Mikrokontroler ATMega128

Top PDF Mikrokontroler ATMega128:

PENGENDALIAN SISTEM MANUFAKTUR BERBASIS  MIKROKONTROLER ATMEGA128  PENGENDALIAN SISTEM MANUFAKTUR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA128.

PENGENDALIAN SISTEM MANUFAKTUR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA128 PENGENDALIAN SISTEM MANUFAKTUR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA128.

Puji syukur kepada Tuhan Yesus Kristus atas segala rahmat dan jalan yang diberikan sehingga penulis bisa menyelesaikan penulisan Tugas Akhir dengan judul “MIKROKONTROLER ATMEGA128 UNTUK KENDALI SISTEM MANUFAKTUR”, yang disusun sebagai salah satu syarat untuk mencapai derajat kesarjanaan pada Fakultas Teknologi Industri, Program Studi Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

12 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI REM OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA128

RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI REM OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA128

Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena atas berkat, rahmat dan karunia-Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan akhir ini. Adapun judul yang diambil dalam penulisan laporan akhir ini adalah ” Rancang Bangun Sistem Kendali Rem Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATmega128 ”.

14 Baca lebih lajut

BAB 1  PENGENDALIAN SISTEM MANUFAKTUR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA128.

BAB 1 PENGENDALIAN SISTEM MANUFAKTUR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA128.

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sistem kerja PLC berbasis mikrokontroler masih terbatas untuk 26 pengendalian dan hanya menggunakan instruksi AND dan OR sehingga belum mampu untuk mengendalikan proses kerja yang lebih kompleks sehingga bagaimana membuat model pengendalian sistem manufaktur berbasis mikrokontroler ATMEGA128 dengan bahasa pemrograman seperti pada PLC.

7 Baca lebih lajut

TINJAUAN PUSTAKA  PENGENDALIAN SISTEM MANUFAKTUR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA128.

TINJAUAN PUSTAKA PENGENDALIAN SISTEM MANUFAKTUR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA128.

H i l a r i u s ( 2 0 1 0 ) m e n g a d a k a n p e n e l i t i a n p e r a n c a n g a n Prototipe sistem parkir menggunakan PFID berbasis mikro-PLC (Programmable Logic Controller). Mikrokontroler yang digunakan adalah PIC16FB77A dengan bahasa pemrograman diagram ladder. Kelebihan perancangan ini ialah dapat m en g en da li k an t e mp at da n k ea ma n an s i st em p a rk ir menggunakan radio frequency identification dimana dapat menentukan tempat parkir kendaraan yang kosong dan aman karena menggunakan RFID sebagai sistem keamanannya. Perancangan ini memiliki kekurangan yaitu kendaraan yang parkir harus menggunakan sistem tombol, rentan terhadap gangguan frekuensi dari luar , dan hanya dapat d i g u n a k a n u n t u k k e n d a r a a n d e n g a n j u m l a h t e r b a t a s h a n y a 1 0 k e n d a r a a n .
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

BAB 6  PENGENDALIAN SISTEM MANUFAKTUR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA128.

BAB 6 PENGENDALIAN SISTEM MANUFAKTUR BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA128.

Dari perancangan sistem kendali sistem manufaktur ini dapat ditarik kesimpulan yaitu sistem dapat berjalan dengan baik. Alat pengendali sistem manufaktur dengan pemrograman seperti pada PLC dapat diimplementasikan tanpa memerlukan komponen yang mahal, karena semua komponen mudah didapatkan di pasar. Rancangan model pengendalian sistem manufaktur berbasis mikrokontroler ini menggunakan aktuator prototipe sistem manufaktur dengan 2 setasiun kerja serta menggunakan pemrograman diagram tangga yang sering dipakai untuk pemrograman PLC. USB port memudahkan pemrograman dengan berbagai jenis komputer (PC dan laptop).
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL HARDWARE R

RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL HARDWARE R

Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) merupakan event yang digelar pemerintah indonesia setiap tahunnya untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa tentang robotika. Robot Berkaki merupakan sebuah robot yang menggunakan kaki sebagai alat geraknya dengan misi mencari dan memadamkan api di ruangan. Diutamakan kecepatan dan kemampuan robot berkaki untuk mencari dan memadamkan api di dalam ruangan Suatu rancangan robot diperlukan sitem elektronik yang stabil. Penelitian ini bertujuan merancang dan membuat sistem kontrol hardware sesuai dengan peraturan KRPAI 2013. Penelitan ini merealisasikan robot firefighting bekaki menggunakan mikrokontroler ATMega128. ATMega 128 merupakan otak dari robot Guruminda. Sound activation (sensor suara) digunakan untuk memulai semua proses yang akan dilakukan oleh robot. Robot mulai bernavigasi setelah sound activation diaktifkan. Sensor ultrasonic PING))) digunakan untuk mendeteksi jarak dengan dinding,. Sensor garis berfungsi untuk mendeteksi garis putih ketika akan memasuki ruangan dan mendeteksi juring. Untuk mendeteksi cahaya lilin digunakan UVTron flame detector. Jika robot menabrak furniture digunakan bumper yang terbuat dari limit switch, sehingga robot dapat bergerak menjauhi benda yang ditabrak. Robot harus mematikan cahaya lilin, di sekeliling lilin akan diberikan warna putih. Alat yang digunakan untuk mematikan api lilin adalah kipas angin (motor DC). Hasil pengujian menunjukan bahwa robot pemadam api sudah sesuai dengan fungsi dan kerja dari berbagai sensor dan controller. Secara keseluruhan sistem dapat bekerja dengan baik dan stabil.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

LKP : Pemrograman Microcontroller Untuk Sistem Pencacah Nuklir (Gross Beta).

LKP : Pemrograman Microcontroller Untuk Sistem Pencacah Nuklir (Gross Beta).

bahwa pin PEN harus pada kondisi pull up (pin PEN dihubungkan dengan catuan/vcc yang diberi tahanan). Selain itu juga perlu diperhatikan bahwa untuk konfigurasi programing mikrokontroler atmega 128 ini menggunakan ISP, pin MOSI downloader terhubung dengan pin RX0 mikrokontroler, sedangkan pin MISO downloader terhubung dengan pin TX0 mikrokontroler, sedangkan pin SCK dan pin reset downlaoder masing masing terhubung dengan pin SCK dan pin reset mikrokontroler. Port - port I/O dan peripheral interface pada mikrokontroler ATmega128 yang telah terhubung dengan sistem minimum dapat langsung dihubungkan ke perangkat - perangkat atau komponen lainnya untuk diintegrasikan menjadi suatu sistem / rangkaian elektronika yang lebih kompleks. (8)
Baca lebih lanjut

78 Baca lebih lajut

4 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Pengertian Tabungan Uang Kertas Elektronik

4 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Pengertian Tabungan Uang Kertas Elektronik

konfigurasi programing mikrokontroler atmega 128 ini menggunakan ISP, pin MOSI downloader terhubung dengan pin RX0 mikrokontroler, sedangkan pin MOSI downloader terhubung dengan pin TX0 mikrokontroler, sedangkan pin SCK dan pin Reset downlaoder masing masing terhubung dengan pin SCK dan pin Reset mikrokontroler. Port-port I/O dan peripheral interface pada Mikrokontroler ATmega128 yang telah terhubung dengan sistem minimum dapat langsung dihubungkan ke perangkat-perangkat atau komponen lainnya untuk diintegrasikan menjadi suatu sistem / rangkaian elektronika yang lebih kompleks. Mikrokontroller ATmega 128 merupakan mikrokontroller keluarga AVR yang mempunyai kapasitas flash memori 128KB. AVR ( Alf and Vegard’s Risc Processor) merupakan seri mikrokontroler CMOS 8-bit buatan Atmel, berbasis arsitektur RISC (Reduced Instruction Set Computer) 4 .Secara umum, AVR dapat terbagi menjadi 4 kelas, yaitu keluarga ATtiny, keluarga AT90Sxx, keluarga AT-Mega, dan AT86RFxx. Pada dasarnya yang membedakan masing- masing kelas adalah memori, peripheral, dan fungsinya. Dari segi arsitektur dan instruksi yang digunakan, bisa dikatakan hampir sama. Semua jenis AVR dilengkapi dengan flash memori sebagai memori program. Kapasitas dari flash memori ini berbeda antara chip yang satu dengan chip yang lain. Tergantung dari jenis IC yang digunakan. Untuk flash memori yang paling kecil adalah 1 kbytes (ATtiny11, ATtiny12, dan ATtiny15) dan paling besar adalah 128 kbytes (ATMega128).
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Umum - Rancang Bangun Prototype Jaringan Sensor Memanfaatkan Jaringan Wifi Usu

BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Umum - Rancang Bangun Prototype Jaringan Sensor Memanfaatkan Jaringan Wifi Usu

Mikrokontroler adalah sebuah perangkat komputasi mini atau dapat kita katakan sebuah komputer kecil yang dapat kita program untuk melakukan hal-hal seperti menerima input dari sensor,menggerakkan motor bahkan untuk membuat sistem otomatisasi dan robot, dan banyak hal lainnya. AVR adalah sebuah mikrokontroler yang dibuat dengan menggunakan arsitektur Harvard dimana data dan program disimpan secara terpisah sehingga sangat baik untuk sebuah sistem terbenam di lapangan karena terlindungi dari interferensi yang dapat merusak isi program. Salah satu mikrokontroler keluarga AVR yang dipergunakan pada perancangan ini yaitu ATmega328.
Baca lebih lanjut

34 Baca lebih lajut

Perancangan Drive Lampu Dan Sensor Arus Sebagai Feed Back Berbasis Mikrokontroler AT89S51

Perancangan Drive Lampu Dan Sensor Arus Sebagai Feed Back Berbasis Mikrokontroler AT89S51

Tidak seperti system komputer, yang mampu menangani berbagai macam program aplikasi (misalnya pengolah kata, pengolah angka dan lain sebagainya), mikrokontroler hanya bisa digunakan untuk satu aplikasi tertentu saja. Perbedaan lainnya terletak pada perbandingan RAM-nya dan ROM. Pada system computer perbandingan RAM dan ROM-nya besar, artinya program-program pengguna disimpan dalam ruang RAM yang relative besar, sedangkan rutin-rutin antarmuka perangkat keras disimpan dalam ruang ROM yang kecil. Sedangkan pada mikrokontroler, perbandingan ROM dan RAM-nya yang besar artinya program control disimpan dalam ROM (bisa Masked ROM atau Flash PEROM) yang ukurannya relatif lebih besar, sedangkan RAM digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara, termasuk register-register yang digunakan pada mikrokontroler yang bersangkutan.
Baca lebih lanjut

123 Baca lebih lajut

5 BAB II TINJUAN PUSTAKA 2.1 Pengenalan Software ( Perangkat Lunak )

5 BAB II TINJUAN PUSTAKA 2.1 Pengenalan Software ( Perangkat Lunak )

Mikrokontroler ATMEGA8535 merupakan IC CMOS 8-bit yang memiliki daya rendah dalam pengoprasiannya dan berbasis pada arsitektur RISC (Reduced Instruction Set Computing) AVR. ATMEGA8535 dapat mengeksekusi satu instruksi dalam sebuah siklus clock, dan mempunyai throughput mendekati 1 MIPS per MHz, hal ini membuat ATMEGA8535 dapat bekerja dengan kecepatan tinggi walaupun dengan penggunaan daya rendah. Mikrokontroler ATMEGA8535 memiliki beberapa fitur atau spesifikasi yang menjadikannya sebuah solusi pengendali yang efektif untuk berbagai keperluan.
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

Perancangan Palang Pintu Otomatis Rel Kereta Api Berbasis Mikrokontroler AT89S51 Menggunakan Bahasa Assembly

Perancangan Palang Pintu Otomatis Rel Kereta Api Berbasis Mikrokontroler AT89S51 Menggunakan Bahasa Assembly

Panduan lengkap belajar mikrokontroler perancangan sistem dan aplikasi mikrokontroler.. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.[r]

