MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP

Top PDF MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP:

PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH KOLABORASI PETA KONSEP  SEBAGAI  UPAYA  MENINGKATKAN  PENGUASAAN   Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Perlindungan Dan Penegakan Ham Dalam Pembelajara

PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH KOLABORASI PETA KONSEP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Perlindungan Dan Penegakan Ham Dalam Pembelajara

Nazir (1988:21) menjelaskan bahwa “teori adalah sarana pokok untuk menyatakan hubungan sistematik dalam gejala sosial maupun natura yang ingin diteliti”. Mengkaji masalah penerapan strategi pembelajaran Index Card Match kolaborasi Peta Konsep yang dikaitkan dengan penguasaan konsep Perlindungan dan Penegakan HAM pada dasarnya merupakan sebuah persoalan yang harus dipecahkan. Untuk itu, dibutuhkan penelaahan yang cukup mendalam mengenai strategi pembelajaran Index Card Match kolaborasi Peta Konsep, meningkatkan penguasaan konsep, serta kaitannya satu sama lain.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

PENERAPAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA SMA PADA KONSEP SISTEM KOORDINASI.

PENERAPAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN PERUBAHAN KONSEPTUAL SISWA SMA PADA KONSEP SISTEM KOORDINASI.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih rendahnya penguasaan konsep dan perubahan konseptual siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji peningkatan penguasaan konsep dan perubahan konseptual siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan learning cycle, serta ada atau tidaknya hubungan antara kemampuan-kemampuan tersebut. Metode yang digunakan adalah weak experiment dengan desain The One-Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa salah satu SMA swasta di kabupaten Sukabumi Jawa Barat, sedangkan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes penguasaan konsep menggunakan tes pilihan ganda, tes perubahan konseptual menggunakan tes diagnostik dengan pendekatan tree-tier test dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Model learning cycle dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penguasaan konsep pada 29,75 (pretest), 62,5 (posttest) dan N-gain 0,46 (sedang); (2) Model learning cycle dapat meningkatkan perubahan konseptual siswa sesuai hasil uji McNemar pada tiap subkonsep dan uji signifikansi perubahan konseptual Wilcoxon terdapat perbedaan yang signifikan jumlah konsepsi siswa yang sesuai dengan kriteria ilmiah setelah posttest; (3) Pembelajaran ini memberikan dampak positif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan perubahan konseptual siswa. (4) Penerapan learning cycle mendapatkan respon positif dari siswa.
Baca lebih lanjut

54 Baca lebih lajut

PENERAPAN KEGIATAN LABORATORIUM VIRTUALDENGAN STRATEGI POE DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMPPADA KONSEP ELEKTRODINAMIKA.

PENERAPAN KEGIATAN LABORATORIUM VIRTUALDENGAN STRATEGI POE DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMPPADA KONSEP ELEKTRODINAMIKA.

Alhamdulillahirabbilalamiin puji syukur yang tak terhingga selalu peneliti panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kasih dan sayang-Nya sehingga peliti dapat menyelesaikan tesis yang berjudul “ Penerapan Kegiatan Laboratorium Virtual dengan Strategi POE dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP pada Konsep Elektrodinamika” tepat pada waktunya. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah limpahkan kepada junjungan umat manusia, Habibina wa Nabiyana Muhammad SAW, yang telah membawa umat manusia dari jalan gelap gulita ke jalan yang terang benderang sampai sekarang ini.
Baca lebih lanjut

49 Baca lebih lajut

PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH KOLABORASI PETA KONSEP  SEBAGAI  UPAYA  MENINGKATKAN  PENGUASAAN  Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Perlindungan Dan Penegakan Ham Dalam Pembelajaran

PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH KOLABORASI PETA KONSEP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Perlindungan Dan Penegakan Ham Dalam Pembelajaran

Segala puji syukur yang hakiki milik Allah semata, yang senantiasa melimpahkan kasih sayangnya untuk seluruh umat dan alam semesta. Ucap syukur kepada Allah Yang Maha Esa, dengan ridho-Nya penulis dapat menyelesaikan Skripsi yang berjudul “ Penerapan Strategi Index Card Match Kolaborasi Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Perlindungan dan Penegakan HAM dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun 2013”.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

MODEL ACCELERATED LEARNING MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA MATERI ALAT INDRA.

