ANALISIS MATERI PELAJARAN AMP (1)

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

ANALISIS MATERI PELAJARAN (AMP) Tia Sritiawati (1504869)

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar/ Fakultas Ilmu Pendidikan tiasri@student.upi.edu

Dalam kegiatan pembelajaran tentunya guru harus piawai dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Hal ini merupakan salah unsur terpenting dalam kegiatan pembelajaran agar tujuan pembelajaran tersebut dapat tercapai. Untuk itu guru juga harus bisa melakukan suatu Analisis Materi Pelajaran atau AMP.

Menurut Dwi Prastowo Darminto & Rifka Julianty Analisis merupakan penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan. Sedangkan materi pelajaran merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Jadi dapat kita simpulkan bahwa Analisis Materi Pelajaran merupakan suatu kegiatan pemilihan materi esensial dari keseluruhan materi suatu pelajaran yang merupakan materi pelajaran yang harus dikuasasi dan dimiliki dalam proses pembelajaran.

(2)

Daftar Pustaka:

Ngalim, Muhammad Purwanto. (1992). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Rosada Karya

Uzer, Muhammad Usman dan Lilis Setiawati. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosada Karya

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...