• Tidak ada hasil yang ditemukan

Seni Budaya Musik Rock by Pangestu Chaesar

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "Seni Budaya Musik Rock by Pangestu Chaesar"

Copied!
17
0
0

Teks penuh

(1)

Oleh :

Ketua:ihramsyah

Anggota:a.adinda trisura

Miftahul jannah

Bayu merdeka putra

Muhammad.fikri

Muhammad khaerullah

Aldi m

(2)

TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Seni budaya musik rock

1. MUSIK ROCK (SENI MUSIK)

2. PENGERTIAN MUSIK ROCK Musik rock atau musik cadas adalahgenre musik populer yangmulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50an.Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya,musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya,termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.Bunyi khas dari musik rock sering berkisar sekitar gitar listrik ataugitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentarapada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan kiborseperti organ, piano atau sejak 70-an, synthesizer Disamping gitaratau kibor, saksofon dan harmonika bergaya blues kadangdigunakan sebagai instrumen musik solo. Dalam bentukmurninya, musik rock "mempunyai tiga chords, bakcbeat yangkonsisten dan mencolok dan melody yang menarik".

3. PERKEMBANGAN MUSIK ROCK Pada akhir tahun 60-an dan awal 70-an, musk rockberkembang menjadi beberapa jenis. Yang bercampurdengan musik folk (musik daerah di amerika) menjadi folkrock, dengana blues menjadi blues-rock dan dengan jazz,menjadi jazz-blues-rock fusion. Pada tahun 70an, rockmenggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik latin.Juga di tahun 70an, rock berkembang menjadi berbagaisubgenre (sub-kategori) seperti soft rock, glam rock, heavymetal, hard rock, progressive rock, dan punk rock. Subkategori rock yang mencuat ditahun 80an termasuk NewWave, hardcore punk dan alternative rock. Pada tahun 90anterdapat grunge, Britpop, indie rock dan nu metal.

4. MACAM – MACAM ALIRAN MUSIK ROCK DAN DARI TAHUN KETAHUN YAITU

1.Tahun 1980-an - Alternative rock - Glam metal - Speed metal - Avant-garde metal 2.Extreme metal /Underground metal - Thrash metal - Death metal - Black metal - Grindcore - Gothic metal - Doom metal - Industrial metal 3.Tahun 1990-an - Grunge - Britpop - Indie rock

4.Ragam hibrid - Rap rock - Pop punk - Post-grunge - Nu metal

1. Emo Tahun2000-an Emo (pengucapan / i mo /, singkatan untukˈ ˈ ʊ emotional music) adalah gaya musik rock dengan ciri khas musik yang melodius, disertai lirik yang ekspresif dan berisi pengakuan

(3)

5. CIRI – CIRI MUSIK ROCK

1. Merupakan gerakan anti-kemapanan dalam bermusik (contoh : gerakan hippies dengan psychedelic rocknya, gerakan skinhead dengan musik punk) 2. Setiap generasinya melahirkan inovasi- inovasi dalam bermusik(contoh : simfoni mellotron dan synthesizer pada musik prog, permainan shredding pada neo- classical speed metal)

3. Tidak melulu bicara soalcinta, bahkan pada musik metal- metal ekstrim, "haram" hukumnya membicarakan cinta (contoh : Metallica pada sepanjang karirnya tidak pernah membuat lagu cinta, grup alternatif/indie sepertiSheila on 7 banyak membawakan tema-tema masa muda dan persahabatan)

4. Menggunakan pendekatan hiperbola (berkesan berlebihan) pada ekspresi musik dan vokal, yang biasanya dijauhi pada musik-musik yang terlalu nge-pop (contoh : solo gitar yang panjang, hentakan drum yang keras dan cepat, vokal yang tegas, lirik yang puitis atau kasar, cabikan bass yang tegas, suara keyboard/synthesizer yang dominan serta mencerminkan atmosfertertentu, distorsi gitar yang konstan atau dominan)

5. Ekspresi musik pelakunya jujur, independen, dan tidak peduli dengan khalayak, bahkan merekalah yangmengontrol kemauan fans, jadi bukan disetir oleh publik, apalagi major label.

6. Secara aransemen musik, musik rockmayoritas memang bentuk turunan dari rock androll. Iramanya cepat dantegas, dengan vokal yang keras.

