Analisis dan Pembahasan dari Dua Negara

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Analisis dan Pembahasan dari Dua Negara

Bendera Indonesia memang serupa atau mirip dengan Bendera Monako terdiri atas 2 strip warna yaitu Merah (di atas) dan Putih (di bawah). Perbedaan bendera Monako dan Indonesia ada pada ukuran atau perbandingan antara panjang dan lebarnya. Warna Merah dan Putih Bendera Monako sudah menjadi corak khas The House of Grimaldi paling tidak semenjak 1339, namun dengan desain yang berubah-ubah. Bendera Monako yang asli (berbentuk sama dengan Bendera negara Monako tapi dengan gambar simbol negara versi sebelumnya di tengahnya) sudah digunakan sejak awal kerajaan ini berdiri, kecuali saat Monako di-aneksasi Perancis pada periode 1793-1814. Desain dua warna diadopsi lebih sederhana pada tanggal 4 April 1881, di bawah pimpinan Pangeran Charles III.

Bendera merah putih di Indonesia sejak Kerajaan Majapahit telah memakai lambang merah putih (Kerajaan majapahit berdiri tahun 1293). Selain itu, Kerajaan Kediri sebelum Kerajaan Majapahit Dusah memakai panji-panji merah putih. Jika dilihat dari segi sejarah Indonesia yang pertama kali memakai corak warna merah putih pada benderanya tepatnya pada saat Kerajaan Majapahit yang berdiri pada tahun 1293 sedangkan Monako baru menggunakan corak ini pada tahun 1339. Namun, jika dilihat dari pemakaian resminya, Monako yang terlebih dahulu menggunakan corak merah putih yaitu pada tahun 1881, sedangkan Indonesia baru menggunakannya secara resmi pada tahun 1945 dan tidak mengalami perubahan desain seperti yang dilakukan oleh Monako.

Sekilas kedua bendera tersebut terlihat sama persis, Bendera Indonesia berwarna merah dan putih, sama persis dengan bendera monaco, namun sebenarnya berbeda rasio atau sisi skala ukuran.

- Bendera Indonesia : Skala 2 berbanding 3 (rasio 2:3) - Bendera Monako : Skala 4 berbanding 5 (rasio 4:5)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...