BAB II DATA DAN ANALISA. Data dan informasi yang digunakan untuk mendukung proyek tugas akhir ini berasal dari berbagai sumber yaitu:

Teks penuh

(1)

BAB II

DATA DAN ANALISA

2.1 Sumber Data

Data dan informasi yang digunakan untuk mendukung proyek tugas akhir ini berasal dari berbagai sumber yaitu:

1. Literatur

Pencarian bahan melalui buku – buku yang terkait dengan tema yang diangkat.

- Food Combining by Andang Gunawan - HypnoLangsing by Juli Triharto

- Been.There.Done.That.Get.The.T-Shirt. by Risyiana Muthia

-

http://www.scribd.com/doc/92838979/Fat-So-Because-You-Don-t-Have-to-Apologize-for-Your-Size#.UStkWuuPgt0

- The Women’s Health Diet

- Page Unlimited

- Around Europe Promotion - IDN

2. Website

Pencarian bahan melalui internet mengenai hal – hal yang berhubungan dengan tema yang diangkat.

- http://fatorfiction.info/sweets - http://dokita.co/blog/apa-itu-obesitas/ - http://www.equator-news.com/utama/kesehatan/20110815/orang-gemuk-di-indonesia-meningkat-782-juta-jiwa - http://www.naafaonline.com/dev2/the_issues/index.html - http://fatorfiction.info/sweets - http://kateharding.net/faq/but-dont-you-realize-fat-is-unhealthy/ - http://newsroom.ucla.edu/portal/ucla/Dieting-Does-Not-Work-UCLA-Researchers-7832.aspx

(2)

3. Wawancara

Melalui wawancara dengan nara sumber yang berkompeten di bidang yang terkait pada tema yang diangkat.

- Spesialis Gizi Dr. David Fajar P. Ms, Sp. GK di Rumah Sakit Pondok Indah

4. Kuisioner

Menyebarkan kuesioner melalui internet, agar mengetahui kebiasaan orang-orang gemuk.

2.2 Analisa Produk

Sebagai buku dengan target audience wanita penderita obesitas, maka buku ini akan menerapkan penyampaian materi yang sesuai dengan hasil kuesioner terhadap target audience. Buku tersebut tidak hanya menggunakan body copy yang monoton tapi juga dengan ilustrasi menarik. Warna yang akan digunakan adalah warna-warna yang berkesan menyenangkan, semangat, sehat, dan ramah untuk menggambarkan kepribadian remaja yang memiliki tubuh gemuk.

Judul Buku I LOVE MY BODY Daftar Isi CHAPTER 1 Do I? How? Shall we? CHAPTER 2 A Matter of Obesity Habit Consequences CHAPTER 3

(3)

Portion No No Foods Work It Out CHAPTER 4

Healthy Check List

2.3 Data Penerbit

Gambar 2.1 Logo Penerbit

Gramedia adalah penerbit majalah, tabloid, buku dan komik terkemuka di Indonesia, dengan rentang usia pembaca terlengkap. Produk Gramedia mencakup bacaan untuk batita anak usia TK-SD, remaja pria dan wanita dewasa, sampai bacaan khusus untuk pehobi. Bagian Bisnis terdiri dari Sirkulasi, Iklan dan Promosi. Redaksi terbagi dalam lima bagian, yaitu Media Wanita, Media Anak, Media Otomotif, Media Pria, serta MediaPengetahuan, Teknologi dan Umum. Sedangkan Bagian Supporting terdiri dari Anggaran, Pracetak, SDM, Umum, dan Teknologi Informasi. Dipelopori oleh terbitnya Majalah Intisari tahun 1963, kini Gramedia telah menerbitkan lebih dari 1.100 judul tabloid, majalah, komik, serta buku.

2.4 Kompetitor

Terdapat beberapa kompetitor yang beredar di pasaran. Masing-masing buku kompetitor tersebut memiliki kelebihan dan kelemahaannya masing-masing. Beberapa kompetitor tersebut diantaranya yaitu:

(4)

2.4.1 Diet Sehat Khusus Remaja: Berdasarkan Golongan Darah

Gambar 2.2 Kompetitor

Penerbit : Khitah Publishing

Penulis : Fransiska Andri Y & Tracy Hurmaly Halaman : 108

Size : 13 x 19 cm

- Pada cover buku menampilkan penekanan pada bagian judul/headline buku. - Materi seputar diet, berat badan ideal remaja, dan diet golongan darah - Warna yang digunakan mewakilkan remaja

- Penggunaan ilustrasi hanya bagian cover.

2.5 Analisa Kasus Obesitas

Obesitas (kegemukan) adalah suatu keadaan dimana terjadi penumpukan lemak tubuh yang berlebih, sehingga BB seseorang jauh di atas normal dan dapat membahayakan kesehatan. Sementara overweight (kelebihan berat badan) adalah keadaan dimana BB seseorang melebihi BB normal.

(5)

menurunkan kualitas hidup

Obesitas terjadi karena ketidakseimbangan antara energi yang masuk dengan energi yang keluar. Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) telah diakui sebagai metoda yang paling praktis dalam menentukan tingkat overweight dan obesitas pada orang dewasa di bawah umur 70 tahun.

Kategori Obesitas

Gambar 2.3 Kategori Obesitas

Penyebab Obesitas

Obesitas termasuk penyakit yang disebabkan oleh beberapa faktor. Diduga sebagian besar obesitas disebabkan oleh faktor genetik dan faktor lingkungan (aktivitas, gaya hidup, sosial ekonomi dan nutrisional).

a) Genetik

Bila kedua orang tua obesitas maka 80% anaknya menjadi obesitas, bila salah satu orang tua obesitas kemungkinan anak obesitas menjadi 40% dan bila kedua orang tua tidak obesitas kemungkinan anak menjadi obesitas sebesar 14%.

b) Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik merupakan faktor utama dari pengeluaran energi, bila aktivitas fisik rendah maka energi akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk jaringan lemak dan bila berlangsung dalam waktu yang lama jaringan lemak akan menumpuk dan menyebabkan obesitas.

(6)

c) Nutrisional

Peranan faktor nutrisi dimulai sejak dalam kandungan dimana jumlah lemak tubuh dan pertumbuhan bayi dipengaruhi berat badan ibu. Yang mempengaruhi kenaikan berat badan dan lemak anak ialah ketika pertama kali mendapat makanan padat yang tinggi kalori, dan memungkinkan menjadi sebuah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori hingga sang anak beranjak dewasa. Biasanya makanan berlemak tinggi kalori memiliki rasa yang lezat dan dapat meningkatkan selera makan yang akhirnya terjadi konsumsi yang berlebihan.

d) Gaya hidup

Perubahan pengetahuan, sikap, perilaku dan gaya hidup, pola makan, serta peningkatan pendapatan mempengaruhi pemilihan jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Perubahan ini lebih menjurus pada hal yang negatif, seperti pola hidup sedentary atau kurang gerak yang berkaitan dengan penurunan akrivitas fisik.

e) Kesehatan

Beberapa penyakit lain dapat menyebabkan obesitas seperti:

• Hipotiroidism yaitu proses pembakaran kalori menjadi lambat, sehingga makan sedikit pun tetap akan gemuk.

• Kelainan saraf yang menyebabkan seseorang banyak makan. o Obat-obatan tertentu misalnya steroid, anti depresi, yang dapat menyebabkan penambahan berta badan.

f) Umur

Meskipun dapat terjadi pada semua umur, obesitas sering dianggap sebagai kelainan pada umur 50 tahun keatas. Seperti obesitas yang terjadi pada anak di tahun pertama kehidupan biasanya disertai dengan pertumbuhan rangka yang cepat dan anak menjadi besar untuk umurnya.

g) Jenis Kelamin

Obesitas umumnya dijumpai pada wanita, walaupun sebenarnya obesitas dapat terjadi pada pria. S elain karena metabolisme tubuh pada wanita berjalan lebih lambat obesitas pada wanita dewasa umumnya dipengaruhi setelah masa kehamilan dan pada saat menopause.

h) Psikologis

Keadaan obesitas dapat merupakan dampak dari pemecahan masalah emosi yang mendalam yaitu seperti menyalurkan emosi dengan cara makan yang

(7)

pemecahan alternatif yang tepat justru akan memperberat masalah. Perlakuan lingkungan terhadap penderita obesitas seperti mengejek, menertawakan, mengganggu, mempermainkan dan lain sebagainya sehingga menyebabkan penderita obesitas semakin menarik diri dari pergaulan dan aktivitas permainan, dengan demikian makin berkurang aktivitas fisiknya

2.6 Kesimpulan Wawancara

Kesimpulan yang saya ambil dari wawancara dengan Dr. David Fajar P. MS, Sp. GK • Kalori atau energi yang masuk dan yang keluar harus seimbang, diharuskan

adanya defisit kalori. Dengan kegiatan sehari-hari saja tidak cukup untuk defisit kalori, maka dianjurkan untuk olahraga untuk mempercepat defisit kalori tersebut, dan memperkencang otot. Menghitung kalori dianjurkan untuk mengira-ngira makanan yang masuk ke dalam tubuh. Harus menghafal jenis-jenis makanan berkalori tinggi untuk dihindari. Menghindari minuman berwarna.

• Remaja dan sekitar umur 20 banyak mengalami kegemukan. Juga orang-orang tua.

• Diet yang baik memperbaiki metabolisme.

Range berat badan menurut BMI adalah patokan terbaik untuk berat badan ideal dan optimal.

• Perubahan gaya hidup di kota berpengaruh pada berat badan. • Diet banyak cara tidak terlalu berpengaruh, karena intinya input dan

outputnya harus seimbang. Kemauan dan niat adalah hal yang terpenting. • Diabet adalah kasus yang sering mengidap pasien yang datang ke Dokter

David.

• Metabolisme turun di usia 40an.

• Coba dulu cara pola hidup sehat, dengan adanya hasil, motivasi akan datang sendiri, sehingga akan membuat lebih semangat

• 5-10% turunnya berat badan sudah dibilang sukses

2.7 Kesimpulan Kuisioner

Dari 27 respon untuk mengisi isi konten, saya mendapatkan beberapa kebiasaan kegiatan dan pola makan, serta share tentang diet mereka yang sering gagal dari target pembaca.

2.8 Faktor S.W.O.T. STRENGTH

- Memberi informasi tentang fakta tentang kegemukan, akibat fatalnya kegemukan dan bagaimana cara mengatur pola hidup sehat.

(8)

- Memotivasi untuk peduli dengan diri sendiri dan memiliki pola hidup sehat

WEAKNESS

- Malas membaca

- Malu membeli buku yang terkait dengan kegemukan

OPPORTUNITY

- Belum banyak buku tentang menjadi gemuk yang sehat yang fun dan sesuai dengan kepribadian remaja

- Orang-orang gemuk tetap ingin menjadi gemuk yang sehat

THREAT

- Sekilas banyak buku tentang kesheatan bagi orang gemuk walau secara desain terlalu serius.

2.9 Target Market PROFIL PRIMER

Umur : 15 – 20 Jenis kelamin : Perempuan

Status sosial : Remaja dan Mahasiswa

Hobi : Membaca, mendengarkan musik, nonton tv, internetan. Karakter : Orang-orang gemuk yang peduli akan kesehatan tubuhnya,

dan menginginkan pola hidup sehat untuk jangka panjang. Tempat : Perkotaan

Figur

Gambar 2.2 Kompetitor

Gambar 2.2

Kompetitor p.4
Gambar 2.3 Kategori Obesitas

Gambar 2.3

Kategori Obesitas p.5

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :