• Tidak ada hasil yang ditemukan

Pengaruh Pemilihan Lokasi dan Pengetahuan tentang Produk (Product Knowledge) Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Mobil Kuota di Sepanjang Jalan Karya Wisata, Medan

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Pengaruh Pemilihan Lokasi dan Pengetahuan tentang Produk (Product Knowledge) Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Mobil Kuota di Sepanjang Jalan Karya Wisata, Medan"

Copied!
10
0
0

Teks penuh

(1)

SKRIPSI

PENGARUH PEMILIHAN LOKASI DAN PENGETAHUAN TENTANG PRODUK (PRODUCT KNOWLEDGE) TERHADAP KEBERHASILAN

USAHA PADA USAHA MOBIL KUOTA DI SEPANJANG JALAN KARYA WISATA MEDAN

OLEH

NADIA OCTARINA 120502294

PROGRAM STUDI STRATA-IMANAJEMEN DEPARTEMEN MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(2)

ABSTRAK

PENGARUH LOKASI DAN PENGETAHUAN TENTANG PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA USAHA MOBIL KUOTA

DI SEPANJANG JALAN KARYA WISATA MEDAN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi dan pengetahuan tentang produk terhadap keberhasilan pada usaha mobil kuota seluler di sepanjang jalan karya wisata Medan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yang terdiri dari 30 responden yang merupakan pengusaha mobil kuota di jalan Karya Wisata Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis statistik dan metode pengumpulan data melalui daftar pertanyaan dan studi dokumentasi.

Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi dan pengetahuan tentang produk secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan nilai Fhitung236,761 > nilai Ftabel 3,34.Uji parsial menunjukkan bahwa lokasi dan pengetahuan tentang produk masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, dimana nilai thitung variabel lokasi adalah 10,757dan thitung variabel pengetahuan tentang produk8,317 dimana masing-masing lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,05.

Nilai AdjustedR Square yang didapat dari hasil pengujian Koefisien Determinan (R2) terhadap keberhasilan usaha sebesar 0,942 menjelaskan bahwa 94,2% keberhasilan usaha mampu dijelaskan oleh variabel independen lokasi dan pengetahuan tentang produk. Sedangkan sisanya 5,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

(3)

ABSTRACT

THE INFLUENCE OF LOCATION AND PRODUCT KNOWLEDGE ON THE SUCCESS BUSINESS KUOTA MOBILE ALONG KARYA WISATA ROAD

MEDAN

The purpose of this research is to know the influence of location and product knowledge on the success of business on kuota mobile along Karya Wisata road Medan. The sample in this research use unsin sample by 30 responden who are kuota mobile business man along Karya Wisata road Medan. The analysis Technycal data used is descriptive technyc and statistic analysis and data collection by the questioning and study documentation.

The result of study shows that location and product knowledge simultaniasly influence significant be on the success of business,where the value of Fhitung 236,761 > value Ftabel 3,34. Partial study shows location and product knowledge respectively have positive and significant influence on the success of business,where the value of Thitung variable location and 10,757, Thitung product knowledge variable 8,317 where they are bigger than the value Ttabel 2,05.

Value Adjusted R Square which is obtained on the result of value of kuefisien dterminan (R2) on 0,942 explain that 94,2% the success of entrepreneurship can be explained by independent variable location and product knowledge where as the resr 5,8% is explained by other variabel not researched in this research.

(4)

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil’alamin, puji dan syukur kepada Allah SWT penulis

dapat menyelesaikan skripsi ini. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi Departemen Manajemen pada Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Penulis persembahkan skripsi ini untuk orang tua tercinta yang tidak pernah berhenti mendo’akan, mendukung dan mencukupi segala kebutuhan materi maupun non-materi dalam proses pembuatan skripsi ini, dan nasehat-nasehat yang selalu memotivasi penulis.

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pemilihan Lokasi dan Pengetahuan tentang Produk (Product Knowledge) Terhadap Keberhasilan Usaha Pada

Usaha Mobil Kuota di Sepanjang Jalan Karya Wisata, Medan”. Penyusunan skripsi ini tidak akan terselesaikan tanpa adanya bimbingan, saran, bantuan, motivasi dan do’a dari berbagai pihak. Maka dalam kesempatan ini penulis sampaikan rasa hormat dan terimakasih yang tulus kepada :

1. Bapak Prof. Dr. Ramli, MS selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

2. Bapak Dr. Muslich Lufti, SE., MBA dan Drs. Amlys Syahputra Silalahi, M.Si. selaku Ketua dan Sekretaris Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

3. Bapak Drs. Raja Bongsu Hutagalung, M,Si selaku Dosen Pembimbing, yang telah banyak meluangkan waktu dan banyak memberikan saran dan masukan atas penyelesaian skripsi ini.

4. Ibu Prof. Dr. Ritha F Dalimunthe S.E M.Si selaku Dosen Pembaca Penilai yang telah banyak memberikan saran dan masukan dalam penyelesaian skripsi ini.

(5)

6. Kedua orang tua penulis, Ayahanda Charan Singh MBA, dan Ibunda Herlina Thaib yang sangat penulis cintai dan sayangi dan yang telah banyak memberikan dukungan moril dan materil, serta dukungan doa sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Sarjana ini

7. Saudara Penulis, Sonya Septiani, Finny Muharni, Baljit Kaur, Manraj Kaur, Bobby Gill.

8. Seluruh Dosen dan Pegawai Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara untuk segala jasa-jasanya selama masa perkuliahan.

9. Sahabat-sahabat penulis Fajar Syahputra, Inggit Bintang, Christina Aruan, Nikolas Tobing, Benny Haloho, Jhonta Purnomo, Angel, sahabat-sahabat terdekat dan teman-teman Mahasiswa Manajemen angkatan 2012 yang tidak dapat penulis sebutkan namanya satu-persatu yang telah memberikan motivasi, dukungan, dan kebersamaan selama ini.

10. Pelaku usaha Mobil Kuota di Jalan Karya Wisata yang telah meluangkan waktu dan tenaganya membantu penulis dalam memberikan informasi dan pengarahan dalam pengumpulan data.

Skripsi ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis tetap mengharapkan kritik, saran dan masukan yang berguna dalam penyempurnaan skripsi ini. Akhir kata saya ucapkan Terima Kasih.

Medan, Maret 2017

Penulis

(6)

DAFTAR ISI

BAB III METODE PENELITIAN... 17

(7)

3.11.2 Uji F ... 25

4.2.1.1 Berdasarkan Jenis Kelamin ... 28

4.2.1.2 Berdasarkan Status ... 28

4.2.1.3 Berdasarkan Usia ... 29

4.2.1.4 Berdasarkan Pendidikan Terakhir ... 29

4.2.1.5 Berdasarkan Lama Usaha ... 30

4.3 Deskriptif Variabel ... 30

4.3.1 Distribusi Jawaban Responden terhadap Lokasi... 30

4.3.2 Uji Distribusi Jawaban Responden terhadap Pengetahuan tentang Produk ... 32

4.3.3 Uji Distribusi Jawaban Responden terhadap Keberhasilan Usaha ... 34

4.4 Uji Asumsi Klasik ... 38

4.4.1 Uji Normalitas ... 38

4.4.2 Uji Multikolineritas ... 41

4.4.3 Uji Heteroskedastisitas... 42

4.5 Analisis Regresi Linear Berganda ... 43

4.6 Pengujian Hipotesis ... 45

4.6.1 Uji Signifikansi Simultan (Uji F) ... 45

4.6.2 Uji Signifikansi Parsial (Uji-t) ... 46

4.6.3 Pengujian Koefisien Determinasi (R2) ... 47

4.7 Pembahasan ... 47

4.7.1 Pengaruh Lokasi terhadap Keberhasilan Usaha ... 47

(8)

DAFTAR TABEL

No. Tabel Judul Halaman

2.1 Penelitian Terdahulu ... 12

3.1 Operasionalisasi Variabel ... 17

3.2 Instrument Skala Likert ... 19

3.3 Hasil Uji Validitas ... 21

3.4 Hasil Uji Reabilitas ... 23

4.1 Karateristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin ... 28

4.2 Karateristik Responden Berdasarkan Status... 28

4.3 Karateristik Responden Berdasarkan Usia ... 29

4.4 Karateristik Responden Berdasarkan Pendidikan Terakhir ... 29

4.5 Karateristik Responden Berdasarkan Lama Usaha ... 30

4.6 Distribusi Jawaban Responden terhadap Lokasi ... 30

4.7 Distribusi Jawaban Responden terhadap Pengetahuan tentang Produk 32 4.8 Distribusi Jawaban Responden terhadap Keberhasilan Usaha.. ... 34

4.9 One Sample Kolmogorov-Smirnov Test ... 41

4.10 Uji Nilai Tolerance dan VIF ... 42

4.11 Hasil Regresi Linier Berganda ... 44

4.12 Hasil Uji F ... 45

4.13 Uji Signifikansi Parsial (Uji t) ... 46

(9)

DAFTAR GAMBAR

No. Gambar Judul Halaman

2.1 Kerangka Konseptual ... 15

4.1 Histogram Uji Normalitas ... 39

4.2 Plot Uji Normalitas ... 40

(10)

DAFTAR LAMPIRAN

No. Lampiran Judul Halaman

1 Kuisioner Penelitian ... 53

2 Hasil Uji Validitas dan Reabilitas ... 56

3 Hasil Pengolahan Data ... 58

Referensi

Dokumen terkait

Bakat adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi (potential ability) yang masih perlu dikembangkan atau dilatih.

Panitia Pengadaan Barang/Jasa pada Badan Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung akan melaksanakan prakualifikasi untuk paket pekerjaan jasa

Nama website sesuai dengan nama folder yang anda gunakan pada saat mengcopy master slims ke dalam folder htdocs sebelum melakukan instalasi (saya menggunakan nama slims7full)..

The Mediating Role of Psychological Distance In line with our theorizing that moral identity enhances out- group (i.e., neutral and dissociative) brand attitudes because it

Mereka yang pernah pakai narkoba relatif sama besar (4,3%) antara SMA dan perguruan tinggi, tetapi pada kelompok yang pakai narkoba setahun terakhir mereka yang di SMA (2,4%)

Didalam pasal 6 dan pasal 9 peraturan pemerintah No 34 tahun 2006 tentang jalan dijelaskan bahwa fungsi jalan terdapat pada sistem jaringan jalan primer dan sistem jaringan

Penelitian yang dilakukan oleh Nurul Wahidatul Kistatuhu tentang penggunaan media program autoplay untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas VII A

Berdasarkan data hasil belajar peserta didik setelah dilaksanakan penelitian, maka secara umum dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pair