1 Baca lebih lajut

Prototipe Pengendali Pintu Daurat Menggunakan Mikrokontroler ATMega 16

Prototipe Pengendali Pintu Daurat Menggunakan Mikrokontroler ATMega 16

Pada saat push button 1 ditekan maka mikrokontroler mendapatkan sinyal high (1), maka mikrokontroler memberi sinyal high (1) sehingga mikrokontroler memberikan output sinyal pada portD.0 yang bernilai 0 dan portD.1 yang bernilai 1 sehingga motor berputar ke kanan yang berarti pintu darurat dalam keadaan membuka dan sebaliknya saat mikrokontroler memberikan output sinyal pada portD.0 yang bernilai 1 dan portD.1 yang bernilai 0 sehingga motor berputar ke kiri yang berarti pintu darurat dalam keadaan menutup. Untuk mengatur kecepatan motor hingga maksimum maka pada register pada mikrokontroler ATMega16 diORC1B di-set 255 (bilangan desimal) dengan bit 8. Sinyal-sinyal yang terhubungankan dengan driver motor L298N pada pin ENA, IN1, dan IN2 yang dimana pin ENA berfungsi sebagai input untuk mengatur kecepatan motor DC sedangkan IN1 dan IN2 berfungsi input untuk mengatur arah motor DC ke kanan (pintu darurat terbuka) atau ke kiri (pintu darurat tertutup). Yang dimana, jika IN1 mendapatkan input-an sinyal 1 dari portD.0 dan IN2 mendapatkan input-an sinyal 0 dari portD.1 maka motor DC berputar ke kiri (pintu keadaan menutup) dan sebaliknya.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Development of Wireless Smart Sensor for Structure and Machine Monitoring

Development of Wireless Smart Sensor for Structure and Machine Monitoring

Wireless smart sensor consists of three parts which are accelerometer sensor module, wireless communication 2.4 GHz module and a microprocessor. Almost all activities of the wireless smart sensor are controlled by microprocessor ATmega128 such as vibration data acquisition from accelerometer ADXL345 through serial communication I 2 C, arithmetic’s operation, communication and wireless data transmission with base station. ATmega 128 is a powerful 8bit microcontroller which has some feature such as 128Kbytes programmable flash, 4Kbytes EEPROM, 4Kbytes SRAM, 8channel 10bit ADC, and etc. [9]. Figure 5a and 5b show overall block diagram from wireless smart sensor and the proposed mainboard of wireless sensor, respectively.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PERANCANGAN ROBOT DENGAN SENSOR UV-TRON R9454 BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEL 89S51.

PERANCANGAN ROBOT DENGAN SENSOR UV-TRON R9454 BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEL 89S51.

dikenal sebagai memori-program. Karena kedua memori itu memang dibedakan dengan tegas, maka kedua memori itu mempunyai penomoran yang terpisah. Memori-program dinomori sendiri, pada AT89S51 mulai dari nomor $0000 sampai $0FFF. Sedangkan memori-data yang hanya 256 byte dinomori dari nomor $00 sampai $FF. Gambar 5 Denah Memori-data Seperti terlihat dalam denah memori-data Gambar 5, memori-data dibagi menjadi dua bagian, memori nomor $00 sampai $7F merupakan memori seperti RAM selayaknya meskipun beberapa bagian mempunyai kegunaan khusus, sedangkan memori nomor $80 sampai $FF dipakai sangat khusus yang dinamakan sebagai Special Function Register Pelatihan Mikrokontroler.
Baca lebih lanjut

89 Baca lebih lajut

Mikrokontroler AVR Gambar 2.1 Mikrokontroler ATmega8535

Mikrokontroler AVR Gambar 2.1 Mikrokontroler ATmega8535

AVR (Alf and Vegard’s Risc processor) merupakan seri mikrokontroler CMOS 8- bit buatan Atmel, berbasis arsitektur RISC (Reduced Instruction Set Computer). Hampir semua instruksi dieksekusi dalam satu siklus clock dan ini sangat membedakan sekali dengan instruksi MCS51 yang berarsitektur CISC(Complex Instruction Set Computing) yang membutuhkan 12 siklus clock.AVR mempunyai 32 register general- purpose, timer/counter fleksibel dengan mode compare, interupt internal dan eksternal, serial USART, programmable Watchdog Timer, serta mode power saving. Beberapa diantaranya mempunyai ADC dan PWM internal. AVR juga mempunyai In-System Programmable Flash on-chip yang mengijinkan memori program untuk diprogram ulang dalam sistem menggunakan hubungan serial SPI.
Baca lebih lanjut

44 Baca lebih lajut

PERANCANGAN ROBOT PEMADAM API MENGGUNAKAN CMU CAM3 BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEL 89S51.

