Usulan Perancangan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Untuk Meminimumkan Total Biaya Persediaan Bahan Baku di PT. Gemilang Putra Mandiri Sejahtera.

Teks penuh

(1)

iv

Universitas Kristen Maranatha ABSTRAK

PT Gemilang Putra Mandiri Sejahtera (GPMS) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha pakan ternak seperti ayam dan bebek yang berlokasi di Sukabumi. Saat ini perusahaan mengalami permasalahan dalam pengendalian persediaan bahan baku dimana terlihat penumpukan bahan baku yang tersimpan di gudang. Hal ini dikarenakan perusahaan melakukan pemesanan seluruh bahan baku setiap empat bulan dengan ketentuan pertimbangan supplier dimana bahan baku jagung dan gandum minimum dipesan tiga bulan sekali dan untuk kemudahan dalam pemesanan perusahaan juga menetapkan semua bahan baku setiap empat bulan sekali.

Pengendalian kebutuhan material dalam tulisan ini menggunakan metode MRP dengan teknik lot sizing Wagner Whitin dan Period Order Quantity yang selanjutnya akan dibandingkan dengan teknik lot sizing yang dilakukan perusahaan saat ini.

Dari hasil perhitungan, diketahui bahwa teknik lot sizing Wagner Whitin menghasilkan total biaya keseluruhan sebesar Rp 123.281.635 lebih murah dibandingkan teknik lot sizing Period Order Quantity dengan selisih sebesar Rp.418.201 . Oleh karena teknik lot sizing wagner whitin sebagai teknik lot sizing usulan. Penerapan teknik lot sizing Wagner Whitin, menghasilkan penghematan total biaya keseluruhan sebesar Rp 48.139.790 atau 28,08% dibandingkan dengan teknik lot sizing yang diterapkan perusahaan saat ini.

(2)

Universitas Kristen Maranatha ABSTRACT

PT Gemilang Putra Mandiri Sejahtera (GPMS) is a company engaged in the field of animal feed businesses such as chickens and ducks are located at Sukabumi. Currently the company faced problems in raw materials inventory control, where the raw materials are in the warehouse is piled up. This is because companies make a booking for the raw corn and raw wheat every four months. booking patterns follow the terms of the supplier which sets the reservation every three months and for reasons of convenience in booking, the company also sets out all the raw materials are booked every four months.

The control needs material in this paper using the MRP method with lot sizing technique Wagner Whitin and Period Order Quantity, which will be compared to the lot sizing techniques currently used in the company.

From the calculation of the proposed lot sizing technique, it is known that the Wagner Whitin lot sizing technique have overall total cost of Rp 123 281 635,- cheaper than Period Order Quantity lot sizing technique with difference cost of Rp .418.201. By therefore Wagner whitin lot sizing technique as lot sizing technique proposed. Application of Wagner Whitin lot sizing technique, the company can save on the total cost of inventory control worth Rp 48,139,790 or 28.08%, if compared to the lot sizing technique that is currently applied to company.

(3)

vii Universitas Kristen Maranatha

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN ... ii

LEMBAR PERNYATAAN HASIL KARYA PRIBADI ... iii

ABSTRAK ... iv

KATA PENGANTAR DAN UCAPAN TERIMA KASIH ... v

DAFTAR ISI ... vii

2.1.3 Jenis Persediaan Bahan Baku……… 2-2

2.1.4 Klasifikasi Persediaan……….. . 2-3

2.1.5 Biaya Persediaan……….. ... 2-4

2.1.6 Istilah Dalam Persediaan………... 2-6

(4)

viii Universitas Kristen Maranatha

2.2.4 Tujuan Material Requirement Planning (MRP) ... 2-8 2.2.5 Input dan Output Material Requirement Planning ... 2-8 2.2.6 Langkah-Langkah Penyusunan Material Requirement

Planning ... 2-10

(5)

vix Universitas Kristen Maranatha 4.5 Daftar Harga dan Lead Time Bahan Baku ... 4-7 4.6 Usia Kadaluwarsa Bahan Baku ... 4-7 4.7 Struktur Produk ... 4-8 4.8 Bill Of Material ... 4-12 4.9 Data-Data Biaya Persediaan ... 4-14 4.9.1 Data Biaya Listrik Mesin ... 4-14 4.9.2 Data Biaya Telepon... 4-15 4.9.3 Data Biaya Administrasi ... 4-15 4.9.4 Data Biaya NJOP ... 4-15 4.9.5 Data Persediaan Rata-Rata Bahan Baku ... 4-16 4.9.6 Data Persediaan Rata-Rata Barang Jadi ... 4-17 4.9.7 Safety Stock ... 4-15 Bab 5 Pengolahan Data dan Analisis ... 5-1 5.1 Perhitungan Biaya Persediaan ... 5-1 5.1.1 Biaya Setup ... 5-1 5.1.2 Biaya Pesan Bahan Baku ... 5-2 5.1.3 Biaya Simpan Barang Jadi ... 5-5 5.1.4 Biaya Simpan Bahan Baku ... 5-9 5.2 Perhitungan Material Requirements Planning ... 5-14 5.2.1 Perhitungan Material Requirements Planning ProdukJadi... 5-15 5.2.2 Perhitungan Material Requirements Planning Teknik