MODEL ACCELERATED LEARNING MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA MATERI ALAT INDRA.

proses pembelajaran yang berlangsung cepat, menyenangkan dan memuaskan. Accelerated Learning adalah filosofi pembelajaran dan ke- hidupan yang mengupayakan memanusiawikan kembali proses belajar, serta menjadikannya pengalaman bagi seluruh tubuh, seluruh pi- kiran, dan seluruh pribadi. Malalui model pem- belajaran Accelerated Learning siswa akan di- ajak belajar dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan, yang memungkinkan siswa un- tuk belajar dengan kecepatan mengesankan, dengan upaya normal yang dibarengi kegem- biraan. Rose dan Nichole (2004) berpendapat “Dengan menerapkan konsep M– A – S – T – E – R ( Mind, Acquire, Search out, Trigger, Exhibit, Refleksi ) diharapkan dapat menjadikan siswa menikmati pembelajaran IPA dan berperan ak- tif selama belajar” (hlm. 94) . Tujuan penelitian adalah meningkatkan penguasaan konsep alat indra dalam Ilmu Pengetahuan Alam pada sis- wa kelas IV SDN 2 Jatilawang.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Penerapan Asesmen Written Feedback Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP

Penerapan Asesmen Written Feedback Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP

Penelitian ini berjudul penerapan asessmen written feedback untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeteahui penguasaan konsep siswa melalui penerapan asesmen written feedback dalam pembelajaran materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 6 Kota Sukabumi kelas VII G dengan jumlah peserta didik 30 orang. Pengambilan sampel penelitian ini diambil secara acak dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa LKS yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep siwa dan lembar angket yang digunakan untuk memperoleh data tambahan berupa respon siswa terhadap pembelajaran dengan penerapan asesmen written feedback . Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian asesmen written feedback dalam pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penerapan asesmen written feedback juga dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajarannya, membangun motivasi siswa untuk mau berproses dan meningkatkan kemampuan yang mereka miliki. Dengan kata lain penerapan asesmen written feedback sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran disekolah.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENERAPAN KEGIATAN LABORATORIUM VIRTUALDENGAN STRATEGI POE DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMPPADA KONSEP ELEKTRODINAMIKA - repositoryUPI T IPA 1204754 Title

PENERAPAN KEGIATAN LABORATORIUM VIRTUALDENGAN STRATEGI POE DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMPPADA KONSEP ELEKTRODINAMIKA - repositoryUPI T IPA 1204754 Title

Penerapan Kegiatan Laboratorium Virtual Dengan Strategi POE Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP Pada Konsep Elektrodinamika Oleh Dadan Juanda Sebuah tesis yang diajuka[r]

4 Baca lebih lajut

Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Media E-Learning Pada Konsep Sistem Transportasi Manusia.

Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Media E-Learning Pada Konsep Sistem Transportasi Manusia.

Penelitian tindakan mengenai upaya meningkatkan penguasaan konsep dan berpikir kreatif siswa melalui media e-learning pada konsep sistem peredaran darah manusia ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep, berpikir kreatif, dan respon siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan media e-learning. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu hasil belajar siswa yang rendah serta ketuntasan belajar yang belum mencapai standar yang ditentukan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) serta adanya permasalahan yang berkaitan dengan waktu pembelajaran di sekolah. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Bandung pada kelas XI IPA 2. Metode penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk simultan sinergis atau kolaboratif. Pada metode ini guru bersama peneliti bekerja sama dalam melaksanakan penelitian. Hasil penelitian menunjukan pada setiap siklusnya terdapat peningkatan pada hasil penguasaan konsep. Rata-rata hasil penguasaan konsep pretes dengan nilai 58,08, meningkat menjadi 78,73 pada siklus 1, dan 87,85 pada siklus 2. Kemampuan berpikir kreatif pun mengalami peningkatan, rata-rata hasil kemampuan berpikir lancar (Fluency) dan berpikir merinci (Elaboration) pada siklus 1 sebesar 56,97 dan pada siklus 2 sebesar 74,09. Kemampuan berpikir asli (Originality) pun mengalami peningkatan, hasil pada siklus 1 sebesar 45,29 menjadi 60,00 pada siklus 2. Respon siswa juga menunjukan hasil respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan media e-learning. Secara keseluruhan, pembelajaran dengan menggunakan media e-learning dapat meningkatkan penguasaan konsep dan berpikir kreatif siswa, serta mendapatkan respon yang baik dari siswa. Pembelajaran dengan menggunakan media e-learning sebagai upaya meningkatkan penguasaan konsep dan berpikir kreatif siswa dapat tercapai.
Baca lebih lanjut

47 Baca lebih lajut

PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP CAHAYA DI SMP.

PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP CAHAYA DI SMP.

Banyak upaya yang telah dilakukan pihak terkait untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa dalam pembelajaran di kelas. Diantaranya dengan menerapkan variasi beberapa model/metode/pendekatan pembelajaran sampai melengkapi sarana pembelajaran yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pada pembelajaran fisika, pemanfaatan teknologi komputer dalam menghadirkan pembelajaran fisika yang lebih menyenangkan, mudah dipahami, dan lebih membuat siswa aktif sangat memungkinkan untuk dilaksanakan. Melalui berbagai tampilan teks, suara, gambar, film, video, animasi, simulasi, membuat konsep-konsep yang semula abstrak, dan sulit dipelajari menjadi relatif lebih mudah.
Baca lebih lanjut

43 Baca lebih lajut

Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep mel

Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep mel

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek sebanyak 20 siswa kelas XII di salah satu SMA di Banten. Alat pengumpulan data berupa tes penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis. Penguasaan konsep yang dimaksud merupakan tingkatan dimana seorang siswa tidak sekedar mengetahui konsep- konsep fisika, melainkan benar-benar memahaminya dengan baik, yang ditunjukkan oleh kemampuannya dalam menyelesaikan berbagai persoalan, baik yang terkait dengan konsep itu sendiri maupun penerapannya dalam situasi baru (Karim et al., 2007). Rujukan penguasaan konsep berdasarkan pada aspek kognitif Bloom dalam penelitian ini dibatasi pada aspek hafalan (C1), pemahaman (C2), penerapan (C3), dan analisis (C4).
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN MEMPERBAIKI SIKAP BELAJAR MAHASISW PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN.

IMPLEMENTASI E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN MEMPERBAIKI SIKAP BELAJAR MAHASISW PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN.

Potensi penerapan e-learning ini telah menarik perhatian banyak pihak, dan percaya bahwa konsep e-learning ini akan menjadi salah satu sistem pembelajaran terbuka, modern, dan feasible untuk dilaksanakan saat ini. Selain dunia pendidikan, konsep e-learning ini belakangan diadopsi oleh perusahaan- perusahaan komersial untuk memberikan pelatihan kepada karyawan mereka secara online - jarak jauh (distance training). Departemen perdagangan dan departemen pendidikan Amerika Serikat bahkan telah secara bersama-sama mencanangkan visi 2020 berhubungan dengan konsep pendidikan berbasis e-learning (Wahono, 2003).
Baca lebih lanjut

36 Baca lebih lajut

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTsN 2 KOTA CIREBON - IAIN Syekh Nurjati Cirebon

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTsN 2 KOTA CIREBON - IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktifitas siswa pada saat kegiatan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Problem Solving termasuk dalam kriteria baik dengan rata-rata nilai aktifitas siswa sebesar 73,3% (2) Berdasarkan hasil uji t, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Problem Solving dengan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Problem Solving. Terbukti dari hasil uji t menggunakan SPSS V.16.0 diperoleh nilai sig. 0,000 < (0,05) yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol (3) Berdasarkan hasil analisis angket sebagian besar siswa merespon dengan baik strategi pembelajaran Problem Solving pada materi pencemaran lingkungan, hal ini terbukti dari hasil analisis angket dengan rata-rata skor sebesar 85,9% yang tergolong sangat kuat.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

Meningkatkan Penguasaan Konsep Bilangan pada Anak Tunarungu melalui Permainan Dhakon

Meningkatkan Penguasaan Konsep Bilangan pada Anak Tunarungu melalui Permainan Dhakon

Selanjutnya, saran disampaikan kepada 1) kepala sekolah, agar bijaksana dalam menyempaikan masukan pada guru terkait strategi penguasaan konsep bilangan pada pembelajaran metematika. 2) guru, pembelajaran matematika hendaknya dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Salah satunya me- lalui kegiatan bermain dhakon. 3) orang tua, agar meluangkan waktunya untuk mendampingi anak bermain dan menggunakan kesempatan bermain tersebut untuk menguatkan pemahaman konsep bilangan atau berhitung pada anak.

12 Baca lebih lajut

T IPA 1204754 Bibliography

T IPA 1204754 Bibliography

Dadan Juanda, 2014 Penerapan kegiatan laboratorium virtual dengan strategi poe dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP pada konsep elektrodinamika Universitas Pendidikan Indo[r]

3 Baca lebih lajut

t ipa 0908365 chapter5

t ipa 0908365 chapter5

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang penerapan pembelajaran fisika konsep cahaya menggunakan e-learning berbasis moodle untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SMP dapat disimpulkan bahwa:

2 Baca lebih lajut

t pd 0705386 table of content

t pd 0705386 table of content

DAFTAR ISI BAB II PEMBELAJARAN KONSEP LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH SISWA .... IPA Sekolah Dasar ....[r]

5 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS KEGIATAN LABORATORIUM KONSTR doc

EFEKTIVITAS KEGIATAN LABORATORIUM KONSTR doc

Penelitian ini mengungkapkan efektivitas dari kegiatan laboratorium konstruktivis dalam hal meningkatkan penguasaan konsep-konsep mahasiswa calon guru tentang Arus Searah. Dengan menggunakan desain eksperimen”kelompok kontrol tak sepadan” dilibatkan 33 orang mahasiswa kelompok eksperimen dan 32 orang mahasiswa kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memperoleh pengajaran dengan kegiatan laboratorium konstruktivis, Sedangkan, kelompok kontrol memperoleh pengajaran dengan kegiatan laboratorium tradisional. Kedua kelompok kemudian dites dengan tes penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan konsep-konsep arus searah kelompok eksperimen lebih baik dari pada mahasiswa kelompok kontrol. Jadi, kegiatan laboratorium konstruktivis lebih efektif dari pada kegiatan laboratorium tradisional dalam meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap konsep-konsep arus searah.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

T BIO 1303364 Chapter5

T BIO 1303364 Chapter5

Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis, pengujian hipotesis dan pembahasan tentang penerapan learning cycle untuk meningkatkan penguasaan konsep dan perubahan konseptual siswa SMA pada konsep sistem koordinasi, terutama pada subkonsep sistem saraf, maka dapat disimpulkan bahwa:

3 Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Keberhasilan penelitian ini terlihat dari efektifitasnya penerapan pembeajaran latihan penelitian untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA dilihat dari perubahan nilai rata-rata pre test ke post test meningkat 13,7. Uji T-Test menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,35 < 0,05, disimpulkan terdapat perbedaan data post test siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa penguasaan konsep IPA kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Efektifitas layanan penguasaan konten yang ditunjukkan skor rata-rata 4,64 untuk kelas eksperimen dengan kualifikasi sangat baik, sedangkan rata-rata kelas kontrol 3 dengan kualifikasi cukup.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...