SKRIPSI PEMENUHAN HAK TERSANGKA UNTUK TIDAK MENDAPAT PEMENUHAN HAK TERSANGKA UNTUK TIDAK MENDAPAT KEKERASAN FISIK DALAM PROSES PENYIDIKAN DI KEPOLISIAN RESORT KOTA YOGYAKARTA.

Teks penuh

(1)

SKRIPSI

PEMENUHAN HAK TERSANGKA UNTUK TIDAK MENDAPAT KEKERASAN FISIK DALAM PROSES PENYIDIKAN DI KEPOLISIAN

RESORT KOTA YOGYAKARTA

Diajukan oleh :

Dewi Maria Irastile Keban

NPM : 120510815

Program Studi : Ilmu Hukum

Program Kekhususan : Peradilan Pidana

UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

FAKULTAS HUKUM

(2)
(3)
(4)

MOTO

“Dunia akan anda kuasai, Bung! Jika anda berusaha dan bekerja tanpa

(5)

HALAMAN PERSEMBAHAN

Penulisan hukum/skripsi ini saya persembahkan untuk mereka yang mendukung saya dengan kasihnya setiap saat :

Sang Juru Selamatku Tuhan Yesus Kristus, Ayahandaku Johanes Seran Keban, Ibundaku Mintarsih Dewarini Apriati, Adikku Yohanes Satriya Bayu Bagaskara Keban,

Seluruh Keluarga Besarku, Kekasihku Ryos De Jeneiro Reja,

Sahabatku Vincentius Pramudaya, Sahabatku Alnoventio Bahtiar, S.H., Sahabatku Reynaldi Arya Danielli, Sahabatku Veronica Novaliana, S.H., Sahabatku Ni Nyoman

Peggy Rossa Candra P, Sahabatku Katharina Dewi W, Sahabatku Wilhelmina Bano Tae, Sahabatku Yunda, Sahabatku Sarah, Sahabatku Nia, Sahabatku Williyam,

Sahabatku KKN 69 dan

(6)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada tuhan Yang Maha Esa berkat perlindungannya penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Pemenuhan Hak Tersangka Untuk Tidak Mendapat Kekerasan Fisik Dalam Proses Penyidikan Di Tingkat Penyidik Kepolisian Resort Kota Yogyakarta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam penulisan skripsi ini penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak, maka pada kesempatan yang diberikan ini penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada : 1. Jhon S Keban, S.Pd dan Mintarsih Dewarini Apriati selaku kedua orangtua

penulis yang senantiasa memberikan doa dan kasih serta dukungan baik moril maupun materil kepada penulis dalam proses pengerjaan skripsi.

2. Yohanes Satriya Bayu Bagaskara Keban selaku adik yang selalu memberikan kekuatan doa dan semangat kepada penulis untuk terus berusaha agar penulisan skripsi dapat terselesaikan.

3. Prof.Dr.Paulinus Soge, S.H., M.Hum selaku dosen pembimbing, yang tidak pernah lelah mengajari serta memberikan masukan yang berguna bagi penyelesaian skripsi penulis.

4. AKP. Hari Subagyo, S.H. selaku penyidik di Kepolisian Resort Kota Yogyakarta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah bersedia menjadi narasumber sebagai pelengkap penulisan skripsi.

(7)

narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wirogunan yang telah bersedia menjadi narasumber sebagai pelengkap penulisan skripsi.

6. Kepada Ryos de Jeneiro Reja selaku kekasihku yang telah memberikan motivasi dan semangat sehingga penulisan skripsi dapat diselesaikan penulis dengan baik. 7. Kepada Vincentius Pramudaya, Alnoventio Bahtiar, Raynaldi Arya Danielli

selaku sahabatku yang senantiasa memberikan dukungan dan semangat sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan baik.

8. Kepada semua teman-teman Fakultas Hukum Atma Jaya Yogyakarta yang telah memberikan dukungan kepada kami penulis, serta kepada semua pihak yang telah membantu yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu nama yang telah memberikan bantuan berupa doa, sehingga penulisan skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa suatu kendala apapun.

Ahkir kata semoga skripsi ini dapat membantu dalam perkembangan ilmu hukum pada umumnya dan perkembangan proses penyidikan agar kedepannya dapat berjalan dengan baik sesuai dengan hukum dan tidak mengindahkan norma serta nilai yang berkembang di masyarakat. Namun penulis menyadari bahwa penulisan skripsi ini jauh dari kata sempurna untuk itu penulis akan menerima saran dan kritik yang bersifat membangun agar dapatmenjadikan penulisan ini menuju kearah yang sempurna.

(8)

ABSTRACT

The tittle of this research, the fulfillment the right of client not to get physical severity in the process of investigation in Yogyakarta Police Resort. The purpose of this research wants to know the cause or factor why the fulfillment the right of client not to get the physical severity in the process of investigation in the level of investigator is not yet fulfilled optimaly. The kind of research done is the normative law research which focuses on positive law norm in the form of legislation regulation with the method collecting data through library study and interview. This research was done in the police resort of Yogyakarta, especially on investigator part ( public criminal investigator ). The result of research shows that the physical severity is still done by investigator to the client in the form of beating by using hand, leg or blunt thing. This happened because there are several factors which make investigator side having no choice, such as try to escape when to be arrest, no honest in giving the information, and also because of the physical against done by client to investigator.

(9)

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul pemenuhan hak tersangka untuk tidak mendapat kekerasan fisik dalam proses penyidikan di Kepolisian Resort Kota yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab/faktor mengapa pemenuhan hak tersangka untuk tidak mendapat kekerasan fisik dalam proses penyidikan di tingkat penyidik belum dapat terpenuhi secara optimal. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum normative, yang berfokus pada norma hukum positif yang berupa peraturan perundang-undangan dengan metode pengumpilan data berupa studi kepustakaan dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di Kepolisian Resort Kota Yogyakarta yang dikhususkan pada bagian Penyidik (RESKRIMUM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kekerasan fisik yang dilakukan oleh penyidik terhadap tersangka berupa pemukulan denggan menggunakan tangan maupun kaki dan pemukulan menggunakan benda tumpul. Hal ini disebabkan karena terdapat beberapa faktor yang menyudutkan pihak penyidik dalam hal ini usaha melarikan diri pada saat dilakukan penangkapan, kecerdasan tersangka untuk melakukan kebohongan dalam memberikan keterangan dan adanya perlawanan dari pihak tersangka kepada penyidik berupa perbuatan fisik.

(10)

DAFTAR ISI

Halaman Kata Pengantar………..vi

Halaman Abstrak………viii

Halaman Daftar Isi………x

Halaman Daftar Lampiran ………..xii

Halaman Pernyataan Keaslian penelitian………..xiii

BAB I PENDAHULUAN………1

A. Latar Belakang Masalah………...1

B. Rumusan masalah………..6

C. Tujuan Penelitian………6

D. Manfaat Penelitian……….7

E. Keaslian Penelitian………...8

(11)

G. Metode Penelitian………...…………..15

H. Sistematika penulisan hukum/skripsi………..18

BAB II PEMBAHASAN………..20

A. Pemenuhan Hak Tersangka Untuk Tidak Mendapat Kekerasan Fisik………..………...20

1. Hak Asasi Manusia………20

2. Hak Tersangka Untuk Tidak Mendapat Kekerasan Fisik………....27

B. Proses Penyidikan Di Tingkat Penyidik………...31

1. Proses Penyidikan………..31

2. Kewenangan Penyidik……….………..34

C. Penyidikan Tersangka Di Tingkat Penyidik Kepolisian Resort Kota Yogyakarta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta……….44

1. Hasil wawancara AKP. Hari Subagyo, S.H., Penyidik Kepolisian Resort Kota Yogyakarta………44

2. Hasil wawancara Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Wirogunan yang menjalani Proses Penyidikan sebagai Tersangka di Kepolisian Resort Kota Yogyakarta………...47

(12)

BAB III PENUTUP………...59

A. Kesimpulan………...59

B. Saran………...59

(13)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 : Surat Keterangan Penelitian Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Resort Kota Yogyakarta

(14)

SURAT PERNYATAAN KEASLIAN

Dengan ini penulis menyatakan bahwa skripsi ini merupakan hasil karya asli penulis, bukan merupakan duplikasi ataupun plagiasi dari hasil karya penulis lain. Jika skripsi ini terbukti merupakan duplikasi ataupun plagiasi dari hasil karya penulis lain, maka penulis bersedia menerima sanksi akademik dan/atau sanksi hukum yang berlaku.

Yogyakarta, 15 Juli 2016 Yang menyatakan,

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...