unair

48 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Soal Try Out UKDI 8 Oktober 2011 Unair (马到成功 !!–Bergegas meraih keberhasilan)

Auctoritate medicus schola anno 2006 promulgatum,

Catatan Penyunting: Ada 2 versi soal yang tidak seluruhnya tertulis, beruntung sekali apabila ada no. yang dobel, artinya ada 2 versi soal yang tercatat untuk nomor yang sama. Kiranya soal yang telah diingat-ingat dan ditulis dengan susah payah ini menjadi bahan latihan menghadapi UKDI. Terima kasih pada segenap angkatan 2006 yang telah menjadi “pengantin Try Out”! (bukan pengantin bom lhoo…)

Soal versi gabungan

1. Seorang wanita 30 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan gatal di punggung sejak 1 minggu yang lalu, bertambah berat apabila berkeringat. Pasien juga memiliki riwayat DM. Dari pemeriksaan fisik didapatkan makula hipopigmentasi dengan skuama halus. Pada pemeriksaan dengan lampu wood didapatkan pendaran warna kuning keemasan. Pada pemeriksaan KOH 10% didapatkan gambaran

spagheti and meatball Diagnosa yang mungkin adalah? Pitiriasi Versikolor

2. Seorang pria 50 tahun bekerja sebagai petani mengeluh demam selama 1 minggu dan nyeri pada betis. Pada pemeriksaan didapatkan tensi 100/70 mmHg, temperatur 38ºC. Nyeri tekan pada muskulus gastrocnemius. Laboratorium : Hb 11,8 g/dL, leuko ----, trombo ---pemeriksaan penunjang? Leptodipstik

3. Seorang wanita 26 tahun primigravida datang ke dokter membawa hasil pemeriksaan serologis toxoplasmosis. IgM +, titer IgG 1/100, 3 minggu kemudian datang lagi membawa hasil lab IgM -, titer IgG 1/400. Pasien ini menderita?

a. Toxoplasmosis akut b. Toxoplasmosis kronis c. Reaktivasi toxoplasmosis d. Reinfeksi toxoplasmosis

e. Tidak ada infeksi toxoplasmosis

4. Seorang laki-laki 25 tahun mengalami kecelakaan. Saat ini keluhannya sesak napas dan nyeri dada. Pemeriksaan fisik Tensi 80/60mmHg, Nadi 140 x/menit, gerak dada kiri tertinggal, vokal fremitus dada kiri menurun, auskultasi melemah, trachea asimetris, JVP meningkat. Tindakan yang harus segera dilakukan?

a. Pasang infuse b. Dekompresi c. Pericardiosintesis d. WSD

e. Oropharyngeal tube

5. Anak laki-laki umur 4 tahun dibawa dengan kondisi badan dingin sejak 5 jam yang lalu, diawali demam 4 hari sebelumnya yang disertai mimisan, mual dan muntah. Didapatkan N:150x/menit, lemah, T: 100/80mmHg, CRT 5 detik, hepatomegali dan nyeri perut, Hb 16 g/dl, leuco 1500/mm2, platelet 50000

a. Demam Dengue b. DBD grade 1 c. DBD grade 2 d. DBD grade 3

(2)

e. DBD grade 4

6. Laki-laki 48 tahun berkonsultasi, minggu depan akan ke daerah endemis malaria, minta obat pencegahan.

a. Artedaguin? 25omg selama 2 hari b. Primaquin 45 mg 2x1 selama 14 hari c. Klorokuin 300mg selama 2 minggu d. Siprofloxacin 2x500 mg selama 7 hari

e. Klorokuin 300mg/ mggu pada hari yang sama

7. Laki-laki, 50 tahun, datang ke dokter dengan keluhan cepat lelah, sering BAK sejak 2 bulan yang lalu, berat badan turun 7 kg dalam waktu 5 bulan, pemeriksaan fisik: berat badan 72 kg, tinggi badan 170kg, tekanan darah 160/96mmHg, glukosa darah sewaktu 225 mg/dl. Apakah penyebab penurunan berat badan? a. Diuresis osmotic b. Dehidrasi c. Proteolisis d. Glikolisis e. Glukoneogenesis

8. Seorang petani, laki-laki, usia 50 tahun, datang dengan keluhan demam sejak 1 minggu yang lalu. Disertai nyeri otot terutama betis. Pemeriksaan fisik: TD: 100/60, temp: 38 C, injeksi konjunctiva (+), nyeri tekan otot gastrocnemius. Hb 11,2, leukosit 13.400, trombosit 68.000. Apakah terapi yang tepat?

a. Penicillin procain 1,5 jt/24 j b. Ceftriaxone 2 gram/24 j c. Ciprofloxacin 0,4 gram/12 j

d. Doksisiklin 1x100 mg selama 7 hari e. Cotrimoxazole 2x480mg selama 7 hari

9. Seorang laki-laki umur 29 tahun dibawa dengan keluhan berbicara sendiri sejak 3 hari. Beberapa hari sebelumnya terkena PHK dan sejak itu sering menangis di kamar.

a. Gangguan mania

b. Gangguan depresi ringan c. Depresi dengan psikotik d. Bipolar episode depresi e. Bipolar episode depresi

10. Anak perempuan 7 tahun dengan bercak-bercak di dahi sejak 5 hari yang lalu. Keluhan muncul dengan rasa nyeri, didapatkan macula eritematus pustule dan nyeri tekan.

a. Miliaria b. Furunkel c. Rosasea d. Akne vulgaris e. Impetigo kontagiosa

11. Seorang laki-laki datang berobat ke praktek dokter umum. Dalam ruang pemeriksaan ada 2 tempat tidur yang dipisahkan selambu sehingg dokter dapat memeriksa dengan leluasa. Saat lelaki tersebut masuk, pasien sebelumnya sedang memakai celana dalamnya dan sepintas melihat warna putih kekuningan di

(3)

celana dalamnya. Lelaki tersebu tidak mau diperiksa di tempat tidur tersebut karena takut tertular penyakit pasien sebelumnya. Dasar bioetik apa yang dilanggar dokter?

a. Justice b. Autonomy c. Confidential d. Benificence e. Nonmalificence

12. Laki-laki 45 tahun dibawa ke UGD RS dengan panas tinggi, menggigil sejak 2 hari yang lalu, disertai nyeri otot tungkai bawah, sulit kencing urine seperti teh. Pasien adalah petugas kebersihan yang 4 hari lalu membersihkan got. T: 95/70 mmHg, nadi 120x/menit. Suhu 38 C, sclera ikterik, nyeri tekan M. gastrocnemius. Penyebab? a. Leptospira b. Boedetella c. Treponema d. Vibrio e. Borelia

13. Seorang anak umur 7 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan sakit tenggorok terutama saat menelan. Disertai demam dan sakit kepala 3 hari yg lalu. Pada pemeriksaan tonsil didapatkan T3/T3, hiperemi, dan permukaan tonsil rata, didapatkan pembesaran kgb jugulodigastrik. Penatalaksanaan apa yang tepat untuk pasien ini?

a. Antipiretik dan analgetik b. Antihistamin dan obat kumur c. Antiinflamasi dan anti virus d. Antibiotik dan analgetik e. Insisi, drainase, antibiotic

14. Perempuan 32 tahun, G2P1A0, 29minggu, dengan demam naik turun sejak 1 minggu yang lalu. Keluhan itu naik pada sore hari disertai badan lemas, nyeri otot, sakit kepala, mual, muntah sehari 5x dan nyeri perut. Pemeriksaan fisik: tampak lemah, suhu 39.6 C, Nadi 100x/menit, F.nafas 20x/menit, lidah kotor, tepi hiperemis, tremor. Hb 12.4, trombo 250.000, leuco 5000/mm3, Widal: titer S.typii antigen O 1/640, H 1/320… Pengobatan paling tepat?

a. Kloramphenikol b. Siprofloxasin c. Cotrimoxazole d. Amoxicillin’ e. Ceftriaxone

15. Anak 20 tahun dibawa ibunya ke praktek dokter umum karena sering mencuri celana dalam dan kutang tetangganya. Gangguan apa?

a. Sadisme b. Masochisme c. Fetishisme d. Voyeurisme e. Kleptomania

16. Perempuan 20 tahun ,G1 P0A0 dengan keluhan kram perut bawah, disertai bercak darah dari kemaluan, saat ini hamil 8 minggi , didapatkan tanda vital dbn, uterus teraba sebesar telur angsa, nyeri goyang (-),

(4)

massa adnexa tak teraba, Chadwick (+). Pemeriksaan inspekulo P/U tenang, dinding vagina licin, orificium uterus externa tertutup, darah(+), jaringan (-), discharge (-)

a. Abortus insipiens b. Abortus kompletus c. Abortus inkompletus d. Abortus imminens e. Abortus septik

17. Anak usia 3 thn dibawa ibunya ke RS karena lebih kurus dibandingkan teman2nya. Anak rewel,lemah, otot-otot hipotrofi, edema (-). Antropometri : BB/U 50%, TB/U 80%, BB/TB 75%. Diagnosa?

a. Defisiensi vitamin b. ... (Lupa)

c. Marasmus d. Kwashiorkor e. KEP 1

18. Pasien pria menderita demam selama 3 hari yang didahului rasa berkeringat,dan menggigil. Dari pemeriksaan hapusan darah didapatkan gambaran ... (Ada gambarnya cm ak g tau infeksinya malaria apa). Pengobatan yg tepat:

a. Kina, primakuin dosis tunggal b. Kina, primakuin 14 hari

c. Klorokuin,primakuin dosis tunggal d. Amodiaquin, primakuin dosis tunggal e. Amodiaquin,primakuin 14 hari

19. Laki-laki 50 tahun datang dengan muntah darah sejak 1 hari yang lalu, disertai lemah lesu, nafsu makan berkurang, tampak sakit sedang, tanda vital dbn, kulit kekuningan, perut membuncit, tampak pelebaran vena2 sekitar umbilikus, shifting dullness(+)...Penyebab?

a. Hyperestinisme b. Hipertensi portal

c. Pecahnya varises esofagus d. Penyumbatan saluran empedu e. Fibrosis sel2 hepar

20. Seorang perempuan 30 tahun, G5P2A2, hamil 36 minggu. Saat ini tidak ada keluhan. Hasil pemeriksaan fisik menunjukkan tanda vital dbn, Leopold 1 didapatkan fundus setinggi processus xyphoideus, Leopold 2 punggung di kiri, Leopold 3 teraba lunak..Posisi janin?

a. Letak kaki b. Letak oblik c. Letak lintang d. Letak kepala e. Letak sungsang

21. Laki2 28 tahun datang dengan keluhan benjolan di bahu kanan sebesar kelereng tumbuh sejak 4 tahun lalu. Didapatkan benjolan subkutis diameter 2 cm, konsistensi kenyal lunak, tidak nyeri, mudah digerakkan dari jaringan sekitarnya..Diagnosis?

a. Lipoma b. Fibroma c. Neurinoma d. Fibrosarcoma

(5)

e. Neurofibroma

22. Wanita 38 tahun dengan G3P2A0 dalam kondisi hamil 9 bulan dgn sesak napas dan riwayat penyakit jantung berat (NYHA 4) dan tampak sianosis. Dokter menyarankan operasi Caesar dan tubektomi.Pasien menyetujui caesar tapi menolak tubektomi. Saat operasi Caesar dokter tetap melakukan tubektomi dengan alasan kebaikan pasien tohpasien tdk tahu..Disebut malpraktik karena

a. Operasi caesar tidak boleh berbarengan dengan tubektomi b. Kehamilan dgn NYHA 4 bukan indikasi caesar

c. Tidak adanya persetujuan pasien untuk tubektomi d. Informed consent/ konseling blm memadai

e. Usia, jumlah anak dan penyakit ibu bukan indikasi kontap

23. Seorang perempuan 23 tahun dengan nyeri perut bawah, 3 bulan terakhir tidak haid. Keadaan umum tampak sakit sedang, konjungtiva anemis, T:100/70,N:100, F.nafas 24x/mnt. Portio lunak, kavum Douglas menonjol, nyeri goyang portio (+). Tes kehamilan (+). Diagnosis?

a. Hamil 3 bulan dengan anemia b. Kehamilan ektopik terganggu c. Mola hidatidosa

d. Adneksitis e. Abortus

24. Laki-laki 14 tahun diantar ibunya,dengan keluhan gatal di sela2 jari, lebih terasa pada malam hari. Terdapat tiga saudara serumah yg sakit serupa. Dijumpai papul, eritem, hiperpigmentasi pada sela2 jari tangan, pergelangan tangan dan penis. Upaya mencegah penyebaran?

a. Diisolasi

b. Mandi 3x sehari

c. Saudara yg sakit diobati d. Mandi dgn sabun antiseptik

e. Penyemprotan lingkungan tempat tinggal

25. Laki-laki 30 tahun dengan keluhan batuk, demam ringan, keringat malam sejak 2 minggu yll. Tanda vital dbn, Hb 11.9 g/dL, hematokrit 36%, leuko, 10500/mm2. Htung jenis 0/1/1/37/53/9,trombo 400000,LED 90mm. Foto thorax: infiltrat di apex paru. Pemeriksaan lanjutan?

a. Pewarnaan BTA sputuum b. Pewarnaan gram sputuum c. Biakan BTA sputuum

d. Biakan mikroorganisme sputuum e. Serologi anti TB

26. Anak 1 th, dtg dgn keluhan bengkak di lutut sudah 2 hari. Riwayat:luka butuh waktu lama untuk sembuh. Diagnosa: a. Hemofilia b. Defisiensi vit K c. Trombopeni d. ..(lupa) e. ..(forget)

27. Laki2 20tahun,keluar cairan dr telinga kurang lebih sudah 1 tahun. Pemeriksaan otoskopi: sekret purulen warna kuning hijau,membran timpani perforasi. Kuman penyebab:

a. Klebsiella pneumonia

(6)

b. Enterobacter c. Streptococcus d. Pseudomonas e. Colli

28. Seorang anak laki2 umur 3 tahun datang ke puskesmas oleh ibunya dengan keluhan kantong kiri kemaluan kosong atau tidak ada buah zakarnya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan testis berada di daerah inguinal. Dx yg mungkin:

a. Testis ... b. Hidrokel testis c. Kriptorkismus

d. Hidrokel saluran sperma e. Varikokel

29. Seorang anak perempuan umur 8 tahun datang ke puskesmas oleh ibunya dengan keluan nyeri menelan selama 1 minggu. Keluhan hilang timbul. Pada pemeriksaan didapatkan T3/T3, hiperemis (-), pada permukaan ada benjolan2, kripta melebar. Dx yg mungkin:

a. Tonsilitis akut b. Tonsilitis kronik

c. Tonsilitis parenkimatous d. Tonsilitis atrofican e. Tonsilitis ...

30. Seorang wanita 23th datang dg keluhan nyeri perut kanan bawah. Tes kehamilan (+), pd pemeriksaan dalam didapatkan ????, nyeri goyang cervix, cavum douglas menonjol. Pasien tampak sakit sedang. Diagnosa apa? a. Adneksitis b. KET c. ? d. ? e. ?

31. Seorang laki2, 28th. Keluhan bersin lebih dari 5x, tiap pagi, sifat secret encer, bening. Riwayat alergi pd kelg (+). Diagnosa:

32. Seorang wanita, 20th, datang ke puskesmas dg keluhan panas 3 hari. Keluhan disertai dg nyeri kepala, nyeri otot, gusi berdarah, dan BAB hitam. PF: Tensi 80/60, nadi 100x/menit, teraba kecil, akral dingin. Lab: Hb 9,2 g%, Leukosit 4200/m3, Hct 35%, Trombosit 22.000/m3 Apakah diagnosis yg tepat untuk px tsb?

a. Malaria b. TB

c. Demam tifoid d. Avian Influenza

e. Demam Berdarah Dengue

33. Seorang laki-laki, 20th, datang dengan keluhan hidung tersumbat. Keluhan disertai batuk dan pilek tanpat disertai demam. Hidung tersumbat terutama dirasakan saat tidur. Apabila pasien miring ke kiri, hidung kiri akan tersumbat. Apabila pasien miring ke kanan, hidung kanan akan tersumbat. Apakah diaghnosis yg tepat untuk px tsb?

a. Rhinitis sicca

(7)

b. Rhinitis poliposa c. Rhinitis alergi d. Rhinitis vasomotor e. Rhinitis medikamentosa

34. Bayi 4 bulan dibawa ke puskesmas oleh ibunya untuk imunisasi. Selama ini bayi tsb blum pernah imunisasi. Imunisasi apa yg tepat diberikan untuk bayi tsb?

a. BCG, Hep B, DPT b. DPT, Hep B, polio c. BCG, DPT, polio d. DPT, campak, Hep B e. BCG, campak, Hep B

35. Laki-laki, 28 tahun, datang dengan keadaan tidak sadar dengan riwayat aloanamnesis pernah mengalami kecelakaan beberapa hari yang lalu dengan paha tertusuk. Saat ini pasien datang dengan tekanan darah: 80/50, Nadi: 140x/min, RR: 24x/min, T: 40 derajat, dari pemeriksaan fisik didapatkan luka bernanah dan berbau di paha. pasien ini mengalami:

a. Shok Kardiogenik b. Shok Neurogenik c. Shok Anafilaktik d. Shock Septik e. Shok Hipovolemik

36. Seorang wanita, 18th, dibawa oleh ibu nya ke puskesmas karena mengalami penurunan berat badan yg drastis, dr 60kg menjadi 39kg dalam 6bln. Pasien msh merasa gemuk dan ingin menurunkan berat badan nya lagi. Riwayat makan banyak maupun memuntahkan sesuatu disangkal. Diagnosis apakah yg tepat untuk px tsb?

a. Depresi

b. Anorexia nervousa c. Bulimia nervousa d. OCD

e. Penyalahgunaan zat psikoadiktif

37. Wanita, 24 tahun dibawa keluarganya ke dokter karena suka bagi-bagi uang. Di rumah Pasien sedikittidur, dan selalu banyak beraktifitas. Padahal 1 minggu sebelumnya pasien tampak murung dan mengunci diri di kaamar. Pasien ini mengalami?

a. Depresi

b. Gangguan Obsesif Kompulsif c. Gangguan Tingkah Laku d. Gangguan Penyesuaian

e. Gangguan Bipolar episode manik

38. Seorang wanita, 20th, datang dengan keluhan sesak yang memberat sejak 1bln terakhir. Keluahan disertai batuk, pilek dan nyeri dada. Berat badan dan nafsu makan menurun sejak 3bln yang lalu. PF: Tensi 110/60, nadi 80x/menit, RR 32x/menit Pemeriksaan paru: Inspeksi tampak dada kanan cembung, Perkusi hemithorax dextra pekak, Auskultasi tidak terdengar suara nafas di dada kanan. Pemeriksaan yg tepat?

a. CT-Scan Thorax b. Bronskoskopi c. Bronskografi

(8)

d. Foto thorax e. Spirometri

39. Seorang wanita, 20th, dibawa ke puskesmas oleh keluarganya dg penurunan kesadaran setelah maen bola. Sebelumnya, pasien mengeluhkan nyeri kepaha hebat dan muntah. VS dbN. Pemeriksaan Neurologis GCS 354, Kaku Kuduk +, Lateralisasi -. Diagnosis yg tepat untuk px tsb adalah?

a. Meningitis

b. Stroke iskemik emboli

c. Stroke perdarahan intraserebral d. Stroke perdarahan subarachnoid e. Stroke perdarahan intraventricularis

40. Seorang laki-laki, 20th, datang dgh keluhan telinga kiri keluaran cairan. Keluhan dirasakan hilang timbul sejak 1bulan yg lalu. Otoskopi: perforasi MT subtotal, sekret kental kuning kehijauan Mikroorganisme penyebabnya adalah...

a. Klebsiella pneumonia b. Enterobacter sp c. Streptococcus sp d. Pseudomonas sp e. Coli

41. Laki2 45 thn demam 3 hari dan sulit brjalan krn betis terasa nyeri.psien suka memancing di kolam.edema konjungtiva+, BUN dan creatinin meningkat. Pnyebab:

a. brucella sp b. leptospira sp c. streptococcus sp d. staphilococcus sp e. ...