6.CONTOH MUSIK ROCK

1.Secara umum, musik rok berpusat pada gitar listrik, yang terbentuk sebagai bentuk modern pada 1950an dengan adanya kepopuleran rock and roll. Instrumen ini biasanya didukung oleh gitar bass yang menjadi pionir pada musik jazz di waktu yang sama, dan suara perkusi yang dihasilkan dari drum kit yang menggabungkan drum dengan simbal. Ketiga instrumen ini biasanya juga menggunakan instrumen yang lainnya khususnya kibor seperti piano, organ, synthesizer. Sekelompok musisi yang memainkan musik rok dinamakan band rock atau grup rock dan biasanya terdiri antara 2 sampai 5 orang. Umumnya, sebuah band rock berbentuk kuartet yang masing-masing anggotanya memegang satu atau beberapa peranan, yaitu vokalis, gitaris utama, gitaris

(4)

ritme, gitaris bass, drummer dan kadang-kadang juga berisi pemain kibor atau pemain musik lainnya.

2.Umumnya, musik rok menggunakan ritem yang sederhana dengan tanda birama 4/4, dengan memukul snar drum dua atau empat kali berulang-ulang. Dari segi melodi biasanya menggunakan bentuk nada yang lebih tua, seperti dorian, mixolydan, juga nada mayor dan minor. Harmoninya berasal dari yang umum seperti triad ke yang paralel fourths dan fifths dan perubahan yang harmonis. Lagu rock pada pertengahan 1960an biasanya menggunakan struktur verse-chorus yang didatangkan dari musik blues dan folk, namun ada beberapa variasi pada bentuk ini. Para kritikus dibuat bingung dengan eklektisme dan perbedaan musik rok. Karena mempunyai sejarah yang kompleks dan membawa unsur dari bentuk musik dan kebudayaan lain, ini telah dikatakan bahwa “ini mustahil untuk mendefinisikan musik rok”.Tidak seperti gaya yang sebelumnya pada musik populer, lirik pada musik rok mempunyai tema yang luas daripada hanya tema cinta seperti: sex, perlawanan terhadap pemerintah, serta keadaan sosial dan gaya hidup. Tema ini diambil dari beberapa sumber seperti tradisi pop Tin Pan Alley, musik folk dan rhythym and blues. Jurnalis musik Robert Christgau mengkarakteristikan lirik musik rok sebagai “keren tingkat menengah” dengan kalimat yang sederhana dan refrain yang diulang-ulang, dan memang benar bahwa “fungsi” utama musik rok adalah untuk musik, atau, lebih banyak umumnya kebisingan. Dengan didominasi oleh kaum kulit putih, pria dan musisi kelas menengah pada musik rok sudah menjadi umum dan musik rok sering menyatukan unsur musik orang kulit hitam untuk yang muda, putih dan sebagian besar penontonnya laki-laki. Hasilnya telah terlihat dengan adanya penggabungan kedua gaya serta liriknya.Sejak istilah rock mulai digunakan untuk preferensi pada rock and roll dari pertengahan 1960an, biasanya sering dikaitkan dengan musik pop, dengan banyaknya karakteristik yang sama, namun dari sini biasanya terdapat jarak dengan musisianship, pertunjukkan langsung dan fokus dengan tema serius dan progresif sebagai bagian keyakinan autentik yang sering digabungkan dengan kewaspadaan sejarah genre ini dan perkembangannya. Dikutip dari Simon Frith “rock adalah sesuatu yang lebih daripada pop, sesuatu yang lebih daripada rock and roll. Musisi rock menggabungkan kemampuan dan teknik dengan konsep seni yang romantis sebagai ekspresi artistik dan orisinal”. Pada milenium baru istilah rock kadang-kadang digunakan sebagai “blanket term” termasuk bentuk musik seperti musik pop, musik reggae, musik soul, dan bahkan hip hop, di mana musik ini telah dipengaruhi rock namun banyak berkontras terhadap sejarahnya.

(5)

7.Asal-usul (1950an – awal 1960an) 1.Rock and roll

Dasar dari musik rok adalah rock and roll, yang berasal dari Amerika Serikat selama akhir 1940an dan awal 1950an, dan dengan cepat menyebar ke penjuru dunia. Genre ini berasal dari musik kulit hitam yang beragam pada waktu itu, termasuk rhythym and blues dan musik rohani, dengan country and western.[2] Pada tahun 1951, DJ asal Cleveland, Ohio Alan Freed mulai memainkan musik rhythym and blues untuk para penonton multi-ras, dan disebut sebagai yang pertama menggunakan frase “rock and roll” untuk menjelaskan musik ini.Elvis Presley pada sesi pemotretan promosional untuk film Jailhouse Rock pada tahun 1957.Banyak perdebatan mengenai rekaman yang dikenal sebagai rekaman pertama rock and roll. Yaitu lagu dari Goree Carter berjudul “Rock Awhile” (1949);[4] Jimmy Preston “Rock the Joint” (1949), yang selanjutnya lagu ini dicover oleh Bill Haley & His Comets pada tahun 1952;[5] dan “Rocket 88” oleh Jackie Brenston and his Delta Cats (faktanya bernama, Ike Turner dan bandnya The Kings of Rhythym), direkam oleh Sam Phillips untuk Sun Records pada tahun 1951.[6] Empat tahun kemudian, lagu dari Bill Haley “Rock Around the Clock” (1955) menjadi lagu rock and roll pertama yang menduduki puncak tangga lagu majalah Billboard dengan penjualan utama dan grafik penyiaran, serta membuka pintu ke selutuh dunia untuk gelombang baru kebudayaan populer ini..[7].Banyak juga yang menyatakan bahwa lagu “That’s All Right (Mama)” (1954), singel pertama Elvis Presley untuk Sun Records di Memphis sebagai rekaman rock and roll pertama,[8] namun di waktu yang sama, lagu dari Big Joe Turner “Shake, Rattle & Roll”, yang kemudian dicover oleh Haley, pernah menduduki tangga lagu Billboard R&B charts. Artis lain dengan awal hits rock and roll termasuk Chuck Berry, Bo Diddley, Fats Dominoo, Little Richard, Jerry Lee Lewis, dan Gene Vincent.[6] Rock and roll segera menjadi kekuatan penjualan rekaman yang besar di Amerika, seperti Eddie Fisher, Perry Como, dan Patti Page, yang pernah mendominasi tangga lagu pada dekade sebelumnya, ketika mengakses tangga lagu pop menurun secara signifikan. [9]Rock and roll sering dilihat sebagai pemimpin untuk beberapa sub-genre, termasuk rockabilly, menggabungkan unsur rock and roll dengan musik country

(6)

“hillbilly”, di mana biasanya dimainkan dan direkam pada pertengahan 1950an oleh penyanyi kulit putih seperti Carl Perkins, Jerry Lee Lewis, Buddy Holly dan dengan sukses komersial yang terbaik, Elvis Presley.[10] Sebaliknya doo wop menempatkan vokal harmoni berganda dan backing lirik yang tidak mempunyai arti apa-apa (dari sinilah nama genre ini berasal), yang umumnya diisi dengan instrumentasi yang ringan berasal dari grup vokal Afrika-Amerika pada 1930an dan 1940an.[11] Artis seperti The Crows, The Penguins, The El Dorados, dan The Turbans semuanya mencetak hits, dan grup seperti The Platters, dengan lagu “The Great Pretender” (1955), dan The Coasters dengan lagu humoris seperti “Yakety Yak” (1958), diberi peringkat sebagai artis rock and roll yang paling sukses pada waktu itu.[12]Era ini juga melihat pertumbuhan popularitas gitar listrik, dan perkembangan yang spesifik terhadap gaya bermain rock and roll melalui artis seperti Chuck Berry, Link Wray, dan Scotty Moore.[13] Penggunaan efek distorsi, dikembangkan oleh gitaris electric blues seperti Guitar Slim,[14] Willie Johnson dan Pat Hare pada awal 1950an,[15] dan dipopulerkan oleh Chuck Berry pada pertengahan 1950an.[16] Penggunaan power chord, dikembangkan oleh Willie Johnson dan Pat Hare pada awal 1950an,[15] dan dipopulerkan oleh Link Wray pada akhir 1950an.[17]Di Britania Raya, gerakan trad jazz dan folk membawa pengaruh musik blues ke Inggris.[18] Hit oleh Lonnie Donegan “Rock Island Line” pada tahun 1955 membawa pengaruh yang besar dan membantu untuk mengembangkan tren grup musik skiffle ke seluruh negeri, banyak dari mereka contohnya band John Lennon The Quarrymen, berpindah genre ke rock and roll.[19]Para komentator menyatakan berakhirnya era rock and roll pada akhir 1950an dan awal 1960an. Dengan meninggalnya Buddy Holly , The Big Booper dan Richie Valens pada kecelakaan pesawat tahun 1959, kepergian Elvis untuk menjadi tentara, Little Richard beralih profesi menjadi pendeta, Jerry Lee Lewis dan Chuck Berry diprosekusi dan membongkar skandal payola (di mana melibatkan publik figur, yaitu Alan Freed, dengan melakukan penyuapan dan korupsi pada saat mempromosikan seorang artis atau sebuah lagu), hal ini memberikan rasa bahwa era rock and roll yang dibangun sampai titik atas mulai berakhir.[6]

8.Tahun peralihan

Periode pada akhir 1950an dan awal 1960an, antara akhir periode ini yang penuh dengan inovasi dan menjadi terkenal di AS dengan sebutan “Invasi Britania”, secara tradisi telah dilihat sebagai era kebangkitan rock and roll. Baru-baru ini beberapa

(7)

autor telah mengembangkan tren dan inovasi yang penting pada periode ini. Tanpa periode ini, perkembangan mendatang tidak mungkin terjadi.[20][21] Disaat awal rock and roll, umumnya

melalui rockabilly, sukses secara komersial untuk pria dan artis kulit putih, namun pada era ini didominasi oleh orang kulit hitam dan artis perempuan. Rock and roll tidak hilang begitu saja pada akhir 1950an, ini terlihat dari energi yang masih terlihat pada tarian menggila Twist pada awal 60an, dan ini sangat menguntungkan karier Chuby Checker.[21] Sempat

meredup pada akhir 1950an, doo wop kembali muncul pada periode ini, dengan hits oleh artis yaitu The Marcels, The Capris, Maurice Williams and Shep and the Limelights.[12]

Banyaknya kemunculan girl band seperti The Chantels, The

Shirelles dan The Crystals menempatkan harmoni dan produksi

yang matang yang sangat kontras dengan rock and roll awal.[22]

Beberapa hits dari grup perempuan yang paling signifikan adalah produk dari Brill Building Sound, dinamakan sebagai nama blok di New York di mana banyak penulis lagu berasal, termasuk hits nomor 1 untuk The Shirelles “Will You Love Me

Tommorrow” pada 1960, diciptakan oleh pasangan Gerry Goffin

dan Carole King.[23] Cliff Richard memiliki hit pertama British rock

and roll berjudul “Move It” menggunakan suara ala British rock

dengan efektif.[24] Pada awal 1960an backing grupnya The

Shadows adalah grup yang paling sukses dengan rekaman

instrumental.[25] Disaat rock and roll menghilang menjadi pop

lembut dan balada, grup rock Inggris di klub lokal, sangat terpengaruh oleh pionir bles rock seperti Alexis Korner, yang mulai bermain dengan intensitas.[26]Serta perkembangan musik

soul yang signifikan sebagai kekuatan besar secara komersial. Dikembangkan dari rhythym adn blues dengan campuran musik rohani dan pop, dipimpin oleh para pionir seperti Ray

Charles dan Sam Cooke pada pertengahan 1950an, serta pada

awal 60an figur seperti Marvin Gaye, James Brown, Aretha

Franklin, Curtis Mayfield dan Stevie Wonder yang mendominasi

tangga lagu R&B dan mendongkrak tangga lagu pop, membantu mempercepat penghilangan status segregasi mereka, di mana Motown dan Stax/Volt Records menjadi

(8)

kekuatan yang besar pada bidang perusahaan rekaman.[27]

Semua elemen ini, seperti close harmony pada doo wop dan grup perempuan, secara perlahan membuat penulisan lagu pada Brill Building Sound dan nilai produksi musik soul, telah dilihat sebagai pengaruh kepada suara ala Meseybeat, lebih tepatnya awal musik The Beatles, dan melalui mereka membentuk musik sesudahnya.[28] Beberapa sejarawan musik

mengatakan pada periode ini sangat penting untuk perkembangan rock and roll yang inovatif, seperti suara yang diproses secara elektronik oleh beberapa inovator seperti Joe Meek, dan metode produksi Wall of Sound yang dikembangkan oleh Phil Spector.[21]

Invasi Britania

The Beatles tiba di New York pada bulan Januari 1964 pada permulaan dari Invasi Britania.Pada akhir 1962, apa yang menjadi suasana British rock dimulai dengan grup beat seperti The Beatles, Gerry & The Pacemakers dan The Searchers dari Liverpool dan Freddie and the Dreamers, Herman’s Hermits dan

The Hollies dari Manchester. Mereka menggambarkan pengaruh

yang luas terhadap musik Amerika termasuk soul, rhythym and blues, dan musik surf,[34] umumnya menginterpretasikan nada

(9)

standar Amerika dan bermain untuk para penari. Band seperti

The Animals dari Newcastle dan Them dari Belfast,[35] dan dari

London seperti The Rolling Stones dan The Yardbirds, yang langsung terpengaruh dari rhythym and blues dan musik blues sesudahnya.[36] Segera grup-grup ini membuat karya mereka

sendiri, mengabungkan bentuk musik AS dengan beat yang berenergi. Band beat tergantung pada “melodi yang pelan”, sedangkan awal British rhthym and blues artis menggunakan tema yang sedikit seksual, lagu yang lebih agresif, seringkali mengadopsi tema anti-pemerintah. Namun pada awalnya, kedua unsur bergabung menjadi satu.[37] Pada 1963, dipimpin

oleh The Beatles, grup beat memulai untuk mendapat sukses nasional di Inggris, segera diikuti para artis yang berfokus dengan rhythym and blues.[38]

Pada tahun 1964, The Beatles mendrongkrak popularitas umum di Amerika Serikat. Lagu “I Want to Hold You Hand” adalah hits nomor 1 pertama mereka pada Billboard Hot 100 menghabiskan waktu 7 minggu di puncak tangga lagu dan total 15 minggu pada pada tangga lagu.[39][40] Penampilan

pertama mereka pada The Ed Sullivan Show tanggal 9 Februari, diperkirakan ditonton oleh 73 juta orang (pada waktu itu hal ini adalah rekor untuk program televisi Amerika) sering disebut kejadian yang penting pada budaya Amerika. The Beatles menjadi band rock yang terbesar dalam penjualan karyanya sepanjang masa dan mereka diikuti pada tangga musik AS oleh band Inggris ternama.[37] Selama dua tahun selanjutnya, artis

Inggris mendominasi tangga lagu AS dengan Peter and Gordon, The Animals, Manfred Mann, Petula Clark, Freddie and the

Dreamers, Wayne Fontana and the Mindbenders, Herman’s

Hermits, The Rolling Stones, The Troggs, dan Donovan

semuanya mempunyai satu atau lebih single nomor 1.[39] Other

major acts that were part of the invasion included The Kinks

and The Dave Clark Five.[41][42]Invasi Britania membantu

produksi rock and roll secara internasional, membuka pintu terutama untuk musisi Inggris (dan Irlandia) mendapat sukses internasional. Di Amerika hal ini menyebabkan berakhirnya era

(10)

musik surf instrumental, grup vokal perempuan dan (pada waktu itu) idola remaja, yang pernah mendominasi tangga lagu di Amerika pada akhir 1950an dan 60an.[43] Serta menurunkan

pamor artis R&B seperti Fats Domino dan Chubby Checker dan bahkan menurunkan sukses tangga musik kepada artis rock and roll yang masih bertahan, contohnya Elvis.[44] Invasi

Britania juga berperan untuk menambah genre pada musik rok, banyaknya bermunculan grup rock, berdasarkan gitar dan drum dan menghasilkan hasil karya sendiri untuk mereka sebagai

penyanyi-penulis lagu.[11]

rekaman The Byrds dari Dylan" Mr. Tambourine Man " yang menduduki puncak tangga lagu pada 10.Garage rock

Artikel utama untuk bagian ini adalah: Garage rock.Garage rock adalah bentuk amatir dari musik rok, terutama berkambang di Amerika Utara pada pertengahan 1960an dan disebut seperti itu karena biasanya dimainkan pada garasi rumah penduduk. Lagu pada garage rock berkisah antara trauma terhadap kehidupan SMA, dengan lagu tentang “perempuan yang melayang” umumnya digunakan. Lirik dan cara bermainnya lebih agresif dari musik umumnya pada waktu itu, sering menggunakan vokal teriakan yang perlahan-lahan menjadi menjerit. Musik ini bervariasi dari hanya satu jenis chord (contohnya The Seeds) sampai mendekati kualitas musisi studio (seperti The Knickerbocker, The Remains, dan The Fifth

Estate). Genre ini juga memiliki variasi regional pada berbagai

negara dengan yang suasana yang utama di California dan Texas.Genre ini sudah dikembangkan dari band lokal sebelumnya pada 1958. “Tall Cool one” (1959) oleh The Wailers

dan “Louie, Louie” oleh The Kingsmen (1963) adalah contoh yang umum pada genre i

(11)

Rock and roll

Untuk kegunaan lain dari Rock and roll, lihat Rock and roll

(disambiguasi).

Rock and Roll

Sumber aliran

gospel

musik tradisional

blues (terutama jump

blues)

swing

musik country

boogie-woogie rhythm and blues

Sumber kebudayaan Amerika Serikat sepanjang tahun 1950-an Alat musik yang biasa digunakan

gitar listrik, bass

akustik dan

selanjutnya gitar bass,

drum, piano, saksofon

(kadang-kadang) Popularitas

arus utama

salah satu genre musik dari tahun

1950-an hingga

sekarang Bentuk

turunan

rock, rockabilly, soft rock, pop

(12)

Periode awal rock and roll Amerika Utara (1953-1963)

Rock and roll muncul di saat ketegangan rasial di Amerika Serikat timbul ke permukaan. Orang Afrika-Amerika mulai memprotes segregasi rasial di sekolah dan fasilitas umum. Pada waktu itu, rock and roll yang memadukan unsur musik orang kulit putih dan unsur musik Afrika-Amerika juga tidak luput dari kecaman. Pada tahun 1954, Mahkamah Agung AS menolak doktrin separate but equal (terpisah tetapi sejajar) dan sejak itu dimulailah perjuangan persamaan hak orang kulit berwarna di Amerika Serikat.

Louis Jordan and His Tympany Five menyebut istilah "rock and roll" dalam versi lagu "Tamburitza Boogie" yang direkam 18 Agustus 1950 di kota New York. Sebelum Louis Jordan, pemusik lain juga sudah menggunakan istilah "rock and roll" pada rekaman mereka, misalnya "Rock and Roll Blues" yang direkam Erline Harris. Pada tahun 1948, Wild Bill Moore sudah merekam lagu berjudul "Rock And Roll", begitu pula Paul Bascomb yang menggunakan judul yang sama pada tahun 1947 untuk materi lagu berbeda. Pada tahun 1922, Trixie Smith bahkan sudah menulis lagu berjudul "My Man Rocks Me with One Steady Roll." Pada tahun 1916, kata "rock and roll" sudah disebut-sebut dalam lagu "The Camp Meeting Jubilee" yang direkam artis-artis yang bernaung di bawah label rekaman Little Wonder. Lirik lagu yang dinyanyikan para penyanyi tersebut berbunyi, "We've been rocking and rolling in your arms, in the arms of Moses".Seorang DJ bernama Alan Freed (alias Moondog) mengadakan konser rock and roll yang pertama pada 21 Maret 1952 di Cleveland. Konser yang diberi nama "The Moondog Coronation Ball" dihadiri penonton dan pemusik tanpa mengenal perbedaan warna kulit. Konser terpaksa dibubarkan setelah baru satu lagu dibawakan di atas panggung karena situasi tidak terkendali. Ribuan penggemar berusaha mendesak masuk ke arena yang tiketnya sudah terjual habis. Konser ini membuka mata industri rekaman akan adanya minat orang kulit putih terhadap musik orang kulit hitam, dan minat ini tidak terbatas pada genre musik rhythm and blues saja. Rintangan ras dan prasangka yang masih kuat di AS ternyata tidak mampu mengatasi kekuatan ekonomi pasar. Rock and roll sukses besar di Amerika Serikat, gelombangnya terbawa Lautan Atlantik hingga ke Inggris dan melahirkan gerakan musik British Invasion pada tahun 1964.Sejak dilahirkan pada awal dekade 1950-an hingga awal tahun 1960-an, musik rock and roll ikut melahirkan dansa gaya baru. Anak-anak muda merasakan ritme backbeat rock and roll yang tidak monoton sangat cocok untuk menghidupkan kembali dansa gaya jitterbug yang sempat populer di era big

(13)

band. Demam pesta dansa rumahan dan dansa sock-hops di ruangan senam melanda remaja Amerika. Anak belasan tahun dengan setia mengikuti acara musik American Bandstand yang dibawakan Dick Clark di televisi agar bisa mengikuti gerakan dansa dan gaya busana paling mutakhir. Sejak pertengahan tahun 1960-an, istilah "rock and roll" menjadi cukup disebut "rock". Sejak itu pula secara berturut-turut muncul berbagai genre dansa, mulai dari twist, funk, disco, hingga house dan techno.

14.Rockabilly

Artikel utama untuk bagian ini adalah: Rockabilly

Pada tahun 1954, Elvis Presley merekam lagu hit "That's All Right (Mama)" di studio Sun milik Sam Phillips di Memphis. Elvis memadukan unsur-unsur musik rock dan country-western yang disebut rockabilly. Ciri khas rockabilly adalah gaya vokal seperti orang tersedak bernyanyi, betotan bas, dan permainan gitar bagaikan sedang kejang-kejang. Elvis adalah musisi rock pertama yang meraih status superstar.

Elvis Presley dalam "Jailhouse Rock" (1957)

Pada tahun berikutnya, Bill Haley & His Comets dengan lagu hit "Rock Around the Clock" bagaikan mempercepat tempo penyebarluasan musik rock and roll. Lagu ini menjadi salah satu lagu hit terbesar dalam sejarah musik. Anak-anak belasan tahun secara histeris menyerbu konser-konser Bill Haley and the Comets hingga terjadi kerusuhan di beberapa kota. Lagu "Rock Around the Clock" bahkan dijadikan lagu pembuka di film Blackboard Jungle yang menandai awal kerjasama saling menguntungkan antara dunia film dan musik rock and roll. Setelah film dirilis tahun 1955, rekaman "Rock Around the Clock" ikut laku keras, padahal penjualan lagu ini biasa-biasa saja ketika rekaman baru diedarkan pada tahun 1954.Lagu "Rock Around the Clock" merupakan lagu rock and roll pertama yang mencapai puncak tangga lagu di Amerika Serikat untuk beberapa minggu, sekaligus pembuka jalan bagi lagu-lagu lain bergenre rock and roll. Di negara-negara seperti Britania, Australia, dan Jerman, lagu ini mendapat sambutan luar biasa di kalangan anak-anak muda. Di Australia, perusahaan rekaman Festival Records mengedarkan singel "Rock Around the Clock" dan menjadi rekaman paling laku di Australia pada waktu itu. Pada tahun 1957, Jerry Lee Lewis dan Buddy Holly menjadi pemusik rock pertama yang melakukan tur ke Australia. Peristiwa ini menandai ekspansi

(14)

rock and roll sebagai fenomena global. Pada tahun yang sama, Bill Haley ikut melakukan tur ke Eropa dan memperkenalkan rock 'n' roll di benua Erop

15.Rekaman ulang

Sepanjang akhir tahun 1940-an dan awal 1950-an, dunia musik R&B diwarnai beat yang lebih kuat dan gaya yang lebih liar. Gaya bermusik seperti ini diwakili pemusik seperti Fats Domino dan Johnny Otis. Tempo dipercepat dan jumlah pukulan pada backbeat ditambah hingga akhirnya musik mereka menjadi populer di rumah minum yang disebut juke joint. Sebelum adanya Alan Freed dan DJ yang sealiran, musik orang kulit hitam masih tabu bagi stasiun radio orang kulit putih. Walaupun demikian, pemusik dan produser rekaman yang cerdas mulai menyadari potensi musik rock and roll sebagai lahan bisnis yang menguntungkan, dan berlomba-lomba mengeluarkan lagu orang kulit hitam yang dimainkan kulit putih. Di lain pihak, pemusik kulit putih menjadi jatuh cinta pada jenis musik ini dan sedapat mungkin memainkannya dalam setiap kesempatan. Lagu-lagu hit di periode awal Elvis, seperti "That's All Right", "Baby, Let's Play House", "Lawdy Miss Clawdy", dan "Hound Dog" adalah lagu-lagu yang pernah dibawakan orang berkulit hitam.Pada masa itu, pemusik berkulit putih beramai-ramai merekam ulang lagu-lagu yang pernah dibawakan musisi berkulit hitam. Peluang melakukan rekaman ulang (cover version) terbuka lebar dengan adanya pasal tambahan Wajib Lisensi (compulsory license) dalam Undang-undang Hak Cipta Amerika Serikat. Menurut ketentuan yang terus berlaku hingga sekarang, rekaman yang pernah dibawakan orang lain boleh direkam ulang dan dijual bila memenuhi syarat-syarat tertulis. Salah seorang pemusik dengan rekaman ulang yang sukses adalah Wynonie Harris dengan "Good Rocking Tonight". Lagu ini sebelumnya pernah dibawakan Roy Brown dengan gaya jump blues, tetapi diubah menjadi gaya rock. Pada saat bersamaan, penyanyi pop berkulit putih juga ikut-ikutan membawakan lagu-lagu R&B milik penyanyi berkulit hitam. Sebaliknya, penyanyi kulit hitam juga merekam ulang lagu milik penyanyi kulit putih. Wynonie Harris membawakan lagu penyanyi kulit putih, Louis Prima berjudul "Oh Babe" pada tahun 1950. Amos Milburn ikut membawakan "Birmingham

(15)

Bounce" dari Hardrock Gunter yang disebut-sebut sebagai salah satu rekaman rock and roll pertama dari artis berkulit putih.Pemusik kulit hitam turut diuntungkan dengan pemusik kulit putih yang memainkan lagu-lagu mereka. Lagu-lagu dari pemusik kulit hitam menjadi terkenal, walaupun ada juga pihak yang bersuara sumbang akibat berkurangnya pendapatan atau mempermasalahkan keaslian lagu-lagu terseb

16.Idola remaja

Buddy Holly, Ritchie Valens, dan the Big Bopper (J.P. Richardson) adalah perintis bintang rock and roll idola remaja yang terus dikenang hingga kini. Ketiganya tewas pada dini hari

3 Februari 1959 dalam kecelakaan pesawat yang sedang

menerbangkan mereka ke Fargo, North Dakota. Pesawat Beechcraft Bonanza yang dicarter Buddy Holly mengalami kecelakaan sesaat setelah lepas landas dari Mason City, Iowa.

Kecelakaan ini terus dikenang orang setelah pada tahun 1971

diangkat Don McLean menjadi lagu ballad "American Pie". Begitu populernya lagu ini hingga 3 Februari dikenal sebagai "The Day the Music Died" ("Hari Matinya Musik"). Eddie Cochran ikut menyebut peristiwa ini dalam lagu "Three Stars" yang secara khusus menyebut Buddy Holly, the Big Bopper, dan Valens.Akhir dari era Buddy Holly, Ritchie Valens, dan The Big Bopper ditandai dengan kemunculan penyanyi dan grup musik idola yang disukai remaja, termasuk di antaranya: The Beatles, Paul Anka, Frankie Avalon, dan selanjutnya The Monkees.

17..Rock and roll Inggris

(16)

Kepopuleran genre trad jazz di Britania Raya dan Australia membawa serta pemusik blues ke Britania. Pada tahun 1955, Lonnie Donegan membawakan lagu "Rock Island Line" dalam irama musik skiffle, yakni sejenis musik folk yang dipengaruhi jazz dan blues. Pemusik muda usia banyak yang tertarik dengan musik skiffle, termasuk John Lennon dan Paul McCartney. Keduanya membentuk grup musik skiffle bernama The Quarrymen pada bulan Maret 1957. Kelompok The Quarrymen selanjutnya secara bertahap berkembang menjadi The Beatles. Sebagai tandingan bagi rock and roll Amerika, musisi Inggris menciptakan musik rock and roll gaya Inggris yang selanjutnya terkenal sebagai gerakan musik British Invasion, dan Britania Raya menjadi pusat rock and roll yang baru.Pada tahun 1958, empat remaja Inggris menjadi terkenal sebagai Cliff Richard dan the Drifters (selanjutnya berganti nama sebagai Cliff Richard and the Shadows). Grup ini mencetak hit "Move It" yang dicatat dalam sejarah sebagai singel rock 'n' roll asli Inggris yang pertama, sekaligus melahirkan genre musik baru Rock Britania (British rock). Cliff Richard memperkenalkan beberapa perubahan besar, seperti penggunaan gitar bas listrik, dan gitaris lead yang pertama (posisi gitaris diisi seorang virtuoso, Hank Marvin).Panggung musik rock and roll Inggris berkembang dengan kehadiran Tommy Steele, Adam Faith, dan Billy Fury yang berlomba-lomba meniru bintang asal Amerika. Sebagian dari mereka menjadi populer di atas panggung berkat meniru Gene Vincent serta bintang rock and roll Amerika yang lain. Kepopuleran mereka membuat remaja Inggris rajin mengikuti perkembangan musik yang berpuncak pada Beatlemania.

Di awal dekade 1960-an, musik dansa yang dibawakan secara instrumental turut populer di Inggris. Beberapa lagu yang terkenal waktu itu misalnya: "Apache" dari The Shadows, dan "Telstar" dari The Tornados.

Sebagian besar grup musik rock yang berpengaruh dan terkenal di dunia berasal dari Britania Raya, misalnya Black Sabbath, Led Zeppelin, The Rolling Stones, The Who, Pink Floyd, dan Queen.

18.Dampak sosial

Artikel utama untuk bagian ini adalah: Dampak sosial rock and roll

(17)

Kepopuleran rock and roll secara global menimbulkan dampak sosial yang tidak terpikirkan sebelumnya. Musik rock and roll bukan saja memengaruhi gaya bermusik, melainkan juga gaya hidup, busana, tingkah laku, dan bahasa

Referensi

Dokumen terkait

Figure 5 shows the plots of wave height to stroke ratio for flap type of wavemaker using the full linear theory, equation (10), compared to Galvin’s theory, equation (1), when d =

Topik topik yang akan dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: Pembelajaran komputer bagi anak usia dini; komputer sebagai sebuah sistem; sistem komputer; prosedur

Untuk melakukan analisis data peneliti terlebih dahulu dilakukan deskriptif frekuensi terhadap pelaksanaan KTSP dengan menggunakan SPSS 16, baik data tersebut di

Pada konteks Indonesia, pendidikan karakter kesadaran anti korupsi dapat dianggap sebagai strategi penting yang memungkinkan dijalankan secara integrative dengan pendidikan

The higher weight gain of ewes supplemented during the 50-day feeding period with barley grain or LS compared to control ewes would be expected due to the increased density of

Addy 157’s Blog ( 2009 ) Ibu hamil tentang metode Kanguru pada bayi prematur Perinasia.. Perawatan Metode kanguru bagi bayi berat

24,25 Lingkungan yang kering dapat mengurangi kadar air pada stratum corneum dan terjadi deskuamasi pada kulit normal yang menyebabkan permukaan kulit menjadi bersisik.. 25

Pemberdayaan masyarakat miskin merupakan salah satu jalan utama dalam mengurangi angka kemiskinan yang notabene terus bertambah seiring pertambahan penduduk dengan pertumbuhan