BAB V PENUTUP. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab. sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa simpulan sebagai berikut:

Teks penuh

(1)

93 5.1. Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa simpulan sebagai berikut:

1. Komisaris independen berpengaruh tidak signifikan terhadap manajemen laba pada Perusahaan yang melakukan IPO (Initial public offering) di BEI selama periode 2009-2015. Ketika komisaris independen semakin besar maka akan ada kecenderungan pihak komisaris independen untuk menurunkan laba perusahaan.

2. Komite audit berpengaruh tidak signifikan terhadap manajemen laba pada Perusahaan yang melakukan IPO (Initial public offering) di BEI selama periode 2009-2015. Ketika komite audit semakin besar dalam perusahaan maka komite audit akan cenderung membuat perusahaan memiliki laba yang besar dengan melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap tindakan yang menguntungkan pihak institusional dan manajerial terutama ketika kedua aspek kepemilikan ini ingin menaikan laba.

3. Kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada Perusahaan yang melakukan IPO (Initial public offering) di BEI selama periode 2009-2015. ketika jumlah saham pemiliki institusi semakin besar maka semakin besar pula tindakan manajemen laba, dalam hal ini meningkatkan nilai laba perusahaan.

(2)

4. Kepemilikan manjerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada Perusahaan yang melakukan IPO (Initial public offering) di BEI selama periode 2009-2015. ketika saham dari pihak manajer semakin besar maka semakin besar pula tindakan manajemen laba, dalam hal meningkatkan labanya agar jumlah dividen yang diterima juga besar

5. Hasil pengujian simultan menunjukan bahwa komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap variabel terikat manajemen laba Perusahaan yang melakukan IPO (Initial public offering) di BEI selama periode 2009-2015 dengan nilai koefisien determinasi 3,6%.

5.2. Saran

Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan yang telah diuraikan di atas, maka saran penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Sebaiknya perusahaan yang melakukan IPO (Initial public offering) di BEI untuk memiliki dewan komisaris independen yang jumlahnya proporsional dan lebih bijak dalam memilih komisaris independen, karena tujuan dari aktivitas pengawasan oleh dewan komisaris independen adalah untuk memberikan signal kepada pasar mengenai reputasi aktivitas pengawasan yang efektif di dalam perusahaan.

(3)

2. Sebaiknya perusahaan menambah komite audit agar mampu untuk lebih baik lagi dalam mencegah tindakan manajemen laba pada perusahaan. Kemudian ditigkatkan lagi intensitas kehadiran komite audit dalam melakukan pengawasan. Pengawasan yang dapat dilakukan oleh komite audit yakni mengenai tingkat kepatuhan dari manajer atas peraturan.

3. Sebaiknya manajer Perusahaan yang melakukan IPO (Initial public offering) di BEI untuk tidak terpengaruh dengan intervensi dari pemilik dan pihak institusional agar tidak terjadi tindakan yang dapat berakibat pada citra perusahaan. Langkah yang perlu dilakukan oleh manajer yakni dengan terus menjaga transparansi dalam pengelolaan keuangan perusahaan serta konsultasi dengan dewan direksi

4. Sebaiknya bagi segenap pihak yang ada dalam perusahan untuk saling mengawasi dan saling mempertimbangkan berbagai tindakan atau kebijakan yang dapat berdampak pada citra perusahaan.

5. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat merekinstruksi penelitian dengan menganalisis faktor-faktor yang dapat berdampak pada tindakan manajemen laba perusahaan. Faktor lain tersebut berupa faktor fundamental rasio keuangan perusahaan.

(4)

DAFTAR PUSTAKA

Aji, Bimo Bayu. 2012. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.Skripsii. Universitas Diponegoro Semarang.

Ariesanti, Dahniar Dwi. 2015. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance dan Financial Distress Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2014). Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Auliya, Reza. 2015. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Tingkat Underpricing Ipo (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Ipo Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2014). Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang

Boediono, Gideon S, B. 2005. Kualitas Laba Studi Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Dampak Manjemen Laba Dengan Menggunakan Analisis Jalur.Simposium Nasional Akuntansi. Solo. Dama, Desi Putri. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap

Kinerja Manajemen Keuangan pada Perusahaan BUMN yang Terdapat di BEI Periode 2010-2013. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.

Fama, E.F., dan M.C. Jensen, 1983. Separation of Ownership and Control,Journal of Law and Economics. Vol.26 hal 301-325.

Ghozali, Imam, 2005, Analisis Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gracetiah, Rizky. 2010. Pengaruh Langsung Dan Tidak Langsung Mekanisme Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Pasca Ipo. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Hanafi, Mamduh. 2014.Manajemen Keuangan. Yokyakarta: BPFE.

Hasan, Shahe Usman, and Abubakar Ahmed. 2012. Corporate Governance, Earning Management and Financial Performance: A Case of Nigerian Manufacturing Firms Nigeria. American International Journal of Contemporary Research Vol.2 No.7

(5)

Indra, Andre Nata. 2012. Fenomena Manajemen Laba Dan Underpricing Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial public offering. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Vol.1, No.4, Juli 2012.

