RAPAT KERJA I BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERTANIAN 2012

28 

Teks penuh

(1)

1

PANDUAN

RAPAT KERJA I

BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERTANIAN 2012

Tema:

Peningkatan Peran Inovasi Teknologi dalam Akselerasi

Pencapaian Target Sukses Pembangunan Pertanian Nasional

Auditorium Utama Ir. Sadikin Sumintawikarta

Bogor, 25 - 27 Mei 2012

BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PERTANIAN

KEMENTERIAN PERTANIAN

(2)

2 PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kementerian Pertanian telah menetapkan sistem pertanian industrial unggul berkelanjutan berbasis sumberdaya lokal untuk meningkatkan kemandirian pangan, nilai tambah, ekspor dan kesejahteraan petani sebagai visi pembangunan pertanian. Penjabaran sasaran operasional di lapangan diwujudkan dalam target pencapaian empat sukses yang salah satu butirnya adalah untuk pencapaian swasembada beras berkelanjutan, swasembada daging, swasembada gula, pengembangan diversifikasi pangan dan nilai tambah serta pengembangan hortikultura nasional. Penelitian dan pengembangan pertanian mempunyai peran strategis dalam menghasilkan dan mendistribusikan inovasi teknologi kepada para penggunanya untuk mendukung pencapaian target pembangunan pertanian nasional di atas. Bentuk konkrit dukungan Badan Litbang Pertanian pada pencapaian target pembangunan pertanian nasional dapat direalisasikan melalui penyediaan inovasi teknologi benih/bibit unggul, pupuk, alsintan untuk mendukung pemantapan swasembada beras, jagung, dan daging ayam, serta untuk pencapaian swasembada kedelai, daging sapi, dan gula.

Mengingat peran Badan Litbang Pertanian pada konstelasi pembangunan pertanian nasional dalam posisi yang begitu strategis, maka senantiasa perlu dijaga spirit memberikan karya terbaik di setiap insan Badan Litbang Pertanian. Rapat Kerja (Raker) Badan Litbang Pertanian kali ini merupakan salah satu media untuk mereview pencapaian penting litbang apa yang sudah dilakukan selama ini, sekaligus untuk pemantapan perencanaan program litbang ke depan hingga 2014. Sinkronisasi kegiatan litkajibang antar UK dan UPT Badan Litbang Pertanian diperlukan agar lebih sinergis dan fokus dalam menghasilkan produk dan rekomendasi teknologi yang lebih berkualitas untuk menjawab tantangan dan permasalahan di lapangan yang semakin komplek. Beberapa isu strategis yang perlu dilihat lagi dalam kegiatan raker ini antara lain terkait dengan potensi dukungan pihak di luar Badan Penelitian Pertanian dalam pengembangan hasil litbang pertanian mendukung akselerasi pencapaian target sukses pembangunan pertanian nasional.

(3)

3 Tema

Rapat Kerja I, Badan Litbang Pertanian Tahun 2012 dilaksanakan dengan Tema :

Peningkatan Peran Inovasi Teknologi dalam Akselerasi Pencapaian Target Sukses Pembangunan Pertanian Nasional

Tujuan

Secara spesifik tujuan penyelenggaraan Rapat Kerja I Badan Litbang Pertanian 2012 adalah untuk:

a. Melakukan mid review operasionalisasi Renstra Badan Litbang Pertanian

b. Melakukan evaluasi kinerja litkajibang 2010-2011 dan refocusing kegiatan litkajibang 2012-2014

c. Melakukan sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT

d. Menyusun potensi keterkaitan pihak di luar Badan Litbang Pertanian dalam pengembangan hasil litbang pertanian mendukung akselerasi pencapaian target sukses pembangunan pertanian nasional

Keluaran

Secara umum keluaran yang diharapkan dari penyelenggaraan Rapat Kerja I Badan Litbang Pertanian 2012 adalah teridentifikasinya profil capaian target litkajibang 2010-2011 dan pemantapan rencana kerja litkajibang pada sisa waktu hingga 2014 untuk mendukung pencapaian target sukses pembangunan pertanian nasional. Secara spesifik keluaran yang diharapkan adalah sebagai berikut :

a. Review operasionalisasi Renstra Badan Litbang Pertanian.

b. Hasil unggulan dan kinerja litkajibang 2010-2011 dan penajaman rencana kegiatan litkajibang hingga 2014.

c. Mapping kegiatan litkajibang strategis lintas UK/UPT.

d. Mapping potensi keterkaitan pihak di luar Badan Litbang Pertanian dalam pengembangan hasil litbang pertanian mendukung akselerasi pencapaian target sukses pembangunan pertanian nasional.

(4)

4 PESERTA

Peserta Rapat Kerja terdiri dari Menteri Pertanian, Wakil Menteri Pertanian, Kepala Badan Litbang, Inspektorat Jenderal (Itjen), Staf Ahli Menteri, Tenaga Ahli Menteri, Staf Khusus Menteri, Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen PSP, Dirjen Hortikultura, Dirjen Perkebunan, Dirjen Peternakan, Dirjen P2HP, Kepala BPPSDMP, Perwkilan FKPR, Sekretaris Badan, Kepala Puslitbang/Pusat/BB serta Kepala Balit/Lolit dan BPTP, Kepala Bidang dan Bagian UK/UPT Badan Litbang Pertanian, Kasie Yantek/Jaslit/KSPP, Koordinator Program UPT, dan para Peneliti/Penyuluh/Perekayasa Senior. Jumlah peserta secara keseluruhan sekitar 358 orang, dengan rincian sebagai berikut:

No. Peserta Jumlah

(orang)

1. Menteri Pertanian 1

2. Wakil Menteri Pertanian 1

3. Kepala Badan Litbang Pertanian 1

4. Perwakilan dari Itjen Kemtan dan BPKP 2

5. Dirjen/Ka Badan (Tanaman Pangan, Hortikultura, Peternakan, Perkebunan, P2HP, PSP, BPPSDMP)

7

6. Staf Ahli/Tenaga Ahli/Staf Khusus Menteri 12

7. Perwakilan FKPR 10

8. Sekretaris Badan, Kepala Pusat/Puslitbang/Balai Besar 12

9. Kepala Balit/Lolit/BPTP dan BPATP 52

10. Kabid/Kabag/Peneliti, Penyuluh, Perekayasa Senior lingkup Pusat/Puslitbang/Balai Besar

52

11. Kasie Yantek/Kasie KSPP/Koordinator Program/ Peneliti, Penyuluh, Perekayasa Senior lingkup Balit/BPTP/Lolit/Lokaji

208

(5)

5 WAKTU DAN TEMPAT

Rapat Kerja dilaksanakan pada tanggal 25 sampai dengan 27 Mei 2012 di Auditorium Utama Ir. Sadikin Sumintawikarta, Jalan Tentara Pelajar 12, Bogor.

PEMBIAYAAN

Akomodasi untuk pelaksanaan kegiatan Rapat Kerja dibebankan pada DIPA TA 2012 lingkup Badan Litbang Pertanian.

CAKUPAN MATERI

Materi-materi yang akan disampaikan dalam Rapat Kerja adalah: 1. Arahan dan pembukaan oleh Menteri Pertanian.

2. Keynote Speech (Wakil Menteri Pertanian): Kebijakan strategis penguatan peran litbang mendukung program pembangunan pertanian nasional.

3. Keynote Speech (Kepala BPN): Kebijakan strategis pertanahan nasional sebagai focal point pembangunan pertanian nasional.

4. Pembicara Tamu:

a. Dirjen Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi: Success story pengelolaan dan pemanfaatan lahan rawa untuk pembangunan pertanian di wilayah transmigrasi.

b. Dirjen Bina Usaha Kehutanan, Kementerian Kehutanan: Kebijakan pemanfaatan lahan hutan mendukung program ketahanan pangan nasional.

c. Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian PU: Kebijakan pengembangan jaringan irigasi untuk mendukung target sukses pembangunan pertanian nasional.

(6)

6

d. Deputi Bidang Usaha Primer, Kementerian Negara BUMN: Kebijakan

strategis pengembangan BUMN mendukung target swasembada beras, jagung, kedelai, gula, dan daging sapi.

e. FKPR: Evaluasi agenda riset nasional pangan dan pertanian 2010-2014 dan refocusing program riset 2015-2020.

f. Prof.Dr. Sumarno: Diagnostik kinerja penelitian berdasarkan scientific dan impact recognition dan upaya remedialnya.

g. Prof.Dr. Suhartono Taat Putra, dr, MS.: Pengembangan karakter produktif peneliti, penyuluh, dan perekayasa untuk menghasilkan inovasi teknologi bagi pembangunan pertanian nasional.

5. Pembingkaian Raker oleh Kepala Badan Litbang Pertanian.

6. Review operasionalisasi Rencana Strategis Badan Litbang Pertanian 2010-2014. 7. Evaluasi kinerja litkajibang 2010-2011 dan refocusing program litkajibang

2012-2014 pada masing-masing Pusat/Puslitbang/Balai Besar.

8. Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT untuk mendukung pencapaian target pembangunan pertanian nasional.

9. Penyusunan potensi keterkaitan pihak di luar Badan Penelitian Pertanian untuk pengembangan hasil litbang pertanian mendukung akselerasi pencapaian target sukses pembangunan pertanian nasional.

(7)

7 MEKANISME RAPAT KERJA

Mekanisme pelaksanaan Raker Badan Litbang Pertanian I, 2012 diatur sebagai berikut: 1. Pelaksanaan Raker akan dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi sidang pleno dan sesi sidang

kelompok. Materi yang akan disampaikan pada sidang pleno meliputi: (a) Arahan dan pembukaan oleh Menteri Pertanian, (b) Pembingkaian dan diskusi dengan Kepala Badan Litbang, (c) Review Renstra Badan Litbang Pertanian oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian, (d) Keynote Speech, kebijakan strategis penguatan peran litbang mendukung program pembangunan pertanian nasional oleh Wamentan, (e) Keynote Speech, kebijakan pertanahan nasional sebagai focal point pembangunan pertanian nasional oleh Kepala BPN, (f) Success story pengelolaan dan pemanfaatan lahan rawa untuk pembangunan pertanian di wilayah transmigrasi oleh Dirjen Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, (g) Kebijakan pengembangan jaringan irigasi untuk mendukung target sukses pembangunan pertanian nasional oleh Dirjen Sumber daya Air, Kementerian PU, (h) Kebijakan pemanfaatan lahan hutan mendukung program ketahanan pangan nasional oleh Dirjen Bina Usaha Kehutanan, Kementerian Kehutanan, (i) Kebijakan strategis pengembangan BUMN mendukung pencapaian target swasembada beras, jagung, kedelai, gula, dan daging sapi oleh Deputi Bidang Usaha Primer, Kementerian Negara BUMN, (j) Evaluasi agenda riset nasional pangan dan pertanian 2010-2014 dan refocusing program riset 2015-2020 oleh FKPR, (k) Diagnostik kinerja peneltian berdasarkan scientific dan impact recognition dan upaya remedialnya oleh Prof.Dr. Sumarno, (l) Pengembangan karakter produktif peneliti, penyuluh, dan perekayasa untuk menghasilkan inovasi teknologi bagi pembangunan pertanian nasional oleh Prof.Dr. Suhartono Taat Putra, dr, MS., dan (m) evaluasi dan refocusing kegiatan litkajibang pada setiap Pusat/Puslitbang/ Balai Besar.

2. Materi sidang kelompok akan membahas sinergi tindak lanjut hasil evaluasi dan refocusing kegiatan litkajibang dari setiap Puslit/BB yang mendukung langsung pencapaian target penting pembangunan pertanian nasional dan dibagi dalam 5 (lima) kelompok yaitu: (1) Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung

(8)

8 pencapaian swasembada jagung dan kedelai, (2) Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung pengembangan hortikultura nasional khususnya pada kentang, bawang merah, dan cabe, (3) Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung pencapaian swasembada gula, (4) Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung swasembada daging sapi, dan (5) Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung diversifikasi dan nilai tambah pada komoditas prioritas (padi, jagung, kedelai, tebu, daging sapi, kentang, cabe dan bawang merah). Masing-masing sidang kelompok akan dilanjutkan dengan diskusi. Mempertimbangkan keterbatasan waktu, mekanisme diskusi akan diatur oleh pimpinan sidang agar lebih efektif dan efisien. Hasil sidang kelompok akan dituangkan dalam bentuk rumusan hasil Raker.

3. Sidang kelompok lanjutan akan dilakukan untuk mengupas potensi keterkaitan pihak di luar Badan Litbang Pertanian dalam pengembangan hasil litbang pertanian untuk akselerasi pencapaian target sukses pembangunan pertanian nasional.

(9)

9 TATA TERTIB

1. Rapat Kerja ini merupakan wahana tertinggi dalam membuat berbagai keputusan strategis, maka dibutuhkan kesiapan dan kesamaan niat seluruh peserta untuk memberikan andil yang maksimal untuk dapat mencapai berbagai target yang telah ditetapkan dari kegiatan ini.

2. Peserta wajib mempersiapkan materi Rapat Kerja sesuai dengan penjelasan di buku panduan. Unit Kerja mempersiapkan materi seperti pada Tabel 1 dan Tabel 2, sedangkan Balit/BPTP/Loka mempersiapkan materi seperti pada Tabel 3.

3. Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah ditetapkan dengan tertib dan berbicara pada saat diminta dan mendengar bila ada yang berbicara, hindari diskusi diantara peserta yang dapat mengganggu jalannya kegiatan pleno dan sidang kelompok. Budayakan untuk saling mengingatkan dalam kebaikan.

4. Peserta wajib mengirimkan konfirmasi keikutsertaan.

5. Peserta wajib mengisi daftar hadir yang telah disediakan oleh panitia 6. Peserta diharapkan hadir 15 menit sebelum acara dimulai

7. Pakaian disesuaikan dengan ketentuan

8. Di dalam persidangan mobile phone harap dimatikan atau silent mode 9. Peserta membawa laptop dengan fasilitas wifi

(10)

10 KEPANITIAAN

PANITIA PENGARAH

Ketua : Kepala Badan Litbang Pertanian Wakil Ketua : Sekretaris Badan Litbang Pertanian

Sekretaris : Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan

Anggota : 1. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan 2. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura 3. Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan 4. Kepala Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian 5. Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi

Pertanian

6. Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner

7. Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian 8. Kepala Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumberdaya

Genetik

9. Kepala Balai Besar Litbang Pasca Panen 10. Kepala Balai Besar Mekanisasi Pertanian 11. Kepala Balai Besar Penelitian Padi

12. Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian

PANITIA PENYELENGGARA

Ketua : Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Sekretaris : 1. Kepala Bagian Perencanaan, Sekretariat Badan Litbang

Pertanian

2. Kepala Bidang PE Puslitbangbun 3. Kepala Bidang KSPHP Puslitbangbun Bendahara : Dra. Rr. Triyati Dewi

Seksi Acara/Persidangan : 1. Kepala Bagian Kepegawaian, Sekretariat Badan Litbang Pertanian

2. Kepala Bidang KSPHP Puslitbanghort 3. Kepala Bidang KSPHP Puslitbangtan 4. Kepala Bidang KSPHP Puslitbangnak 5. Kepala Bidang KSPHP BB Biogen 6. Kepala Bidang KSPHP BBalitvet 7. Kepala Bidang KSPHP BB Pasca Panen

Seksi Materi : 1. Kepala Bagian KSOH, Sekrtariat Badan Litbang Pertanian 2. Kepala Bidang KSPHP BBP2TP

3. Kepala Bidang KSPHP BBSDLP 4. Kepala Bidang KSPHP PSEKP

(11)

11 5. Kepala Bidang KSPHP BBP Mektan

6. Kepala Bidang KSPHP BB Padi Seksi Konsumsi : 1. Kepala Bagian TU Puslitbangbun

2. Kepala Bagian TU Puslitbangtan 3. Kepala Bagian TU Puslitbanghort 4. Kepala Bagian TU Puslitbangnak 5. Kepala Bagian TU PSEKP

6. Kepala Bagian TU Pustaka 7. Kepala Bagian TU BB Padi

Seksi Akomodasi : 1. Kepala Bagian Umum Sekretariat Badan Litbang Pertanian 2. Kepala Bagian TU BBP2TP

3. Kepala Bagian TU BBP Mektan 4. Kepala Bagian TU BB Biogen 5. Kepala Bagian TU BBalitvet 6. Kepala Bagian TU BB Pasca Panen 7. Kepala Bagian TU BBSDLP

Seksi Dokumentasi dan : 1. Kepala Bidang PTP Pustaka

Kehumasan 2. Kepala Sub Bagian Humas, Sekretariat Badan Litbang Pertanian

PANITIA PERUMUS

Ketua : Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian Sekretaris : Kepala Bidang PE Puslitbangbun

Anggota : 1. Kepala Bagian Perencanaan, Sekretariat Badan Litbang Pertanian

2. Kepala Bidang PE Puslitbangtan 3. Kepala Bidang PE Puslitbanghort 4. Kepala Bidang PE Puslitbangnak 5. Kepala Bidang PE PSEKP

6. Kepala Bidang PE BBSDLP 7. Kepala Bidang PE BB Biogen 8. Kepala Bidang PE BB Pasca Panen 9. Kepala Bidang PE BB Padi

10. Kepala Bidang PE BBP Mektan 11. Kepala Bidang PE BBalitvet 12. Kepala Bidang PE Pustaka 13. Kepala Bidang PE BBP2TP 14. Pengurus Harian FKPR

(12)

12 AGENDA RAPAT KERJA BADAN LITBANG PERTANIAN

Auditorium Utama Ir. Sadikin Sumintawikarta, Jl. Tentara Pelajar 12, Bogor

Hari Pertama: Jum’at, 25 Mei 2012

Waktu Acara Pembicara Moderator Perumus/PJ

Materi

07.30 - 08.30 Pendaftaran peserta

08.30 – 09.30 Acara Pembukaan Raker

• Menyanyikan lagu Indonesia Raya

• Laporan Kepala Badan Litbang

• Penandatangan Kerjasama Lisensi

Inovasi Teknologi Hasil Litbang

• Arahan dan Pembukaan oleh Wakil

Menteri Pertanian

• Pembacaan Doa

Kabag Perenc. Sekret. Bdn Litbang Pertanian/ Kabag Kepegawaian Sekretariat Bdn Litbang Pertanian

09.30 – 10.30 Keynote Speech :

Kebijakan strategis penguatan peran litbang mendukung program

pembangunan pertanian nasional

Wakil Menteri Pertanian Kepala Badan

Litbang

10.30 – 10.45 Istirahat

10.45 – 11.30 Pembingkaian Raker Badan Litbang Kepala Badan Litbang Sekretaris Badan Kabid PE BB Biogen

Kabid PE PSEKP/Kabag KSHOH & Kabag Umum Sekret. Bdn Litb Pert

11.30 – 13.30 Ishoma

13.30 – 14.15 Keynote Speech :

Kebijakan strategis pertanahan nasional sebagai focal point pembangunan pertanian nasional

Deputi III, BPN Kepala Badan

Litbang Kabid PE Puslitbangtan/

Kabid KSPHP Puslitbangtan

14.15 – 16.00 SIDANG PLENO I

Success story pengelolaan dan pemanfaatan lahan rawa untuk pembangunan pertanian di wilayah transmigrasi

Dirjen Pembinaan

Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi, Kemenaktrans Kepala Badan Litbang Kabid PE BBSDLP Kabid PE BBP2TP / Kabid KSPHP PSEKP Kabid KSPHP BBP2TP

Kebijakan pengembangan jaringan irigasi untuk mendukung pencapaian target pembangunan pertanian nasional

Dirjen Sumberdaya Air, Kementerian Pekerjaan Umum, RI

Kebijakan pemanfaatan lahan hutan mendukung program ketahanan pangan nasional

Dirjen Bina Usaha

Kehutanan, Kementerian Kehutanan

(13)

13

Waktu Acara Pembicara Moderator Perumus /

PJ Materi

16.00 – 16.15 Ishoma

16.15 – 18.00 Review operasionalisasi Renstra

Badan Litbang Pertanian 2010-2014

Sekretaris Badan Ka

Puslitbangbun

Kabag Perenc. Sekret. Badan Litbang /

Kabag KSHOH Sekret Bdn Litb Kabag Umum Sekret Bdn Litb Kabag Kepeg Sekret Bdn Litb

18.00 – 19.30 Ishoma

19.30 – 21.30 SIDANG PLENO II

Evaluasi dan refocusing kegiatan litbang jagung dan kedelai mendukung pencapaian

swasembada jagung dan kedelai 2014 Ka Puslitbangtan Ka BB Pasca Panen Kabid PE: Puslitbangtan,Puslibanghort, BB Padi / Kabid KSPHP: Puslitbangtan,Puslitbanghort, BB Padi

Evaluasi dan refocusing kegiatan litbang perakitan varietas padi baru mendukung kelangsungan swasembada beras nasional

Ka BB Padi

Evaluasi dan refocusing kegiatan litbang kentang, bawang merah dan cabe mendukung

pengembangan hortikultura nasional

(14)

14 Hari Kedua: Sabtu, 26 Mei 2012

Waktu Acara Pembicara Moderator Perumus/

PJ Materi Sidang

08.15 – 10.00 SIDANG PLENO III

Evaluasi dan refocusing kegiatan litbang tebu mendukung pencapaian swasembada gula 2014

Ka Puslitbangbun Ka BB Biogen Kabid PE:

Puslitbangbun, Puslitbangnak, BBalitvet / Kabid KSPHP: Puslitbangbun, Puslitbangnak, BBalitvet Evaluasi dan refocusing kegiatan

litbang peternakan mendukung pencapaian swasembada daging 2014

Ka Puslitbangnak

Evaluasi dan refocusing kegiatan litbang veteriner mendukung pencapaian swasembada daging nasional

Ka BBalitvet

10.00 – 10.15 Rehat

10.15 – 12.00 SIDANG PLENO IV

Evaluasi dan refocusing kegiatan penelitian genomik untuk mendukung perakitan varietas unggul nasional

Ka BB Biogen Ka Puslitbangnak Kabid PE:

BB Biogen, BB Pasca Panen, BBP Mektan/ Kabid KSPHP: BB Biogen, BB Pasca Panen, BBP Mektan Evaluasi dan refocusing kegiatan

litbang pengolahan pangan mendukung pencapaian target pengembangan diversifikasi pangan nasional 2014

Ka BB Pasca Panen

Evaluasi dan refocusing kegiatan perekayasaan alsintan mendukung pencapaian target pembangunan pertanian nasional 2014

Ka BBP Mektan

(15)

15

Waktu Acara Pembicara Moderator Perumus / PJ Materi

13.00 – 14.15 SIDANG PLENO V

Kebijakan strategis pengembangan BUMN mendukung swasembada beras, jagung, kedelai, gula dan daging sapi nasional

Deputi Bidang Usaha Primer, Kementerian Negara BUMN Prof.Dr. Irsal Las Kabid PE: BBalitvet/ Kabid KSPHP : Puslitbangnak Evaluasi agenda riset nasional pangan

dan pertanian 2010-2014 dan refocusing program riset 2015-2020

FKPR

14.15 – 15.30 SIDANG PLENO VI

Diagnostik kinerja penelitian berdasarkan scientific dan impact recognition dan upaya remedialnya

Prof.Dr. Sumarno Prof. Dr.

Kusumo Dwiyanto Kabid PE: Pustaka/ Kabid KSPHP: BBP2TP Pengembangan karakter produktif

peneliti, penyuluh, dan perekayasa untuk menghasilkan inovasi teknologi bagi pembangunan pertanian nasional

Prof.Dr. Suhartono Taat Putra, dr, MS.

15.30 – 15.45 Rehat

15.45 – 18.00 SIDANG PLENO VII

Evaluasi dan refocusing kegiatan litbang rawa dan kalender tanam untuk

mendukung pengelolaan dan pengembangan pertanian wilayah

Ka BBSDLP Ka Puslitbangtan Kabid PE: BBSDLP, BBP2TP, PSEKP, PUSTAKA / Kabid KSPHP: BBSDLP, BBP2TP, PSEKP, PUSTAKA Evaluasi dan refocusing kegiatan

pengkajian dan percepatan diseminasi inovasi teknologi spesifik lokasi

mendukung pencapaian target pembangunan pertanian nas.

Ka BBP2TP

Evaluasi dan refocusing kegiatan

penyusunan strategi kebijakan pertanian nasional mendukung pencapaian target pembangunan pertanian nasional

Ka PSEKP

Evaluasi dan refocusing kegiatan publikasi, distribusi, dan peningkatan pemanfaatan hasil litbang untuk mendukung pencapaian target pembangunan pertanian nasional

(16)

16

Waktu Acara Ketua Sidang Sekretaris Sidang Perumus / PJ Materi

18.00 – 19.30 Ishoma

19.30 – 21.30 SIDANG KELOMPOK

Kelompok-1 (Auditorium Utama) Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung pencapaian swasembada jagung dan kedelai

Ka Puslitbangtan Ka BB Padi Kabid PE:

Puslitbangtan, BB Padi/ Kabid KSPHP:

Puslitbangtan, BB Padi Kelompok-2 (Auditorium BBSDLP)

Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung pengembangan hortikultura nasional (kentang, bawang merah, dan cabe)

Ka Puslitbanghort Ka BBSDLP Kabid PE:

Puslitbanghort, BBSDLP/ Kabid KSPHP:

Puslitbanghort, BBSDLP Kelompok-3 (RR. Lantai-2 BBSDLP)

Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung pencapaian swasembada gula nasional

Ka Puslitbangbun Ka BBP2TP Kabid PE:

Puslitbangbun,BBP2TP/ Kabid KSPHP:

Puslitbangbun, BBP2TP Kelompok-4 (Aula Balittanah)

Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung pencapaian swasembada daging sapi nasional

Ka Puslitbangnak Ka BB Veteriner Kabid PE:

Puslitbangnak, BBalitvet/ Kabid KSPHP:

Puslitbangnak, BBalitvet Kelompok-5 (Aula BB Pasca Panen)

Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung diversifikasi pangan dan peningkatan nilai tambah pada komoditas strategis nasional (padi, jagung, kedelai,

tebu,kentang, bawang merah, cabe, dan daging sapi)

Ka

BB Pasca Panen

Ka BB Mektan Kabid PE:

BB Pasca Panen, BBP Mektan/

Kabid KSPHP:

BB Pasca Panen, BBP Mektan

(17)

17 Hari Ketiga: Minggu, 27 Mei 2012

Waktu Acara Pembicara Moderator PJ Materi Sidang Perumus /

08.00 - 12.00 Lanjutan SIDANG KELOMPOK

12.00 – 13.15 Ishoma

13.15 - 15.15 SIDANG PLENO VIII

Pemaparan Hasil SIDANG KELOMPOK Ketua Sidang Kelompok

Sekretaris Badan Kabid PE:

Puslitbangtan, Puslitbanghort, Puslitbangbun, Puslitbangnak, BB Pasca Panen / Kabid KSPHP: Puslitbangtan, Puslitbanghort, Puslitbangbun, Puslitbangnak, BB Pasca Panen 15.15 – 15.45 Rehat 15.45 -16.30 Pembacaan rumusan Penutupan Raker Kepala BBSDLP Kepala Badan Litbang

Sekretaris Badan Kabag Perencanaan

Sekretariat Badan Litbang, Kabid PE Puslitbangbun/ Kabag KSHOH, Umum, dan Kepegawaian Sekret. Badan Litbang Pertanian

(18)

18 PESERTA SIDANG KELOMPOK 1 (Auditorium Utama Ir. Sadikin Sumintawikarta)

Topik Bahasan Peserta Pimpinan/

Sekretaris Sidang

Penangungjawab

Materi Sidang Perumus

Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung swasembada jagung dan kedelai

1. Perwakilan seluruh

Pusat/Puslitbang/Balai Besar

2. Perwakilan seluruh Balitnas

3. Perwakilan seluruh BPTP

4. Perwakilan seluruh Loka

Penelitian/Loka Pengkajian Ka Puslitbangtan/ Ka BB Padi Kabid KSPHP: Puslitbangtan, BB Padi Kabid PE: Puslitbangtan, BB Padi

PESERTA SIDANG KELOMPOK 2 (Auditorium BBSDLP)

Topik Bahasan Peserta Pimpinan/

Sekretaris Sidang

Penangungjawab

Materi Sidang Perumus

Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung pengembangan hortikultura nasional (kentang, bawang merah, dan cabe)

1. Perwakilan seluruh

Pusat/Puslitbang/Balai Besar

2. Perwakilan seluruh Balitnas

3. Perwakilan seluruh BPTP

4. Perwakilan seluruh Loka

Penelitian/Loka Pengkajian Ka Puslitbanghort/ Ka BBSDLP Kabid KSPHP: Puslitbanghort, BBSDLP Kabid PE: Puslitbanghort, BBSDLP

PESERTA SIDANG KELOMPOK 3 (Ruang Rapat Lantai-2 BBSDLP)

Topik Bahasan Peserta Pimpinan/

Sekretaris Sidang

Penangungjawab

Materi Sidang Perumus

Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung swasembada gula nasional

1. Perwakilan seluruh

Pusat/Puslitbang/Balai Besar

2. Perwakilan seluruh Balitnas

3. Perwakilan seluruh BPTP

4. Perwakilan seluruh Loka

Penelitian/Loka Pengkajian Ka Puslitbangbun/ Ka BBP2TP Kabid KSPHP: Puslitbangbun, BBP2TP Kabid PE: Puslitbangbun, BBP2TP

(19)

19 PESERTA SIDANG KELOMPOK 4 (Aula Balittanah)

Topik Bahasan Peserta Pimpinan/

Sekretaris Sidang

Penangungjawab

Materi Sidang Perumus

Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung swasembada daging sapi nasional

1. Perwakilan seluruh

Pusat/Puslitbang/Balai Besar

2. Perwakilan seluruh Balitnas

3. Perwakilan seluruh BPTP

4. Perwakilan seluruh Loka

Penelitian/Loka pengkajian Ka Puslitbangnak / Ka BB Veteriner Kabid KSPHP: Puslitbangnak, BB Veteriner Kabid PE: Puslitbangnak, BBalitvet

PESERTA SIDANG KELOMPOK 5 (Aula BB Pasca Panen)

Topik Bahasan Peserta Pimpinan/

Sekretaris Sidang

Penangungjawab

Materi Sidang Perumus

Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung diversifikasi pangan dan peningkatan nilai tambah pada

komoditas strategis nasional (padi, jagung, kedelai, tebu,kentang, bawang merah, cabe, dan daging sapi)

1. Perwakilan seluruh

Pusat/Puslitbang/Balai Besar

2. Perwakilan seluruh Balitnas

3. Perwakilan seluruh BPTP

4. Perwakilan seluruh Loka

Penelitian/Loka Pengkajian Ka BB Pasca Panen / Ka BB Mektan Kabid KSPHP: BB Pasca Panen, BB Mektan Kabid PE: BB Pasca Panen, BB Mektan

(20)

20

Tabel 1. Keterkaitan SIDANG PLENO dan SIDANG KELOMPOK dalam Rangka Sinkronisasi Kegiatan Litkajibang Lintas UK/UPT Badan Litbang Pertanian 2012-2014

No

Evaluasi dan Refocusing Kegiatan Litkajibang Pusat/Puslit/BB

(SIDANG PLENO)

Sinkronisasi Kegiatan Litkajibang Lintas UK/UPT Bdn Litbang Pert.

(SIDANG KELOMPOK) Target Sukses

Dukungan Badan Litbang (2010-2014) Rencana Kegiatan Litkajibang UK/UPT (2012-2014)

Sasaran Pencapaian (2010-2011) Fokus Rencana (2012-2014) Nama UK/UPT Renc. Aksi

Litkajibang Output Periode Lokasi

Pembiayaan (Rp. 000)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

1 Swasembada jagung

dan kedelai nasional

Tersedia dan diterapkan- nya inov tek Bdn Litbang mendukung swasembada jagung dan kedelai nasional

2 Pengembangan

hortikultura nasional (kentang, bawang merah, dan cabe)

Tersedia dan diterapkan-nya inov tek Badan Litbang mendukung

pengembangan hortukultura nasional (kentang, bawang merah

dan cabe)

3 Swasembada gula

nasional

Tersedia dan diterapkan- nya inov tek Badan Litbang mendukung swasembada gula nasional

4 Swasembada daging

sapi nasional

Tersedia dan diterapkan- nya inov tek Badan Litbang mendukung swasembada

daging sapi nasional

5 Diversifikasi pangan

dan peningkatan nilai tambah pada komoditas strategis nasional (padi, jagung, kedelai, tebu,kentang, bawang merah, cabe, dan daging sapi)

Tersedia dan diterapkan- nya inov tek Badan Litbang mendukung diversifikasi hasil danpeningkatan nilai tambah pada komoditas strategis nasional (padi, jagung, kedelai, tebu, kentang, bawang merah, cabe, dan daging sapi)

(21)

21 Tabel 2. Identifikasi Potensi Keterkaitan Pihak Luar Untuk Akselerasi Pengembangan Hasil Litbang Pertanian dalam Mewujudkan Pencapaian Target

Sukses Pembangunan Pertanian Nasional

No

Evaluasi dan Refocusing Kegiatan Litkajibang Pusat/Puslitbang/Balai Besar

(SIDANG PLENO)

Keterkaitan Pihak Luar Untuk Pengembangan Hasil Litkajibang Pertanian

(SIDANG KELOMPOK) Target Sukses

Dukungan Badan Litbang (2010-2014) Rencana Bentuk Keterkaitan (2012-2014)

Sasaran (2010-2011) Pencapaian Fokus Rencana (2012-2014) Pihak Luar Nama Keterkaitan yg diharapkan Pencapaian Target Perkiraan Periode Lokasi Ket.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11

1 Swasembada jagung

dan kedelai nasional

Tersedia dan diterapkan- nya inov tek Bdn Litbang mendukung swasembada jagung dan kedelai nasional

2 Pengembangan

hortikultura nasional (kentang, bawang merah, dan cabe)

Tersedia dan diterapkan-nya inov tek Badan Litbang mendukung

pengembangan hortukultura nasional (kentang, bawang merah

dan cabe)

3 Swasembada gula

nasional

Tersedia dan diterapkan- nya inov tek Badan Litbang mendukung swasembada

gula nasional

4 Swasembada daging

sapi nasional

Tersedia dan diterapkan- nya inov tek Badan Litbang mendukung swasembada

daging sapi nasional

5 Diversifikasi pangan

dan peningkatan nilai tambah pada komoditas strategis nasional (padi, jagung, kedelai, tebu,kentang, bawang merah, cabe, dan daging sapi)

Tersedia dan diterapkan- nya inov tek Badan Litbang mendukung diversifikasi hasil danpeningkatan nilai tambah pada komoditas strategis nasional (padi, jagung, kedelai, tebu, kentang, bawang merah, cabe, dan daging sapi)

(22)

22 TABEL 3. SUBSTANSI YANG HARUS DIPERSIAPKAN OLEH PARA PESERTA RAKER BADAN LITBANG PERTANIAN 2012

Auditorium Utama Ir. Sadikin Sumintawikarta, Bogor 25-27 Mei 2012 Nama UK/UPT: ...

No Aspek Uraian Terkait dengan Topik Sidang Kelompok

Kelompok-1 Kelompok-2 Kelompok-3 Kelompok-4 Kelompok-5

1 2 3 4 5 6 7

I KEGIATAN LITKAJIBANG

A. Kegiatan Litkajibang yang Telah Dilaksanakan TA 2010-2011 Jumlah kegiatan *)

Hasil penting yang diperoleh

Pengemb. hasil yang telah dilakukan B. Kegiatan Litkajibang On-going TA 2012 Jumlah kegiatan *)

Bentuk sinergi pelaksanaan litkajibang yang diharapkan

Target hasil penting yang diharapkan

C. Rencana Kegiatan Litkajibang TA 2013-2014 Jumlah kegiatan *)

Bentuk sinergi pelaksanaan litkajibang yang diharapkan

Target hasil penting yang diharapkan

II KEBUTUHAN KETERKAITAN LAIN UNTUK PENGEMBANGAN HASIL LITKAJIBANG A. Institusi Kementerian Pertanian di Luar Badan Litbang Pertanian

Nama Institusi

Bentuk keterkaitan yang diharapkan Perkiraan manfaat yang diharapkan Lokasi

(23)

23

No Uraian Uraian Terkait dengan Topik Sidang Kelompok

Kelompok-1 Kelompok-2 Kelompok-3 Kelompok-4 Kelompok-5

1 2 3 4 5 6 7

II KEBUTUHAN DUKUNGAN PIHAK LAIN UNTUK PENGEMBANGAN HASIL LITKAJIBANG (Lanjutan) B. Institusi di Kementerian Kehutanan

Nama Institusi

Bentuk keterkaitan yang diharapkan Perkiraan manfaat yang diharapkan Lokasi

Periode

C. Institusi di Kementerian Pekerjaan Umum Nama Institusi

Bentuk keterkaitan yang diharapkan Perkiraan manfaat yang diharapkan Lokasi

Periode

D. Institusi di Kementerian BUMN Nama Institusi

Bentuk keterkaitan yang diharapkan Perkiraan manfaat yang diharapkan Lokasi

Periode

E. Kementerian Perdagangan Nama Institusi

Bentuk keterkaitan yang diharapkan Perkiraan manfaat yang diharapkan Lokasi

(24)

24

No Uraian Uraian Terkait dengan Topik Sidang Kelompok

Kelompok-1 Kelompok-2 Kelompok-3 Kelompok-4 Kelompok-5

1 2 3 4 5 6 7

II KEBUTUHAN KETERKAITAN PIHAK LAIN UNTUK PENGEMBANGAN HASIL LITKAJIBANG (Lanjutan) F. Kementerian Perindustrian

Nama Institusi

Bentuk keterkaitan yang diharapkan Perkiraan manfaat yang diharapkan Lokasi

Periode

G. Pemerintah Daerah Nama Institusi

Bentuk keterkaitan yang diharapkan Perkiraan manfaat yang diharapkan Lokasi

Periode

H. Swasta dan Pihak Lainnya Nama Institusi

Bentuk keterkaitan yang diharapkan Perkiraan manfaat yang diharapkan Lokasi

Periode Keterangan:

*) Judul lengkap kegiatan harap dilampirkan secara terpisah (dalam format excell)

Kelompok- 1: Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung pencapaian swasembada jagung dan kedelai. Kelompok-2: Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung pengembangan hortikultura nasional (kentang,

(25)

25 Kelompok-3: Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung pencapaian swasembada gula nasional.

Kelompok-4: Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung pencapaian swasembada daging sapi nasional. Kelompok-5: Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung diversifikasi pangan dan peningkatan nilai tambah

pada komoditas strategis nasional (padi, jagung, kedelai, tebu,kentang, bawang merah, cabe, dan daging sapi). Kolom 3-7 diisi sesuai yang dilakukan UK/UPT yang bersangkutan.

(26)

26 PEMBAGIAN RUANG SIDANG RAKER I, BADAN LITBANG PERTANIAN, BOGOR 25-27 MEI 2012

No Kegiatan Raker

Nama Ruang Sidang Auditorium Ir.Sadikin S. Aula BBSDLP RR. Lantai -2 BBSDLP Aula Balittanah Aula BB Pasca Panen

1 Pembukaan dan arahan raker oleh Bapak Menteri

Pertanian 25 Mei

2 Keynote Speech dan Sidang Pleno Makalah Utama 25, 26 Mei

3 Pembingkaian raker oleh Ka Badan Litbang Pertanian 25 Mei

4 Sidang Pleno Evaluasi dan refocusing kegiatan litkajibang mendukung pencapaian target

pembangunan pertanian nasional (oleh masing- masing Ka Puslit/Balai Besar)

25, 26 Mei 5 Sidang Kelompok I, Sinkronisasi kegiatan litkajibang

lintas UK/UPT mendukung swasembada jagung dan

kedelai nasional 26, 27 Mei

6 Sidang Kelompok II, Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung pengembangan hortikultura

nasional (kentang, bawang merah, dan cabe) 26, 27 Mei

7 Sidang Kelompok III, Sinkronisasi kegiatan litkajibang

lintas UK/UPT mendukung swasembada gula nasional 26, 27 Mei

8 Sidang Kelompok IV, Sinkronisasi kegiatan litkajibang

lintas UK/UPT mendukung swasembada daging nasional 26, 27 Mei

Sidang Kelompok V, Sinkronisasi kegiatan litkajibang lintas UK/UPT mendukung diversifikasi pangan dan peningkatan nilai tambah pada komoditas strategis nasional (padi, jagung, kedelai, tebu,kentang, bawang merah, cabe, dan daging sapi)

26, 27 Mei

9 Sidang Pleno Pemaparan hasil Sidang Kelompok 27 Mei

(27)

27 KISI-KISI SUBSTANSI RAKER I, BADAN LITBANG PERTANIAN

Auditorium Utama Ir. Sadikin Sumintawikarta, 25-27 Mei 2012

1. Sesi pleno makalah utama diadakan untuk menambah pemahaman peserta raker tentang keterkaitan peran litbang dalam pembangunan pertanian nasional dengan aspek lain yang cukup erat dan ditangani oleh pihak lain di luar Kementerian pertanian seperti Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

2. Pada Sidang Pleno “Evaluasi dan refocusing kegiatan litkajibang mendukung target sukses pembangunan pertanian nasional” akan dipaparkan perkembangan kegiatan litkajibang pada aspek khusus di setiap UK oleh masing-masing Kepala Pusat/Puslitbang/Balai Besar. Diharapkan dari pemaparan ini peserta raker dapat mengetahui perkembangan hasil litbang tersebut hingga saat ini dan fokus kegiatan litbang yang masih perlu ditangani dan dicapai hingga 2014 untuk lebih menjamin signifikasi kontribusi Badan Litbang Pertanian pada percepatan pencapaian target sukses pembangunan pertanian nasional 2014.

3. Catatan penting dari hasil evaluasi dan refocusing kegiatan litkajibang pada sidang pleno (yang terkait dengan target pencapaian swasembada jagung, kedelai, gula, daging sapi, pengembangan hortikultura, diversifikasi pangan dan peningkatan nilai tambah) ditindaklanjuti dengan sinkronisasi rencana kegiatan litkajibang lintas UK/UPT yang dibahas dan disusun secara bersama dalam sidang kelompok.

4. Pada sesi sidang kelompok juga dibahas potensi dukungan pihak di luar Badan Litbang Pertanian dan di luar Kementerian Pertanian dalam pengembangan hasil litbang pertanian untuk akselerasi mewujudkan target sukses pembangunan pertanian nasional.

5. Pada sesi akhir penutupan raker, selain akan dideklarasikan rumusan penting hasil raker, juga dihasilkan matrik refocusing dan sinkronisasi rencana kegiatan litkajibang lintas UK/UPT Badan Litbang Pertanian. Matrik tersebut memuat secara terperinci komitmen dari setiap UK/UPT untuk melakukan kegiatan litkajibang secara sinergis dan terkoordinir guna dapat memberikan dukungan kongkrit bagi percepatan pencapaian target swasembada jagung, kedelai, gula, daging sapi, diversifikasi pangan dan peningkatan nilai tambah, serta pengembangan hortikultura nasional khususnya kentang, bawang merah, dan cabe. Selain itu, matrik juga memuat daftar potensi

(28)

28 keterkaitan pihak di luar Badan Litbang Pertanian dalam pengembangan hasil litbang pertanian untuk akselerasi pencapaian target sukses pembangunan pertanian nasional. 6. Agar pembahasan materi raker yang terkait dengan refocusing dan sinkronisasi

kegiatan litkajibang lintas UK/UPT dapat berjalan efektif dengan output rumusan hasil sidang kelompok yang berkualitas, diharap setiap peserta mempersiapkan sebaik-baiknya materi diskusi. Ketentuan materi yang akan didiskusikan di sidang kelompok dan/atau harus dipersiapkan dan dibawa oleh UK/UPT pada saat raker adalah sebagai berikut:

a. Puslitbangtan, Puslitbanghort, Puslitbangbun, Puslitbangnak, dan BB Pasca Panen menyiapkan materi seperti di Tabel 1 dan Tabel 2 (khususnya kolom 1-5).

b. Pusat/Balai Besar selain yang disebut pada butir (a) di atas, Balitnas, BPTP, Loka Penelitian, dan Loka Pengkajian, harap menyiapkan dan membawa materi seperti di Tabel 3.

c. Tabel 1 dan Tabel 2 (khususnya kolom 6-11), akan diisi bersama pada saat sidang kelompok

7. Aspek penting pembangunan pertanian nasional yang perlu diperhatikan dalam penyusunan kegiatan litbang adalah terkait dengan hal sebagai berikut:

a. Tujuh Gema Revitalisasi, meliputi revitalisasi lahan, perbenihan dan perbibitan, infrastruktur dan sarana, sumberdaya manusia, pembiayaan petani, kelembagaan petani, teknologi dan industri hilir.

b. Empat Target Utama Kementerian Pertanian, yakni pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan, peningkatan diversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah, daya saing, dan ekspor, serta peningkatan kesejahteraan petani. c. Sepuluh Program Prioritas, meliputi audit lahan dan sertifikasi, pencetakan 100

ribu ha lahan baru per tahun, perbibitan sapi, infrastruktur, saran pupuk anorganik dan organik, pengembangan SDM, pembiayaan petani, pengembangan kelembagaan petani, revitalisasi teknologi dan industri hilir.

d. Inpres Nomor 1 tahun 2010, tentang percepatan program-program prioritas tahun 2010 misalnya: uji coba subsidi langsung pupuk, dll.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :