MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP

Top PDF MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP:

Penerapan Asesmen Written Feedback Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP

Penerapan Asesmen Written Feedback Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP

Penelitian ini berjudul penerapan asessmen written feedback untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeteahui penguasaan konsep siswa melalui penerapan asesmen written feedback dalam pembelajaran materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 6 Kota Sukabumi kelas VII G dengan jumlah peserta didik 30 orang. Pengambilan sampel penelitian ini diambil secara acak dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa LKS yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep siwa dan lembar angket yang digunakan untuk memperoleh data tambahan berupa respon siswa terhadap pembelajaran dengan penerapan asesmen written feedback . Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian asesmen written feedback dalam pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penerapan asesmen written feedback juga dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajarannya, membangun motivasi siswa untuk mau berproses dan meningkatkan kemampuan yang mereka miliki. Dengan kata lain penerapan asesmen written feedback sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran disekolah.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep mel

Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep mel

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi temuan bahwa penguasaan Siswa SMA kelas XII IPA di salah satu SMAN di Banten masih rendah. Hal ini didasarkan pada perolehan rata-rata ulangan harian fisika masih dibawah KKM yang telah ditetapkan. Upaya perbaikan yang dilakukan yaitu memperbaiki proses pembelajaran yang tadinya hanya bersifat pembelajaran ceramah oleh guru ( teacher centre ) menjadi pembelajaran yang lebih berfokus pada siswa ( student centre ). Pembelajaran Discovery-Inquiry dipandang mampu memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa dan penguasaan konsep siswa SMA. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah rata-rata pencapaian penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis yaitu 75. Pelaksanaan PTK ini selama tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil tiap siklus menunjukkan ketercapaian penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa sebagai berikut. Siklus 1 penguasaan konsep 13,45 %, iklus II penguasaan konsep 71,25 %, Siklus III penguasaan konsep 69,86%. Penguasaan konsep rata-rata pencapaian skor siswa masih di bawah KKM, ini menunjukkan masih diperlukan upaya perbaikan untuk pencapaian hasil belajar yang lebih baik.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH KOLABORASI PETA KONSEP  SEBAGAI  UPAYA  MENINGKATKAN  PENGUASAAN   Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Perlindungan Dan Penegakan Ham Dalam Pembelajara

PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH KOLABORASI PETA KONSEP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Perlindungan Dan Penegakan Ham Dalam Pembelajara

Nazir (1988:21) menjelaskan bahwa “teori adalah sarana pokok untuk menyatakan hubungan sistematik dalam gejala sosial maupun natura yang ingin diteliti”. Mengkaji masalah penerapan strategi pembelajaran Index Card Match kolaborasi Peta Konsep yang dikaitkan dengan penguasaan konsep Perlindungan dan Penegakan HAM pada dasarnya merupakan sebuah persoalan yang harus dipecahkan. Untuk itu, dibutuhkan penelaahan yang cukup mendalam mengenai strategi pembelajaran Index Card Match kolaborasi Peta Konsep, meningkatkan penguasaan konsep, serta kaitannya satu sama lain.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

MODEL ACCELERATED LEARNING MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA MATERI ALAT INDRA.

MODEL ACCELERATED LEARNING MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA MATERI ALAT INDRA.

Ketika dunia berubah sangat cepat ada- lah penting untuk mengikuti laju perubahan du- nia yang cepat. Hal ini berarti kecepatan per- ubahan laju dunia menuntut kemampuan bel- ajar yang lebih cepat. Kompleksitas dunia yang terus meningkat juga menuntut kemampuan ya- ng setara untuk menganalisis setiap situasi se- cara logis, sehingga mampu memecahkan ma- salah secara kreatif. Agar menguasai peruba- han yang berlangsung cepat dibutuhkan pula cara belajar cepat dan kemampuan menyerap serta memahami informasi baru dengan cepat pula. Konsep belajar dan pembelajaran nam- paknya harus pula berubah. Pada saat laju pe- rubahan ibarat prahara yang selalu menantang, pengajaran dan cara belajar tradisional sulit di- pertahankan.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH KOLABORASI PETA KONSEP  SEBAGAI  UPAYA  MENINGKATKAN  PENGUASAAN  Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Perlindungan Dan Penegakan Ham Dalam Pembelajaran

PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH KOLABORASI PETA KONSEP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Perlindungan Dan Penegakan Ham Dalam Pembelajaran

Segala puji syukur yang hakiki milik Allah semata, yang senantiasa melimpahkan kasih sayangnya untuk seluruh umat dan alam semesta. Ucap syukur kepada Allah Yang Maha Esa, dengan ridho-Nya penulis dapat menyelesaikan Skripsi yang berjudul “ Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Perlindungan dan Penegakan HAM dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun 2013”.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN MEMPERBAIKI SIKAP BELAJAR MAHASISW PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN.

IMPLEMENTASI E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN MEMPERBAIKI SIKAP BELAJAR MAHASISW PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN.

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TI menjadi tidak terelakan lagi. Perkembangan itu dalam dasawarsa terakhir telah memunculkan sistem teknologi informasi-komunikasi nirkabel yang terpadu dengan perangkat pengolah informasi berbasis jaringan global sehingga dimensi ruang dan waktu kini tidak lagi membatasi dua pihak atau lebih untuk saling berinteraksi. Perkembangan ini telah menawarkan paradigma dan strategi baru dalam pembelajaran di perguruan tinggi, yaitu e-learning. E-learning telah menjadi salah satu kebutuhan bagi sivitas akademika, mengingat baik dosen, mahasiswa maupun institusi pendidikan telah memanfaatkan teknologi komputer dalam kegiatan belajar mengajar.
Baca lebih lanjut

36 Baca lebih lajut

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTsN 2 KOTA CIREBON - IAIN Syekh Nurjati Cirebon

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTsN 2 KOTA CIREBON - IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Sementara Sudjana (2005:125) menyatakan bahwa strategi Problem Solving adalah suata teknik yang menggambarkan pengalaman atau masalah seseorang yang disusun untuk memancing perhatian atau perasaan para peserta didik. Pemecahan masalah dapat dipergunakan untuk menggerakkan diskusi, meningkatkan kemapuan peserta didik, menganalisis, menilai, dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam dunia kehidupannya. Pemecahan masalah kritis dapat dipergunakan pula sebagai aktivitas belajar perorangan, kelompok dan kombinasi keduanya.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

PENERAPAN KEGIATAN LABORATORIUM VIRTUALDENGAN STRATEGI POE DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMPPADA KONSEP ELEKTRODINAMIKA.

PENERAPAN KEGIATAN LABORATORIUM VIRTUALDENGAN STRATEGI POE DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMPPADA KONSEP ELEKTRODINAMIKA.

Penelitian ini merupakan experimental research dengan true experimental design. dalam penyajian laboratorium virtual dengan model pembelajaran POE, pada konsep elektrodinamika (listrik dinamis). Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar Observasi, lembar kerja siswa, lembar tes prestasi belajar berupa soal-soal pilihan jamak dan soal-soal Esai. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 9 di salah satu SMP di Kab. Pandeglang. Dalam hal ini penulis mengambil sampel dengan teknik random sampling atau sampel yang diambil secara acak (2 kelas dari 7 kelas).Teknik analisis data untuk penelitian ini terdiri dari Analisis Hasil Penilaian (AHaP), Analisis butir soal (Anabutis), dan uji statistik dengan menggunakan SPSS Uji ANOVA (Analisis of Variance).
Baca lebih lanjut

49 Baca lebih lajut

Meningkatkan Penguasaan Konsep Bilangan pada Anak Tunarungu melalui Permainan Dhakon

Meningkatkan Penguasaan Konsep Bilangan pada Anak Tunarungu melalui Permainan Dhakon

