PERSEPSI ATAS EFEKTIFITAS SISTEM PERPAJAKAN

Top PDF PERSEPSI ATAS EFEKTIFITAS SISTEM PERPAJAKAN:

Pengaruh Kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.

Pengaruh Kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.

Menurut penelitian Huda (2015) yang berjudul Pengaruh Persepsi Atas Efektifitas Sistem Perpajakan, Kepercayaan, Tarif Pajak Dan Kemanfaatan Nomor Pokok Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak (Studi Empiris Pada Wajib Pajak UMKM Makanan Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru Senapelan) menyatakan bahwa variabel efektifitas, system perpajakan, kepercayaan, kemanfaatan Nomor Pokok Wajib Pajak berpengaruh terhadap kepatuhan membayar pajak, sedangkan variabel tarif pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan membayar pajak.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK, PELAYANAN FISKUS, PENGETAHUAN AKAN PERATURAN PERPAJAKAN, PERSEPSI ATAS EFEKTIVITAS SISTEM PERPAJAKAN, SANKSI PAJAK, TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS (Studi

PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK, PELAYANAN FISKUS, PENGETAHUAN AKAN PERATURAN PERPAJAKAN, PERSEPSI ATAS EFEKTIVITAS SISTEM PERPAJAKAN, SANKSI PAJAK, TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS (Studi

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kesadaran wajib pajak, kemauan membayar pajak, pelayanan fiskus, pengetahuan akan peraturan perpajakan, persepsi atas efektivitas sistem perpajakan, sanksi pajak, terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas (studi kasus pada kantor pelayanan pajak pratama jepara). Sample yang digunakan dalam penelitian ini 100. Teknis analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Kemauan membayar pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Pelayanan fiskus tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Pengetahuan akan peraturan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Persepsi atas efektifitas sistem perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Sanksi pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Dan pengaruh kesadaran wajib pajak, kemauan membayar pajak, pelayanan fiskus, pengetahuan akan peraturan perpajakan, persepsi atas efektivitas sistem perpajakan, sanksi pajak, terhadap kepatuhan wajib pajak berpengaruh signifikan secara simultan.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PREFERENSI RISIKO SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus pada Wajib Pajak Badan Hotel di DIY)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PREFERENSI RISIKO SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus pada Wajib Pajak Badan Hotel di DIY)

Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Preferensi Risiko sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus pada Wajib Pajak Badan Hotel di DIY) berupa persepsi atas efektifitas sistem perpajakan, kualitas pelayanan fiskus, sanksi pajak, pengetahuan peraturan perpajakan, dan preferensi risiko. Objek dalam penelitian ini adalah hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta dan subjek penelitian ini adalah Wajib Pajak Badan. Penelitian ini memiliki sampel berjumlah 77 responden dengan pengambilan secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dari responden pemilik atau pengelola hotel, staff finance and tax. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 22.0.
Baca lebih lanjut

123 Baca lebih lajut

11 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Penelitian Terdahulu

11 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Penelitian Terdahulu

Persepsi merupakan proses aktivitas seseorang dalam memberikan kesan, penilaian, pendapat, memahami, mengorganisir, menafsirkan yang memungkinkan situasi, peristiwa yang dapat memberikan kesan perilaku yang positif atau negatif dalam suatu hal dengan memberikan pendapat yang dapat mempengaruhi kejadian atau peristiwa yang telah terjadi. Sedangkan efektifitas memiliki pengertian suatu pengukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kualitas, kuantitas dan waktu) telah tercapai Semakin baik persepsi atas efektifitas sistem perpajakan maka semakin tinggi kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN UNTUK MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas ( Studi Kasus Pada Kpp Pratama Karanganyar )

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN UNTUK MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas ( Studi Kasus Pada Kpp Pratama Karanganyar )

Penelitian ini menguji pengaruh kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman perpajakan, serta persepsi atas efektifitas sistem perpajakan terhadap kemauan membayar pajak Wajib Pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Berdasarkan hasil penelitian pada bab sebelumnya, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa dari ketiga variabel independen (kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman perpajakan, serta persepsi atas efektifitas sistem perpajakan) hanya variabel persepsi atas efektifitas sistem perpajakan yang berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Materi Metodelogi Penelitian.

