MAKNA AL-NŪR DAN AL-ZHULUMĀT DALAM AL-QUR AN (KAJIAN MUNASABAH AYAT-AYAT AL-QUR AN) SKRIPSI

Teks penuh

(1)

MAKNA AL-NŪR DAN AL-ZHULUMĀT

DALAM AL-QUR’AN

(KAJIAN MUNASABAH AYAT-AYAT AL-QUR’AN)

SKRIPSI

Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas

Dan Memenuhi Persyaratan Guna Mencapai Gelar Sarjana Dalam Ilmu Ushuluddin

OLEH:

MOHD AMEER IQBAL BIN SAMSUDIN

NIM: 11032103896

PROGRAM S.1

JURUSAN TAFSIR HADITS

FAKULTAS USHULUDDIN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI

SULTAN SYARIF KASIM

RIAU

(2)
(3)

xi

ABSTRAK

Skripsi berjudul: “MAKNA NŪR DAN ZHULUMĀT DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN MUNASABAH AYAT-AYAT AL-QUR‘AN)”. Dalam setiap bahasa, termasuk bahasa Arab, sering kali kita temui adanya hubungan kemaknaan atau relasi antara sebuah kata. Baik hubungan bersifat kesamaan makna atau hubungan kebalikan makna. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sebaran kata nūr dan

al-zhulumāt di dalam al-Qur’an, makna kata al-nūr dan al-al-zhulumāt menurut para

mufassir ditinjau menurut kajian munasabah.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Data penelitian ini adalah ayat-ayat al-Qur’an yang mengandung kata al-nūr dan al-zhulumāt. Instrumen penelitian ini adalah human instrument. Untuk memperoleh data, digunakan teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan ayat-ayat al-Qur’an yang mengandung kata al-nūr dan al-zhulumāt, mengidentifikasi makna yang terkandung dalam kata al-nūr dan al-zhulumāt dengan mengacu pada kitab-kitab tafsir.

Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, kata al-nūr yang ditemukan dalam al-Qur’an sebanyak 43 kali, sedangkan kata al-zhulumāt yang terdapat di dalam al-Qur’an sebanyak 23 kali. Sementara kalimat al-nūr dan al-zhulumāt yang selalu beriringan dalam satu surah terdapat pada 9 surah dalam 11 tempat. Dalam

munasabah kata al-nūr dan al-zhulumāt ternyata menunjukkan pengertian dan

penafsiran yang saling bertolak belakang hubungannya disegi makna dan hubungan. Setelah dilakukan penelitian melalui bab per bab, maka sebagai hasil dari kajian ini adalah kata al-nūr dan al-zhulumāt sangat berhubungan diantara satu sama lainnya diantaranya persoalan keimanan dan kekufuran, dan malam dan siang.

(4)

ABSTRACT

Thesis titled: "THE MEANING OF AL-NŪR AND AL-ZHULUMĀT IN THE QUR'AN (REVIEW REASONABLE VERSES THE QUR'AN)". In every language, including Arabic, often times we find the significance of the relationship or correlation between a word. Good relations between similarity of meaning or relationship opposite meaning. The purpose of this study was to describe the spread of the word al-nūr and al-zhulumāt in the Qur'an, the meaning of the word al-nūr and

al-zhulumāt according to mufassir reviewed according to a feasibility study.

This research used a descriptive study. The data of this study are the verses of the Qur'an containing the word al-nūr and al-zhulumāt. This research instrument is the human instrument. To obtain data, use data collection techniques that is collecting the verses of the Qur'an containing the word al-nūr and al-zhulumāt, identify the meaning of the word al-nūr and al-zhulumāt with reference to the interpretation of the scriptures.

Based on the research that the author did, said al-nūr was found in the Qur'an 43 times, while the word al-zhulumāt found in the Qur'an 23 times. While the phrase

al-nūr and al-zhulumāt always hand in hand in a chapter there on 9 chapters in 11

places. In reasonably say al-nūr and al-zhulumāt appears to show the meaning and interpretation of the mutual relationship opposites in terms of how meaning and relationships.

Once the research is done through chapter per chapter, so as a result of this study is the word al-nūr and al-zhulumāt very relation between one another among them the question of belief and disbelief, and night and day.

(5)

iii

KATA PENGANTAR

,

ﻦﻣو

ﻠﻠﻀﯾ ﻦﻣو ،ﮫﻟ ﻞﻀﻣ ﻼﻓ ﷲ هﺪﮭﯾ ﻦﻣ ،ﺎﻨﻟﺎﻤﻋأ تﺎﺌﯿﺳ

،ﮫﻟ يدﺎھ ﻼﻓ

نأ ﺪﮭﺷأو

ﺎﻧﺪﯿﺳ نأ ﺪﮭﺷأو ، ﮫﻟ ﻚﯾﺮﺷ ﻻ هﺪﺣو ﷲ ﻻإ ﮫﻟإ ﻻ

ﮫﻟﻮﺳرو هﺪﺒﻋ اﺪﻤﺤﻣ

Alhamdulillah, puji dan syukur bagi Allah SWT karena dengan rahmat dan pertolongan-Nya, penulis dapat menyelesaikan skripsi ini menurut mestinya. Selawat dan salam kepada baginda Rasulullah s.a.w. yang berjuang membawa umat manusia ke jalan yang diredhai Allah s.w.t.

