UNJ Pecahkan Rekor MURI 08Pengukuhan Guru 20 Besar Terbanyak

Teks penuh

(1)

UNJ Pecahkan Rekor MURI Pengukuhan Guru Besar Terbanyak

08 20

(2)
(3)

Prof. Dr. Komarudin, M.Si Rektor Universitas Negeri Jakarta lhamdulillah, telah terbit Kabar UNJ Edisi

Februari 2022 sebagai media komunikasi bagi sivitas akademika UNJ. Setelah sempat terhenti, akhirnya Kabar UNJ dapat kembali hadir di tengah-tengah para pembaca. Atas Nama Pimpinan UNJ, kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pihak yang telah berikhtiar untuk menghadirkan kembali Kabar UNJ di tengah- tengah kita.

Semoga melalui Kabar UNJ ini dapat menjadi media informasi kepada publik terkait kegiatan yang ada di UNJ. Setelah membaca Kabar UNJ ini, diharapkan dukungan dan rasa bangga pada UNJ semakin tinggi. Sehingga UNJ dapat terus Unggul, Berprestasi, dan menjadi Universitas bereputasi di kawasan Asia.

Ke depan, kami berharap UNJ semakin leading sebagai sebagai episentrum pendidikan nasional dan dunia. Untuk itu, salah satu langkah konkrit yang dapat kita lakukan ialah dengan melempengkan jalan UNJ menjadi PTNBH pada tahun 2022. Semoga.

Sekian dan terima kasih.

Selamat membaca.

A

Sambutan Rektor UnJ

(4)

Kata Pimpinan

1 SAMBUTAN REKTOR UNJ

Daftar Isi

2 KONTEN

Kolom Redaksi

3 SUSUNAN REDAKSI 3 SAPA REDAKSI

Berita Universitas

4 LP3 SELENGGARAKAN PELATIHAN PENULISAN NASKAH BERITA BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN UNJ 6 UNJ SELENGGARAKAN KOMPETISI

LITERASI DAN NUMERASI 2022 8 UNJ SELENGGARAKAN DISKUSI

KERJASAMA DENGAN DIASPORA PERANCIS DAN AMERIKA

10 LP3 UNJ SELENGGARAKAN SEMINAR DAN DISKUSI “GAMIFICATION DALAM PEMBELAJARAN”

12 UNJ JALIN KERJASAMA DENGAN PEMDA KABUPATEN SUBANG DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA 14 UNJ SOSIALISASI PENERIMAAN

MAHASISWA BARU 2022

16 KOMITMEN LP3 UNJ UNTUK MENYIARKAN CITRA POSITIF UNJ DISEGALA UNIT

Berita Fakultas

18 PASCASARJANA UNJ JALIN KERJASAMA DENGAN PEMDA WAKATOBI

Berita Mahasiswa

20 AUDIENSI JR. NBA ASIA COACHES ACADEMY DENGAN UNJ UNTUK PELATIHAN BOLA BASKET 22 REKTOR UNJ SAMPAIKAN TIGA

TANTANGAN KAMPUS PADA PELANTIKAN KETUA ORGANISASI KEMAHASISWAAN

UnJ dalam Berita

24 PEMBERITAAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA OLEH MEDIA MASSA

Berita Universitas

(5)

engan mengucap hamdalah serta puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Kabar UNJ edisi Februari 2022 telah terbit untuk memberikan informasi dan kabar terbaru seputar UNJ. Kabar UNJ juga memberikan informasi kegiatan yang telah berlangsung di Universitas Negeri Jakarta.

Kabar UNJ telah lama menjadi wadah informasi bagi UNJ, namun dengan menghadirkannya dalam bentuk digital merupakan suatu inovasi agar majalah ini dapat diakses siapapun yang membutuhkan informasi seputar UNJ. Kami menyadari bahwa masih ada kekurangan dalam pembuatan majalah ini, maka dari itu kami akan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik disetiap edisi yang akan datang setiap bulan.

Akhir kata dengan mengharap ridha Allah SWT, semoga Kabar UNJ akan tetap konsisten dalam menjadi media komunikasi bagi sivitas akademika Universitas Negeri Jakarta yang komunikatif dan inspiratif. Aamiin. Selamat menikmati Kabar UNJ.

D

Sapa Redaksi Susunan Redaksi

Pembina:

Prof. Dr. Komarudin, M.Si Penasihat:

Prof. Dr. Suyono, M.Si Dr. Agus Dudung, M.Pd

Dr. H. Abdul Sukur, S.Pd., M.Si Dr. Totok Bintoro, M.Pd

Penanggung Jawab:

Heryanti Utami, S.ST., MM. Par Pemimpin Redaksi:

Syaifudin, M. Kesos Wakil Pemimpin Redaksi:

Dr. Elisabeth Nugrahaeni Prananingrum, M.Si Drs. Iwan Barata, M.Pd

Redaktur Pelaksana:

Hendy Wijaya, S.Pd Penyunting:

Abdul Azis Fikri Penulis Berita:

Emas Arrum Nurdin Fotografer:

Okvan Resdianto Rustam Tata Letak:

Abby Faraz Airlangga Firman Adhy Nugroho Pewarta:

Duta UNJ Sekretariat:

Astutie Putri Indah Aulia Putri Darajat

Heryanti Utami, S.ST., MM.Par

Kepala Kantor Humas dan Informasi Publik

(6)

wartawan senior, penulis, pegiat program literasi, kolumnis dan juga Drs. Zulham, M.Si. selaku Dosen Jurnalistik dan komunikasi olahraga.

terdapat 5 materi yang akan disampaikan diantaranya, 1) Pengantar Jurnalistik, pemateri oleh Drs. Zulham, M.Si; 2) Memahami Siaran pers Sebagai Produk Jurnalistik Kontemporer, pemateri oleh Dr. Andi Mulya; 3) Teknik Menulis Siaran Pers dengan Pendekatan 5W1H, pemateri oleh Dr. Andi Mulya; 4) Kiat Sukses Siaran Pers Layak Muat di Media Massa, Pemateri oleh Dr.

