• Tidak ada hasil yang ditemukan

L E N T E R A D U M A I, Volume 12, Nomor 1, Januari 2021 eissn : pissn :

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "L E N T E R A D U M A I, Volume 12, Nomor 1, Januari 2021 eissn : pissn :"

Copied!
8
0
0

Teks penuh

(1)

JURNAL MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Page 1

SISTEM PENGOLAHAN DATA MAHASISWA PRAKTEK

KERJA LAPANGAN BERBASIS WEB

(STUDI KASUS STMIK DUMAI)

Pulla Pandika Widodo1, Sularno2, Azura3 1, Jurusan Sistem Informasi, STMIK Dumai 2, Jurusan Sistem Informasi, STMIK Dumai 3, Jurusan Sistem Informasi, STMIK Dumai

1,2,3 Jl. Utama Karya Bukit Batrem Dumai Kode Pos 28811

e-mail : pullapandika@gmail.com1,sularno24@gmail.com2, azura.pribadi@gmail.com3

ABSTRAK

STMIK Dumai merupakan perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Dumai dengan 2 (dua) program studi yaitu sistem informasi (SI) dan teknik informatika (TI). Sebagai institusi pendidikan yang bergerak di bidang komputer, pemakaian komputer sebagai alat pengolahan data dapat mempercepat suatu pekerjaan sehingga waktu menjadi lebih akurat. Saat ini pada kampus STMIK Dumai, penerapan sistem PKL mahasiswa untuk proses pendaftaran PKL masih menggunakan google form, sehingga rekapitulasi data-data mahasiswa PKL tersebut tidak tersimpan didalam database dan termanajemen dengan baik. Kendala lain yang dihadapi bagian Program Studi (PRODI) selain masalah tersebut adalah pengolahan data PKL yang masih menggunakan Microsoft Excel, termasuk dalam menentukan dosen pembimbing PKL, dan laporan hasil PKL yang harus dikumpulkan dalam bentuk hardcopy sehingga bagian prodi harus melakukan pemeriksaan data laporan magang secara fisik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan suatu sistem berbasis web dengan database MySql yang mampu melakukan pengolahan data praktek kerja lapangan mahasiswa mulai dari proses pengajuan tempat magang, input jurnal kegiatan PKL, penentuan dosen pembimbing PKL serta laporan kegiatan PKL secara berstruktur yang dikemas dalam suatu sistem komputerisasi yang dapat diakses secara online.

Kata kunci : STMIK Dumai, Pengolahan data, Sistem, PKL, Mahasiswa, Dosen Pembimbing

1. PENDAHULUAN

Praktek kerja lapangan (PKL) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kecerdasan intelektual sebelum memasuki dunia kerja. Pada proses PKL tersebut mahasiswa mendapatkan peluang untuk melakukan riset atau penelitian yang nantinya dapat dijadikan bahan referensi skripsi. Kegiatan praktek kerja lapangan juga dilakukan pada kampus STMIK Dumai, selain sebagai kegiatan implementasi ilmu selama diperkuliahan, kegiatan PKL juga menjadi mata kuliah yang termasuk dalam kartu rencana studi, khususnya pada mahasiswa semester tujuh (7).

STMIK Dumai merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Dumai dengan 2 (dua) program studi yaitu sistem informasi (SI) dan teknik informatika (TI). Sebagai institusi pendidikan yang bergerak di

bidang komputer, pemakaian komputer sebagai alat pengolahan data dapat mempercepat suatu pekerjaan sehingga waktu menjadi lebih akurat. Saat ini pada kampus STMIK Dumai, penerapan sistem praktek kerja lapangan mahasiswa untuk proses pendaftaran PKL masih menggunakan

google form, sehingga rekapitulasi data-data

mahasiswa PKL tersebut tidak tersimpan didalam

database dan termanajemen dengan baik.

Kendala lain yang dihadapi bagian Program Studi (PRODI) selain masalah tersebut adalah pengolahan data PKL yang masih menggunakan

Microsoft Excel, termasuk dalam menentukan

dosen pembimbing PKL, dan laporan hasil PKL yang harus dikumpulkan dalam bentuk hardcopy sehingga bagian prodi harus melakukan pemeriksaan data laporan magang secara fisik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan suatu sistem berbasis web dengan

(2)

JURNAL MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Page 2

database MySql yang mampu melakukan

pengolahan data praktek kerja lapangan mahasiswa mulai dari proses pengajuan tempat magang, penentuan dosen pembimbing PKL serta laporan kegiatan PKL secara berstruktur yang dikemas dalam suatu sistem komputerisasi yang dapat diakses secara online.

2. LANDASAN TEORI 2.1. Personal Home Page (PHP)

Menurut Muhammad Dahlan (2014:83) menyatakan bahwa PHP adalah singkatan dari “Hypertext Preprocessor”, yang merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML untuk membuat website yang dinamis. PHP merupakan server side scripting yaitu sintak dan perintah-perintah PHP akan dieksekusi deserver kemudian hasilnya baru ditampilkan ke

browser dalam format HTML. PHP bersifat open source sehingga source code-nya dapat

diubah-ubah dan dapat didistribusikan dengan bebas. Adapun pengertian lain PHP adalah akronim dari Hypertext Preprocessor, yaitu suatu bahasa pemrogramanberbasiskan kode–kode (script) yang digunakan untukmengolah suatu data dan mengirimkannya kembali ke web browser menjadi kode HTML”. (Firman, Wowor, & Najoan, 2014).(Tugiarto, Pratiwi, Azkya, & Widodo, 2019)

2.2. XAMPP

Menurut Wahana Komputer (2014:72) menyatakan bahwa XAMPP merupakan dari singkatan dari X (empat sistem operasi apapun),

Apache, MySQL, PHP, dan Perl.XAMPP adalah

tool yang menyediakan paket perangkat lunak dalam satu buah paket. Dalam paket XAMPP sudah terdapat Apache (web server), MySQL

(database), PHP (server side scripting), Perl, FTP server, PhpMyAdmin dan berbagai pustaka

bantu lainnya. 2.3. Notepad++

Notepad++ merupakan software gratis (opensource). Notepad++ dapat dijalankan di sistem operasi Win2K, Windows XP, Vista, dan Windows 7. Untuk menginstal versi terbaru program ini, komputer Windows Anda cukup memiliki kapasitas kosong harddisk minimal 12 MB.(Noor, 2016)

Menurut Wahana Komputer (2014:69) menyatakan bahwa Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan disistem operasi windows.

Notepad++ mendukung banyak format bahasa pemrograman seperti PHP, HTML, JavaScript

dan CSS. Aplikasi ini dapat diunduh secara bebas di alamat “notepad-plus-plus.org”. (Palevi & Krisnawati, 2013).

2.4. MySQL

MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MySQL, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya; SQL (Structured Query Language) (Herny & Zuliarso, 2012).

Menurut Jubilee Enterprise (2014:2) menyatakan bahwa MySQL adalah RDBMS yang cepat dan mudah digunakan, serta sudah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. MySQL dikembangkan oleh MySQL AB Swedia.

Kelebihan dari penggunaan MySQL adalah sebagai berikut :

1. Berlisensi open-source

2. Merupakan program yang powerful dan menyediakan fitur yang lengkap.

3. Menggunakan bentuk standar bahasa data SQL.

4. Dapat bekerja dengan banyak sistem operasi dan dengan bahasa-bahasa pemrograman seperti PHP, PERL, C, C++, JAVA, dan lain-lain.

5. Sangat mudah digunakan dengan PHP untuk pengembangan aplikasi web.

6. Mendukung banyak database.

2.5. Database

Database adalah struktur penyimpanan data. Database juga merupakan kumpulan dari data

yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasikan. Untuk menambah, mengakses dan memperoses data yang disimpan dalam sebuah database komputer diperlukan sistem manajemen database. Pengontrolan dari sistem database tersebut adalah terpusat, yang biasanya dimiliki dan dipegang oleh suatu organisasi (Evayani & Ulfah, 2016).