42. Laki2 35 thn nyeri di daerah pipi.keluar ingus brwarna kuning kental.psien mngaku sering pilek. Diagnosa:

a. Sinusitis

43. Perempuan 18 tahun datang dengan nyeri ulu hati. Keluhan disertai mual,sering sendawa, rasa panas di dada, kadang sesak nafas. Keluhan hilang timbul 1 tahun. T:110/80, jantung dan paru dbn, ada nyeri tekan epigastrium. hepar lien ttb. Diagnosis?

a. Gastritis b. Hepatitis c. Pankreatitis d. Koletiasis e. Gastroenteritis

44. Anak 15 tahun datang ke praktek dokter umum dengan keluhan nyeri saat menunduk dan hidung terasa penuh. Dari pemeriksaan rinoskopi didapatkan hidung hiperemis dan edema. Pemeriksaan radiologis yang dianjurkan

a. CT Scan b. (MRI? lali) c. Waters d. AP Skull

(9)

e. Skull lateral

45. Laki-laki 30 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan keluar nanah dari kemaluan sejak 3 hari yang lalu. Pasien memiliki riwayat berhubungan seksual dengan PSK 2 hari sebelumnya. Dari pemeriksaan fisik tidak didapatkan nyeri tekan perut bawah, dari pemeriksaaan laboratorium didapatkan neutrofil dan leukosit meningkat, bakteri (-). Diagnosa paling mungkin\

a. Uretritis GO b. Uretritis non GO c. Prostatitis d. Sistitis GO

e. Sistitis interstisialis

46. Wanita 15th dtg ke pkm dg kel nyeri telinga kanan,disertai rasa tersumbat dan keluar cairan encer berbau.otoskopi didapatkan liang telinga bengkak dan sempit,serta nyeri tekan tragus.dx:

a. oe difusa b. oe maligna c. oe bullosa. d. oe ....

e. oe sirkumkripta

47. Laki2 25th dtg dg kel sesak di dx bronkopneumoni,di tx ab spektrum luas 1minggu,kemudian diare.pemeriksaan feses didapatkan bakteri anaerob +. Tatalaksana?

a. lanjutkan ab,beri antidiare b. kombinasi ab dg metronidazole c. stop ab,ganti metronidazole

d. Kombinasi ab dg sephalosporin gen3 e. stop ab,ganti dg sephalosporin gen3

48. Seorang wanita 35 tahun demam 3 hari naik turun menggigil suhu saat ini 38 celc pada pemeriksaan tetes tebal didapatkan gambaran :

a. Malaria falciparum b. Malaria vivax c. Ovale

d. Quartana

e. Malaria malariae

49. Seorang wanita 25 tahun dengan demam 3 hari disertai mual muntah, nyeri kepala dan sendi, perdarahan gusi dan berak darah. Tensi 80/60 nadi 100x/menit lemah cepat. Akral dingin. Hb 9,8 Leko 4200 trombo 22000 hematokrit 35%. Diagnosis pada pasien ini :

a. Malaria b. Tetanus berat c. Demam tifoid d. Sepsis

e. Demam berdarah dengue

50. Seorang wanita 35 tahun demam 3 hari naik turun disertai menggigil. Suhu saat ini 38 celcius. Pada pemeriksaan tetes tebal didapatkan gambaran seperti dibawah ini……Diagnosis yang paling mungkin?

(10)

(kalo nggak salah kayak gini deh gambare…ini dari internet sih…) a. Malaria falciparum b. Malaria vivax c. Malaria Ovale d. Malaria Quartana e. Malaria malariae

51. Dua bulan terakhir ini di Puskesmas Kenanga, banyak pasien yang datang dengan keluhan sakit kepala. Usia pasien bervariasi dari anak-anak sampai orang tua. Dipikirkan kemungkinan penyebabnya adalah riwayat makan makanan yang mengandung formalin, yang banyak ditemukan di daerah tersebut. Sebagai dokter yang bertugas, Saudara bermaksud melakukan penelitian untuk mencari hubungan sebab akibat antara sakit kepala dengan riwayat mengkonsumsi makanan yang mengandung formalin. Apakah jenis penelitian yang paling tepat dilakukan bila waktu yang dimiliki peneliti tidak banyak?

a. Cohort

b. Cross- sectional c. Descriptive d. Case control e. Clinical trial

52. Seorang wanita berumur 41 tahun mengalami batuk dengan dahak berwarna putih. PAsien juga menderita demam yang tidak terlalu tinggi, berat badan berkurang, keringat dingin pada malam hari. Sebelumnya pasien pernah berobat ke dokter tetapi keluhan tidak membaik. Pemeriksaan yang tepat ?

a. Foto thorax b. Serologi ? c. Sputum BTA d. CT scan e. - ?

53. Seorang pasien datang ke klinik untuk meminta surat sehat untuk pelatihan dr perusahaannya. Setelah dilakukan pmx fisik,trnyata didapat tekanan darahnya 150/90. Sebelumnya,px tdk pernah kontrol tekanan darah. Apa yg seharusnya dilakukan oleh dokter?

a. Memberikan terapi farmakologis.

b. Memberitahu pimpinan perusahaan ttg keadaan px c. Menyarankan px tdk ikt pelatihan

d. Lali jeh.. e. *recall...failed!

54. Pasien dtg dgn keluhan bengkak pada kelopak mata dan tungkai setelah bangun tidur. Pada pmx lab didapatkan...mm..ee..opo yo? Lali.. intinya Sindroma Nefrotik. Pengobatan?

(11)

a. Antibiotik b. Captopril c. Steroid

d. Minyak kayu putih e. Balsem

*lali piliane

55. Seorang wanita, 25 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan nyeri telinga kiri hebat sejak semalam. Pada pemeriksaan otoskopi, didapatkan meatus akustikus eksterna edema, membrane tympani tidak tampak, tidak ada sekret sama sekali. Diagnosis yang paling mungkin?

a. Myringitis bulosa b. (lupa >_<)

c. Otitis eksterna sirkumskripta d. Otitis media supuratif akut e. Otitis media supuratif kronik

56. Anak laki-laki 5 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan kuluhan demam sejak 5 hari yang lalu. Keluhan yang lainnya adalah batuk berlendir, muntah dan nafsu makan menurun. Dari pemeriksaan didapatkan t=38.5ºC, RR=20x/menit. Tonsil To-To. Faring dan uvula hiperemi. Ptekie di palatum durum. Diagnosis yang paling mungkin?

a. Stomatitis b. Tonsilitis c. (lupa >_<) d. Faringitis e. Laringitis

57. Anak laki2 datang dgn keluhan sesak nafas (lupa sejak kapan). Keluhan didahului dgn demam dan batuk (lupa sejak kapan). Pemeriksaan fisik:temp: 39,...N: lupa. RR: lupa. TD: 110/80. Faring: hiperemi. Tonsil: (lupa ukuran), disertai dgn pseudomembran. Gambaran penyebab??

a. Batang gram + b. Batang gram – c. Coccus gram + d. Coccus gram –

e. Lupa

58. Pasien laki laki 39 tahun datang dengan keluhan benjolan di ujung kemaluan. Pada pemeriksaan lokal didapatkan benjolan papiler, seperti jengger ayam dan tidak nyeri. Penyebab dari penyakit tsb adalah:

a. HPV

b. HIV

c. HSV

d. EBV

e. CMV

Soal versi lain No.21- 69

21. Seorang perempuan berusia 25 tahun dibawa keluarganya ke UGD RS dengan keluhan kesadaran menurun mendadak saat bermain sepak bola. Keluhan didahului nyeri kepala hebat dan muntah. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 120/800 mmHg, denyut nadi 84x/menit, frekuensi

(12)

24x/menit dan suhu tubuh 36,6ºC. Pemeriksaan neurologic diperoleh GCS E: 3, M:4, V: 5, kaku kuduk (+) dan tidak didapatkan lateralisasi.

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Meningitis

b. Stroke iskemik emboli

c. Stroke perdarahan intra serebral d. Stroke perdarahan subarachnoid e. Stroke perdarahan intra ventricular

22. Seorang laki-laki berusia 40 tahun dibawa keluarganya ke UGD RS dengan keluhan nyeri secara tiba-tiba pada perut kanan menjalar sampai ke punggung sejak 4 jam yang lalu. Pasien diketahui mengkonsumsi bakso beserta jeroan sapi tetapi tidak memakan sayuran yang disertakan. Pasien memiliki riwayat kolesterol tinggi, serta jarang mengkonsumsi sayur dan buah serta olahraga. Pada pemeriksaan fisik diperoleh tinggi badan 145 cm, berat badan 65 kg, tampak sakit sedang, tanda vital dalam batas normal, Murphy Sign (+).

Apakah organ yang paling mungkin mengalami gangguan? a. Hepar

b. Gaster c. Pancreas d. Usus 12 jari e. Kandung empedu

23. Seorang anak laki-laki berusia 8 tahun dibawa keluarganya ke dokter praktik umum karena demam dan nyeri tenggorok. Keluhan batuk disangkal. Hasil pemeriksaaan fisik menunjukkan suhu 39 ºC dengan tanda vital lain dalam batas normal, tonsil membesar dan tampak eksudat, pembesaran pada kelenjar getah bening leher. Pemeriksaan sekret eksudat menunjukkan bakteri bentuk coccus, berderet seperti rantai, Gram (+). Hasil kultur pada agar darah menunjukkan hemolisis sempurna, sensitive terhadap bacitraccin dan resisten terhadap ko-trimoksazol.

Apakah komplikasi yang paling mungkin dapat terjadi setelah seminggu fase akut terlewat? a. Sindrom syok septic

b. Demam Scarlatina c. Demam rematik d. Infeksi supuratif e. Sepsis

24. Seorang laki-laki berusia 18 tahun dibawa ke UGD RS karena mengalami kejang yang berulang-ulang sejak 1 jam yang lalu. Lama kejang sekitar 30 menit,berhenti sebentar namun kemudian kejang lagi. Di antara setiap bangkitan pasien tidak sadar. Pasien memiliki riwayat kejang sejak 2 tahun yang lalu namun sudah sebulan tidak minum obat karena alasan biaya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan GCS 11, tekanan darah 140/90 mmHg dan suhu 37,5 ºC. Pada pemeriksaan laboratorium darah didapatkan leukosit 11.500/mm3 dan kadar gula darah sewaktu 210 mg/dL.

Apakah penanganan pertama yang paling tepat diberikan? a. Antikonvulasa

b. Antihipertensi c. Antibiotika d. Antipiretika e. Antidiabetik

25. Seorang laki-laki berusia 25 tahun diantar ke puskesmas karena tidak mau keluar rumah selama 1 bulan merasa terancam takut dibunuh oleh tetangganya. Ia mengaku sebagai keluarga presiden SBY sejak 2

(13)

bulan yang lalu setelah mendengar suara bisikan di telinganya. Pasien juga susah tidur dan tidak mau mandi. Pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan kelainan.

Apakah gejala kejiwaan yang paling sesuai? a. Ilusi

b. Delusi c. Derealisasi d. Inkoherensi e. Depersonalisasi

26. Seorang perempuan berusia 28 tahun, P1A0, dibawa keluarganya ke rumah sakit karena perdarahan setelah melahirkan bayi 1 jam yang lalu di bidan. Dari keterangan rujkan yang diperoleh ari-ari belum lahir. Pada pemeriksaan fisik diperoleh pasien tampak pucat, tekanan darah 90/70 mmHg, denyut nadi 110 x/menit –isi dan tegangan lemah. Pada pemeriksaan obstetric diperoleh fundus uteri setinggi pusat. Apakah diagnosis yang paling tepat?

a. Robekan jalan lahir b. Retensio plasenta c. Solution plasenta d. Plasenta previa e. Vasa praevia

27. Seorang anak perempuan berusia 5 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan gatal di sela-sela jari kedua tangan dan kaki sejak 3 hari yang lalu. Rasa gatal kemudian menyebar ke pergelangan tangan. Keluhan dirasakan terutama pada malam hari. Pada status dermatologic didapatkan papula, vesikel, erosi dan ekskoriasi.

Apakah pemeriksaaan penunjang yang paling tepat diusulkan? a. Pengecatan gram

b. Kerokan (scraping) c. Kultur

d. KOH e. BTA

28. Seorang perempuan berusia 37 tahun datang ke dokter praktik umum dengan keluhan sesak napas disertai rasa cemas, berdebar-debar, keringat dingi, mulut terasa kering. Hal ini juga terjadi bila berada di kamar kecil yang tertutup rapat, ia merasa sesak napas, seperti kehabisan oksigen. Kondisi ini terjadi sejak 3 bulan yang lalu setelah kematian adiknya karena sesak napas di kamarnya. Pada pemeriksaan fisik dan psikiatrik tidak ditemukan kelainan.

Apa diagnosis yang paling mungkin? a. Gangguan fobia

b. Gangguan bipolar c. Gangguan depresi d. Gangguan psikotik e. Gangguan kepribadian

29. Seorang bayi laki-laki berusia 4 hari dibawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan kedua mata mengeluarkan banyak kotoran dan bengkak sejak 1 hari yang lalu. Pada pemeriksaan oftalmologik ditemukan oculi dekstra dan sinistra: palpebra edem, hiperemis, sekret banyak dan purulen. Pada pemeriksaan laboratorium sekret ditemukan diplokokus intraseluler gram negatif.

Apakah penyebab yang paling mungkin? a. Chlamidia trachomatis

b. Pneumokokus sp.

(14)

c. Neisseria gonorrhea d. Pseudomonas aeroginosa e. Stafilokokus aureus

30. [Soal tidak lengkap n jelas  ] Seorang anak perempuan berusia 5 tahun dibawa orang tuanya dengan keluhan panas badan yang ….naik terus menerus sejak 6 hari yang lalu. Keluhan disertai dengan adanya mual muntah dan … Pada pemeriksaan fisik didapatkan denyut nadi 120 menit, suhu 39ºC, sulit telan dan nyeri tenggorokan. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan Hb 10g/dL, leukosit 2000/mm3, trombosit 100.000/mm3

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Demam dengue

b. Demam tifoid

c. Demam berdarah dengue d. Varicella

e. Rubella

31. Seorang perempuan berusia 49 tahun datang ke dokter praktik umum dengan keluhan benjolan pada bahu kanan. Keluhan diketahui sejak 2 tahun yang lalu dan membesar sejak 4 bulan terakhir disertai rasa nyeri. Pasien menjalani perawatan tradisional berupa pijat urut dan jamu-jamu. Pada pemeriksaan fisik terdapat benjolan di bahu kana berukuran 8 x 7 x 5 cm, dengan konsistensi padat keras, melekat pada dasar, tidak ada nyeri tekan. Pada foto polos terdapat gambaran kalsifikasi.

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Osteosarkoma

b. Osteokondroma c. Kondrosarkoma d. Miositis osifikan e. Metastatic bone disease

32. Seorang perempuan berusia 37 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan gatal pada punggung sejak 1 minggu yang lalu. Keluhan bertambah jika berkeringat. Pasien diketauhi menyandang Diabetes Mellitus sejak 2 tahun yang lalu. Pada pemeriksaan dermatologic didapatkan macula hipopigmentasi disertai skuama halus. Pada pemeriksaan lampu Wood terlihat pendaran berwarna kuning keemasan. Pada pemeriksaan dengan KOH 10% ditemukan gambaran spagethi and meat ball.

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Hipopigmentasi post inflamasi b. Pitiriasis versikolor

c. Psoriasis numularis d. Dermatofitosis e. Tinea corporis

33. Seorang perempuan berusia 20 tahun, G1P0A0, dibawa ke UGD RS dengan keluhan mules. Keluhan disertai keluar carian dari jalanlahir sejak satu jam yang lalu. Pasien saat ini hamil 34 minggu dan melakuakn pemeriksaan kehamilan secara teratur di bidan. Pada pemeriksaan fisik didapatkan compos mentis, tekanan darah 150/100 mmHg, suhu 37,8ºC, frekuensi napas 16 x/menit, tinggi fundus uteri 26 cm, lingkar perut 80 cm, palpasi letak memanjang kepala, punggung kiri, 4/5. His 2x/10 menit lamanya 35 detik. Denyut jantung janin 160x/menit. Inspekulo tes Netrazin (+), pembukaan 2 cm, kepala terdorong, selaput janin (-). Pemeriksaan laboratorium menunjukkan Hb 10g/dL dan albumin urine (++). Apakah diagnosis yang paling mungkin?

a. G1P0A0, ketuban pecah dini

(15)

b. G1P0A0, inpartu fase aktif, ketuban pecah lama

c. G1P0A0, inpartu fase aktif, ketuban pecah lama, kehamilan prematur d. G1P0A0, persalinan premature, preeclampsia dan ketuban pecah dini

e. G1P0A0, inpartu fase laten, kehamilan premature, ketuban pecah dini, preeklmapsia ringan.

34. Seorang perempuan berusia 27 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan diare dan demam yang hilang timbul sejak 1 bulan lalu. Keluhan disertai berat badan menurun sebanyak 8 kg dalam 1 bulan terakhir. Dari pemeriksaan fisik didapatkan tanda vital dalam batas normal, dalam rongga mulut terdapat bercak-bercak bulat berwarna putih.

Apakah pemeriksaan laboratorium yang perlu dilakukan untuk menegakkan diagnosis? a. Kadar CD4

b. Anti HIV c. Darah rutin d. Kultur darah e. Sputum BTA

35. Seorang laki-laki berusia 50 tahun datang ke dokter praktik umum dengan keluhan sering pusing. Keluhan disertai rasa lesu, lemah, kebas di ujung jari dan sariawan. Pasien mengkonsumsi OAT sejak 3 bulan yang lalu. Pemeriksaan fisik menunjukkan konjungtiva anemis. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan gambaran hipokrom makrositer.

Apakah OAT yang paling mungkin menyebabkan keluhan tersebut? a. INH

b. Rifampisin c. Etambutol d. Streptomisin e. Pirazinamid

36. Seorang perempuan berusia 28 tahun, P2A0, datang ke puskesmas dengan keluhan keputihan sejak 1 minggu yang lalu. Pasien adalah akseptor IUD sejak 1 tahun yang lalu.

Apakah tindakan selanjutnya yang paling tepat dilakukan? a. Berikan antibiotic

b. Melepaskan IUD

c. Pemeriksaan hapus vagina

d. Mengganti IUD dengan kontrasepsi lain

e. Pemeriksaan dalam vagina untuk menilai benang

37. Seorang laki-laki 20 tahun diantar keluarganya ke UGD RS dengan keluhan nyeri perut kanan atas sejak 1 minggu yang lalu. Nyeri disertai demam tinggi dan diare. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda vital dbn, ditemukan nyeri tekan interkosta di bagian kanan bawah disertai perkusi pekak dan suara … lemah. Pada pemerikasaan abdomen ditemukan hepatomegali dan nyeri tekan. Pemeriksaan laboratorium menunjukkan leukosit 20.000/mm3, dengan 20% leukosit PMN, dan Hb 10g/dl. Pada foto toraks tamapak elevasi hemidiafragma kanan.

Apakah mikroba yang paling mungkin menyebabkan penyakit ini? a. Entamoeba histolitica

b. Leptospira interrogans c. Escherichia coli d. Enterobacter sp e. Yersinia sp

(16)

38. Seorang anak laki-laki berusia 2 tahun dibawa oleh orangtuanya ke puskesmas karena belum bisa bicara. Sejak kecil sangat tenang namun tidak suka digendong. Kontak mata minimal. Jika minta sesiatu pasien tidak menunjuk sendiri tetapi mengambil tangan orang lain untuk mengambilkan barang yang diinginkannya. Jika dipanggil hampir tidak menengok tetapi kalo mendengar suara iklan TV yang disukainya pasien langsung menghampiri TV.

Apa diagnosa yang mungkin? a. Autisme

b. Retardasi mental c. Maturation delay d. Gangguan pendengaran e. Gangguan bicara ekspresif

39. Seorang laik-laki berusia 30 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan luka di kemaluan sejak 3 hari yang lalu. Keluhan terasa nyeri. Pasien mengaku berhubungan dengan PSK 2 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan dermatologic ditemukan pada batang penis terdapat 2 buah ulkus dengan tepi eritematus, dasar kotor, teraba lunak dan nyeri tekan.

Apakah diagnosis yang paling tepat? a. Scabies

b. Ulkus mole c. Ulkus durum d. Pedikulosis e. Herpes genetalis

40. Seorang laki-laki berusia 30 tahun datang ke rumah sakit dengan keluhan panas badan terutama di sore hari sejak 7 hari yang lalu. Keluhan diawali diare, kemudian sulit buang air besar. Pada pemeriksaan fisik ditemukan tampak sakit sedang, tanda vital dalam batas normal, lidah kotor dan tremor dengan tepi eritem.

Apakah specimen yang paling tepat digunakan untuk memastikan penyebab? a. Darah

b. Tinja c. Urine d. LCS e. Sputum

41. Seorang laki-laki berusia 40 tahun dibawa ke UGD RS dengan sesak napas hebat. Keluhan disertai mengi, keringat dingin, dan badan lemah. Pada pemeriksaan fisik diperoleh tekanan darah 90/60 mmHg dan denyut nadi 110x/menit.

Apakah pengobatan yang harus segera diberikan? a. Epinefrin b. Dopamine c. Norepinefrin d. Dobutamin e. Kortikosteroid 42. ?

