• Tidak ada hasil yang ditemukan

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Dengan Menggunakan Metode Inkuiri.

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Dengan Menggunakan Metode Inkuiri."

Copied!
5
0
0

Teks penuh

(1)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK

DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI

Dianne Amor Kusuma

Jurusan Matematika FMIPA UNPAD

Abstract

Ability of mathematical communication is a person ability for communicating of

mathematics ideas. This ability could be increased by using some methods of instruction,

one of them is inquiry method.

Inquiry method is a method of instruction which students have to do many scientific

activities like observating, questioning, making hypothesis, and making conclusion.

Keywords: Mathematical communication, inquiry method.

Abstrak

Kemampuan komunikasi matematik adalah kemampuan seseorang dalam

mengkomunikasikan ide-ide matematika. Kemampuan ini dapat ditingkatkan dengan

menggunakan berbagai metode pembelajaran, salah satunya adalah metode inkuiri.

Pembelajaran dengan metode inkuiri merupakan suatu pembelajaran dimana siswa

melakukan rangkaian kegiatan ilmiah yang meliputi: mengamati, mengajukan

pertanyaan, membuat hipotesis, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan.

(2)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK

DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI

Dianne Amor Kusuma Jurusan Matematika FMIPA UNPAD

ABSTRACT

Ability of mathematical communication is a person ability for communicating of mathematics ideas. This ability could be increased by using some methods of instruction, one of them is inquiry method. Inquiry method is a method of instruction which students have to do many scientific activities like observating, questioning, making hypothesis, and making conclusion.

Keywords: Mathematical communication, inquiry method.

ABSTRAK

Kemampuan komunikasi matematik adalah kemampuan seseorang dalam mengkomunikasikan ide-ide matematika. Kemampuan ini dapat ditingkatkan dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran, salah satunya adalah metode inkuiri.

Pembelajaran dengan metode inkuiri merupakan suatu pembelajaran dimana siswa melakukan rangkaian kegiatan ilmiah yang meliputi: mengamati, mengajukan pertanyaan, membuat hipotesis, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan.

Kata kunci: Komunikasi matematik, metode inkuiri.

1. PENDAHULUAN

Proses pembelajaran matematika merupakan salah satu bagian dari keseluruhan proses pendidikan di sekolah-sekolah maupun di perguruan tinggi-perguruan tinggi, yang diharapkan dengan proses ini tujuan pendidikan akan dapat dicapai antara lain dalam bentuk terjadinya perubahan sikap, keterampilan, serta meningkatnya kemampuan berpikir siswa.

Secara umum, kemampuan-kemampuan dasar yang diharapkan dapat digali dan ditingkatkan melalui kegiatan belajar matematika adalah kemampuan komunikasi matematik. Kemampuan komunikasi matematik adalah kemampuan yang ditunjukkan siswa dalam:

1. Merefleksikan dan menjelaskan pemikiran siswa mengenai ide dan hubungan matematika 2. Memformulasikan definisi matematik dan generalisasi melalui metode penemuan 3. Menyatakan ide matematika secara lisan dan tulisan

4. Membaca wacana matematika dengan pemahaman

5. Mengklarifikasi dan memperluas pertanyaan terhadap matematika yang dipelajarinya

6. Menghargai keindahan dan kekuatan notasi matematika dan peranannya dalam pengembangan ide Matematika.

(3)

inkuiri merupakan suatu pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk membuat perkiraan, mengadakan percobaan dan mengajukan pendapat dalam memperoleh pengetahuan. Selain itu, pembelajaran dengan metode ini dapat merangsang dan memacu siswa untuk berusaha menemukan penyelesaian. Sedangkan proses pembelajarannya ditekankan pada keterlibatan dan keaktifan secara optimal. Dalam hal ini guru atau dosen hanya berperan sebagai fasilitator dan motivator. Dengan demikian, penggunaan metode inkuiri dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih efektif sehingga kemampuan siswa dapat dimunculkan dan dikembangkan.

2. METODE DAN PROSEDUR PENELITIAN

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, karena ingin melihat sejauhmana suatu treatment (dalam hal ini treatment yang dimaksud adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode inkuiri) pada siswa berdampak pada peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa.

Penelitian ini menggunakan instrument sebagai berikut: tes kemampuan komunikasi matematik dan lembar observasi terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran. Prosedur penelitian meliputi:

- Tahap persiapan : pelatihan di kelas, pengembangan perangkat pembelajaran, uji coba instrument penelitian, dan revisi perangkat pembelajaran.

- Tahap pelaksanaan : pretes, pelaksanaan pembelajaran, pengisian lembar observasi, dan postes. - Analisis data

3. HASIL DAN PEMBAHASAN

Mean pada skor kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada pretes tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, sedangkan pada postes mean skor kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol.

Uji Kesamaan Dua Rata-Rata Pretes

Kel. Eksperimen Kel. Kontrol

x s s² x s s²

t hitung t tabel Kesimpulan

5,49 1,66 2,76 5,64 1,67 2,79 0,19 2,65 Tidak terdapat perbedaan

Uji Kesamaan Dua Rata-Rata Postes

Kel. Eksperimen Kel. Kontrol

x s s² x s s²

t hitung t tabel Kesimpulan

7,40 1,43 2,04 5,79 1,53 2,34 4,88 2,65 Terdapat perbedaan

(4)

4. KESIMPULAN

Kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode inkuiri lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembalajaran secara konvensional. Pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran, serta pemahaman siswa terhadap suatu konsep pun lebih mendalam karena siswa belajar dengan cara membangun sendiri pengetahuannya.

DAFTAR PUSTAKA

1. Jacob, C. (2002). Matematika sebagai Komunikasi. Prosiding Konferensi Nasional Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

2. NCTM. (1995). Curricculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.

3. Ruseffendi, E. T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam

Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

4. Sumarmo, U. (2000). Proses Belajar dan Pemahaman Materi Kuliah. Makalah pada Lokakarya TPB. ITB.

(5)

Referensi

Dokumen terkait

Angelina Sondakh Bantah Tudingan Nazaruddin Soal Dana Kemenpora Rp 8 M Jakarta - Angelina Sondakh menampik tudingan Nazaruddin terkait dana Rp 8 miliar yang mengalir dalam

Untuk membuat objek pada WebGL, yang pertama kali dilakukan adalah dengan menentukan vertex dari objek dan disimpan pada sebuah array. Lalu dengan menggunakan

 Antara yang berikut, berikut, manakah manakah bukan bukan  bahan   bahan tambah dalam detergen. tambah

Eksperimen yang dilakukan adalah pengukuran laju infiltrasi secara langsung di lapangan dan uji sifat fisis tanah berupa tekstur, kerapatan, dan kadar air tanah..

Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Dan Pola Asuh Dengan Kejadian Stunting Pada Anak Usia 6-24 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Kota Padang Tahun 2015..

Demikian Laporan Akuntabilitas Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul Tahun Anggaran 2017 sebagai bentuk pertanggungjawaban pengelolaan

6. Informed consent yang sudah di tanda tangani oleh pasien atau keluarga pasien disimpan dalam rekam medic.. Bila informed consent yang diberikan oleh pihak lain atau pihak ke

Meski di tingkat provinsi capaian tersebut tidak dapat memenuhi target renstra, namun terdapat 9 dari 16 (56,25) Kabupaten/Kota di provinsi tersebut yang dapat