PERANCANGAN ROBOT PEMADAM API MENGGUNAKAN CMU CAM3 BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEL 89S51.

Yang membedakan mikrokontroler AT89S51 dengan C51(seri sebelumnya) adalah cara pengisian program (flash programming). Pada mikrokontroler AT89S51 terdapat fasilitas ISP (In System Programming). Artinya mikrokontroler ini mampu diprogram meskipun dalam kondiasi bekerja. Letak perbedaan pada hardware adalah adanya MOSI dan SCK, pin ini berguna saat flash programming. Adapun fungsi dari pin pin yang lain, fungsinya sama seperti pada seri sebelumnya. Diwah ini disajikan fungsi pin untuk mikrokontroler AT89S51

89 Baca lebih lajut

T1 612005032 BAB III

T1 612005032 BAB III

Perangkat lunak pada alat pengawas kecepatan pada forklift ini digunakan untuk melakukan pengolahan semua alur yang terdapat pada alat secara keseluruhan baik terhadap masukan maupun keluaran. Alur yang terdapat dalam alat pengawasan ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu diagram alir pengawas kecepatan pergantian arah laju forklift, diagram alir pengawas kecepatan forklift, diagram alir pemasukan data pada mikrokontroler melalui aplikasi desktop, dan aplikasi desktop.

21 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN MIKROKONTROLER ATMEGA8535 DAN SENSOR PIR SEBAGAI PENGENDALI ALAT PENGERING TANGAN

PEMANFAATAN MIKROKONTROLER ATMEGA8535 DAN SENSOR PIR SEBAGAI PENGENDALI ALAT PENGERING TANGAN

Sensor PIR akan memancarkan cahaya infra merah yang tidak dapat dilihat secara langsung oleh manusia. Apabila cahaya tersebut terhalang oleh tangan, maka logika 0 dikirim ke mikrokontroler pada port C.2 untuk diproses. Kemudian mikrokontroler akan memproses dan menyampaikan pada port B.1 yang merupakan rangkaian penggerak motor AC. Arus tersebut masuk ke port B.1 menggerakkan transistor yang merupakan switch untuk menggerakkan kontak bergerak pada relay ke arah motor AC sehingga arus dapat mengalir pada motor AC. Motor AC tersebut menggunakan tegangan AC yaitu sebesar 220 V. Apabila arus tersebut masuk maka kipas aktif dan berputar. Motor berputar secara terus-menerus jika sensor terus terhalangi, tetapi jika sensor tidak dihalangi maka motor akan mati. Prinsip kerja alat ini adalah untuk membantu dalam mengeringkan tangan yang basah dengan praktis setelah mencuci tangan.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

PERANCANGAN SISTEM KONTROL KESTABILAN SUDUT AYUNAN BOX BAYI BERBASIS MIKROKONTROLER MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC CONTROL

PERANCANGAN SISTEM KONTROL KESTABILAN SUDUT AYUNAN BOX BAYI BERBASIS MIKROKONTROLER MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC CONTROL

Gambar 6. Blok Diagram Sistem Perangkat keras sistem yang ingin dikendalikan adalah berupa motor (sebagai mekanik penggerak box bayi) yang dikendalikan oleh mikrokontroler ATMega8535. Ketika bayi diletakkan di dalam box, sensor beban akan mendeteksi bayi sehingga memberikan inputan yang kemudian diproses di dalam mikrokontroler. Hasil eksekusi dari mikrokontroler dikirimkan ke driver motor DC (Direct Current) berupa sinyal digital. Selanjutnya, diubah menjadi sinyal analog yang akan menggerakkan motor DC sehingga box bayi berayun selama 15 menit. Selanjutnya, jika sensor mendeteksi suara tangisan bayi maka box akan kembali bergerak selama 5 menit. Sebaliknya, jika sensor tidak mendeteksi maka sistem akan mati.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Show all 3225 documents...

Related subjects