Berikut ini adalah Prinsip Prinsip Dasar

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

Berikut ini adalah Prinsip Prinsip Dasar Retorika

1. Penguasaan secara aktif sejumlah kosa kata bahasa yang dikuasainya. Semakin besar jumlah kosa kata yang dikuasai secara aktif, semakin mampu pula memilih kata kata yang tepat untuk menyampaikan pikiran.

2. Penguasaan secara aktif kaidah kaidah ketatabahasaan yang memungkinkan penulis mempergunakan bermacam macam bentuk kata dengan nuansa dan

konotasi yang berbeda beda kaidah kaidah ini meliputi bidang fonologi, morfologi, dan sintaksis.

3. Mengenal dan menguasai bermacam macam gaya bahasa dan mampu

menciptakan gaya yang hidup dan baru untuk lebih memudahkan penyampaian pikiran penulis.

4. Memiliki kemampuan penalaran yang baik, sehingga pikiran penulis dapat disajikan dalam suatu urutan yang teratur dan logis.

5. Mengenal ketentuan ketentuan teknis penyusunan komposisi tertulis sehingga mudah dibaca dan dipahami disamping bentuknya dapat menarik pembaca.

6. Dengan demikian pencorakan dalam retorika moderen akan meliputi bentuk karangan yang disebut moderen akan meliputi bentuk karangan yang disebut eksposisi, argumentasi, deskripsi, dan narasi.

7. Eksposisi adalah suatu bentuk retorika yang tujuannya adalah memperluas pengetahuan pembaca, agar pembaca tahu mengenai apa yang di uraikan.

8. Argumentasi merupakan teknik teknik untuk berusaha mengubah dan mempengaruhi sifat pembacanya.

9. Deskripsi menggambarkan objek uraian sedemikian rupa sehingga barang atau hal tersebut seolah olah berada di depan mata pembaca.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...