Bahan Ajar Tema 4 Subtema 2 Pemb 1

Teks penuh

(1)

Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Cilangkap Kelas / semester : IV (empat) / 1 (gasal) Tema : 4. Berbagai Pekerjaan Sub Tema : 2. Pekerjaan di Sekitarku

Pembelajaran : 1 (Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS) Alokasi waktu : 1 Hari (7 x 35 menit)

KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN

KOMPETENSI Bahasa Indonesia

3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).

Bahasa Indonesia

3.5.1 Menganalisis isi teks narasi. 3.5.2 Menyusun isi teks narasi.

(2)

sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi

4.3 Menyajikan hasil identifikasi

kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi

1. Melalui membaca teks “Pak Welly Kepala Sekolah”, peserta didik dapat menganalisis isi teks narasi dengan tepat.

2. Melalui membaca teks “Pak Welly Kepala Sekolah”, peserta didik dapat menyusunisi teks narasi dengan tepat.

3. Melalui membaca teks “Pak Welly Kepala Sekolah”, peserta didik dapat menuliskan tanggapan pribadi tentang isi teks narasi dengan bahasa santun. 4. Melalui membaca teks “Pak Welly Kepala Sekolah”, peserta didik dapat

menceritakan tanggapan pribadi tentang isi teks narasi dengan lantang. 5. Melalui membaca teks “Seorang Nelayan”, peserta didik dapat

menyebutkan cara menangkap ikan dengan tepat.

6. Melalui membaca teks “Seorang Nelayan”, peserta didik dapat menganalisis pengaruh cara menangkap ikan terhadap sumber daya alam dengan tepat. 7. Melalui mencermati gambar cara mencari ikan, peserta didik dapat

menentukan teknologi ramah lingkungan untuk mencari ikan dengan tepat. 8. Melalui mencermati gambar cara mencari ikan, peserta didik dapat

menentukan dampak teknologi tidak ramah lingkungan untuk mencari ikan terhadap sumber daya alam dengan tepat.

(3)

BAHAN AJAR UTAMA

Teks Narasi

11. Melalui mencermati gambar kegiatan ekonomi proses distribusi ikan, peserta didik dapat menyimpulkan pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa dengan tepat.

12. Melalui mencermati gambar kegiatan ekonomi proses distribusi ikan, peserta didik dapat mengidentifikasikan jenis pekerjaan pada proses distribusi ikan sampai pada konsumen dengan tepat.

13. Melalui presentasi di depan kelas, peserta didik dapat mengkomunikasikan hasil dari pekerjaan pada proses distribusi ikan sampai pada konsumen dengan lantang.

Setiap orang memiliki tujuan saat bekerja. Banyak yang memiliki tujuan yang mulia saat memilih suatu pekerjaan. Tujuan tersebut bisa bermanfaat untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan banyak orang. Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang bekerja untuk kepentingan orang lain? Salah satu pekerjaan mulia yang berhubungan langsung dengan kepentingan banyak orang adalah guru.

(4)

negara Indonesia. Seorang guru juga akan bersungguh-sungguh mendukung muridnya meraih prestasi.

Bacalah cerita di bawah ini dalam hati!

Setiap teks cerita memiliki bagian masing-masing. Ada bagian yang mengisahkan cerita sedih. Ada juga bagian yang mengisahkan cerita bahagia. Setiap orang tentu memiliki bagian cerita yang disukai. Kita juga bisa menentukan bagian cerita yang

(5)

Teknologi Menangkap Ikan

disukai. Setelah itu, kita bisa memberikan pendapat tentang bagian cerita yang disukai. Berikan pendapatmu tentang cerita Pak Welly, Kepala Sekolahku!

Setiap pekerjaan membutuhkan usaha dan keuletan. Termasuk kerjaan sebagai nelayan. Nelayan juga membutuhkan pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pekerjaanya. Salah satu teknologi yang dibutuhakn nelayan yaitu teknologi untuk menangkap ikan. Teknologi yang digunakan untuk menangkap ikan yaitu teknologi tradisional dan modern. Ayo cermati teks berikut!

1. Teknologi tradisional

(6)

tersebut berlayar dengan

a. Jala atau jaring: Alat ini dibentangkan ke dalam laut untuk menangkap ikan-ikan kecil. Jala atau jaring hanya terbuat dari bahan serat tumbuhan atau hewan.

b. Alat pancing: Alat pancing tradisional terbuat dari kayu yang dikaitkan dengan tali dan mata pancing. Pancing dipasang menetap di perairan kemudian ditarik jika ikan sudah tertangkap.

c. Bubu: Alat ini terbuat dari bambu yang dianyam berbentuk bualn panjang. Bubu ditenggelamkan di dasar sungai atau laut.

d. Tombak: Alat ini terdiri dari sebatang kayu, tali penarik, dan mata tombak. Tombak dilemparkan ke dalam air kemudian tali penarik ditarik jika sudah mendapatkan ikan.

2. Teknologi modern

(7)

a. Radar: Alat ini digunakan untuk mendeteksi kumpulan ikan. Alat ini membantu nelayan menemukan perairan yang terdapat banyak ikan.

b. Pukat: Alat ini berupa jaring yang sangat besar dengan pelampung di bagian atas dan pemberat di baguan bawah serta ditarik dengan katrol. Pukat dapat menjaring ikan lebih banyak dibandingkan jaring tradisional.

c. Racun: Zat pelemas ikan yang terbuat dr tumbuhan atau bahan kimia. Penggunaan racun dilarang karena dapat membahayakan lingkungan.

d. Bom: Bahan peledak yang diledakkan di dalam laut untuk menangkap ikan. Penggunaan bom juga dilarang karena dapat menimbulkan kerusakan lingkungan.

Penggunaan teknologi dalam menangkap ikan memiliki dampak bagi nelayan dan lingkungan. Dampak penggunaan teknologi tradisional berbeda dengan penggunaan teknologi modern. Berikut dampak positif dan negatif penggunaan teknologi tradisional dan modern.

(8)
(9)

Kegiatan Ekonomi

Sedih melihat sekarang ini banyak yang menangkap ikan dengan pukat harimau dan bahan peledak. Apakah kamu setuju dengan pengambilan ikan dengan cara tersebut? Ayo diskusikan dengan temanmu!

(10)

Aktivitas jual beli hasil laut lebih mendominasi kegiatan ekonomi di daerah pesisir. Nelayan sebagai produsen menangkap ikan di laut untuk menghasilkan barang dagangan. Kemudian nelayan membawa hasil tangkapan ke tempat pelelangan ikan. Kegiatan ini termasuk ke dalam kegiatan produksi.

Para nelayan menitipkan ikan hasil tangkapannya di tempat pelelangan ikan. Kemudian hasil tangkapannya diantarkan ke pasar atau ke pabrik pengolahan ikan. Kegiatan mengantar dan memperjualbelikan ikan ini termasuk kegiatan distribusi. Ikan yang sampai di pasar dibeli oleh konsumen. Kemudian, ikan tersebut diolah konsumen menjadi lauk. Kegiatan pengolahan dan memakan hasil olahan ikan termasuk kegiatan konsumsi.

Kegiatan ekonomi sangat berkaitan dengan aktivitas jual beli. Aktivitas jual beli adalah tindakan menukar uang dengan barang atau jasa. Penukaran dilakukan dengan barang atau jasa yang memiliki nilai ekonomi sama. Setiap barang atau jasa yang dijual bisa ditukar dengan uang yang nilainya disepakati penjual dan pembeli. Apakah kamu dapat menyebutkan contoh yang kamu temui di sekitarmu kegiatan jual beli yang berkaitan dengan barang dan jasa?

(11)

untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Secara umum, kegiatan ekonomi dapat dikelompokkan menjadi produksi, distribusi, dan konsumsi.

1. Produksi

Produksi merupakan kegiatan menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Kegiatan produksi dilakukan oleh produsen. Bagi produsen barang, kegiatan mereka adalah memanfaatkan atau mengambil sumber daya. Kemudian sumber daya diolah menjadi barang jadi atau setengah jadi. Misalnya bercocok tanam, membuat sepatu, dan merakit dilalukan oleh distributor. Distribusi yang dilakukan mencakup kegiatan pengiriman atau jual beli. Ada beberapa macam barang dalam jumlah besar kemudian menjualnya kepada pedagang kecil (pengecer).

c. Pedagang eceran (pengecer), yaitu orang yang menjual barang dagangannya langsung kepada konsumen dalam jumlah kecil.

3. Konsumsi

(12)

BAHAN AJAR REMIDIAL

Teks Narasi

dilakukan oleh konsumen. Untuk memenuhi kebutuhannya, konsumen melakukan permintaan kepada produsen dan distributor. Permintaan konsumen tersebut berguna untuk menentukan barang atau jasa yang diberikan.

(13)

Teknologi Menangkap Ikan

(14)

Kegiatan Ekonomi

BAHAN AJAR PENGAYAAN

(15)

Kita sudah mempelajari teknologi menangkap ikan dan dampaknya bagi lingkungan. Teknologi modern memiliki dampak negatif jika digunakan secara berlebihan. Agar ekosistem laut tetap terjaga, nelayan perlu menggunakan teknologi secara bijak. Misalnya, kapal modern dan perahu kayu digunakan secara bergantian. Dengan begitu, pencemaran air laut akibat bahan bakar kapal modern dapat dikurangi.

Nelayan harus memperhatikan prinsip dasar penangkapan ikan yaitu tidak merusak ekosistem laut. Sebaiknya, nelayan menangkap ikan yang sudah besar dan melepaskan anak ikan. Agar kelestarian ekosistem laut terjaga, nelayan dapat menggunakan teknologi ramah lingkungan. Berikut contoh-contoh alat penangkapan ikan ramah lingkungan.

(16)

Kita sudah belajar tentang kegiatan ekonomi pada proses jual beli ikan. Masih banyak contoh kegiatan ekonomi lainnya yang ada di lingkungan sekitar. Kita dapat membuat laporan tentang kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar. Kita dapat menulis laporan seperti berikut.

(17)
(18)

BAHAN AJAR KO-KURIKULER

Peserta didik berkeliling disekitar halaman sekolah. Semuanya berhenti di depan kantin.

Perhatikan salah satu makanan yang ada dikantin.

Diskusikan dengan kelompokmu asal makanan tersebut dan bagaimana sampai ke kantin dan catatlah.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...