Lot Sizing Metode Perusahaan ... 5-19

(6)

viii Universitas Kristen Maranatha

5.2.4 Rangkuman Total Biaya Teknik Lot Sizing Perusahaan ... 5-23 5.2.5 Perhitungan Material Requirement Planning Teknik

Lot Sizing Metode Wagner-Within ... 5-24

5.2.6 Planned Order Release Teknik Lot Sizing Wagner-Within ... 5-29 5.2.7 Rangkuman Total BiayaTeknik Lot Sizing Wagner-Within ... 5-32 5.2.8 Perhitungan Material Requirement Planning Teknik

Lot Sizing Period Order Quantity ... 5-33

5.2.9 Planned Order Release Teknik Lot Sizing

Period Order Quantity ... 5-35

5.2.10 Rangkuman Total Biaya Teknik Lot Sizing

Period Order Quantity ... 5-39

5.3 Analisis Metode Pengendalian Persediaan ... 5-40 5.3.1 Kekurangan Metode Saat Ini ... 5-40 5.3.2 Analisis Metode Pengendalian Persediaan Usulan ... 5-41 5.3.3 Analisis Metode Pengendalian Persediaan Usulan Terpilih

(7)
(8)

xii Universitas Kristen Maranatha Baku Teknik Lot sizing Period Order Quantity

5.27 Rekapitulasi Planned Order Release Untuk Semua Bahan 5-38 Baku Teknik Lot sizing Period Order Quantity Penyesuaian 5.28 Rangkuman Perhitungan Total Biaya Teknik Lot Sizing 5-39

Period Order Quantity Untuk Semua Bahan Baku

5.29 Rangkuman Biaya Persediaan Bahan Baku Metode 5-40 Perusahaan

(9)

xiii Universitas Kristen Maranatha

5.33 Perbandingan Biaya Pesan Metode Usulan Terpilih 5-45 Dan Metode Saat Ini

5.34 Perbandingan Biaya Simpan Metode Usulan Terpilih 5-46 Dan Metode Saat Ini

(10)

xiv Universitas Kristen Maranatha

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran Judul Halaman

(11)

1-1 Universitas Kristen Maranatha

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Di dalam suatu perusahaan manufaktur, ketersediaan bahan baku memegang peranan yang sangat penting dalam kelancaran proses produksi yang dilakukan oleh perusahaan. Ketersediaan bahan baku perlu dikendalikan dengan mengingat apabila ketersediaan berlebihan, maka akan mengakibatkan biaya simpan yang tinggi, sedangkan apabila ketersediaan bahan baku terjadi kekurangan, maka akan menyebabkan terhentinya proses produksi yang berlangsung.

PT Gemilang Putra Mandiri Sejahtera (PT GPMS) adalah perusahaan yang memproduksi pakan ternak untuk ayam dan bebek. Perusahaan tersebut berlokasi di Kota Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Dari hasil wawancara dengan bagian kepala produksi dan pengamatan yang dilakukan oleh penulis terhadap diketahui bahwa perusahaan saat ini mengalami masalah dalam pengendalian persediaan bahan baku, dimana terlihat beberapa bahan baku mengalami penumpukan di gudang yang disebabkan oleh periode pemesanan semua bahan baku lainnya disamakan dengan periode pemesanan untuk bahan baku jagung dan gandum yang disimpan setiap empat bulan sekali dengan alasan untuk kemudahan pemesanan. Hal ini menunjukan kurang tepatnya pengendalian persediaan yang diterapkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, melalui penelitian ini penulis ingin mengusulkan metode pengendalian persediaan yang sebaiknya diterapkan oleh perusahaan.

1.2 Identifikasi Masalah

(12)

Bab 1 Pendahuluan 1-2

Tugas Akhir Universitas Kristen Maranatha

pemesanan untuk bahan baku jagung dan gandum yang bersifat musiman, dimana pemasok menetapkan minimal sebesar tiga bulan dan perusahaan menetapkan periode pemesanan sebesar empat bulan. Dengan dasar kemudahan pemesanan, maka pemesanan bahan baku yang lain dilakukan dengan periode pemesanan yang sama.

Hal tersebut menyebabkan biaya simpan yang timbul tinggi, walaupun biaya pesan yang ditimbulkan rendah. Biaya simpan dan biaya pesan merupakan elemen total biaya pengendalian persediaan yang dipertimbangkan oleh penulis. Oleh karena itu dalam penelitian ini, penulis akan mengusulkan metode pengendalian persediaan yang dapat meminimasi total biaya pengendalian persediaan yang timbul.

1.3 Batasan dan Asumsi Penelitian

Berhubung luasnya ruang lingkup penelitian yang dapat dilakukan, maka

penulis menetapkan beberapa batasan dan asumsi. Berikut adalah batasan yang digunakan dalam penelitian ini :

1. Data persediaan awal dan akhir bahan baku yang digunakan diambil dari periode Januari sampai Desember 2015.

Asumsi yang digunakan adalah sebagai berikut :

1. Besar biaya pesan dan biaya simpan selama periode penelitian ini adalah tetap.

2. Lead time yang digunakan untuk penelitian ini konstan.

1.4 Perumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah dan pembatasan masalah serta asumsi yang ada maka dapat dirumuskan sebagai berikut :

1. Apa kekurangan metode pengendalian persediaan bahan baku yang diterapkan perusahaan saat ini?

(13)

Bab 1 Pendahuluan 1-3

Tugas Akhir Universitas Kristen Maranatha

3. Berapa besar penghematan total biaya persediaan bahan baku yang dapat diperoleh perusahaan dari penerapan metode pengendalian persediaan usulan?

1.5 Penentuan Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Mengemukakan kekurangan apa saja yang dimiliki metode pengendalian persediaan dalam pengendalian persediaan bahan baku perusahaan saat ini. 2. Mengusulkan metode pengendalian persediaan bahan baku yang sebaiknya

diterapkan oleh perusahaan.

3. Menghitung besar penghematan total biaya pengendalian persediaan bahan baku yang dihasilkan dari penerapan metode pengendalian usulan.

1.6 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan untuk penyusunan laporan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :

BAB 1 PENDAHULUAN

Bab ini berisi latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan dan asumsi, perumusan masalah, dan tujuan penelitian.

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA

Bab ini berisi teori – teori yang melandasi penelitian yang dilakukan.

BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN

Bab ini berisi langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini, yang disajikan dalam bentuk bagan metodologi penelitian serta uraian dari setiap langkah yang dilakukan.

BAB 4 PENGUMPULAN DATA

Bab ini berisi data-data yang diperlukan dan telah dikumpulkan penulis.

(14)

Bab 1 Pendahuluan 1-4

Tugas Akhir Universitas Kristen Maranatha

Bab ini berisi pengolahan data yang dilakukan dan analisis terhadap hasil pengolahan data yang diperoleh.

BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN

(15)

6 – 1 Universitas Kristen Maranatha

BAB 6

KESIMPULAN DAN SARAN

6.1 Kesimpulan

Setelah melakukan penelitian berdasarkan dari hasil pengamatan secara langsung dan diskusi dengan pemilik perusahaan maka dari semua yang telah penulis kerjakan dari hasil pengolahan data dan analisis, didapatkan kesimpulan untuk meningkatkan sistem pengendalian persediaan bahan baku yang lebih baik bagi perusahaan. Beberapa kesimpulan yang penulis dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Kekurangan dari teknik lot sizing yang digunakan oleh perusahaan saat ini yaitu biaya simpan yang harus dikeluarkan oleh perusahaan relatif besar dikarenakan perusahaan harus menyimpan kebutuhan bahan baku yang telah di pesan pada periode tersebut untuk dipakai di periode berikutnya, adapun kelebihan dari teknik lot sizing yang digunakan perusahaan saat ini yaitu perusahaan akan mendapatkan biaya pesan yang relatif murah dikarenakan perusahaan hanya melakukan pemesanan untuk keseluruhan kebutuhan bersih bahan baku setiap empat bulan sekali.

2. Teknik lot sizing yang digunakan penulis sebagai usulan dalam penelitian ini yaitu teknik lot sizing Wagner Whitin dan teknik lot sizing Period

Order Quantity. Teknik lot sizing Wagner Whitin menghasilkan total biaya

sebesar Rp. 123.281.635,- sedangkan untuk teknik lot sizing Period Order

Quantity Rp. 123.699.836,- jika dilihat dari total biaya yang dihasilkan

(16)

Bab 6 Kesimpulan dan Saran 6 - 2

Laporan Tugas Akhir Universitas Kristen Maranatha

lot sizing Wagner Whitin tersebut yaitu perusahaan diharapkan dapat

membeli software untuk mempermudah proses perhitungannya yang rumit jika dilakukan dengan manual, sehingga perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli software tersebut dan biaya lainnya untuk melakukan training terlebih dahulu kepada karyawan sebelum diterapkan oleh perusahaan. Jika dipertimbangkan dari hal-hal tersebut dengan selisih total biaya keseluruhan yang tidak terlalu besar bila perusahaan menggunakan teknik lot sizing period order quantity yaitu sebesar Rp.418.201,- sebaiknya perusahaan juga dapat mempertimbangkan untuk memilih teknik lot sizing period order quantity.

3. Total biaya pengendalian persediaan bahan baku yang didapatkan dengan menggunakan metode teknik lot sizing perusahaan yaitu sebesar Rp.171.421.425,- sedangkan untuk metode usulan yang dilakukan penulis didapatkan masing-masing total biaya sebesar Rp. 123.281.635,- untuk metode teknik lot sizing Wagner-Within dan Rp. 123.699.836,- untuk metode teknik lot sizing Period Order Quantity. Dari hasil total biaya tersebut maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode usulan teknik lot sizing Wagner-Within akan menghasilkan biaya pengendalian persediaan bahan baku yang paling minimum bila dibandingkan dengan metode yang dilakukan perusahaan dengan persentase penghematan sebesar 28,08%.

6.2 Saran

Saran yang diberikan untuk menunjang kemajuan perusahaan yang berkaitan dengan penelitian ini, yaitu:

(17)

USULAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN

BAKU UNTUK MEMINIMUMKAN TOTAL BIAYA

PERSEDIAAN DI PT GEMILANG PUTRA MANDIRI

SEJAHTERA

LAPORAN TUGAS AKHIR

Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Akademik

Mencapai Gelar Sarjana Strata Satu

Pada Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik

Universitas Kristen Maranatha

Disusun Oleh :

Nama : Cannadianc Ganda Wijaya

NRP : 1123081

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA

BANDUNG

(18)

KATA PENGANTAR DAN UCAPAN TERIMA KASIH

Tugas Akhir ini merupakan tugas yang harus diselesaikan dalam rangka untuk memenuhi persyaratan akademik untuk mencapai gelar Sarjana Strata Satu pada Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Kristen Maranatha.

Pelaksanaan penelitian Tugas Akhir yang berjudul “Usulan Perencanaan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Untuk Meminimumkan Total Biaya Persediaan di PT Gemilang Putra Mandiri Sejahtera” ini dilakukan di sebuah perusahaan pakan ternak di Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Laporan Tugas Akhir ini terdiri dari enam bab, yaitu :

 Bab 1 Pendahuluan

 Bab 2 Tinjauan Pustaka

 Bab 3 Metodologi Penelitian

 Bab 4 Pengumpulan Data

 Bab 5 Pengolahan dan Analisis Data

 Bab 6 Kesimpulan dan Saran

Selama persiapan dan penyusunan laporan Tugas Akhir ini penulis mendapatkan dukungan, bantuan dan doa dari beberapa pihak terkait hingga Tugas Akhir ini selesai. Oleh karena itu penulis ingin berterima kasih kepada pihak terkait tersebut yang telah membantu untuk menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini, yaitu :

1. Kepada Allah SWT yang telah memberikan penulis berkat dan hikmat untuk menyelesaikan laporan kerja praktek ini.

2. Keluarga penulis yang senantiasa mendukung penulis untuk memulai, menyelesaikan Tugas Akhir dan kebutuhan studi ini sampai selesai.

(19)

memberikan arahan yang jelas sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Tugas Akhir ini dengan baik.

4. Kepada Bapak Awang Darmawan Selaku Kepala Produksi di PT GPMS 5. Kepada semua nara sumber yang telah memberi komentar dan nasihat

kepada penulis agar dapat menyelesaikan tugas akhir ini dengan baik. 6. Kepada sahabat-sahabat penulis yaitu Fitri, Kevin, Barqi, Lovi, Bella,

Yana dan semua teman pejuang industri di Teknik Industri Universitas Kristen Maranatha sebagai orang yang senantiasa membantu dan menyemangati penulis untuk menyelesaikan laporan Tugas Akhir

Bandung, 30 November 2016

(20)

xv Universitas Kristen Maranatha

DAFTAR PUSTAKA

Nur Bahagia.; “SistemInventori” ITB, 2006

Fogarty, Donald W.; “Production and Inventory Management”, South Western

Pub.Co, 2nded, 1991.

Handoko, Hani.;“DASAR-DASAR MANAJEMEN PRODUKSI DAN OPERASI”

BPFE Yogyakarta, 2011

Kusuma, Hendra.; “Manajemen Produksi Perencanaan & Pengendalian Produksi” ANDI, 2006

Tersine, Richard J.; “Principles of Inventory and Materials Management”,

Figur

Tabel
Tabel p.7

Referensi

Memperbarui...