NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA SEJARAH MUHAMMAD AL-FATIH MENURUT PROF. DR. ALI MUHAMMAD ASH-SHALABI Nilai-nilai pendidikan akhlak pada sejarah muhammad al-fatih menurut prof. dr. ali muhammad ash-shalabi.

Teks penuh

(1)

i

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA SEJARAH MUHAMMAD

AL-FATIH MENURUT PROF. DR. ALI MUHAMMAD ASH-SHALABI

SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Tugas dan Syarat-syarat guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I.) pada Program Studi

Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)

Disusun Oleh:

HARIYONO

NIM : G 000 100 170 NIRM : 10/X/02.2.1/T/5079

FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)

ii

NOTA DINAS PEMBIMBING

Surakarta,………..

Kepada Yth.

Dekan Fakultas Agama Islam

Universitas Muhammadiyah Surakarta Di Surakarta

Assalamu‟alaikum wr. Wb.

Setelah melakukan bimbingan, arahan, dan koreksi terhadap penulisan Skripsi yang berjudul:

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA SEJARAH MUHAMMAD

AL-FATIH MENURUT PROF. DR. ALI MUHAMMAD ASH-SHALABI

Yang ditulis oleh:

Nama : HARIYONO

NIM/NIRM : G000100170 / 10/X/02.2.1/T/5079 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)

Saya berpendapat bahwa Skripsi tersebut sudah dapat diajukan untuk dimunaqasahkan dalam rangka memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam.

Wassalamu‟alaikum wr. wb.

Pembimbing I

Drs. Ari Anshori, M.Ag

Pembimbing II

Drs. M. Yusron, M.Ag

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA FAKULTAS AGAMA ISLAM

(3)

iii

PENGESAHAN

Skripsi berjudul : NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA SEJARAH MUHAMMAD AL-FATIH MENURUT PROF. DR. ALI

MUHAMMAD ASH-SHALABI

Nama : Hariyono

NIM : G000100170

NIRM : 10/X/02.2.1/T/5079 Fakultas : Agama Islam

Program Studi : Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Tanggal Ujian :

Telah diterima sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam (S.PdI)

Surakarta, 17 Juli 2014 Dekan

(Dr. M.A. Fattah Santosa, M.Ag.)

Penguji I

(Drs. Ari Anshori, M.Ag.)

Penguji II

(Drs. M. Yusron, M.Ag.)

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA FAKULTAS AGAMA ISLAM

Jl. A. Yani. Tromol Pos I. Pabelan Kartasura Telp (0271) 717417, 719483 Fax 715448 Surakarta, 57102

Penguji III

(4)

iv

PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Hariyono

NIM : G000100170

NIRM : 10/X/02.2.1/T/5079 Fakultas : Agama Islam

Prodi : Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)

Menyatakan bahwa naskah skripsi ini secara keseluruhan adalah hasil penelitian/karya saya sendiri, kecuali pada bagian-bagian tertentu yang telah dirujuk sumbernya.

Surakarta, 17 Juli 2014 Saya yang menyatakan

HARIYONO NIM: G 000100170 NIRM: 10/X/02.2.1/T/5079

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA FAKULTAS AGAMA ISLAM

(5)

v MOTTO

“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al-Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat,

akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman”.

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Alhamdulillah dengan puji syukur, karya sederhana ini penulis persembahkan untuk:

1. Ibuku Titik Rusning, dan Ayahku Sastro Wiyono yang saya cintai dan saya banggakan yang selalu mengagungkan nama Tuhan untuk mendoakan penulis, terimakasih atas kasih sayang, do’a, pengorbanan dan segala dukungan, serta motivasi dan arahannya selama ini, semoga Allah swt membalas semua kebaikan yang telah diberikan.

2. Untuk pendamping hidupku tercinta Titik Agus Yuliana, terimaksih atas do’a, kasih sayang dan dukungannya, semoga menjadi istri yang shalihah 3. Segenap pengajar Pesantren Mahasiswa TANWIRUL FIKR PDM Kota

Surakarta, Drs Jazuli al-Demaky M.Ag, Ahmad Syafi’ul Anam Lc, al -Hafidz, Drs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag, dan yang lainnya yang namanya tidak saya sebutkan di kesempatan ini, terimakasih saya ucapkan atas ilmu yang telah diberikan.

4. Teman-teman atau segenap mahasantri Pesantren Mahasiswa TANWIRUL FIKR PDM Kota Surakarta, Syafi’ul Umam, Hari Kuswanto, dan semuanya, terimakasih atas segala dukungan dan rasa kekeluargaan yang telah diberikan.

