Sistem informasi Geografis

Top PDF Sistem informasi Geografis:

Pembangunan Sistem Informasi Geografis U

Pembangunan Sistem Informasi Geografis U

Abstrack: Developing of Geographical Information System of Web base is aimed to show kinds of micro entrepreneur which are limited recently, it is proofed in kudus regency. Kudus is one of many regencies which has many potencials. Early, the industrial of micro entrepreneur and cooperation department of kudus regency do not have facility in monitoring the development of all industrial of micro entrepreneur and cooperation as entirely and efficiently. This is become a problem is caused of the using of computer in saving archieve files manually. Because of this problem, the raising of micro entrepreneur geographical information in kudus regency is needed to make in inputing data more easier and efficient. This research is conducted by doing observation. Visiting the industrial of micro entrepreneur and cooperation department Kudus regency as the technique in collecting data. Through application of Geographical Information System, it will help in sharing many information and supervising for all industrial of micro entrepreneur and cooperation are being in Kudus regency. Kata Kunci : Sistem Informasi Geografis , Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Dalam meningkatkan pengelolaan dan pelayanan serta pemanfaatan data dan informasi potensi sumber daya mineral dan energi, Pusat Sumber Daya Geologi (PSDG) merupakan salah satu instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam mengelola data tersebut. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan pemuktahiran metadata sumber daya mineral dan energi. Metadata diperlukan untuk mengindentifikasi dan memberikan informasi dari suatu data, metadata sering disebut data tentang data atau informasi tentang informasi. Dengan semakin banyaknya data dan informasi yang tersedia maka diperlukan suatu aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk mengelola metadata sumber daya mineral dan energi ini. Selain itu dengan meluasnya penggunaan internet sebagai media pertukaran informasi, maka aplikasi SIG ini dibuat berbasis Web. Tulisan ini menggambarkan langkah langkah dalam membuat aplikasi Sistem Informasi Geografi yang akan mengelola metadata sumber daya mineral dan energi di Indonesia.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAERAH RAWAN BANJIR BERBASIS WEB.

PENDAHULUAN PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAERAH RAWAN BANJIR BERBASIS WEB.

Sistem Informasi Geografis ini dibangun berbasis web dengan menggunakan media peta yang akan menyajikan informasi mengenai letak geografis daerah mana saja yang rawan banjir. Sistem informasi ini akan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman ASP. Net 2005, untuk database menggunakan SQL SERVER 2005 serta menggunakan Arc view 3.3 untuk pemetaannya. Sistem Informasi Geografis ini diharapkan dapat membantu dalam menyajikan informasi daerah rawan banjir di Provinsi Kalimantan Tengah.

5 Baca lebih lajut

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KAWASAN BERPOTENSI MINYAK BUMI DI KABUPATEN LANGKAT

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KAWASAN BERPOTENSI MINYAK BUMI DI KABUPATEN LANGKAT

a. Sistem Informasi Geografis kawasan berpotensi minyak bumidi Kabupaten Langkat telah dirancang dan diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan program aplikasi Dreamweaper sebagai media editor dan juga MySQL sebagai format databasenya, Arcview untuk pembuatan peta.

11 Baca lebih lajut

Sistem Informasi Geografis

Sistem Informasi Geografis

Merupakan sekumpulan data yang akan direkam, tidak ada keharusan mengikuti suatu format tertentu, dapat saja data tersebut tidak lengkap maupun terduplikasi. Data akan dikumpulkan dengan apa adanya sesuai dengan kedatangannya. Dalam Sistem Informasi Geografis Identifikasi Saluran Air dan Lokasi Air Bersih berbasis Web ini, bentuk tidak normalnya yaitu sebagai berikut: Kecamatan, Kelurahan, Node, lebar_atas, lebar_bawah, tinggi_sal, tinggi_air, jenis_saluran, bentuk_saluran, material_dinding, tebal_dinding, kelas_sal, kondisi_umum, debit, koord. X, Koord. Y, Kecamatan, Kelurahan, RT, RW, Nama_Jalan, Tahun_Buat, Jenis, Kondisi, Distribusi, Koordinat_X, Koordinat_Y, Tanggal_Posting, Judul, Penulis, Isi_Berita, Setuju, Tidak Setuju, Ragu-ragu. 1. Bentuk Normal Kesatu (1 NF)
Baca lebih lanjut

203 Baca lebih lajut

Pengembangan Sistem Informasi Geografis DENGAN

Pengembangan Sistem Informasi Geografis DENGAN

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan permasalahan sistem drainase wilayah Monang-maning. (2) merancang jalur saluran sistem drainase dengan berbasis local genius subak. (3) mengimplementasikan model rancangan sistem drainase berbasis local genius subak khususnya untuk jalur saluran wilayah Monang-Maning, Kecamatan Denpasar Barat, Kotamadya Denpasar dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografis.

10 Baca lebih lajut

BAB II TINJAUAN PUSTAKA - Studi Pemilihan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah dengan Metode Sistem Informasi Geografis (GIS) di Kota Tebing Tinggi

BAB II TINJAUAN PUSTAKA - Studi Pemilihan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah dengan Metode Sistem Informasi Geografis (GIS) di Kota Tebing Tinggi

hasil akhir (output). SIG juga dapat diartikan sebagai sebagai sistem berbasis komputer yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, mengelola, menganalisis dan mengaktifkan kembali data yang mempunyai referensi keruangan untuk berbagai tujuan yang berkaitan dengan pemetaan dan perencanaan. Komponen utama Sistem Informasi Geografis dapat dibagi kedalam 4 komponen utama yaitu: perangkat keras (digitizer, scanner, Central Procesing Unit/CPU, hard-disk, dan lain-lain), perangkat lunak (ArcView, Idrisi, ARC/INFO, ILWIS, MapInfo, dan lain-lain).
Baca lebih lanjut

38 Baca lebih lajut

T1__Full text Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Perancangan Sistem Informasi Geografis dengan Teknologi EclipseLink: Studi Kasus Demam Berdarah di Kota Salatiga T1  Full text

T1__Full text Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Perancangan Sistem Informasi Geografis dengan Teknologi EclipseLink: Studi Kasus Demam Berdarah di Kota Salatiga T1 Full text

Sebuah penelitian mengenai sistem informasi geografis yang berjudul “Aplikasi Sistem Informasi Geografis Penyebaran Penyakit Demam Berdarah Dengue Berbasis Web (Studi Kasus : Kabupaten Kudus)” menyampaikan bahwa SIG merupakan salah satu tools yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi persebaran penyakit dan membantu menganalisis kondisi suatu daerah terhadap penyakit untuk menentukan tindakan yang harus dilakukan untuk menangani penyakit. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi berbasis web yang mampu menampilkan peta persebaran DBD menggunakan Google Maps API, serta grafik yang menggambarkan data insidence rate penderita DBD. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa kasus insidence rate tertinggi di Kabupaten Kudus pada tahun 2007 sampai 2009 terdapat pada tahun 2007 di Kecamatan Mejobo, kemudian IR tertinggi pada tahun 2008 sampai 2009 terdapat pada tahun 201 0 di Kecamatan Jati, IR tertinggi pada tahun 2009 sampai 2011 terdapat pada tahun 2010 di Kecamatan Jati, IR tertinggi tahun 2010 sampai 2012 terdapat pada tahun 2010 di Kecamatan Jati, kemudian IR tertinggi pada tahun 2011 sampai 2013 terdapat pada tahun 2013 di Kecamatan Jati [6].
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

Sistem informasi geografis perguruan tinggi di Kota Medan Berbasis Web

Sistem informasi geografis perguruan tinggi di Kota Medan Berbasis Web

Dengan menggunakan kamus data, analisis sistem dapat mendefinisikan data yang mengalir berisi informasi tentang struktur database. Untuk setiap elemen data yang disimpan dalam database seperti nomor pokok pegawai, diuraikan secara lengkap mulai dari nama, tempat penyimpanan, program komputer yang berhubungan dan lain-lain.

50 Baca lebih lajut

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SEBAGAI IMPLE

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SEBAGAI IMPLE

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat telah merambah ke berbagai sektor termasuk pertanahan. Meskipun bidang pertanahan merupakan bidang yang sangat penting, akan tetapi adopsi teknologi informasi relatif tertinggal. Sebagai contoh, dari sebagian banyak kantor pertanahan diseluruh Indonesia belum seluruhnya mengadopsi sistem komputerisasi. Masih banyak kantor pertanahan di tanah air yang masih menggunakan sistem analog. Dan kebanyakan masih bersifat paper oriented. Disisi lain, masyarakat menyadari bahwa teknologi informasi marupakan salah satu tool penting dalam peradaban manusia untuk mengatasi sebagian masalah derasnya arus manajemen informasi. Teknologi informasi dan komunikasi saat ini adalah bagian penting dalam manajemen informasi. Pada tugas ini akan dibangun aplikasi web SIG Pemetaan Jenis Hak Atas Tanah. Saat ini untuk mengetahui informasi dari suatu bidang tanah maka harus datang terlebih dahulu ke instansi yang bersangkutan, maka dengan membangun aplikasi yang berbasis web ini akan sangat membantu. Pada aplikasi ini user dapat melakukan pencarian informasi dengan memasukkan NIB(Nomer Identitas Bidang Tanah) atau dengan memilih posisi bidang tanah pada peta, maka aplikasi ini akan memberikan informasi yang diinginkan. Untuk mendapatkan informasi akan lebih muda, cepat dan efisien.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Sistem Informasi Geografis dapat dimanfaatkan untuk mempermudah dalam mendapatkan data-data yang telah diolah dan tersimpan sebagai atribut suatu lokasi atau obyek. Data-data yang diolah dalam SIG pada dasarnya terdiri dari data spasial dan data atribut dalam bentuk dijital. Sistem ini merelasikan data spasial (lokasi geografis) dengan data non spasial, sehingga para penggunanya dapat membuat peta dan menganalisa informasinya dengan berbagai cara. SIG merupakan alat yang handal untuk menangani data spasial, dimana dalam SIG data dipelihara dalam bentuk digital sehingga data ini lebih padat dibanding dalam bentuk peta cetak, tabel, atau dalam bentuk konvensional lainya yang akhirnya akan mempercepat pekerjaan dan meringankan biaya yang diperlukan [2].
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN PENGENALA

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN PENGENALA

Dengan memanfatkan kemajuan teknologi saat ini dapat di terapkan diberbagai bidang. smartphone merupakan satu solusi dalam permasalahan ini. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu aplikasi berbasis mobile yang dapat memberikan informasi mengenai objek pencarian museum yang meliputi nama museum, lokasi museum dalam peta, penunjuk arah lokasi, deskripsi yang didalamnya data- data informasi museum. Penulis menginginkan agar informasi letak tempat museum di surabaya dapat di terima serta di akses dengan cepat dan mudah. Aplikasi berbasis mobile yang akan di terapkan pada sistem operasi berbasis Android, yang mana Sistem oprasi ini sedang berkembang pesat. sehinga banyak pengguna dapat menggunakan aplikasi ini pada smartphone yang berbasiskan Sistem oprasi Android.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

• S ecar a umum penger tian S I G sebagai ber ik ut : “ S uatu komponen yang terdiri dari per angk at k er as, per angk at lunak , sumber daya manusia dan data yang bekerja sama secara efektif untuk memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis “.

15 Baca lebih lajut

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Teori Umum 2.1.1. Pengertian Perangkat Lunak - PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) ROADMAP POTENSI CALON PELANGGAN RUMAH TANGGA BERTEKNOLOGI ANDROID PADA PT PERUSAHAAN GAS NEGARA (PERSERO) TBK, BUSINESS UNIT GAS PROD

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Teori Umum 2.1.1. Pengertian Perangkat Lunak - PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) ROADMAP POTENSI CALON PELANGGAN RUMAH TANGGA BERTEKNOLOGI ANDROID PADA PT PERUSAHAAN GAS NEGARA (PERSERO) TBK, BUSINESS UNIT GAS PROD

Android Jelly Bean yaang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Tg s M P P

Tg s M P P

informasi dalam bentuk web akan memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya. Teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) telah berkembang pesat. SIG dibuat dengan menggunakan informasi yang berasal dari pengolahan sejumlah data, yaitu data geografis atau data yang berkaitan dengan posisi obyek di permukaan bumi. Teknologi SIG mengintegrasikan operasi pengolahan data berbasis database yang biasa digunakan saat ini, seperti pengambilan visualisasi yang khas serta berbagai keuntungan yang mampu

Baca lebih lajut

geoinformatika

geoinformatika

Sistem Informasi Geografis (SIG) / Geographic Information System (GIS) adalah suatu sistem informasi berbasis komputer, yang digunakan untuk memproses data spasial yang bergeoreferensi (berupa detail, fakta, kondisi, dsb) yang disimpan dalam suatu basis data dan berhubungan dengan persoalan serta keadaan dunia nyata (real world). Manfaat SIG secara umum memberikan informasi yang mendekati kondisi dunia nyata, memprediksi suatu hasil dan perencanaan strategis.

Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

[4] Riyanto, dan Golar, H. 2014. “Analisis Pembangunan Ekowisata Di Kawasan Taman Hutan Raya Berbasis Sistem Informasi Geografis”. Jurnal Warta Rimba Volume 2, Nomer 1, Juni 2014, ISSN: 2406-8373. Diakses pada tanggal 02 Desember 2015 pukul 15:05 WIB dari

Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus - Repositori Universitas Muria Kudus

[2] A. Latubessy dan L. H. Anggraini, “ Rancang Bangun Sistem Penentuan Prioritas Pemilihan Kost Dengan Model Bayesian ,” J. Simetris, vol. 4, no. 1 , hal. 1 – 9, 2014. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/119 (diakses pada 20 Juni 2016 )

Baca lebih lajut

Pemetaan Sebaran Kasus Gizi Buruk Balita Umur 0-59 Bulan di Kota Lhokseumawe Tahun 2012

Pemetaan Sebaran Kasus Gizi Buruk Balita Umur 0-59 Bulan di Kota Lhokseumawe Tahun 2012

Menurut Groot (1991) yang dikutip oleh Abidin (2007), Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah terjemahan dari terminologi berbahasa Inggris Geographical Information System (Eropa) atau Geographic Information System (Amerika Utara) yang biasa disingkat GIS. Sistem Informasi Geografis (SIG) biasanya dikaitkan dengan suatu sistem berbasis komputer yang didesain untuk mengumpulkan, mengelola, memanipulasi, menganalisa, dan menampilkan informasi spasial. Informasi spasial sendiri dapat didefinisikan sebagai informasi yang mengandung, sebagai karakteristik kunci, lokasinya pada, di bawah, ataupun di atas permukaan bumi, dimana lokasi tersebut didefinisikan dalam suatu sistem koordinasi terkait bumi.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...