harapan yang tidak sempurna dan

Teks penuh

(1)
(2)

harapan yang tidak sempurna

Hai students,semoga anda tidak bosan membaca karya saya.Karya yang merupakan harapan yang tidak sempurna,Karena kesempurnaan tidak akan pernah diraih sampai kapanpun.Jika kita telah sempurna tidaklah tuhan memberikan kita kesempatan untuk meminta kepadanya.Bagi siswa smp yang akan lulus tentulah ia meminta kepada Tuhan agar bisa lulus dengan nilai yang baik.Bagi siswa SMA tentulah ia berharap kepada tuhan dengan perasaan cemas agar dia bisa diterima di perguruan tinggi negeri favorit.

Begitu juga dengan buku ini,merupakan sebuah harapan yang tidak sempurna dari saya.Saya punya mimpi ingin

membantu para siswa untuk bisa bangkit dan berhasil menjadi “GREATS STUDENTS”.Saya ingin melalui buku ini banyak siswa bisa bangkit dari masa masa dimana ia malas belajar.Saya ingin banyak siswa yang dulu nya malas untuk belajar sekarang tiba tiba rajin dan bisa mendapatkan nilai bagus dengan jalan yang benar hanya dari buku ini dan saya ingin nanti banyak siswa yang diterima disekolah ataupun perguruan tinggi negeri favorit ketika merealisasikan isi buku ini dalam kehidupannya.Oleh karena itu,saya akan selalu berharap kepada tuhan agar buku ini bisa di luluskan untuk terbit.

(3)

sejelas jelasnya buku ini adalah harapan yang tidak

sempurna.harapannya melalui buku ini saya dapat membantu mengembalikan tujuan para siswa dan pelajar yang telah melenceng dari jalurnya,yang sudah mulai lelah dengan rutinitasnya sebagai siswa.

Dan tugas anda hanyalah baca buku ini dan realisasikan isi buku ini dalam kehidupan anda.setelah itu capai semua yang anda inginkan jangan pernah anda takut untuk mencoba karena salah.and selamat berjuang...!

Solok,27 juni 2016 Penulis

Riri Muthiara

(4)

“Semua orang itu siswa.walaupun itu tidak di bangku sekolah. karena manusia akan belajar sampai kapan pun dan apapun itu selagi pantas untuk dipelajari.”(riri muthiara).

Inilah salah satu acuan kami untuk menulis buku dengan judul “becoming great students”.sebuah buku yang tidak hanya dibaca oleh para students dalam artian siswa yang belajar disekolah siapapun yang merasa masih perlu ilmu didunia,planet dan galaksi ini “wajib” membaca buku ini.tujuannya agar bisa membuat para siswa memiliki semangat dan motivasi untuk belajar dari dalam diri mereka melalui 5 langkah yang dibahas per-CHAPTER dalam buku ini untuk menjadi siswa yang berhasil minimal untuk lulus dalam sekolah

saja.He.he.he.

Judul buku ini kami tulis dengan menambahkan huruf”S”pada kata greats dan students dengan maksud sebagai penegasan bahwa siswa itu tidak hanya yang duduk dibangku sekolah dan tidak mustahil jika siswa itu bisa menjadi siswa yang lebih baik.Semua kita adalah siswa,dan setiap siswa wajib membaca buku ini.para students akan mendapatkan keberhasilan yang permanen dalam belajar.

(5)

bagaimana sikap seorang Students seharusnya dalam menghadapi pelajaran.kemudian chapter kedua akan dibimbing para students agar bisa memimpin diri mereka keluar dari zona nyaman menuju zona kemandirian dan zona penuh dengan tantangan dalam belajar.chapter ketiga sampai ke lima akan membahas bagaimana kiat kiat dalam ulangan harian,kiat kiat menghadapi guru yang mungkin agak kurang disukai dan kiat kiat dalam ujian nasional.

Untuk menjadi the greats students kami menyimpulkan setidak ada hal yang waijb dimiliki yakni skill,skill dalam artian kemampuan

individu,seperti kemampuan numeric,speaking dll. Siapa saja yang ingin menjadikan diri sebagai seorang greats students,pantas memiliki buku

ini.Congrats!

UNTUK SIAPA BUKU INI?

Pada prinsipnya semua orang cocok membaca buku ini,namun juga dibutuhkan kerealistisan bahwa tentu ada orang tertentu yang lebih cocok membaca isi buku ini.dengan tidak mengedepankan pihak lain,maka ijinkanlah kami mengelompokkan orang yang sangat dianjurkan untuk membaca buku “becoming greats students”yaitu siswa.pelajar,peserta

(6)

JALAN BUNTU

Apabila kita menemui jalan buntu sering membuat kita kesal,marah dan putus asa,bahkan menyalahkan diri sendiri atas kejadian itu.padahal kita tidak mengetahui ada sebuah rahasia besar dari sebuah filosofi jalan buntu itu.

(7)

CHAPTER 1 Jalan Buntu

“Seringkali kita menemui jalan buntu pada saat kita berkendara,dan membut kita mengupat dan mengkata katai diri kita sendiri.begitu juga dengan seorang siswa apabila dia tidak menemukan jalan keluar ataupun titik terang dari apa yang

dipelajarinya dia menyalahkan diri nya sendiri,tapi apakah kita tidak sadar bahwa jalan buntu itu bisa kita hilangkan dengan cara kita membuat jalan yang baru agar kita bisa melewatiya”

Suatu ketika,saat saya pulang dari sebuah minimarket bersama teman saya,saya melihat sebuah jalan saya kira jalan itu adalah jalan pintas menuju rumah saya. Saya melewati jalan itu.Diperjalanan saya menemukan satu pemandangan yang mengejutkan.greats students mau tau?Kepo dech.... ternyata tidak ada satu kendaraan yang lewat ke jalan itu yang ada hanya orang yang berjalan kaki saja.bahkan karena sangat sepinya jalan itu penjahat jatuh bisa kedengeran suaranya.eh penjahit.saya meneruskan perjalanan menuju

rumah.ibarat lagu ya lagu dari agnes mo” teroboslah”hehe salah lagi(jangan marah ye,just kidding)teruskanlah.azeeek ....! :D

(8)

buntu”lach...itu just so so buk e?! Hehe ...kalau tembok nya kecil bisa dipanjat lah ini tembok nya setinggi monas! “Bukkkk....yang bener

lah,paaaaaak!!!!!!!!!!”iyaa serius,saya serius,nih lihat ekspresi saya tanpa senyuman.hzzmmm...! ahay, jangan serius kali mas broo..!,tapi ini ceritanya serius loch. Ea.ea,ea!!!. Oke sekarang kembali ke laptop....(lah becanda lagi kan)sekarang serius.greats students mau tau apa kata orang orang pada saya saat itu azeeek

flashback,,.mereka berpendapat sesuai pikiran masing masing (ya iyalah mana mungkin sesuai pikiran mak nya) hahaha...”ni gayak gini kalau orang buta jalan udah tau ngak ada kendaraan yang lewat sini masih aja lewat sini” ada juga yang bilang “hmmm wajar aja kita salah kita kan baru pertama kali lewat sini”greats students mau tau apa yang saya katakan?kephoo dech!!! Saya adalah orang memilih untuk diam bukan karena ngak ada bahan untuk diomongin,tapi saya lebih memilih diam untuk berfikir bagaimana kita bisa sampai rumah tepat waktu.secara tidak sengaja saya berfikir bagaimana ya cara orang orang disekitar sini untuk pergi keluar,apa mereka lewat jalan yang tadi untuk pergi kemana

(9)

kemana pun karena mereka membutuhkan waktu lebih banyak untuk sampai ketempat tujuannya.Kenapa ini bisa terjadi?simple saja,pada saat seseorang mau bepergian mereka akan berfikir bagaimana mereka bisa tepat waktu untuk sampai ditempat tujuan sedangkan mereka harus melewati jalan yang 2 kali lebih jauh.dan justru sebaliknya ketika tidak ada jalan buntu mereka lebih suka berleha leha dengan waktu toh mereka akan sampai juga kok,mereka tidak akan melewati jalan yang lebih jauh.

Greats students begitupun dengan kita belajar,kita sering kali mengeluh pada saat kita menemukan

kesulitan,masalah yang silih berganti,ulangan yang menanti,praktek ini,tugas itu.kita selalu mengeluh dan menyalahkan guru(ahhh....ibuk ini besok uh,sekarang tugas)dan kita menemuai masalah dalam mengerjakan semua itu ketahui lah itu adalah “jalan buntu dalam hidup kita” jalan itu dimana akan membuat otak kita lebih aktif sehingga kita lebih tertantang untuk menerobos jalan buntu itu dengan kreatifitas,tidak mudah menyerah atau lelah menjadi seorang penerobos jalan buntu(siswa yang berhasil dalam belajar).

Bukankah ujian terbesar seorang pelajar adalah ujian semester upss salah broo! Ujian terbesar seorang siswa adalah untuk keluar dari zona nyaman itu sendiri yang membuat anda larut didalamnya?.coba

lihat,seorang siswa yang orang tua mereka serba

(10)

minta,Pr suruh temen yang kerjain nanti dikasih uang,akan tetapi coba lihat diri mereka,sebenarnya mereka sekarang tidak menemui yang namanya jalan buntu,sekarang mereka sedang menikmati jalan lurusnya yang licin dan dipenuhi dengan WARNING! Atau DANGEROUS!jika tidak perlahan lahan dirubah mereka akan menemukan yang namanya jalan buntu dan bisa membuat mereka putus asa dan mencari jalan pintas yang salah yakni”PUTUS SEKOLAH”Dan memilih untuk menjadi sampah masyarakat.Itu sudah banyak terjadi.Karena punya banyak uang,mobil mewah,beli shabu jutaan rupiah.uppss sorry ini khusus yang tidak mau berfikir bagaimana mencari jalan yang benar setelah menemukan jalan buntu dan bahkan memilih jalan yang salah.

Bahkan akhir akhir ini sering terjadi banyak siswa yang bolos sekolah hanya gara gara sering dapet pr,sering uh,ngak suka sama gurunya.mereka tidak sadar kalau mereka menghindari semua itu akan membuat mereka terus terperangkap dijalan buntu yang mereka buat sendiri,pas mau lewatin ternyaat eh mereka ngak bisa lewatinnya lagi deh,terpaksa mereka banting stir dan putus sekolah.

Jadi GREATS STUDENTS kita patut

(11)

membuat kita termotivasi untuk mencari jalan

lainnya.karena tidak selamanya jalan itu buntu,pasti anda akan memenukan jalan yang lurus.bayangkan saat jalan buntu dan anda menemukan jalan lain yang mulus dan bisa anda lewati sudah bisa dipastikan anda akan lewat jalan melewati jalan tersebut.

RENCANA PUTUS SEKOLAH

Tahun 2013 silam saya pernah memiliki rencana untuk putus sekolah, hehe ngak becanda ya INI

SERIUS.Sungguh....kok bisa???!!!.Nah itu dia masih rahasia,sekarang silahkan lanjut membaca nya lebih enak sambil selonjoran di kursi tidak lupa ditemenin sama secangkir teh dan biskuit”R*M*”right..?! itulah kenyataan yang dulu pernah saya pikirkan,ada satu alasan yang membuat saya pernah berfikir hal aneh tersebut.alasan yang mungkin bagi sebagian orang aneh,tapi bagi saya adalah hal yang cukup membuat saya sedih,hehehe... jadi baper!.

Satu satu nya alasan waktu itu adalah karena saya menemukan yang namanya jalan buntu dalam proses belajar saya yang membuat saya putus asa dan membuat saya hampir putus sekolah.dulu saya yang mendapat juara satu dari kelas 7 sampai kelas 8 tiba tiba prestasi saya menurun.disaat banyak sahabat saya yang

(12)

mereka karena tidak tau mau jawab apa.karena pada waktu itu prestasi saya benar benar anjlok dan saya mendapat rangking terakhir.Nahhhh....pada saat itu lah saya berencana untuk berhenti sekolah.tapi saya mulai sadar ,ngapain saya harus berhenti sekolah Cuma gara gara prestasi turun. Hahaaay...plin-plan sekali saya pada waktu itu ya sudah jangan tertawakan ke plin-plan saya.

Akhirnya saya memutuskan untuk tetap sekolah saya tidak menghiraukan apa kata teman saya tentang saya,yamg ada difikiran saya waktu itu hanyalah belajar...belajar....dan belajar.

Singkat cerita saya kembali mendapatkan nilai tinggi kembali,kerja keras saya selama satu semester belajar tidak sia –sia.pelajaran yang dapat saya ambil dari kisah saya itu adalah kalau kita bersungguh sungguh mencari jalan setelah kita menemukan jalan buntu pasti kita akan menemukan titik terang,

Nahhh...semua itu dapat kembali saya dapatkan karena saya berani untuk bangkit,berani keluar dari zona nyaman saya,sabar dalam memperuangkan hal yang saya dapatkan,terus berupaya agar apa yang saya inginkan benar benar tercapai dengan membuang penyakit malas yang rata rata selalu bersemayam dalam hidup

saya..azekk...

(13)

menyerah lalu pasrah maka itu sangat tidak wajar dan bahkan anda kurang ajar!.Sekarang buang rasa

gengsi,malas,minder atau bahkan malu.

“Jika anda terlahir dalam keadaan bodoh tanpa ilmu pengetahuan itu bukan kesalahan anda,Tapi jika anda mati dalam keadaan bodoh itu murni salah anda”.

PENSIL INSPIRASI

Apa yang anda rasakan jika anda melihat seseorang berhasil dalam belajar dan dia menceritakan kisah sukses nya itu.apa yang saya dapatkan saat ini adalah karena orang tua saya juga pintar pada saat sekolah dulu dan dia selalu mengajarkan kepada saya apa yang tidak saya mengerti pada saat belajar karena kedua orang tua saya bekerja sebagai seorang guru.Saya rasa anda akan berpendapat sama dengan saya yakni dari semua cerita itu tidak ada yang mampu menginspirasi anda dalam belajar sedikitpun.paling kita akan berfikir

“hmmmm...wajar kalau dia pintar orang tuanya guru toh!?!”

Sekarang anda coba renungkan cerita berikut ini .Apa yang anda rasakan ketika anda mendengar kisah sukses seorang pelajar dalam belajar karena dia selalu bertanya kepada orang tuanya dan orang tuanya itu berusaha untuk mengajari anaknya walaupun dia bukan seorang guru dan dia bersusuah payah untuk bisa

(14)

agar anak nya bisa berhasil dan sukses dalam

belajar.Coba jawab sesuai dengan hati kita,apa yang anda rasakan atas kedua kisah diatas?

Topik cerita diatas sama,yaitu sama sama kisah sukses dalam belajar.tapi,efeknya bagi pendengar sangat jauh sekali perbedannya,kisah pertama hanya akan membuat anda kagum kepada jabatan guru si orang tua.sedangkan pada cerita kedua kita kagum akan perjuangan orang tua untuk mengajari anak nya walaupun dia tidak tahu jawabanya tapi dia bersusah payah untuk bisa menjawab pertanyaan itu agar anak nya bisa paham dan mengerti.anda tentu akan membuat hati anda tergugah?.

Begitu juga dalam kehidupan ini,banyak orang menyerah kalah pada saat belajar,mereka beranggapan mereka bodoh dan sudah dari dulu sudah bodoh,mereka menganggap benar keadaan mereka saat ini untuk sebuah alasan kenapa mereka tidak semangat dalam belajar,menciut nyali mereka untuk melakukan hal hal baru dalam belajar.

Pernah kah anda mendengar kisah seorang ilmuan yang masuk islam karena meneliti jasad firaun,beliau masuk islam karena ilmu yang beliau miliki,beliau masuk islam karena dulu nya beliau serius belajar,kalau kalian tidak percaya coba kalian

(15)

mungkin beliau meneliti jasad firaun so students this is the story.

“Prof Dr Maurice Bucaille adalah adalah ahli bedah kenamaan Prancis dan pernah mengepalai klinik bedah di Universitas Paris. Ia dilahirkan di Pont-L’Eveque, Prancis, pada 19 Juli 1920. Kisah di balik keputusannya masuk Islam diawali pada tahun 1975.

Pada saat itu, pemerintah Prancis menawari bantuan kepada pemerintah Mesir untuk meneliti, mempelajari, dan menganalisis mumi Firaun. Bucaille lah yang menjadi pemimpin ahli bedah sekaligus penanggung jawab utama dalam penelitian.

Ternyata, hasil akhir yang ia peroleh sangat mengejutkan. Sisa-sisa garam yang melekat pada tubuh sang mumi adalah bukti terbesar bahwa dia telah mati karena tenggelam. Jasadnya segera dikeluarkan dari laut dan kemudian dibalsem untuk segera dijadikan mumi agar awet. Namun penemuan yang dilakukan Bucaille menyisakan pertanyaan: Bagaimana jasad tersebut bisa terjaga dan lebih baik dari jasad-jasad yang lain

(tengkorak bala tentara Firaun), padahal telah dikeluarkan dari laut?

(16)

pengawetannya. Laporan akhirnya ini dia terbitkan dengan judul ‘Mumi Firaun; Sebuah Penelitian Medis Modern’, dengan judul aslinya, ‘Les Momies des Pharaons et la Midecine’.

Saat menyiapkan laporan akhir, salah seorang rekannya membisikkan sesuatu di telinga Bucaille seraya berkata: “Jangan tergesa-gesa karena sesungguhnya kaum Muslimin telah berbicara tentang tenggelamnya mumi ini”.

Dia mulai berpikir dan bertanya-tanya.

Bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi? Bahkan, mumi tersebut baru ditemukan sekitar tahun 1898 M,

sementara Alquran telah ada ribuan tahun sebelumnya. Setelah perbaikan terhadap mayat Firaun dan pemumiannya, Prancis mengembalikan mumi tersebut ke Mesir. Namun, ia masih bertanya-tanya tentang kabar bahwa kaum Muslimin telah saling menceritakan tentang penyelamatan mayat tersebut.

Satu hal yang dapat kita ambil dari pelajaran berharga dari kisah seorang professor tersebut yaitu: ilmu yang kita dapatkan dalam belajar cepat atau lambat akan terealisasikan dalam hidup dan kelak hidup kita akan berubah itu karena ilmu.

(17)

prestasi yang anda dapatkan kemudian semua pasang mata yang ada menatap anda dengan tatapan yang menunjukan kalau dia sangat bangga pada anda dan dengan tulus memberikan tepuk tangan meriah tanpa ada yang memandu,semua terjadi spontan ketika anda mulai berdiri di depan hingga anda kembali ke tempat anda nantinya.tepuk tangan riuh teman anda selalu mengiringi kesuksesan anda.

Kesulitan anda saat ini jangan jadikan penghalang anda untuk belajar,jangan jadikan beban hidup yang membelenggu anda.jangan jadikan pembenaran,kenapa masih anda masih jalan ditempat sedangkan orang lain sudah melangkah maju.Akan tetapi jadikan kesulitan anda itu sebagai sebuah investasi yang hasilnya nanti akan membuat anda berhasil mengukir kisah sukses anda dengan pensil inspirasi anda yang merupakan sebuah aset yang bisa membuat anda dikenal dan dikenang orang banyak.

(18)

Jalan buntu, seperti yang kita bahas

sebelumnya,bahwa dengan kita menemukan jalan buntu dalam hidup kita otak kita cenderung berpikir bagaimana kita bisa menemukan jalan agar kita bisa sampai

ditempat tujuan kita.patutnya itu dirasakan oleh seorang ilmuan dunia yakni

ANAK KECIL DAN BATU KERIKIL

Disiang hari yang terik ada dua anak kecil yang sedang bermain kejar kejaran,setelah beberapa menit bermain memebuat mereka bosan dan jenuh..anak pertama bernama anger,lengkapnya “

(19)

Thomas alfa edison era gusmal jauh berbeda dengan thomas era syamsu rahim,mau tau beda nya.,.,.,..,let’s continue read this book

(20)

Thomas alfa edison

Ada 2 kunci kesuksesan siswa saat ini,sehingga mereka layak disebut thomas alfa edison..kunci pertama adalah berani mencoba kedua adalah tidak takut salah.beliave or not ,continue read this book!

Congrats...guys! anda masih bertahan membaca buku yang membosankan ini,keep spirit...guys!..orang itu bisa berhasil bukan karena tidak pernah kenal atau kesandung oleh yang namanya GAGAL dalam hidupnya,melainkan mereka tidak pernah menyerah berjuang dengan semangat,berani mencoba dan tidak takut salah.And The Last Is Spirit.Spirit Is Very

Important,hal ini jika tidak dimiliki oleh manusia maka mereka tidak akan pernah berbuat apa apa,bicara dan berpikir kreatif.

Saya ada beberapa cara agar anda tidak merasa bosan membaca buku saya,pertama tutup buku ini dan duduk lah dimeja belajar anda,lalu kerjakan pr anda,dan setelah itu coba anda realisasikan apa yang anda dapat dari buku ini.dan buatlah sebuah kalimat yang penuh makna yang anda dapat dari buku ini dibawah buku anda yang setelah anda membuat pr.dengan catatan anda tidak boleh melihat isi buku sebelumnya.Dan silahkan lanjut membaca greats students.!

(21)

ingin greats students sekalian membayangkan jika anda menjadi thomas alfa edison apa yang akan kalian lakukan? Dan saya juga ingin kalian dapat mencontoh thomas alfa edison dalam belajar ia tidak pernah sekolah formal sepeti kita,tapi dia bisa menciptakan suatu benda yang masih kita pergunakan sampai saat ini.kenapa kita kita tidak bisa seperti dia?kita sekolah disekolah formal dan kita sekolah pada masa teknologi sudah sangat canggih.bukankah,tuhan menciptakan segala sesuatu itu pasti memiliki hikmah,bukankah tuhan itu menciptakan kita untuk tetap berkreasi,bukankah tuhan itu

menciptakan manusia untuk bisa memanfaatkan potensi yang diberikan tuhan dalam diri nya dengan sebaik baiknya. Bahkan kita bisa lihat nyamuk yang sekecil itu ternyata memiliki kecepatan terbang melebihi kecepatan pesawat tempur canggih yang pernah ada.mari kita renungkan dan kita sama sama belajar!

Cerita ini berawal ketika saya ikut seleksi

olimpiade sains,kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 70 siswa,saking antusiasnya para peserta sudah

mempersiapkannya dari jauh jauh hari.termasuk saya,tapi hasilnya mungkin saya kurang beruntung ya greats students saya tidak lulus seleksi.

(22)

pengalaman.tidak lama setelah itu saya terpilih menjadi salah satu utusan sekolah untuk ikut seminar yang diselenggarakan oleh kabupaten,seminar ini membahas tema tentang cara meng-upgrade potensi dalam diri pelajar.seminar berlangsung selama 2 jam,narasumber banyak sekali membagikan tips tips dan menjelaskan bagaimana cara meng upgrade potensi diri.saya memperhatikan,hampir semua peserta sangat antusias dengan kegiatan ini.

Dalam pembicaraannya ada kalimat yang membuat saya benar benar terpukau azekk....! “teman teman sekalian jika anda telah sukses maka jangan pernah berhenti belajar,thomas alfa edison saja setelah sukses bisa menemukan bohlam masih tetap ingin belajar”(sebenarnya narasumber menyebutkan para ilmuan tapi biar nyambung sama judulnya saya ganti jadi thomas alfa edison.Gak napa kan?kalau judulnya para ilmuan nanti ngak menarik dan rancu).sekarang apa pelajaran yang bisa kalian ambil dari seorang albert eintain?penasaran?check this out!

(23)

mencoba mencoba dan mencoba,tidak peduli apa yang dikatakan orang orang.Kedua Ia tidak takut salah walaupun ia sudah berkali kali mencoba untuk

menemukan sebuah alat yang bisa digunakan oleh orang sepanjang masa.

Berani mencoba

Kunci pertama ialah harus berani mencoba apapun hasilnya.coba kita benar – benar perhatikan sebenarnya banyak calon – calon thomas alfa edison selanjutnya,kenapa saya berani bilang seperti itu,coba anda perhatikan begiru banyak pelajar zaman sekarang yang memiliki potensi tapi mereka tidak mau

mencoba,ya sih ada beberapa pelajar yang mau mencoba tapi,sudah berhasil sekali,ya sudah puas dengan hasil yang didapatkan.Maka dari itu saya berani menyebut anda calon calon thomas alfa edison.

Kenapa saya bilang begitu,sebenarnya ini sudah menjadi rahasia umum,begitu banyak pelajar zaman sekarang memiliki potensi tapi entah kenapa sudah berhasil sekali,sudah puas dengan apa yang telah

(24)

masalah seekor monyet atau apapun,tapi masalahnya adalah nyali.Nyali manusia itu ibaratnya hampir sama dengan nyali seekor monyet.uppss,.... sorry..!

Alasan yang paling penting adalah bagaimana caranya agar simoyet berani balik keladang sipetani,eh kok malah bahas monyet,.,.maaf...kembali ke

laptop...bagaimana caranya agar manusia manusia yang memiliki potensi itu bisa kembali berkreasi dan

mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.apakah anda tidak iri dengan monyet yang berhasil mendapatkan makanan kembali setelah awalnya dia takut gagal karena membayangkan seorang petani yang nantinya akan membunuh nya ?

Sikap berani mencoba adalah hal yang sangat penting dalam proses belajar individu,ia sih memang banyak resiko yang harus kita kesampingkan karena hal itu,seperti si monyet tadi ia bisa saja tertangkap oleh petani.akan tetapi,ketika mereka berhasil dan hasilnya itu memuaskan,maka akan muncul suatu kepuasan batin atas hasil yang didapatkannya.

come on students,..”jika tumbuhan itu layu itu karena tumbuhan itu kurang menjulurkan akarnya menuju sumber air”.satu satunya kunci adalah

(25)

beliau selalu gagal dalam mengajak umat untuk

memeluk islam,tapi beliau tidak mudah menyerah,beliau selalu mencari strategi dan selalu mengajak masyarakat mekah pada waktu itu untuk memeluk islam.Dan hasilnya bisa kita lihat sekarangkan,islam sudah berada dimana mana,islam sudah menjadi agama global,islam sudah menjadi acuan sebagian besar manusia pada zaman sekarang.so succsess for you greats students!

RIGHT PLACES AND RIGHT PEOPLE

Saya memiliki seorang sepupu,awalnya dia adalah anak yang bisa dibilang nakal.tapi semenjak dia masuk pesantren sifat serta kepribadian dia mulai berubah,berangsur ansur dia sudah mnjadi orang baik dan sekarang cara berpakaiannya pun sudah menutup aurat,bahkan sekarang dia sudah menjadi seorang penghafal alquran dan hafalannya bukan main main yakni 10 juz.setelah lulus,dia mendapat beasiswa S1 di al azhar university,sekarang di sudah lulus dengan predikat qumlaun,bukan hanya itu sekarang hafalannya sudah 20 juz dan itu hafalannya bisa dikatakan sudah kuat.

` kenapa itu bisa terjadi ? I think... itu terjadi karena RIGHT PLACES tadi,apabila seseorang berada di tempat baik maka orang itu kurang lebih juga akan baik pula.

(26)

diperkirakan oleh orang lain tidak memiliki masa depan yang baik tidak disangka sangka bisa berubah menjadi manusia yang memiliki akhlak yang baik.

Awalnya dia hanya berbekal modal nekad untuk masuk pesantren,dia sudah pasrah dengan keputusan orang tuanya,akhirnya dia dikirim kepesantren.dan sekarang dia bilang pada saya kalau bekal modal nekad yang dimiliki saat itu bisa mengantarknnya ke pintu kesuksesan seperti sekarang. Anda mau tau di bekerja dimana sekarang?,sekarang dia bekerja di kantor kedutaan RI untuk mesir.

Salah seorang teman SD saya dulu,ia adalah anak yang berasal dari keluarga yang agama nya bisa dibilang kuat.yes,.,.kalian benar ayahnya ustadz.dulu dia adalah acuan saya dalam setiap perbuatan saya dan sampai saya smp.tapi setelah smp dia berubah total,dia tidak lagi memakai jilbab,dia bergaul dengan orang orang yang sikapnya “kurang baik.”.sampai sampai acuan nya berubah.dia sudah ngak kenal lagi yang mananya salat,ngaji.sekarang dia lebih akrab dengan hal hal yang dilarang oleh agama.saya sudah berusaha mencoba untuk kembali membawa dia kembali pada jalan yang

(27)

Kenapa itu bisa terjadi? menurut saya itu terjadi karena 2 hal utama tadi yakni RIGHTPLACES AND RIGHT PEOPLE tadi,jika seseorang tidak menemukan 2 hal diatas tadi,tapi di malah menemukan kebalikannya maka kehidupannya yang awalnya adem ayem kata kita bisa berubah drastis menjadi manusia “kurang baik”.

Sialnya teman saya ini terlalu berpihak kepada hawa nafsu dan emosi belaka.coba perhatikan orang di didik di tempat yang baik dan dikelilingi oleh orang yang baik pula maka insya allah hidup nya pasti akan tetap baik,tapi itu dikembalikan kepada manusianya sendiri.

YE...TAS BARU

Pagi ini gelagat ayah sangat aneh,entah kenapa dia mondar mandir ngak tentu arah,saya penasaran kenapa ayah saya bertingkah aneh hari ini,akhirnya saya bertanya”yah kenapa sih dari tadi mondar mandir terus?.”ha,ngak ayahcuma lagi mikirin sesuatu.setelah itu saya pergi belajar kelompok dengan teman

saya,karena besok ada ulangan matematika.

(28)

saya cerita setelah saya tau kalau beliau membelikan saya tas.

Guys itu juga disebut dengan right place,kenapa dikatakan right place,jika saja ayah itu tidak menaruh tas itu diatas tempat tidur saya,saya tidak akan tau kalau saya dibelikan tas baru oleh ayah.dan ayah tidak bisa memberikan kejutan kepada saya.garing ya? Ngak penting,yang penting itu pelajaran yang dapat dipeti dari cerita itu.

RUNCINGKAN PENSIL MU.

Kalau saya diminta untuk membuat beberapa gambar yang bagus dengan sebuah pensil,pastilah saya akan meraut pensil terlebih dahulu.anda mau tau kenapa? Karena sangat tidak mungkin pensil yang tumpul bisa membuat gambar yang bagus dan jelas.jika pensil itu tidak diraut pastilah kualitas gambar nya tidak akan bagus.

Ternyata albert enistain manusia jenius dalam sejarah telah menerapkan hal ini.dikatakan begitu karena dalam percobaannya thomas alfa edison selalu

(29)

Pelajaran kedua yang kita dapat dari seorang thomas alfa edison adalah tidak takut salah dalam mencoba teori teorinya.thomas saja tidak takut salah dalam mencoba teori teorinya nah kita kapan?masa kita tidak bisa melakaukan hal seperti yang dilakukan oleh thomas alfa edison.semoga anda bisa terbangun dari tidur panjang anda dan segeraa bertaubat karena telah menyia nyiakan waktu.

Ketika saya bertanya kepada seorang ibu - ibu kenapa,”bu kenapa ibu memutuskan untuk

memberhentikn anak ibu sekolah? Lalu dia

menjawab”untuk apa anak perempuan itu disekolahkan tinggi tinggi toh nantinya juga akan ngurus rumah. Saya tercengang mendengar jawaban ibu itu.ada jawaban yang lebih parah lagi”eh nak ngapain nanya nanya saya urus aja diri sendiri jangan urus hidup saya,mau anak saya sekolah atau ngak itu urusan saya.toh nantinya belum tentu anak saya jadi pns.

Itulah pendapat sebagian orang tentang sekolah pada zaman yang sudah modern ini,pendapatnya masih kuno,pola pikir nya kuno,dan usaha untuk sukses nya pun masih kuno.mungkin anda berfikiran “saya ngak gitu kok,jangan jangan lho ya? Saya sangat yakin kalau anda yang membaca buku ini tidak lah seperti

(30)

Tentu saja kita semua berkeinginan untuk sukses dalam belajar.parameter sukses dalam belajar itu bisa kita tinggi rendahkan sendiri.dalam buku yang sederhana saya bisa berpesan kepada greats students

semuanya.pertama,untuk menjadikan diri anda lebih besar maka lapangkanlah hati anda untuk belajar dari apa yang ada disekeliling anda..kedua,jangan pikir 2 kali untuk mencoba atas apa yang anda pelajari.

SUDAH MENCOBA TAPI MASIH GAGAL

Apakah anda adalah seseorang yang maniak terhadap hal hal baru? Jika ya,congrats anda calon bintang.jika anda sudah rajin mencoba ikut ini ikut itu tapi ngak ada hasilnya? Kunci nya hanya sabar dan mencoba mencoba dam mencoba apa yang telah anda rencanakan.

“kualitas diri anda ditentukan dari apa yang anda lakukan,kualitas yang anda tunjukkan akan lebih sempurna jika anda berhasil melakukan hal hal baru dalam hidup anda”

DARI READERS JADI WRITERS

(31)

membaca tapi bacaan yang saya mau baca itu tidak ada,tapi itu tidak menjadi bau penghalang yang begitu berarti bagi saya karena yang pantas saya baca ya saya baca.seorang siswa kelas 10 di salah satu sma favorit di sumatera barat,siswa ini tidak mengalami nasib yang sama dengan siswa lainnya.oleh karena nya dia harus hidup pas pasan di lingkunganyang seharusnya dia tidak melakukan hal hal itu.

Kalau dilihat sekilas gaya hidup saya hampir sama dengan siswa lainnya,akan tetapi kalau orang betul betul mencari tau tentang diri saya,kalian akan

tercengang dengan diri saya.tapi satu hal yang saya tetapi lakukan adalah tetap belajar dan rajin melakukan hal hal baru yang baru saya temukan.

(32)

Mungkin kalian merasa heran dengan sub tema yang saya buat kali ini,tapi itulah yang saya alami.ketia saya berada di pertengahan bangku sekolah tepatnya

(33)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...