Gambaran Perilaku Tidak Aman Pada Pekerja Pengrajin Perabot Rumah Tangga di Toko Mulia Rattan, Jalan Gatot Subroto No. 350 Medan Tahun 2016

15 

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

GAMBARAN PERILAKU TIDAK AMAN PADA PEKERJA PENGRAJIN PERABOT RUMAH TANGGA DI TOKO MULIA RATTAN,

JALAN GATOT SUBROTO NO. 350 MEDAN TAHUN 2016

SKRIPSI

OLEH

HENRY RIKARDO SIPAYUNG NIM : 081000055

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

(2)

GAMBARAN PERILAKU TIDAK AMAN PADA PEKERJA PENGRAJIN PERABOT RUMAH TANGGA DI TOKO MULIA RATTAN,

JALAN GATOT SUBROTO NO. 350 MEDAN TAHUN 2016

Skripsi ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar

Sarjana Kesehatan Masyarakat

OLEH

HENRY RIKARDO SIPAYUNG NIM : 081000055

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(3)

HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI

Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi yang berjudul “GAMBARAN PERILAKU TIDAK AMAN PADA PEKERJA PENGRAJIN PERABOT RUMAH TANGGA DI TOKO MULIA RATTAN, JALAN GATOT SUBROTONO NO. 350 MEDAN TAHUN 2016” ini beserta seluruh isinya adalah benar hasil karya sendiri dan saya tidak melakukan penjiplakan atau mengutip dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika keilmuan yang berlaku dalam masyarakat keilmuwan. Atas pernyataan ini, saya siap menanggung risiko atau sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila kemudian ditemukan adanya pelanggaran terhadap etika keilmuwan dalam karya saya ini, atau klaim dari pihak lain terhadap keaslian karya saya ini.

Medan, Agustus 2016 Yang membuat pernyataan

(4)
(5)

ABSTRAK

Pada pekerja industri rotan masih ditemukan perilaku tidak aman dan hal tersebut menimbulkan banyak kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perilaku tidak aman pada pekerja pengrajin perabot rumah tangga (yang berbahan dasar rotan) di Toko Mulia Rattan, Jl. Gatot Subroto, No. 350, Medan.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian survei dan bersifat observatif. Informan dalam penelitian ini adalah sebanyak tujuh orang yang diambil dari semua pekerja pengrajin yang ada di Toko Mulia Rattan. Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan unsur-unsur yang diteliti.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat perilaku tidak aman yang dilakukan pengrajin perabot rumah tangga. Dari enam belas perilaku tidak aman yang diobservasi, terdapat dua belas perilaku tidak aman yang dilakukan para pekerja.

Pemilik Toko Mulia Rattan wajib memperhatikan dua belas perilaku tidak aman yang dilakukan oleh pekerja dan segera melakukan perbaikan manajemen dan tindakan pencegahan agar pekerja tidak lagi melakukan perilaku tidak aman tersebut. Dan bagi pekerja, mereka wajib menaati peraturan pekerjaan untuk tidak melakukan perilaku tidak aman pada saat bekerja.

(6)

ABSTRACT

The workers of rattan industry could be still found unsafe behavior and it caused many working accident. This research aimed to find out decribing of unsafe beahvior of craftmen of household furnishing (basic on rattan material) at Mulia Rattan’s shop on Jl.Gatot Subroto No.35, Medan.

Type of research that was used for this research is survey research and it had observation. The informan of this research are seven peoples which taken from all craftmen at Mulia Rattan’s shop. The data was analyzed descriptively based on elements that were analyzed.

The result of this research showed unsafe behavior that was done by craftmen of household furnishing. In sixteen unsafe behavior that were observated, there were twelve behavior done by the workers.

The owner of Mulia Rattan’s shop should consider of the twelve unsafe behavior that were done by the workers and doing management revision and preventive action immediately, so that the workers no longer do the unsafe behavior. For the workers,they must obey the working rules to not do the unsafe beahvior during working.

(7)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas kasih dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan

judul “GAMBARAN PERILAKU TIDAK AMAN PADA PEKERJA

PENGRAJIN PERABOT RUMAH TANGGA DI TOKO MULIA RATTAN, JALAN GATOT SUBROTO NO. 350 MEDAN TAHUN 2016” yang merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sumatera Utara (USU).

Dengan segenap kerendahan hati penulis mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada orang tua terkasih M. Sipayung dan E. Pasaribu yang telah membesarkan dan mendidik penulis dengan kasih sayang dan juga tak henti-hentinya memberikan dukungan doa dan perhatian. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis juga banyak mendapatkan bimbingan, dukungan dan bantuan dari berbagai pihak secara moril maupun materil, oleh karena itu pada kesempatan ini dengan ketulusan dan kerendahan hati penulis ingin mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada :

1. Prof. Dr. Runtung Sitepu, S.H, M.Hum selaku Rektor Universitas Sumatera Utara.

(8)

3. Bapak Dr. Ir. Gerry Silaban, M.Kes, selaku Ketua Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja sekaligus penguji II ujian skripsi yang telah memberikan nasihat dan arahan kepada penulis selama menuntut ilmu di FKM USU serta telah memberikan saran dan dukungan untuk kesempurnaan skripsi ini.

4. Bapak dr. Mhd Makmur Sinaga, MS, selaku Dosen Pembimbing I yang telah banyak meluangkan waktu dan memberikan saran, bimbingan serta arahan dalam penyelesaian skripsi ini.

5. Ibu Arfah Mardiana Lubis, S. Psi, M. Psi selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan dukungan dan meluangkan waktu dan pikiran serta dengan penuh kesabaran membimbing penulis dalam penyusunan skripsi ini.

6. Isyatun Mardhiyah Syahri SKM, M.Kes selaku penguji III ujian skripsi yang telah memberikan saran dan dukungan untuk kesempurnaan skripsi ini.

7. Seluruh Dosen dan Staf di FKM USU yang telah memberikan bekal ilmu selama penulis mengikuti pendidikan.

8. Bapak dr. Heldy B. Z, MPH selaku pembimbing akademik yang memberi masukan setiap semester yang penulis lewati.

9. Bapak Rivai sebagai pemilik Toko Mulia Rattan yang memberi izin kepada penulis untuk melaksanakan penelitian

10.Seluruh pekerja yang turut membantu sebagai responden dalam penelitian ini 11.Saudara saya Herman Fernandes Sipayung S.T., Jhonson Ferdinand Sipayung

(9)

12.Kepada terkasih Lerys Hotmarysa Hutajulu Am.Keb yang telah banyak memberi dukungan, motivasi dan perhatian yang penuh kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan pendidikan dan skripsi ini.

13.Kepada teman departemen K3 Evia Manurung SKM, Henokh Sembiring SKM, Caprin Sinurat, Raja Lingga SKM, Johannes Sianturi SKM dan masih banyak lagi. Terima kasih atas bantuan, masukan, semangat dan dorongan serta kebersamaanya selama ini.

Penulis menyadari masih ada kekurangan dalam penulisan skripsi ini, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak dalam rangka penyempurnaan skripsi ini. Akhir kata penulis berharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Medan, Agustus 2016

(10)

DAFTAR ISI

4.1.1. Gambaran Umum Lokasi Penelitian ... 27

4.1.2. Gambaran Alur Proses Pembuatan Perabot Rumah Tangga ... 28

4.1.3. Struktur Organisasi Toko Perabot Mulia Rattan ... 30

4.2. Hasil Penelitian ... 31

4.2.1. Distribusi Pekerja Berdasarkan Data Demografi ... 31

4.2.2. Observasi Perilaku Tidak Aman pada Pengrajin Perabot Rumah Tangga ... 32

BAB V. PEMBAHASAN ... 48

5.1. Gambaran Melakukan Pekerjaan Tanpa Wewenang ... 48

(11)

5.3. Gambaran Gagal dalam Mengamankan ... 48

5.4. Gambaran Bekerja dengan Kecepatan Berbahaya ... 49

5.5. Gambaran Membuat Alat Pengaman Tidak Berfungsi ... 50

5.6. Gambaran Menghilangkan Alat Pengaman ... 50

5.7. Gambaran Menggunakan Peralatan yang Rusak ... 51

5.8. Gambaran Menggunakan Peralatan yang Tidak Sesuai ... 51

5.9. Gambaran Tidak Menggunakan APD dengan Benar ... 52

5.10. Gambaran Pengisian yang Tidak Sesuai ... 52

5.11. Gambaran Penempatan yang Tidak Tepat ... 53

5.12. Gambaran Cara Mengangkat yang Salah ... 54

5.13. Gambaran Posisi atau Sikap Tubuh yang Salah ... 54

5.14. Gambaran Memperbaiki Peralatan yang Sedang Beroperasi ... 55

5.15. Gambaran Berkelakar atau Bersenda Gurau ... 56

5.16. Gambaran Bekerja Dibawah Pengaruh Alkohol atau Obat-obatan ... 56

BAB VI. KESIMPULAN DAN SARAN ... 57

6.1. Kesimpulan ... 57

6.2. Saran ... 58

(12)

DAFTAR TABEL

(13)

DAFTAR GAMBAR

(14)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampriran 1. Surat Permohonan Izin Penelitian ... 61

Lampriran 2. Surat Selesai Melakukan Penelitian ... 62

Lampriran 3. Gambar Toko Mulia Rattan ... 63

Lampriran 4. Gambar Informan I ... 64

Lampriran 5. Gambar Informan II ... 67

Lampriran 6. Gambar Informan III ... 69

Lampriran 7. Gambar Informan IV ... 70

Lampriran 8. Gambar Informan V ... 71

Lampriran 9. Gambar Informan VI ... 73

(15)

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama : HENRY RIKARDO SIPAYUNG

Tempat/Tanggal Lahir : Parongil / 1 April 1990

Agama : Kristen Protestan

Status Perkawinan : Belum Menikah

Nama Orang Tua : Mutiha Sipayung (Ayah)

Elly Murniaty Pasaribu (Ibu)

Anak ke : 1 (Pertama) dari 4 (Empat) orang bersaudara

Alamat Rumah Orang Tua : Jl. Gereja Atas No. 51 Parongil, Kecamatan Silima Pungga-pungga, Kabupaten Dairi

Riwayat Pendidikan

Tahun 1996-2002 : SD Negeri 030388 Parongil Tahun 2002-2005 : SMP Negeri 1 Parongil Tahun 2005-2008 : SMA Negeri 1 Parongil

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...