarji

membenarkan penangkapan tersebut.

Menurutnya, pengungkap-kan distribusi solar ilegal ini berawal dari informasi masya-rakat yang diselidiki Satreskrim. Awalnya, polisi berhasil meng-amankan RD berikut 20 jerigen solar di kediamannya. Setelah dilakukan introgasi, akhirnya petugas berhasil mengamankan 140 jerigen solar yang berisi BBM solar sekitar 20 liter di speed lidah milik tersangka. Menurut pengakuan tersangka BBM solar tersebut diperoleh-nya dari laut.

cerudik

2019, Investasi di Babel Rp 4,2 Triliun

Kok nasib masyarakat Babel masih terpuruk ya Dinkes Pangkalpinang Tambah Puskesmas Baru Percuma kalau pelayanannya belum diperbaiki

Diperoleh dari "Kencing Tengah Laut"

Pelaku dan BB 3 Ton Solar Diamankan

ke Hal 11 Kol 5

Trafficking Terbongkar,

Cafe Podomoro Digerebek

PANGKALPINANG

-Para Aparatur Sipil Negara (ASN) baik itu Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun honorer di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka

Belitung, kembali akan berlomba-lomba mengejar waktu untuk absensi kehadir-an. Pasalnya, absensi empat kali dalam satu hari yang pernah diterapkan tahun lalu, akan diberlakukan kembali pada bulan

2019,

Investasi

di Babel

Rp 4,2 Triliun

Belum Capai Target

Nasional

PANGKALPINANG -Tahun 2019 lalu, nilai Investasi di Provinsi Bangka Belitung (Babel) mencapai Rp.4,2 triliun.

Kepala bagian (Kabid) Pengendalian Pelaksanaan, Penanaman Modal dan Sis-tem Informasi Dinas Pena-naman Modal dan Pela-yanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Babel, Ermedi, jumlah ini belum mencapai target nasional sebesar Rp.6,85 triliun.

Tidak tercapainya target tersebut menurut Ermedi dikarenakan target yang ditetapkan pusat untuk investasi di Babel terlalu tinggi.

"Targetnya nasionalnya yang terlalu tinggi," imbuh dia.

Meskipun tak mencapai target nasional, namun untuk target Pemprov Ba-bel sudah melebihi target, d i m a n a

SEMENTARAitu, Miranti alias Riyanti (21) warga Desa Sempan Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka, terdakwa murcikari kasus ekploitasi anak dibawah umur diadili di Pengadilan Negeri Sungailiat, Kamis (30/1/2020).

Persidangan yang dipimpin Majelis hakim Dewi didampingi dua hakim anggota Arif Kadarmo dan Joni berlangsung tertutup dengan agenda dak-waan oleh Penuntut Umum yang dibacakan Herdini Alisnya dari Kejari

ke Hal 11 Kol 5

Buser Selamatkan 4 Cewek ABG Sunda

Identitas Korban Diduga Dipalsukan

Sekali Tidur Dihargai Rp300 Ribu

PANGKALPINANG

-Kasus trafficking atau perda-gangan anak, kembali terbongkar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kali ini, Anggota Buser bersama Tim Unit Perlindungan Anak dan Perempuan Polres Pangkalpinang, mengungkap dijualnya 4 perempuan, tiga or-ang diantaranya anak dibawah umur di Cafe Podomoro 2 Cikita, Lokalisasi Teluk Bayur, Kelu-rahan Pasir Putih, Kota

Pangkal-pinang.

Empat perempuan itu dijadi-kan PSK (Pekerja Seks Komer-sial) oleh pengelola kafe, setelah dilaporkan pergi dari rumah sejak November 2019. Mereka adalah berinisal AN (17), NSO (17), ARS (15) dan seorang perempuan dewasa NAL (19). Beruntung keberadaan me-reka yang dipaksa melayani birahi lelaki hidung belang di lokalisasi itu,

Sidang Terdakwa

Murcikari Tertutup

KORBAN TRAFFICKING- Empat korban trafficking yang diamankan buser dan unit PPA Polres Pangkalpinang turut dihadirkan dalam konferensi

pers, Kamis (30/1/2020). (Koko Sadmoko)

ke Hal 11 Kol 1

ke Hal 11 Kol 1

Video Viral Perkelahian

2 Remaja Putri, Fakta

Status Pelajar SMP

Berawal Cekcok Mulut

Polisi Mediasi dan Panggil Orang Tua

KOBA - Video viral

perkelahian dua remaja putri yang terjadi di wilayah komplek eks PT Kobatin Kelurahan Padang Mulia Kecamatan Koba

Kabupaten Bangka Tengah adalah fakta.

Hal ini dibenarkan Kapolsek Koba AKP Deddy Nuary seizin K a p o l r e s

Anggota Polsek Koba melakukan mediasi dua remaja yang diketahui berkelahi di komplek perkantoran eks Kobatin, Kamis (30/01/2020). Tampak dua remaja tersebut didampingi oleh orangtuanya masing-masing. ke Hal 11 Kol 5

Februari, Absensi ASN

Pemprov Kembali 4 Kali

Absen Dua Kali Banyak Mangkir

Yulizar: Kami Dapat Laporan Nongkrong

di Warkop

Polres Basel Ungkap

Penyelewengan

Solar Ilegal

Barang bukti solar ilegal hasil "kencing tengah laut" yang diamankan Polres Basel. (Dedi Irawan)

(2)

2

Berita Kota

RAKYAT POS - Jumat, 31 Januari 2020

Ribuan Peserta BPJS PBI Kota

Pangkalpinang Terancam Dicoret

PANGKALPINANG -Ribuan pemegang perserta BPJS PBI Kota Pangkalpinang te-rancam dicoret. Hal ini Tak luput dari terkendalanya ang-garan yang tersedia untuk me-nanggung peserta PBI BPJS Kesehatan tersisa sekitar Rp6,3

Miliar untuk 12.500 orang, dari jumlah peserta saat ini mencapai 19.526 orang dengan kebutuhan anggaran hingga 12 miliar rupiah.

Dalam penjelasannya, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Beren-cana Pangkalpinang Suriyanto, tujuh bulan kedepan akan mengevaluasi terhadap peserta Penerima Biaya Iuran (PBI) BPJS Kesehatan tahun 2020.

Menurutnya, saat ini pihak-nya sudah membentuk tim bersama petugas RT untuk mendata kembali setiap kelu-rahan jangan sampai yang sudah meninggal dunia atau sudah pindah jika ini masih ditanggung. “ Sebelum 7 bulan kita akan melakukan evaluasi kembali kepada peserta PBI. Akan kita data lagi mana yang menerima PBI ini, apakah ada yang sudah

meninggal dunia atau sudah pindah jiwa, tapi masih terdata. Ini yang akan kita cek lagi karena kalau tetap terdata artinya masih menjadi beban tanggungan, sedangkan sakit atau tidak sakit harus di-bayar,”ujar Suriyanto.

Katanya, walaupun dengan keterbatasan dana saat ini, Dinkes belum akan melakukan pemutusan hubungan kepada perserta PBI di Kota Pang-kalpinang. Pihaknya menunggu hasil evaluasi yang saat ini beberapa kecamatan sudah selesai.

Menurutnya, jika hasil eva-luasi nantinya jumlah perserta PBI masih 19.526 orang maka pihaknya akan meminta ban-tuan untuk penambahan dana sekitar 5 miliar rupiah . Dana Rp6,3 miliar ini katanya, hanya bisa membantu sekitar 12.500

orang saja.

“Jika 19.526 peserta maka butuh sekitar 12 miliar rupiah. Tapi kami berharap sebelum 7 bulan kedepan penerimaan PBI ini tetap kami bantu dan tidak ada pemutusan hubungan ke-pada perserta PBI di Kota Pangkalpinang. Semoga saja anggaran 6,3 miliar rupiah ini cukup,”harapnya.

Lanjutnya, Dinas pun sudah mengajukan kepada tim ang-garan Kota Pangkalpinang untuk menyelesaikan permasa-lahan PBI ini jangan sampai ada masyarakat yang tadinya men-jadi perserta PBI karena keter-batasan dana tidak dapat diako-modir lagi sebagai penerima PBI.

“Kami akan tetap mem-berikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,”tukasnya. (Bum/7)

Suriyanto

17 Honorer Dishub Babel

Perpanjang Kontrak Kerja

PANGKALPINANG - 17 orang Pegawai Tidak Tetap (PTT) atau tenaga honorer di Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Dishub Babel), kembali diperpanjang kontrak kerjanya hingga 31 Desember 2020.

Perpanjangan kontrak, ditandai dengan serah terima surat keputusan Penugasan PTT/Tenaga Honorer Dinas Perhubungan oleh Kepala Dishub Babel, KA Tajuddin, kepada para honorer, Rabu, (29/1/2020).

Tenaga honorer ini bertugas sebagai pramu taman, pengemudi, pramu kebersihan, pramubakti hingga satuan pengamanan.

Kadishub Babel KA Tajuddin mengingat-kan, agar tenaga honorer bekerja dengan dilandasi komitmen, integritas, dedikasi dan bertanggung jawab.

“Dalam melaksanakan tugas, pegawai honorer harus mematuhi jam kerja dan peraturan yang berlaku,” kata Tajuddin.