Andi Mulya; 5) Membina Hubungan Baik dengan Media Massa (Media Relations), pemateri oleh Dr. Andi Mulya.

Dr. Nofi Marlina Siregar selaku ketua pelaksana dan juga sebagai Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi LP3 mengatakan dalam laporan acara, kegiatan yang semua dirancang untuk tatap muka, dikarenakan meningkatnya kasus Covid-19 di Jakarta maka kita alihkan menjadi tatap maya.

Semoga tidak mengurangi semangat rekan-rekan untuk menambah ilmu dan keterampilan dalam membuat naskah berita.

Kegiatan ini diikuti oleh 35 unit yang ada di UNJ, yang rencananya setiap unit mengirimkan embaga Pengembangan Pendidikan dan

Pembelajaran (LP3) UNJ mengadakan pelatihan penulisan berita untuk para tenaga kependidikan di lingkungan UNJ, acara yang digelar secara daring melalui Zoom live Streaming dan berlangsung selama dua hari yakni, 2 dan 3 Februari 2022.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor UNJ, dan juga dihadiri oleh Para Wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris LP3, Dekan FT dan para koordinator pusat lingkungan UNJ, dan Para Tenaga kependidikan di lingkungan UNJ.

Pelatihan penulisan berita yang berlangsung dalam 2 hari menghadirkan dua pemateri diantaranya, Dr. Andy Mulya yang merupakan

L

LP3 Selenggarakan

Pelatihan Penulisan

Naskah Berita

Bagi Tenaga

Kependidikan UNJ

(7)

satu perwakilan. Tetapi karena banyaknya permintaan yang ingin mengikuti jadi kita tambahkan dua perwakilan dari masing-masing unit untuk mengikuti kegiatan ini, dengan total 44 peserta yang terdaftar untuk mengikuti pelatihan penulisan naskah berita.

Tujuan kegiatan ini untuk menambah keterampilan dalam hal menulis naskah berita yang nantinya di setiap unit kerja memiliki SDM yang cakap dalam menulis berita. Sehingga kegiatan yang ada pada unit masing-masing dapat tersosialisasi dan dapat diakses oleh orang lain.

“Kami selaku dari LP3 melalui pengarahan dari Ketua Lembaga, ingin melakukan pelatihan ini sebagai Langkah awal untuk berkontribusi yang positif untuk kemajuan UNJ. Dan juga semoga rekan-rekan dapat mengikuti kegiatan ini dengan maksimal dan juga dalam pelaksanaannya kita mengadakan pre test dan juga post test” Ungkap Dr. Nofi Marlina Siregar.

Dalam kesempatan yang sama, Dr.

Muhammad Zid selaku Ketua LP3 UNJ menyampaikan bahwa kegiatan ini kami rasakan penting, semula ketika melaksanakan penyusunan program setahun yang lalu.

Dimulai dari Public Relation sampai dengan kini penulisan naskah berita.

Penting sekali manfaat membaca berita, tapi kita juga harus bisa menuliskan naskah berita tersebut. Agar kita dapat menyebarkan citra positif dan keberhasilan UNJ atas segala pencapaiannya dapat tersebar luaskan kepada para pembaca di luar UNJ.

“kami berharap peserta tidak hanya menuliskan berita ketika pelatihan saja, tetapi terus menulis secara berkelanjutan untuk mensosialisasikan unit kerja masing-masing.

Meski itu hanya berita cepat.” ucap Dr.

Muhammad Zid.

Ketika membuka acara, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ menyampaikan sangat mendukung penuh adanya pelatihan penulisan naskah berita ini. Karena demi membangun citra

positif dan juga untuk menyampaikan beberapa acara pada masing-masing unit. Bukan hanya itu Ketika saya menjadi mahasiswa dulu, ada diskusi yang mengatakan siapa yang menguasai informasi dia akan menguasai dunia. Saya ingat persis kata itu di dalam di diskusi-diskusi mahasiswa dahulu.

Sebagai Lembaga Pendidikan, bahwa makna informasi harus dikuasai itu adalah dalam rangka membesarkan institusi kita, apalagi kita sekarang ini webometric menjadi salah satu pemeringkatan. Artinya berita, dan informasi itu harus dikuasai kita. dalam arti kita harus membanjiri publik dengan berita-berita tentang kita, bagaimana UNJ berkiprah, berkinerja dan berprestasi, itu semua harus kita sebarkan kepada masyarakat agar mereka tahu bagaimana perkembangan UNJ. Itulah yang kami harapkan agar terjadi citra positif terhadap UNJ. dan membangun reputasi serta membentuk opini massa bagaimana tentang UNJ.

Lebih lanjut, setiap unit kerja apabila terdapat kegiatan berita wajib menuliskannya, dan menyampaikan berita tersebut kepada humas untuk dikemas dan di publish ke dalam website UNJ.

“Semoga kegiatan ini tidak selesai sampai di sini, semoga ada tindak lanjut dan menghasilkan portofolio yang nanti dapat diapresiasi siapa yang paling bagus dalam menuliskan naskah berita.”

Tutup Prof. Komarudin dalam sambutannya.

(8)

um’at 18 Februari 2022 telah berlangsung secara daring peluncuran Kompetisi Literasi

& Numerasi 2022 tingkat nasional. Acara peluncuran ini disiarkan melalui Youtube PesonaEdu dan Zoom. Acara peluncuran ini dihadiri oleh para pimpinan UNJ, Dosen UNJ, Para Guru dan masyarakat umum. Kompetisi Literasi dan Numerasi 2022 terselenggarakan berkat kerja sama Universitas Negeri Jakarta dengan PesonaEdu dan didukung oleh MGMP DKI Jakarta SMP, SMA, SMK dan Bakti BCA.

Kompetisi ini nantinya diselenggarakan secara daring berbasis Computer Based Test (CBT) dengan menggunakan platform PesonaEdu A-Class. Kompetisi ini terbuka untuk diikuti oleh siswa tingkat SD/MI dan SMP/MTs, SMA, dan SMK di seluruh Indonesia.

Soal yang digunakan ditulis secara khusus oleh tim penulis dari UNJ dan MGMP SMP, SMA, dan SMK DKI Jakarta. Sedangkan validasi soal dan penjurian dilakukan oleh para dosen dan pakar pendidikan UNJ.

Kompetisi ini dimulai dengan Babak Penyisihan 5--9 April 2022, Babak Semi Final 11- -18 April 2022, Babak Final 20--26 April 2022

J

Selenggarakan UNJ

Kompetisi

Literasi dan

Numerasi 2022

(9)

April dan pengumuman pemenang pada minggu kedua bulan Mei 2022. Serta Kompetisi ini akan memiliki 14 kategori.

Dalam sambutannya Dr. Teguh Trianung selaku Ketua Panitia mengatakan, ”kompetisi ini untuk berbagai jenjang dilaksanakan dalam rangka mendukung salah satu strategi utama merdeka belajar. Dengan demikian kompetisi ini merupakan upaya gotong royong tekad bulat bersama-sama UNJ, PesonaEdu, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk mendukung merdeka belajar dalam upaya untuk menghasilkan Pendidikan berkualitas.

Terdapat 5 tujuan diadakan kompetisi ini, yaitu:

1. Menyediakan wadah bagi peserta didik mengembangkan literasi dan numerasi sehingga peserta didik dapat berkreasi dan terampil memecahkan masalah dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya;

2. Memberikan motivasi peserta didik selalu meningkatkan semangat berkompetisi berprestasi dengan menjunjung tinggi nilai integritas dan sportivitas;

3. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran sehingga dapat mengembangkan literasi dan numerasi peserta didik;

4. Memotivasi institusi dan Lembaga Pendidikan serta pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pendidikan untuk menjadi tanggung jawabnya;

5. Menjadi alat ukur peserta didik di Indonesia dalam penguasaan bidang literasi dan numerasi sehingga mampu memetakan standar kemampuan peserta didik di Indonesia menyerupai AKM dan pisa dalam skala kecil.

Dr. Totok Bintoro selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNJ mengatakan bahwa “UNJ sebagai LPTK sangat bertanggung jawab pada mutu luaran, salah satunya kompetisi ini. UNJ mendukung penuh kompetisi literasi dan numerasi tingkat nasional 2022 yang merupakan ajang bagi para pelajar untuk menambah semangat belajar dan juga menjadi silaturahmi dalam rangka mengembangkan dan mempromosikan talenta-talenta terbaik para siswa di berbagai jenjang.”

“UNJ mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini, semoga ke depan kegiatan ini menguatkan peran UNJ kepada satuan Pendidikan khususnya literasi dan numerasi.

Hasil dari kompetisi ini akan di analisis oleh LP2M UNJ yang hasilnya nanti akan direkomendasikan kepada pihak-pihak terkait.” Tutup Dr. Totok Bintoro dalam sambutannya.

(10)

niversitas Negeri Jakarta (UNJ) mengawali Senin pagi ini dengan dua diskusi yaitu, diskusi program kerja sama antara Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan Diaspora Perancis dan juga diskusi rencana kerja sama dengan Diaspora Amerika Serikat.

Acara dilaksanakan secara Hibrid dan menerapkan protokol secara ketat. Untuk luring bertempat di ruang sidang Gedung M. Syafei lantai 8. Sedangkan untuk daring melalui zoom live streaming. Acara ini dihadiri oleh para Wakil Rektor, para Ketua Lembaga, para Dekan dan Direktur Pascasarjana, para Wakil Dekan dan

U

UNJ Selenggarakan Diskusi Kerjasama dengan Diaspora

Perancis dan Amerika

Direktur, Kepala Kantor Humas dan Urusan Internasional, Para Koorprodi di lingkungan UNJ, TIM MBKM, dan para staf pengembang di lingkungan rektorat.

Sementara itu untuk narasumber dihadiri oleh Ida Digon selaku Vice Director SMI- SME Export Diaspora Indonesia di France, Ira Damayanti selaku Founder & Chairwoman at Indonesia Diaspora SME Export Empowerment

& Development Diaspora Indonesia di Amerika, dan Tengku Irham selaku Wakil Ketua Umum Asosiasi Business Development Service Indonesia/Asosiasi pendamping UMKM (ABDSI).

(11)

Acara dibuka lewat sambutan Dr. Totok Bintoro yang menggantikan Rektor UNJ karena di saat yang sama ada acara yang berbarengan, ia mengatakan “terima kasih kepada narasumber yang bersedia hadir untuk membantu kami dalam mewujudkan visi kami.” Ucap Dr. Totok Bintoro.

Saat ini Fakultas Ilmu Sosial (FIS) sedang mengembangkan desa binaan di desa Cisaat, Subang, Jawa Barat. Beberapa waktu lalu secara daring kami sudah diskusi dengan bu Ida dan bu Ira, salah satu program yang sudah siap dan dapat disosialisasikan adalah melalui diaspora Indonesia program homestay, di mana wisatawan dan pelajar mancanegara dapat berkunjung ke sana selain menikmati keindahan desa bisa juga menjalani kehidupan sementara di sana bersama masyarakat desa Cisaat.

Selanjutnya, bu Ira memaparkan, kami di sini turut hadir dalam mengembangkan Indonesia untuk go to internasional, semisal dengan membantu UMKM untuk lebih berani menjajah ke internasional dan dengan kehadiran kita sebagai diaspora membantu UMKM agar terkenal di pasar luar negeri.

“kami perlu juga bapak ibu disini selaku akademisi, dalam membantu mengedukasi UMKM. Bagaimana mereka berjualan, memahami daya saing dan memiliki elite value di setiap produk. Untuk itulah kita bergandeng tangan saling membantu dan menguatkan.”

Ucap bu Ira.

Tengku Irham menjelaskan mengenai permasalahan kita di hilir ialah persoalan daya saing, kita sudah tahu dari 20 tahun lalu, untuk itu disini saya bersama UNJ untuk memperkuat hulunya terlebih dahulu. Permasalahan lain yang timbul juga di sektor SDM, kami selaku pendamping UMKM merasa sulit dalam mendampingi, untuk itu kami menawarkan kerja sama untuk pendampingan kepada UMKM, bagi para mahasiswa yang ingin magang, sehingga kami terbantu dengan para akademisi turut juga mendampingi,”

Lebih lanjut, bu Ida memaparkan mengenai

harapannya selain pembinaan UMKM dan pengembangan desa wisata, semoga ke depan UNJ punya smart class untuk melahirkan SDM yang lebih baik lagi yang akan dibutuhkan dalam dunia industri nanti.

“mimpi saya selanjutnya, dengan desa binaan tersebut. UNJ dapat membuat kampung inggris. Sehingga kampung Inggris jadi lebih dekat kalau dari kita. Sebenarnya UNJ sudah punya pengajar dari FBS. UNJ juga dapat membuat buku ajar Bahasa Perancis untuk digunakan di sekolah seluruh Indonesia, Bahkan bisa membuat buku resep masakan Indonesia untuk bisa mengenalkan lebih lagi.” Tutur bu Ida dalam paparannya.

“hari ini kita memasuki tahapan yang luar biasa, tujuan kami adalah membuka membangun mindset untuk kita enterpreuner university sehingga bisa berbuat banyak untuk masyarakat dan bangsa. Setelah tahapan ini kita fokus pada kemampuan masing-masing, desa Cisaat adalah satu model awal. Jika ini berhasil. Maka akan banyaknya kepala daerah yang meminta UNJ untuk menjadikannya desa binaan.” Ucap Dr.

Totok dalam mengakhiri diskusi siang hari ini.

(12)

embaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melalui Koordinator Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Layanan Disabilitas (PPLD) mengadakan kegiatan Seminar dan Diskusi Online pada Rabu, 16 Februari 2022, dengan mengambil tema “Gamification dalam Pembelajaran”. Acara berlangsung dengan penuh antusias dan berjalan lancar. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sekitar 270 peserta terdiri dari dosen, guru, dan mahasiswa baik dari lingkungan UNJ maupun dari luar UNJ.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor UNJ, dan dihadiri para Wakil Rektor, para Dekan, pimpinan LP3, para koordinator pusat di LP3, dan para peserta yang sebelumnya telah mendaftar secara online. Seminar dan Diskusi Online ini menghadirkan pemateri Angga Liberty Pratama, M.Pd, founder Look Media & Guru Kreatif ID, dan juga salah satu alumni FIP UNJ prodi Teknologi Pendidikan.

L

LP3 UNJ Selenggarakan Seminar dan Diskusi

“Gamification

dalam

Pembelajaran”

(13)

Dr. Muhammad Zid selaku Ketua LP3 mengatakan dalam sambutannya, LP3 selalu mendukung berbagai program UNJ menuju universitas bereputasi di kawasan Internasional, acara rutin Seminar dan Diskusi merupakan kegiatan awal dari Pusat PPLD yang dikoordinatori oleh Dr. Asep Supena.

“Selama masa pandemi covid19, proses perkuliahan terus menggunakan aplikasi dan platform yang menarik, saat ini kita mencoba mengupas tuntas Gamification, sebenarnya tidak ada sesuatu yang baru, karena basis gamifikasi seperti dikutip dari buku Prof. Conny Semiawan, adalah pembelajaran tuntas dengan berbasis joyful teaching and learning.” ucap Dr.

Muhammad Zid.

Dalam pembukaan acara, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ menyampaikan bahwa saya senang sekali dengan acara ini, karena sebagai dosen dan pernah juga menjadi guru selama 7 tahun, ketika bicara gamifikasi sebagai anggota

pramuka saya sudah biasa menggunakan game dalam pembelajaran, kepramukaan adalah kegiatan menyenangkan. Munculnya sekolah alam, pembelajarannya selalu dengan game.

Oleh karena itu kita menyadari, untuk keefektifan sebuah pembelajaran maka dicari pendekatan, metode dan media yang pas agar delivery-nya sampai.

Lebih lanjut, menurut beliau game-game dalam pembelajaran sekarang ini tidak lagi konvensional, sudah menggunakan animasi dan aplikasi yang berbasis teknologi informasi, serta lebih menyenangkan. Rektor memberi masukan kepada narasumber agar mencoba mengajak peserta untuk berdiskusi dan berinovasi, khususnya dosen dan guru agar mencoba aplikasi baru dan mencoba membuatnya.

“Kesempatan yang sangat terbuka ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya.” Tutup Prof.

Komarudin dalam sambutannya.

(14)

epat pada Jumat, 04 Februari 2022 telah berlangsung Penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, pada MoU ini tentang Tri Dharma Perguruan tinggi.

Acara yang digelar di Pendopo Abdul Wahyan diikuti oleh perwakilan dari UNJ antara lain, Dr. Totok Bintoro selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja sama, Dr. Abdul Sukur selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Muchlas Suseno selaku Sekretaris Eksekutif, Kepala Divisi Protokoler, Koorprodi

T

UNJ Jalin Kerjasama dengan Pemda

Kabupaten Subang

dalam Pengembangan

Desa Wisata

(15)

Perjalanan Wisata, Para Tim pengembang Rektorat dan juga Pengembang Desa Wisata.

Sementara dari Pemerintah Kabupaten Subang dihadiri oleh H. Ruhimat, M.Si., selaku Bupati Kabupaten Subang, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga, dan Asisten Daerah di lingkungan Pemda Kabupaten Subang.

Dalam sambutannya, Dr. Totok Bintoro mengatakan substansi dari kerja sama ini adalah untuk implementasi Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat lebih luasnya pengembangan sumber daya manusia di kedua belah pihak dan lebih khusus lagi untuk pengembangan dan pendampingan desa wisata.

Alhamdulillah pendampingan desa wisata yang ada pada daerah Cisaat mendapatkan juara 3 nasional. Itu merupakan bukti kerja sama yang luar biasa antara UNJ dengan Pemda Kabupaten Subang. Untuk itu UNJ sangat berkepentingan melanjutkan ini dan tentunya selalu bergandengan tangan dengan Pemda Kabupaten Subang untuk mengembangkan lebih luas bukan hanya desa Cisaat tetapi desa-desa lain yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

“Di samping itu UNJ juga mengkaji potensi pengembangan sumber daya, termasuk nanas dan lainnya kita akan kolaborasikan dengan kedutaan di Perancis dengan atase ekonomi dan perdagangan. Semoga ini bisa berhasil mengenai produk nanas kering yang menjadi unggulan daerah subang.” Ucap Dr. Totok Bintoro.

Selanjutnya tiba giliran sambutan dari H.

Ruhimat, “Kami sangat membutuhkan dan berterima kasih kepada UNJ yang sudah memoles salah satu desa kami, menjadi juara ketiga desa wisata. Ini merupakan suatu anugerah bagi kami, pihak UNJ bersedia untuk melaksanakan pengembangan ilmu pengetahuan dari UNJ kepada kami.” Ucap H. Ruhimat.

Kami sangat menyambut baik dan mensupport dengan sangat atas adanya nota kesepahaman ini. Lebih lanjut lagi, subang ini di

selatan memiliki gunung, dan di utara memiliki pantai. ini sangat cocok untuk menjadi dan memunculkan desa wisata seperti cisaat-cisaat lainnya dikemudian hari.

“terima kasih atas kontribusinya dari UNJ, mari kita bergandeng tangan lagi karena ke depannya kita menginginkan pencapaian yang lebih dari yang sudah kita dapatkan hari ini”

tutup H. Ruhimat, M.Si.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi foto Bersama di depan aula Pendopo Abdul Wahyan.

(16)

ada Jumat, 25 Februari 2022, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan sosialisasi informasi penerimaan mahasiswa baru 2022.

Acara ini berlangsung secara daring dan dapat disaksikan bagi calon mahasiswa UNJ melalui kanal YouTube Edura TV dan Zoom Live streaming.

Sosialisasi informasi tersebut menghadirkan dua narasumber yakni, Prof. Budi Prasetyo Widyobroto selaku Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan Prof.

Suyono selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ. Acara ini dimoderatori oleh Dr. Eng. Agung Permono selaku Kepala kantor Admisi UNJ.

Sebagai gambaran umum, melalui Surat Keputusan Rektor UNJ Nomor 62/UN39/

HK.02/2022 Tentang Persentase Daya Tampung Mahasiswa Baru Program Sarjana UNJ 2022, menetapkan daya tampung Seleksi Nasional

P

UNJ Sosialisasi

Penerimaan

Mahasiswa

Baru 2022

(17)

Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 25%, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebesar 45%, dan Seleksi Mandiri sebesar 30%.

Heryanti Utami, SST. Par., MM.Par. selaku Kepala Humas dan Informasi Publik UNJ mengatakan bahwa acara ini ditujukan guna memberikan informasi kepada publik mengenai penerimaan mahasiswa baru UNJ tahun 2022.

“Bagi masyarakat yang ingin mengetahui seputar penerimaan mahasiswa baru UNJ tahun 2022, dapat mengakses media sosial dan website Penmaba UNJ maupun bertanya langsung kepada Humas dan Informasi Publik UNJ, ungkap Heryanti Utami, SST. Par., MM.Par.

Sementara itu Prof. Suyono selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ menyampaikan informasi bahwa di tahun 2022 UNJ akan menerima 5040 calon mahasiswa baru jenjang sarjana melalui tiga jalur yaitu, SNMPTN, SBMPTN, dan Penmaba Mandiri. Dan jumlah program studi dibuka sebanyak 62 Program Studi, 19 SAINTEK dan 43 kelompok SOSHUM, ungkap Prof. Suyono.

Lanjut Prof. Suyono menambahkan bahwa penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN dikelola oleh LTMPT.

Sedangkan keterlibatan UNJ sebagai salah satu pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Untuk pelaksanaan UTBK di UNJ, kami menyediakan 1100 komputer. Adapun lokasinya ada di kampus Rawamangun dan di sekolah- sekolah mitra yang terdekat dari kampus UNJ.

Untuk Penmaba Mandiri UNJ, ujian tulisnya akan diadakan pada tanggal 16 Juli 2022 setelah pengumuman SBMPTN. Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat di penmaba.unj.a.c.id, ucap Prof. Suyono.

Pada kesempatan acara ini, Prof. Budi Prasetyo Widyobroto selaku Direktur Eksekutif LTMPT menyampaikan bahwa pihaknya senang bahwa UNJ turut aktif dalam mensosialisasikan info terkait penerimaan mahasiswa baru. Acara ini tentu sangat membantu masyarakat dalam mencari informasi mengenai UNJ, dan UNJ menjadi salah satu PTN yang paling banyak pendaftaran seleksinya, ungkap Prof. Budi Prasetyo Widyobroto.

(18)

Komitmen LP3 UNJ Untuk Menyiarkan

Citra Positif UNJ Disegala Unit

(19)

elatihan penulisan naskah berita yang telah berlangsung pada selama dua hari yakni pada tanggal 2-3 Februari 2022, berjalan dengan baik dalam membimbing para tenaga pendidik (tendik) di lingkungan universitas negeri Jakarta (UNJ).

Lembaga pengembangan Pendidikan dan pembelajaran (LP3) UNJ melalui Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi (PSPP) yang diketuai oleh Dr. Nofi Marlina Siregar mengadakan pelatihan penulisan naskah berita bertujuan untuk menambahkan kecakapan tendik untuk menulis dan menyebarluaskan atau menyosialisasikan kegiatan yang ada di masing- masing unit.

Hasil akhir produk jurnalistik salah satunya berita, yang nantinya berita tersebut dapat disebarluaskan dan dilihat dari unit ke

P

masyarakat, agar memberikan reputasi dan

citra positif bagi UNJ. Tentu saja hal itu sejalan dengan visi yang ingin menjadi universitas yang bereputasi.

LP3 UNJ melalui PSPP Dikatakan sukses menggelar kegiatan penulisan naskah berita, dilihat dari antusias dan terkumpul naskah berita yang dikirimkan masing-masing peserta kepada panitia. Dengan terkumpulnya 40 naskah berita.

Terdapat tiga naskah berita yang direview oleh Dr. Andy Mulya dan Drs. Zulham, M.Si.

selaku pemateri diantaranya dari, Dewi Juwita dari Klinik Pratama UNJ dengan Judul berita

“Strategi UNJ Menangani Lonjakan Kasus Covid-19”; Nurul Asysyifa dari Fakultas ilmu Keolahragaan dengan judul ”Dekan FIK UNJ : Peneliti dan Universitas harus saling bersinergi”;

dan terakhir Ifaturohiah Yusuf dari Fakultas

(20)

Teknik (FT) dengan judul “LP3 Mengadakan Pelatihan pembuatan Naskah Berita Bagi Tenaga Kependidikan di Universitas Negeri Jakarta”.

Naskah berita yang dikumpulkan pada akhir pertemuan pertama, selanjutnya direview oleh pemateri pada pertemuan kedua, bertujuan untuk melihat sejauh mana peserta dalam mencerna dan memahami dalam menuliskan berita dan memberikan masukan baik EYD maupun keefektifan dalam menuliskan naskah berita.

Menjelang akhir acara, perwakilan dari peserta menyampaikan saran dan masukan atas kegiatan yang telah berlangsung agar feedback positif dapat sampai kepada panitia pelaksana dalam hal ini PSPP LP3 UNJ.

“saya sangat terbantu sekali dengan kegiatan ini, apalagi UNJ ingin menjadi PTN-BH dengan kegiatan ini akhirnya bisa menulis untuk mencari panggung dalam menyosialisasikan. Secara keseluruhan sudah bagus dalam materi dan penyampaiannya.” Aries Lastiadi dari Senat UNJ.

“Terima kasih kepada panitia sudah memberikan kami kompetensi tambahan dalam menuliskan naskah berita, semoga kedepannya terdapat pelatihan lain untuk meningkatkan kompetensi kita dibidang masing-masing.“

Ifaturohiah Yusuf dari FT.