43. Seorang bayi perempuan dilahirkan melalui section caesaria atas indikasi partus tidak maju dalam usia kehamilan 39 minggu. Skor APGAR 8/10, berat badan 3000 gram, panjang badan 49 cm, ketuban jernih. Saat ini bayi terlihat sesak napas, denyut jantung 140 x/menit, frekuensi napas 72 x/menit, retraksi (+), sianosis (-)

(17)

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Neonatal pneumonia

b. Penyakit membrane hyaline c. Sindrom aspirasi mekonium d. Sindrom gawat nafas tipe-1

e. Takipneu sementara pada neonatus

44. Seorang perempuan berusia 21 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan mata merah. Keluhan disertai dengan rasa panas pada mata, bengkak, gatal dan berair. Keluhan terutama muncul bila pasien memakai lensa kontak. Pada pemeriksaan oftalmologik ditemukaninjeksi konjungtiva bulbi. Pada pemeriksaan laboratorium sekret mata ditemukan banyak sel-sel eosinofil.

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Blefaritis

b. Skleritis c. Episkleritis d. Konjungtivitis e. Keratitis

45. Seorang perempuan berusia 30 tahun datang ke dokter praktik umum dengan keluhan kedua mata merah lengker yang berpasir sejak 3 hari yang lalu. Keluhan disertai rasanyeri, bengkak dan berair pada kedua kelopak mata. Pada pemeriksaan fisik didapatkan inflamasi kelopak mata dan sekret mucopurulent, tidak ditemukan pembesaran kelenjar getah bening preaurikular.

Apakah obat tetes mata yang paling tepat diberikan? a. Acyclovir

b. Gentamycin c. Apraclonidin d. Brimonidin

e. Dorzolamide hydrochloride

46. Seorang laki-laki berusia 24 tahun dibawa ke UGD RS dengan penurunan kesadaran sejak 2 jam yang lalu. Tiga hari sebelumnya pasien menderita demam dan menggigil. Pasien baru saja kembali dari Papua 10 hari yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan GCS 7, suhu 38ºC. Pada pemeriksaan apus darah ditemukan tropozoit dan gametosit, terdapat lebih dari 1 parasit didalam eritrosit.

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Malaria falciparum

b. Malaria serebral c. Syok sepsis

d. Meningitis ec tifoid e. Ensefalopati bakterialis

47. Seorang laki-laki berusia 30 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan utama tungkai kanan bawah nyeri dan bengkak sejak 1 minggu yang lalu. Keluhan disertai warna kemerahan pada tungkai dan rasa meriang sejak 3 hari terakhir. Pasien bekerja sebagai petani yang saat beraktivitas tidak memakai sepatu boot. Pada pemeriksaan fisik ditemukan tekanan darah 120/80 mmHg, denyut nadi 90x/menit, suhu 38,5ºC. pemeriksaan dermatologic ditemukan eritema, berbatas tegas, tepi, edema, bula. Pada palpasi terasa hangat dan nyeri tekan.

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Ulkus tropikum

b. Erysipelas

(18)

c. Folikulitis d. Impetigo e. Ektima

48. Seorang anak laki-laki berusia 11 tahun datang bersama ibunya ke dokter praktik umum dengan keluhan nyeri saat berkemih sejak 3 hari yang lalu. Nyeri diasakan pada ujung penis seperti terbakar dan gatal. Tidak didapatkan perubahan frekuensi berkemih dan warna urine. Ibunya menemukan bercak berwarna putih kekuningan pada celana. Pemeriksaan fisik menunjukkan penis belum disirkumsisi, eritema glans penis dengan eksudat berwarna putih pada permukaan kulit.

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Uretritis nongonorrhea

b. Infeksi saluran kemih c. Uretritis gonorrhea d. Balanitis kandida e. Smegma

49. Seorang laki-laki berusia 34 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan gatal pada kedua sela paha sejak 3 minggu yang lalu. Keluhan bertambah pada saat pasien berkeringat. Pada pemeriksaan dermatologic pada sela paha, perineum dan perianal terdapat macula eritematus batas jelas, tepi polikistik, di tepinya terdapat papul, vesikel, dengan central healing dan tertutup skuama.

Apakah diagnosis yang paling tepat? a. Eritrasma

b. Tinea cruris c. Tinea corporis d. Dermatitis seboroik e. Kandidiasis intertriginosa

50. Seorang perempuan berusia 23 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan sering batuk. Keluhan disertai dahak berwarna keputihan dan dirasakan sejak 2 bulan yang lalu. Berat badan pasien juga semakin menurun. Jika malam hari pasien sering berkeringat tanpa diketahui sebabnya dan kadang disertai dengan demam yang tidak terlalu tinggi. Dari pemeriksaan sputum ditemukan BTA positif. Saat akan diterapi, didapatkan peningkatan enzim transaminase meningkat 5 kali batas atas normal.

Apakah regimen terapi yang paling tepat diberikan?

a. Tunda pemberian OAT sampai enzim transaminase menurun 2 kali batas normal atas b. Tunda pemberian regimen RHE selama 8 bulan, sebelum pemeriksaan BTA

c. HIndari pemberian pirazinamid, dengan regimen SHE selama 12 bulan d. Hindari pemberian Rifampisin, dengan regimen SE selama 9 bulan e. Hindari pemberian isoniazid, dengan regimen RE selama 9 bulan 51. ?

52. [soal tidak lengkap] Seorang pasien datang ke puskesmas dengan keluhan benjolan sebesar biji jeruk dan tidak terasa nyeri. Pada pemeriksaan oftalmologi didapatkan konsistensi keras, tidak nyeri tekan, tidak hiperemi dan terdapat pseudoptosis.

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Hordeolum

b. Kalazion c. Blefaritis d. Eritropion

e. Tumor kelopak mata

(19)

53. ?

54. Seorang perempuan berusia 59 tahun datang ke dokter praktik umum dengan keluhan benjolan di payudara yang mengeluarkan nanah. Hasil pemeriksaan sementara diperoleh kesan kanker. Ketika dokter akan menjelaskan diagnosisnya, pasien tidak mau mengetahui.

Apakah tindakan dokter yang paling tepat? a. Memberitahu keluarga

b. Tetap memberitahu pasien

c. Mengatakan sebaiknya pasien tahu

d. Bertanya mengapa tidak mau tahu diagnosis e. Menghargai pasien untuk tidak mengetahui

55. Seorang laki-laki berusia 30 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan gatal-gatal di wajah sejak 1 minggu yang lalu. Keluhan terutama dirasakan pada saat berkeringat. Pada pemeriksaan fisik didapatkan hipopigmentasi ditutupu skuama halus.

Apakah warna efloresensi hasil pemeriksaan lampu Woods yang mungkin ditemukan? a. Kuning emas

b. Hijau c. Merah d. Biru e. Ungu

56. Seorang anak laki-laki berusia 8 tahun diantar ke puskesmas dengan keluhan adanya pitak pada kepala dengan dasar tampak bercak berwarna abu-abu. Pada pemeriksaan fisik diperoleh tanda vital dalam batas normal. Pada pemeriksaan dermatologic didapatkan plak hyperkeratosis alopesia, rambut mudah patah. Pemeriksaan lampu wood didapatkan fluoresensi berwarna kuning kehijauan.

a. Kotrimoksazol b. Griseofulvin c. Amoksisilin d. Ivermectin e. Asiklovir

57. Seorang perempuan berusia 40 tahun datang ke puskesmas umum dengan keluhan penglihatan ganda yang hilang timbul. Keluhan disertai kesulitan membuka kelopak mata sejak 3 bulan terakhir. Keluhan memberat ketika menonton televise dan lebih parah pada malam hari, namun keluhan berkurang setiap bangun tidur.Apakah diagnosis yang paling mungkin?

a. Tumor pada chiasma optikum

b. Horner syndrome c. Myasthenia gravis d. Lambert eaton syndrome e. Bell’s palsy

58. Seorang perempuan berusia 17 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan berat badan bertambah sejak 3 bulan yang lalu. Pasien mengeluh nafsu makan bertamabah sejak ia mengkonsumsi obat antialergi yang diberikan oleh dokter puskesmas untuk mengatasi keluhan gatalnya. Pada pemeriksaan fisik tidak didapatkan dalam batas normal.Apakah obat yang paling mungkin menyebabkan keluhan tersebut? a. Loartadin

b. Siproheptadin c. Dimenhidranat

(20)

d. Chlorpheniramin maleat e. Difenhidramin

59. Seorang anak perempuan berusia 9 tahun diantar ibunya ke unit gawat darurat UGD RS dengan keluhan sesak napas sejak 1 jam yang lalu. Keluhan disertai batuk, tidak ada demam, pasien masih bisa menceritakan keluhannya dalam kalimat yang terputus-putus. Keluhan yang sama sudah dialami pasien 2 bulan yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan anak gelisah, sianosis (-), denyut nadi 120x/menit, frekuensi napas 44x/menit, retraksi suprasternal dan interkostal (+), wheezing ekspresi dan inspirasi. Pasiesn duah mendapat inhalasi β2 agonis 2x dan responsnya parsial.

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Asma persisten

b. Asma episodic sering serangan berat c. Asma episodic sering serangan sedang d. Asma episodic jarang serangan berat e. Asma episodic jarang serangan sedang

60. Seorang laki-laki berusia 30 tahun datang ke puskesmas dengan keluhantelinga sebelah kanan keluar cairan sejak 2 hari yang lalu. Lima hari yang lalu pasien sering mengorek telinga. Pada pemeriksaan otoskopi didapatkan meatus akustikus eksternus edema, hiperemi, dan sekret putih.

Apakah terapi yang paling sesuai diberikan? a. Analgetik oral

b. Anti alergi oral

c. Tetes telinga ofloksasin d. Tampon larutan Burow’s e. Antibiotic spectrum luas oral

61. Seorang laki-laki berusia 50 tahun datang ke puskesma dengan keluhan sering merasakan rasa panas di dada bagian tengah. Keluhan berlangsung selama beberapa menit hingga 1 jam dan berulang. Pasien juga merasakan sering mual tanpa disertai muntah. Pasien memiliki kebiasaan berbaring sesudah makan. Pada pemeriksaan fisik tidak diperoleh adanya kelainan lain.

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Gastritis

b. Gastric ulcer c. Duodenal ulcer

d. Gastroesophageal reflux disease e. Mallory-weiss tear

62. Seorang anak laki-laki berusia 7 tahun diantar oleh ibunya ke puskesmas dengan keluhan mata merah sejak 1 minggu yang lalu. Keluhan disertai rasa gatal, kotoran mata warna bening keputihan, dan lengket. Keluhan ini sering berulang dan belum pernah diobati. Pasien mempunyai riwayat asma bronkiale. Pada pemeriksaan oftalmologi didapatkan: Visus ODS 20/20, injeksi konjungtiva (+), reaksi papiler dan cobble stone (Giant papillary) pada tarsus konjungtiva atas, kornea jernih.