Materi Metodelogi Penelitian.

koefisien regresi persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan b3 = 0.324 artinya meningkatnya per-sepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan para wajib pajak akan m[r]

42 Baca lebih lajut

Accounting Analysis Journal FAKTOR FAKTO

Accounting Analysis Journal FAKTOR FAKTO

Sebelum melakukan pengujian hipotesis perlu dilakukan uji prasyarat analisis. Pada uji normalitas nilai kolmogorov-smirnov (K-S) sebesar 0,736 diatas nilai signifikan 0,05 maka dapat dikatakan bahwa uji normalitas terpenuhi. Uji Multikolinieritas menunjukan tidak ada satupun variabel independen yang memiliki nilai VIF lebih dari 10 (persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan (1,268), pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan (1,420), dan tingkat kepercayaan terhadap sistem hukum dan pemerintahan (1,145)). Jadi dapat dikatakan bahwa tidak terjadi multikolinearitas antar variabel independen dalam model regresi. Pada analisis regresi berganda diperoleh persamaan
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS DI KPP PRATAMA YOGYAKARTA.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS DI KPP PRATAMA YOGYAKARTA.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas terdaftar di KPP Jakarta Gambir Tiga. Teknik sampling yang digunakan adalah purphose sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah persamaan regresi berganda. Pengujian kualitas data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor kesadaran membayar pajak dan persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap kemauan Wajib Pajak. Sedangkan faktor pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan pajak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemauan Wajib Pajak untuk membayar pajak.
Baca lebih lanjut

179 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Pemenuhan Kewajiban Perpajakannya (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta & Sukoharjo).

PENDAHULUAN Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Pemenuhan Kewajiban Perpajakannya (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta & Sukoharjo).

Berdasarkan penelitian tersebut maka peneliti menganalisis kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, pelayanan fiskus Dari Latar Belakang diatas, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM PEMENUHAN KEWAJIBAN PERPAJAKANNYA (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta & Sukoharjo)
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG  PRIBADI YANG MELAKUKAN  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus pada KPP Pratama Surakarta).

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus pada KPP Pratama Surakarta).

Penelitian Permadi et.al 2013 tentang Studi kemauan membayar pajak pada wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas (kasus pada KPP Pratama Tapan Pekanbaru). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan : (1) Variabel kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan pajak serta norma moral secara parsial berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak pada wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. (2) Variabel persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan serta variabel tingkat kepercayaan terhadap sistem pemerintahan dan hukum secara parsial tidak berpengaruh terhadap kemuan membayar pajak pada wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di KPP Pratama Surakarta.

PENDAHULUAN Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di KPP Pratama Surakarta.

dan Nurlis (2010), menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan antara faktor kesadaran membayar pajak dengan kemauan wajib pajak untuk membayar pajak. Penelitian yang dilakukan oleh Widayati dan Nurlis (2010), menunjukkan bahwa faktor pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan pajak berpengaruh terhadap kemauan wajib pajak untuk membayar pajak. Penelitian yang dilakukan oleh Widayati dan Nurlis (2010), juga menunjukkan bahwa persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan tidak berpengaruh terhadap kemauan wajib pajak untuk membayar pajak, sedangkan Hardiningsih (2011) tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak, hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap wajib pajak terhadap kesadaran membayar pajak berpengaruh dan signifikan terhadap kemauan membayar pajak, sikap wajib pajak terhadap pengetahuan peraturan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak, sikap wajib pajak terhadap pemahaman peraturan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak, persepsi efektifitas sistem perpajakan juga tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak, dan untuk kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kemauan membayar pajak.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Mempunyai Usaha Dan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus Pada KPP Pratama Karanganyar).

PENDAHULUAN Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Mempunyai Usaha Dan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus Pada KPP Pratama Karanganyar).

Kemauan membayar pajak dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kondisi sistem administrasi perpajakan suatu negara, pelayanan pada wajib pajak, penegakan hukum perpajakan, dan tarif pajak (Devano dan Rahayu, 2006). Hal ini diperkuat dengan penelitian Widayati dan Nurlis (2010) yang menyimpulkan bahwa faktor kesadaran membayar pajak dan persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap kemauan wajib pajak untuk membayar pajak. Sedangkan faktor pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan pajak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemauan wajib pajak untuk membayar pajak.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Faktor- Faktor Yang Mepengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Di Kabupaten Blora.

PENDAHULUAN Faktor- Faktor Yang Mepengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Di Kabupaten Blora.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas adalah kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman terhadap peraturan perpajakan, dan persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan. Dengan pengetahuan dan pemahaman terhadap peraturan pajak, kesadaran wajib pajak dan persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan diharapkan agar wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas mempunyai kemauan untuk membayar pajak.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

ANALISISM Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Membayar Pajak Wajib Pajak Pekerja Bebas (Studi Kasus Pada KPP Pratama Boyolali).

ANALISISM Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Membayar Pajak Wajib Pajak Pekerja Bebas (Studi Kasus Pada KPP Pratama Boyolali).

Hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa faktor yang ada pada peneltian yang mempengaruhi kepatuhan membayar pajak antara lain: pengetahuan dan pemahaman akan peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, kesadaran membayar pajak, pelaksanaan sanksi pajak, tingkat penghasilan, dan dari hasil penelitian yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak yaitu: penegetahuan dan pemahaman akan peraturan perpajakan, kesadaran membayar pajak, dan tingkat penghasilan, dan yang tidak punya pengaruh signifikan adalah persepsi efektifitas sistem pajak, dan pelaksanaan sanksi pajak.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN UNTUK MEMBAYAR PAJAK BAGI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG  Faktor- Faktor Yang Mepengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Di Kabupaten Blora.

FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN UNTUK MEMBAYAR PAJAK BAGI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG Faktor- Faktor Yang Mepengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Di Kabupaten Blora.

Berdasar Uji ANNOVA diperoleh hasil P value < 0,05 yaitu 0,003 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen (kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan pajak dan persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan) secara bersama- sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variable dependen (kemauan membayar pajak orang pribadi).

15 Baca lebih lajut

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KERELAAN WAJIB PAJAK UNTUK MEMBAYAR PAJAK  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kerelaan Wajib Pajak Untuk Membayar Pajak Studi Empiris Pada Wajib Pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KERELAAN WAJIB PAJAK UNTUK MEMBAYAR PAJAK Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kerelaan Wajib Pajak Untuk Membayar Pajak Studi Empiris Pada Wajib Pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo.

Kerelaan rakyat membayar pajak sesungguhnya bagian dari komitmen rakyat untuk menciptakan keseimbangan dan keadilan sosial dalam masyarakat. Dalam hal ini, negara membatasi yang kuat dengan diwajibkan membayar pajak dan melindungi yang lemah dengan mendistribusikan uang pajak kepada rayat yang lemah secara merata dan adil. (Hidayati Nurwahid, 2005). Kerelaan membayar pajak dipengaruhi oleh bebrapa faktor, yaitu kesadaran perpajakan, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan dan persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan terhadap kerelaan membayar pajak.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Analisis pengaruh penerapan sensus pajak, sosialisasi pajak dan persepsi efektifitas sistem perpajakan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP wilayah Jakarta Selatan

Analisis pengaruh penerapan sensus pajak, sosialisasi pajak dan persepsi efektifitas sistem perpajakan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP wilayah Jakarta Selatan

Alhamdulillahirobbil’alamin, puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT atas nikmat iman, islam dan karunia-Nya yang telah diberikan Allah SWT serta tetap menuntun peneliti dijalan yang benar sehingga peneliti dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Analisis Pengaruh Penerapan Sensus Pajak, Sosialisasi Pajak dan Persepsi Efektifitas Sistem Perpajakan terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Wilayah Jakarta Selatan” . Shalawat beserta salam semoga terus tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat. Peneliti sangat bersyukur atas selesainya penyusunan skripsi ini. Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan program Sarjana (S1) pada Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Baca lebih lanjut

132 Baca lebih lajut

PENGARUH KESADARAN, PENGETAHUAN, PERSEPSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS

PENGARUH KESADARAN, PENGETAHUAN, PERSEPSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS

Widayati dan Nurlis (2010) meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan untuk membayar pajak wajib badan orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Adapun faktor – faktor tersebut adalah kesadaran membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman terhadap peraturan perpajakan, dan persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada wajib pajak yang melakukan pekerjaan bebas yang terdaftar di KPP Pratama Gambir Tiga. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis maka diperoleh hasil bahwa semua faktor di atas mempunyai pengaruh terhadap kemauan wajib pajak untuk membayar pajak.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK BAGI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PELAKU UKM  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Pelaku UKM (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di KPP Pratama Bo

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK BAGI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PELAKU UKM Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Pelaku UKM (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di KPP Pratama Bo

Berdasarkan pendahuluan diatas, maka dapat disimpulkan tujuan penelitian ini adalah: Untuk menganalisis kesadaran membayar,Pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan, Persepsi positif atas efektifitas sistem perpajakan, dan Kualitas pelayanan petugas pajak mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak penghasilan.

14 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...