Saya sangat setuju dengan bu Ifat, kita perlu juga kompetensi dibidang-bidang lain. Agar para staf dapat memiliki kompetensi di bidang lain“Dr. Ruli selaku kepala klinik pratama UNJ.

Acara ditutup oleh Prof. Budiaman selaku sekretaris LP3, Prof. Budiaman berpesan “terima kasih kepada pemateri dan panitia yang sudah memberikan yang maksimal dan juga kepada para peserta yang mewakili dari masing-masing unit.

“pelatihan ini memberikan kompetensi tambahan kepada tenaga kependidikan di lingkungan UNJ, untuk membuat naskah dan menyosialisasikanya agar beredar dengan layak di masyarakat dan memberikan dampak yang positif bagi UNJ.” Tutup Prof. Budiaman.

ertempat di Ruang Rapat lantai 5, Gedung Bung Hatta Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), telah berlangsung penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pascasarjana UNJ dan Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi.

Acara yang berlangsung pada tanggal 23 Februari 2022 tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNJ, Direktur dan Para Wakil Direktur Pascasarjana, Para Koordinator Program Studi di lingkungan Pascasarjana UNJ.

Untuk tamu dari Pemda Kabupaten Wakatobi dihadiri oleh, H. Haliana, S.E. selaku Bupati Wakatobi, Ir Hugua anggota Komisi II DPR RI, Nadar, M. Si. Selaku Kepala Dinas Pariwisata dan

B

Pascasarjana UNJ

Jalin Kerjasama

dengan Pemda

Wakatobi

(21)

mengembangkan kerja sama antara Pascasarjana UNJ dengan Pemda Kabupaten Wakatobi. Hal ini sesuai dengan keinginan Pimpinan Pascasarjana bahwa Perguruan Tinggi hendaknya jangan asyik dengan urusannya sendiri (seperti Menara Gading), tanpa peduli dengan permasalahan yang terjadi pada masyarakat. Keberadaan Perguruan Tinggi mestinya dapat memberikan kontribusi dan solusi terhadap permasalahan masyarakat tersebut. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan sehingga bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara, termasuk bagi daerah-daerah.

Sementara itu H. Haliana, S.E. selaku Bupati Wakatobi mengatakan Sejalan dengan Direktur Pascasarjana UNJ, Bupati Wakatobi juga menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pascasarjana UNJ menjalin kerja sama dengan Pemda Wakatobi, terlebih kerja sama ini dilakukan di tengah usaha keras Pemda Kabupaten Wakatobi untuk meraih visi dan prestasi yang telah lama diidamkan. Kerja sama ini akan memberikan dukungan dan penguatan dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pengembangan ekonomi kawasan yang berbasis konservasi dan berkelanjutan.

“Kabupaten Wakatobi membuka diri, karena begitu pentingnya kehadiran perguruan tinggi dalam memberikan kontribusi pemikiran.” ujar H. Haliana, S.E.

Pada kesempatan ini juga, Dr. Totok Bintoro selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama yang dalam hal ini mewakili Rektor UNJ karena berhalangan hadir, mengatakan UNJ sebagai perguruan tinggi selalu berupaya untuk mewujudkan keunggulan dari tridarma perguruan tinggi antara lain UNJ terus melakukan kerja sama dan pendampingan wilayah dengan beberapa di Indonesia.

“terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Wakatobi yang bersedia melakukan nota kesepahaman dengan UNJ, dengan harapan kerja sama ini segera terealisasi dan berjalan dengan baik.” Tutup Dr. Totok Bintoro.

Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, Mulyanto, M.M. selaku Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, dan La Ode Ifi, M.M. Selaku Kepala Bagian Protokoler.

Acara diawali dengan pengantar dari Dr. Achmad Husen, M.Pd. selaku Koorprodi Manajemen Lingkungan, ia mengatakan gagasan kerja sama ini di prakarsai dari diskusi Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kalau KKL hanya sekali, maka dampaknya tidak terasa dan bermakna.

Untuk itulah dibuatnya sebuah kerja sama agar berkelanjutan dan berlangsung lama sehingga dampaknya dapat terasa. KKLnya sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 24—28 Februari 2022.

Bak gayung bersambut, Pemda Wakatobi juga menyambut baik adanya kesamaan keinginan untuk sama-sama mengabdi dengan dibuktikan penandatanganan kerja sama ini, ungkap Dr. Achmad Husen, M.Pd.

Sementara itu Prof. Dedi Purwana selaku Direktur Pascasarjana UNJ mengatakan Pascasarjana UNJ menyambut baik ikhtiar dan inisiatif Prodi S2 Manajemen Lingkungan

(22)

niversitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Junior NBA Asia Coaches Academy melakukan audiensi untuk pelatihan bola basket bagi mahasiswa, guru, dan dosen. Kegiatan dilakukan secara daring melalui Zoom pada Kamis, 24 Februari 2022.

Hadir dalam acara dari pihak NBA Asia, Associate Vice President-Marketing Partnership NBA Asia, Jim Wong, Events Professional NBA Asia, Alexander Atepolikhin, dan Basketball Operations Team Leader NBA Asia, Carlos Barroca. Dari Pihak UNJ turut hadir pula Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Abdul Sukur, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Dr. Totok Bintoro, M.Pd., Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Dr. Johansyah Lubis, M.Pd., serta para wakil dekan dan dosen fakultas ilmu olahraga UNJ.

