Pedoman Feng Shui Interior INFORMASI E-BOOK PEDOMAN FENG SHUI INTERIOR

107  Download (0)

Teks penuh

(1)
(2)
(3)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

i

Pedoman Feng Shui Interior

INFORMASI E-BOOK

PEDOMAN FENG SHUI INTERIOR

Copyright © Indonesia Feng Shui Online Center

E-Book ini adalah gratis dan boleh disebarluaskan untuk kepentingan umum.

Tidak diperbolehkan untuk mengedit ulang, mengganti, mengkopi atau menjual sebagian dan/atau seluruh isi dari E-Book untuk tujuan apapun tanpa ijin tertulis dan perjanjian dari penulis.

Peringatan:

Prosedur dan/atau Isi yang tertulis di E-Book ini adalah berdasarkan pelatihan, pengalaman pribadi, dan penelitian yang dilakukan oleh penulis. Di setiap prosedur dan/atau isi yang tertulis selalu terdapat resiko yang dilibatkan, oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab bilamana terjadi akibat yang merugikan atau konsekuensi yang berasal dari anjuran, isi, dan prosedur yang terdapat di E-Book ini. Karena setiap orang akan menghadapi situasi yang unik dan berbeda, maka penulis meminta agar pembaca menggunakan ahli di bidang yang bersangkutan bilamana menggunakan prosedur dan/atau isi yang tertulis untuk menguji ketepatannya.

Sebagai penulis, Aries Harijanto, telah berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan agar prosedur dan/atau isi E-Book memiliki kualitas yang baik dan menyuguhkan informasi yang lengkap. Namun, hal ini belum mewakili atau menjamin kesempurnaan dan keakuratan isi dari

E-Book ini. Oleh sebab itu, penulis tidak bertanggung jawab bilamana terjadi kerugian atau kerusakan yang disebabkan secara langsung atau tidak langsung dari penggunaan informasi yang tertulis dan tersirat di E-Book ini.

Untuk pertanyaan dan informasi, silahkan hubungi kami:

consulting@klikfengshui.com Kunjungi langsung website kami klik: www.klikfengshui.com

E-Book ini kami persembahkan untuk seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para peminat dan praktisi ilmu Feng Shui.

Its your decisions…not your conditions, that determine your Destiny ….Anthony Robbins

(4)

Pedoman Feng Shui Interior

DAFTAR ISI

PRAKATA ………..…

iii

CHAPTER I

Feng Shui Interior Pintu Rumah………...………..………

01

CHAPTER II

Feng Shui Tangga………...………

14

CHAPTER III

Feng Shui Bagian Tengah Rumah ………..………..………

22

CHAPTER IV

Feng Shui Kamar Mandi ………....………

29

CHAPTER V

Feng Shui Dapur ………....………

36

CHAPTER VI

Feng Shui Sumur dan Plafon ………....…

47

CHAPTER VII

(5)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

iii

Pedoman Feng Shui Interior

PRAKATA

Saat sekarang banyak orang membeli rumah dengan memasukkan unsur Feng Shui di dalamnya. Namun, bagaimana Anda tahu bahwa cara analisa Feng Shui yang Anda lakukan telah tepat? Apakah teknik analisa Feng Shui yang Anda lakukan telah sesuai dengan metode yang benar, dan bukanlah analisa yang mempercayai sebuah mitos atau kepercayaan tertentu?

Kesalahan umum yang sering dibuat oleh orang saat ini adalah mereka hanya mengevaluasi Feng Shui Interior rumah. Fakta ini memberi kesimpulan bahwa orang lebih mementingkan Feng Shui Interior daripada Feng Shui Eksterior. Ini adalah pengertian yang salah! Kondisi Feng Shui Interior dari sebuah rumah harus dianalisa SETELAH kita menganalisa kondisi Eskterior, seperti: dimana rumah tersebut berada, bagaimana sejarah kavling tanah rumah tersebut, bagaimana pola jalan lalu-lintas di sekitar rumah tersebut, apakah terdapat obyek yang menciptakan energi negatif di sekitar rumah tersebut? Kualitas baik-buruknya properti berdasar sudut pandang Feng Shui hampir tergantung dari kondisi lingkungan eksterior atau lansekap. Feng Shui Interior sebagian besar digunakan untuk menganalisa bagaimana energi Qi yang berasal dari luar rumah dapat masuk ke dalam, serta apakah dapat bersikulasi dengan baik?

Untuk memudahkan pemahaman Anda, coba perhatikan sirkuit listrik. Kondisi eksterior atau lansekap kita samakan dengan sumber energinya. Rumah Anda berfungsi sebagai konduktor atau penghubung sumber energi. Interior rumah Anda

berfungsi sebagai tombol sakelar yang bertugas apakah Anda bisa menggunakan sumber energi tersebut. Oleh sebab itu, tanpa kondisi eksterior atau lansekap yang bagus, maka rumah yang Anda huni juga tidak memiliki sumber energi. Sebaliknya, Anda tidak bisa memanfaatkan sumber energi dari luar jika Anda tidak memiliki tombol sakelar! Jadi, Feng Shui Eksterior dan Interior bekerja secara interdependen atau saling melengkapi satu sama lain.

Dari alasan diataslah E-Book ini tercipta!

v E-Book ini adalah pelengkap dari E-Book pedoman Feng Shui Eksterior. Oleh sebab itu, pastikan Anda membaca E-Book kami: Pedoman Feng Shui Eksterior sebelum membaca E-Book: Pedoman Feng Shui Interior.

v E-Book ini akan memudahkan Anda dalam menganalisa baik-buruknya tata layout interior rumah berdasar Feng Shui.

v Disaat ketika Anda masuk ke sebuah pilihan rumah yang akan Anda beli, bacalah artikel ini terlebih dahulu, karena apa yang saya berikan disini berfungsi sebagai ‘checklist’ atau pedoman – pedoman Feng Shui yang boleh dilakukan atau yang tidak boleh dilakukan sebelum Anda memutuskan membeli rumah tersebut berdasar penataan interiornya.

v Dan bagi Anda yang telah memiliki rumah, setidaknya E-Book yang saya berikan disini dapat menjadi acuan untuk memastikan Anda

(6)

Pedoman Feng Shui Interior

tidak melakukan pelanggaran Feng Shui di

dalam rumah.

Disini Anda akan belajar masalah-masalah seperti:

1. Bagimana cara menganalisa Feng Shui Interior yang tepat?

2. Dimana lokasi tempat tidur yang tepat berdasar perspektif Feng Shui?

3. Bagaimana cara Anda menentukan baik-buruknya Feng Shui Pintu Utama Rumah? 4. Apakah lokasi toilet memiliki peranan yang

krusial dalam Feng Shui?

5. Apa yang harus Anda prioritaskan dalam menganalisa Feng Shui Interior?

Mengapa saya perlu menulis E-Book ini? Sejujurnya, banyak orang yang tidak mengetahui cara menganalisa Feng Shui yang tepat dan saya sebagai seorang konsultan Feng Shui, tidak suka memberikan kabar buruk buat mereka ketika terdapat kesalahan dalam penataan layout atau tata ruang rumah. Saya lebih suka mengatakan pada mereka bagaimana untuk meningkatkan situasi dan kondisi Feng Shui yang baik berdasarkan sumber daya keuangan mereka, daripada melakukan renovasi yang membutuhkan biaya besar karena telah melanggar pedoman Feng Shui Interior. Dan saya berharap dari adanya E-Book ini akan membuat kehidupan tiap orang lebih mudah dalam membeli ataupun membangun rumah.

Banyak inspirasi yang muncul dari E-Book yang saya tulis ini berasal dari Arsitek, Designer Interior, mapun Agen Properti yang mengharapkan adanya pemahaman yang tepat

pedoman bagi mereka untuk tidak merubah gambar kerja eksterior maupun interior sehubungan dengan masalah Feng Shui.

Dan saya percaya dengan adanya E-Book ini, maka seorang Arsitek dan interior designer dapat lebih mudah mendesain penataan ruangan rumah. Dan untuk agen properti akan menemukan bahwa E-Book ini sangat membantu mereka dalam memberikan nasehat maupun pedoman bagi calon pembeli mereka untuk memperbaiki pelanggaran Feng Shui Interior sebelum rumah tersebut dibeli maupun disewa.

Dan bagi Anda calon pemilik rumah, saya harap Anda semua menikmati E-Book ini dan saya juga berharap yang terbaik bagi Anda agar dapat menemukan rumah impian Anda yang sebenarnya!!

Selamat mencari rumah idaman!

P e n u l i s

Aries Harijanto September 2010

(7)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

1

INTERIOR PINTU RUMAH

CHAPTER I

Feng Shui Interior Pintu Rumah

“…sebaik apapun arah hadap pintu utama, jika kondisi pintu utama ‘dirusak’

oleh obyek sekitar pintu entah dari luar (eksterior) maupun dari dalam (interior)

(8)

INTERIOR PINTU RUMAH

Dalam ilmu Feng Shui ada 3 hal paling utama

yang harus diperhatikan ketika kita menganalisa kondisi interior rumah, yaitu:

1. Pintu Utama, 2. Dapur dan, 3. Kamar Tidur.

Ada sebuah ungkapan Feng Shui yang mengatakan, “Guan Sha Er Fang Wu Zhang Ai Guang Ming Zheng Da Wang Men Ting”, yang artinya adalah jika posisi pintu utama (eksterior) tidak terdapat obyek negatif yang menimbulkan ‘Sha Qi’

seperti pola jalan, pola sungai, bangunan tetangga, dll dan bentuk pintu utama (interior) cukup lapang, tampak kokoh, dan nyaman untuk dipandang maka rumah tersebut bisa dibilang sebagai rumah yang bagus.

Dalam ilmu Feng Shui, posisi pintu utama mempengaruhi 50% baik-buruknya sebuah rumah. Mengapa? Karena pintu utama dianggap sebagai mulut rumah atau ‘Qi Kou’. Tipe energi atau ‘Qi’ yang dibawa masuk ke dalam rumah disebarkan melalui pintu dan selanjutnya mempengaruhi kesehatan dan keberuntungan keluarga. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui tipe energi apa atau ‘gizi’ yang dibawa melalui pintu ke dalam rumah. Energi yang dibawa ke dalam rumah hendaknya adalah energi positif atau ‘Yang Qi’ dan bukan energi negatif atau ‘Yin Qi’.

Oleh sebab itu, tujuan utama dalam analisa Feng Shui Interior Pintu Utama adalah memastikan tidak ada obyek (secara eksterior maupun interior) dan tata letak ruangan yang menyebabkan energi positif atau ‘Sheng Qi’ tidak

pintu utama. Sebaik apapun arah hadap pintu utama Anda, jikalau kondisi pintu utama Anda

‘dirusak’ oleh obyek sekitar pintu entah dari luar (eksterior) maupun dari dalam (interior) maka Anda tidak bisa mengharapkan efek Feng Shui yang optimal. Sebaliknya jika arah hadap pintu utama Anda kurang begitu baik, namun kondisi bentuk eksterior maupun interior pintu tidak ada masalah maka bisa mengurangi efek negatif tersebut.

Ada 2 metode untuk menganalisa Feng Shui Pintu Utama, yaitu:

1. Feng Shui Eksterior Pintu Utama, yaitu dengan mengevaluasi kondisi dan situasi sekitar pintu utama dengan menghadap ke luar bangunan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan berdiri tepat di depan pintu utama dan melihat keluar apakah terdapat obyek-obyek tertentu yang melanggar pedoman Feng Shui. Hal ini akan kami bahas lengkap di artikel

Pedoman Feng Shui Eksterior: Feng Shui Eksterior Pintu Utama.

(9)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

3

INTERIOR PINTU RUMAH

2. Feng Shui Interior Pintu Utama, yaitu

dengan mengevaluasi kondisi dan situasi dekat dengan pintu utama dengan menghadap ke dalam bangunan. Yang perlu Anda lakukan adalah berdiri di garis daun pintu dan lihatlah kedalam apakah terdapat obyek-obyek atau tata ruang yang melanggar pedoman Feng Shui.

Karena disini kita membahas Pedoman Feng Shui Interior, maka kita sekarang mengevaluasi pintu

utama dengan menghadap ke dalam bangunan agar memastikan energi positif atau ‘Sheng Qi’

dapat terkumpul dan beredar bebas ke dalam ruangan.

Salah satu pelanggaran yang paling sering terjadi terhadap pengumpulan kekayaan keluarga adalah pemasangan cermin yang segaris dengan pintu utama. Mengapa cermin memiliki efek seperti ini? Karena cermin memiliki bahan dielektrik yang mampu memantulkan spektrum

(10)

INTERIOR PINTU RUMAH

cahaya. Dalam ilmu Feng Shui, energi alam

semesta yang disebut dengan ‘Qi’ merupakan bagian dari cahaya yang kasat mata, sehingga kehadiran cermin persis di depan pintu utama akan menghalangi atau mengurangi efek energi yang masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu, tidak heran jika energi yang dipantulkan kembali oleh kehadiran cermin diibaratkan seperti energi positif yang mewakili keberuntungan penghuni tidak dapat terkumpul. Perbaikan untuk kasus seperti ini adalah cukup memindahkan posisi cermin agar tidak segaris lurus dengan pintu.

Pengaturan lain yang ‘mengeringkan’

penghasilan keluarga adalah ketika pintu depan membuka ke arah jendela atau segaris lurus dengan pintu bagian belakang rumah dalam jarang kurang dari 10 meter. Tata letak ruangan seperti ini menghalangi energi ‘Qi’ bersirkulasi ke tiap ruangan rumah, mengingat energi ‘Qi’ tersebut tidak memiliki kesempatan untuk berputar dan menyebar ke seluruh bagian rumah. Tipe energi yang masuk langsung keluar dari rumah kita sebut dengan ‘Wu Qing’ atau energi yang tidak memiliki

(11)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

5

INTERIOR PINTU RUMAH

Solusi yang bisa dilakukan untuk kasus seperti

ini adalah dengan sering menutup jendela atau pintu bagian belakang ketika pintu bagian depan dibuka, atau untuk kasus pintu depan yang segaris lurus dengan pintu belakang Anda bisa memasang kabinet atau rak yang bertindak sebagai partisi atau pembatas ruangan agar pintu bagian belakang seolah-olah tidak langsung tampak dari depan ketika masuk.

(12)

INTERIOR PINTU RUMAH

Kasus lain yang sering ditemui adalah energi

negatif atau ‘Sha Qi’ yang dipancarkan oleh segi tiga atap tetangga melalui jendela ataupun pintu utama rumah. Obyek segi tiga atap tetangga yang terlihat dari jendela maupun pintu utama kita sebut dengan ‘Huo Xing Sha’ yang bisa mempengaruhi mental penghuni serta keharmonisan keluarga. Solusi yang tepat dalam kasus seperti ini adalah dengan memasang tirai di jendela atau sering menutup bilahnya.

(13)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

7

INTERIOR PINTU RUMAH

Demikian juga ketika pintu kamar mandi atau

WC segaris lurus menghadap pintu depan. Dalam ilmu Feng Shui, kamar mandi atau WC mewakili energi negatif atau ‘Yin Qi’ sedangkan pintu utama mewakili energi positif atau ‘Yang Qi’ dan ketika kedua pintu tersebut segaris lurus, maka energi postif akan dinetralkan oleh energi negatif. Ini berarti energi yang baik tidak dapat bersirkulasi dengan bebas dan tentu saja penghuni tidak dapat diuntungkan dengan situasi seperti ini.

(14)

INTERIOR PINTU RUMAH

Ilmu Feng Shui menekankan pada sebuah

keseimbangan. Ada sebuah istilah Feng Shui yang tertulis, “Tian Xin Shi Dao” yang menegaskan bahwa titik keseimbangan akan tercapai ketika garis horisontal dan vertikal memiliki nilai yang sepadan. Garis horisontal berarti apa yang ada di depan sama pentingnya dengan apa yang ada dibelakang. Sedangkan garis vertikal berarti apa yang dibawah sama pentingnya dengan apa yang diatas. Oleh sebab itu pelanggaran seringkali

terjadi ketika bagian depan rumah dirugikan oleh bagian belakang, seperti pintu depan yang segaris lurus dengan pintu kamar mandi di bagian belakang setelah pintu.

Kasus yang sama juga terjadi ketika kamar mandi atau WC berada persis di atas pintu utama (rumah 2 lantai). Dalam ilmu Feng Shui, ini disebut dengan ‘Lin Tou Shui’ atau ‘Air Membasahi Kepala’. Hal ini bisa menyebabkan pengeluaran

(15)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

9

INTERIOR PINTU RUMAH

keuangan yang tak perlu dan keberuntungan

keluarga yang sering bocor menghilang. Beberapa orang bertanya pada saya mengapa banyak kesialan yang terjadi walaupun pintu sudah ditempatkan dengan benar. Ini dikarenakan mereka hanya melihat apa yang ada di belakang pintu, namun tidak sampai apa yang ada di atas pintu!

Sekali pedoman ini dilanggar seperti kasus di atas, maka sangat sulit untuk memperbaiki situasi. Di sinilah pentingnya memiliki rumah yang dirancang menurut prinsip Feng Shui sebelum konstruksi dimulai. Perancangan yang baik akan menghindari pemborosan besar yang tak perlu untuk memperbaikinya.

(16)

INTERIOR PINTU RUMAH

Pelanggaran yang sama juga terjadi ketika pipa

pembuangan sanitasi dipasang melewati bawah pintu utama. Energi positif atau ‘Sheng Qi’

terhambat memasuki rumah karena efek energi negatif atau ‘Sha Qi’ yang dibawa oleh pipa melewati pintu utama.

(17)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

11

INTERIOR PINTU RUMAH

Kondisi pintu dengan kusennya bisa

mempengaruhi kesehatan anggota keluarga. Hindarilah bagian bawah dari kusen pintu yang tidak menyentuh tanah karena terjadi kayunya membusuk. Kusen pintu yang rusak demikian ini ditafsirkan dalam Feng Shui sebagai penghalang kegiatan kepala rumah tangga. Halangan ini muncul dalam bentuk penyakit rematik di bagian kaki. Solusi yang bisa dilakukan adalah mengganti bagian kusen yang rusak.

(18)

INTERIOR PINTU RUMAH

Hindarilah juga bila jarak antara pintu dan

langit-langit rumah agak rendah atau ujung atas pintu sampai menyentuh langit-langit. Langit-langit ini bisa menekan energi ‘Qi’ ketika masuk melewati pintu dan menimbulkan akibat yang kurang baik bagi keberuntungan keluarga.

(19)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

13

INTERIOR PINTU RUMAH

Kasus terakhir yang sering ditemui adalah

adanya balok menonjol menyeberangi pintu. Balok yang berada tepat diatas pintu dapat menghalangi energi ‘Qi’ ketika masuk ke dalam rumah atau ‘menekan’ energi positif ketika masuk. Oleh sebab itu, dalam kasus seperti ini keberuntungan keluarga juga tidak dapat optimal. Solusi yang bisa diberikan adalah menurunkan langit-langit untuk menutupi balok yang menonjol tersebut. Mengapa Anda harus melakukan ini? Karena dengan ditutupi, tekanan yang dikeluarkan oleh balok diserap oleh panel langit-langit.

(20)

TANGGA

CHAPTER II

Feng Shui Tangga

“…tangga adalah saluran energi ‘Qi’ untuk dibawa ke atas atau ke bawah dan disebarkan ke seluruh tingkat. Oleh sebab itu penempatan tangga dapat mempengaruhi keberuntungan

(21)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

15

TANGGA

Pada umumnya, masyarakat kita saat ini

tinggal pada rumah yang bertingkat. Berdasarkan ilmu Feng Shui, sekalipun tangga bukanlah 3 faktor terpenting dalam Feng Shui namun memiliki pengaruh yang besar dalam penataan Feng Shui Interior. Mengapa? Karena tangga digunakan untuk bergerak dari satu tingkat ke tingkat lainnya. Tangga adalah saluran energi ‘Qi’

untuk dibawa ke atas atau ke bawah dan disebarkan ke seluruh tingkat. Oleh sebab itu penempatan tangga dapat mempengaruhi keberuntungan dan kesatuan keluarga.

Berbeda dengan air yang hanya bisa bergerak dari atas ke bawah, paradigma energi ‘Qi’ dalam ilmu Feng Shui bisa mengalir dengan mudah dari tingkat atas ke bawah dan juga bergerak dari bawah ke atas. Energi ‘Qi’ ini dibawa ke atas oleh gerakan aktivitas yang menciptakan pola energi di tingkat atasnya. Oleh sebab itu, posisi tangga juga dianggap sebagai mulut rumah kedua atau ‘Qi Kou’

setelah pintu utama dan harus ditempatkan pada sektor yang tepat. Ada beberapa pedoman Feng Shui yang harus Anda ketahui ketika menganalisa sebuah posisi tangga rumah. Dan yang perlu Anda ingat adalah bahan material yang Anda pilih untuk interior tangga, warna keramik, sampai pada bentuk railing atau sandaran tangga tidak berhubungan sama sekali dengan ilmu Feng Shui oleh sebab itu tidak ada pedoman yang kami bahas disini seputar masalah tersebut.

(22)

TANGGA

Kasus yang sering ditemui adalah posisi tangga yang segaris lurus dan menuju pintu depan dalam jarak yang relatif dekat atau kurang dari 5 meter. Kedudukan tangga seperti ini adalah salah satu penyebab keluarga sulit mengumpulkan kekayaan. Mengapa? Karena energi ‘Qi’ yang dibawa dari tangga ketika turun ke bawah akan bergegas ke luar rumah melalui pintu.

(23)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

17

TANGGA

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan

mengarahkan kembali posisi tangga sehingga berada pada posisi 90 derajat dari pintu. Kedudukan demikian akan mencegah hilangnya energi ‘Qi’ yang positif dari rumah.

(24)

TANGGA

Kasus lain yang perlu diperbaiki adalah posisi

tangga yang turun langsung menuju pintu kamar mandi dan WC. Letak tangga seperti ini mengakibatkan energi ‘Qi’ terseret keluar ke saluran. Kasus yang sama juga terjadi ketika posisi tangga yang turun langsung menuju pintu kamar tidur, karena begitu energi ‘Qi’ ini turun akan bergerak cepat dan ‘menghantam’ pintu, sehingga ketika energi ‘Qi’ masuk ke dalam ruangan kamar menjadi tidak stabil dan menyebabkan penghuni di kamar tidur ini mudah sakit atau memiliki temperamen yang labil sehingga hubungan dengan orang lain juga kurang harmonis.

Perbaikan untuk kasus di atas adalah:

1.Memindahkan posisi pintu kamar mandi atau kamar tidur agar tidak segaris lurus dengan mulu tangga.

2.Memasang penutup pintu otomatis, atau memasang tirai di pintu.

3.Meletakkan tanaman di dalam kamar mandi ataupun WC agar dapat membawa energi

(25)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

19

TANGGA

Sektor tengah rumah dalam ilmu Feng Shui

disebut dengan ‘Tian Xin’ atau ‘Jantung Langit’ dan harus dibiarkan tetap stabil dan tenang agar dapat menjamin aliran energi ‘Qi’ dalam rumah mengalir dengan lancar. Ini berarti bagian tengah rumah harus bebas dari ruang massif yang bergerak. Posisi tangga yang tepat berada di sektor tengah rumah akan mengganggu aliran energi ‘Qi’ di dalam rumah. Para penghuni yang di dalam sektor tengah rumahnya terdapat tangga mudah terserang penyakit dan akan mengacaukan keutuhan keluarga. Mengapa? Karena rumah tipe seperti ini sama saja dengan rumah yang tanpa

‘Jantung’.

Perbaikan yang bisa dilakukan adalah memasang lampu dengan watt kecil selama 24 jam

non-stop di atas tangga untuk membawa energi ‘Qi’

naik ke atas. Membawa energi ‘Qi’ naik ke atas adalah cara untuk mengisi kekosongan tangga.

(26)

TANGGA

Kasus lain yang sering ditemui adalah posisi

tangga yang sejajar dengan kamar tidur ketika naik ke atas. Pintu kamar tidur yang membuka ke arah tangga yang turun ke lantai bawah menyebabkan energi ‘Qi’ akan terseret ke bawah setiap kali pintu kamar tidur di buka. Dalam ilmu Feng Shui, kondisi ini disebut dengan ‘Qian Bi Shui’ yang akan merugikan penghuni yang tidur di kamar tersebut. Perbaikan dari kasus seperti ini adalah dengan memindahkan posisi pintu kamar tidur.

(27)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

21

TANGGA

Pedoman lain yang harus Anda ketahui seputar

Feng Shui Tangga adalah:

1. Jangan menempatkan posisi tangga yang melewati atas pintu utama. Posisi tangga yang melewati pintu utama akan menyebabkan energi ‘Qi’ ketika masuk ke dalam ruangan menjadi tertekan dan bisa disamakan seperti adanya balok yang menonjol di atas pintu utama.

2. Bentuk tangga yang disukai adalah berbentuk

letter U atau L, karena adanya lekukan akan membiarkan energi ‘Qi’ berkumpul terlebih dahulu sebelum berputar naik ke atas. Dengan demikian aliran pola energi lebih lembut dan sentimental.

(28)

BAGIAN TENGAH RUMAH

CHAPTER III

Bagian Tengah Rumah

“…bagian tengah dari rumah dianggap memiliki unsur tanah yang memiliki peranan yang penting dalam ilmu Feng Shui, karena tanahlah yang memberi makan hampir semua makanan

(29)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

23

BAGIAN TENGAH RUMAH

Dalam ilmu Feng Shui, alam semesta ini

dipercaya terdiri atas 5 unsur, yaitu: unsur air, unsur kayu, unsur api, unsur tanah, dan unsur logam. Bagian tengah dari rumah dianggap memiliki unsur tanah. Unsur tanah memiliki peranan yang penting dalam ilmu Feng Shui, karena tanahlah yang memberi makan hampir semua makanan yang dibutuhkan untuk mempertahankan hidup. Jadi bila unsur tanah dilanggar, maka garis kehidupan akan terpengaruh secara negatif. Oleh sebab itu, bagian tengah atau sektor tengah rumah disebut dengan ‘Tian Xin’

atau ‘Jantung Langit’ karena dari sektor ini dapat diketahui keberuntungan keluarga secara umum, serta keutuhan atau keharmonisan keluarga. Sektor tengah rumah memiliki beberapa pedoman khusus yang harus Anda ketahui ketika membeli atau membangun rumah.

(30)

BAGIAN TENGAH RUMAH

Pedoman pertama yang harus Anda ketahui

adalah hindarilah membeli atau membangun rumah dengan bentuk tak beraturan dan memiliki

‘cekungan’ di bagian tengah rumah. Rumah dengan tipe seperti ini tidak memiliki ‘Jantung’ dan akan mengganggu keutuhan dan keharmonisan rumah tangga.

(31)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

25

BAGIAN TENGAH RUMAH

Pedoman kedua yang harus Anda ketahui

adalah bagian tengah rumah dianggap sebagai posisi pusat yang harus ‘Yin’ atau tenang, diam, dan tertutup agar menjaga kestabilan di bagian tengah rumah. Rumah dengan bentuk tak beraturan dan memiliki atrium di bagian tengah rumah sama saja menciptakan gerakan atau terbuka yang mengakibatkan rumah tersebut kelebihan energi ‘Yang’. Hal ini bisa menyebabkan aliran energi ‘Qi’ di dalam rumah menjadi terganggu dan bisa berpengaruh pada kesehatan para penghuni rumah.

(32)

BAGIAN TENGAH RUMAH

Kasus yang sama juga terjadi ketika terdapat

atap terbuka (sky well) yang diletakkan di sektor tengah rumah. Rumah dengan bentuk seperti ini tidak menunjang kesatuan keluarga.

(33)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

27

BAGIAN TENGAH RUMAH

Pedoman ketiga yang harus Anda ketahui

adalah dalam ilmu Feng Shui, energi ‘Qi’

merupakan energi yang bergerak di permukaan tanah. Ruang bawah tanah dianggap ‘cekungan’. Ruang bawah tanah dan loteng di bawah rumah akan memiliki pengaruh terhadap anggota keluarga tertentu tergantung pada posisinya. Namun, bila ruang bawah tanah diletakkan di bagian tengah rumah, ini akan menyebabkan tidak bersatunya keluarga karena ruang ini adalah

(34)

BAGIAN TENGAH RUMAH

Pedoman terakhir yang harus Anda ketahui

adalah setelah mengetahui peran penting dari sektor tengah atau ‘jantung’ rumah, maka logislah untuk memperhatikan bagian ini dengan cara menempatkan dalam daerah ini unsur rumah yang aktivitasnya bisa meningkatkan kesatuan keluarga. Oleh sebab itu, penempatan ruang keluarga di sektor tengah rumah akan membantu memelihara keluarga tetap hangat dan akrab. Ruang keluarga harus ditempatkan di sektor tengah atau ‘jantung’

rumah karena di sinilah semua anggota keluarga berkumpul untuk menikmati kegiatan bersama dan berbagi pengalaman satu sama lain.

Kepala rumah tangga sebagai figur sentral di rumah adalah inti keluarga. Oleh sebab itu, sangat baik untuk menempatkan ruang tidur kepala keluarga di tengah rumah karena akan berfungsi sebagai kekuatan pengikat yang menyatukan keluarga.

(35)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

29

KAMAR MANDI

CHAPTER IV

Kamar Mandi

“…kamar mandi merupakan tempat penampung kotoran manusia, oleh sebab itu

penempatannya bisa mempengaruhi kesehatan keluarga…”

(36)

KAMAR MANDI

Di daratan Tiongkok, kamar mandi dan WC

ditempatkan di luar rumah dan merupakan salah satu sumber pupuk yang digunakan untuk pertanian. Waktu itu, kamar mandi dan WC dianggap sebagai sumber energi ‘Yin’ atau negatif dan memiliki unsur air. Mengapa? Karena kamar mandi merupakan tempat penampung kotoran manusia, oleh sebab itu penempatannya bisa mempengaruhi kesehatan keluarga.

Namun banyak orang yang salah tafsir dan beranggapan secara berlebihan bahwa posisi kamar mandi atau toilet dapat ‘membilas’ hoki atau keberuntungan seseorang. Ini adalah suatu pendapat yang kurang tepat, mengapa? Karena saat ini kita hidup dan tinggal di era yang modern dimana rata-rata toilet lebih higenis dan bersih dan bukan seperti pada kehidupan kuno yang

Berbicara mengenai posisi toilet pada bangunan 2 lantai atau lebih, ketinggian plafon memiliki peranan yang cukup penting. Apabila ditemui pelanggaran dalam peletakkan toilet dengan tata letak ruangan yang dibawahnya maka parameter yang digunakan adalah 3.5 meter, sehingga bila ketinggian plafon Anda kurang dari angka tersebut dan ditemui pelanggaran maka hal

(37)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

31

KAMAR MANDI

Kasus pertama adalah kamar mandi dan WC yang letaknya berada tepat di atas meja makan. Keadaan ini menyebabkan energi ‘Qi’ yang berasal dari kamar mandi memiliki efek yang tidak sehat pada meja makan yang ada dibawahnya. Namun pelanggaran ini hanya terjadi ketika posisi lubang toilet tepat berada di atas meja makan dan ketinggian plafon Anda relatif pendek atau kurang dari 3.5 meter. Perbaikan yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan meja makan di luar jangkauan kamar mandi dan WC.

(38)

KAMAR MANDI

Kasus berikutnya menunjukkan pengaturan

rumah yang selalu menyebabkan penyakit dan tekanan dalam keuangan. Dalam ilmu Feng Shui, kompor melambangkan kekayaan keluarga dan unsurnya adalah api. Maksud utama orang bekerja keras adalah berusaha mencukupi kebutuhan keluarga. Ini diterjemahkan kepada makanan yang dimasak dan dihidangkan di meja makan. Kamar mandi dan WC yang ditempatkan tepat di atas kompor tidak hanya tidak sehat tapi juga membahayakan keberuntungan keluarga karena toilet yang mewakili unsur air akan memadamkan unsur api yang diwakili oleh kompor.

Namun pelanggaran ini hanya bisa terjadi apabila lubang toilet tepat berada di atas kompor secara vertikal dan ketinggian plafon Anda relatif pendek atau kurang dari 3.5 meter. Perbaikan yang bisa dilakukan cukup mudah yaitu dengan memindahkan posisi kompor agar tidak segaris lurus dengan lubang toilet yang ada di lantai atasnya.

(39)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

33

KAMAR MANDI

Kasus lain yang sering ditemui adalah kamar

mandi dan WC yang tepat di atas ranjang. Lubang toilet yang tepat berada di atas kepala ranjang secara vertikal dari bangunan 2 lantai, disebut dengan ‘Lin Tou Shui’ atau ‘Air yang membasahi kepala’. Hal ini bisa menyebabkan penghuni yang tidur di ranjang tersebut mudah terserang penyakit pada daerah kepala dan menderita kerugian materi.

Namun, hal ini hanya bisa terjadi apabila ketinggian plafon di kamar tidur tersebut relatif pendek. Perbaikan yang bisa dilakukan cukup mudah, yaitu dengan memindahkan ranjang ke posisi lain selama tidak segaris lurus dengan posisi lubang toilet.

(40)

KAMAR MANDI

Bila Anda sering menderita insomnia atau susah tidur, maka segera ceklah apakah terdapat kamar mandi dan WC yang tepat berada di belakang ranjang. Adanya pipa sanitasi tepat berada di belakang kepala ranjang bisa menyebabkan medan aura dari orang yang tidur akan terganggu. Perbaikannya adalah memindahkan ranjang ke posisi lain.

(41)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

35

KAMAR MANDI

Bagian sektor tengah rumah disebut sebagai

‘Tian Xin’ atau ‘Jantung Langit’ dalam ilmu Feng Shui. Keutuhan dan keakraban penghuni rumah akan ditentukan dari posisi sektor tengah rumah, oleh sebab itu bila persis di bagian tengah rumah terdapat kamar mandi atau WC maka bisa menjadi sumber pertengkaran keluarga. Perbaikan yang bisa dilakukan tidak ada cara lain, selain memindahkan ruang kamar mandi di sektor sekeliling rumah yang lain selama tidak terjadi pelanggaran dari pedoman yang telah kita pelajari diatas.

(42)

DAPUR

CHAPTER V

Feng Shui Dapur

“…dapur adalah tempat dimana keberuntungan keluarga khususnya dalam hal

kesehatan berada…”

(43)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

37

DAPUR

Dalam Feng Shui, dapur merupakan faktor

paling penting kedua yang mempengaruhi keberuntungan keluarga. Mengapa? Karena dapur adalah tempat dimana makanan yang kita masak berada. Jika bentuk tata ruangan dapur salah, maka akan menimbulkan energi negatif atau ‘Sha Qi’ dimana akan mempengaruhi makanan yang kita makan. Oleh karena itu, dapur adalah tempat dimana keberuntungan keluarga khususnya dalam hal kesehatan berada. Ketika kita membicarakan dapur maka tak terlepas dengan posisi kompor, mengingat kompor adalah alat utama yang dipakai dalam memasak makanan. Oleh sebab itu, selain memperhatikan tata ruangan dapur seyogyanya juga memastikan bahwa posisi kompor berada pada penempatan yang baik.

Dalam filosofi Tiongkok, kesehatan adalah faktor utama yang harus diperhatikan oleh tiap orang. Mengapa? Karena dengan memiliki tubuh yang sehat (kuat) maka otomatis seseorang dapat lebih ulet dalam menyukseskan usahanya. Oleh sebab itu, posisi kompor sering juga diasosiasikan

(44)

DAPUR

dengan kekayaan seseorang, dan tidak disarankan

mempunyai kompor yang terlihat dari pintu utama depan, karena bila pintu utama depan membuka ke arah kompor, maka energi ‘Qi’ yang datang dari luar akan memukul kompor sehingga merusak kestabilan atau keberuntungan seseorang.

(45)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

39

DAPUR

Kasus lain yang lebih buruk adalah bila ada 2

pintu atau lebih yang sejajar dengan kompor. Mengapa? Karena setiap pintu bertindak sebagai pompa yang menarik masuk sebuah energi ‘Qi’, dan 2 pintu atau lebih yang diletakkan secara berurutan sama seperti 2 pompa yang dirangkaikan secara berseri sehingga menghasilkan tekanan yang cukup kuat.

(46)

DAPUR

Dalam mencapai kemakmuran, seseorang

memerlukan dukungan dari orang lain. Kompor yang tanpa sandaran atau pendukung berarti tidak memiliki teman penolong atau ‘Gui Ren’ dalam bisnis. Jendela dalam Feng Shui dianggap kosong, oleh sebab itu kompor yang berada di depan jendela dianggap tidak memberi dukungan dan hal ini bisa berakibat nyata pada kehidupan bisnis seseorang.

(47)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

41

DAPUR

Kasus yang lebih buruk terjadi, ketika di

belakang kompor tidak hanya terdapat jendela namun adanya tangki air yang segaris lurus dengan posisi kompor tersebut. Dalam Feng Shui, posisi air (tangki air) yang berhadapan dengan posisi api (kompor) kita sebut dengan ‘Shui Huo Xiang

Chong’ dan dapat mempengaruhi keharmonisan

(48)

DAPUR

Kasus yang sama juga terjadi ketika, posisi

kompor yang saling berseberangan dengan posisi keran air. Energi ‘Qi’ air dari keran dan energi ‘Qi’

api dari kompor adalah 2 unsur yang berbeda dan saling bertentangan. Energi yang bertentangan ini bisa mempengaruhi kesehatan penghuni khususnya dalam emosi atau temperamen seseorang yang sering menggunakan (untuk memasak) kompor ini. Jika istri yang sering menggunakannya, maka dapat mempengaruhi temperamen dia yang labil dan berpengaruh pada pertengkaran yang terjadi tentang hal-hal kecil. Dan tentu saja, ini bisa mempengaruhi keharmonsian keluarga dalam jangka panjang.

Lantas, bagaimana jika posisi kompor tersebut sejajar dengan keran air? Jika posisi keran air tersebut kurang dari 1 meter maka bisa menimbulkan akibat yang sama namun jika posisinya lebih dari 1 meter maka tidak perlu dikhawatirkan! Namun bila posisi di seberang kompor hanyalah kulkas ataupun mesin cuci, maka hal ini tidak akan mempengaruhi apa-apa pada kehidupan Anda karena ini hanyalah sebuah mitos yang berkembang dalam masyarakat untuk melarangnya.

(49)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

43

DAPUR

Kasus yang sering terjadi adalah ketika

dibelakang kompor persis adalah posisi bak air, wastafel, ataupun urinor yang pipa sanitasinya melewati posisi belakang kompor. Ini juga disebut dengan ‘Shui Huo Xiang Chong’ atau 2 unsur api dan air saling bertentangan. Namun, apabila posisi bak air, wastafel, maupun urinor tersebut berada di posisi sebaliknya dan/atau posisi pipa sanitasi tidak melewati posisi dibelakang kompor maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan!

(50)

DAPUR

Ada 1 hal penting yang luput diperhatikan

oleh para pemilik rumah ketika awal membangun rumah, yaitu posisi pipa saluran air sanitasi yang melewati dibawah kompor. Seperti apa yang pernah saya bahas pada bagian Feng Shui Interior Pintu Rumah bahwasanya garis vertikal antara atas dan bawah dari sebuah obyek yang penting (dalam hal ini adalah kompor) tidak boleh ada pelanggaran. Oleh sebab itu, sekalipun posisi pipa saluran terpendam dibawah lantai namun bila berada dibawah kompor juga dianggap merusak keberuntungan keluarga, mengingat posisi pipa air ini bertentangan dengan unsur api yang dibawa oleh kompor.

(51)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

45

DAPUR

Dari sekian banyaknya kasus yang telah saya bahas

di atas, solusi yang bisa dilakukan cukup mudah yaitu dengan memindahkan posisi kompor di tempat yang tepat (tidak bermasalah) sesuai dengan pedoman Feng Shui. Kasus terakhir yang terjadi adalah ketika terdapat balok menonjol berada di atas kompor. Balok yang menonjol dapat menyebabkan tekanan energi ‘Qi’ di sekitar balok menjadi fluktuatif atau tidak stabil dan ini dianalogikan seperti menghambat pertumbuhan keberuntungan keluarga.

Solusi yang bisa diberikan adalah: 1. Memindahkan posisi kompor,

2. Menurunkan langit-langit balok menonjol agar tertutup,

Memasang cermin di bawah balok karena cermin membiarkan energi melewatinya (cermin adalah pemantul spektrum cahaya). Tekanan pada kompor bisa dinetralkan.

(52)

DAPUR

Hal terakhir yang perlu Anda ingat seputar

penataan dapur atau kompor adalah:

1. Hindarilah menempatkan dapur dan/atau kompor di sektor tengah ruangan rumah. Mengapa? Karena bagian tengah rumah mewakili jantung atau pusat keutuhan keluarga dan dengan menempatkan dapur maupun kompor di sektor tengah rumah maka hal ini seperti merusak keharmonisan penghuni atau secara kesehatan mudah menimbulkan penyakit dibagian jantung. 2. Hindarilah juga meletakkan kompor yang

segaris lurus dengan posisi pintu masuk ruang dapur, mengingat energi ‘Qi’ ketika memasuki ruangan mudah mengenai bagian kompor terlebih dahulu. Apabila kompor tersebut adalah kompor permanen, maka satu-satunya solusi adalah dengan sering menutup pintu dapur tersebut.

(53)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

47

SUMUR DAN PLAFON

CHAPTER VI

Feng Shui Sumur dan Plafon

“…Dalam Feng Shui, air mengatur kekayaan, karenanya penempatan yang benar

dari sumber air akan menentukan keberuntungan keluarga…”

(54)

SUMUR DAN PLAFON

Dalam ilmu Feng Shui, sekalipun posisi sumur

dan plafon bukanlah prioritas utama yang didahulukan dalam analisa, namun kadangkala memberi efek tertentu bilamana dilanggar. Dalam kehidupan modern saat ini terutama daerah perkotaan, sudah jarang kita temui adanya sumur air di sekitar pekarangan rumah mengingat sumber air berasal dari PDAM. Namun, kondisi ini masih bisa ditemui pada kota kecil terutama daerah pedesaan dimana sumber air mereka kebanyakan dengan menggali sumur di sekitar

pekarangan rumah. Sumur merupakan sumber air yang mana dalam ilmu Feng Shui, air adalah zat paling vital dalam kehidupan di dunia ini untuk mempertahankan kehidupan. Dalam Feng Shui, air mengatur kekayaan, dan penempatan yang benar dari sumber air akan menentukan keberuntungan keluarga.

Oleh sebab itu, pedoman pertama yang harus Anda ketahui dalam Feng Shui Sumur adalah jangan menempatkan sumur dalam posisi yang sejajar dan segaris lurus dengan gerbang utama

(55)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

49

SUMUR DAN PLAFON

rumah. Mengapa? Karena ini bisa menyebabkan

keluarga tersebut akan mudah menghadapi pertengkaran ataupun masalah hukum.

Keadaan ini juga bisa menjadi saluran keluar dari keberuntungan keluarga karena energi yang positif atau ‘Yang Qi’ yang biasa disebut sebagai energi keberuntungan, akan dinetralkan oleh keberadaan energi negatif atau ‘Yin Qi’ dari sumur ketika energi positif masuk ke dalam rumah.

Solusi yang bisa Anda lakukan untuk kasus ini adalah dengan memindahkan posisi pintu gerbang utama rumah (bilamana sumur masih dipakai) agar tidak terlihat serta tidak segaris lurus dengan gerbang utama rumah. Namun, bila sumur tersebut sudah tidak dipakai lagi, maka ada baiknya Anda menutup sumur agar tidak menimbulkan gas yang beracun ataupun sarang bakteri yang bisa mengganggu kesehatan keluarga.

(56)

SUMUR DAN PLAFON

Ada sementara kasus yang terjadinya secara

berulang-ulang, entah mulai dari penyakit, kecelakaan, ataupun kemalangan lain yang menimpa sebuah rumah tangga. Keluarga seperti ini biasa disebut sebagai tinggal di ‘rumah

bermasalah’ secara Feng Shui. Dan setelah

memanggil beberapa praktisi atau ahli Feng Shui untuk mengecek masalah Feng Shui rumah tersebut, masih saja tidak bisa menemukan penyebab kemalangan keluarga. Mengapa? Karena seringkali mereka tidak menanyakan sejarah rumah itu, seperti “Apakah rumah itu dibangun di atas sumur tua yang telantar?”.

Lebih buruk lagi, bila sumur itu telah terisi sampah dan timbunan bahan dari sumber-sumber yang tidak jelas. Kasus ini adalah kasus dimana aliran energi ‘Qi’ terlanggar atau terjebak di bawah tanah. Hal ini akan menyebabkan penyakit yang datang berulang-ulang, terutama bila kamar tidur dibangun tepat di atas posisi sumur yang terpendam di bawahnya.

(57)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

51

SUMUR DAN PLAFON

Sumur merupakan sumber dari energi diam

atau ‘Yin Qi’. Oleh sebab itu, pintu utama yang segaris lurus dan membuka ke arah sumur akan menarik energi negatif untuk masuk ke dalam rumah. Energi yang negatif ini diinterpretasikan dalam bentuk penampakan hantu atau roh halus yang mengganggu. Kasus seperti ini seringkali disebut dengan ‘Yin Sha’ dalam bahasa Mandarin walaupun tidak semata-mata selalu berhubungan dengan penampakan hantu karena bisa dalam bentuk gangguan kesehatan terutama bila sumur tersebut adalah sumur tua dan tidak berfungsi lagi sehingga menyebabkan gas yang beracun merusak kesehatan.

Solusi yang bisa dilakukan untuk kasus ini adalah dengan memindahkan pintu utama agar tidak segaris lurus dengan sumur, serta bilamana sumur tidak berfungsi lagi maka seyogyanya ditutup atau ditimbun secara benar.

(58)

SUMUR DAN PLAFON

Berikutnya kami ingin memberikan pedoman Feng Shui Plafon atau Langit-Langit Rumah. Mengapa bentuk plafon juga diperhatikan dalam ilmu Feng Shui? Karena kita menganggap bahwa yang disebut dengan energi ‘Qi’ adalah pertukaran udara atau sirkulasi energi dalam ruangan tertentu. Energi ‘Qi’ ini berfungsi hampir sama dengan sistim penyejuk udara karena energi ‘Qi’ juga berputar di dalam rumah.

(59)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

53

SUMUR DAN PLAFON

Oleh sebab itu pedoman utama dalam Feng Shui

Plafon adalah untuk menghindari langit-langit yang miring dari satu bagian rumah. Langit-langit yang miring akan mengeluarkan tingkat tekanan energi ‘Qi’ yang berbeda pada ruang di bawahnya. Bagian terendah akan mengeluarkan tekanan yang lebih besar daripada bagian yang tertinggi.

(60)

SUMUR DAN PLAFON

Pedoman penting lainnya adalah untuk

menghindari tinggi langit-langit yang berbeda karena adanya balok yang menonjol menciptakan tekanan terhadap ruang dibawahnya. Maka tidak disarankan untuk duduk di bawah balok yang menonjol tersebut. Solusi yang bisa dilakukan pada kasus langit-langit yang miring ataupun adanya balok yang menonjol di atas adalah pindah dari balok menonjol itu atau menurunkan langit-langit. Dengan menurunkan langit-langit akan memberikan efek langit-langit yang rata dan energi

‘Qi’ akan mampu berputar di seantero rumah tanpa hambatan.

Lantas, kapan Anda harus pindah?

1. Bila balok menonjol atau langit yang miring berada di atas pintu masuk rumah.

2. Bila balok menonjol atau langit yang miring berada di atas dapur terutama pada posisi kompor.

3. Bila balok menonjol atau langit yang miring berada pada ruang kamar tidur Anda terutama pada arah kepala ranjang.

4. Bila balok menonjol atau langit yang miring berada pada meja kerja Anda.

Namun, bilamana balok menonjol tersebut jauhnya atau jarak ketinggiannya lebih dari 3 meter dari lantai, maka efek balok bisa diabaikan selama Anda tidak berdiam di bawahnya lebih dari 6 jam terus-menerus.

(61)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

55

KAMAR TIDUR

CHAPTER VII

Feng Shui Kamar Tidur

“… energi harmonisasi yang dibangun oleh interaksi pernikahan indah antara

suami dan istri diciptakan di tempat tidur. Itu sebabnya mengapa energi penting

(62)

KAMAR TIDUR

Kamar Tidur adalah posisi paling penting

ketiga dalam ilmu Feng Shui setelah dapur dan pintu utama. Mengapa? Jika Anda mau memikirkannya, Anda sudah pasti tahu bahwa kamar tidur mewakili tempat dimana kita menghabiskan sepertiga waktu hidup kita. Kamar tidur harus diperlakukan sebagai tempat istirahat dari kesibukan dan tekanan kehidupan kita. Di dalam kamar tidur inilah kita bisa mendapatkan kembali energi kita yang hilang. Energi harmonisasi yang dibangun oleh interaksi pernikahan indah antara suami dan istri diciptakan di tempat tidur. Itu sebabnya mengapa energi penting ini harus dipertahankan.

Ketika kita menganalisa Feng Shui Kamar Tidur, perhatian utama kita bukan hanya memastikan energi ‘Qi’ yang masuk ke dalam ruangan kamar, namun juga memastikan posisi ranjang telah berada di posisi yang tepat.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan posisi kepala ranjang apabila menghadap arah yang kurang baik dari tanggal lahir Anda. Mengapa? Karena posisi ranjang berdasar tata letak interior ruangan kamar lebih penting daripada arah baik-buruknya kepala ranjang.

Oleh sebab itu, sekalipun arah kepala ranjang Anda telah menghadap ke arah yang baik, namun terdapat pelanggaran dalam tata letak interior ruangan maka efek Feng Shui yang positif juga tidak dapat Anda rasakan. Tentu saja, dengan posisi kepala ranjang menghadap ke arah yang tepat dan tata letak interior yang baik, pengaruh energi positif atau ‘Sheng Qi’ ini lebih dapat dirasakan oleh penghuninya. Untuk mengetahui arah baik-buruknya kepala ranjang dalam kamar tidur, Anda bisa membaca E-Book kami yang berjudul: 12 Pedoman Feng Shui dalam Membeli dan Membangun Rumah.

(63)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

57

KAMAR TIDUR

Karena tata letak interior ruangan adalah topik

utama saya, maka kasus pertama yang harus Anda hindari dalam menata ruangan kamar tidur adalah dengan menghindari bentuk yang tak beraturan. Mengapa? Karena bentuk yang tak beraturan ini menyebabkan energi ‘Qi’ di dalam ruangan tersebut tidak stabil dalam sirkulasinya dan tentu saja akan mengganggu penghuni kamar tersebut ketika beristirahat.

(64)

KAMAR TIDUR

Kasus berikutnya yang harus dihindari adalah kamar tidur dengan tembok yang retak. Keretakan tembok tidak dapat menampung energi ‘Qi’

dengan baik dan ini memberikan kesan hubungan penghuni yang mulai terpecah. Solusi yang bisa dilakukan untuk kasus ini adalah dengan menambal keretakan tembok tersebut.

(65)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

59

KAMAR TIDUR

Kasus lain yang sering ditemui adalah pintu kamar tidur yang membuka ke arah ranjang dengan posisi kaki penghuni yang tidur segaris lurus dengan pintu kamar. Mengapa ini tidak diperbolehkan? Karena ketika energi ‘Qi’ yang datang dari luar kamar menuju ke dalam kamar akan ‘bertabrakan’ dengan ranjang dan akan mengganggu kenyamanan penghuni ketika tidur. Solusi yang bisa dilakukan untuk kasus ini cukup mudah yaitu dengan memindahkan posisi ranjang agar tidak segaris lurus dengan posisi pintu kamar.

(66)

KAMAR TIDUR

Kasus berikutnya adalah posisi 2 pintu kamar tidur yang saling berhadapan. Susunan kamar seperti ini bisa menjadi salah satu penyebab pertengakaran keluarga antara penghuni dari kedua kamar tersebut. Mengapa? Karena kedua pintu tersebut saling bersaing untuk mendapatkan energi ‘Qi’. Namun, kondisi ini hanya bisa terjadi apabila jarak dari kedua kamar tidur tersebut cukup dekat. Jika jaraknya cukup jauh dan masih terdapat ruangan terbuka yang cukup luas di antara kedua kamar, maka hal ini bukanlah masalah.

(67)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

61

KAMAR TIDUR

Hindarilah juga meletakkan ranjang yang

segaris lurus dengan pintu kamar tidur dari arah samping kanan maupun kiri atau garis lurus pintu kamar memotong sebagian posisi ranjang. Mengapa? Karena energi ‘Qi yang dibawa oleh angin ketika masuk ke dalam kamar akan memotong kaki ranjang dan menyebabkan rematik bagi orang yang bagian tubuhnya terkena.

(68)

KAMAR TIDUR

Dalam ilmu Feng Shui, posisi ranjang idealnya

tidak boleh segaris lurus dengan posisi pintu, entah pintu kamar masuk maupun pintu kamar mandi (bagi yang memiliki kamar mandi dalam). Mengapa? Karena posisi energi ‘Qi’ yang masuk akan bertabrakan dengan posisi ranjang dan dapat mempengaruhi kesehatan penghuni. Jika Anda memiliki ranjang yang segaris lurus entah dari depan maupun dari samping pintu kamar mandi ada 2 perbaikan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Memindahkan posisi ranjang jauh dari jangkauan pintu.

2. Menempatkan sekat antara ranjang dan pintu yang bertindak sebagai pelindung. Usahakan sekat atau partisi tersebut setinggi pintu kamar masuk atau pintu kamar mandi.

(69)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

63

KAMAR TIDUR

Kasus yang sama juga bisa terjadi ketika pintu

kamar tidur segaris lurus dengan pintu dapur dalam jarak yang cukup dekat. Dalam ilmu Feng Shui, pintu merupakan posisi ‘Shui Kou’ atau mulut untuk menarik energi ‘Qi’ yang masuk. Asap masakan yang berasal dari dapur bisa memasuki ruangan kamar tidur dan mempengaruhi kesehatan penghuni yang tidur di kamar tersebut. Perbaikan untuk kasus seperti ini adalah dengan memasang penutup otomatis di pintu dapur.

(70)

KAMAR TIDUR

Ranjang merupakan unsur penting dalam Feng Shui Kamar Tidur dan harus memiliki pendukung agar yang tidur bisa menikmati istirahat yang baik. Ranjang yang tidak bersandar pada tembok tidak memiliki pendukung dan akan membuat orang yang tidur merasa lelah walaupun telah tidur lama. Perbaikannya adalah dengan mendorong ranjang ke tembok.

(71)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

65

KAMAR TIDUR

Dalam ilmu Feng Shui, kita mengenal adanya

istilah: YIN dan YANG. Tidur tergolong dari aktivitas YIN dan dalam hal ini posisi ranjang harus diletakkan di tempat yang memiliki unsur

YIN. Oleh sebab itu, bila posisi ranjang kita terletak di tempat yang memiliki unsur YANG

akan menyebabkan ketidakseimbangan dalam tidur, dan akan mempengaruhi vitalitas dan kesehatan penghuni yang tidur di tempat tersebut.

Jendela merupakan unsur YANG dalam ilmu Feng Shui karena jendela mewakili area yang terbuka. Sedangkan tembok merupakan unsur

YIN dalam ilmu Feng Shui karena tembok merupakan benda massif, tertutup, dan tidak bergerak. Oleh sebab itu, ranjang harus ditempatkan dengan posisi kepala ranjang dekat dengan tembok atau dinding kamar. Apabila Anda memiliki ranjang yang dibelakangnya terdapat jendela maka perbaikan yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang tirai venesia di jendela dengan bilahnya ke atas dan usahakan tertutup ketika Anda sedang tidur.

(72)

KAMAR TIDUR

Sayangnya, ada beberapa orang yang pernah

saya temui memindahkan posisi ranjang agar kepala ranjang menghadap arah keberuntungan berdasar tanggal lahir mereka, namun dengan posisi ranjang ditempatkan secara diagonal di depan pojok. Dalam kasus seperti ini, sekalipun kepala ranjang menghadap arah keberuntungan, namun juga akan menciptakan energi negatif atau

‘Sha Qi’ yang mengarah langsung ke posisi kepala.

Mengapa? Karena sudut segitiga pada kepala ranjang yang berposisi diagonal akan menyebabkan energi menghilang. Oleh sebab itu, pedoman yang harus Anda ingat dalam Feng Shui Kamar Tidur adalah dengan menempatkan ranjang pada tembok dengan posisi yang vertikal ataupun horisontal dengan ruangan sekalipun mungkin saja arah kepala ranjang tersebut bukanlah arah keberuntungan Anda sendiri. Ini adalah prinsip dasar ilmu Feng Shui!

(73)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

67

KAMAR TIDUR

Kasus lain yang sering ditemui dan diyakini

oleh sebagian masyarakat dalam Feng Shui adalah cermin yang di depan ranjang. Banyak orang yang menganggap tabu masalah ini, namun banyak yang tidak memahami alasannya. Dalam ilmu Feng Shui ada sebuah pameo yang mengatakan,

“Chuang Tou Zhao Jing, Shen Ti Duo Bing”. Artinya adalah apabila ranjang menghadap ke ranjang, kesehatan akan mengalami gangguan. Mengapa? Karena cermin memantulkan cahaya dan cahaya adalah perpindahan energi. Pantulan cahaya ini akan mempengaruhi medan energi orang yang tidur sehingga tidak bisa istirahat dengan nyenyak. Dan secara otomatis, lama-kelamaan hal ini bisa mengakibatkan orang yang tidur akan bangun dalam keadaan yang lelah dan mudah terserang penyakit.

(74)

KAMAR TIDUR

Hal yang sama juga bisa terjadi, apabila cermin

berada di belakang ranjang. Namun yang perlu Anda ingat adalah bukannya cermin yang membawa masalah namun posisi cerminlah yang mempengaruhi dampak psikologis seseorang yang tidur tersebut. Perbaikan untuk kasus ini adalah dengan memindahkan cermin dalam posisi yang tidak merefleksikan ranjang.

(75)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

69

KAMAR TIDUR

Sekalipun jarang ditemui, kasus yang sama

juga bisa terjadi apabila terdapat cermin di atas ranjang. Cermin seperti ini memberikan pengaruh secara psikologis kepada orang yang tidur bahwa ia ‘dikuasai’ oleh ranjang setiap kali ia membuka matanya. Perbaikannya adalah dengan memindahkan cermin.

(76)

KAMAR TIDUR

Kasus berikutnya yang harus Anda ingat

adalah posisi ranjang yang ruang belakangnya terdapat kompor. Hal ini juga harus dihindari, mengapa? Karena kompor mewakili ‘Yang Qi’ atau energi gerak sedangkan ranjang mewakili ‘Yin Qi’

atau energi diam. Oleh sebab itu bila berdekatan akan menyebabkan gangguan kesehatan pada penghuni yang tidur di kamar tersebut. Perbaikannya adalah dengan memindahkan ranjang atau memindahkan kompor.

(77)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

71

KAMAR TIDUR

Untuk mendapatkan istirahat yang baik,

tekanan yang diberikan oleh lingkungan sekitar ranjang harus sama. Balok menonjol di atas sandaran kepala menghasilkan tekanan pada kepala orang yang tidur. Dan ini menyebabkan gangguan seperti tidur yang kurang nyenyak dan lama – kelamaan berdampak pada sakit kepala atau mudah mengalami migrain. Perbaikannya adalah dengan memutar posisi ranjang pada tempat yang tidak berada di bawah balok yang menonjol.

(78)

KAMAR TIDUR

Hal yang sama bisa terjadi apabila terdapat

lemari gantung di atas ranjang. Lemari gantung menciptakan suatu tekanan seperti halnya balok yang menonjol. Oleh sebab itu, awal Anda membangun rumah khususnya kamar tidur hindarilah model desain seperti ini sekalipun terlihat indah secara estetika.

(79)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

73

KAMAR TIDUR

Kasus lain yang lebih parah adalah balok

menonjol secara vertikal dan memotong ranjang seolah-olah menjadi dua. Hal ini bisa berpengaruh kurang baik pada hubungan pernikahan. Pasangan yang tidur di bawahnya secara tidak sadar akan pindah dari tengah ranjang untuk menghindari tekanan tak terlihat yang diciptakan oleh balok sehingga memisahkan mereka satu sama lain. Hal seperti ini tentu saja tidak kondusif bagi bahtera rumah tangga.

(80)

KAMAR TIDUR

Posisi ranjang dalam Feng Shui mewakili ‘Yin

Qi’ atau energi diam. Sedangkan posisi kompor dalam Feng Shui mewakili ‘Yang Qi’. Kedua posisi tersebut tidak boleh tepat berada di atas-bawah atau depan-belakang. Oleh sebab itu, letak ranjang yang persis di atas kompor sama dengan tidur di atas wadah yang panas. Secara psikologis, ini bisa membuat penghuni yang tidur di kamar tersebut mudah tersinggung tanpa alasan yang logis.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda memeriksa apakah letak ranjang Anda berada di atas kompor? Bila ya, maka perbaikannya adalah memindahkan ranjang ke posisi yang bebas dari pelanggaran yang disebutkan di atas.

(81)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

75

KAMAR TIDUR

Pedoman Feng Shui Kamar tidur untuk

ranjang adalah ranjang tidak boleh berada pada tempat yang ada gerakan di bawahnya karena ini mempengaruhi stabilitas dan kualitas tidur. Oleh sebab itu, ranjang yang ditempatkan di balkon yang menggantung menunjukkan tanda ketidakstabilan karena tidak ada dukungan atau fondasi yang padat di bawah ranjang. Dalam hal ini, pernikahan bisa goyah. Perbaikannya adalah dengan memindahkan posisi ranjang agar tidak berada pada area balok yang menggantung tersebut.

(82)

KAMAR TIDUR

Namun, apabila terdapat pilar yang berpijak di

lantai dasar menopang bagian yang menggantung yang berisi ranjang, maka bagian ini tidak dianggap sebagai balkon yang menggantung.

(83)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

77

KAMAR TIDUR

Bagi Anda yang memiliki rumah tipe basement

atau semi-basement, tidak disarankan untuk memiliki kamar tidur penghuni utama di lantai bawah tanah. Mengapa? Karena ruang bawah tanah bersifat ‘Yin’ atau diam dan bersifat lembap sehingga aliran energi dan cahaya tidak bisa meresap masuk seluruhnya. Oleh sebab itu, ruangan ini lebih cocok digunakan untuk garasi atau ruang gudang.

(84)

KAMAR TIDUR

Pedoman terakhir yang harus Anda ketahui

pada Feng Shui Kamar Tidur adalah tidak dianjurkan untuk memposisikan pintu masuk ruangan kamar tidur yang membuka segaris lurus ke arah pintu utama depan. Mengapa? Karena hal ini akan mempengaruhi psikologis yang muncul dalam penghuni di kamar tersebut, yaitu dorongan menuju kamar tidur begitu mereka sampai di rumah.

(85)

Indonesia Feng Shui Online Center I Pusat Konsultasi dan Informasi seputar Feng Shui .

79

KAMAR TIDUR

Bilamana kamar tidur tersebut merupakan

kamar tidur utama pasangan suami istri, maka kesehatan pasangan akan terpengaruh secara asmara. Secara tidak langsung, ini menyatakan pasangan tersebut akan melakukan kegiatan di kamar tidur sehingga mengganggu kesehatan mereka dalam hal stamina dan kemampuan mereka untuk menjalankan kewajiban lainnya.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan pintu kamar tidur agar digeser sedikit ke kanan atau ke kiri selama tidak segaris lurus dengan posisi pintu utama depan.

(86)

(Peta Indonesia)

Klien Kami Tersebar di Seluruh Penjuru Kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makasar, Semarang, Denpasar, Manado, Balikpapan, Palembang, Yogyakarta, Tangerang, Cirebon, Banjarmasin, Bogor, Samarinda, Malang, dan lain-lain. Juga dari berbagai Negara seperti USA, Jepang, Korea dan Belanda.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects : Aturan Umum Di Dalam Feng Shui