Pengaruh Persepsi Terhadap Kualitas Kehidupan Bekerja pada Optimisme Karyawan

14 

Teks penuh

(1)
(2)

LEMBAR PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi saya yang berjudul:

Pengaruh Persepsi Terhadap Kualitas Kehidupan Bekerja pada Optimisme

Karyawan

adalah hasil karya saya sendiri dan belum pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi manapun.

Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan skripsi in saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah dan etika penulisan ilmiah.

Apabila dikemudian hari ditemukan adanya kecurangan di dalam skripsi ini, saya bersedia menerima sanksi pencabutan gelar akademik yang saya sandang dan sanksi-sanksi lainnya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Medan, Juli 2013

(3)

Pengaruh Persepsi Terhadap Kualitas Kehidupan Bekerja pada Optimisme

Karyawan

Hijriati Meutia dan Ferry Novliadi

ABSTRAK

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi terhadap kualitas kehidupan bekerja pada optimisme karyawan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala persepsi terhadap kualitas kehidupan bekerja dan skala optimisme yang disusun berdasarkan aspek persepsi terhadap kualitas kehidupan bekerja dan optimisme. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan pabrik PT Pupuk Iskandar Muda. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling insidental dan melibatkan 186 karyawan. Data dianalisis secara statistik menggunakan analisis regresi linier. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi terhadap kualitas kehidupan bekerja pada optimisme karyawan (R2 = 0, 044, p<0,05). Hasil ini menyatakan bahwa persepsi terhadap kualitas kehidupan bekerja yang positif dapat meningkatkan optimisme, sehingga penelitian ini dapat memberi kontribusi bagi perusahan bahwa optimisme karyawan dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas kehidupan bekerja.

(4)

The Impact of Perseption of Quality of Work Life to Employee Optimism

Hijriati Meutia dan Ferry Novliadi

ABSTRACT

The purpose of this study to determine the impact of perception of quality of work life to employee optimism. Data was collected through the perception of the quality of work life and optimism scales which is based on aspects of the perception of the quality of work life and optimism. The respondents in this study were employees of PT Pupuk Iskandar Muda. The sampling technique used is incidental sampling technique and involves 186 employees. Data was analyzed using linear regression analysis. Results indicated that there was a significant impact of perception of quality of work life to employee optimism (R2 = 0, 044, p <0,05). These results suggested that the perception of quality of work life that can improve the optimism. This result can contribute to the company's employees that optimism can be enhanced by improving the quality of work life

(5)

KATA PENGANTAR

Pertama-tama, puji dan syukur saya panjatkan ke hadirat ALLAH Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan sripsi dengan

judul “Pengaruh persepsi Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Optimisme pada

Karyawan Perusahaan PT Pupuk Iskandar Muda”. Penyusunan skripsi ini dilakukan untuk memenuhi salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Psikologi di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara, Medan.

Selama proses penulisan skripsi ini saya mendapatkan banyak bantuan dari berbagai pihak. Disini saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada:

1. Prof. Dr. Irmawati, Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

2. Bapak Ferry Novliadi M.Si, selaku dosen pembimbing yang sudah banyak membantu saya dalam tugas akhir ini. Terima kasih atas dukungan, saran, serta waktu yang telah diberikan kepada saya serta untuk 2 penguji saya Bapak Zulkarnain, Ph.D, psikolog dan kak Vivi Gusrini R. Pohan, M.Sc.,M.A., psikolog. Terimakasih untuk semua masukan dan saran yang telah memberi nilai lain untuk penelitian saya.

(6)

4. Seluruh staf pengajar di Fakultas Psikologi atas ilmu, pengalaman dan nasehat yang telah diberikan dan seluruh staf pegawai atas bantuannya selama masa-masa perkuliahan dan penyusunan skripsi.

5. Keluarga yang telah memberikan dukungan dalam penyusunan skripsi dan masa-masa kuliah saya. Mama yang senantiasa mendukung saya, yang selalu menyebut nama saya dalam setiap doanya, abah yang petuah-petuahnya akan selalu ada dihati saya, kak Opi yang selalu menjadi mama dan abah kedua, Bang Adi, kak Opa, Kak Iti, Intan dan Abang. Tanpa kalian yang hijry yang sebentar lagi akan sidang mungkin gak aka nada.

(7)

Akhir kata, saya berharap semoga ALLAH SWT membalas segala kebaikan saudara-saudara semua. Saya sangat menerima segala saran maupun kritik yang dapat membantu saya agar dapat menjadi lebih baik lagi di kemudian hari. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Medan, Juli 2013

(8)

DAFTAR ISI A. Latar Belakang Masalah ……….………... 1

B. Rumusan Masalah ………...………... 5

C. Tujuan Penelitian………...……. 5

D. Manfaat Penelitian……….………..….…... 5

E. Sistematika Penulisan……….………..….. 6

BAB II LANDASAN TEORI A. Optimisme ……….……….………..…. 8

1. Pengertian Optimisme ………….…..………..…… 9

2. Aspek Optimisme………. .…….………..…… 9

3. Faktor Optimisme………. .…….……….…….…… 10

(9)

2. Aspek Persepsi Terhadap Kualitas Kehidupan Bekerja ………… 12

3. Dampak Persepsi Terhadap Kualitas Kehidupan Bekerja ……… 13

C. Pengaruh Persepsi Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Optimisme ………. 17

C. Populasi, Sampel dan Metode Pengambilan Sampel……….……… 22

1. PopulasiDan Sampel……….………..…….……… 22

2. Metode Pengambilan Sampel………..……….… 23

3. Jumlah Sampel Penelitian…………..…………...……… 23

D. Metode dan Alat Pengambilan Data..………..….……….. 24

1. Skala Optimisme... 32

2. Skala Persepsi Terhadap Kualitas Kehidupan Bekerja... 25

E. Validitas, Uji Coba dan Reliabilitas Alat Ukur... 27

(10)

3. Reabilitas Alat Ukur... 28

F. Hasil Uji Coba Alat Ukur ... 29

1. Hasil Uji Coba Alat Ukur Optimisme... 29

2. Hasil Uji Coba Alat Ukur Persepsi Terhadap Kualitas Kehidupan Bekerja……….. 30

G. Prosedur Pelaksanaan Penelitian... 33

1. Tahap Persiapan ... 33

2. Tahap Pelaksanaan ... 35

3. Tahap Pengolahan Data... 35

H. Metode Analisis Data………..………..………….. 36

1. Uji Normalitas ……….……….……… 36

2. Uji Linieritas ……….………..………. 37

BAB IV ANALISA DATA DAN PEMBAHASAN A. Gambaran Umum SubjekPenelitian ……….…. 38

B. Hasil Penelitian ……….…. 40

1. Uji Asumsi ……….……….. 40

2. Hasil Penelitian ………...…. 42

C. Pembahasan Hasil Penelitian… ……… 47

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan ……….… 51

(11)
(12)

DAFTAR TABEL

Tabel 1. BlueprintSkala Optimisme Sebelum Uji Coba………...…… 25 Tabel 2. Blueprint Skala Persepsi Terhadap Kualitas Kehidupan Bekerja

Sebelum Uji Coba…….……….……….……… 26 Tabel 3. Distribusi Aitem Skala Optimisme Setelah Uji Coba... 30 Tabel 4. Distribusi Aitem Skala Optimisme Setelah Uji Coba untuk

Penelitian..……….…………... 30

Tabel 5. Distribusi Aitem Skala Persepsi Terhadap Kualitas Kehidupan Bekerja

Setelah Uji Coba ……….………. 32

Tabel 6. Distribusi Aitem Skala Persepsi Terhadap Kualitas Kehidupan Bekerja

Setelah Uji Coba ………...…..… 33

Tabel 7. Gambaran Subjek Penelitian Berdasarkan Jenis Kelamin... 38 Tabel 8. Gambaran Subjek Penelitian Berdasarkan Usia …………... 39 Tabel 9. Gambaran Subjek Penelitian BerdasarkanJabatan……….… 40 Tabel 10. Hasil Pengujian Normalitas…...………..…… 40 Tabel 11 Hasil Pengujian Linieritas..…...………...…… 42 Tabel 12. Hasil Ringkasan Analisis Regresi Linier……….…… 43 Tabel 13. Mean Empirik dan Mean Hipotetik Optimisme……….……. 44 Tabel 14. Mean Empirik dan Mean Hipotetik Pengaruh Persepsi

(13)

Tabel 17. Kategorisasi Data Hipotetik Persepsi Kualitas Terhadap Kualitas

(14)

DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN A Skala Uji Coba

LAMPIRAN B Reabilitas Dan Uji Daya Beda Aitem

LAMPIRAN C Skala Penelitian

LAMPIRAN D Gambaran Subjek Penelitian

LAMPIRAN E Data Mentah

LAMPIRAN F Uji Asumsi Dan Uji Analisis Data

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...