Jim Wong mengatakan bahwa program NBA sudah ada di Indonesia untuk menyeleksi talenta- talenta anak usia muda, dan program sosial bagi guru-guru di Indonesia dari berbagai provinsi khususnya di bidang bola basket.

“Program ini dilakukan untuk anak usia muda, mahasiswa, dan guru bidang olahraga.

Diharapkan jadi program di mana kitab isa membantu program pelatihan bola basket” jelas Jim Wong.

Dr. Abdul Sukur, mengaku sudah lama menanti program ini terlaksana. Harapannya program pelatihan ini bisa berjalan dengan baik di kampus, UNJ siap menindaklanjuti pada pertemuan selanjutnya.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Dr. Totok Bintoro, M.Pd., pun menyambut baik dalam acara audiensi tersebut. Ia mengharapkan agar setelah audiensi ini direalisasikan dengan perjanjian nota kerjasama (MoU) dan merencanakan pelaksanaan program pelatihan bola basket kedepannya.

U

Audiensi JR. NBA Asia Coaches

Academy dengan UNJ Untuk

Pelatihan Bola

Basket

(23)
(24)

ektor UNJ Prof. Komarudin menyampaikan tiga tantangan Perguruan Tinggi khususnya UNJ saat ini pada kegiatan “Pelantikan Ketua organisasi Kemahasiswaan di Lingkungan Universitas Negeri Jakarta Periode Masa Bakti Tahun 2022 secara daring (08/02).

Tantangan pertama menurut Rektor terkait kondisi pandemi yang sedang mengganas akhir- akhir ini menjadi kekhawatiran, khususnya bagi civitas akademika UNJ untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengurungkan kegiatan

Rektor UNJ R

Sampaikan Tiga

Tantangan Kampus

pada Pelantikan

Ketua Organisasi

Kemahasiswaan

(25)

luring di lingkungan UNJ.

“Jangan sampai memaksakan berkegiatan luring dan menimbulkan kerumunan, karena itu dapat menyebabkan penularan dan jangan sampai menjadi cluster Covid-19,”tegasnya.

Rektor UNJ mengharapkan dalam situasi pandemi ini, organisasi harus mengutamakan kreativitas agar program organisasi tetap berjalan dan memberikan manfaat bagi mahasiswa dan organisasi.

Tantangan kedua menurut Rektor, terkait

transformasi Universitas Negeri Jakarta memasuki Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN-BH).

Rektor menyampaikan penting kiranya menyiapkan diri dan memaksimalkan berbagai potensi untuk menjadi kampus dengan status PTN-BH.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, memasuki fase PTN-BH, UNJ harus memaksimalkan berbagai sumber daya untuk bisa menghidupi dan mengembangkan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

“Kuncinya adalah sinergi antara pimpinan dan mahasiswa untuk tampil bersama mengembangkan dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki UNJ,” ujar Prof. Komarudin.

Tantangan terakhir menurut Rektor adalah kompetisi prestasi dan inovasi antar Perguruan Tinggi. Lebih lanjut Rektor menyebut, saat ini Perguruan Tinggi saling balap dalam hal pencapaian prestasi dan inovasi.

Dengan keadaan itu, Rektor berharap kreativitas dan inovasi harus menjadi praktik mahasiswa UNJ.

“Berusahalah menemukan hal baru atau memperbaharui yang ada, sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kemaslahatan manusia, masyarakat dan bangsa Indonesia,”tegasnya.

Rektor UNJ juga mengingatkan agar pimpinan organisasi menjalankan tugas dengan baik, kukuh dan teguh di pucuk pimpinan organisasi serta terus memberikan manfaat dan kontribusi agar menjadi kebanggaan, kepuasan organisasi dan menjadi catatan sejarah.

“Apa yang akan dilakukan satu tahun ke depan akan menjadi catatan sejarah,” ucap Prof.

Komarudin.

Wakil Rektor UNJ Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Abdul Sukur berpesan agar pemimpin organisasi kemahasiswaan tahun 2022 tetap memiliki semangat dan solid dalam mendulang prestasi akademik dalam tantangan situasi saat ini.

(26)

https://www.beritasatu.com/nasional/889499/

siswa-dari-new-york-ikuti-tes-psb-sma- labschool-2022

https://www.kompas.com/edu/

read/2022/02/08/122302571/kolaborasi-unj- dan-pemkab-subang-antar-cisaat-juara-tiga-desa-

wisata

https://fajar.co.id/2022/02/03/lp3-universitas-

negeri-jakarta-gelar-pelatihan-jurnalistik/ https://www.timesindonesia.co.id/read/

news/398095/tingkatkan-potensi-wakatobi- pascasarjana-unj-jalin-kerjasama-dengan-pemda

(27)

https://www.kompas.com/edu/

read/2022/02/26/080000371/-ini-kuota- unj-tahun-2022-dari-sosialiasi-penerimaan-

mahasiswa-baru

https://www.medcom.id/pendidikan/news- pendidikan/Dkq4XvZb-unj-siapkan-1-100-

komputer-untuk-utbk-sbmptn-2022

https://www.timesindonesia.co.id/read/

news/398444/unj-sosialisasi-penerimaan- mahasiswa-baru-2022

https://www.medcom.id/pendidikan/news- pendidikan/GNlWqPVK-unj-luncurkan- kompetisi-literasi-dan-numerasi-2022-cek-

jadwalnya

(28)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :