• Tidak ada hasil yang ditemukan

MEMAHAMI MOTIVASI PERILAKU IMITASI FASHION KOREA SELATAN DI SEMARANG - UDiNus Repository

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "MEMAHAMI MOTIVASI PERILAKU IMITASI FASHION KOREA SELATAN DI SEMARANG - UDiNus Repository"

Copied!
10
0
0

Teks penuh

(1)

i

LAPORAN TUGAS AKHIR

MEMAHAMI MOTIVASI PERILAKU IMITASI FASHION KOREA SELATAN DI SEMARANG

Diajukan sebagai syarat untuk menyelesaikan program studi S-1 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro

Disusun oleh:

(2)

ii

FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

SEMARANG 2017

PERSETUJUAN LAPORAN SKRIPSI

Nama : Lorencia Tirtasari NIM : A15.2015.00327 Program Studi : Ilmu Komunikasi Fakultas : Ilmu Komputer

Judul Tugas Akhir : MEMAHAMI MOTIVASI PERILAKU IMITASI FASHION KOREA SELATAN DI SEMARANG

Tugas akhir ini telah diperiksa dan disetujui, Semarang, 25 Oktober 2017

Menyetujui: Mengetahui:

Pembimbing Dekan Fakultas Ilmu Komputer

(3)

iii

PENGESAHAN DEWAN PENGUJI

Nama : Lorencia Tirtasari NIM : A15.2015.00327 Program Studi : Ilmu Komunikasi Fakultas : Ilmu Komputer

Judul Tugas Akhir : MEMAHAMI MOTIVASI PERILAKU IMITASI FASHION KOREA SELATAN DI SEMARANG

Tugas akhir ini telah diujikan dan dipertahankan dihadapan Dewan Penguji pada sidang skripsi tanggal 25 Oktober 2017. Menurut pandangan kami, skripsi ini memadai dari segi kualitas maupun kuantitas untuk tujuan penganugrahan gelar Strata 1 (S1) Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom).

Semarang, 25 Oktober 2017 Dewan Penguji:

Mutia Rahmi Pratiwi, M.I.Kom Agus Triyono, S.Sos, Msi Anggota 1 Anggota 2

(4)

iv

PERNYATAAN KEASLIAN PROYEK AKHIR

Sebagai mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro, yang bertanda tangan dibawah ini, saya:

Nama : Lorencia Tirtasari NIM : A15.2015.00327

Menyatakan bahwa karya ilmiah saya yang berjudul :

MEMAHAMI MOTIVASI PERILAKU IMITASI FASHION

KOREA SELATAN DI SEMARANG

Merupakan karya asli saya, (kecuali ringkasan yang masing-masing telah saya jelaskan sumbernya). Apabila dikemudian hari, karya saya disinyalir bukan merupakan karya asli saya, beserta bukti-bukti yang cukup, maka saya bersedia untuk dibatalkan gelar saya beserta hak dan kewajiban yang melekat pada gelar tersebut. Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.

Dibuat di : Semarang Pada tanggal : 25 Oktober 2017

Yang menyatakan

(5)

v

PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS

Sebagai mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro, yang bertanda tangan dibawah ini, saya:

Nama : Lorencia Tirtasari NIM : A15.2015.00327

Demi mengembangkan ilmu pengetahuan, menyetujui untuk memberikan kepada Universitas Dian Nuswantoro Hak Bebas Royalti Non-Eksklusif (Non-Exclusive Royalty-Free Right) atas karya ilmiah saya yang berjudul:

MEMAHAMI MOTIVASI PERILAKU IMITASI FASHION KOREA SELATAN DI SEMARANG

Dengan Hak Bebas Royalti Non-Eksklusif ini Universitas Dian Nuswantoro berhak untuk menyimpan, mengkopi ulang (memperbanyak), menggunakan, mengelolanya dalam bentuk pangkalan data (database), mendistribusikannya dan menampilkan/ mempublikasinnya di internet atau media lain untuk kepentingan akademis tanpa perlu meminta ijin dari saya selama tetap mencantumkan nama saya sebagai penulis/ pencipta.

Saya bersedia menanggung secara pribadi, tanpa melibatkan pihak Universitas Dian Nuswantoro, segala bentuk tuntutan hukum yang timbul atas pelanggaran Hak Cipta dalam karya ilmiah saya ini. Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.

Dibuat di : Semarang Pada tanggal : 25 Oktober 2017

Yang menyatakan

(6)

vi

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap Alhamdulillah atas kehadirat Allah Subhanahu wa

Ta’ala, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang telah

melimpahkan segala rahmat, karunia dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga laporan tugas akhir dengan judul “Memahami Motivasi Perilaku Imitasi Fashion Korea Selatan di Semar ang” dapat penulis selesaikan karena banyaknya dukungan yang penulis terima dari berbagai pihak.

Dalam skripsi ini penulis melakukan penelitian mengenai fenomena yang terjadi di Indonesia yaitu perihal perilaku mengimitasi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia terhadap fashion Korea Selatan. Dalam proses penelitian, penulis melibatkan 3 responden yaitu Audrey Zhabrina, Rakasiwi Oktaviani Putri dan Veronika Fajrin untuk kami lakukan in-depth interview seputar motivasi perilaku imitasi fashion Korea Selatan yang merka lakukan.

Dalam penyusunan skripsi ini, penulis tidak lepas dari hambatan dan kesulitan, namun berkat bimbingan, dorongan, bantuan, nasihat dan saran serta kerjasama yang penulis dapatkan dari berbagai pihak, segala hambatan tersebut dapat diatasi dan laporan tugas akhir ini dapat terselesaikan dengan baik. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Allah Subhanahu wa Ta’ala yang senantiasa memberikan rahmat, karunia, hidayah-Nya, serta kemudahan dan kelancaran sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini.

(7)

vii

saya Lucky yang sudah bersedia memberikan waktunya untuk keluh dan kesah saat pengerjaan skripsi ini.

3. Ibu Amida Yusriana, M.I.Kom., selaku dosen pembimbing saya, yang telah bersedia meluangkan waktu dan tenaga untuk memberikan ide penelitian, informasi referensi, pengarahan, bimbingan, dan saran yang penulis butuhkan sampai dengan terselesaikannya skripsi ini. Terimakasih juga atas waktu dan semangat yang telah ibu berikan.

4. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom, selaku Rektor Universitas Dian Nuswantoro Semarang tempat saya menempuh pendidikan Diploma 3 dan Strata 1.

5. Dr. Drs. Abdul Syukur, M.M., selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer. 6. Dr. Yuventius Tyas Catur Pramudi Ssi, M. Kom selaku Ketua Program

Studi S1 Ilmu Komunikasi dan Ibu Lisa Mardiana, S.Sos, M.I.Kom selaku Sekretaris Program Studi S1 Ilmu Komunikasi.

7. Ibu Mukaromah, M.I.Kom selaku Dosen Wali dan seluruh dosen-dosen pengampu Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro yang telah memberikan ilmu kepada penulis selama perkuliahan.

8. Kepada ketiga responden yaitu Audrey Zhabrina, Rakasiwi Oktaviani Putri, dan Veronika Fajrin. Terima kasih atas segala waktu, informasi, dan kesediaannya untuk membantu dan menjadi sumber data utama dalam penelitian ini.

(8)

viii

pengertiannya, kata-kata penyemangatnya, dan nasihat serta doanya kepada penulis. I feel so blessed to have you guys.

10.Teman-teman ekstensi Ilmu Komunikasi 2015 atas segala bantuan, sharing, dan semangatnya. Terima kasih karena telah bersama-sama

menuntut ilmu dengan penulis.

11.Seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan balasan yang lebih besar kepada semua pihak yang sudah membantu penulis. Penulis berharap bahwa skripsi ini dapat bermanfaat dan berguna sebagaimana fungsinya.

Semarang, 25 Oktober 2017 Penulis

(9)

ix ABSTRAK

Korea Selatan merupakan negara yang terkenal akan fenomena K-wave, yakni makanan, musik, fashion, budaya dan lain sebagainya. Korea Selatan juga memiliki Industri pertelevisian yang sangat baik salah satunya drama dan variety show mereka yang sangat digemari banyak orang didunia. Tidak hanya itu, industri fashionnya pun dapat menandingi industri fashion milik negara lain. Kemudian saat ini Indonesia merasakan dampak dari fenomena tersebut yaitu dengan munculnya sebuah fenomena yang menunjukan bahwa kebanyakan remaja Indonesia lebih mencintai budaya bahkan fashion style luar yaitu Korea Selatan. Oleh karena itu, penelitian ini disusun untuk mengetahui apa sajakah motivasi remaja Indonesia khususnya di kota Semarang dalam melakukan perilaku mengimitasi fashion Korea Selatan. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan metode fenomenologi atau paradigma milik Max Scheler. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat berbagai macam motivasi dalam melakukan perilaku mengimitasi fashion Korea Selatan. Motivasi-motivasi yang berhasil ditemukan adalah karena fashion milik Korea Selatan sangat menarik dan unik, karena mereka ingin membentuk suatu identitas yang berhubungan dengan Korea Selatan, dan motivasi yang terakhir adalah karena mereka sangat menyukai fashion Korea Selatan. Itulah beberapa hal yang memicu timbulnya perilaku mengimitasi fashion Korea Selatan pada remaja Indonesia khususnya dikota Semarang.

(10)

x ABSTRACT

South Korea is a country famous for the K-wave phenomenon, namely food, music, fashion, culture and etc. South Korea also has a very good television industry one of them is drama and variety show are very popular with many people in the world. Not only that, the fashion industry can be compare too with the fashion industry owned by other countries. Then at this time Indonesia felt the impact of the phenomenon that is with the emergence of a phenomenon that shows that most teenagers Indonesia more loved the culture and even fashion style of South Korea. This research was designed to find out what are the motivations of Indonesian teenagers especially in the city of Semarang in performing the behavior of imitating the South Korean fashion. This research uses qualitative research method and using approach method of phenomenology or paradigm of Max Scheler. The results of this research indicate that there are various motivations in performing behavior of imitating the South Korean fashion. The motivations that have been found are South Korean fashion is very interesting and unique, because they want to form an identity related to Korea, and the last motivation is they really like South Korean fashion. These are some of the things that trigger the emergence of South Korean fashion imitating behavior in Indonesian teenagers, especially in the city of Semarang.

Referensi

Dokumen terkait

Nilai pada indikator pertama menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara manajer dan staf dalam hal mengenai peran merencanakan dan mereko- mendasikan tindakan

11 Program Jenis Penutup Atap Pada Proyek Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ketrampilan Bagi Disabilitas ... 12 Program Sistem Utilitas Pada Proyek Pusat Pendidikan dan

Adapun hukum talak melalui short message service (SMS) dalam perspektif hukum Islam menurut ulama yang membolehkan adalah harus memenuhi unsur-unsur; ketegasan niat,

rotasi maupun lendutan pada balok terjadi bukan disebabkan oleh momen pada titik tersebut, namun disebabkan oleh beban luar yang bekerja pada bentangan balok.. • Supaya

Atas Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2012 tentang.. Penyelenggaraan Pengadaan Tanah bagi

Apabila ada beberapa batang yang bertemu pada satu titik kumpul, dan batang – batang tersebut memiliki tumpuan jepit di ujung lainnya, maka dengan menggunakan prinsip

[r]

Collaborative Learning :  Bekerjasama dengan anggota kelompoknya dalam mengerjakan tugas mengenai Kontrak Konstruksi dan Organisasi Proyek Highrise/comercial