(7)

vii ABSTRAK

Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak pada Sejarah Muhammad al-Fatih Menurut Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi

Oleh: Hariyono

Akhlak adalah salah satu pokok dalam ajaran Islam, hal ini dapat dilihat dengan diutusnya nabi Muhammad saw salah satunya tugasnya adalah memperbaikai akhlak manusia. Akhlak pada manusia pada dasarnya dapat dibentuk dengan pembinaan dan pendidikan, dan salah satu metode pendidikan yang dapat digunakan adalah metode kisah yang terdapat pada buku-buku sejarah dan karya-karya sastra. Salah satu buku sejarah yang cukup mudah ditemukan adalah sejarah tentang Bangkit dan Runtuhnya Kekhalifahan Utsmani. Karya Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi .

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung pada Sejarah Muhammad Al-Fatih Menurut Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi

. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan akhlak pada Sejarah Muhammad Al-Fatih Menurut Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi.

Adapun kegunaan penelitian ini adalah : (a) penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan tentang media pendidikan akhlak, dan (b) diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pembaca dalam memahami hikmah dalam suatu cerita sejarah tokoh-tokoh Islam masa lalu, serta sebagai transformasi nilai pendidikan yang terdapat dalam kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat penelitian kepustakaan (library research), adapun sumber data yang dipakai adalah buku yang berjudul Bangkit dan Runtuhnya Kekhalifahan Utsmani dan buku-buku yang relevan, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis Isi (content analysis).

Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Sejarah Muhammad Al-Fatih Menurut Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi meliputi: akhlak syukur, akhlak keimanan, akhlak ikhtiar, akhlak teguh pendirian , akhlak toleransi, akhlak kasih sayang, akhlak tawakal, dan akhlak musyawarah.

Kata kunci: Nilai Pendidikan, Pendidikan Akhlak, Sejarah Muhammad al-Fatih

(8)

viii

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta‟ala, Rabb semesta alam, yang telah memberikan rahmat, nikmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini, yang merupakan salah satu syarat guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam pada Fakultas Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Alhamdulillahirabbil „alamin, atas rahmat dan berkah dari Allah Subhanahu Wa Ta‟ala yang telah dianugerahkan kepada penulis sehingga mampu

menyelesaikan skripsi yang berjudul “Nilai-nilai Pendidkan Akhlak pada Sejarah Muhammad al-Fatih Menurut Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi”.

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan akhlak pada sejarah Muhammad al-Fatih menurut Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi. Inti pembahasan ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada ada pada sejarah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil sumber data primer di buku Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah Karya Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi bab Kepemimpinan Muhammad Al-Fatih Dan Penaklukan Kota Konstatinopel yang akan dijelaskan dan dipaparkan dalam isi skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa keberhasilan penyusunan skripsi ini berkat dorongan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

(9)

ix

2. Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag, selaku Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

3. Drs. Zaenal Abidin, M.Pd, selaku Kepala Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

4. Drs. Ari Anshori, M.Ag selaku pembimbing I yang sabar dan tekun menyisihkan waktu dari kesibukan untuk membimbing, mengarahkan dan memberi petunjuk serta sarana kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.

5. Drs. M. Yusron, M.Ag selaku pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan mengarahkan penulis selama proses penyusunan skripsi sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan baik.

6. Semua pihak yang membantu kelancaran pengerjaan skripsi ini, baik yang ada di internal kampus UMS maupun yang ada di luar kampus UMS.

Akhirnya penulis menyadari bahwa penulisan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan skripsi ini. Semoga skripsi dapat bermanfaat bagi semua pihak, yaitu penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.

Surakarta, …,…………,2014 Penulis

(10)

x

HALAMAN ERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI ... iv

HALAMAN MOTO ... v

BAB II: KONSEP TEORI TENTANG AKHLAK DAN SEJARAH KEPEMIMPINAN MUHAMMAD AL-FATIH DAN PENAKLUKAN KONSTANTINOPEL A. Tinjauan Pustaka ... 4

B. Tinjauan Teoritik ... 5

1. Nilai-nilai pendidikan akhlak ... 5

a. Pengertian nilai-nilai pendidikan akhlak ... 5

b. Tujuan pendidikan akhlak ... 7

c. Bentuk-bentuk akhlak ... 7

d. Metode pendidikan akhlak dengan kisah ... 13

2. Sejarah kepemimpinan Muhammad al-Fatih ... 13

(11)

xi

c. Fungsi dan kegunaan sejarah ... 15

BAB III: METODE PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian... 16

B. Sumber Data ... 16

C. Metode Analisis Data ... 17

BAB IV: DESKRIPSI DATA NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA SEJARAH MUHAMMAD AL-FATIH A. Gambaran Umum ... 19

1. Biografi Muhammad al-Fatih ... 19

2. Latar peristiwa ... 22

3. Penokohan ... 22

B. Deskripsi Data ... 23

BAB V: ANALISIS DATA NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA SEJARAH MUHAMMAD AL-FATIH A. Nilai Syukur... 31

B. Nilai Keimanan ... 32

C. Nilai Ikhtiar ... 33

D. Nilai Teguh Pendirian... 34

E. Nilai Toleransi ... 35

F. Nilai Kasih Sayang ... 35

G. Nilai Tawakal ... 36

H. Nilai Musyawarah ... 37

BAB VI: KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan ... 38

B. Saran ... 38

(12)

xii

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Dudung, dkk. 2003. Sejarah Pendidikan Islam dari Klasik hingga Modern. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.

