• Tidak ada hasil yang ditemukan

kliping perkebunan

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "kliping perkebunan"

Copied!
27
0
0

Teks penuh

(1)

Seorang petani karet merendam karet di Sungai Barito di Desa Benao Kecamatan Seorang petani karet merendam karet di Sungai Barito di Desa Benao Kecamatan Lahei Barat Kabupaten Barito Utara. (FOTO ANTAA Ka!teng"Kasriadi#

Lahei Barat Kabupaten Barito Utara. (FOTO ANTAA Ka!teng"Kasriadi#

$uara Te%eh (Antara Ka!teng# & 'arga karet di peda!aman Kabupaten Barito $uara Te%eh (Antara Ka!teng# & 'arga karet di peda!aman Kabupaten Barito Utara Ka!imantan Tengah pada a%a! $ei )*+, kemba!i naik men-adi p,.***"kg Utara Ka!imantan Tengah pada a%a! $ei )*+, kemba!i naik men-adi p,.***"kg dari harga sebe!umna p/./**"kg.

dari harga sebe!umna p/./**"kg.

0Naikna harga karet ini sudah ter-adi da!am dua&tiga hari terakhir0 kata 0Naikna harga karet ini sudah ter-adi da!am dua&tiga hari terakhir0 kata 1r%ansah seorang petani karet di Ke!urahan 2ambu Kecamatan Te%eh Baru 1r%ansah seorang petani karet di Ke!urahan 2ambu Kecamatan Te%eh Baru Senin.

Senin.

1r%ansah mengatakan naikna harga karet membuat petani di kabupaten 1r%ansah mengatakan naikna harga karet membuat petani di kabupaten peda!aman Sungai Barito itu kemba!i bergairah karena dua bu!an terakhir peda!aman Sungai Barito itu kemba!i bergairah karena dua bu!an terakhir menga!ami an-!ok dan kini sudah dua ka!i menga!ami kenaikan.

menga!ami an-!ok dan kini sudah dua ka!i menga!ami kenaikan.

$embaikna harga karet itu karena naikna harga karet di beberapa daerah $embaikna harga karet itu karena naikna harga karet di beberapa daerah !ainna dan diduga akibat permainan para tengku!ak ang menguasai pen-ua!an !ainna dan diduga akibat permainan para tengku!ak ang menguasai pen-ua!an karet di daerah tersebut dengan menesuaikan harga pasar di Ban-armasin karet di daerah tersebut dengan menesuaikan harga pasar di Ban-armasin Ka!imantan Se!atan.

Ka!imantan Se!atan.

0$asa!ahna para petani daerah ini masih dominan tergantung kepada para 0$asa!ahna para petani daerah ini masih dominan tergantung kepada para tengku!ak karena sampai sekarang be!um ada pabrik karet padaha! hasi! panen tengku!ak karena sampai sekarang be!um ada pabrik karet padaha! hasi! panen karet petani cukup banak0 katana.

karet petani cukup banak0 katana.

1r%ansah mengatakan naik harga karet itu sesuai dengan pengakuan para 1r%ansah mengatakan naik harga karet itu sesuai dengan pengakuan para speku!an karena pihak pabrik di Ban-armasin -uga menaikkan harga produk speku!an karena pihak pabrik di Ban-armasin -uga menaikkan harga produk kebun ang dihasi!kan rakat tersebut.

kebun ang dihasi!kan rakat tersebut.

0Kami berharap harga karet terus membaik guna membantu petani apa!agi saat 0Kami berharap harga karet terus membaik guna membantu petani apa!agi saat ini harga barang kebutuhan sehari&hari menga!ami kenaikan0 katana ang ini harga barang kebutuhan sehari&hari menga!ami kenaikan0 katana ang didukung o!eh para petani !ainna.

didukung o!eh para petani !ainna.

Karet merupakan sa!ah satu komoditas unggu!an masarakat di kabupaten Karet merupakan sa!ah satu komoditas unggu!an masarakat di kabupaten peda!aman Ka!teng karena sebagian besar %arga daerah itu berpro3esi petani peda!aman Ka!teng karena sebagian besar %arga daerah itu berpro3esi petani kar

karet baik bibit et baik bibit !oka! maupun unggu!.!oka! maupun unggu!.

Luas perkebunan karet rakat di kabupaten ang terkena! dengan potensi Luas perkebunan karet rakat di kabupaten ang terkena! dengan potensi

sumber daa a!am batu bara itu tercatat 4/.,5, hektare dengan produksi karet sumber daa a!am batu bara itu tercatat 4/.,5, hektare dengan produksi karet kering mencapai +6.,7, ton per tahun.

kering mencapai +6.,7, ton per tahun.

Semua perkebunan karet rakat itu tersebar di sembi!an kecamatan di %i!aah Semua perkebunan karet rakat itu tersebar di sembi!an kecamatan di %i!aah

(2)

tersebut. tersebut.

8ditor9 :aena! Abidin 8ditor9 :aena! Abidin ;O<=1>'T ?

;O<=1>'T ? ANTANTAA )*+,AA )*+,

8<<1KA <er-uangkan Ke-aaan otan Ka!imantan 8<<1KA <er-uangkan Ke-aaan otan Ka!imantan

Senin *,

Senin *, 2uni )*+, 2uni )*+, & +*95* & +*95* @1B @1B * * KomentarKomentar

<81ST1@A <81ST1@A

Bupati Barse! '$ Farid =usran bersama Kepa!a Dinsosnakertrans dan Ketua Bupati Barse! '$ Farid =usran bersama Kepa!a Dinsosnakertrans dan Ketua Umum <8<<1KA menanam bibit rotan Sabtu (5",")*+,#.

Umum <8<<1KA menanam bibit rotan Sabtu (5",")*+,#. BON8ON8@S

BON8ON8@S

*KO$8NTA *KO$8NTA

BON8ON8@S Barito&Se!atan & Asosiasi <erkumpu!an petani <edagang dan BON8ON8@S Barito&Se!atan & Asosiasi <erkumpu!an petani <edagang dan 1ndustri otan Ka!imantan (<8<<1KA# akan terus memper-uangkan ke-aaan 1ndustri otan Ka!imantan (<8<<1KA# akan terus memper-uangkan ke-aaan rotan ka!imantan kemba!i seperti sebe!umna. $e!a!ui asosiasi ang terbentuk ) rotan ka!imantan kemba!i seperti sebe!umna. $e!a!ui asosiasi ang terbentuk )  2anuari )*

 2anuari )*+, itu <8<+, itu <8<<1KA <1KA akan beakan ber-uang sehingga r-uang sehingga harga harga rotan rotan normanorma! seperti! seperti sedia ka!a.

(3)

0Kita menginginkan rotan disukai dunia !agi seperti tahun )*** dan )**+ !a!u0 kata ketua umum <8<<1KA $. Nir%andi usai kegiatan musa%arah tentang kema-uan rotan di Desa Baru Barito Se!atan Sabtu (5",")*+,#.

<er-uangan ini akan terus di!akukan !an-ut dia sebab asosiasini dibentuk atas dasar ke!uh kesah para petani dan pengusaha rotan di Ka!imantan termasuk ang berada di%i!aah Barse! ini.

<oin penting ang diharapkan meminta pemerintah pusat me!a!ui Kementerian <erdagangan mencabut peraturan nomor 4/")*++ tentang pe!arangan eksport rotan. 0Se!ain itu -uga kita menginginkan rotan bukan !agi hasi! ikutan hutan akan tetapi budidaa perkebunan sebab rotan merupakan kebun mi!ik

masarakat.0

1a membeberkan pihakna beberapa %aktu !a!u sudah duduk bersama dengan Dir-en kementrian perdagangan epub!ik 1ndonesia untuk mengea!uasi dan mencabut peraturan itu. 0Karena peraturan tersebut sangat merugikan petani dan pengusaha rotan Ka!imantan sebab sete!ah diber!akukanna peraturan tersebut harga rotan ditingkat petani dan pengusaha rotan Ka!imantan men-adi an-!ok0 tambah dia.

<ihakna pun terus memper-uangkan dan mengharapkan dukungan semua pihak terutama pimpinan daerah supaa peraturan itu dicabut dan rotan bukan !agi hasi! ikutan hutan akan tetapi budidaa perkebunan.

