BAB I PENDAHULUAN. struktur organisasi terlihat adanya tugas, wewenang dan tanggung jawab dari masing-masing

Teks penuh

(1)

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Untuk mencapai suatu tujuan organisasi dibutuhkan struktur organisasi yang baik. Dalam struktur organisasi terlihat adanya tugas, wewenang dan tanggung jawab dari masing-masing individu yang berada dalam organisasi. Struktur organisasi menggambarkan pekerjaan yang akan dilaksanakan dalam upaya pencapaian tujuan organisasi. Pekerjaan yang akan dilaksanakan harus didesain dengan sebaik mungkin. Desain pekerjaan yang baik akan berpengaruh terhadap kepuasan kerja masing-masing individu di dalam organisasi.

Kepuasan kerja dipandang sebagai perasaan senang atau tidak senang yang relatif dan yang berbeda dari pemikiran objektif. (Davis dalam Yuli 2005: 196). Menurut Siagian (2004: 295), kepuasan kerja adalah cara pandang seseorang karyawan terhadap pekerjaannya baik yang bersifat positif maupun negative terhadap pekerjaannya. Hasibuan (2007: 202), menyatakan bahwa kepuasan kerja karyawan adalah sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaannya. Sikap ini dicerminkan oleh moral kerja, kedisiplinan dan prestasi kerja.

Desain pekerjaan secara sederhana adalah penentu dari segala pekerjaan yang akan dilakukan oleh perusahaan. Menurut Handoko (2001: 31) desain pekerjaan adalah fungsi penerapan kegiatan-kegiatan kerja seorang individu atau kelompok karyawan secara organisasiaonal. Desain pekerjaan yang baik harus mampu mencerminkan uraian pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan yang disesuaikan dengan persyaratan-persyaratan yang dituntut dari pegawai yang akan menduduki jabatan tersebut. Bila penempatan pegawai sesuai dengan tuntutan persyaratan pekerjaan, maka pegawai cenderung merasa puas terhadap pekerjaan

(2)

mereka, karena mereka mampu melaksanakan sesuai dengan kemampuan, keterampilan serta persyaratan yang dituntut oleh pekerjaan tersebut.

Pekerjaan harus didesain dengan sebaik mungkin, agar dapat memberikan suatu manfaat baik kepada organisasi maupun kepada karyawan. Manfaat terhadap organisasi berupa tercapainya tujuan dengan efektif dan efisien. Sedangkan manfaat kepada pegawai adalah pengembangan karier dan perlakuan adil sehingga menimbulkan kepuasan pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya. Kepuasan kerja adalah keadaan emosional yang menyenangkan atau tidak menyenangkan yang ditunjukkan oleh pegawai dalam melaksanakan pekerjaan mereka.

Kepuasan kerja pengawai harus diperhatikan, karena dengan adanya kepuasan kerja pegawai maka produktivitas kerja dapat meningkat. Tingkat absensi dapat ditekan, dan cenderung meningkatkan prestasi kerja pegawai. Pegawai yang puas dalam bekerja akan berusaha menyumbang segenap kemampuan dan keterampilan bagi pencapaian tujuan organisasi.

Desain pekerjaan yang kurang baik akan mengakibatkan penurunan kepuasan kerja pegawai. Masalah-masalah yang sering muncul sebagai akibat kurang baiknya desain pekerjaan adalah pegawai merasa pekerjaan yang dilaksanakannya tidak sesuai dengan dirinya. Karyawan akan merasa diperlakukan tidak adil. Dengan turunnya kepuasan kerja maka akan mengakibatkan tingginya kejenuhan bekerja dari karyawan. Tingkat kejenuhan yang tinggi akan merugikan organisasi, karena akan menurunkan produktivitas kerja karyawan.

PT. Trakindo Utama Cabang Medan merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jual-beli alat berat dan PT. Trakindo Utama Cabang Medan memiliki produk-produk unggulan untuk menjawab kebutuhan pelanggan terhadap alat berat. Trakindo menawarkan

(3)

rangkaian produk lengkap alat berat Caterpillar, yang dikenal luas di seluruh dunia sebagai yang paling tangguh, paling kuat dan paling handal untuk kebutuhan industri pertambangan, kehutanan, kontruksi, kelautan serta migas, dengan berbagai produk mulai dari Track-Type,Wheel Dozer dan Backhoe, hingga Off-Highway Truck, Motor Grader dan Road Reclaimer, Trakindo menyediakan alat berat Caterpillar guna mendukung pembangunan Indonesia

Trakindo juga menyediakan suku cadang bekas yang lengkap dan terjamin keaslianya sebagai solusi efektif untuk kebutuhan peralatan dan suku cadang yang hemat biaya, seluruh produk yang ditawarkan telah melalui pengawasan kualitas yang ketat oleh para mekanik yang berpengalaman, dan dilengkapi dukungan penuh untuk purna jual Trakindo. Suku cadang dan peralatan bekas Caterpillar yang asli dari Trakindo memberikan ketangguhan dan kehandalan yang sama dengan semua produk Caterpillar sehingga memberikan nilai tambah yang lebih hemat dari palanggan. Program penyediaan suku cadang dan peralatan bekas ini merupakan salah satu cara Trakindo dalam ikut membantu peningkatan usaha para pelanggan Trakindo.

Setiap Perusahaan agar dapat sukses dalam persaingan dituntut mampu merancang dan menjalankan strategi bisnisnya, suksesnya suatu perusahaan tidak terlepas dari usaha-usaha para karyawan dalam melakukan suatu pekejaan. Ada beberapa bagian yang terlibat pada aktivitas bisnis pada PT Trakindo Utama Cabang Medan. Salah satu bagian yang terlibat adalah bagian marketing dan atministrasi. Bagian marketing harus mampu menangani masalah pemasaran yang dilakukan, dan administrasi harus mampu melayani semua aplikasi tugas secara terintegrasi dan serba bisa dalam mengelola suatu usaha tersebut sehingga dapat memenuhi harapan dan kebutuhan serta sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan.

(4)

Penjualan meningkat apabila seluruh personalia mampu dan mempunyai pemahaman terhadap desain pekerjaan yang dapat menciptakan kepuasan kerja karyawannya, dengan kepuasan kerja tersebut karyawan akan sungguh-sungguh dan sepenuhnya memberikan kemampuannya untuk melaksanakan pekerjaan yang diberikan perusahaan. Salah satu dampak kepuasannya dapat dilihat dari kemampuan para karyawan dalam meningkatkan penjualan dalam suatu perusahaan tersebut.

Desain atau rancangan pekerjaan harus didesain sebaik mungkin sesuai dengan bidang perusahaan agar dapat memberikan suatu manfaat baik kepada organisai maupun kepada karyawan. Manfaat bagi organisasi merupakan tercapainya tujuan dengan efektif dan efisien. Sedangkan manfaat bagi pegawai adalah pengembangan karier dan perlakuan adil sehingga menimbulkan kepuasan pegawai dalam melaksanakan pekerjaanya.

Begitu pula yang terjadi pada PT. Trakindo Utama Cabang Medan, produksi akan meningkat apabila seluruh personalia mampu dan mempunyai pemahaman terhadap desain pekerjaan yang dapat menciptakan kepuasan kerja karyawanya, dengan kepuasan kerja tersebut karyawan akan sungguh-sungguh dan sepenuhnya memberikan kemampuanya untuk melaksanakan pekerjaan yang diberikan perusahaan. Salah satu mamfaat kepuasanya dapat dilihat dari kemampuan mereka dalam menghasilkan produk.

Menciptakan kepuasan kerja karyawan dalam organisasi adalah sangat penting, apabila karyawan tidak mencapai kepuasan kerjanya maka akan timbul sikap negatif dalam pekerjaan seperti berkuranya rasa ketertarikan pada diri karyawan terhadap pekerjaanya yang sekarang; keinginan mencari pekerjaan yang menawarkan imbalan lebih atau mencari pekerjaan sambilan ditempat lain sehinga mutu pekerjaannya yang sekarang tidak diperhatikan; mogok kerja dan keluhaan-keluhan lainnya.

(5)

Kepuasan kerja karyawan dapat diartikan sebagai sikap positif karyawan terhadap pekerjanya . untuk melihat apakah kepuasan kerja karyawan tinggi atau kurang dalam pekerjaanya dapat dilihat dari jumlah penjualan dan perubahan yang terjadi di PT. Trakindo utama Cabang Medan

Tabel 1.1

Jumlah pejualan PT Trakindo Utama Cabang Medan Tahun 2007-2009

Sumber: Data PT Trakindo Utama Cabang Medan

Dari tabel 1.1 dapat dilihat perubahan jumlah penjualan pada PT. Trakindo Utama Cabang Medan tahun 2007-2009. Dari tahun 2007 ke 2008 tingkat penjualan dari 15% meningkat menjadi 22% dan pada tahun 2009 penjualan menurn menjadi 19%. Menurunya tingkat penjualan tersebut diakibatkan karena kurangnya semangat kerja karyawan dalam melakukan pekerjaanya, selain itu penurunan tingkat penjualan juga diakibatkan tidak sesuainya tingkat keahlian karyawan dengan tugas atau tanggung jawab yang diberikan perusahaan. Hal ini dapat dilihat pada table 1.2 berikut ini :

Tahun Jumlah Penjualan (unit) Perubahan (%)

2007 850 15

2008 910 22

(6)

Tabel 1.2

Pembagian Jabatan Karyawan Pada PT. Trakindo Utama Cabang Medan Jabatan Lulusan Administrasi (jumlah orang) Marketing (jumlah orang) S-1 Teknik 26 31 S-1 Manajemen 10 23 S-1 Sastra 8 13 D-3 Keuangan 10 10 D-3 Sekretaris 8 6 Jumlah 62 83

Tabel 1.2 menunjukkan bahwa sebagian besar karyawan yang ditempatkan pada bagian Administrasi dan Marketing PT. Trakindo Utama Cabang Medan adalah lulusan S1 Teknik. Hal ini menunjukkan bahwa PT. Trakindo Utama Cabang Medan melakukan pembagian tugas atau tanggung jawab yang tidak sesuai dengan pendidikan dan kemampuan karyawan tersebut. Adapun pembagian tugas yang tidak sesuai tersebut mengakibatkan karyawan merasa tidak puas/ tidak senang dalam melaksanakan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan. Dengan demikian hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan kinerja yang berakibat pada penurunan jumlah penjualan PT. Trakindo Utama Cabang Medan.

Melihat kondisi ini, penulis tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh desain pekerjaan yang dituangkan dalam skripsi yang berjudul “Analisis Pengaruh desain pekerjan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Trakindo utama cabang medan”.

(7)

1.2 Perumusan Masalah

Perumusan masalah dalam penelitian ini berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya sehingga dirumuskan masalah sebagai berikut:Apakah Desain Pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja keryawan pada PT Trakindo Utama Cabang Medan ?

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh desain pekerjaan terhadap kepuasan kerja karyawan

1.4

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian ini adalah: a. Bagi perusahaan

Penelitian ini diharapkan masukan bagi PT. Trakindo Utama Cabang Medan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh Desain pekerjaan terhadap Kepuasan kerja.

b. Bagi Peneliti

Memberikan pengembangan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan serta pola piker dalam menganalisis pengaruh desain pekerjaan terhadap kepuasan kerja karyawan.

c. Bagi Fakultas dan Peneliti lain

Sebagai bahan referensi yang nantinya dapat memberikan pandangan dalam mengadakan penelitian lebih lanjut dimasa yang akan datang

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...