Matematika identik dengan berhitung. Kesulitan berhitung erat kaitannya dengan penguasaan konsep banyak benda atau bilangan. Bilangan dalam mate- matika merupakan konsep awal (primitive concept), yakni unsur yang bersifat mendasar. Kata ini sering dipakai tetapi tidak dapat didefinisikan secara tepat (Marsudi Raharjo, 2005). Di SLB pengertian bilangan didasarkan pada banyaknya benda dalam kumpulan. Mengenalkan konsep bilangan kepada anak didik sama artinya dengan mengenalkan konsep banyak benda pada anak. Konsep banyak benda atau bilangan tersebut lantas dilambangkan dalam bentuk angka-angka. Penguasaan konsep dasar perlu ditanamkan. Seperti yang dikemukakan oleh Arisandi Setyono (2007:45), bahwa dasar penguasaan konsep matematika harus kuat sejak usia dini. Pengenalan matematika dalam hal pengenalan konsep bilangan perlu dilakukan dengan melalui tahapanan: 1) belajar meng- gunakan benda konkrit/nyata, 2) belajar membuat bayangan di pikiran, dan 3) belajar menggunakan simbol/lambang (Arisandi Setyono, 2007:45).
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Keberhasilan penelitian ini terlihat dari efektifitasnya penerapan pembeajaran latihan penelitian untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA dilihat dari perubahan nilai rata-rata pre test ke post test meningkat 13,7. Uji T-Test menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,35 < 0,05, disimpulkan terdapat perbedaan data post test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa penguasaan konsep IPA kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Efektifitas layanan penguasaan konten yang ditunjukkan skor rata-rata 4,64 untuk kelas eksperimen dengan kualifikasi sangat baik, sedangkan rata-rata kelas kontrol 3 dengan kualifikasi cukup.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

S FIS 1102397 Chapter 3

S FIS 1102397 Chapter 3

Tes penguasaan konsepdigunakan untuk mengukur penguasaan konsep siswa sebelum dan sesudah mendapatkan treatment berupa pembelajaran fisikadengan menggunakan pendekatan saintifik (instrumen tes keterampilan proses sains dapat dilihat pada lampiran C.4. Instrumen tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban yang yang mengukur penguasaan konsep siswa pada aspek C1 (mengamati), C2 (memahami), C3 (mengaplikasikan), dan C4 (menganalisis).

Baca lebih lajut

S PAUD 1009354 Chapter5

S PAUD 1009354 Chapter5

Kemampuan Anak didik dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca yang diberikan oleh guru dapat ditingkatkan melalui : pemberian penguatan kepada Anak didik yang berhasil dan memberikan dorongan kepada Anak didik yang tidak berhasil, hal ini dilakukan memalui penerapan media gambar yang mengondisikan Anak didik untuk memahami materi yang diajarkan dengan mempraktekan sendiri materi ajar.

Baca lebih lajut

t pd 0705386 bibliography

t pd 0705386 bibliography

Sahara, L., Setiawan, A., dan Hamidah, I. (2008). “Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Kalor”. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 2, (2). 143-156.

Baca lebih lajut

T BIO 1303364 Chapter5

T BIO 1303364 Chapter5

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tentang penerapan learning cycle untuk meningkatkan penguasaan konsep dan perubahan konseptual siswa SMA pada konsep sistem koordinasi, peneliti menyarankan hal-hal sebagai berikut:

3 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA

Konsep merupakan pokok utama yang mendasari keseluruhan sebagai hasil ber- pikir abstrak manusia terhadap benda, peristiwa, fakta yang menerangkan banyak pengalaman. Pemahaman dan penguasaan konsep akan memberikan suatu apli- kasi dari konsep tersebut, yaitu membebaskan suatu stimulus yang spesifik se- hingga dapat digunakan dalam segala situasi dan stimulus yang mengandung kon- sep tersebut. Jika belajar tanpa konsep, proses belajar mengajar tidak akan ber- hasil. Hanya dengan bantuan konsep, proses belajar mengajar dapat ditingkatkan lebih maksimal.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

S PAUD 1009406 Chapter5

S PAUD 1009406 Chapter5

2. Penerapan media kartu kata dalam upaya meningkatkan kemampuan menyimak dipandang sangant cocok dan dapat mengoptimalkan hasil pembelajaran yang di tunjang dengan perencanaan pembelajaran yang matang dan dilaksanakan sesuai dengan rencana.

Baca lebih lajut

S PAUD 1009749 Chapter5

S PAUD 1009749 Chapter5

2. Penerapan media kartu angka dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal bilangan dipandang sangant cocok dan dapat mengoptimalkan hasil pembelajaran yang di tunjang dengan perencanaan pembelajaran yang matang dan dilaksanakan sesuai dengan rencana.

Baca lebih lajut

PENGGUNAAN PERMAINAN EGRANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI PAUD HARAPAN BUNDA :Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B PAUD Harapan Bunda Tahun Pelajaran 2013/2014:.

PENGGUNAAN PERMAINAN EGRANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI PAUD HARAPAN BUNDA :Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B PAUD Harapan Bunda Tahun Pelajaran 2013/2014:.

wahana dan penyampaian informasi atau pesan pembelajaran pada siswa. Dengan adanya media dalam proses belajar mengajar, diharapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa. Oleh karena itu, guru di harapkan dapat menghadirkan media yang sesuai bagi kurikulum dan tentunya menarik, demi tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran setiap tahun selalu mengalami perkembangan, karena masing-masing media memiliki kekurangan berdasarkan penggunaannya. Peserta didik juga cepat dapat merasakan kebosanan dan kejenuhan apabila media yang digunakan itu-itu juga, tidak menarik dimana media yang kurang menarik akan bersifat verbalistik, seperti media yang berupa teks book panjang yang membosankan. Oleh karena itu perlu sekali diadakannya perbaikan media guna menunjang proses belajar mengajar. Harus diakui, bahwa keberhasilan dalam proses pembelajaran tidak lepas dari media dan bahan ajar yang baik yaitu yang dapat menarik minat siswa, sesuai dengan bidang studi dan tidak melenceng dari kurikulum.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

d mtk 009804 chapter1

d mtk 009804 chapter1

Karakteristik guru kimia berkualitas yang diharapkan ternyata bertolak belakang dengan kenyataan yang terjadi di lapangan. Kondisi ini ternyata tidak jauh berbeda dengan yang terjadi dalam proses pendidikan calon guru sains (termasuk guru kimia) di lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK). Menurut laporan evaluasi kurikulum LPTK 1996/1997, penguasaan materi calon guru sains, khususnya menyangkut sains sekolah menengah umum, yang diukur pada mahasiswa dari delapan LPTK, menunjukkan keadaan yang memprihatinkan (Tim Basic Science LPTK, 1997). Data di Jurusan Pendidikan Kimia salah satu LPTK di Bandung menunjukkan keadaan yang tidak jauh berbeda. Skor rata-rata (dalam skala empat) Kimia Dasar mahasiswa TPB dalam lima tahun (1997/1998 sampai dengan 2002/2003) adalah berturut-turut 2,39; 2,12; 1,98; 2,01; dan 2,24 (Arsip Jurusan, 2003).
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA

4 dapat menigkatkan hasil belajar pada siswa. Dengan kata lain siswalah yang men- dominasi kegiatan belajar. Selain itu, model pembelajaran LC 3E dapat mengem- bangkan sikap ilmiah siswa. Hal ini mengakibatkan pembelajaran menjadi lebih bermakna dan siswa akan lebih mudah untuk memahami konsep-konsep pada materi reaksi oksidasi-reduksi. Fase-fase pembelajaran tersebut meliputi:(1) fase eksplorasi (exploration); (2) fase penjelasan konsep (explaination); dan (3) fase penerapan konsep (elaboration).

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...