Ia berharap setiap pekerjaan dilakukan sesuai dengan tugas pokoknya masing-masing. Dengan memaksimalkan tugasnya maka setiap pegawai berperan dalam menghidupkan aktifitas kantor.

“Bekerjalah dengan menikmati pekerjaan

itu sendiri, supaya tidak merasa terbebani, menyatu dengan rasa. Mari kita bekerja dengan penuh semangat, setiap rezeki ada bagiannya pada masing-masing kita, maka syukurilah,” himbaunya.

Tajuddin juga mengajak pegawai honorer untuk senantiasa mensyukuri setiap apapun yang diterima. Dengan bersyukur maka nikmat akan semakin bertambah.

Sedangkan Sekretaris Dishub Babel Zanuari Anwar menekankan, pentingnya dedikasi dan etos kerja yang tinggi dalam pelaksanaan tugas setiap pegawai honorer. Sehingga dalam setiap penilaian kinerja akhir tahun memiliki catatan yang baik.

“Catatan ini menjadi acuan untuk menentukan diperpanjang atau tidaknya kontrak kerja pegawai honorer,” ujarnya.

Salah seorang pegawai honorer yang hampir 10 tahun mengabdi di Dishub Babel, Nova, mengaku bersyukur bisa memiliki penghasilan dari bekerja sebagai PTT. Akan tetapi ia berharap ke depan bisa mem-perbaiki pekerjaan dengan mengikuti seleksi penerimaan CPNS.

“Kalau bisa, ingin menjadi PNS, harus ada perubahan lebih baik,” pungkasnya.(nov/rls)

Ferdi: Pemkot Pangkalpinang Harus

Siapkan Lahan Baru TPA

PANGKALPINANG -Anggota DPRD Provinsi Kepu-lauan Bangka Belitung (Babel), Ferdiyansyah mengusulkan kepada Pemerintah Kota (Pem-kot) Pangkalpinang agar dapat menyiapkan lahan yang baru untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA), pasalnya TPA yang ada saat ini khususnya di lokasi Parit Enam sudah mele-bihi kapasitas.

"Kita harus menyiapkan tem-pat (TPA-red) yang baru dan layak (tidak berada di sekitar

lokasi pemukiman penduduk-red)," kata Anggota Dewan Dapil Pangkalpinang ini kepada sejumlah wartawan di Gedung DPRD Babel, Kamis (30/1/ 2020).

Sambungnya, Pemkot Pangkalpinang juga harus memiliki inovasi atau tero-bosan untuk menjadikan sampah ini menjadi sesuatu yang bernilai dan bermanfaat bagi masyarakat dan peme-rintah itu sendiri.

"Waktu kita studi banding ke

Jawa Timur, Kota Surabaya, itu ada hal baik yang bisa kita tiru, mereka punya tempat yang namanya TPS 3R (Tempat Pe-ngolahan Sampah Reuse, Re-duce, dan Recycle-red)," ung-kapnya.

Melalui program TPS 3R ini dijelaskan dia, sampah-sampah tersebut dikumpulkan, kemu-dian dipisahkan antara sampah organik dan non organik. "Sam-pah organik itu dapat dijadikan pupuk kompos dan itu bisa dijual," ujarnya.

Untuk sampah non-or-ganik, lanjut dia, akan dipilah lagi baik itu berupa plastik maupun kaleng atau yang tidak bisa didaur ulang. "Nah yang tidak bisa didaur ulang itu baru dibuang di TPA," tambahnya.

"Sementara sampah plastik itu masih dapat dimanfaatkan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), jadi sampah itu sendiri masih bisa dimanfaatkan," tandasnya. (ron/7)

Senior Alumni ISBA Yogyakarta Soroti Masalah Lada

sebagaimana kita ketahui di negara barat yang individualistis, koperasi tumbuh dengan bagus, sementara di negara kita yang bersifat gotong royong nya tinggi, kenapa nggak bisa koperasinya tumbuh nggak bagus,” ujarnya.

Po in yang ketig a, lanj ut dia, munculnya kompetitor lada dari luar n eg eri p erlu diresp o n den g an memp erku at p ro du k tivitas dan kualitas perkebunan lada. Dalam hal ini, dikatakan dia, pemerintah harus mengintervensi sektor per-kebunan dengan perencanaan dan pengelolaan yang kuat.

“Melalui bantuan bibit unggul, junjung, pelatihan-pelatihan, dan seb againya, kemu dian laku kan kajian-kajian ilmiah untuk membantu petani menangani persoalan lada,” ulasnya.

Selanjutnya poin yang keempat, diutarakan dia, program resi gu-d an g yan g gu-d ican an g k an o leh Gu b ern u r Erzald i merup ak an seb u ah in o vasi yan g c erd as, namun implemen tasin ya belum berjalan dengan baik, sehingga perlu p enguatan komitmen ke-lembagaan agar sejalan dengan program BUMD.

“Jadi ini lah sebenarnya tugas saya merangkum semua pemikiran mereka untuk disampaikan kepada Pak Gubernur, setidak-tidaknya mengingatkan k alau-k alau apa yang dilakukan beliau selama ini mun gk in b arang k ali ada tam-bahan-tambahan untuk beliau yang mungk in terlewat dan seb agai-nya,” tukasnya.(ron)

Dinkes Pangkalpinang Tambah Puskesmas Baru

PANGKALPINANG- Pemerintah Ko ta (Pemkot) Pangk alpin an g, melalui Dinas Kesehatan Pengen-dalian Pendudu k dan Keluarga Berencana akan menambah jumlah puskesmas di Kota Pangkalpinang pada tahun ini.

“ Puskesmas yang akan diba-ngun yakni Puskesmas Bukit Intan. Penambahan Puskesmas ini akan dibangun karena alasan kebutu-han. Rencana lokasi pembangunan di depan kantor Dinas Lingkungan Hidup Pangkalpinang,” kata Plt Kep ala Din as Keseh atan Pe-ngendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pangkalpinang Suriyanto, Rabu (29/1).

Sambungnya, tahun lalu pihaknya

telah selesai membangun 2 Pus-kesmas yakni PusPus-kesmas Taman Sari dan Puskesmas Rangkui.

Menurutnya, saat ini pihaknya terus berbenah baik dari sarana d an p rasarana mau p u n p ad a kualitas sumberdaya manusia di bidang kesehatan.

Dia berharap dengan dibangun-nya Puskesmas baru dapat mem-perb aiki sarana dan prasarana kesehatan untuk masyarakat.

“Keseh atan masyarak at in i kebutuhan wajib dan dasar karena itu kita akan terus berupaya untuk memberikan pelayan an terbaik kepada masyarakat agar men-dapatkan mereka hak-haknya,”ujar Suriyanto.

Katan ya, bersamaan dengan perbaikan fasilitas yang ada diharap-kan kedepan bisa memberidiharap-kan kon-tribusi positif kepada masyarakat.

Selain itu, SDM pun menjadi p rioritas u ntu k teru s d ib enah i. Pelayanan kesehatan hampir tidak ad a k ata lib u r. Hari Sab tu p u n Puskesmas tetap buka.

“Kedepan, Puskesmas yang ada di Kota Pangkalpinang bisa bero-p erasi 2 4 jam, k aren a melih at jumlah pengunjung yang datang ke Puskesmas semakin banyak dari sebelumnya. Saat ini baru Puskes-mas Airitam yang beroperasi 24 jam dan kami akan tingkatkan juga untuk Pu sk esmas lainn ya,”tu k asn ya. (Bum/7)

Posisi Kepala Dinkes Masih Diisi Pelaksana Tugas

PANGKALPINANG -Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, Provinsi Ke-pulauan Bangka Belitung segera melakukan proses lelang jaba-tan kepala Dinas Kesehajaba-tan yang saat ini masih kosong agar peningkatan pelayanan berjalan lebih baik.

“Sampai saat ini posisi kepala Dinkes masih diisi pejabat de-ngan status pelaksana tugas sehingga perlu segera diisi peja-bat definitif agar lebih leluasa dalam pengambilan kebijakan dan maksimal dalam pelaya-nan,” ujar Sekretaris Daerah

Pemerintah Kota Pangkal-pinang, Radmida Dawam, di Pangkalpinang, kemarin.

Pada proses penjaringan ca-lon kepala Dinkes Kota Pang-kalpinang yang dilakukan, sampai saat ini baru tiga orang yang memasukkan berkas lamaran.

Menurut dia, jumlah tersebut masih belum memenuhi syarat untuk proses lelang karena minimal empat orang pelamar. “Sesuai aturan lelang jabatan, bisa dilaksanakan jika minimal sudah ada empat pendaftar, karena masih kurang satu

pendaftar maka proses pen-daftaran peserta masih dibuka,” katanya.

Ia menjelaskan, proses per-panjangan masa pendaftaran bisa dilaksanakan hingga tiga kali, namun jika masih tetap kurang bisa dilakukan dengan mengundang orang untuk mengikuti lelang jabatan tersebut.

Agar bisa dilakukan seleksi para peserta harus memenuhi beberapa persyaratan seperti seleksi administrasi, “assesment”, paparan, dan wawancara.

“Setelah mengikuti tes

wa-wancara, peserta akan masuk ke tahap rangkaian rekam jejak, lalu hasil rekam jejak akan dikirimkan ke KSN, selanjutnya KSN yang akan mengirimkan nama tiga besar ke wali kota,” paparnya.

