GAYA BAHASA SINDIRAN DALAM ACARA “SENTILAN SENTILUN” DI METRO TV EPISODE SEPTEMBER 2015 - repository perpustakaan

14  Download (0)

Full text

(1)

GAYA BAHASA SINDIRAN DALAM ACARA “SENTILAN SENTILUN”

DI METRO TV EPISODE SEPTEMBER 2015

SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

oleh:

ANGGUN FITRIYANA HUMAIROTUN NISA 1101040067

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

(2)
(3)
(4)
(5)

MOTTO

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan),

tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain). Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.” (Terjemahan QS Al-Insyirah: 6-8)

Pendidikan merupakan senjata paling ampuh yang bisa kamu gunakan untuk merubah dunia (Nelsen Mandela)

Aku percaya bahwa apapun yang aku terima saat ini adalah yang terbaik dari Tuhan dan aku percaya Dia akan selalu memberikan yang terbaik untukku pada waktu yang

(6)

PERSEMBAHAN

Sembah sujud serta syukur kepada Allah SWT. Taburan cinta dan kasih sayang-Mu telah memberikanku kekuatan, membekaliku dengan ilmu serta memperkenalkanku dengan cinta. Atas karunia serta kemudahan yang Engkau berikan akhirnya skripsi yang sederhana ini dapat terselesaikan. Sholawat dan salam selalu terlimpahkan keharibaan Rasulullah Muhammad SAW.

1. Ibu, Bapak, Kakak, Adik

Sebagai tanda bakti, hormat, dan rasa terima kasih yang tiada terhingga kupersembahkan karya kecil ini kepada Ibu, Bapak, Kakak, dan Adik, yang telah memberikan kasih sayang, segala dukungan, dan cinta kasih yang tiada terhingga yang tiada mungkin dapat kubalas hanya dengan selembar kertas yang bertuliskan kata cinta dan persembahan. Semoga ini menjadi langkah awal untuk membuat Ibu, Bapak, Kakak, dan Adik yang selalu membuatku termotivasi dan selalu menyiramikudengan kasih sayang, selalu mendoakanku, selalu menasehatiku menjadi lebih baik. sebutkan satu persatu, kalian sudah menyemangati dan mendukungku.

4. Teman-teman PBSI Angkatan 2011

(7)

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum wr.wb.

Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang selalu memberikan rahmat dan hidayah serta inayah-Nya kepada kita semua sehingga pada kesempatan yang berbahagia ini penulis dapat menyelesaikan skripsi berjudul “Gaya

Bahasa Sindiran dalam Acara “Sentilan Sentilun” di Metro TV Episode September 2015”. Shalawat dan salam senantiasa tetap tercurahkan pada junjungan kita Nabi

Muhammad SAW.

Skripsi ini tersusun berkat bantuan sejumlah pihak. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati penulis menyampaikan terima kasih kepada:

1. Dra. Noorliana, M.Pd Dosen Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.

2. Dra. Hj. Tutut Tugiati, M.Hum Dosen Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan motivasi dalam penyusunan skripsi ini.

3. Seluruh dosen PBSI yang dengan penuh kesabaran dalam mendidik, mendampingi, serta memberikan ilmu yang bermanfaat kepada penulis selama menimba ilmu di PBSI-FKIP.

(8)

Penulis berharap penelitian ini ada manfaatnya, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi kita dalam rangka menambah wawasan pengetahuan dan pemikiran. Wassalammualaikum wr.wb.

Purwokerto, Penulis,

(9)

DAFTAR ISI

c. Alat Mengadakan Integrasi dan Adaptasi Sosial... 14

(10)

BAB V PENUTUP ... 86

A. Simpulan ... 86

B. Saran ... 86

DAFTAR PUSTAKA ... 88

(11)

DAFTAR SINGKATAN

BRKL : Bagi Remisi, Korupsi Lagi KOO : Kontroversi Ojek Online NDA : Negeri Darurat Asap

(12)

DAFTAR LAMPIRAN

(13)

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul “Gaya Bahasa Sindiran dalam Acara Sentilan Sentilun di Metro TV Episode September 2015” bertujuan untuk mendeskripsikan jenis gaya bahasa sindiran yang terdapat dalam acara “Sentilan Sentilun” episode September 2015.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa 56 tuturan Sentilan, Sentilun, dan bintang tamu yang mengandung gaya bahasa sindiran dalam acara “Sentilan Sentilun” di Metro TV episode September 2015. Sumber data dalam penelitian ini adalah empat episode tayangan “Sentilan Sentilun” episode September 2015. Penelitian ini menggunakan tiga tahap penelitian yaitu tahap penyediaan data, tahap penganalisisan data, dan tahap penyajian data. Pada tahap penyediaan data penelitian ini menggunakan metode simak, teknik sadap sebagai teknik dasar, dan teknik lanjutannya yaitu teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Dalam tahap analisis data metode yang digunakan adalah padan referensial, teknik dasar pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutan teknik hubung menyamakan hal Pokok penentu (HBSP). Dalam tahap penyajian data, peneliti menggunakan metode informal.

Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, maka diperoleh simpulan bahwa dalam tuturan Sentilan, Sentilun, dan bintang tamu pada acara “Sentilan Sentilun” di Metro TV episode September 2015 terdapat 3 jenis gaya bahasa sindiran. Jenis gaya bahasa sindiran yang ditemukan meliputi (a) ironi 4 data (7,14%), (b) sinisme 43 data (76,78%), (c) sarkasme 9 data (16,07%). Jenis gaya bahasa sindiran yang paling banyak digunakan adalah sinisme sebanyak 43 data (76,78%), sedangkan jenis gaya bahasa sindiran yang paling sedikit digunakan adalah ironi sebanyak 4 data (7,14%).

(14)

ABSTRACT

The research entitled “Satire in Sentilan Sentilun show on the Metro TV Episode September 2015” almed at describing satire in “Sentilan Sentilun” episode September 2015.

The research was descriptive qualitative. The data werw discourse of Sentilan, Sentilun, and guest stars which contained satire in “Sentilan Sentilun” on Metro TV episode September 2015. The source of the research were four epiosodes of “Sentilan Sentilun” show episode September 2015. The research used three stages of research which were data preparing, data analysing, and the next stage was uninvolved conversastion observation technique technique. The data analysing method was referential method. In data presenting, the researcher used informal method.

Based on the result of data analysing of data analysing, the conclusion was that the discourse of Sentilan, Sentilun, and guest in “Sentilan Sentilun” on Metro TV episode September 2015 consisted of 3 kinds of satire. The satire found were (a) irony, the data were 4 (7,14%), (b) cynisims, the data were 43 (76,78%), (c) sarcasm, the data were 9 (16,07%). The most used satires were 43 (76,78%), meanwhile the least used satires were irony which were 4 data (7,14%).

Figure

Updating...

References

Related subjects : Gaya bahasa sindiran

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in