Al-Qur’an dan Terjemah. Edisi Departemen Agama. 2010. Jakarta: Sigma.

Ardani, Moh. 2005. Akhlak Tasawuf: Nilai-nilai Akhlak/Budi Pekerti dalam Ibadat dan Tasawuf. Jakarta: Karya Mulia.

Arifin, Muzayyin. 2003. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis berdasarkan Pendekatan interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Ash Shalabi, Ali Muhamma. 2011. Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Azmi, Muhammad, 2006. Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah. Yogyakara: Penerbit Belukar.

Bungin. Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarya: Medpress. Fathoni, Abdurrahman. 2006. Metodologi Penelitian Teknik PenyusunanSkripsi. Jakarta:

Rineka Cipta.

Hahmudi, Arief. 2010. Nilai-NilaiPendidikan Akhlak dalam Novel Ketika Cinta bertasbih Karya Habiburahman El Sirazy. UIN Syarief Hidayatullah Jakarta: Skripsi. Unpubliseh.

Hakim, Rahman. Sultan Muhammad Al Fatih (Sang Penakluk Benteng Konstantinopel) Bagian 1, http://www.belajarislam.com/sultan-muhammad-al

fatih-sang-penakluk-benteng-konstantinopel-bagian-1/, diakses 11 Agustus 2014.

Hanifah. 2010. “Pendidikan Akhlak Pada Usia Dini di Keluarga Karir”, Jurnal Tarbawi vol 1 (2). 144-149.

Al-Jazairi, Abu Bakr. 2008. Ensiklopedi Muslim. Jakarta: Darul Falah.

Kuntowijoyo. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana. Marzuki. 2012. Pembinaan Karakter Mahasiswa melalui Pendidikan Agama Islam di

Perguruan Tinggi Umum. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Al-Mubarakfuri , Syaikh Shafiyyurrahman. 2006. Shahih Tafsir Ibnu Katsir (edisi

terjemah). Bogor: Pustaka Ibnu Katsir.

Muhammad al-Fatih, Penakluk Konstantinopel, http://www.

kisahmuslim.com/muhammad-al-fatih-penakluk-konstantinopel/, diakses 11

Agustus 2014.

Nata , Abudin. 2009. Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. ……….. 2012. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Isu-Isu Kontemporer Tentag

(13)

xiii

Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosyadi, Imas. 2002. Esensi Al-Qur‟an. Bandung: Pustaka Setia. Siauw, Felix Y. 2014. Muhammad al-Fatih 1453. Jakarta: AlFatih Press. Supriyadi, Marwan. 2009. Sejarah Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT. Perca.

Ulfah, Maria. 2010. Konsep Pendidikan Islam Menurut Syead Muhammad Al-Naquib al-Attas. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Skripsi. Unpubliseh.

At-Tuwaijiri, Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah, 2013. Ensiklopedi Islam Al-Kamil. Jakarta: Darus Sunnah Press.

Wardaya. 2009. Cakrawala Sejarah Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: PT. Widya Duta Grafika.

Zain, Abdullah. Islam Agama Kasih Sayang.

(14)

xiv ABSTRAK

Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Pada Sejarah Muhammad Al-Fatih Menurut Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi

Oleh: Hariyono

Sejarah Muhammad al-Fatih dalam merebut kota Konstantinopel dari kekuasaan Nasrani pasti sudah tidak asing lagi bagi para pembaca sejarah Islam. Sejarah yang berisi cerita atau kisah masa lalu sesungguhnya dapat menjadi media pendidikan akhlak bagi pembaca, yaitu dengan menelaah dan mendalami perilaku dari tokoh-tokoh kisah tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung pada Sejarah Muhammad al-Faith Menurut Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan akhlak pada Sejarah Muhammad al-Fatih Menurut Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi.

Adapun kegunaan penelitian ini adalah : (a) penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan tentang media pendidikan akhlak, dan (b) diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pembaca dalam memahami hikmah dalam suatu cerita sejarah tokoh-tokoh Islam masa lalu, serta sebagai transformasi nilai pendidikan yang terdapat dalam kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat penelitian kepustakaan (library research), adapun sumber data yang dipakai adalah buku yang berjudul Bangkit dan Runtuhnya Kekhalifahan Utsmani dan buku-buku yang relevan, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis Isi (content analysis).

Berdasarkan hasil penelitian, adapun nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada dalam Sejarah Muhammad al-Faith Menurut Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi.yaitu berupa akhlak syukur, akhlak keimanan, akhlak ikhtiar, akhlak teguh pendirian, akhlak toleransi, akhlak kasih sayang, akhlak tawakal, dan akhlak musyawarah

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...