Ia mengatakan, lelang jaba-tan tersebut terbuka bagi yang memenuhi syarat dan tidak harus yang berdinas di Pemkot Pangkalpinang.

“Nantinya ada tim lelang jabatan yang akan menyeleksi siapa yang pantas menduduki kepala OPD yang kosong saat ini,” imbuhnya.(ant/3).



Sampaikan Empat Rekomendasi ke

Gubernur

PANGKAL PINANG- Alu mn i Ikatan Pelajar Mahasiswa Bangka Yogyakarta (ISBA) angkatan tahun 1975 yang tergabung dalam IKA ISBA, belum lama ini menggelar acara reuni di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel pada 18 Januari 2020 lalu.

Alhasil, beberapa rekomendasi hasil rapat atau diskusi dari para sen ior alu mn i ISBA men yo ro ti berbagai permasalahan di Negeri Serumpun Sebalai, salah satunya mengenai komoditas lada.

“Kita berdiskusi, bagaimana kita memberikan sumbangan pemikiran kepada gubernur dalam rangka lebih mensejahterahkan masya-rakat Bangka Belitung. Ada bebe-rapa poin yang kita sorot, salah satunya lada,” kata Ketua Panitia Reuni, Iskandar Zulkarnain kepada sejumlah awak media di salah satu Warung Kopi (Warkop), Rabu (29/ 1/2020).

Sementara Pemimp in Rapat ISBA, Pro f. Bu stami Rah man menyampaikan pokok pikiran dari

para alumni untuk menjadi bahan rekomend asi kepad a g ubernu r, yakni tata kelola dan tata niaga lada perlu ditata ulang kembali.

Ia menyebutkan ada empat poin dari pokok pikiran tersebut, yakni, pertama, harus ada hilirisasi dari produk lada Babel, misalnya, dalam bentuk barang jadi, dikemas de-ngan baik dan siap dijual. Selain itu ditambahkan dia, harus ada inter-vensi kebijakan untuk mendorong UMKM di bidang pengolahan lada. “Yang k ed ua, perlu dipertim-bangkan juga dengan terencana untuk tata kelola lada dalam bentuk ko perasi d an k on so rsiu m yang p ro fesio n al, n ah ko p erasi in i

(3)

3

Berita Bangka

RAKYAT POS - Jumat, 31 Januari 2020

Kapolres Komitmen Berikan

Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

gota Polres Bangka dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Polres Bangka.

Komiten pencanangan pembangun-an zona integritas itu ditpembangun-andai dengpembangun-an penandatanganan pakta integritas oleh Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono di ikuti oleh perwira Polres Bangka.

Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono mengatakan, penandatanganan pakta integritas sesuai dengan Program Re-formasi Birokrasi Polri sebagai wujud keseriusan dalam mewujudkan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat. “Apabila ke depan Polres Bangka setelah mendapatkan status WBK dan WBBM tapi justru menurun pela-yanannya, maka akan saya cabut seketika itu juga,” tegasnya.

Deklarasi pencanangan pembangun-an zona integritas, ditegaskpembangun-an kembali oleh Kapolres, merupakan langkah awal dalam rangka implementasi dan ko-mitmen yang kuat untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi.

"ZI, WBK dan WBBM bukanlah hal baru, tetapi adalah hal lama yang harus diingatkan kembali sebagai aparatur negara serta sebagai pelayan masya-rakat," tambahnya.

Demi mewujudkan WBK WBBM di Polres Bangka, Kapolres berkomitmen akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. "Kami akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Bangka ini," ujar Aris. (mla/3)



Canangkan Pembangunan Zona Integritas

SUNGAILIAT- Kepolisian Resor

(Polres) Bangka canangkan pemba-ngunan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas Korupsi (WBK) dan

wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM). Pencanangan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pelayanan

yang professional, bersih, bebas dari pungutan liar (pungli).

Acara pencanangan zona integritas pada Rabu (29/1/2020) tersebut, di-hadiri oleh Penjabat Utama Polres Bangka, Kapolsek, Kabag, Kasat,

Ang-Kapolres Bangka menyaksikan Penandatanganan Pakta Integritas oleh para Perwira Polres Bangka dalam rangka Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas Korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani. (foto: riski)

Wakil Bupati Bangka Salurkan Bantuan Korban Bencana

SUNG AILIAT- W akil B upati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Syahbudin menyalurkan bantuan kepada warga korban bencana alam angin puting beliung di Kelurahan Mantung Kecamatan Belinyu.

“Bantuan berupa makanan, alat masak, karpet dan keperluan sehari-hari disalurkan kepada korban puting beliung atas nama Suryanto,” kata Wakil Bupati Rabu (29/1/2020). Bencana alam angin puting beliung kata Wabup, tidak mengakibatkan korban jiwa namun rumah milik Suryanto mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon serta istri yang bersangkutan hanya luka ringan.

“Mudah-mudahan bantuan yang disalurkan tersebut dapat membantu meringankan kebutuhan keluarga korban,” harapnya.

Masuknya musim penghujan yang diperkirakan sampai April 2020, harus tetap diwaspadai seluruh masyarakat, karena berpotensi mengakibatkan banjir di sejumlah tempat dan angin puting beliung maupun tanah longsor.

Dalam penyaluran bantuan ter-sebut, Wakil Bupati didampingi sejumlah pejabat daerah mulai dari

SDN 17 Kimak Juara

Futsal U-12 Bupati Cup

SUNGAILIAT- SDN 17 Kimak berhasil menjadi juara dalam turnamen futsal U-12 Piala Bupati Cup 2020, Kamis (29/1). Tim tersebut berhasil menyisihkan 29 tim lainnya se-kabupaten bangka.

Untuk posisi juara II diisi oleh SD Biruni Pemali, juara III SDN 5 Dalil dan juara IV ditempati oleh Irmas Parit Padang dimana turnamen tersebut sudah di-laksanakan sejak Selasa lalu di Lapangan Futsal Mesjid Agung Sungailiat.

Di turnamen tersebut, Renata berhasil menjadi pencetak gol terbanyak dan Ilham menya-bet Best Player yang mana keduanya merupakan pemain dari SDN 17 Kimak.

Pada pertandingan terakhir antara SDN 17 Kimak dengan SD Biruni Pemali tersebut, disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Bangka Syahbudin serta serjumlah Kepala OPD.

Dalam kesempatan itu juga, Syahbudin langsung memberi-kan tropi dan hadiah kepada para juara serta menutup secara

resmi kegiatan tersebut. Syahbudin mengharapkan, melalui turnamen futsal tersebut mampu mengangkat dan mem-bina generasi pemuda. Hal ini juga untuk mengajarkan sportifitas dan semangat yang positif untuk menjalin kesatuan dan persatuan. "Kami berharap kegiatan ini dapat terus di lanjutakan dan menjadi agenda rutin untuk mengolahragakan anak-anak kita guna melahirkan bibit-bibit atlet futsal yg baru agar nanti-nya dapat membawa nama baik Pemkab Bangka ke jenjang Nasional mauapun ke jenjang Internasional," harapnya.

Tak lupa ia juga menyam-paikan, setiap pertandingan kalah dan menang itu hal biasa, namun, kata Syahbudin, ten-tunya hal itu menjadi motivasi untuk lebih giat lagi dalam berlatih. "Selamat kepada pe-menang, dan yang belum me-nang jangan berkecil hati. Mu-dah-mudahan hal ini dapat memberikan semangat untuk memajukan olahraga kita," tutupnya.(mla/3) Wakil Bupati Bangka menyerahkan piala kepada juara turnamen futsal U-12 Piala Bupati Cup 2020. (foto: riski)

Pemkab Bangka Optimis

Dapatkan Adipura



Akui Ada Beberapa Catatan

Harus Diperbaiki

SUNGAILIAT - Peme-rintah Kabupaten (Pemkab) Bangka optimis mendapatkan penghargaan Adipura. Bebe-rapa pembenahan juga sudah dilakukan demi mendapatkan penghargaan bergengsi dari pe-merintah pusat tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hi-dup (DLH) Bangka melalui sekre-taris DLH Bangka, Rozali me-ngatakan pihaknya terus melaku-kan berbagai upaya seperti pem-benahan-pembenahan tempat pembuangan sampah (TPS) di beberapa titik kota Sungailiat.

“Kita sudah lakukan pembe-nahan beberapa TPS, RTH (ruang terbuka hijau) dan ins-tansi pemerintah. Hasilnya juga sudah kita laporkan ke ke-menterian lingkungan hidup (KLH),” ungkapnya, Rabu (29/ 2). Ia mengatakan dalam peni-laian Adipura kali ini ada per-bedaan dari tahun sebelumnya dimana penilaian sekarang lebih mengacu pada dokumen.

“Jadi, untuk penilaian Adipura saat ini lebih mengacu kepada Jakstrada (kebijakan strategi daerah) tentang persampahan ini. Mereka (tim penilai-red) per-tama sekali menilai dokumen baik itu tentang perencanaan dan lain-lain, setelah itu baru mereka menuju titik-titik yang akan di pantaunya seperti di TPA,

in-stansi, rumah sakit, sekolah dan pasar,” terang Rozali.

Ia mengakui ada beberapa ca-tatan yang harus diperbaiki pihaknya dalam meraih peng-hargaan Adipura tersebut setelah dilakukan peninjauan dan pe-ngamatan oleh tim pusat be-berapa waktu lalu. “Ketika kami mengawal tim, memang ada beberapa yang harus dibenahi seperti SOP limbah medis yang ada di puskesmas dan SOP yang kurang itu harus ditambahi tapi itu sifatnya hanya administratif itu saja,” tambahnya.

Namun demikian, pihaknya tetap optimis bahwa Pemkab Bangka akan mendapatkan pe-nghargaan Adipura tersebut sesuai dengan target bupati bangka. “Hasil penilaiannya mungkin akan mereka umumkan pada bulan Februari atau Maret ini.Insya Allahmudah-mudahan kita dapat lagi Adipura,” harapnya.

Untuk itu, Rozali mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah semba-rangan dan tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar. “Kami harapkan agar masya-rakat membuang sampah di tem-pat yang sudah disediakan oleh pemerintah, karena TPS di kita ini sudah cukup memadai dan bisa menampung sampah-sampah dari masyarakat,” imbuhnya.(mla/3)

kepala bidang perlindungan dan jaminan sosial dan stafnya, kepala bagian keprotokolan, enam orang personel Tagana, lurah Mantung, dan

sejumlah pejabat daerah lainnya. “Saya ingatkan masyarakat selain tetap mewaspadai kondisi alam, hendaknya pula segera melapor ke

aparat desa, lurah atau kecamatan jika terjadi bencana alam di ling-kungannya agar segera mendapat pertolongan,” ujar Wabup.(ant/3) Wakil Bupati Bangka Syahbudin menyerahkan bantuan kepada warga korban bencana alam angin puting beliung di Kelurahan Mantung Kecamatan Belinyu. (foto: ant)

(4)

NAMANG- Prajurit Korem 045/ Gaya men erima p en g etah u an senjata dalam kegiatan Minggu Militer yang dilaksanakan di lapa-ngan apel Mako rem 0 45/Gaya, Kamis (30/1/2020).

Kegiatan Minggu Militer ini, rutin dilaksanakan pada minggu ke IV setiap bu lan nya. Pada min gg u militer kali ini, materi yang dilaksa-nakan yaitu lari jalanan, permildas dan pengetahuan senjata.

Kegiatan ini b ertuj uan u ntuk mening katk an d an memelih ara kemampuan dasar keprajuritan. Materi pengetahuan senjata, di-a w di-a l i d e n g di-a n p e n y di-a m p di-a i di-a n materi oleh Kajasrem 045/Gaya Ka p ten In f H asan ya n g d ik u ti oleh seluruh prajurit Korem 045/ Gaya.

Hal in i b ertuj u an ag ar p ara anggota dapat mengingat kembali tentang karakteristik senjata, serta

4

Lintas Babel

RAKYAT POS - Jumat, 31 Januari 2020

Realisasi Penyerahan Sertifikat

Tanah Sudah 30.929 Bidang

Bupati dan Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ BPN Kabupaten Beltim foto bersama penerima sertifikat tanah.(foto: istimewa).

Gubernur Erzaldi saat melaporkan secara langsung kesiapan Babel selaku tuan rumah KUII 2020 kepada

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di kediaman dinasnya Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020) malam.(foto:

istimewa).

Gubernur Laporkan

Kesiapan KUII ke Wapres

PANGKALPINANG- Jika tak ada

aral melintang, pada akhir bulan Februari 2020 ini, Provinsi Kepu-lauan Bangka Belitung akan men-jadi tuan rumah perhelatan Kon-ferensi Umat Islam Indonesia (KUII). Berkenaan dengan hal tersebut, Selasa (28/1/2020) malam, Gu-bernur Erzaldi melaporkan secara langsung kesiapan Bangka Belitung selaku tu an ru mah KUII 2 0 2 0 kepada W akil Presiden (W apres) RI Ma’ruf Amin di kediaman dinas-nya Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan bersama W a-pres Ma’ruf Amin, Gubernur Erzaldi tu rut d ihadiri j aj aran Pen gurus Majelis Ulama Indo nesia (MUI) Pusat, Wakil Menteri Agama RI, dan Babel.

“Provin si Kepu lau an Ban gk a Belitung sudah siap menjadi tuan rumah KUII 2020,” kata Gubernur Erzaldi k epada W ap res Ma’ru f Amin.

Ketika Bangka Belitung didatangi para Ulama, kata Gubernur Erzaldi,

maka nanti akan terbayang begitu besar berkah yang akan dirasakan oleh Bangka Belitung.

“Kita sudah menyiapkan ang-garan d an j uga berb agai infra-struktur pendukung kegiatan ini. Hotel - hotel kita banyak dan cukup, transportasi juga kita persiapkan, rute - rute destinasi wisata halal kita siapkan, jarak antara venue ac ara d an b and ara d ek at d an restoran restoran halal sudah kita siapkan,” ungkap Erzaldi.

Sebelum bertemu Wapres Ma’ruf Amin yang juga menjabat Ketua Umum MUI Pusat, Gubernur Erzaldi juga telah bertemu dengan jajaran Pengurus MUI Pusat di Gedung MUI, Jakarta.

Kunjungan kami ke MUI ingin menegaskan bahwa Provinsi Ba-bel memiliki niat yang kuat menjadi tuan rumah Kongres Umat Islam Indonesia 2020, sekaligus menjadi wahana promosi wisata halal di Indonesia,†ungkapnya.

Gubernur berharap, para ulama

dari Asia Tenggara bahkan dunia bisa hadir dalam gelaran KUII 2020 nanti.

Kesediaan kami menjadi tuan rumah KUII 2020 ini sudah kami persiapkan betul, baik dana dan seg ala sesuatunya. Ten tu k ami berharap ulama serumpun atau bahkan dunia juga bisa hadir,†tegas dia.

Wapres Ma’ruf Amin menyambut b aik k esed iaan d an k esiap an Ban g k a Belitu ng seb ag ai tuan rumah KUII 2020 ini.

Sementara itu d ikesemp atan terpisah, W akil Ketua MUI Babel Abdul Karim Syamsuri berharap kegiatan ini bisa menjadi momen untuk memperkokoh peran dan posisi umat Islam ke depan.

Mudah-mudahan keinginan kita untuk melaksanakan kongres di Babel menjadi momen yang lebih p en tin g lag i k e d ep an u n tu k memperkokoh Islam dan umat Is-lam ke depan,†harap Abdul Karim.(rell/3).

Prajurit Korem 045/Gaya sedang melaksanakan lari jalan dengan jarak sekitar 5 Km untuk menjaga stamina prajurit terpelihara dengan baik di seputaran Makorem 045/Gaya, Rabu (29/01/2020).(foto: istimewa).

Prajurit Korem 045/Gaya Lari Jalan 5 Km

NAMANG- Prajurit Korem 045/Gaya yang dipimpin langsung oleh Kajasrem, Kapten Inf Hasan melaksanakan lari jalan dengan jarak sekitar 5 Km untuk menjaga stamina prajurit terpelihara dengan baik di seputaran Makorem 045/Gaya, Rabu (29/01/2020).

Sebelum pelaksanaan lari jalanan, terlebih dahulu diawali

dengan senam pemanasan di lapangan apel Korem yang dipimpin oleh Bajasrem, Sertu Hananto.

Kapenrem 045/Gaya, Mayor Inf Adi Kurniawan menerang-kan, kegiatan ini selain untuk melaksanakan jadwal Minggu Militer, juga sebagai sarana untuk membina kesehatan dan kebugaran badan, serta

pem-binaan fisik bagi seluruh ang-gota.

"Kegiatan pemanasan wajib dilaksanakan sebelum melak-sanakan kegiatan, baik lari ataupun kegiatan yang ber-hubungan dengan fisik," terang Kapenrem.

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan, serta

kekuatan fisik dan stamina agar semakin baik.

Selain itu, lari jalan juga bertujuan untuk menjaga ke-bugaran dan kemampuan indi-vidu prajurit, dalam mendu-kung kesiapsiagaan satuan, sehingga dengan kondisi fisik yang prima, setiap prajurit dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik.(bis/3

118 Peserta Ikuti Tes Tertulis Calon PPK

KOBA - Sebanyak 118 orang peserta mengikuti tes tertulis calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah 2020 di Gedung Diklat BKPSDMD, Kamis (30/01/2020).

"Sebanyak 118 peserta ini mengikuti tes secara manual

dengan soal pilihan ganda berjumlah 50 soal. Peserta yang terdaftar di panitia sebanyak 124 orang, namun yang lulus administrasi berjumlah 121 orang. Sedangkan yang tidak ikut sebanyak 3 orang, yakni 2 orang dari Kecamatan Pang-kalan Baru dan 1 dari Keca-matan Sungaiselan," ujar

Komi-sioner KPU Bangka Tengah Hendra Sinaga, kemarin.

Dikatakannya, peserta yang masuk rangking 10 besar, maka peserta tersebut berhak me-ngikuti tahap berikutnya yakni tes wawancara.

"Verifikasi hasil tes tertulis peserta mulai jum'at besok sampai minggu. Peserta yang

masuk 10 besar diambil per setiap kecamatan untuk me-ngikuti tahapan berikutnya. Peserta yang lulus diumumkan pada tanggal 3-5 Februari 2020," ungkapnya.

Materi tes, ditambahkan dia, berisi tentang wewenang dan kewajiban anggota PPK, calon perseorangan, dan tentang kearifan lokal. "Dari 10 orang per kecamatan ditetapkan 5 orang untuk Calon Anggota PPK dan 5 orang cadangan PAW," sebut Hendra.

Hendra mengharapkan re-krutmen Calon Anggota PPK tersebut dijamin profesional dan berintegritas. Mereka yang dinyatakan lulus tes, langsung dilantik dan selanjutnya me-ngikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang kepemiluan. "Para peserta mengikuti tahapan verifikasi administrasi, dilanjutkan tahapan tes tertulis, kemudian tahapan tes wawan-cara. Calon peserta PPK pun terhitung dari sekarang mulai dimintai tanggapan oleh ma-syarakat, terkait independensi calon PPK sebelum diplenokan panitia," tandasnya.(ran/3).

Prajurit Korem 045/Gaya

Terima Pengetahuan Senjata

mampu melaksanakan bongkar pasang senjata dengan benar.

Plh Kasrem 045/Gaya, Letkol Inf Suhardi disela-sela kegiatan ini mengatakan prajurit harus melak-sanakan tugas kewilayahan dan

Sebanyak 118 orang peserta Calon Anggota PPK sedang mengikuti tes tertulis di Gedung Diklat BKPSDMD Bangka Tengah, Kamis (30/01/2020). (foto: tamimi).

rutinitas harian sesuai fungsi dan bidang masing-masing.

"Saya berharap seluruh prajurit agar tetap memelihara kondisi fisik dan pengetahuan dasar kepraju-ritan," pungkas Suhardi.(bis/3).

Prajurit Korem 045/Gaya saat diberikan pengetahuan berkenaan dengan senjata Kajasrem 045/Gaya Kapten Inf Hasan.(foto: istimewa).

lehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) tanpa di-pungut biaya.

Tahun 2017 sebanyak 3.401 bidang, tahun 2018 sebanyak 8.550 bidang dan tahun 2019 sebanyak 18.978, bidang se-hinggal total realisasi PTSL sampai dengan saat ini sebanyak 30.929 bidang,†ungkap Alex. Selain Program PTSL, pada tahun 2019 lalu juga terdapat Sertipikasi Redistribusi Tanah (Kebun Masyarakat) sebanyak 6.022 bidang. Sedangkan untuk tahun 2020 ini Kantor ATR/ BPN Kabupaten Beltim akan melaksanakan kembali PTSL dengan target 15.000 bidang.

Kita mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemkab Beltim khususnya kepada Bu-pati Beltim yang telah berkenan membantu pelaksanaan PTSL ini, dengan memberikan kemu-dahan berupa pembebasan BPHTB sehingga meringankan beban masyarakat dan tentu-nya meningkatkan animo ma-syarakat untuk menjadi peserta PTSL, ucap Alex.

Akan Terus Beri

Kemuda-han kepada Warga

Sementara itu, Bupati Beltim Yuslih Ihza menyatakan akan terus memberikan kemudahan kepada warga Kabupaten Beltim yang ingin memperoleh sertifikat melalui Peraturan Bupati Nomor 56 Tahun 2017 tentang Pem-bebasan BPHTB serta PTSL.

Ini kami lakukan diskresi atau ambil kebijakan agar ma-syarakat khususnya warga yang belum mempunyai sertifikat dapat memperoleh sertifikat. Warga masyarakat dapat mengakses ke sumber-sumber permodalan seperti bank dan lembaga keuangan lainnya de-ngan memakai jaminan serti-fikat tanah ini, kata Yuslih.

Yuslih mengatakan, banyak dampak positif kebijakan pem-bebasan BPHTB seperti penertiban kepemilikan hak atas tanah masyarakat dan memperoleh legalitas legalitas kepemilikan hak atas tanah dan bangunan di Kabupaten Beltim serta pemuktahiran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Bagi warga yang sudah memiliki sertifikat tanah untuk menja-lankan kewajibannya seperti

membayarkan pajak bumi dan bangunan tepat pada waktunya. Karena pajak merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai pelaksanaan pembangunan daerah,†jelas Yuslih.

Bupati juga sedang mengkaji rencana pengahpusan BPHTB untuk program Sertipikasi Re-distribusi Tanah (Kebun Ma-syarakat). Namun ditekan-kannya penghapusan hanya dikhususkan untuk kebun ma-syarakat yang luas tanahnya di bawah satu hektar.

Kalau yang kecil-kecil kayak untuk kebun-kebun warga nanam sayuran, jagung atau cabai bisa lah. Kalau untuk pengusaha yang sudah ber-hektar-hekatar belumlah, tetap bayar,†ujarnya.

Adapun target PTSL untuk Provinsi Kepulauan Bangka Beli-tung Tahun 2019 adalah 74.530 bidang sertifikat, sedangkan target Kabupaten Beltim sebanyak 19.500 bidang sertifikat. Target ini terealisasi seluruhnya di Tahun 2019 dengan cakupan 7 keca-matan dan 33 desa di Kabupaten Beltim. (yan/kmf/3).



Pemkab & BPN Serahkan 750

Sertifikat Tanah

MANGGAR - Pemkab Belitung Timur dan Kantor Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Beltim menyerahkan 750 sertifikat

tanah. Sertifikat berasal dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2019 lalu.

Sertifikat diserahkan secara simbolis oleh Bupati Beltim

Yuslih Ihza dan Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Beltim Alexander GP Pakpahan ber-sama dengan Forkopimda ke-pada 16 warga perwakilan dari tiap-tiap desa di Auditorium Zahari MZ, Rabu (29/1/2020). 16 warga tersebut seluruhnya berasal dari Kecamatan Gan-tung, Kelapa Kampit dan

Dendang.

Kepala Kantor ATR/BPN Alexander GP Pakpahan me-nyatakan sejak dimulai pro-gram PTSL dari tahun 2017 hingga saat ini, realisasi penye-rahan sertifikat tanah di Kabu-paten Beltim sudah mencapai 30.929 bidang. Seluruhnya gratis, bahkan untuk Bea

(5)

Pero-5

Lintas Babel

RAKYAT POS - Jumat, 31 Januari 2020

Kapabilitas APIP yang nilainya paling rendah. Rekomendasi KPK untuk Peningkatan Kapa-bilitas APIP yang menjadi indi-kator penilaian, diantaranya adalah; Kecukupan Jumlah SDM, berupa kecukupan Fung-sional APIP (Auditor atau Pe-jabat Pengawas), Kepatuhan Anggaran, berupa pemenuhan kecukupan jumlah Alokasi Anggaran Inspektorat sesuai ketentuan, Kompetensi APIP, berupa Sertifikasi Profesi Au-ditor dan Fungsional APIP,” paparnya, Kamis (30/1/2020). Ia menambakan, prestasi Kabupaten Bangka Selatan saat ini, berada pada peringkat 2 dibawah Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, atau dengan kata lain, Ka-bupaten Bangka Selatan men-duduki Peringkat Pertama untuk 2 tahun berturut-turut dari seluruh Kabupaten/Kota Se-Bangka Belitung.

“Harapan kami dari Ins-pektorat adalah yang kita laku-kan bulaku-kanlah hanya sekedar mencapai Peringkat Pertama pada seluruh pemenuhan kebu-tuhan berkas/dokumen/aplikasi sesuai rekomendasi dari KPK saja, tetapi juga secara utuh adalah Komitmen dan Inte-gritas Bersama terhadap Pen-cegahan dan Pemberantasan Korupsi di Kabupaten Bangka Selatan,” ujarnya.(raw/3)

SELAT NASIK -Kelompok Infor-masi Masyarakat (KIM) merupakan kelompok yang dibentuk secara mandiri untuk meningkatkan krea-tifitas masyarakat dibawah bim-bingan Diskominfo Kabupaten Belitung.

KIM memiliki tugas dan fungsi untuk memperlancar arus informasi antara pemerintah bersama ma-syarakat ataupun kelompok yang ada di daerah.

Selain itu, KIM juga perpanjangan tangan pemerintah dalam menyam-paikan informasi tentang perkem-bangan dan pembangunan Kabu-paten Belitung. Sekaligus penam-pung aspirasi masyarakat untuk disampaikan kepada pemerintah.

"Jadi fungsi KIM ini sifatnya take and give, bukan sekedar me-nyampaikan informasi dari pe-merintah ke masyarakat, namun aspirasi dari masyarakat sekitar hendaknya bisa tersampaikan melalui KIM," ujar Kepala Seksi Pengembangan Kemitraan dan Layanan Informasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, Rachmat Danu Brata saat melakukan Pembinaan dan Pemberdayaan KIM Tanjong Lancor di Desa Suak Gual Keca-matan Selat Nasik Kabupaten Be-litung, Rabu (29/1/2020).

Sejak tahun 2014, ada sebanyak tiga kelompok yang dibentuk oleh Diskominfo Kabupaten Belitung.

Dan juga pernah diberikan materi pembinaan dari KIM percontohan atau yang dianggap berhasil men-jalankan tugasnya sebagai perpan-jangan tangan pemerintah.

"Namun pada tahun ini,

pem-binaan dan pemberdayaan KIM dilakukan dengan cara yang ber-beda, yaitu dengan mengunjungi lokasi KIM dengan tujuan menge-tahui langsung permasalahan yang terjadi di lapangan serta memberikan motivasi dan semangat bagi KIM untuk bisa menjalankan tugasnya sebagai corong pemerintah," pa-parnya.

Selain itu, Ketua KIM Tanjong Lancor, Wawan Al Basra mengakui, selama ini pihaknya memang belum optimal menjalankan tugas dan fungsi KIM dikarenakan keter-batasan Sumber Daya Manusia.

"Selama ini, KIM Tanjong Lancor belum optimal, karena keterbatasan yang kita miliki. Saya berharap, dengan kedatangan Diskominfo bisa membantu kami agar bisa bekerja semaksimal mungkin," harap Wawan.

Saat ini, sumber informasi yang bisa diakses masyarakat Desa Suak Gual hanya melalui media online. Oleh karena itu KIM Tanjong Lan-cor memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Youtube untuk menyebarkan informasi publik. Sementara Kepala Bidang Infor-masi dan Komunikasi Publik pada Diskominfo Kabupaten Belitung, Fithrorozi menyampaikan, KIM Tanjong Lancor agar tidak ragu untuk berbagi informasi.

Permasalahan kesulitan penyam-paian informasi akan dibantu oleh pihak Diskominfo.

"Bila kesulitan menulis informasi silakan sharing ke Diskominfo, dan pihak kami akan melakukan editing. Jangan sampai informasi terhenti karena keterbatasan ini," pungkas Fithro.(dodi/3)

Kasi Pengembangan Kemitraan dan Layanan Informasi Publik pada Diskominfo Belitung, Rachmat Danu Brata saat melakukan Pembinaan dan Pemberdayaan KIM Tanjong Lancor di Desa Suak Gual Kecamatan Selat Nasik Kabupaten Belitung, Rabu (29/1/2020). (foto: dodi)

Ibnu Ajak Masyarakat Bateng

Jaga Perilaku Hidup Sehat

KOBA- Penyebaran isu virus corona yang menjadi trending topik di seluruh belahan dunia patut diwaspadai. Bukan hanya di China, tak terkecuali di Indonesia. Maka dari itu, Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh mengajak seluruh komponen masya-rakat khususnya di Bangka Tengah agar menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.

“Kita menyadari bahwa virus corona adalah fenomena medis yang terjadi di seluruh dunia dan menjadi salah satu virus yang memati-kan. Penyebaran virus corona setidaknya dapat diantisipasi perilaku hidup sehat, pola makan seimbang dan olahraga secara teratur,” ujar Ibnu Saleh, Rabu (29/01/2020). Menanggapi isu yang beredar di media sosial saat ini, terkait ada warga Bangka Belitung terindikasi terkena virus corona, ia menegaskan 100% berita ini hoax (tidak benar). “Tadi sore saya telah meng-konfirmasi langsung ke pihak manajemen Rumah Sakit Siloam terkait isu yang beredar saat ini, melalui pesan WhatsApp. Pihak rumah sakit secara tegas mengatakan kalau isu itu tidak benar,” ungkapnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan isu yang ber-edar saat ini. Makanya, perlu konfirmasi atau penjelasan lebih lanjut dari otoritas

yang memiliki kewenangan. “Yang terpenting adalah jangan mudah meneruskan informasi yang kita tidak tahu kebenarannya, sehingga menimbulkan kepanikan,” tuturnya.

Untuk diketahui, sebelumnya virus yang disebut berasal kota Wuhan, China itu telah menjangkiti Amerika Serikat, Pe-rancis, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Si-ngapura, Thailand, Australia, Nepal, Viet-nam, Malaysia, Kanada, Kamboja dan Sri Lanka. Selain negara-negara itu, wilayah milik China yang ada di luar China daratan, yaitu Hong Kong dan Makau, juga telah melaporkan kasus corona virus.(ran/3)



Virus Corona adalah

Fenomena Medis

PTSP dan Manajemen Aset

Basel Raih Progres Tertinggi

Polres Basel Persiapan Penilaian Zona Integrasi



Pada Rencana Aksi Korsupgah KPK

TOBOALI – Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ma-najemen Aset Pemerintah Ka-bupaten Bangka Selatan meraih progres tertinggi pada rencana aksi koordinasi dan supervise pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedua area intervensi Kor-supgah itu telah mencapai 86 % dan 84 %. Sementara area inter-vensi lainnya seperti peren-canaan dan penganggaran AP-BD 71 %, Optimalisasi PAD 70 %, Manajemen ASN 65 %, Pengadaan Barang dan Jasa 56 %, Tata Kelola Dana Desa 53 %, APIP 48 %.

Plt Kepala Inspektorat Bang-ka Selatan, PD Marpaung me-ngatakan, dengan persentase tertanggal 13 Januari tersebut, Bangka Selatan berada di posisi teratas di seluruh Kabupaten/ Kota pada rencana aksi Kor-supgah KPK RI.

Ia menjelaskan, Rencana Aksi Daerah Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (RAD-PPK) Terintegrasi dalam Apli-kasi Monitoring and Centre for Prevention (MCP), yang me-rupakan Komitmen Peme-rintah Kabupaten Bangka Se-latan atas rekomendasi KPK sebagai bagian dari langkah

strategis Pencegahan dan Pem-berantasan Korupsi di Ka-bupaten Bangka Selatan.

Menurut dia, fokusnya ada 8 Area Intervensi, yang terdiri atas; Perencanaan dan Peng-anggaran, Pengadaan Barang dan Jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kapabilitas APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pendapatan Daerah, Mana-jemen Aset Daerah dan Tata kelola Dana Desa.

“Area Intervensi itu me-rupakan Komitmen Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi berisikan langkah perbaikan pada indikator pe-nilaian dan harus dipenuhi. Misalkan pada Area Intervensi

Bupati didamping sejumlah Kepala OPD di Lingkup Pemkab Basel foto bersama unsur Forkopimda, usai mendapatkan PTSP dan Manajemen Aset Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dengan progres tertinggi pada rencana aksi koordinasi dan supervise pencegahan KPK. (foto: dedy)

Fungsi KIM Sifatnya

Take and Give

TOBOALI- Kapolres Bangka Selatan

AKBP S. Ferdinand Suwarji didampingi Waka Polres Bangka Selatan Kompol Sarwo Edi memimpin rapat persiapan dalam rangka Penilaian Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM oleh TIM Penilaian Internal (TPI) Jajaran Polres Bangka Selatan.

Kegiatan di Ruang Rajawali Polres Bangka Selatan, Rabu (29/1/2020) ter-sebut, dihadiri oleh Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasi, Kanit Polsek Jajaran.

Polres Bangka Selatan sejak tahun 2016 telah mencanangkan pembangunan zona integritas (ZI) menuju WBK (wilayah bebas dari korupsi).

Tahun 2018 berdasarkan hasil evaluasi dari tim penilai internal mabes Polri, Polres Bangka Selatan menjadi satu satker yang diajukan untuk mendapatkan penilaian dari Menpan RB. Ditahun berikutnya, 2019, melanjutkan kembali pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM (wilayah birokrasi bersih melayani).

Penerapan pembangunan zona ini, sangat bermanfaat bagi masyarakat karena berlaku pada pelayanan kepolisian.

Pada tahun ini, 2020, Polres Bangka Selatan kembali siap untuk di nilai kembali. Kapolres mengatakan hal ter-sebut pada Rapat Zona Integritas ke-marin, dengan agenda pembahasan rapat yaitu Pencanangan Kegiatanan ZI Tahun 2020 serta Analisa dan Evaluasi terhadap Pelaksanaan Kegiatan ZI pada tahun-tahun sebelumnya.

Kapolres menekankan pentingnya enam kompenen pengungkit

pemba-ngunan ZI. Manajemen perubahan, tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas dan peningkatan Pelayanan Publik di Polres Bangka Selatan.

“Poin dari Anev pembangunan ZI yaitu akan melakukan perbaikan internal, untuk mendukung perbaikan Pelayanan publik,” ujar Kapolres.

Bentuk pelayanan itu, kata Kapolres, seperti peningkatan fasilitas maupun pembayarannya harus sesuai dengan PNBP yang telah ditetapkan baik di pelayanan SKCK dan SIM.

Kapolres menambahkan, satu langkah dalam upaya pembangunan Zl adalah perubahan pola pikir yaitu dilakukan dengan cara memberikan arahan lang-sung pada Apel Jam Pimpinan oleh Kapolres, Wakapolres, kemudian hari be-rikutnya akan dilaksanakan oleh Kasat setiap satuan.

“Polres Bangka Selatan telah meng-informasikan kegiatannya kepada ma-syarakat melalui media sosial kami, maupun menerima aduan terkait dengan pelayanan yang ada di lingkungan Polres Bangka Selatan,” pungkasnya.(raw/3)

Kapolres Bangka Selatan AKBP S. Ferdinand Suwarji didampingi Waka Polres Bangka Selatan Kompol Sarwo Edi memimpin rapat persiapan dalam rangka Penilaian Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM oleh TIM Penilaian Internal Jajaran Polres Bangka Selatan. (foto: dedy)

Launching Maskot & Jingle Pilkada Digelar 2 Februari

MUNTOK- KPU Bangka Barat mulai melaksanakan tahapan – tahapan penyelenggaraan Pe-milihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat 2020 yang akan digelar pada bulan September 2020 mendatang.

Dua agenda terdekat yang akan dilaksanakan yaitu, seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) dan Launching Maskot dan Jingle Pil-kada Bangka Barat 2020. Ketua KPU Bangka Barat, Pardi menga-takan, seleksi tertulis calon PPK akan dilaksanakan tanggal 30 Januari 2020 di SMP Negeri 1

Muntok Jalan Jenderal Sudirman, sedangkan launching maskot dan jingle Pilkada akan digelar pada tanggal 2 Februari 2020 di La-pangan Volli Bina Jaya depan Kan-tor KPU Bangka Barat, Jalan Jen-deral Sudirman Muntok.

”Untuk maskot kita launching di hari H tanggal 2 Februari,” kata Pardi membuka jumpa pers di Orange Cafe Jalan Raya Peltim, Muntok, Rabu ( 29/1/2020 ). Kordiv Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Bangka Barat, Yulizar menam-bahkan, proses rekruitment calon

PPK telah menyelesaikan tahapan administrasi. Jumlah pendaftar yang pihaknya terima sebanyak 122 orang dari enam kecamatan di Bangka Barat.

Dari jumlah tersebut dikerucutkan menjadi 116 orang yang akan mengikuti test tertulis. "Setelah test tertulis selesai, KPU akan mengambil 10 orang perkecamatan untuk mengikuti test wawancara. Hasil akhirnya, per kecamatan akan dipilih lima orang terbaik yang akan men-jadi anggota PPK dan akan mulai ber-tugas pada bulan Maret 2020 men-datang," jelas Yulizar.(wan/3)

Penumpang Penerbangan Belitung

Wajib Isi Kartu Kewaspadaan Kesehatan

BELITUNG- Para penumpang p en erb an g an intern asio nal d i Bandara Internasional H.AS

Ha-nandjoeddin Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Be-litu ng diwaj ibkan mengisi k artu

k ewasp ad aan keseh atan g un a mencegah penyebaran virus co-rona di daerah itu.

"Dalam mencegah mewabahnya virus corona ini kami mengadakan kartu kewaspadaan kesehatan dan kami b agikan kep ada para p e-numpang," kata Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuh an Kelas III Pang kal Pin an g W ilayah Kerja Tanjung Pandan Jauhari di Tanjung Pandan, Rabu (29/1/2020).

Dia menjelaskan, Petugas KKP di bandara setempat akan men-data setiap penu mpang pen er-bangan internasional yang datang dan membag ikan kartu k ewas-padaan kesehatan tersebut ke-pada mereka.

"Kartu in i d ib ag ik an k ep ad a para penumpang, baik anak-anak maupun orang dewasa, mereka wajib mengisinya," ujarnya.

Me lalu i p e n g is ian k art u te r -sebut akan diperoleh data berupa identitas diri pen umpang serta k o n d is i k e s eh at a n t er k in i p e -numpang.

"K ami d ap a t d at a o ran g n ya te rs eb u t me rek a me n g in a p d i mana kalau itu tamu atau tempat tinggalnya di mana jika menetap di Belitung sehingga bisa dilacak," teg asn ya.

Selain memberlak u kan kartu terseb u t, pih ak n ya j u g a telah memasang alat "thermal scanner" atau pemindai suhu tubuh dan telah terpasang sejak 16 Oktober 2019. "Kalau suhu tubuh penumpang lebih dari 38 derajat, maka akan d io b servasi k e ru an g an k ami. Namun jika melihat histori perjalanan mereka dari W uhan, maka akan leb ih d alam lagi u n tu k d ic ek ," tukasnya.(ant/3)

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Wilayah Kerja Tanjung Pandan selalu siaga untuk mengantisipasi para penumpang di Bandara Internasional Hanandjoeddin terhadap Virus Corono. (foto: ant)

(6)

Ekonomi & Bisnis

6

RAKYAT POS - Jumat, 31 Januari 2020

Stok Gula Rafinasi Menipis, Industri

Terancam Berhenti Produksi

JAKARTA- Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makan-an dMakan-an MinumMakan-an Seluruh In-donesia (Gapmmi), Adhi S Luk-man menyebutkan stok Gula

Kristal Rafinasi (GKR) sebagai bahan baku industri makanan dan minuman di Indonesia telah menipis dan sebagian telah habis. "Stok bahan baku (raw

sugar) telah menipis dan se-bagian telah habis," kata Adhi dalam surat kepada Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Jakarta, Kamis (30/1).

Pada surat tertanggal 16 Januari 2020 dan bernomor 007/DPP/ GAPMMI/IX/2019 itu, Adhi menegaskan pihaknya meng-khawatirkan pasokan yang akan terhenti dengan habisnya stok bahan baku anggotanya.

Adhi memprediksikan bahwa pada semester I 2020 ini, khu-susnya mendekati bulan Ra-madhan, tepatnya April 2020, akan terjadi peningkatan ke-butuhan gula rafinasi.

Adhi tidak merinci posisi stok gula kristal rafinasi saat ini.

Hanya saja, dia mengharap-kan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dapat memper-timbangkan surat Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI) No-mor 007/AGRI/I/2020 tentang Penerbitan Persetujuan Impor Gula Mentah (raw sugar).

"Itu demi terjaganya keter-sediaan pasokan bahan baku guna mencukupi kebutuhan industri makanan dan minum-an minum-anggota kami, terutama peningkatan produksi menjelang persiapan Lebaran," katanya.

Sebelumnya, Adhi menyebut sedikitnya empat pabrik

ma-kanan dan minuman berhenti produksi karena kehabisan stok gula kristal rafinasi.

"Stok di pabrik, gula sudah habis. Hari ini sudah empat pabrik yang habis," kata Adhi (21/1). Keku-rangan stok tersebut disebabkan belum adanya persetujuan impor (PI) gula mentah (raw sugar) untuk semester I tahun 2020. Padahal kuota impor gula mentah sudah dikeluarkan dalam rapat koor-dinasi terbatas sebelumnya.

Kebutuhan gula kristal rafi-nasi industri makanan dan minuman pun mendesak seiring mendekati bulan puasa. Kon-sumsi yang meningkat pada bulan puasa membuat produksi harus bertambah.

"Kebutuhan semester I tahun ini sekitar 1,9 juta ton hingga 2 juta ton," kata Adhi.

Saat ini penerbitan persetujuan impor masih dalam pembahasan bersama dengan Kementerian Perdagangan (Kemdag).

Diharapkan persetujuan im-por segera keluar karena me-merlukan waktu agar gula men-tah yang diimpor bisa diguna-kan oleh industri.(ant)

BEIJING- Otoritas pener-bangan China menyetujui pe-nerbangan yang disewa untuk memulangkan dari perjalanan luar negeri sejumlah penduduk kota Wuhan, tempat berjang-kitnya wabah yang disebabkan oleh virus baru.

Maskapai domestik dan in-ternasional telah membatalkan penerbangan antara Wuhan dan kota-kota di luar negeri sejak Januari 23, dalam upaya mencegah penyebaran virus.

Otoritas penerbangan juga meminta maskapai untuk tidak menghentikan penduduk Wu-han yang sehat masuk ke kabin pesawat untuk diterbangkan.

Wuhan telah dinyatakan seba-gai kota yang dikarantina se-hingga akses keluar dan masuk ke ibu kota provinsi Hubei itu di-tutup. Meskipun demikian se-jumlah negara telah berkonsul-tasi dengan otoritas China untuk mengatur pemulangan warga mereka dalam upaya meng-hindari tertular infeksi virus corona yang vaksinnya sedang uji coba dan berusaha untuk di-temukan oleh berbagai labora-torium di sejumlah negara.(ant)

Regulator

China Setujui

Penerbangan

Sewa Pulangkan

Turis Wuhan

Mensos: Jangan

Pelihara Orang Miskin

JAKARTA- Menteri Sosial (Men-sos) RI, Juliari P Batubara meng-ingatkan jajarannya agar mengubah paradigma dalam menjalankan pro-gram-program di Kementerian Sosial (Kemensos) dengan tidak melihara orang miskin tapi me-nyejahterakan mereka.

"Jangan memelihara orang mis-kin, bantu mereka, bukan hanya mengurangi pengeluarannya tapi juga menjadikan mereka keluarga sejahtera," kata Juliari pada pelun-curan Resolusi 2020 Kementerian Sosial di Jakarta, Kamis (30/1).

Lebih lanjut, dia menambahkan, untuk menyejahterakan mereka dengan pemberdayaan sosial, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang graduasi (keluar dari program

bansos) juga bisa langsung men-dapatkan fasilitas pinjaman lunak.

Dia menyebutkan, salah satu dari fokus program kesejahteraan sosial pada 2020 adalah penguatan program pemberdayaan sosial dalam penanggulangan kemiskinan. "Nanti berapa KPM yang graduasi, berapa yang dapat Kube dan dapat program lain. Ini sudah saya sam-paikan ke presiden dan menkeu mereka mendukung penuh," ujarnya. Menurut dia, Kementerian Ke-uangan mengapresiasi apa yang dilakukan Kemensos dalam meng-integrasikan keuangan KPM yang sudah graduasi atau keluar dari program bantuan sosial dengan fasilitas pinjaman yang mudah.