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Konjungtivitis bakteri

b. Konjungtivitis viral c. Konjungtivitis vernal d. Konjungtivitis atopic e. Keratokonjungtivitis

(21)

63. Seorang perempuan berusia 20 tahun datang ke puskesmas karena terlambat haid selama 1 bulan. Bulan lalu pasien mengalami haid normal. Siklus haid biasanya berlangsung selama 28 hari. Selama 5 hari terakhir pasien mengalami mual dan muntah. Keluhan disertai keletihan dan pembesaran payudara. Pada pemeriksaan fisik diperoleh tanda vital dalam batas normal. Pada pemeriksaan obstetric didapatkan tinggi fundus 2 jari di atas simfisis.Apakah kesimpulan yang paling tepat?

a. Usia gestasional adalah sekitar 12 minggu b. Usia gestasional adalah sekitar 10 minggu c. Ukuran uterus lebih kecil dari usia gestasional d. Ukuran uterus cukup untuk usia gestasional e. Ukuran uterus lebih besar dari usia gestasional

64. Seorang perempuan berusia 20 tahun dibawa keluarganya ke puskesmas dengan keluhan panas badan sejak 3 hari yang lalu. Keluhan disertai nyeri kepala dan sendi, mual, muntah, perdarahan gusi, dan buang air besar hitam. Pada pemeriksaan fisik diperoleh pasien tampak mengantuk, tekanan darah 80/60 mmHg, denyut nadi 100 x/menit, teraba kecil, akral dingin. Pada pemeriksaan laboratorium darah diperoleh Hb 9,8 g/dL, leukosit 4.200/mm3, Ht 35%, trombosit 22.000/mm3.

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Malaria

b. Tetanus berat c. Demam tifoid d. Avian influenza

e. Demam berdarah Dengue

65. Seorang perempuan berusia 31 tahun datang datang ke puskesmas dengan keluhan diare sejak 3 hari yang lalu, frekuensi 6-8 kali sehari. Diare didahului dengan nyeri perut hebat. Fesef berbau asam menyengat bercampur darah dan lendir. Pada pemeriksaan feses ditemukan Kristal Charchot-Leyden.

Apakah diagnosis yang paling tepat? a. Giardiasis

b. Amebiasis c. Askariasis d. Balantidiasis e. Kriptosporidiosis

66. Seorang laku-laki berusia 22 tahun datang ke rumah sakit keluhan panas badan sejak 5 hari yang lalu. Keluhan disertai nyeri pada perut kanan atas, mual dan muntah. Pada pemeriksaan fisik ditemukan tampak sakit sedang, sclera ikterik, suhu 37,9ºC dengan tanda vital lain dalam batas normal, hepatomegali. Hasil pemeriksaan laboratorium darah menunjukkan SGOT/SGPT 600/800 IU/L, bilirubin 10 mg/dL, HBsAg positif, AntiHBs negatif, AntiHAV IgG positif, HCV-RNA negative.

Apakah diagnosis yang paling mungkin? a. Hepatitis A

b. Hepatitis B c. Hepatitis C d. Hepatitis D e. Hepatitis E

67. Seorang laki-laki berusia 28 tahun datang ke dokter dengan keluhan sering bersin di pagi hari lebih dari 5 kali. Keluhan disertai keluar cairan dari hidung, encer, hidung gatal dan mata berair. Hal ini diderita sejak 2 tahun yang lalu, hilang timbul. Ayahnya menderita asma, ibunya menderita gatal-gatal di kulit bila makan udang dan ikan tongkol. Pada pemeriksaan fisik tampak edema mukosa cavum nasi, rinore

(22)

encer, tak tampak post nasal drip.Apakah pemeriksaan yang paling tepat dilakukan untuk menegakkan diagnosis?

a. Prick test

b. Darah rutin c. Kultur apus nasal d. IgG non spesifik e. IgM spesifik

68. Seorang laki-laki berusia 20 tahun diantar oleh polisi ke UGD RS karena mengejar-ngejar tetangganya dengan pisau. Sejak 1 bulan terakhir, pasien sering berbicara sendiri dan menganggap orang sekampungnya ingin membunuh dirinya karena dirinya mempunyai kemampuan khusus bisa berbicara dengan matahari.Apakah diagnosis yang paling mungkin?

a. Gangguan waham b. Skizofrenia c. Depresi d. Cemas e. Mania

69. Seorang laki-laki berusia 28 tahun dibawa ke UGD RS dengan keluhan nyeri pada perut kiri atas dan bahu kiri. Keluhan terjadi setelah terjatuh dari motor 2 jam yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pasien tampak sakit berat, tekanan darah 90/50 mmHg, denyut nadi 100x/menit, tandaa vital lainnya normal. Abdomen tampak jejas region hipokondrium kiri, nyeri tekan dan nyeri lepas tekan terutama pada region hipokondrium kiri.Apakah organ yang paling mungkin mengalami trauma?

a. Lien b. Hepar c. Lambung d. Ginjal kiri e. Colon desenden

Soal versi komputer sebelah 70-132

70. seorang perempuan berusia 35 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan panas tinggi sejak 3 hari yang lalu. Keluhan ini hilang timbul dan disertai menggil dan berkeringat dingin. Pada pemeriksaan tanda vital diperoleh suhu 38 C, denyut nadi 80x/menit, frekuensi napas 24x/menit. Pada pemeriksaan laboratorium darah tetes tebal diperoleh gambaran sel darah merah yang terinfeksi dengan gambaran sebagai berikut :

(GAMBAR: something like that lah!!! ) Apakah diagnosis yang plg tepat? o Malaria falcifarum

o Malaria ovale o Malaria vivax o Malaria quartana o Malaria malariae

71. seorang perempuan berusia 21 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan nyeri dan bengkak pada jari-jari dan pergelangan kedua tangan berlangsung sejak tadi pagi. Keluhan ini hilang timbul sejak 4 bulan. Riwayat trauma disangkal. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda vital dalam batas normal. Pada status lokalisata, sendi interfalangeal proksimal dan metakarpal proksimal I-V terlihat oedem, hiperemis dan nyeri tekan. Pada

(23)

pemeriksaan laboratorium darah didapatkan Hb 11 g/dL, Hct 32%, leuko 7000/mm3, trombosit 250.000/mm3,LED : 80 mm/jam, dan asam urat : 5mg/dL. Apakah diagnosis yang paling mungkin?

o Gout

o Pseudogout o Osteoporosis o Osteoarthritis o Reumatoid artritis

72. seorang anak laki-laki berusia 8 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan bengkak di belakang telinga kanan sejak 4 hari yang lalu. Keluhan disertai nyeri hebat dan panas badan. Keluhan didahului dengan keluar cairan dari telinga kanan sejak 2 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan suhu 38 C, edema retroaurikuler, nyeri tekan, hiperemis dan fluktuasi. Pemeriksaan otoskopi telinga kanan ditemukan otore, perforasi membran timpani, serta fetor. Apakah diagnosis yang paling mungkin.

o Otitis eksterna maligna

o Otitis media kronik stadium supuratif o Otitis media kronik non supuratif o Mastoiditis akut

o Abses retroaurikuler

73. seorang laki-laki berusia 20 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan lemah dan mudah lelah. Keluhan disertai mual-mual, kadang muntah yang dirasakan sejak 1 minggu. Keluhan disertai nyeri pada perut kanan atas dan air kencingnya seperti the. Tidak ada riwayat transfusi ataupun penggunaan alat suntik. Teman 1 kos ada yang sakit kuning 2 minggu ini. Dari pemeriksaan fisik didapatkan status gizi baik, tekanan darah 120/80 mmHg, denyut nadi 92 x/menit, frekuensi napas 24 x/menit, suhu 38 C. hepar teraba 2 cm di bawah arcus costae disertai nyeri tekan. Pemeriksaan laboratorium didapatkan hasil SGOT 990 IU/L, SGPT 1350 IU/L, IgM HAV (+). Apakah diet yang paling tepat diberikan?

o Tinggi asam amino rantai cabang o Sesuai selera makan pasien o Rendah kalsium dan tiamin o Tinggi karbohidrat

o Tanpa lemak

74. seorang perempuan berusia 50 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan sering buang air kecil sejak 1 hari yang lalu. Keluhan disertai nyeri pada waktu mengeluarkan urine. Warna urine kuning agak keruh, sedikit berbau busuk., pemeriksaan fisik diperoleh hasil dalam batas normal. Apakah jenis urine yang paling tepat digunakan untuk menegakkan diagnosis?

o Sewaktu o 24 jam o Pagi hari o Kateterisasi o Suprapubik

75. seorang anak perempuan berusia 8 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan sesak napas. Keluhan disertai batuk, timbul berulang-ulang terutama saat cuaca dingin. Pada pemeriksaan fisik diperoleh, suhu 37 C, tekanan darah 90/60 mmHg, denyut jantung 65 x/mnt, frekuensi napas 22x/menit, terdapat wheezing expiratoir. Apakah diagnosis yang paling tepat?

o Bronkitis o Asma bronkial o Bronkiolitis o Bronkopneumonia o TBC paru

76. seorang perempuan berusia 22 tahun dibawa keluarganya ke UGD RS dengan keluhan sesak napas. Keluhan disertai dengan mengi sejak 1 hari yang lalu. Pasien telah berulang kali merasakan keluhan yang sama dalam 1

(24)

minggu terakhir dan saat ini telah 5 kali menyemprotkan obat inhaler anti asma yang dimilikinya tetapi tidak ada perbaikan. Pasien sulit sekali untuk berbicara, bila menjawab pertanyaan terbata-bata. Pemeriksaan fisik menunjukkan tekanan darah 140/90 mmHg, denyut nadi 120 x/menit, frekuensi napas 32 x/menit, suhu 37 C. apakah kategori serangan asma yang paling tepat?

o Status asmatikus o Persisten berat o Persisten sedang o Intermiten berat o Intermiten sedang

77. seorang anak perempuan berusia 5 tahun dibawa orangtuanya ke UGD RS dengan keluhan tidak dapat menggerakkan tungkai kirinya sejak 2 hari yang lalu. 1 minggu sebelumnya pasien demam dan muntah-muntah, 2 hari kemudian pasien mengalami kaku pada punggung dan tungkainya. Pada pemeriksaan fisik didapatkan kesadaran compos mentis, denyut jantung 100x/menit, frekuensi napas 24x/menit, suhu 37,3 C. tonius otot tungkai kiri menurun. Refleks Chaddock,Oppenheim dan klonus negatif pada kedua kakinya. Apakah diagnosis yang paling mungkin?

o Poliomielitis o Ensefalitis virus o Meningitis bakterialis o Sindrom Guillain Barre

o Duchenne Muscular Distrophy

78. Seorang anak laki-laki berusia 1 tahun datang dibawa orangtuanya ke dokter praktik umum karena lutut bengkak. Peristiwa ini dimulai pada saat anak tersebut belajar merangkak. Riwayat terbentur dengan bengkak yang lama sembuh (berkurang setelah dilakukan kompres dingin). Paman pasien ada yang meninggal karena perdarahan setelah mengalami sirkumsisi. Apakah diagnosis yang paling mungkin?

o Hemofili

o Trombositopenia o Defisiensi vitamin K o Penyakit von Willebrand

o Disseminated Intravascular Coagulation

79. seorang laki-laki beruisa 37 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan gatal-gatal di daerah selangkangan sejak 2 minggu yang lalu. Keluhan dirasakan semakin meluas dan semakin berat saat berkeringat. Pada

pemeriksaan fisik didapatkan papul eritema, skuama, likenifikasi, ekskoriasi, dan krusta dengan central healing. Apakah pemeriksaan penunjang yang paling tepat dilakukan?

o Lampu Woods o KOH 10-20% o Kultur kerokan o Punch biopsi o Pengecatan Gram

80. seorang anak perempuan berusia 10 bulan dibawa ke UGD RS dengan keluhan sesak napas. Keluhan disertai dengan demam tinggi, batuk, dan pilek. Pada pemeriksaan fisik didapatkan napas cuping hidung, retraksi interkostal dan ronki basah di basal paru. Pada foto Rontgen toraks didapatkan bayangan opak inhomogen di basal paru dengan corakan vaskuler yang meningkat. Apakah diagnosis yang paling mungkin?

o TBC pulmonum o Bronkopneumonia o Bronkiolitis o Edema paru o Cystic fibrosis

(25)

81. seorang perempuan berusia 30 tahun datang ke puskesmas untuk konsultasi pemilihan alat kontrasepsi untuk menjarangkan kehamilan. Pasien memiliki 2 orang anak, berusia 5 tahun dan 1 bulan. Saat ini pasien masih memberi ASI eksklusif. Apakah jenis kontrasepsi yang paling tepat?

o Alat kontrasepsi dalam rahim o Metode pantang berkala o Sanggama terputus o Pil kombinasi o Tubektomi

82. seorang anak laki-laki berusia 5 tahun dibawa ibunya ke Puskesmas dengan keluhan demam sejak 5 hari yang lalu. Keluhan disertai dengan batuk berlendir, muntah dan nafsu makan menurun. Pada pemeriksaan fisik ditemukan suhu 38,5 C, frekuensi napas 20x/menit, tonsil ToTo, faring dan uvula hiperemis serta ptekie pada palatum. Apakah diagnosis yang paling mungkin?

o Stomatitis o Tonsilitis

o Tonsilofaringitis o Faringitis

o Laringitis

83. seorang perempuan berusia 45 tahun datang ke dokter praktik umum dengan keluhan batuk-batuk sejak 3 minggu. Pasien mempunyai riwayat Diabetes Melitus sejak 3 tahun yang lalu dan mendapat terapi

Glibenclamide 5 mg setiap hari. Hasil pemeriksaan sputum menunjukkan BTA positif. Apakah obat anti tiberkulosis (OAT) yang tepat diberikan?

o OAT kategori 1 o OAT kategori 2 o OAT kategori 3 o Amikasin o Streptomisin

84. seorang anak laki-laki berusia 7 tahun dibawa orang tuanya ke puskesmas dengan keluhan nyeri tenggorok terutama saat menelan. Keluhan disertai demam dan sakit kepala sejak 3 hari yang lalu. Pada pemeriksaan tenggorok didapatkan tonsil T3-T3, hiperemis, permukaan mukosa rata. Pemeriksaan telinga dan hidung dalam batas normal. Terdapat pembesaran kelenjar limfe jugulodigastrik. Apakah penatalaksanaan yang paling tepat diberikan?

o Antipiretik dan analgetik o Antihistamin dan obat kumur o Antiinflamasi dan antivirus o Antibiotik dan antipiretik o Insisi, drainase, dan antibiotika

85. seorang laki-laki berusia 40 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan demam serta diare yang tidak

sembuh-sembuh sejak 7 minggu yang lalu. Keluhan disertai penurunan berat badan 6 kg dalam 1 bulan ini. Pada pemeriksaan fisik diperoleh keadaan umum sakit sedang, berat badan 45 kg, tinggi badan 165 cm, tanda vital dalam batas normal. Adanya bercak putih di daerah orofaring dan pembesaran kelenjar getah bening pada leher, akshila, dan inguinal. Pada pemeriksaan laboratorium darah diperoleh jumlah CD4 79/mL. apakah diagnosis yang paling mungkin?

o Tuberkulosis o Amebiasis o Criptosporidiasis o Pneumosistitis o Limfoma Hodgkin

86. seorang laki-laki berusia 59 tahun datang ke Puskesmas dengan keluhan hidung buntu yang makin lama makin berat pada 1 sisi. Keluhan disertai sering bersin-bersin bila kena debu. Hidung berair dan hidung gatal.

(26)

Pada pemeriksaan fisik hidung tampak massa berwarna putih mengkilap, permukaan rata dan dapat digerakkan. Apakah diagnosis yang paling mungkin?

o Rinitis o Polip nasi o Papiloma o Adenoma o Sinusitis

87. seorang laki-laki berusia 39 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan batuk yang disertai darah. Pasien batuk berdahak sejak 6 bulan yang lalu. Keluhan disertai demam tetapi tidak tinggi, keringat di malam hari, berat badan dan nafsu makan menurun. Apakah pemeriksaan penunjang pertama kali yang paling tepat diusulkan untuk menegakkan diagnosis?

o Rontgen toraks o Pemeriksaan RT-PCR o Pemeriksaan kultur sputum o Pemeriksaan BACTEC o Pemeriksaan BTA sputum

88. seorang laki-laki berusia 48 tahun dibawa ke UGD RS karena mengalami kelumpuhan anggota gerak kanan. Keluhan timbul mendadak 2 jam sebelumnya saat melakukan aktivitas di kantor. Keluhan ini disertai sakit kepala mendadak, muntah, dan bicara pelo. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pasien tampak sakit sedang, kesadaran kompos mentis, mulut mencing, tekanan darah 200/100 mmHg, frekuensi napas 18x/menit, dan denyut nadi 60x/menit. Pada pemeriksaan neurologis didapatkan paresis N VII dan XII kanan tipe sentral, kaku kuduk (-), hemiparesis kanan, dan refleks patologis (+) pada sisi kanan. Apa diagnosis yang paling mungkin?

o Stroke infark trombotik o Stroke infark emboli

o Stroke perdarahan intraserebral o Stroke perdarahan subarachnoid o Stroke perdarahan intraventrikel

89. seorang laki-laki berusia 25 tahun diantar oleh orang tuanya ke RS karena sering tidak masuk kerja. Dari heteroanamnesis diketahui bahwa pasien mempunyai masalah dengan teman sekerjanya. Ia sering mencurigai teman sekerjanya kalau-kalau akan mencelakainya, dan lebih menyukai bekerja di depan komputer serta jarang sekali ngobrol terbuka atau berinteraksi dengan teman-teman sekerjanya. Apakah gangguan kepribadian yang paling tepat? o Obsesif kompulsif o Histerionik o Antisosial o Paranoid o Skizoid

90. seorang anak perempuan berusia 5 tahun dibawa orang tuanya ke puskesmas dengan keluhan nyeri telinga sejak 2 hari yang lalu. Keluhan didahului batuk pilek sejak 10 hari yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan cairan bercampur darah keluar dari telinga kanan. Pemeriksaan otoskop didapatkan membran

timpani…….apakah diagnosis yang paling mungkin? o Otitis media akut

o Otitis media stadium resolusi o Otitis media akut stadium perforasi o Otitis media supuratif tipe benigna

o Otitis media supuratif kronika tipe maligna

93. seorang perempuan berusia 30 tahun datang ke dokter praktik umum dengan keluhan keputihan sejak 2 minggu yang lalu. Cairan keputihan berwarna putih susu berbentuk seperti bulir-bulir nasi dan terasa gatal. Pasien sedang hamil 3 bulan dan memiliki riwayat penyakit maag dalam pengobatan antasid. Pada pemeriksaan

(27)

vulvovagina didapatkan eritema dengan bercak-bercak putih pada dinding vagina. Apakah pengobatan yang paling tepat? o Amfoterisin o Flukonazol o Metronidazole o Ketokonazol o Nystatin

95. seorang bayi perempuan berusia 1 hari dibawa oleh orang tuanya ke UGD RS karena kuning. Pasien adalah aak kedua dan lahir cukup bilan, ditolong bidan, langsung menangis, berat badan lahir 3000 gram, panjang badan 49 cm. tidak ada obat-obatan yang sedang diminum ibu atau bayi. Bayi mendapat ASI, golongan darah bayi O rhesus positif, golongan darah ibu A rhesus negatif. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan Hb 8 g/dL, bilirubin total 16 mg/dL, sediaan apus darah tepi menunjukkan gambaran anisopoikilositosis, skiclosit (+), sferosit (+). Apakah penyebab yang paling mungkin?

o Sepsis

o Defisiensi enzim G6PD o Inkompatibilitas rhesus o Inkompatibilitas ABO o Thalasemia

96. seorang laki-laki berusia 30 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan keluar cairan putih kental dari kemaluannya sejak 3 hari yang lalu. Tidak ada nyeri di pangkal kemaluan. Dari pemeriksaan mikroskopis pada discharge ditemukan banyak leukosit dan neutrofil tapi tidak ditemukan bakteri. Apakah diagnosis yang paling mungkin?

o Uretritis non gonokokal o Uretritis gonokokal o Sistitis interstitial o Sistitis akut o Prostatitis akut

97. seorang perempuan berusia 25 tahun datang ke puskesmas untuk pemeriksaan rutin kehamilan. Pasien sudah terlambat haid 2 minggu dengan hari pertama haid terakhir pada 8 Desember 2010. Pasien mengaku siklus haid pendek setiap 21 hari. Pasien sudah melakukan tes urine 2 hari yang lalu dengan hasil (+). Kapankah taksiran persalinan yang paling tepat?

o 1 September 2011 o 5 September 2011 o 8 September 2011 o 11 September 2011 o 15 September 2011

98. seorang anak laki-laki berusia 3 tahun dibawa ibunay untuk diperiksa ke puskesmas dengan keluhan sangat kurus dibanding teman sebayanya. Pasien sering terlihat lemas dan sangat rewel. Pada pemeriksaan fisik ditemukan keadaan umum kompos mentis, tanda vital dalam batas normal, mata terihat sayu, rambut tipis dan mudah rontok, oto-otot hipotrofi, jaringan subkutan tipis dan edema (_). Pada pemeriksaan antropometri ditemukan BB/U : 55%, TB/U : 80%, BB/TB : 75%. Apakah diagnosis yang paling mungkin?

o Malnutrisi sedang o Defisiensi vitamin o Kwasiorkor o Marasmus o KEP I

99. seorang anak laki-laki berusia 8 tahun dibawa orang tuanya ke puskesmas dengan keluhan nyeri pada tungaki kanan sejak 3 hari yang lalu. Keluhan disertai demam dan bengkak pada paha kanan bawah. 10 hari yang lalu pasien terjatuh dengan tungkai kanan membentur tembok. Pada pemeriksaan fisik tampak edema pada

(28)

regio femur 1/3 distal, kemerahan dan nyeri tekan. Pada pemeriksaan radiologik tampak adanya gambaran soft tissue swelling, reaksi periosteal, tampak gambaran radioluesen pada 1/3 distal os. Femur yang dikelilingi oleh gambaran sklerotik. Apakah diagnosis yang paling mungkin?

o Osteoartritis o Osteomielitis o Osteosarkoma o Artritis septic o stress fracture

110. seorang laki-laki berusia 43 tahun dibawa keluarganya ke UGD RS karena sesak napas setelah menaiki sebanyak 5 anak tangga. Keluhan ini sudah dialami sejak 1 bulan yang lalu. Keluhan berkurang bila istirahat. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 110/70 mmHg, denyut nadi 100x/menit, frekuensi napas 20x/menit, JVP 5 + 3 cmH20, pelebaran batas jantung dan terdengar bising jantung. Apakah diagnosis yang paling mungkin?

o Fibrilasi ventrikel o Kompensasi jantung o Regurgitasi katup jantung o Dekompensasi ventrikel kiri o Dekompensasi ventrikel kanan

101. seorang perempuan berusia 41 tahun berkunjung ke puskesmas dengan keluhan nyeri ulu hati yang dialami sejak beberapa tahun yang lalu. Keluhan ini disertai sakit kepala, kembung, BAB tidak lancar. Pasien sudah berobat ke beberapa dokter namun pasien tidak puas dengan hasil pemeriksaan dokter sebelumnya. Hasil pemeriksaan fisik dan laboratorium dalam batas normal. Apa diagnosis yang paling mungkin?

o Gangguan cemas o Gangguan depresi o Gangguan psikotik o Gangguan somatisasi o Gangguan hipokondriasis

102. seorang anak laki-laki berusia 10 tahun diantar ibunya ke dokter praktik umum dengan keluhan kalau kencing nyeri dan tak lancar. Keluhan dirasakan sejak 1 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatakan

orificium urethrae externum tampak kemerahan, preputium menutupi glans penis di distal orificium urethrae externum dan tampak adanya perlengketan preputium. Apakah diagnosis yang paling mungkin?

o Parafimosis o Fimosis o Epispadia o Uretritis o Hipospadia

103. seorang perempuan berusia 55 tahun dibawa ke UGD RS oleh keluarganya dalam keadaan koma. Pasien adalah penyandang DM sejak 3 tahun yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan kesadaran koma,

pernapasan cepat dan dalam. Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan glukosa darah 500 mg/dL, analisis gas darah pH 7,15, HCO3- 18 mFeq/L, anion gap 20 Meq/L. apakah diagnosis yang paling mungkin?

o Ketoasidosis o Hipoglikemia o Asidosis laktat o Asidosis metabolik

o Hiperosmolar hiperglikemik

104. seorang bayi perempuan berusia 2 bulan dibawa ibunya ke UGD RS dengan keluhan pucat sejak 4 hari yang lalu. Pada pemeriksaan fisik diperoleh pasien pucat, ubun-ubun membesar, hepar dan lien membesar. Pemeriksaan laboratorium darah menunjukkan gambaran darah tepi eritrosit berukuran kecil, central pallour

(29)

melebar (1/2 diameter), basofilik slipping, sel target (+), sel tear drop (+), Howell-Jolly (+), Total Iron Binding Capacity (TIBC) meningkat. Apakah diagnosis yang paling tepat?

o Thalasemia o Anemia hemolitik o Anemia defisiensi Fe

o Anemia defisiensi asam folat o Anemia defisiensi vitamin B12

105. seorang anak laki-laki berusia 12 tahun dibawa ibunya ke puskesmas dengan keluhan mudah lelah. Keluhan disertai banyak keringat, nafsu makan meningkat, sering buang air besar, dan ujung tangan sering gemetar. Pada pemeriksaan fisik diperoleh berat badan 40 kg, tinggi badan 160 cm, hiperhidrosis, tanda vital dalam batas normail, ptosis dan tremor. Apakah pemeriksaan penunjang yang paling tepat dilakukan?

o Keton urine o T3, T4, TSH o Bikarbonat darah o Gula darah sewaktu o Darah dan urine rutin

107. seorang laki-laki berusia 25 tahun dibawa temannya ke UGD RS dengan keluhan perdarahan pada hidung. Pasien terjatuh dari motor 30 menit yang lalu dan hidungnya terbentur stang sepeda motor. Hidung seperti tersumbat pada salah 1 sisi. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda vital dalam batas normal. Pemeriksaan rinoskopi menunjuukan deviasi septi dan sumber perdarahan pada bagian posterior. Apakah arteri yang paling mungkin menyebabkan perdarahan?

o Lingualis o Ethmoidalis o Palatina mayor o Spehnopalatina o Laryngues superior

108. seorang laki-laki, bekerja sebagai penjual soto ayam keliling, berusia 58 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan nyeri kedua lutut sejak 2 tahun lalu. Keluhan bertambah berat saat berjalan, bangun dari duduk yang lama dan saat sholat. Saat pagi hari lututnya sering terasa kaku selama 15-30 menit. Pada pemeriksaan fisik didapatkan BB 90 kg, TB 168 cm, tanda vital dalam batas normal. Pada status lokalis, didapatkan region genu sinistra dan dekstra edem (-), kalor (-), nyeri tekan (-), nyeri saat bergerak (+), deformitas (-). Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan Hb 12 g/dL, HCT 37%, leuko 8000/mm3, trombosit 200.000/mm3, LED 15 mm/jam, asam urat 4,2 mg/dL. Foto Rontgen :

(GAMBAR)

Apakah diagnosis yang paling tepat?

o Gout

o Pseudogout o Osteoartritis o Osteoporosis o Reumatoid artritis

113. seorang perempuan berusia 60 tahun dibawa oleh keluarganya ke UGD RS karena tidak sadar sejak 1 jam yang lalu. Pasien diketahui menderita DM sejak 5 tahun yang lalu, namun minum obat tidak teratur. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 100/70 mmHg, denyut nadi 92x/menit, frekuensi napas 16x/menit dan suhu afebris. Hasil pemeriksaan gula darah sewaktu 30 mg/dL. Apakah penyebab penurunan kesadaran yang paling mungkin?

o Koma hipoglkemik o Koma hiperglikemik o Koma hipoosmolar o Koma hiperosmolar

(30)

o Koma ketoasidosis diabetikum

114. seorang laki-laki berusia 50 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan nyeri dada sebelah kiri. Nyeri dirasakan seperti ditekan benda berat yang semakin lama semakin meningkat dan menjalar ke lengan kiri. Keluhan disertai keringat dingin, mual dan muntah. Pasien mempunyai riwayat hipertensi yang tidak terkontrol dan merokok. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tanda vital dalam batas normal kecuali tekanan darah 160/90 mmHg. Pada pemeriksaan EKG didapatkan kelainan ST depresi di lead III, aVF. Apakah penatalaksanaan yang paling tepat untuk mengatasi serangan?

o Nitrogliserin sublingual o Captopril sublingual o Nitrogliserin peroral o Tablet propanolol o Tablet nifedipin

115. seorang laki-laki berusia 27 tahun datang ke dokter praktik umum dengan keluhan terdapat luka yang kenyal dan kemerahan seperti daging merah pada batang kemaluannya sejak 2 minggu yang lalu. Luka

dirasakan tidak nyeri disertai pembesaran kelenjar getah bening pada lipat paha kanan, yang juga tidak nyeri. 1 bulan sebelumnnya pasien mengaku berhubungan seksual dengan PSK. Apakah diagnosis yang paling

mungkin?

o Ulkus mole o Ulkus durum o Ulkus piogenikum

o Lues II dan ulkus piogenikum o Ulkus durum dan Lues primer

116. seorang anak laki-laki berusia 5 tahun dibawa ibunya ke puskesmas karena demam tinggi dan muncul bercak-bercak merah sejak 3 hari yang lalu. Bercak kemerahan timbul mulai dari wajah dan menyebar ke badan dan punggung. Pasien belum pernah mendapat imunisasi. Pada pemeriksaan fisik didapatkan kesadaran kompos mentis, suhu 38 C, kemerahan pada konjungtiva bilateral, sekret mata bening encer. Pada kulit terdapat ruam makulopapular yang superfisial di daerah wajah dan badan yang tampak konfluens. Pada pemeriksaan

penunjang didapatkan Hb 11 g/dL, HCT 36%, trombosit 150.000/mm3, leuko 3000/mm3 dengan hitung jenis basofil 0/eosinofil 2/batang 3/segmen 40/limfosit 50/monosit 5. Apa diagnosis yang paling mungkin?

o Morbili o Varicella o Demam Scarlet o Roseolla infantum o Herpes Simpleks

117. seorang perempuan berusia 50 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan rasa sakit, panas, dan

kesembutan pada lengan bawah, telapak tangan sampai ke ujung ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah. Keluhan timbul 1 hari yang lalu setelah mencuci pakaian. Pada pemeriksaan fisik ditemukan phalen’s sign positif,

tinnel’s sign positif. Apakah diagnosis yang paling mungkin? o Neuritis ulnaris

o Neuritis radialis o Sindrom Quervain o Sindrom Carpal tunnel o Sindrom Cervicobrachial

118. seorang perempuan berusia 25 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan nyeri telinga kiri hebat sejak semalam. Pada pemeriksaan otoskopi didapatkan meatus akustikus eksternus edema, membran timpani tidak terlihat, tidak didapatkan sekret sama sekali. Apa diagnosis yang paling tepat?

o Serumen obturans o Myringitis bulosa

o Otitis eksterna sirkumskripta

Figur

Memperbarui...

Referensi

  1. 6bln.tp bl
Related subjects :