0Dengan dicabutna peraturan pe!arangan eksport rotan tersebut harga rotan akan men-adi norma! dan kese-ahteraan para petani rotan akan meningkat seperti sebe!umna0 ucap dia.

Di tempat ang sama Bupati Barse! '$ Farid =usran mendukung sepenuhna upaa dan per-uangan asosiasi <erkumpu!an petani <edagang dan 1ndustri otan Ka!imantan. 0Kami sangat mendukung per-uangan ang di!akukan

<8<<1KA tersebut. 1ni sangat penting guna meningkatkan kese-ahteraan petani dan pengusaha rotan ka!imantan0 ucap Bupati.

 0<er-uangan asosiasi ini ada dua ha! akni menginginkan peraturan tentang pe!arangan eksport rotan dicabut dan memper-uangkan rotan bukan !agi hasi! ikutan hutan akan tetapi budidaa perkebunan0 tambah dia.

 Karena !an-ut dia dengan adana peraturan pe!arangan ekspor rotan maka akan banak ter-adi pene!udupan sehingga stok di!uar negeri menumpuk dan mereka tidak !agi membe!i rotan. 0Akibat banakna pene!udupan tersebut harga rotan ditingkat petani dan pengusaha di Ka!imantan pun sangat murah dan kese-ahteraan petani rotan khusuna di ka!imantan men-adi terpuruk0 kata dia. (U1UTU D2A<8"N#.

Lengkeng 2adi <rimadona Baru di <eda!aman Ka!teng Sabtu 7 $ei )*+/ *,9)+ @1B

(4)

Seorang peker-a membersihkan bibit !engkeng dataran rendah -enis diamond rier dan pingpong di sentra pembibitan pembibitan ho!tiku!utra pemerintah Kabupaten Barito Utara Ka!teng di ki!ometer  2a!an Negara $uara Te%eh & <uruk ;ahu. (Foto Antara Ka!teng"Kasriadi#

$uara Te%eh (Antara Ka!teng#&Tanaman !engkeng atau ke!engkeng (Dimocarpus !ongan# dataran rendah -enis Diamond ier dan <ingpong ang se!ama ini

hana dikembangkan dan dibudidaakan di <u!au 2a%a kini tumbuh subur di $uara Te%eh Kabupaten Barito Utara Ka!imantan Tengah.

Budidaa !engkeng di sa!ah satu kabupaten peda!aman Sungai Barito ini

memang masih -arang di!akukan. Namun me!ihat dari hasi! tanaman di sentra pembibitan ho!tiku!utra pemerintah Kabupaten Barito Utara di ki!ometer  2a!an Negara $uara Te%eh & <uruk ;ahu kedua -enis ini cocok dan tumbuh subur. Saat ini memang be!um banak orang ang me!akukan budidaa ke!engkeng di daerah setempat ada ang menanam kedua -enis itu namun hana sebagai kegemaran dan ko!eksi sa-a.

0$emang sebe!umna saa ragu !engkeng bisa tumbuh di daerah ini. Namun dari hasi! u-i coba kami !akukan tanaman buah itu cocok dan rasana tetap manis0 kata Kepa!a Unit <e!aksana Teknis Daerah (U<TD# Ba!ai Benih

'ortiku!tura pemerintah Kabupaten Barito Utara $u-iburahman.

<erbedaan ke!engkeng <ingpong dan Diamond ier Ke!engkeng <ingpong merupakan -enis ke!engkeng ang memi!iki ukuran ang cukup besar sehingga dipersamakan dengan bo!a pingpong daging sedang bi-i besar rasana manis buah tidak se&!ebat Ke!engkeng Diamond ier.

Ke!engkeng Diamond ier memi!iki ukuran ang !ebih keci! dari Ke!engkeng <ingpong daging teba! bi-i keci! rasana manis buahna !ebih !ebat dari ke!engkeng <ingpong.

Ke!ebihan dari !engkeng dataran rendah arietas Diamond ier berasa! dari  Tiongkok dan <ingpong ang berasa! dari Cietnam ini cepat berbuah dan pada

umur +, &)* bu!an mu!ai be!a-ar berbunga dan berbuah.

<ada Noember )*+7 !a!u pemerintah daerah te!ah me!akukan u-i coba menanam sebanak 4+6 bibit !engkeng ang ditanam di ka%asan sentra pembibitan buah itu se!uas dua hektare.

(5)

atusan bibit !engkeng dataran rendah tropis ini bibitna didatangkan dari 2a%a me!a!ui sa!ah satu ma-a!ah ang terkena! dengan pembibitan tanaman buah& buahan di Tanah Air.

Dari hasi! u-i coba itu sudah beberapa ka!i berbuah namun tidak serentak

sehingga pihakna me!akukan terobosan dengan memberikan per!akuan khusus me!a!ui pera%atan dan pemberian pupuk ang rutin sehingga hasi!na panen hampir semua pohon berbuah secara serentak.

Sehingga pada tangga! )* Apri! )*+/ Bupati Barito Utara Nada!sah bersama se-um!ah pe-abat !ainna me!akukan panen secara besar&besaran dan buah !engkeng ang di panen tersebut semuana sekitar )** ki!ogram.

Se!ain Bupati Barito Utara pe-abat !ainna ang ikut panen !engkeng @aki! Bupati Ompie 'erb Ketua D<D Set 8nus = $ebas dan Sekretaris Daerah pemkab Barito Utara 2aina! Abidin dan pe-abat !ainna.

0Kita harapkan tanaman !engkeng ang tumbuh subur ini dapat disosia!isasikan ke masarakat sehingga nantina %arga -uga dapat membudidaakan tanaman ini baik di kebun maupun pekarangan rumah0 ucap Bupati Barito Utara

Nada!sah.

 Tanaman buah !engkeng itu -uga men-adi !okasi studi banding bagi se-um!ah anggota D<D Kabupaten $urung aa ang merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Barito Utara tahun )**) !a!u.

Di !okasi tanaman !engkeng itu memang saat ini hana tersisa )** pohon karena sebagian bibit banak ang di curi orang ang tidak dikena! bahkan se!ain bibit ang baru ditanam -uga bibit ang masih di pohon diangkut pencuri. $ungkin ketika itu bibit !engkeng masih maha! dan su!it di cari sehingga

tanaman tersebut men-adi sasaran pencuri.

Kembangkan Bibit

$e!ihat hasi! tanaman !engkeng ang tumbuh subur sehingga da!am tiga tahun terakhir U<TD Ba!ai Benih 'ortiku!tura Barito Utara mengembangkan bibit

!engkeng untuk disa!urkan kepada masarakat tersebar di sembi!an kecamatan namun -um!ahna masih sedikit.

 Tahun )*+/ ini dikembangkan bibit sebanak ).*** pohon dengan po!a sambung susu.Tahun ini bibit ang dikembangkan !ebih banak dibanding tahun

sebe!umna.

0Kami siap mengembangkan !ebih banak !agi ka!au memang didukung danana o!eh pemerintah daerah tahun depan0 harap Kepa!a U<TD Ba!ai Benih

'ortiku!tura setempat$u-iburahman.

(6)

%arga dengan harga p/.*** per bibit !ebih murah dibanding dipasaran dengan harga berkisar antara p+** ribu sampai p)** ribu per bibit.

Namun bibit ang ada dipasaran kua!itasna masih diragukan ada oknum

pen-ua! ang senga-a men-ua! bibit pa!su sehingga sering %arga ang membe!i menge!uhkan karena !engkengna bertahun&tahun tidak berbuah.

Sete!ah me!ihat hasi! panen buah !engkeng tersebut kini %arga mu!ai me!irik bibit ang dikembangkan U<TD Ba!ai Benih 'ortiku!tura itu.

Se!ain %arga $uara Te%eh daerah !ain ang sudah membe!i bibit itu diantarana se-um!ah kabupaten di Ka!teng akni $urung aa Barito Se!atan dan Kota

<a!angka aa.

Namun saat ini masih be!um ada ang membe!i da!am -um!ah ang banak %arga ang membe!i bibit !engkeng pa!ing banak /* bibit.

0$emang kami tidak mengembangkan !agi secara !uas tanaman !engkeng ini kecua!i menamba! su!am tanaman ang hi!ang atau mati.Kami hana sebagai contoh bagi masarakat untuk mengembangkan !engkeng ang puna prospek ekonomi ang bagus0 -e!as dia.

<ohon !engkeng ang berumur !ima tahun di kebun tersebut bisa menghasi!kan buah sebanak 5* ki!ogram per pohon seka!i panen.Baangkan berapa

penghasi!an petani ka!au di-ua! harga buah !engkeng dataran tinggi dipasaran $uara Te%eh berkisar p)/.*** sampai p5* ribu"ki!ogram.

 2adi tanaman !engkeng itu sangat cocok bagi %arga ang ingin berbisnis buah !engkeng dengan membudidaakanna karena kita bisa membuat panen bisa dua ka!i da!am setahun baik ditanam di !ahan terbuka maupun da!am pot. Bandingkan pohon rambutan ang hana berbuah bisa da!am se tahun namun hargana pun tidak setinggi !engkeng.

0Kami mendorong petani atau %arga di daerah ini untuk mengembangkan tanamam !engkeng karena per!akuan menanamna -uga mudah dan tidak cere%et.Bahkan bagi %arga ang ingin mengembangkan bibit !engkeng sendiri bisa be!a-ar di U<TD ini kami terbuka untuk memberikan pe!a-aran

membudaakan tanaman itu0 kata $u-iburahman.

<anenna buah !engkeng ang ada dikebun pembibitan tersebut mendapat perhatian dan kun-ungan !egis!ator setempat se-um!ah anggota D<D Barito Utara ang merasa tidak percaa di!okasi itu tumbuh buah !engkeng ang rasana manis dan segar.

Se!ama ini %aki! rakat itu hana kena! buah !engkeng dataran tinggi ang di-ua! di pasaran di $uara Te%eh sete!ah me!ihat !angsung kebun !engkeng itu mereka ber-an-i menambahkan a!okasi dana pembibitan me!a!ui A<BD kabupaten tahun )*+, mendatang.

0$emang rasana !ebih segar dibanding buah !engkeng ang ada dipasaran sehingga per!u didukung untuk dikembangkan !ebih banak bibit !engkeng tersebut0 kata @aki! Ketua D<D Barito Utara '- $er ukaini.

(7)

Ka%asan Agro%isata

Kepa!a Dinas <ertanian <erikanan dan <eternakan Kabupaten Barito Utara Setia Budi mengatakan untuk tahun ini buah !engkeng ang ada di ba!ai benih

tersebut tidak di-ua! kepasaran atau masarakat.

0Buah itu akan kami -ua! pada musim panen tahun depan dengan cara mereka (%arga# baar masuk dan makan buah sepuas&puasna di tempat tersebut ka!au mau ba%a pu!ang makan kita timbang0 katana.

Namun rencana men-ua! buah tersebut harus dibuat produk hukumna akni meniapkan peraturan daerah tentang pen-ua!an buah o!eh Ba!ai Benih

'ortiku!tura mi!ik pemerintah daerah.

Apa!agi pihakna tahun )*+, mendatang memprogramkan pembangunan ka%asan agro%isata dengan sasaran !uas mencapai pu!uhan hektare. Ka%asan agro%isata ini nantina ber3ungsi sebagai tempat pembibitan

hortiku!tura dan %isata ang ter!etak di ki!ometer  2a!an Negara $uara Te%eh& <uruk ;ahu ini sudah ditanami pu!uhan -enis tanaman buah&buahan atau ratusan pohon induk se!uas ++ hektare.

Secara bertahap ke depanna !uas ka%asan tersebut dikembangkan hingga mencapai /* hektare sehingga men-adi sa!ah satu !okasi agro%isata ang menarik bagi kabupaten ka%asan utara Ka!teng ini.

0Saat ini kami akan me!akukan berbagai pembenahan untuk mempersiapkan 3asi!itas sarana dan prasarana ang ada di ba!ai benih tersebut0 kata dia. Lokasi tersebut saat ini ditanami ratusan pohon durian dari berbagai arietas ang dikembangkan dengan cara oku!asi dan sebagian besar sudah berbuah. Namun demikian pihakna mu!ai saat ini terus mengembangkan !okasi tersebut sehingga kedepanna peruntukan ka%asan itu sudah di3ungsikan seiring

tanaman hortiku!tura sudah berbuah.

02adi mu!ai saat ini !okasi itu akan men-adi pusat %isata buah&buahan baik -enis nasiona! maupun !oka!0 katana.

 Tanaman ang dikembangkan di antarana sa!ak tanpa bi-i ke!engkeng dataran rendah cempedak !oka! cempedak king (tanpa bi-i# bibitna didatangkan dari $a!asia a!pukat mangga -eruk siam duku <a!embang dan rambutan rapiah serta ratusan durian dari berbagai -enis baik arietas !oka! dan unggu! nasiona! 0Untuk durian kita mempunai aritas !oka! -enis gantar bumi ang dipatenkan men-adi unggu! nasiona! ang dikembangkan dengan po!a uko!asi0 u-arna.

Se!ain itu -uga te!ah dikembangkan tanaman obat dan buah&buahan !angka ang tumbuh di ka%asan hutan daerah ini guna mencegah kepunahan.

(8)

Se-um!ah tanaman obat dan buah&buahan itu kami tanam dengan sistem terasering di ka%asan berbukitan.

Buah&buahan !angka ang hana bisa didapat di sekitar hutan di kabupaten

peda!aman Ka!teng ini diantarana tangkuhis si%a% bu!au tangkaring manggis dan !anamon.Sedangkan tanaman obat !angka diantarana sa!uang be!um

pasak bumi dan mahkota de%a.

0Kami berupaa men-adi ka%asan ini men-adi tu-uan %isata dan studi banding bagi pemerintah dan petani !uar daerah0 u-ar Budi.

8ditor9 :aena! Abidin

<etani >embira 'arga TBS Sa%it Barito Utara Naik abu +) Oktober )*+, +79)/ @1B

<e%arta9 Kasriadi

Se-um!ah peker-a menaikan tandan buah segar ke!apa sa%it di ka%asan

perkebunan p!asma perusahaan <T Antang >anda Utama Butong Kecamatan  Te%eh Se!atan Kabupaten Barito Utara. (Foto Antara Ka!teng"Kasriadi#

$uara Te%eh (Antara Ka!teng# & 'arga tandan buah segar ke!apa sa%it <T Antang >anda Utama Kabupaten Barito Utara Ka!imantan Tengah pada Oktober )*+, naik dari p+./74 men-adi p+.,66"Kg.

0Naikna harga tandan buah segar (TBS# ke!apa sa%it ini membuat petani

bergembira da!am dua bu!an terakhir dan sebe!umna menga!ami penurunan0 kata 1r%an petani ke!apa sa%it di $uara Te%eh abu.

Kebun ke!apa sa%it <T Antang >anda Utama (A>U# itu diusahakan petani p!asma Satuan <ermukiman (S<# + S< ) S< 4 dan S< 5 dengan !uas 5.)/5 hektare.

<enge!o!aan sa%it perusahaan itu diker-akan sekitar +.6** kepa!a ke!uarga (KK# dengan !uas kebun inti +,.)7 hektare dan produksi rata&rata +/.*** ton per bu!an.

Kepa!a Bidang <roduksi <erkebunan Dinas Kehutanan dan <erkebunan Barito Utara Tri 1ndra 'artono membenarkan harga TBS sa%it pada Oktober )*+, mencapai p+.,66 atau naik p7/ dari harga September )*+, sebesar

(9)

p+./74"kg.

Ketetapan harga TBS tersebut merupakan hasi! rapat perusahaan dengan anggota koperasi dan petani p!asma ang di3asi!itasi o!eh <emerintah <roinsi Ka!imantan Tengah.

<embagian hasi! setiap ki!ogram ang diterima perusahaan untuk biaa

pengo!ahan dan pemasaran minak sa%it mentah (;<O# serta biaa penusutan pabrik aitu indeks 0K0 ditetapkan 65/6 persen atau naik dibanding dengan periode sebe!umna 6)7+ persen.

'arga -ua! inti sa%it (kerne!# naik dari sebe!umna p,.7,/ men-adi p,.66"kg. 'arga -ua! ;<O di pasar da!am negeri -uga membaik dari p./*7 men-adi

p.7*7"kg.

0Naikna harga TBS ini dipengaruhi membaikna harga ;<O dan kerne!0 u-arna. <T A>U merupakan perusahaan ke!apa sa%it tertua di Ka!teng ang tergabung da!am >rup $atahari Kahuripan 1ndonesia ($akin#. <erseroan ini ada!ah anak perusahaan rokok >udang >aram Kediri 2a%a Timur.

<erusahaan itu kata dia memi!iki area! se!uas +6.*6 hektare dengan produksi ;<O sekitar 4.)** ton"bu!an.

8ditor9 onn

;O<=1>'T ? ANTAA )*+,

Lahan Se!uas 7, 'ektare Disiapkan Untuk Kembangkan Tanaman Ba%ang Di Ka!teng

abu 4 Agustus )*+, **95+ @1B <e%arta9 2aa @ira%ana $anurung

1!ustrasi Komoditas ba%ang merah (FOTO ANTAA"Ok Lukmansah#

 Dana untuk mengembangkan ba%ang merah ang ditargetkan panen pa!ing !ambat Desember )*+, tersebut berasa! dari A<BD Ka!teng maupun A<BN tahun )*+,

(10)

<a!angka aa (Antara Ka!teng# & Dinas <ertanian dan <eternakan <roinsi

Ka!imantan Tengah menebut !ahan se!uas 7, hektar ang tersebar di se-um!ah kabupaten"kota te!ah dipersiapkan untuk pengembangan tanaman ba%ang merah.

Dana untuk mengembangkan ba%ang merah ang ditargetkan panen pa!ing !ambat Desember )*+, tersebut berasa! dari A<BD Ka!teng maupun A<BN tahun )*+, kata Kabid Agro Bisnis Distanak Ka!teng De%i 8ro%ati di <a!angka aa Se!asa.

0A<BD Ka!teng membantu mengembangkan ba%ang merah di !ahan se!uas 4/ hektar di enam kabupaten satu kota. Sedangkan dana dari A<BN di !ahan se!uas ,+ hektar ang tersebar di tiga kabupaten0 ucapna.

<engembangan ba%ang merah dari A<BD Ka!teng di!aksanakan di Kabupaten $urung aa Barito Timur Barito Se!atan <u!ang <isau Katingan Seruan dan Kota <a!angka aa.

De%i mengatakan Distanak Ka!teng sekarang ini sedang mena!urkan bibit kepada ke!ompok tani sehingga pada minggu ke tiga Agustus sudah mu!ai tanam dan Oktober sampai Desember )*+, diperkirakan akan panen.

0Ka!au dana dari A<BN untuk pengembangan ba%ang merah dipusatkan di Kabupaten Barito Utara Kapuas dan Kota%aringin Timur. encananna

pena!uran bibit akan di!aksanakan minggu kedua Agustus )*+,0 beberna. Se!ain ba%ang merah <emerintah <usat -uga memberikan bantuan untuk pengembangan cabai di Kabupaten Barito Utara Kapuas Kota%aringin Timur Kota%aringin Barat >unung $as dan Kota <a!angka aa.

Di mana Kabupaten Barito Utara mendapat a!okasi satu hektar Kabupaten

Kapuas / hektar Kotim 5 hektar Kobar 5* hektar >unung $as 5* hektar dan Kota <a!angka aa 5* hektar.

0<empro Ka!teng -uga menga!okasikan dana dari A<BD untuk pengembangan cabai dengan !ahan se!uar 4/ hektar. Lokasina berada di Kabupaten Barito Utara $urung aa Bartim Barse! <u!ang <isau Lamandau dan Sukamara0 demikian De%i.

8ditor9 onn

;O<=1>'T ? ANTAA )*+,

'arga <isang Kepok Seruan Bergerak Turun  2umat + 2uni )*+, +69)5 @1B

(11)

<isang Kepok (1stime%a#

Kua!a <embuang (Antara Ka!teng# & 'arga pisang kepok dari petani atau pen-ua! di Kabupaten Seruan Ka!imantan Tengah menga!ami penurunan se-ak beberapa pekan terakhir.

0Sudah beberapa minggu ini harga pisang kepok menga!ami penurunan dari p/.***"Kg men-adi p)./**"Kg bahkan sempat turun hingga p+.6**"Kg0 kata $ansur (4/# sa!ah satu pen-ua! pisang di pasar tradisiona! Kua!a <embuang  2umat.

@arga asa! Lamongan 2a%a Tengah ang !ama tingga! di Seruan ini tidak

mengetahui secara pasti penebab turunna harga pisang kepok. Sering ter-adi seperti ini terutama men-e!ang amadhan hingga beberapa minggu sete!ah 1duL Fitri.

0$en-e!ang amadhan dan beberapa minggu sete!ah 1duL Fitri permintaan pasar untuk pisang kepok berkurang mungkin itu ang menebabkan harga men-adi turun sementara panen terus ber!angsung0 katana.

Sementara sa!ah satu petani pisang kepok di Desa Kartika Bhakti Kecamatan Seruan 'i!ir Timur Amah (/+# menuturkan penurunan harga -ua! pisang kepok dari tingkat petani ke pengepu! sudah ter-adi se-ak akhir bu!an Apri! !a!u.

0Sebe!umna harga -ua! pisang kepok p4./**"Kg namun kini turun men-adi p4.***"Kg0 katana.

$enurut ibu tiga anak ini penurunan harga pisang kepok ter-adi karena hasi! panen pisang ang me!impah dari petani bukan hana petani ang ada di Desa Kartika Bhakti tapi -uga dari desa !ainna seperti Desa Bangun 'ar-a Desa 'a!imaung 2aa dan Desa $ekar 1ndah.

0Karena panen ang me!impah maka hargana -adi turun ha! ini sudah biasa ter-adi namun kami berharap harga dapat kemba!i naik0 katana.

1a mengakui penurunan harga -ua! pisang ini memang mempengaruhi pendapatan petani tapi petani terpaksa tetap men-ua! pisang karena buah pisang tidak dapat bertahan !ama atau cepat busuk.

(12)

0ata&rata setiap petani pa!ing tidak menghasi!kan satu ton pisang kepok per bu!an untuk setiap satu hektare !ahan dengan -um!ah 5** pohon0 katana. 8ditor9 onn

;O<=1>'T ? ANTAA )*+,

<emkab Barito Utara Kembangkan atusan Bibit Tangkuhis Kamis )+ Apri! )*+, +69*5 @1B

<e%arta9 Kasriadi

1!ustrasi (3o!kso3daak.%ordpress.com# 1st

$uara Te%eh (Antara Ka!teng# & <emerintah Kabupaten Barito Utara Ka!imantan  Tengah tahun )*+, mengembangkan 4** bibit Tangkuhis atau mata kucing ang

merupakan buah khas Ka!imantan ang kini mu!ai !angka dan biasa ditemukan tumbuh di hutan.

0Upaa pengembangan ratusan bibit dengan cara sambung pucuk ini

dimaksudkan untuk mencegah kepunahan buah musiman itu0 kata Kepa!a Dinas <ertanian <erikanan dan <erikanan Barito Utara Setia Budi di $uara

 Te%ehKamis.

1si buah ini hampir sama dengan ke!engkeng tapi sedikit tipis dan ku!itna kasar bu!at seperti ke!ereng dan terasa manis ketika masih saat ber%arna hi-au dan ketika sudah matang ber%arna kuning ke cok!atan ang di Ka!imantan Timur disebut buah 1hau.

Sebe!umna tanaman ini sudah dikembangkan beberapa tahun si!am. Tahun ini akan disa!urkan bibitna kepada masarakat di sembi!an kecamatan untuk dibudidaakan petani.

<embagian bibit ini untuk menambah ko!eksi buah&buahan di sentra pembibitan ho!tiku!utra <emkab Barito Utara di ki!ometer  2a!an Negara $uara Te%eh&<uruk ;ahu men-adi !okasi agro%isata daerah ini.

0<ada prinsipna kita pernah mengembangkan tangkuhis beberapa tahun !a!u dan rencanana tahun ini se!apn diberikan cuma&cuma kepada %arga -uga

(13)

Lokasi pembibitan ini sudah ditanam pu!uhan -enis tanaman buah&buahan di atas area! se!uas ++ hektare. Se!ain tangkuhis -uga dikembangkan ratusan bibit

durian ke!engkeng dataran rendah rambutan dan duku atau !angsat asa! <ontianak Ka!imantan Barat.

Dia mengatakan secara bertahap ke depanna !uas ka%asan itu akan

dikembangkan hingga mencapai /* hektare sehingga men-adi sa!ah satu !okasi agro%isata ang menarik bagi kabupaten di peda!aman Sungai Barito ini.

0Saat ini kami akan me!akukan berbagai pembenahan untuk mempersiapkan 3asi!itas sarana dan prasarana di ba!ai benih itu. Ka%asan ini -uga digabungkan dengan pengembangan ternak rusa kanci! dan !andak0 kata dia.

Budi men-e!askan !okasi tersebut saat ini ditanami ratusan pohon durian dari berbagai arietas ang dikembangkan dengan cara oku!asi dan sebagian besar sudah berbuah.

Dia mengatakan mu!ai saat ini terus dikembangkan !okasi itu sehingga ke depanna ber3ungsi sebagai ka%asan agro%isata seiring tanaman hortiku!tura berbuah.

0<embenahan ka%asan ini di!akukan dua tahun. Lokasi ini akan men-adi pusat %isata buah&buahan baik -enis nasiona! maupun !oka!. <engoperasianna

dimu!ai akhir tahun ini dan hasi!na di-ua! kepada masarakat. <eraturan Bupati untuk pen-ua!an buah ini sudah ada0 katana.

8ditor9 onn

;O<=1>'T ? ANTAA )*+,

'arga ;abai a%it Di Sampit $u!ai Turun Sabtu ), $aret )*+, ++9++ @1B

<e%arta9 Nor-ani

(14)

 'ari ini kami bisa men-ua! p *.*** per ki!ogram. Ka!au harga dari agen turun kami -uga pasti menurunkan harga0

Sampit (Antara Ka!teng# & 'arga cabai ra%it ang sempat me!ambung tinggi di pasar tradisiona! di Sampit Kabupaten Kota%aringin Timur Ka!imantan Tengah kini mu!ai turun.

0'ari ini kami bisa men-ua! p *.*** per ki!ogram. Ka!au harga dari agen turun kami -uga pasti menurunkan harga0 kata =ati sa!ah seorang pedagang di

Sampit 2umat.

<antauan di <asar Keramat pedagang umumna men-ua! cabai ra%it p *.*** per ki!ogram. <ekan !a!u harga cabai ra%it di pasar ang ter!etak di Kecamatan Baamang ini mencapai p +**.*** per ki!ogram. Supaa pembe!i tidak merasa terbebani pedagang mena%arkan pen-ua!an dengan berat per ons.

F!uktuasi cabai ra%it sering ter-adi karena masih menganda!kan pasokan dari !uar daerah khususna 2a%a. Akibatna ketika pasokan terganggu stok menipis sehingga harga dengan cepat naik.

0'ari ini seperti ini tapi saa tidak tahu besok harga akan turun atau ma!ah naik !agi. <okokna ka!au cabaina sedikit harga biasana memang cepat naik. Ka!au stok bana harga akan turun0 sambung =ati.

'arga cabai ra%it di <asar Keramat sebe!umna cukup !ama bertahan p /*.*** per ki!ogram. 'arga ini cukup tinggi karena saat kondisi norma! harga cabai ra%it hana sekitar p 4*.*** per ki!ogram.

$aria %arga 2a!an $uchran A!i tampak santai menanggapi tinggina harga cabai ra%it. <enuka masakan pedas ini mengaku tidak risau karena dia banak

memi!iki cabai ang ditanamna di pekarang rumah.

0Kita sa-a ang ma!as padaha! ditanam di pot sedang pun cabai ra%it mudah tumbuh. Kita man3aatkan pekarangan untuk menanam cabai -adi tidak per!u be!i !agi. Ka!au harga tinggi seperti sekarang kan terasa man3aatna0 kata $aria. <emerintah daerah mendorong petani dan masarakat menanam cabai ra%it karena banak memba%a man3aat. Langkah ini -uga untuk men-aga kestabi!an pertumbuhan ekonomi karena kenaikan harga cabai ra%it biasana turut memicu inasi.

8ditor9 onn

;O<=1>'T ? ANTAA )*+,

Bupati Barito Utara <anen ;abai Besar Sabtu )4 2anuari )*+, ++9+5 @1B <e%arta9 Kasriadi

(15)

Bupati Barito Utara Nada!sah bersama pe-abat setempat me!aksanakan panen cabe besar di !ahan di -a!an Lingkar Kota Desa apen Ke!urahan Lan-as

Kecamatan Te%eh Tengah 2umat ())"+#. (FOTO ANTAA Ka!teng"Kasriadi# $uara Te%eh (Antara Ka!teng# & Bupati Barito Utara Ka!imantan Tengah

Nada!sah bersama pe-abat setempat me!akukan panen cabai besar di !ahan petanian di Dusun apen Kecamatan Te%eh Tengah 2umat.

 Tanaman cabai mi!ik ini menggunakan pengairan dengan sistem pertanian irigasi tetes ang merupakan ha! baru bagi para petani di Kabupaten Barito Utara ang ditanam tahun )*+/.

Kepa!a Dinas <ertanian <erikanan dan <eternakan Barito Utara Setia Budi

mengatakan program pengembangan ho!tiku!tura termasuk buah&buahan saur sauran bunga&bungaan dan obat&obatan. Dan cabai besar ini termasuk

katagori saur&sauran.

0Untuk %i!aah Kabupaten Barito Utara di!akukan u-i coba se!uas de!apan hektare akni di apen ini @onore-o Desa imba Sari Desa Trinsing ang masing&masing !ahan untuk tanaman cabe ini dua hektar0 katana.

Budi mengatakan pertanian cabe besar ang di!akukan o!eh ke!ompok tani diba%ah bimbingan pihakna ini menggunakan sistem pertanian irigasi tetes untuk pengairan tanaman cabai.

Kedepan kata dia pihakna tidak mem3okuskan satu komuditi ang akan ditanam bermacam&macam komuditi ang akan dikembangkan.

0Berdasarkan in3ormasi dari para petani cabe besar ini mereka setiap hari memasarkan antara +) sampai )* kg perhari. Keunggu!an cabe besar ini hi-au masih !aku dan merah pun -uga !aku dipasaran0 u-arna.

'a! itu tambahna sesuai dengan harapan Bupati Barito Utara Nada!sah semua kegiatan itu disamping berorientasi pada produksi ang !ebih penting  -uga berorientasi terhadap daa serap tenaga ker-a sehingga masarakat kita

memi!iki opsi&opsi untuk berusaha seperti di bidang karet sa%it dan sebagaina. Berhasi!na tanaman cabe besar ini petani di Dusun apen tanaman cabei ang dira%at o!eh petani !ainna menggunakan sistem pertanian irigasi tetes -uga dapat mempero!eh hasi! ang memuaskan.

(16)

0Se!ain itu me!a!ui sektor pertanian -uga diharapkan dapat membuka !apangan ker-a bagi masarakat atau dapat mengurangi -um!ah angka pengangguran di Kabupaten Barito Utara0 -e!as dia.

8ditor9 onn

;O<=1>'T ? ANTAA )*+,

 2agung Transmigran Barito Utara <asok ke <abrik Ka!se! Se!asa +) 2anuari )*+, ++9+4 @1B

<e%arta9 Kasriadi

1!ustrasi & Bupati Barito Utara Nada!sah didampingi Kepa!a Dinas <ertanian <erikanan dan <eternakan Setia Budi me!akukan panen -agung hibrida aritas asia di Desa Sei Li-u Kecamatan Te%eh Timur beberapa %aktu !a!u. (Foto 1stime%a#

$uara Te%eh (Antara Ka!teng# & 2agung hasi! budi daa petani eks transmigran di Kabupaten Barito Utara Ka!imantan Tengah di-ua! untuk memenuhi bahan baku pabrik pengo!ahan pakan ternak di Kecamatan Bati Bati Kabupaten Tanah Laut Ka!imantan Se!atan.

0'asi! tanaman -agung %arga ini sebagian besar di-ua! ke pabrik pengo!ahan pakan tersebut0 kata Bupati Barito Utara (Barut# Nada!sah di $uara Te%eh Se!asa.

$enurut Nada!sah tanaman -agung dikembangkan petani di Kecamatan Te%eh  Timur akni di Desa $ampuak 1 dan $ampuak 11 2amut Li-u dan <antung mampu

meningkatkan perekonomian masarakat setempat.

$e!a!ui hasi! pertanian tanaman -agung hibrida ini membuat para petani setempat sudah puna akses perdagangan ke!uar daerah.

0Bahkan mereka ang se!ama ini hana tingga! di desa peda!aman kini sudah mengena! dan mengun-ungi pusat perbe!an-aan (ma!# di Ban-armasin Ka!se! sete!ah men-ua! -agung ke pabrik pakan itu0 katana.

(17)

Untuk itu!ah kata dia pemerintah bertekad untuk me%u-udkan kedau!atan pangan me!a!ui upaa khusus (Upsus# pencapaian s%asembada pangan ang me!iputi tiga komoditi utama tanaman pangan aitu padi -agung dan kede!ai (<a-a!e#.

0Kami berharap secara pemetaan %i!aah Kecamatan Te%eh Timur ini mampu men-adi sa!ah satu !umbung pangan kita terutama penghasi! -agung da!am ska!a ekonomis serta produksi padi !adang ang mempunai keunggu!an komparati3 dan sebagai komoditi unggu!an daerah Barito Utara0 katana Nada!sah.

Sementara Kepa!a Dinas <ertanian <erikanan dan <eternakan Barito Utara Setia Budi mengatakan %i!aah Kecamatan Te%eh Timur merupakan sentra tanaman  -agung di daerah ini pada musim tanam Oktober & $aret )*+/")*+, ditanam  -agung di !ahan se!uas /** hektare di ka%asan pertanian kecamatan peda!aman

itu.

0Diharapkan musim tanam ini panenna !ebih baik dibanding musim kemarau !a!u ang banak tanaman -agung gaga! panen akibat kekeringan0 katana. ea!isasi !uas panen -agung musim tanam Apri!&September )*+/ ada!ah )5 hektare dari sasaran !uas tanam )// hektar dengan proitas 46+, Kuinta! per hektare dan produksi 654 ton.

Se!ain dikembangkan di %i!aah Kecamatan Te%eh Timur -uga di Desa Batu aa kecamatan >unung Timang masing&masing hasi! panen antara ,& ton per

hektare.

0<etani -agung di daerah ini bersemangat menanam komoditi ini karena harga di desa setempat re!ati3 baik berkisar p)*** & p)./** per ki!ogram sedangkan mereka men-ua! ke pabrik pakan kita tidak tahu berapa hargana0 u-ar Budi.

8ditor9 :aena! Abidin

;O<=1>'T ? ANTAA )*+,

Barito Utara Kembangkan Tanam ;abe 1rigasi Tetes Se!asa ) Oktober )*+/ +59/ @1B

(18)

1!ustrasi Dua petani cabe Ke!urahan Ka!ampangan Kecamatan Sabangau <a!angka aa Ka!imantan Tengah sedang memanen cabe. (FOTO ANTAA Ka!teng"Untung Setia%an#

$uara Te%eh (Antara Ka!teng# & Dinas <ertanian <erikanan dan <eternakan

Kabupaten Barito Utara Ka!imantan Tengah pada musim tanam Oktober & $aret )*+/")*+, mengembangkan tanaman cabe dengan sistem irigasi tetes.

Budidaa cabe besar dan keci! ini akan di!akukan petani di Kecamatan Te%eh  Tengah dan Te%eh Se!atan se!uas de!apan hektare kata Kepaa!a Dinas <ertanian

<erikanan dan <eternakan Barito UtaraSetia Budi di $uara Te%eh Se!asa.

$enurut Budi pengembangan tanaman cabe ini merupakan sa!ah satu program <emerintah <usat me!a!ui <erubahan A<BN tahun )*+/ dengan memberikan bantuan diantarana a!at mesin pertanian untuk menanam cabe dengan sistem budidaa intensi3 irigasi tetes.

Sistem ini ada!ah sistem pertanian dengan penga!iran air me!a!ui se!ang atau pipa khusus dimana tanaman cabe ang dibudidaakan penga!iran airna menggunakan se!ang tersebut.

0Sistem pertanian ini bertu-uan agar hasi! produksi petani cabe di Barito Utara dapat meningkat sehingga diharapkan harga -ua! cabe di tingkat pasaran tidak ter!a!u maha!0 katana.

Budi mengatakan se!ain me!akukan pengembangan produksi cabe besar dan keci! pihakna -uga me!akukan upaa untuk peningkatan hasi! produksi

pertanian -agung dan kede!ai.

Untuk pertanian -agung rencanana akan di!akukan di Kecamatan Te%eh Timur dengan !uasan area! /** hektar sedangkan untuk kede!ai se!uas )/* hektar di Kecamatan >unung Timang dan Te%eh Tengah.

0Untuk pertanian ini kita sa!urkan mesin pompa air kepada para petani untuk mengatasi kekeringan pada musim kemarau ini0 u-ar Budi.

8ditor9 onn

<a!angka aa Kembangkan <ertanian Bioindustri Kemiri Sunan Kamis +4 Agustus )*+/ ++9), @1B

(19)

1!ustrasi peker-a membersihkan rumput di antara benih kemiri 0Sunan0 . (FOTO ANTAA"Aguk Sudarmo-o#

<a!angka aa (Antara Ka!teng# & <emerintah Kota <a!angka aa menggandeng Uniersitas $uhammadiah <a!angkaraa da!am pengembangan pertanian

bioindustri kemiri sunan ang tahap percobaan ditanam /.*** hektare di Ka%asan 'utan Dengan Tu-uan Khusus (K'DT# di Kecamatan akumpit berbatasan dengan Kabupaten >unung $as Ka!imantan Tengah.

Anggota Tim <engembangan <ertanian Kemiri Sunan Siti $aimunah di <a!angka aa Kamis mengatakan program <engembangan <ertanian Bioindustri Kemiri Sunan (A!eurites trisperma# di !ahan gambut mendapat dukungan a%a! dari Kementrian <ertanian ang membiaai Kebun <ene!itian dan <ercobaan (K<)# di hutan pendidikan U$ <a!angkaraa.

K<) di hutan K'DK ang merupakan pemberian hak penge!o!aan hutan o!eh $enteri Kehutanan saat di-abat :u!kii 'asan kepada pihak U$ <a!angkaraa se-ak tahun )*+5 itu di!akukan beberapa kegiatan -angka pendek hingga -angka pan-ang berupa mengka-i kemungkinan pengembangan tanaman Kemiri Sunan sebagai Bioenergi pada !ahan gambut.

<ada tahun pertama me!iputi tiga pene!itian pendahu!uan aitu membuat mode! bioindustri kemiri sunan secara mene!uruh sebagai suatu sik!us tertutup

berkesinambungan dan !estari mengka-i karakterisasi dan pemetaan kesesuaian agroeko!ogi memi!ih proenan u-i genetik dan pembuatan demp!ot u-i genetik kemiri sunan.

<ene!itian -uga untuk mengetahui pengaruh genangan pada pertumbuhan kemiri sunan mene!iti kesuburan tanah dan pemupukan pada kemiri sunan membuat po!a agro3orestr pada penanaman kemiri sunan serta mengka-i pendahu!uan sosia! ekonomi mode! pertanian bioindustri kemiri sunan di !ahan gambut. Siti $aimunah ang -uga Dekan Faku!tas <ertanian dan Kehutanan U$ <a!angkaraa itu menambah kegiatan -angka pan-ang membuat mode!

pengembangan pertanian bioindustri berbasis kemiri sunan di !ahan gambut. Latar be!akang pene!itian pengembangan pertanian biodise! kemiri sunan merupakan rangkaian pene!itian untuk mencari sumber daa energi ang

(20)

Dengan menggunakan biodiese! seperti pada kemiri sunan -arak shorgum dan bahan baku energi !ainna kemiri sunan te!ah digunakan sebagai biodiese! secara tradisiona! se-ak Eaman dahu!u dengan pengo!ahan ang sangat sederhana.

<o!a pemi!ihan kemiri Sunan dapat di-adikan mode! untuk rehabi!itasi !ahan kritis karena habitus berupa pohon dan mudah beradaptasi terhadap !ingkungan.

<engembangan kemiri sunan te!ah di!akukan di 2a%a dengan -enis tanah minera! dan per!u pengka-ian terhadap kesesuaian tumbuhna di !ahan gambut sesuai dengan kondisi !ahan di <roinsi Ka!imantan Tengah ang sebagian besar ada!ah !ahan gambut katana.

U-i ke!aakan

$etodo!ogi ang digunakan aitu me!aksanakan pene!itian berkaitan dengan u-i ke!aakan tumbuh dan po!a budidaa kemiri Sunan ana!isa tanah po!a

penanaman secara tumpangsari pada ka%asan agro3orestr di hutan pendidikan untuk p!ot mode! dan contoh budidaa masarakat pada Eona penangga bekas tambang dan !adang berpindah.

Se!an-utna di!akukan ka-ian adapti3 untuk masarakat seperti penu!uhan

kepada masarakat dan pe!atihan pada masarakat untuk persiapan penanaman secara komersia! studi sosia! ekonomi masarakat pengo!ahan hasi! ka-ian

managemen ekonomi masarakat petani kemiri sunan dan pembuatan %adah perekonomian seperti koperasi untuk petani kemiri sunan.

Output ang diharapkan menciptakan mode! pengembangan pertanian bioindustri berbasis kemiri sunan sebagai sumber pendapatan baru untuk

masarakat ang berke!an-utan di sekitar ka%asan htan pendidikan ang ramah !ingkungan dengan merusak hutan kata Siti $aimunah ang -uga pegiat

!ingkungan hidup di Tanah Air.

8ditor9 onn

;O<=1>'T ? ANTAA )*+/

Budidaa 2agung di Kobar Akan Dibenahi Senin +6 $ei )*+/ )*9// @1B

(21)

<abrik pemipi!an -agung mi!ik <erusda Kota%aringin Barat <T.Agrotama $andiri ang sudah tidak operasiona! se-ak tahun )*++ karena terkena angin puting be!iung. (Foto A!3a#

<angka!an Bun (Antara Ka!teng# GH Ker-a sama penanaman -agung antara Kodim +*+5 <angka!an Bun dengan Dinas <ertanian dan <eternakan Kabupaten

Kota%aringin Barat mendapatkan respon ang sangat baik dari masarakat ang ter!ihat dengan antusiasna masarakat ang ingin membudidaakan kemba!i tanaman -agung di daerah ini meski sebe!umna dikece%akan dengan kurang pro3esiona!na <T.Agrotama $andiri perusahaan daerah ang

menampung hasi! -agung petani.

@aki! Bupati Kota%aringin Barat Bambang <ur%anto me!ihat antusiasme masarakat itu menatakan pihakna akan berusaha membenahi ke!emahan da!am arus budidaa dan pemasaran -agung ini.

1a te!ah meminta dinas terkait untuk se!a!u berkoordinasi mencari so!usina terutama da!am penediaan mesin pemipi! disetiap kecamatan.

Se!ain itu pabrik pemipi!an ang masih ada mi!ik <erusda di Desa <asir <an-ang akan segera di3ungsikan kemba!i dan tentuna akan direnoasi ter!ebih dahu!u. 0Bahkan -angkauan usaha -agungna akan diper!uas dengan akan dibangun pembuatan tepung -agung sebagai industri hi!irna0 katana.

sementara itu sa!ah satu petani -agung di Desa Sei Tendang mengungkapkan dirina ingin menanam -agung kemba!i namun dirina -uga tidak menginginkan bi!a te!ah menanam -agung untuk ang kedua ka!ina ini akan menga!ami nasib ang sama dengan ke-adian dahu!u akni tidak ada ang membe!i -agungna saat masa panen.

GI2angan sampai nanti kami panen dan tidak tahu siapa ang akan membe!i  -agung kami. 1ni kan rugi sementara menanam dan peme!iharaanna ang

cukup !ama tapi tidak ada ang membe!iG u-ar sa!ah satu petani.

Kegaga!an budidaa -agung pada tahun )*+* akibat pabrik pemipi!an -agung mi!ik <erusahaan Daerah Kota%aringin Barat !ambat me!angsir dari truk

pengangkut -agung ke pabrik sehingga petani rugi da!am pengangkutan

(22)

tahun )**6.

Akhirna pabrik pengo!ahan pemipi!an -agung itu hancur se-ak terkena angin puting be!iung pada tahun )*++ dan sampai sekarang sudah tidak beroperasi !agi. Bahkan Direktur Utamana bera!ih sebanak dua ka!i tidak -uga dapat mengubah pengoperasian pabrik ang te!ah mene!an kurang !ebih p  $i!iar dengan permoda!anna.

8ditor9 :aena! Abidin

;O<=1>'T ? ANTAA )*+/

@arga <ensiunan Kobar Berhasi! Usaha Buah Naga Kamis +7 $aret )*+/ */945 @1B

<enin-auan kebun buah naga mi!iki Ngadio seorang %arga pensiunan <o!isi di Kobar. (Foto A!3a#

<angka!an Bun (Antara Ka!teng# GH Kepa!a Dinas Sosia! Kabupaten Kota%aringin Barat Drs.>usti Nur Aini terus memantau kehidupan sosia! dari %arga

pensiunan di daerahna.

Be!um !ama ini da!am penin-auan mendadak ia me!ihat !angsung kehidupan seorang pensiunan po!isi Ngadio ang bisa menambah kese-ahteraan hidupna me!a!ui penanaman pohon buah naga.

Kadis Sosia! Kobar merasa bangga dengan apa ang di!akukan Ngadio karena ia berhasi! da!am budidaa buah naga dan mampu menambah pendapatan

ke!uarga se!ain penghasi!an pada ga-i pensiunna.

$enurut >usti Nur Aini sosok Ngadio ini per!u ditiru o!eh para pensiunan baik pensiunan <NS <o!ri maupun TN1 sehingga -i%a dan ragana masih ber-asa untuk kehidupan da!am ke!uarga bangsa dan negara.

GIKa!au sa-a semuana masih merasa mampu kenapa tidak %a!au sudah pensiun. Anggap sa-a bero!ah raga dapat menumbuhkan rasa sehat dengan beraktiitas bagi para pensiunanG u-ar >usti Nur Aini.

(23)

menanam buah naga ini dirina dapat memberikan ni!ai !ebih dari cukup untuk menambah ga-i pensiunanna.

<ensiunan po!isi ang terakhir berpangkat Bripka pada tahun +776 Ngadio te!ah mengambi! !angkah untuk tetap semangat berbuat untuk ke!uargana. Dengan beka! penga!aman me!ihat kebun orang !ain dan membaca buku tentang

bercocok tanam Ngadio memu!ai proses menanam pohon buah naga.

A!hasi! da!am hitungan satu tahun mampu me!akukan panen hingga dua ka!i da!am sebu!an. 'ana sa-a tidak banak ang dihasi!kan karena !uas kebunna hana berukuran di ba%ah seperapat hektar sa-a dengan -um!ah produksi 6* ki!ogram dan hargana di-ua! p )/ ribu per ki!ogramna.. 'arga itu !ebih murah bi!a dibandingkan dengan harga buah naga di pasaran ang bisa mencapai p 4/ ribu perki!ogramna.

Untuk !ebih menambah penghasi!anna kini di hampir semua pekarangan di rumahna te!ah ditanamai buah naga dengan menggunakan ember baik p!astik maupun ka!eng ditambah dengan pekarangan rumah mi!ik kedua putrina 8r dan 1da ang semuana sudah menghasi!kan buah naga.

Se!ain itu -uga Ngadio -uga men-ua! bibit pohon buah nagadengan harga per bibitna p +4.***.

8ditor9 :aena! Abidin

;O<=1>'T ? ANTAA )*+/

Barito Utara Kembangkan Kede!ai )/* 'ektare abu )7 Apri! )*+/ ++9*) @1B

<e%arta9 Kasriadi

1!ustrasi & Kede!ai (%%%.antarane%s.com#

$uara Te%eh (Antara Ka!teng# & <emerintah Kabupaten Barito Utara Ka!imantan  Tengah mengembangkan komoditi kede!ai di !ahan se!uas )/* hektare tersebar

di desa imba Sari Kecamatan Te%eh Tengah $ampuak Kecamatan Te%eh Timur dan Batu aa Kecamatan >unung Timang.

0Tanaman kede!ai sangat cocok dikembangkan pada se-um!ah desa eks

(24)

Barito Utara Setia Budi di $uara Te%eh abu.

<engembangan kede!ai ini merupakan sa!ah satu upaa pemerintah pusat da!am penediaan pangan guna mencukupi kebutuhan masarakat di masa mendatang dan surp!us kede!ai sehingga peranan sektor pertanian da!am arti !uas per!u

dibangun.

$enurut dia penanaman kede!ai itu di-ad%a!kan pada Oktober atau Noember )*+/ masing&masing desa se!uas +** hektare.

0<etani ang menanam kede!ai ini mendapat bantuan sarana produksi dari pemerintah sedangkan bibitna dipero!eh me!a!ui s%adaa masatakat setempat0 katana.

Budi mengatakan saat ini para petani di sentra tanaman kede!ai tersebut diberi pe!atihan se!ama !ima hari ang dipusatkan di desa imba Sari Kecamatan

 Te%eh Tengah pada akhir Apri! )*+/ ini.

<e!atihan masih ber!angsung diikuti pu!uhan petani kede!ai diantarana

bagaimana cara budidaa kede!ai pengamatan ik!im da!am menghadapi musim tanam program seko!ah !apangan penu!uhan tanaman terpadu (SL&<TT# dan cara mengo!ah kede!ai sampai pasca panen.

0Kita harapkan pengembangan tanaman kede!ai ang sempat akum pada beberapa tahun o!eh pemerintah da!am dua tahun ini para petani mu!ai bergairah menanam komoditi untuk meningkatkan perekonomian petani setempat0 katana.

Dia mengatakan desa Batu aa 1 dan Batu aa 11 Kecamatan >unung Timang merupakan sa!ah satu desa ang mengembangkan komoditi ini puna prospek pasar ang menguntungkan bagi petani setempat bahkan pembe!ina datang dari !uar daerah seperti Ka!imantan Timur dan Ka!imantan Se!atan.

0Bibit dan saprodi kede!ai ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat dan proinsi0 kata Budi.

8ditor9 :aena! Abidin

;O<=1>'T ? ANTAA )*+/

Barito Utara Kembangkan atusan Lengkeng Dataran endah Kamis )4 Apri! )*+/ +*956 @1B

(25)

Buah !engkeng. (1stime%a#

$uara Te%eh (Antara Ka!teng# & <emerintah Kabupaten Barito Utara Ka!imantan  Tengah mengembangkan ratusan bibit tanaman !engkeng dataran rendah di

!ahan se!uas dua hektare.

0Sebagian besar !engkeng ang dikembangkan -enis Diamond ier dan

<ingpong sudah bisa dipanen dengan rasa manis0 kata Kepa!a Dinas <ertanian <erikanan dan <eternakan Barito Utara (Barut# Setia Budi di $uara Te%eh Kamis.

$enurut dia panen buah !engkeng perdana ini di!akukan Bupati Barut Nada!sah dan se-um!ah pe-abat !ainna pekan !a!u di ka%asan sentra

pembibitan ho!tiku!utra <emkab Barito Utara di ki!ometer  2a!an Negara $uara  Te%eh & <uruk ;ahu.

Budidaa !engkeng di kabupaten peda!aman Sungai Barito ini memang masih  -arang di!akukan. Namun me!ihat dari hasi! tanaman ang dikembangkan

tersebut kedua -enis ini cocok dan tumbuh subur.

0$emang sebe!umna saa ragu !engkeng bisa tumbuh di daerah ini. Namun dari hasi! u-i di kebun pembibitan mi!ik <emkab barito Utara ini tanaman buah itu cocok dan rasana tetap manis0 katana.

Budi mengatakan !engkeng ang dibudidaakan itu cocok hana dua -enis dan buahna manis sama seperti buah !engkeng dataran tinggi ang banak di-ua! pedagang buah di pasaran namun buahna !ebih segar.

0Ke!ebihan dari !engkeng dataran rendah arietas Diamond ier dan <ingpong ang berasa! dari Cietnam ini cepat berbuah dan pada umur +, &)* bu!an mu!ai be!a-ar berbunga dan berbuah0 -e!as dia.

Dia mengatakan pihakna te!ah memprogramkan pembibitan !engkeng dengan cara sambung pucuk karena pohon induk untuk pohon induk sudah ada di !okasi pembudidaaan ang saat ini tersedia sekitar 4**&an bibit ang di-ua! kepada masarakat.

0Kita menediakan bibit buah !engkeng ang biasa di-ua! dipasaran dengan harga berkisar antara p)** ribu di tempat ini di-ua! dengan harga hana p/ ribu0 kata dia.

(26)

Barut ang merupakan sa!ah satu kabupaten peda!aman Sungai Barito ini memprogramkan sentra hortiku!tura men-adi ka%asan agro%isata dengan sasaran !uas mencapai pu!uhan hektare pada )*+,.

8ditor9 onn

;O<=1>'T ? ANTAA )*+/

Nenas <arigi Barse! Diminati <engun-ung 8Jp!ore 8Jotica O3 ;entra! Ka!imantan di T$11

On Senin Noember )+st )*+,

 2akarta"tabengan.com  Nenas parigi ang merupakan sa!ah satu produk

unggu!an masarakat tani kabupaten Barito Se!atan Ka!imantan Tengah diminati para pengun-ung Taman $ini 1ndonesia 1ndah 2akarta.<antauan Antara di 2akarta minggu produk unggu!an petani berupa nenas parigi kabupaten Barito Se!atan tersebut sangat diminati para pengun-ung 8Jp!ore 8Jotica O3 ;entra! Ka!imantan di T$11.

Hasanna manis enak dan rasana tidak seperti nenas biasana kata sa!ah seorang pengun-ung ina sete!ah memakan nenas hasi! perkebunan masarakat daerah Barse! tersebut.

Sementara kepa!a Dinas <ertanian Barse! 1barata me!a!ui kepa!a bidang sumber daa Beno Ka!a-ari mengatakan nenas parigi ini merupakan tanaman unggu!an Barito Se!atan.

HKita te!ah membudidaakan tanaman ini agar berni!ai ekonomis bagi peningkatan pendapatan masarakat setempatucapna.

$enurut dia pihakna te!ah me!akukan pembukaan !ahan untuk penanaman nenas ini secara massa! terutama di kecamatan Dusun Se!atan tempat asa! tumbuhna tanaman hortiku!tura ini.

HKita te!ah me!akukan pembukaan !ahan untuk penanaman nenas parigi ang sudah terda3tar di <er!indungan arietas tanaman dan periEinan pertanian Kementrian <ertanian 1 tambah Beno Ka!a-ari.

(27)

'a! ini di!akukan agar usaha nenas parigi ini dapat !ebih eksis dan dapat berkembang dengan baik sehingga menarik minat inestor untuk me!akukan usaha secara besar.ant

 Topik 9 barse! centra! di diminati eJotica eJp!ore ka!imantan nenas parigi pe ngun-ung tmii

Referensi

Dokumen terkait

Agar titik bergerak translasi murni (tanpa rotasi) besar x adalah .... Perhatikan gambar di samping! Letak titik berat dari bangun tersebut adalah .... Sumbu kedua roda muka

BO+ 7NH tunggal paa penerita engan tes tuberkulin positi timbul kerusakan !ati, ikterus an B  kematian# Nalone : pemberian 7NH se&#34;ara propilaksis paa

Dengan menerapkan berbagai kiat atau strategi yang telah ditulis di dalam buku ini, saya yakin para mahasiswa akan mampu menjadi penulis-penulis andal. Agar sukses terutama

Uraian di atas menjadi landasan pentingnya dilakukan penelitian tentang diet tinggi lemak dengan margarin sebagai sumber lemak trans yang biasa dikonsumsi

Metode penyajian laporan arus kas yang digunakan oleh perusahaan berdasarkan metode tidak langsung dimana laporan arus kas dalam metode ini menyajikan laba rugi yang

[r]

Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT,dengan rahmat dan hidayah-Nya Tim TPK dapat menyelesaikan kurikulum SMP Negeri 2 Tenggarong, hal ini merupakan

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkepribadian sanguinis dalam memahami masalah membaca soal sebanyak dua kali dan mampu menjelaskan serta menuliskan