BAB 2 LANDASAN TEORI - Aplikasi Kamus Digital Bahasa Batak – Indonesia –Inggris Menggunakan Visual Basic 6.0

Teks penuh

(1)

BAB 2

LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung. Kata com berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara manual. Sedangkan kata putare

adalah memikirkan perhitungan atau menggabungkan. Dalam bahasa asing dikatakan sebagai komputer, di mana asal keterangannya adalah to compute yang artinya hitung.

Menurut V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5 Edition. Mc Graw-Hill, 2011). Komputer adalah mesin penghitung

elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dalam memorinya dan menghasilkan output berupa informasi.

Menurut Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to

Information System 1985-1986 (2cd Edition. John Wiley & Sons, 1985). Komputer adalah suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:

1. Menerima input

(2)

4. Menyediakan output dalam bentuk informasi

Menurut William M. Fouri, Introduction to the Computer. The Tool of Business (3 Edition. Prentice Hall, 1998). Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

2.2 Pengertian Program Aplikasi

Program adalah kombinasi yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer. Dalam pembuatan program tidak dapat terlepas dari tata penulisan sintaks yaitu aturan gramatikal yang mengatur tata cara penulisan kata, ekspresi dan pernyataan. Selain itu, sintaks juga berperan dalam penulisan program yaitu aturan untuk meyatakan suatu arti agar dapat dieksekusi dan menghasilkan output yang sesuai dengan yang diinginkan. (Sutejo, Budi dan AN, Michael: 2000).

(3)

Jadi program aplikasi adalah program siap pakai. Program yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain. Aplikasi akan menggunakan sistem operasi (OS) komputer dan aplikasi lainnya yang mendukung.

2.3 Pengertian Kamus Digital

Kamus digital lebih mengutamakan pada fasilitas pengolah kata elektronis, yaitu sebuah fasilitas yang memungkinkan aplikasi pengolah kata memeriksa ejaan dari dokumen yang diketik. Hal ini dapat meminimumkan kemungkinan salah eja atau salah ketik. Di negara-negara maju, pengguna fasilitas pengolah kata elektronis sangat umum, sehingga menjadi salah satu indikator pemilihan terhadap pengolah kata yang hendak dipakai (Rinarizky, 2007).

(4)

2.4 Pengertian Database

Database merupakan sekumpulan file yang saling terkait dan membentuk suatu bangun data. Database minimal terdiri dari satu file yang cukup untuk dimanipulasi oleh komputer sedemikian rupa (Priyano Dwi Widodo). Database juga merupakan metode utnuk mengelola file terpadu yang menampung sekumpulan informasi dan diorganisir sedemikian rupa, sehingga informasi tersebut mudah dikelola dan siap tersedia setiap dibutuhkan oleh user.

2.5 Data

Bambang Wahyudi (2003, hal: 1) menyatakan bahwa kata data diambil dari bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Yunani datum yang berarti fakta. Bentuk jamak dari datum adalah data. Jadi, data adalah suatu nilai mentah yang tidak memiliki arti

apa-apa, apabila dia berdiri sendiri. Data juga dapat diartikan sebagai deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai.

(5)

dalam proses komputer yaitu terdiri dari angka nol atau satu. Data dapat diolah sehingga menghasilkan informasi (Priyono Dwi Widodo).

2.6 Data Flow Diagram (DFD)

Data Flow Diagram (DFD) merupakan alat bantu yang dapat digunakan untuk menggambarkan aliran data informasi dan transformasi (proses) dari data dimulai dari pemasukan data sampai menghasilkan keluaran (output) data. Adapun simbol-simbol dari Data Flow Diagram yaitu:

Tabel 2.1 Simbol-Simbol DFD

No Gambar Nama Fungsi

1 Kesatuan Luar

(External Entity)

(6)

2 Proses (Process) Kegiatan dari hasil suatu arus data yang masuk dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar atau untuk mengubah input menjadi output.

3 Aliran Data (Data

Flow)

Data mengalir melalui sistem, dimulai dengan sebagian input dan diubah atau diproses menjadi output.

4 Penyimpanan Data

(Data Storage)

(7)

2.7 Data Flow Diagram (DFD) Diagram Konteks dan Level Nol

Diagram konteks adalah diagram yang terdiri dari suatu proses dan menggambarkan ruang lingkup suatu sistem. Diagram konteks merupakan level tertinggi dari DFD (Data Flow Diagram) yang menggambarkan seluruh input ke sistem atau output dari sistem.

Diagram nol adalah diagram yang menggambarkan proses dan data flow diagram. Diagram nol memberikan pandangan secara menyeluruh mengenai sistem yang ditangani, menunjukkan fungsi-fungsi utama atau proses yang ada, aliran data dan eksternal entity menunjukkan tentang fungsi-fungsi utama atau proses yang ada, aliran data dan eksternal entity.

2.8 Flowchart

(8)

Tabel 2.2 Simbol-Simbol Flowchart

No Simbol Fungsi

1 Terminator, untuk memulai dan mengakhiri suatu

program

2 Process, suatu simbol yang menunjukkan setiap

pengolahan yang dilakukan oleh komputer

3 Data, untuk memasukkan data maupun

menunjukkan hasil dari suatu proses

4 Decision, suatu kondisi yang akan menghasilkan

beberapa kemungkinan jawaban atau pilihan

5 Preparation, suatu simbol untuk menyediakan

tempat-tempat pengolahan data dalam storage

6 Connector, merupakan simbol untuk masuk dan

(9)

7 Off-page Connector, merupakan simbol untuk masuk dan keluarnya suatu prosedur pada lembar kertas yang lain

8 Arus atau flow, prosedur yang dapat dilakukan dari atas atau ke bawah, bawah ke atas, dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri

9 Document, merupakan simbol untuk data yang

berbentuk informasi

10 Predefined Process, untuk menyatakan sekumpulan

langkah proses yang ditulis sebagai prosedur

11 Display, untuk output yang ditujukan suatu device, seperti monitor

(10)

2.9 Pengenalan Microsoft Visual Basic 6.0

Microsoft Visual Basic adalah sebuah sarana pembuat program yang mudah dan lengkap. Bahasa Pemrograman adalah perintah-perintah atau instruksi yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Microsoft Visual Basic selain disebut sebagai sebuah bahasa pemrograman, juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program-program aplikasi berbasis Windows. (Adi Kurniadi, 2005).

Microsoft Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memungkinkan para programmer untuk membuat aplikasi yang berbasis Windows dengan sangat mudah. Dalam pengembangan aplikasi, Visual Basic menggunakan pendekatan visual untuk merancang user interface atau tampilan dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan bahasa basic yang cenderung mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula maupun developer.

2.10.1 IDE Microsoft Visual Basic

(11)

Bar, Menu Bar, Tool Bar, Tool Box, Jendela Properties, Jendela Project, Jendela Pengkodean, Jendela Form, Jendela Form Layout.

Tampilan jendela Visual Basic adalah sebagai berikut:

properties

title bar menu bar tool bar project explorer

jendela code tool box

form window

(12)

Keterangan gambar:

1. Title Bar, merupakan batang jendela dari program Visual Basic 6.0 yang terletak pada bagian paling atas dari jendela program yang berfungsi untuk menampilkan judul atau nama jendela. Selain itu juga berfungsi untuk memindahkan posisi jendela dengan menggunakan drag and drop pada posisi title bar tersebut dan untuk mengatur jendela dari ukuran minimize ke ukuran

restore ataupun sebaliknya dengan melakukan klik ganda pada posisi title bar

tersebut.

2. Menu Bar, merupakan untuk memilih tugas-tugas tertentu seperti menyimpan project, membuka project, dll. Menu Bar berisi semua perintah Visual Basic

yang dipilih untuk melakukan tugas tertentu. Isi dari menu ini sebagian besar hampir sama dengan program-program Windows pada umumnya. (Adi Kurniadi, 2005).

3. Toolbar, merupakan sebuah batang yang berisi kumpulan tombol yang terletak dibagian bawah menu bar atau terdapat di dalam menu bar (shortcut) yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah memanipulasi project. Pada kondisi default program Visual Basic hanya menampilkan toolbars standar. Namun dapat pula diatur sesuai dengan keinginan kita sendiri.

(13)

file berakhiran vbp, di mana file ini berfungsi untuk menyimpan seluruh komponen program. Apabila membuat suatu program aplikasi baru maka secara otomatis project tersebut akan diisi dengan form baru. Dalam jendela project explorer ditampilkan suatu struktur hirarki dari sebuah project itu

sendiri yang berisi semua item yang terkandung di dalamnya.

5. Jendela Toolbox, jendela ini berisi semua objek atau kontrol yang dibutuhkan untuk membentuk suatu program aplikasi. Kontrol adalah suatu objek yang akan menjadi interface (penghubung) antara aplikasi dan usernya, kesemuanya harus diletakkan di dalam jendela form.

2.10.2 Konsep Dasar Pemrograman Dalam Visual Basic 6.0

Konsep dasar Visual Basic 6.0 adalah pembuatan form dengan mengikuti aturan pemrograman Property, Metode dan Event. Adapun maksud dari ketiga urutan tersebut adalah sebagai berikut:

(14)

bisa diatur melalui jendela properti, sedangkan nilai properti yang lain bisa diatur melalui script.

2) Metode: Bahwa jalannya program dapat diatur sesuai dengan aplikasi menggunakan metode pemrograman yang diatur sebagai aksi dari setiap komponen. Metode ini merupakan tempat mengekspresikan logika pemrograman dari pembuatan suatu program aplikasi.

3) Event: Suatu komponen dapat beraksi melalui event, seperti event klik pada command buttom yang tertulis pada layar script Command1_Click atau event Mouse Down pada picture yang tertulis dengan Picture_Mouse Down. Pengeluaran event dari setiap komponen yang akan menjalankan semua metode yang akan dimuat.

2.11 Pengenalan Microsoft Access

Microsoft Access adalah salah satu aplikasi Microsoft Office Suite. Microsoft Access diciptakan untuk membuat dan menangani suatu database. Secara sederhana database dapat diungkapkan sebagai suatu pengorganisasian data dengan komputer yang memungkinkan data dapat diakses dengan mudah dan cepat. Dengan kata lain database dapat menghasilkan data maupun manipulasi data seperti menambah dan

(15)

Window Database menampilkan objek-objek yang ada dalam suatu database pada Visual Data Manager. Terdapat 7 tipe objek, yaitu: tables, queries, forms, reports, pages, macros dan modules. Setiap database harus berisi minimal satu tabel

dan beberapa objek lain.

Tabel adalah komponen dasar database. Suatu tabel dibentuk oleh beberapa record, di mana satu record dibentuk oleh beberapa field. Visual Data Manager menyediakan beberapa cara untuk menampilkan suatu tabel, yaitu Datasheet View dan Design View. Datasheet View digunakan untuk menambah, mengubah dan menghapus record suatu tabel. Sedangkan Design View digunakan untuk membuat dan memodifikasi tabel dengan mendefinisikan field name, field type dan property field. Field type adalah tipe field dari kata yang akan disimpan. Field length adalah

contoh dari field properties. Baris pertama tabel menampilkan field name. Setiap baris berisi satu record. Setiap kolom mewakili satu field. Setiap record dalam suatu tabel berisi sejumlah field yang sama susunan field name yang sama juga.

(16)

Figur

Tabel 2.1 Simbol-Simbol DFD

Tabel 2.1

Simbol-Simbol DFD p.5
Tabel 2.2 Simbol-Simbol Flowchart

Tabel 2.2

Simbol-Simbol Flowchart p.8
Gambar 2.1 IDE Visual Basic

Gambar 2.1

IDE Visual Basic p.11

Referensi

Memperbarui...