Program bantuan sosial seperti

Pro-gram Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) harus terintegrasi dengan program pemberdayaan yang ada di Kemensos seperti Kelompok Usaha Bersama (Ku-be) dan kewirausahaan sosial lainnya. Ke depan, kata Juliari apa yang diberikan lewat bantuan sosial dan

Jokowi Sambut Gembira Laporan Bank Dunia

JAKARTA- Presiden RI Joko Widodo berterima kasih dan menyambut gembira laporan Bank Dunia "Aspiring Indonesia-Expanding the Middle Class" yang menyata-kan 45 persen penduduk Ind onesia telah berha sil keluar dari garis kemiskinan. "Presiden menyambut gem-bira laporan Bank Dunia yang menyatakan 45 persen pend-uduk Indonesia atau 115 juta orang telah berhasil keluar ga-ris kemiskinan," kata Juru Bi-cara Presiden Fadjroel Rach-man dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (30/1).

Fadjroel mengatakan bah-wa Indonesia, menurut Bank Dunia, telah membuat ke-majuan luar biasa dalam mengurangi tingkat kemis-kinan yang sekarang berada di bawah 10 persen serta berhasil menumbuhkan kelas menengah menjadi 20 persen atau sekitar 52 juta orang.

"Presiden Joko W idodo berterima kasih sebesar-besarnya atas partisipasi seluruh rakyat Indonesia, serta memperhatikan dengan seksama rekomendasi Bank Dunia agar pemerintah

me-ngadopsi kebijakan tepat dan efektif kepada kelas me-nengah baru yang keluar dari garis kemiskinan," kata Fa-djroel menjelaskan.

Ia mengatakan bahwa Pre-siden juga membenarkan bah-wa permintaan (konsumsi) ke-las menengah mendorong per-tumbuhan ekonomi karena me-rupakan setengah total penge-luaran rumah tangga Indonesia. Kebijakan pemerintah Joko Widodo, seperti omnibus law cipta lapangan kerja, per-pajakan, hingga ibu kota negara baru di Kalimantan Timur, diharapkan mampu mendorong Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi. Khusus omnibus law cipta lapangan kerja, diharapkan mampu mendorong trans-formasi ekonomi dan pe-ngembangan SDM.

Omnibus law cipta lapang-an kerja juga diharapklapang-an mampu mendukung perubah-an struktur ekonomi untuk mendorong pertumbuhan eko-nomi 5,7—6,0 persen melalui penciptaan lapangan kerja de-ngan SDM berkualitas seba-nyak 2,7—3 juta per tahun.

Selain itu, juga peningkatan

investasi 6,6—7 persen diser-tai peningkatan produktivitas yang meningkatkan pen-dapatan dan daya beli serta peningkatan konsumsi 5,4— 5,6 persen dari seluruh rakyat

Indonesia, juga untuk mem-berdayakan UMKM yang kontribusinya 61,7 persen dari PDB dan menyerap 97 per-sen total tenaga kerja.

"Terima kasih, ini hadiah

100 hari pemerintahan Joko-wi-Maruf Amin, semua hasil pekerjaan pemerintah ini untuk seluruh rakyat Indone-sia dalam mencapai IndoneIndone-sia Maju," ujar Fadjroel.(ant)

Penyaluran Dana Desa

Tahap I Capai Rp97,7 Miliar

JAKARTA- Kementerian Keuangan menyalurkan dana desa tahap pertama tahun anggaran 2020 senilai Rp97,7 miliar yang ditargetkan dapat mempercepat pembangunan di desa. "Percepatan ini tetap mengikuti persyaratan proses penyaluran dana desa yang saat ini diberikan kepada desa yang layak salur," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan In-formasi Kemenkeu Nufransa Wira Sakti dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (30/1).

Menurut dia, desa layak salur itu di antaranya berada di Kabupaten Madiun, Gorontalo, Manggarai Barat, Balangan, Pringsewu, Kolaka Timur, Na-tuna, dan Kabupaten Bantaeng. Alokasi dana desa tahun ang-garan 2020 sebesar Rp72 triliun untuk 74.953 desa di seluruh In-donesia dan akan disalurkan oleh 169 Kantor Pelayanan Perben-daharaan Negara (KPPN).

Dengan nilai tersebut, rata-rata desa akan memperoleh dana sebesar Rp960,6 juta atau meningkat dari rata-rata tahun 2019 sebesar Rp933,9 juta.

Mulai 2020, lanjut dia, pe-nyaluran dana desa dilakukan dengan mekanisme penyaluran dari Rekening Kas Umum Ne-gara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan penyaluran dari RKUD ke Re-kening Kas Desa (RKD) dila-kukan dalam tanggal dan wak-tu yang sama.

Dengan mekanisme itu di-harapkan dana desa akan lebih cepat diterima oleh desa,

pe-ngendapan dana desa di RKUD tidak akan terjadi, serta tetap tercatat dalam APBD kabu-paten/kota. Dana Desa disa-lurkan berdasarkan desa yang layak salur sehingga lemda dapat mengajukan permintaan penyaluran dana desa ke KPPN setiap minggu setelah meleng-kapi dokumen persyaratan penyaluran dana desa.

Porsi penyaluran dana desa tahun ini mengalami perubah-an yakni tahap I, II, dperubah-an III masing-masing disalurkan se-besar 40 persen, 40 persen dan 20 persen.

Persyaratan penyaluran dana desa tahun 2020 untuk setiap tahapannya yakni tahap per-tama meliputi peraturan bupati/ wali kota tentang penetapan rincian dana desa, Perdes APB-Desa, surat kuasa pemindah-bukuan, dan surat pengantar dokumen persyaratan.

Tahap kedua meliputi la-poran realisasi penyerapan dan capaian keluaran tahun ang-garan 2019, laporan realisasi penyerapan sampai tahap I tahun 2020 rata-rata minimal 50 persen, dan capaian ke-luaran rata-rata minimal 35 persen dan Surat Pengantar Dokumen Persyaratan.

Terakhir, tahap ketiga meliputi laporan realisasi penyerapan sampai dengan tahap II tahun 2020 rata-rata minimal 90 per-sen. Kemudian, capaian keluaran rata-rata minimal 75 persen, laporan konvergensi pencegahan stunting, dan Surat Pengantar Dokumen Persyaratan.(ant)

jadi kewirausahaan sosial harus menjadi embrio menuju fasilitas-fasilitas pinjaman tunai yang ada.

"Jadi kita bukan hanya memberikan bantuan uang dan hilang begitu saja. Bisnis model ke depan bagaimana bisa memanfaatkan kewirausahaan sosial," tambah dia.(ant)

Hujan Deras, 10 Ton Ikan Danau Maninjau Mati

LUBUK BASUNG- Sekitar 10 ton ikan jenis nila mati massal di Danau Maninjau, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, akibat curah hujan tinggi melanda daerah itu sejak Selasa (28/1) malam.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto di Lubuk Basung, Kamis (30/1), mengatakan 10 ton ikan itu berasal dari 15 keramba jaring apung yang berada di Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjungraya.

"15 keramba jaring apung itu milik lima orang petani di Galapuang," katanya.

Ia mengatakan ikan siap panen ini mati akibat curah hujan tinggi melanda daerah itu sejak Selasa (28/1) malam. Pada Rabu (29/1) pagi, lanjut dia, ikan-ikan itu mulai mengalami pusing dan mengapung ke permukaan danau akibat kekurangan oksigen di perairan danau vulkanik itu.

Beberapa jam setelah itu ikan sudah mati dengan jumlah sekitar 10 ton.

"Petani diimbau untuk mengumpulkan bangkai ikan dan dikuburkan agar air danau tidak tercemar," katanya.

Ia mengaakibat kejadian itu petani mengalami kerugian sekitar Rp260 juta,

karena harga ikan Rp26 ribu per kilogram. Agar tidak mengalami kerugian cukup banyak, Ermanto mengimbau petani keramba jaring apung untuk segera memanen ikan.

Selain itu, mengurangi pemberian pakan, memberikan pakan terapung, menghentikan penebaran bibit ikan dan lainnya.

"Kita setiap tahun menyampaikan imbauan agar tidak menebar ikan dari Agustus sampai Februari karena curah hujan cukup tinggi pada bulan itu," katanya.(ant)

Referensi

Dokumen terkait

Debit Banjir Rencana dalam menentukan debit banjir rencana di lokasi penelitian pengendalian banjir di Sungai Tabalong ini akan di hitung dengan metode

Pada tahun 1889, kawasan hutan yang terletak di antara Kebun Raya Cibodas dan air panas, yang sekarang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango,

Ketika terbukti pemain atau ofisial melakukan kecurangan, akan dikeluarkan surat keputusan resmi dari IHSBT 2017, dan pemain atau ofisial yang bersangkutan dilarang

Hasil penelitian menunjukan: (1) panduan model tux paint yang dikembangkan meliputi ; (a) pengenalan tools aplikasi tux paint, (c) langkah – langkah penerapan menggambar

Munculnya konflik atau ketidak harmonisan hubungan sosial dalam masyarakat, khususnya antara penduduk/tenaga kerja lokal dengan tenaga kerja pendatang. Operasional kilang,

Berbeda dengan daerah lain di Indonesia, perkembanga Dayah di Aceh telah dirintis oleh ulama-ulama terdahulu, mereka memulai pendidikan dayah di rumah-rumah, lalu berkembang

Tahap awal proses dilakukan dengan melakukan pengumpulan data pada perusahaan kemudian melakukan analisis kondisi perusahaan untuk menentukan posisi kuadran

Airil Haimi, dibangunkan pula Inventori Psikometrik Keusahawanan Riza-Airil atau IKRA-Azam dengan 270 item yang melihat, mengukur serta menilai kecenderungan serta potensi