• Tidak ada hasil yang ditemukan

Aplikasi Pendaftaran Online Di RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah Berbasis Android

N/A
N/A
Info

Unduh

Protected

Academic year: 2021

Membagikan "Aplikasi Pendaftaran Online Di RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah Berbasis Android"

Copied!
10
26
0
Menampilkan lebih banyak ( Halaman)

Teks penuh

(1)

Aplikasi Pendaftaran Online

Di RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah Berbasis Android

Marjuni, Edi Kurniawan, Muhammad Rizal, Hendra Septiadi Windarto S1 Teknik Informatika | STMIK El Rahma Yogyakarta | 2017

Intisari

Aplikasi pendaftaran online di RSJD Dr. RM Soedjarwadi berbasis android dibuat untuk meningkatkan kinerja pendaftaran secara online yang dalam prosesnya pasien diharuskan mengambil nomor antrian terlebih dahulu di lokasi pelayanan, kemudian menunggu nomor antrian untuk dipanggil. Sehingga dalam rentang waktu tersebut, sebagian besar aktifitas pasien adalah menunggu yang berakibat menimbulkan kejenuhan. Hal itu tidak efisien dikarenakan waktu yang bisa digunakan untuk istirahat atau kegiatan lain habis untuk menunggu. Dari permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu teknologi untuk memudahkan pasien dalam melakukan pendaftaran. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan software Eclipse ADT dengan bahasa pemrograman yaitu PHP, HTML, XML, Java serta menggunakan database Php MyAdmin. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah terciptanya suatu aplikasi pendaftaran online yang digunakan untuk melakukan pendaftar online pasien.

Kata kunci : aplikasi berbasis android

Abstract

Online application in RSJD Dr. RM Soedjarwadi based on android made to improve the performance of the online registration process that the patients are required to take a queue number in advance in location service, then wait queue number to be called. So in the meantime, most of the activities of the patients are waiting for that result lead to saturation. It is inefficient due to the time that can be used to break or other activities discharged to wait. Of these problems, we need a technology to enable patients to register. This application was developed using the Eclipse ADT software with the programming language PHP, HTML, XML, Java and uses the database Php MyAdmin. The results achieved in this research is the creation of an online application that is used to perform online patient registries.

(2)

I. Pendahuluan A. Latar Belakang

Perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini sangat pesat. Tidak terkecuali bidang layanan kesehatan. TIK dimanfaatkan untuk kegiatan dari mulai administrasi, diagnosa,rekam medik, sampai dengan kegiatan pengobatan.Saat ini semakin banyak alat untuk menyampaikan dan menerima sebuah informasi, salah satunya dengan memanfaatkan smartphone. Salah satu mobile device yang banyak digunakan saat ini adalah smartphone berbasis android. Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler s eperti smartphone dan komputer tablet. Android banyak digunakan karena menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptkan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai macam peranti bergerak. Dalam perkembangannya android merupakan subset perangkat lunak yang meliputi sistem operasi, middleware, dan aplikasi kunci yang dirilis oleh google. RSJD Dr. RM SOEDJARWADI, merupakan rumah sakit milik Pemerintah Daerah ProvinsiJawa Tengah. Rumah sakit ini memiliki peralatan modern, seperti mikroskopik dan analisis stresor.

Pendaftaran pasien berobat merupakan proses dasar yang penting dalam aktivitas yang terjadi di rumah sakit. Dalam prosesnya, pasien diharuskan mengambil nomor antrian terlebih dahulu di lokasi pelayanan, kemudian menunggu nomor antrian untuk dipanggil. Sehingga dalam rentang waktu tersebut, sebagian besar aktifitas pasien adalah menunggu yang berakibat menimbulkan kejenuhan. Hal itu tidak efisien dikarenakan waktu yang bisa digunakan untuk istirahat atau kegiatan lain habis untuk menunggu. Dari permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu teknologi untuk memudahkan pasien dalam melakukan pendaftaran

B. Tinjauan Teori

Rumah sakit adalah bagian yang sangat penting dari suatu system kesehatan. Dalam jejaring kerja pelayanan kesehatan, rumah sakit menjadi simpul utama yang berfungsi sebagai pusat perujukan. Rumah sakit adalah organisasi yang bersifat padat karya, padat modal, padat teknologi, dan padat keterampilan (Soedarmono,S, dkk, 2000).

Widya Agnesia Hutagaol, dkk (2013) dari jurusan D3 manajemen informatika fakultas ilmu terapan universitas Telkom yang berjudul Aplikasi Peminjaman Sepeda berbasis web dan android di universitas Telkom. Penelitiannya menjelaskan bahwa dalam proses peminjaman sepeda masih terdapat banyak masalah pada sistem pencatatan kertas yang digunakan oleh kantor pencatatan sepeda. Untuk itu diperlukan adanya aplikasi peminjaman sepeda yang berbasis web dan android.

Kenneth Y. R. Palilingan dkk(2014) dari Jurusan Teknik Elektro-FT, UNSRAT, Manado yang berjudul Registrasi Calon Siswa Baru Berbasis Mobile Android di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Manado. Penelitian ini bertujuan untuk membantu calon siswa baru untuk melakukan pendaftaran menggunakan perangkat mobile dan membantu pihak sekolah untuk sekolah untuk mengolah data pendaftaran.

Saly Tiara Utama (2013) dari Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma Palembang yang berjudul Implementasi Sistem Penerimaan Siswa Baru Online Pada SMP N 53 Palembang. Peneliti berkeinginan mengimplementasikan sistem PSB online pada SMP Negeri 53 Palembang, yang nantinya diharapkan membantu bagi calon siswa melakukan pendaftaran.

(3)

Jeckson Silitonga dkk (2012) dari Teknik perangkat Lunak, Fakultas Teknik, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang Kepulauan Riau yang berjudul Pendaftaran Mahasiswa Baru Berbasis Mobile. Penerapan teknologi ini diaplikasikan kedalam pendaftaran mahasiswa baru berbasis mobile dengan metode J2ME (Java 2 Platform Micro Edition), dengan tujuan calon mahasiswa baru dapat mengakses system melalui handphone, yang diterapkan di Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Nanang Aryanto (2013) dari Jurusan S1 Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang berjudul Aplikasi mobile berbasis android untuk Administrasi Pemeriksaan Poliklinik Rawat Jalan di RSUD Kota Salatiga. Penelitiannya dengan adanya teknologi ini nanti diharapkan data tersebut dapat diolah secara terkomputerisasi/online.

C. Cara Penelitian

1. Waktu Dan Tempat Penelitian

Penelitian dilakukan selama 2,5 ( dua setengah) bulan mulai tanggal 27 Oktober 2016 di RSJD Dr. RM Soedjarwadi Klaten Jawa Tengah, sedangkan data yang akan digunakan dan dibutuhkan dalam penelitian ini secara langsung peneliti kumpulkan dari tempat tersebut

2. Jenis dan Sumber Data

Jenis dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh dengan 2 (dua) cara yakni: a. Data Primer

Data ini merupakan data yang diproleh langsung dari tempat penelitian secara observasi.

b. Data Sekunder

Data ini merupakan data yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan wawancara.

3. Metode Pengumpulan Data

Dalam melakukan penelitian penulis mengambil data dengan menggunakan 3 (tiga) metode sebagai berikut:

a. Observasi

Dimana data dikumpulkan dengan cara mengamati secara langsung dilapangan atau obyek penelitian.

b. Wawancara

Penulis mengadakan tanya jawab kepada beberapa pegawai Rumah Sakit yang terlibat langsung dengan obyek penelitian.

(4)

4. Metode perancangan sistem

Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode analisis dan desain sistem terstruktur (structured sistem analisys and design) dengan tehnik penggabungan dua pendekatan yaitu pendekatan pendekatan terstruktur.

Adapun tahapan – tahapannya adalah sebagai berikut: a. Rekayasa sistem (engineering sistem)

Hal yang penting dilakukan ketika perangkat lunak harus berkomunikasi dengan perangkat keras, orang dan basis data yaitu mengetahui elemen-elemen yang hendak dialokasikan kedalam perangkat lunak. Rekayasa sistem menekankan pada pengumpulan kebutuhan pada level sistem dengan sedikit perancangan dan analisis.

b. Analisa (analysis)

Menganalisis dari data yang ada serta mengumpulkan kebutuhan - kebutuhan yang akan dibangun.

c. Desain (design)

Perancangan ini menggunakan pendekatan sistem berupa Use Case usulan, analisa dokumen, relasi antar table, rancangan input output, rancangan data, rancangan procedural dan rancangan antar muka.

d. Penulisan program (coding)

Selanjutnya mengubah desain menjadi bentuk yang dimengerti oleh system android. Maka dilakukan penulisan jika desainnya detail maka penulisan program dapat dicapai.

e. Pengujian (testing)

Pengujian dapat dimulai dengan menfokuskan pada logika internal dari perangkat lunak.

f. Pemeliharaan (maintenance)

Perangkat lunak yang sudah jadi mungkin ditemukan kesalahan atau ada hal baru yang akan ditambah, maka tahap pengembangan dilakukan dimasa pemeliharaan.

D. Hasil dan Pembahasan

Setelah melakukan analisis dan perancangan maka untuk tahap selanjutnya yaitu implementasi sistem. Tujuan dari tahap implementasi ini adalah menyiapkan semua kegiatan penerapan sistem sesuai dengan rancangan yang telah ditentukan, dalam hal ini berupa aplikasi yang berjalan pada perangkat mobile berbasis android.

Menu Utama berisikan navigasi yang berguna untuk mengarahkan pengguna dalam menjalankan aplikasi. Berikut ini merupakan tampilan menu utama:

(5)

Gambar 1 Menu Utama

Menu daftar berisikan navigasi yang berguna untuk menuntun pengguna dalam mengisi form pendaftaran. Berikut ini merupakan tampilan menu daftar:

(6)

Gambar 4 Menu daftar Gambar 5 Menu daftar

Menu daftar berisikan navigasi yang berguna untuk menuntun pengguna dalam mengisi form Login.

Gambar 6 Menu login user/pasien

Menu dokter ini berisikan jadwal dokter poliklinik di RSJD Dr. RM. Soedjarwadi. Berikut ini merupakan tampilan menu dokter:

(7)

Gambar 7 Menu dokter

Menu RSJD ini berisikan tentang profil, berita, kegiatan serta gallery RSJD Dr. RM.Soedjarwadi Klaten Jawa Tengah. Berikut ini merupakan tampilan menu RSJD:

Gambar 8 Menu Profil RSJD Gambar 9 Menu Profil RSJD

(8)

Gambar 10 Menu Profil RSJD

Menu Klinik ini berisikan tentang daftar polikliinik yang akan dituju pasien

Gambar 11 Menu poliklinik

Menu ini berisikan tentang profil pasien, pemilihan Dokter dan Klinik berikut ini merupakan tampilan menu.

(9)

Gambar 12 menu periksa

Menu Klinik ini berisikan tentang Kode Klinik dan nama Poliklinik.

Gambar 12 Menu Klinik

Menu ini berisikan Poliklinik, Tanggal Pendaftaran, Dokter berikut ini merupakan menu tampilannya.

(10)

Gambar 14 Menu Riwayat Pendaftaran

E. Kesimpulan dan Saran 1. Kesimpulan

Aplikasi pendaftaran online di RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah berbasis Android lebih memudahkan pasien dalam melakukan pendaftaran serta dapat lebih menghemat waktu. Dan diharapkan menggunakan minimal OS Jelly Bean dan memiliki koneksi internet yang stabil.

2. Saran

Aplikasi ini digunakan untuk melakukan pendaftaran di rumah sakit secara online melalui smartphone. Akan tetapi, sistem ini belum mendukung untuk pendaftaran melalui sms. Pada penelitian selanjutnya, sistem ini dapat dikembangkan menjadi sistem yang memungkinkan untuk pendaftaran melalui sms (SMS Gateway).

F. Daftar Pustaka

Arif 2012, Pemograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql

Aryanto Nanang,2013, Aplikasi Mobile Berbasis Android Untuk Administrasi Pemeriksaan Poliklilnik Rawat Jalan di RSUD Kota Salatiga.

Dermawan 2012, Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Hutagaol A. Widya,dkk,2013, Aplikasi Peminjaman Sepeda Berbasis Web dan Android di Universitas Telkom

Nugroho 2010, Pemograman Java Menggunakan IDE Eclipse

Palilingan Y.R. Kenneth, dkk,2014, Registrasi Calon Siswa Baru Berbasis Mobile Android di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Manado

Silitonga Jekson dkk,2012, Pendaftaran Mahasiswa Baru Berbasis Mobile

Supardi, 2013, Rekayasa Sistem Oprasi Open Source Dengan Metode Remastersys Utama Tiara Saly,2013, Implementasi Sistem Penerimaan Siswa Baru Online Pada

Gambar

Gambar 1 Menu Utama
Gambar 6 Menu login user/pasien
Gambar 8 Menu Profil RSJD   Gambar 9 Menu Profil RSJD
Gambar 10 Menu Profil RSJD
+3

Referensi

Dokumen terkait

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pene- litian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sukoharjo ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir

siswa yang taraf penguasaannya kurang dari 60% diberikan remidi pada pokok bahasan yang belum dikuasai, sedangkan bagi siswa yang telah mencapai penguasaan 60% atau

Cara pandang ketiga, yang juga hirau pada pola hubungan penduduk yang tinggal di wilayah perbatasan, antara lain dikemukakan oleh Husnadi (2006). Husnadi menunjukkan empat

Untuk mencapai sasaran program dan mewujudkan visi serta misi rumah sakit, upaya- upaya yang telah dilakukan RSJD Dr RM Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah adalah dengan

pengobatan yang sudah dilakukan serta yang perlu dilanjutkan. Perawat melakukan pendokumentasian serah terima didalam blangko transfer pasien dan memintakan tanda tangan

Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah adalah sebuah pedoman terhadap proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian dari pengadaan tenaga kerja, pengembangan,

Judul skripsi : PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PENGENALAN POLA ABJAD ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRANSFORMASI WAVELET DAN

Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi

[r]

Setelah atau saat ada konsultasi dengan pasien gangguan pernafasan - Masker bedah - Gaun - Penutup kepala - Sarung tangan rumah tangga - Pelindung mata /

Dengan demikian, restitusi yang diajukan kepada pelaku ditolak oleh hakim karena penganiayaan yang terbukti bukanlah penganiayaan yang menyebabkan kematian korban

Tri Kuncoro,

Biaya penyusutan merupakan biaya penyusutan dari peralatan dan mesin produksi, penyusutan perlengkapan kantor, dan penyusutan kendaraan. Besarnya penyusutan aset tersebut

Obat yang digunakan selama kehamilan terutama untuk mengobati penyakit ibu, tetapi hampir selalu janin yang tumbuh akan menjadi penerima obat. Penggunaan asetosal atau aspirin

web: www.sanaky.com www.sanaky.com - e-mail: - e-mail: hujair@lpm.uii.ac.id hujair@lpm.uii.ac.id FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM [FIAI] UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA.. PEDOMAN

Briket adalah bahan bakar padat yang dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif yang mempunyai bentuk tertentu.. Pemilihan proses pembriketan tentunya harus mengacu pada

Dari sini bisa diambil pemahaman bahwa aspek utama yang perlu diajarkan kepada anak adalah tentang keimanan. Seorang anak harus dididik agar paham tentang Allah

“DFD level 1 dibuat untuk menggambarkan arus data secara lebih mendetail lagi dari tahapan proses yang ada di dalam diagram nol.”. 3.12 Entity Relational

Belanja Modal Peralatan dan Mesin Alat Kantor dan Rumah Tangga Pembelian almari makanan, bor tunner, gergaji lidtrik, dll, sesuai SPK no.. Rizqi Cendikia

Alhaq Nafsi Setyawan Wakil

Begitu pentingnya pendidikan anak, sehingga dalam ajaran Islam sangat ditekankan kepada para pendidik dalam arti yang luas, mulai dari orang tua dalam keluarga,

Kendala yang dihadapi dalam pelaporan keuangan RSJD Dr RM Soedjarwadi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah adalah masih minimnya kebijakan yang menguatkan pelaporan