3. METODOLOGI PENELITIAN

Metodologi yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah Model

(3)

JURNAL MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Page 3

waterfall adalah model klasik yang bersifat

sistematis, berurutan dalam membangun

software. Disebut dengan waterfall karena

tahap demi tahap yang dilalui harus menunggu selesainya tahap sebelumnya dan berjalan berurutan. Pengumpulan Data Analysis (Identifikasi Masalah Studi Literatur Design (Perancangan Sistem) Coding (Pembuatan

Sistem /Source Code)

Testing (Uji Coba Sistem)

Gambar 1: Kerangka Kerja Penelitian 1. Pengumpulan data

Pada tahap ini dilakukan beberapa teknik yaitu :

a. Wawancara (interview)

Metode ini dilakukan untuk mengumpulkan data melalui proses tanya jawab dengan beberapa narasumber ditempat dimana objek penelitian dilakukan. Proses tanya jawab ini dilakukan langsung di kampus STMIK Dumai.

b. Pengamatan (Observasi)

Pada metode ini dilakukan pengamatan langsung pada STMIK Dumai untuk mengumpulkan data yang merupakan sumber informasi yang sangat penting dan jelas yang dapat membantu dalam menganalisa dan selanjutnya dalam rangka pembangunan sistem yang sedang dibutuhkan.

2. Analysis (Analisa Masalah)

Mempelajari sistem yang ada dan menganalisis terhadap permasalahan untuk mengetahui kebutuhan serangkaian dan teknik yang diperlukan serta menemukan batasan-batasan sistem. Sehingga dapat menentukan cara yang paling efektif dalam menyelesaikan

dan akan memberikan solusi yang diperlukan serta manfaat yang akan diperoleh.

3. Studi Literatur

Pada tahap ini dilakukan untuk pencarian data dengan membaca dan mempelajari berbagai buku-buku, internet serta pengetahuan yang berhubungan dengan masalah yang akan diteliti yaitu aplikasi real time jurnal kegiatan harian mahasiswa praktek kerja lapangan berbasis web.

4. Design (Perancangan Sistem)

Merupakan tahapan analisis dalam kaitan mencari atau merumuskan alternative-alternatif pemecahan masalah. Setelah menganalisis masalah, selanjutnya akan dilakukan perancangan sistem yang telah ditetapkan menggunakan Aliran Sistem Informasi (ASI), Context Diagram, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD) dan Bagan Alir (Flowchart). 5. Coding (Pembuatan Sistem/Source Code)

Tahap pembuatan kode merupakan tahap dimana membuat source code yang diperlukan untuk pembuatan aplikasi real

time jurnal kegiatan harian mahasiswa

praktek kerja lapangan berbasis web.dari perancangan yang telah dibuat sebelumnya. 6. Testing (Uji Coba Sistem)

Proses uji coba yang dilakukan untuk mengetahui keberhasilan program yang kita buat, yang nantinya akan diimplementasikan berupa aplikasi program (software), guna mengetahui apakah sistem yang dibangun sudah layak untuk dioperasikan. Pada tahap ini terdapat dua metode testing yaitu dengan metode Black Box Testing dan White Box

Testing.

a. Metode Black Box Testing

Menurut M. Sidi Mustaqbal et al. (2015: 34) menyatakan bahwa metode Black Box

Testing adalah metode yang berfokus

pada spesifikasi fungsional dari perangkat lunak. Tester dapat mendefinisikan kumpulan kondisi input dan melakukan pengetesan pada spesifikasi fungsional program.

Black Box Testing cenderung untuk menemukan hal-hal berikut:

1. Fungsi yang tidak benar atau tidak ada. 2. Kesalahan antarmuka (interface

errors).

3. Kesalahan pada struktur data dan akses basis data.

4. Kesalahan performansi (performance

(4)

JURNAL MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Page 4 5. Kesalahan inisialisasi dan terminasi.

b. Metode White Box Testing

Menurut M. Sidi Mustaqbal et al. (2015: 33) menyatakan bahwa metode White Box

Testing adalah salah satu cara untuk

menguji suatu aplikasi atau software dengan cara melihat modul untuk dapat meneliti dan menganalisa kode dari program yang dibuat ada yang salah atau tidak.

Dalam penelitian ini penulis memilih menggunakan metode Black Box Testing yang merupakan pelengkap untuk menguji hal-hal yang tidak dicakup oleh metode White Box

Testing.

4. HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1. Analisa Sistem

Implementasi sistem yang sedang berjalan saat ini masih menggunakan cara manual seperti permintaan surat permohonan magang, pemberian nilai dengan menggunakan blanko serta pengumpulan berkas magang dengan menggunakan hardcopy yang dijilid selain prosesnya lambat dan dapat mengakibatkan kesalahan rekap data magang dan penggandaan nomor surat permohonan magang .

Selain sistem pengajuan permohonan magang masih manual, penentuan dosen pembimbing magang juga masih menggunakan cara manual, dan saat ini belum mempunyai sistem serta penyimpanan data yang belum

terintegritas dengan database, penyimpanan dan

pengolahan data magang selama ini hanya direkap menggunakan microsoft excel, sehingga proses pembuatan laporan serta penilaian menjadi lambat.

4.2. Context Diagram

Menurut Ismael (2017:149) menyatakan bahwa Context Diagram adalah level teratas (top level dari diagram arus data). Context Diagram merupakan hubungan input/output antara sistem dengan dunia luarnya (kesatuan luar).

Gambar 2. Context Diagram

4.3. Data Flow Diagram

Menurut Indrajani (2015:27) menyatakan bahwa Data Flow Diagram (DFD) merupakan sebuah alat yang menggambarkan aliran data sampai sebuah system selesai dan kerja atau proses dilakukan dalam sistem tersebut.

Dalam DFD terdapat 4 komponen utama, yaitu :

a. External Agents

External Agents mendefinisikan orang atau

sebuah unit organisasi, sistem lain, atau organisasi yang berada diluar system proyek tapi dapat mempengaruhi kerja sistem.

b. Process

Process adalah penyelenggaraan kerja

atau jawaban, datangnya aliran data atau kondisinya.

c. Data Stores

Data Stores adalah penyimpanan data.

d. Data Flow

Data Flow yaitu mempresentasikan sebuah input data kedalam sebuah proses atau output berupa informasi dari sebuah

proses.

Sistem Pengolahan Data Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan Berbasis WEB (Studi Kasus STMIK Dumai)

Kepala Jurusan

Admin

Bagian Keuangan Mahasiswa

Laporan Blanko PKL Laporan Blanko Nilai Registrasi Akun

Login Data Pembayaran Data Pengajuan magang Data upload laporan PKL

Info Aktivasi akun Info akses login Info konfirmasi pembayaran

Login Data aktivasi akun dosen Data aktivasi akun mahasiswa Data Surat pengantar PKL Data blanko PKL

Login Info aktivasi akun dosen Info aktivasi akun mahasiswa Info Surat pengantar PKL Info blanko PKL

Dosen

Info aktivasii Akun Login Info nilai PKL Info laporan PKL Registrasi Akun Login Data nilai PKL Data download laporan PKL Login

Data validasi pembayaran

Info Login Info validasi pembayaran

(5)

JURNAL MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Page 5 Admin surat_pengantar 2.0 Login Sistem Mahasiswa mahasiswa mahasiswa_usulan Kepala Jurusan Info mahasiswa Data mahasiswa dispo_dospem

Data Surat Pengantar Data Dosen Pembimbing Magang Data mahasiswa

Info Data Dosen Pembimbing Magang Info Mahasiswa magang Info Surat pengantar

Login Sistem

4.0

Proses Data Upload/download

data dan nilai magang

5.0

Laporan Magang

Laporan Blanko PKL Laporan Blanko Nilai

Info surat pengantar

Info Data mahasiswa usulan tempat magang

Info dosen pembimbing magang 3.0 Penentuan dosen pembimbing 1.0 Registrasi admin

Info Data mahasiswa Info Data mahasiswa

Proses Regsitrasi Surat Permohonan Magang Laporan Nilai Magang dosen Dosen Proses Regsitrasi Login Sistem

Bag. Keuangan Login Sistem

bg_keuangan

Laporan Blanko PKL Laporan Blanko Nilai

Upload Laporan Magang

Download laporan Magang Verifikasi Pembayaran

Gambar 3. Data Flow Diagram (DFD)

4.4. Tampilan Program a. Form Login

Untuk menjalankan aplikasi, user terlebih dahulu harus login dengan input username dan

password dengan benar, setelah username dan password yang di input benar, selanjutnya klik

tombol login dan aplikasi otomatis masuk kedalam menu utama.

Gambar 4. Form Login Aplikasi b. Form Management User Mahasiswa

Pada halaman data management user mahasiswa berisi informasi data – data yang berkaitan dengan data registrasi mahasiswa , untuk menambah data klik tombol tambah, kemudian input data mahasiswa, selanjutnya klik tombol simpan, sedangkan untuk mengubah data klik icon simbol edit, pilih data yang akan di edit,

(6)

JURNAL MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Page 6 dan untuk hapus klik icon simbol hapus,

selanjutnya pilih data yang mau dihapus.

Gambar 5. Data Registrasi Mahasiswa c. Form Management User Dosen

Pada halaman management user data dosen berisi informasi data – data yang berkaitan dengan data registrasi dosen , untuk menambah data klik tombol tambah, kemudian input data mahasiswa, selanjutnya klik tombol simpan, sedangkan untuk mengubah data klik icon simbol edit, pilih data yang akan di edit, dan untuk hapus klik icon simbol hapus, selanjutnya pilih data yang mau dihapus.

Gambar 6. Data Dosen

d. Form Management User Bagian Keuangan Pada halaman management user data bagian keuangan berisi informasi data yang berkaitan dengan registrasi data keuangan yang berkaitan dengan data pembayaran uang PKL mahasiswa.

Gambar 7. Data Bagian Keuangan e. Form Bagian Keuangan

Pada halaman bagian keuangan, berisi informasi data – data yang berkaitan dengan data pembayaran PKL yang telah dilakukan oleh mahasiswa, klik tombol lihat untuk melihat bukti transfer/pembayaran mahasiswa, selanjutnya klik tombol batal, jika membatalkan konfirmasi pembayaran.

Gambar 8. Data Pembayaran Uang Magang f. Form Pengajuan Magang

Pada halaman data pengajuan magang berisi informasi data – data yang berkaitan dengan data mahasiswa yang akan magang diperusahaan yang dipilihnya, dan sebelum melakukan pengajuan magang, mahasiswa terlebih dahulu melakukan pembayaran uang magang.

(7)

JURNAL MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Page 7 Gambar 9. Data Pengajuan Magang

g. Form Pembayaran

Pada halaman pembayaran, mahasiswa dapat melakukan upload bukti transfer atau pembayaran uang magang, dengan cara klik tombol choose, selanjutnya klik tombol simpan.

Gambar 10. Data Upload Bukti Pembayaran Uang Magang

h. Form Laporan Magang

Pada halaman Laporan magang, mahasiswa

dapat melakukan upload laporan magang yang akan dipantau untuk dinilai oleh dosen pembimbing PKL masing-masing.

Gambar 11. Upload Data Magang

5. KESIMPULAN

Dari uraian pada bab-bab yang telah dibahas sebelumnya dapat ditarik kesimpulan pada perancangan sistem komputerisasi Sistem Pengolahan Data Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web (Studi Kasus STMIK Dumai) berbasis web sebagai berikut :

1. Berdasarkan pada rumusan masalah yang diteliti, kemudian telah dibuktikan dengan pengujian data informasi yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa pelayanan informasi praktek kerja lapangan yang tersimpan di dalam database yang dapat diakses secara online dapat meningkatkan kinerja dan efisensi dalam pengolahan data magang.

2. Sistem yang dibangun berbasis online, sehingga memudahkan dalam proses pengajuan data magang, validasi pembayaran oleh keuangan, serta cetak blanko magang.Sistem aplikasi magang ini dapat melihat laporan magang yang sudah di

upload maupun yang belum oleh mahasiswa

dan penilaian dapat langsung dilakukan pada

(8)

JURNAL MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Page 8 6. REFERENSI

Dahlan, M. (2013). Membuat Web PHP. (Irma & Eti, Eds.). Yogyakarta: CV. Mitra Utama. Enterprise, J. (2014). MySQL Untuk Pemula.

Enterprise, J. (2014). MySQL Untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Evayani, & Ulfah, U. (2016). Perancangan

Database Sistem Informasi Akuntansi Siklus Penjualan dengan Menggunakan Model REA (Studi Kasus pada PT Yudi Putra, Medan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 1(2), 16–29.

https://doi.org/10.1515/med-2015-0006

Firman, A., Wowor, H., & Najoan, X. (2014). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Application. Jurnal Sistem

Informasi Bisnis,1(2),66–

77.https://doi.org/10.21456/vol1iss2pp6 972

Herny, F., & Zuliarso, E. (2012). Rancang Bangun Sistem Perpustakaan untuk Jurnal Elektronik. Jurnal Teknologi Informasi

DINAMIK, 17(2), 124–132.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1046/j. 1440-1614.2001.00908.x

Honainah. (2016). Rekapitulasi Data Produksi Ikan Pada Unit Pelaksana Teknis Tempat Pelelangan Ikan (UPT PPI) Berbasis Python dan MySQL, 2(1), 33– 38

Indrajani. (2015). Database Design. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Ismael. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Penyaluran Semen Padang Untuk Daerah Bengkulu Selatan di CV.

Mutia Bersaudara. Jurnal

EdikInformatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 3(2), 147–156.

Tugiarto, A., Pratiwi, F., Azkya, A., & Widodo, P. P. (2019). Pengolahan Data Pasien Rawat Jalan Puskesmas Bumi Ayu Kota Dumai Berbasis Web. Informatika, Manajemen Dan Komputer, 10(2), 13–20.

Retrieved from

http://ejournal.stmikdumai.ac.id/index.php/ path/article/view/110/48

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). ( Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN ). Pengujian Aplikasi

Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN), I(3), 34.

https://doi.org/ISSN : 2407 - 3911

Reza Palevi, A. K. (2013). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Website Pada Smp Negeri 2 Mojosongo Pendahuluan Landasan Teori & Tinjauan Umum. Jurnal

Gambar

Gambar 1: Kerangka Kerja Penelitian  1.  Pengumpulan data
Gambar 2. Context Diagram
Gambar 3. Data Flow Diagram (DFD)
Gambar  6. Data Dosen
+2

Referensi

Dokumen terkait

Siswa dapat lebih mudah untuk belajar menjadi individu yang asertif dengan adanya keterbukaan dan sikap saling percaya yang terjalin dalam keluarga. Siswa yang memiliki

Metode PCR berdasarkan pada sekuen pelacak gen-gen tdh dan trh juga telah digunakan dalam pengujian non isotopik pada piringan mikrotiter yang dapat dibaca secara

Pada Agustus, pengadilan militer Jayapura menghukum tiga tentara dari batalyon yang sama di mana mereka menembak dan membunuh Pendeta Kinderman Gire yang dituduh “separatis”..

Pada tabel diatas dapat dilihat bahwa ketiga peternak tersebut terjadi perbandingan pendapatan sesudah dan sebelum kredit (> 0) yaitu usaha bina bersama terjadi

BPRS Artha Mas Abadi adalah penyaluran pembiayaan, yakni kegiatan pengelolaan dana baik yang bersumber dari modal maupun yang dihimpun dari masyarakat dalam

Selanjutnya, untuk melihat daftar pengguna pada sistem pengolahan data alumni SMKN3 admin dapat melihat pada form Pengguna, Daftar Pengguna pada menu from admin di

1. Maka berdasarkan rata-rata skor kelayakan dari indikator isi pesan yang disampaikan sebesar 81.81% sehingga media pembelajaran berbantuan komputer yang dirancang

Uji statistik yang digunakan adalah paired t test dan independent t test.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh keseimpulan sebagai berikut (1) ada pengaruh