Sebagaimana yang diketahui bahwa dalam menyelesaikan skripsi ini, penulis banyak menghadapi cobaan dan rintangan, namun ini semua tidak mematahkan semangat penulis untuk terus menyelesaikannya. Penulis juga menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih banyak kekurangan yang tentunya tidak disengaja. Namun berkat bimbingan dari berbagai pihak, maka penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Dalam kesempatan ini, pada tempatnyalah penulis mengucapkan berbanyak terima kasih yang tidak terhingga kepada mereka yang telah banyak membantu penulis, baik secara langsung maupun tidak secara langsung. Secara khusus penulis mengucapkan terima kasih kepada:

(6)

1. Yang Terhormat Bapak Prof. Dr. H. Munzir Haitami selaku rektor UIN SUSKA RIAU, beserta stafnya.

2. Yang Terhormat Dekan Ushuluddin Dr. Wilaela, M.Ag, Pembantu Dekan 1, Dr. H. Khairunnas Jamal, M.Ag, Pembantu Dekan II, Dr. H. Agustiar, M.Ag, seterusnya Pembantu Dekan III, Dr. Hasbullah, M.Si dan semua staf .

3. Yang disayangi dan dikasihi Bonda tercinta Suhaimi binti Adnan dan Ayahanda Samsudin bin Yahaya. Terima kasih karena telah banyak memberi penulis nasihat, dorongan dan membantu penulis dalam menyelesaikan perkuliahan ini serta mendoakan penulis.

4. Yang amat berjasa dan dihormati lagi penulis kasihi, Bapak Dr. H. Mayshuri Putra dan Bapak H. Usman M.Ag selaku pembimbing penulis dalam penulisan skripsi ini. Segala pengorbanan bimbingan dan tunjuk ajar yang diberikan semoga mendapat balasan kebaikan dari Allah s.w.t. serta dipermudahkan urusan bapak di dunia dan di akhirat.

5. Buat semua dosen-dosen Fakultas Ushuluddin, terutamanya di Jurusan Tafsir Hadits, Bapak Dr. Afrizal Nur, M.IS dan Ibu Jani Arni, M.Ag. Tidak lupa kepada teman-teman seperjuangan mahasiswa Ushuluddin khususnya Yudhi, Ahmad Syarif, dan wanda, teman-teman Malaysia di Pekanbaru yang mana tidak dapat saya sebutkan satu persatu namun banyak membantu dalam penulisan skripsi ini. 6. Akhirnya buat semua masyarakat di lingkungan Jl. Amilin, Kampung Tengah,

(7)

v

Ijoy dan istri yang banyak membantu penulis menterjemahkan bahasa Malaysia ke bahasa Indonesia.

Semoga kita semua mendapat manfaat dari segala hasil upaya yang baik dan kehidupan kita senantiasa diberkati dunia dan akhirat. Amin yaaRabbal ‘Alamin.

Pekanbaru, 2014 Penulis,

MOHD AMEER IQBAL BIN SAMSUDIN NIM: 11032103896

(8)

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

MOTTO ………..

ii

KATA PENGANTAR ……… iii

PERSEMBAHAN ……….. viii

TRANSLITERASI ……… ix

ABSTRAK ………..

xi

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah ………. 1

B. Alasan Pemilihan Judul ………. 7

C. Penegasan Istilah ……… 7

D. Batasan dan Rumusan Masalah ………. 8

E. Tujuan dan Kegunaan Penelitian ……… 10

F. Tinjauan Kepustakaan ……… 11

G. Metode Penelitian ……….. 12

H.Sistematika Penulisan ……… 13

BAB II

TINJAUAN UMUM TENTANG AL-NŪR

DAN AL-ZHULUMĀT

A. Al-NŪR 1. Pengertian Al-Nūr……… 15 2. Pembagian Al-Nūr……… 19 B. AL-ZHULUMĀT 1. Pengertian Al-Zhulumāt……….. 22 2. Pembagian Al-Zhulumāt………. 24

(9)

BAB III

TAFSIR TENTANG AYAT-AYAT AL-NŪR DAN

AYAT-AYAT AL-ZHULUMĀT

A. Tafsir ayat tentang al-nūr ………....28

1. Surah Al-Baqarah Ayat 17………..28

2. Surah Maidah Ayat 15……….32

3. Surah Az-Zumar ayat 22………..35

B. Tafsir ayat tentang al-zhulumāt………36

1. Surah An- Baqarah Ayat 19……….36

2. Surah Al- Naml Ayat 63……….39

3. Surah Al- An’am Ayat 39………41

BAB IV

ANALISIS MUNASABAH ANTARA AL-NŪR DAN

AL-ZHULUMĀT

A. Al- Nūr Dan Al-Zhulumāt Bermakna Keimanan Dan Kekufuran 1. Surah al-Baqarah, ayat 257……….. 44

2. Surah al-Maidah, ayat 16 ………..47

3. Surah ar-Ra’d, ayat 1 ………50

4. Surah Al-Hadid ayat 9………..…53

B. Al- Nūr Dan Al-Zhulumāt Bermakna Siang Dan Malam Surah al-An’am ayat 1……….. 57

BAB V PENUTUP

A. Kesimpulan ..……….. 77

B. Saran ………..………...……….… 77

DAFTAR PUSTAKA

BIOGRAFI PENULIS

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :