PENGELOLAAN LIMBAH INDUSTRI doc 1

Teks penuh

(1)

PENGELOLAAN LIMBAH INDUSTRI

PT. INDOMILK

Nama Pabrik : PT INDOMILK

Alamat : Jl. Raya Bogor Km 26,6 Gandaria, Jakarta 13710 Tanggal Observasi : Februari 2010

Pendahuluan

(2)

status PMDN di tahun 1986 setelah terjadinya alih teknologi dan permodalan. Indomilk saat ini dikelola oleh PT Marison Nusantara Agencies., sebah perusahaan gabungan antara PD dan I Marison NV, Salim Group dan Sinar Mas Group – kelompok bisnis yang dikenal bonafide dan bergerak di berbagai bidang usaha

Berawal dengan 200 karyawan, kini bersama lebih dari 800 orang, kapasitas produksi telah jauh meningkat, serta ragam produk berkembang lebih banyak dan lengkap

Pada awal 1994 PT Indomilk adalah perusahaan susu pertama di indonesia yang memperoleh rekomendasi untuk mencantumkan label halal pada semua produknya setelah memenuhi persyaratan ketat yang diterapkan oleh Departemen Kesehatan dan Departemen Agama RI dalam hal bahan baku, formulasi, pengolahan, peralatan uji coba kontaminasi dan radiasi, kebersihan sarana kerja, kontrol mutu dan kemasan serta penanganan limbah.

Berkat reputasi dan kualitas standar internasional, sejak 1988 Susu Kental Manis Indomilk telah di impor oleh berbgai negara seperti Malaysia, Singapura, Bangladesh, vietnam, Myanmar, Taiwan, Timur Tengah, Afrika, dan Ameria Latin.

HASIL PRODUKSI PT INDOMILK

(3)

hari. Bahan dasar pokok produksi susu Fresh Milk adalah susu segar sapi dan kandungan vitamin-vitamin.

Jenis Produk

Susu Kental Manis

Produk indomilk yang paling awal di kenal di pasaran dalam negeri adalah susu kental manis, terbuat dari susu sapi segar, gula, susu bubuk skim, lemak nabati serta vitamin-vitamin. Susu Cair

Susu cair Indomilk terbuat dari susu segar, diprses secara modern. Lebih lezat, lebih bergizi dan lebih higienis karena tutupnya dirancang khusus agar terhindar dari sentuhan luar. Susu cair Indomilk prkatis, segar dan menyehatkan. Tersedia dalam kemasan botol 1000 ml, 500 ml, dan 200 ml.

Susu Steril

Susu steril Indomilk diproses melalui sterilisasi sehingga tahan lama. Dapat langsug diminum tanpa perlu disimpan dalam lemari pendingin. Tersedia dalam kemasan kaleng 400 ml. Susu steril Indomilk cocok bagi pemulihan kesehatan maupun sebagai campuran minum kopi, teh dan lain-lain.

Susu Pasturisasi

Lebih dikenal sebagai Susu Segar Indomilk, dan memperoleh sambutan baik selama hampir 25 tahun ini. Susu segar indomilk telah di proses Standarisasi, homogenisasi dan Pasturisasi. Tersedia dalam rasa cokelat dan tawar, dengan jenis mengandung lemak maupun tanpa lemak. Susu segar ini dikemas dalam kemasan karton yang higienis dan kedap cahaya untuk menjaga susu tetap segar dan bergizi tinggi.

Susu Bubuk Full Cream

Mulai dipasarkan tahun 1991, susu bubuk indomilk full cream dibuat dari 100% dari susu segar, mengandung 28% kadar lemak, setara dengan 3,6% kadar lemak susu segar dalam satu gelas. Tersedia susu bubuk indomilk instantcokelat dan indomilk regular, dalam kemasan kaleng dan kotak.

Mentega

Indomilk memproduksi berbagai jenis mentega rasa asin dan tawar, baik yang perlu disimpan dilemari pendingin maupun yang dapat disimpan pada temperatur biasa. Tersedia dalam kemasan kaleng 340 gr (non-refrigerated butter), foil 227 gr, tub 10 gr, mini 10 gr dan bulk 10 kg (refrigerated butter) dengan merek dagang Orchid butter, Indosehat dan Australian butter.

(4)

Jenis limbah yang dihasilkan yaitu dalam bentuk zat Cair dan Padat. Limbah cair merupakan limbah dari hasil produksi yang dihasilkan dalam pembuatan isi produk yaitu susu.

Sementara limbah padat didapat dari proses pengemasan produk. PENGELOLAAN LIMBAH

A. Limbah Cair

Salah satu persyaratan utama dalam mempertahankan mutu adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan kerja. Sejak 1987, Indomilk mengoperasikan peralatan yang canggih yang dapat mengolah air limbah dengan kapasitas 1,000 meter kubik per hari, dengan menanggulangi limbah produksi untuk mencegah pembusukan, sehingga menjaga lingkungan tetap sehat, segar dan aman.

PT INDOMILK mendapat pengakuan masyarakat melalui berbagai penghargaan. Misalnya untuk pembinaan lingkungna (DKI, Hari lingkungan Hidup 1992), Ekspor susu (Departemen Keuangan, 1991).

Cara Penanganan Limbah Cair

Yaitu mengolah air limbah tersebut dengan cara di masukan ke dalam mesin khusus dan di beri obat penetral bakteri-bakteri agar tidak merusak lingkungan. Mesin tersebut berkapasitas 1,000 meter kubik per hari.

Setelah di olah dan di percaya bebas dari kuman-kuman dan bahan-bahan yang dapata mengganggu dan merusak lingkungan, barulah hasil proses limbah air tesebut dapat di aliri ke parit-parit di kawasan pabrik yang akan mengalir ke sungai.

B. Limbah Padat

Limbah padat industri susu di PT INDOMILK salah satunya berupa kemasan produk. Dalam hal ini PT INDOMILK bekerja sama dengan Tetra Pak yakni salah satu industri yang dapat mengolah kemasan produk.

Dengan Tekhnologi yang canggih, Kemasan produk di design dengan tekhnologi yang cangggih sehingga dapat dipercaya bahwa isi kemasan dapat di kemas dengan berkualitas sehingga tetap sehat dan tidak berbahaya. Kemasan Susu ini pun di design agar ramah dengan lingkungan. Kemasan ini dapat di daur ulang dan bahan-bahan nya pun ramah lingkungan.

Kemasan

Selama dalam proses, laboratorium INDOMILK memantau agar tidak terjadi

(5)

Proses pengemasan dari pengisian hingga pemasangan label, dilakukan di ruangan yang sangat higienis dan diperiksa setiap 15 menit untuk menjamin kualitas yang konsisten.

Setelah di kemas, beberapa produk disimpan sebagai contoh. Secara berkala,baik mingguan, bulanan maupun tahunan. Contoh-contoh tersebut diteliti untuk memastikan bahwa kondisinya masih stabil. Itu semua ialah usaha dalam

mempertahankan kualitas produk susu yang sedang beredar di pasaran dan terutama pada para konsumennya.

Lampiran

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...