Indra Surya dan Ivan Yustiavandana, 2006. Penerapan Good Corporate Governance Mengesampingkan Hak-hak Istimewa Demi Kelangsungan Uasaha. Jakarta : kencana.

Jantu, Fitriana Febyola. 2013. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Praktik Manjemen Laba Pada Perusahaan Perdagangan, Jasa dan Investasi Yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.

Jensen, M. C and Meckling, W.H. 1976. Theori of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownweship Structure. Journal of Financial Economics. Vol.3, No.4.

Kartikasari, Desi. 2011. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba.Skripsi.Universitas Diponegoro Semarang. Laksono, Erdian Aji. 2011. Pengaruh Penerapan Mekanisme Good

Corporate GovernanceTerhadap Earning Manajemen di Dalam Perusahaan Telekomunikasi. Skripsi. Jawa Timur. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Lasimpala, Yulianti. 2015. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Tindakan Tax Avoidance pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2013. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.

Mardalis. 2006. Metode Peneltian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta. Bumi Aksara

Nastiti, Ari Sita dan Tatang Ary Gumanty. 2015. Tata Kelola Perusahaan dan Manajemen Laba pada Initial public offering. Simposium Nasional Akuntansi 18 Medan.

Nasution, Marihot dan Doddy Setiawan. 2007. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba di Industri Perbankan Indonesia. Makassar.Simposium Nasional Akuntansi 10.

Ningsaptiti, Restie. 2010. Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2006-2008). Semarang.Universitas Diponegoro. Skripsi.

(6)

Pagalung, Gagaring dan Robert Jao. 2011. Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Manufaktur Indonesia. Jurnal Akuntansi & Auditing Volume 8/No. 1/November. Universitas Hasanuddin

Panggabean, Ryan Raymond. 2011. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Praktek Manajemen Laba (Studi kasus pada perusahaan public di BEI periode 2007-2009). Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Prasetyowati, Anis. 2013. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Earning Manajemen (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2009-20011). Skripsi. Universitas Muhammadyah Surakarta.

Sasono, Yoga. 2011. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Listed di BEI). Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Schipper, Khaterine and Linda Vincent. 2003. “Earnings Quality”. Accounting Horizons,Vol.17. Supplement, p.97-110.

Scott, William R. 2012. Financial Accounting Theory. 6th ed. Toronto: Pearson Education Canada, Inc.

Setyantomo, Yohanes Yanuar. 2011. Analisis Pengaruh MekanismeGood Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2009). Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Siallagan, Hamonangan dan Mas’ud Machfoedz. 2006. Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi 09. Padang.

Simaremare, Elison. 2014. Analisis Earnings Management Dan Underperformance Pada Perusahaan Yang Melakukan Kebijakan Ipo Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012).Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang

Sugiyono. 2009.Statistika untuk penelitian. Bandung: ALFABETA.

________. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

(7)

Surya, Indra dan Yustiavandana, Ivan. 2006. Penerapan Good Governance Mengesampingkan Hak Istimewa Demi Kelangsungan Usaha.Jurnal.Jakarta. Pranada Media Grup

Suryawan, Aris. 2012. Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ujiyantho, Muh. Arif, Bambang A. Pramuka. 2007. Mekanisme Corporate Governance, Manajemen Laba dan Kinerja Keuangan (Studi pada Perusahaan Go Publik Sektor Manufaktur). Makassar. Simposium Nasional Akuntansi 10.

Yoviaal, Maria Monika. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Earnings Management ( Studi Empiris Pada Family Firm dan Non Family Firm yang Terdaftar di BEI Periode 2011-2013). Jurnal Ilmiah Mahasiswa UniversitasSurabayaVol.4 No.1

Widarjono, Agus. 2013. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Undang-undang No. 40 tahun 2007. diunduh 25 april 2016 pukul 16:54 http://www.hukumonline.com/pusatdata/download/fl52313/node/269 40

Keputusan-29/PM/2004: diakses tanggal 25 april 2016 pukul 14:14

http://www.sampoerna.com/id_id/investor_information/capital_mark et_regulation/documents/peraturan%20nomor%20ix%20i%205%20 pembentukan%20dan%20pedoman%20pelaksanaan%20kerja%20 komite%20audit.pdf

FCGI “Forum For Corporate Governance In Indonesia” 2015. diakses tanggal 25 april pukul 14:28 http://muc-advisory.com/tag/forum-for-corporate-governance-in-indonesia-fcgi/

http://www.academia.edu/5264229/STUDI_PENERAPAN_PRINSIPPRINSIP_OE CD_2004_DALAM_PERATURAN_BAPEPAM_MENGENAI_CORPORATEGOVE RNANCE diakses tanggal 25 april 2016 pukul 14:47

UU RI No. 8 Tahun 1995 tentang pasar modal, diakses tanggal 25 april 2016 pukul:14:02

http://www.sampoerna.com/id_id/investor_information/capital_market _regulation/documents/uu%20no%208%20tahun%201995%20tentang%2 0pasar%20modal.pdf

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :