Top PDF Pengembangan Portal Pendidikan Taman Kanak-Kanak Aisyiyah.

Pengembangan Portal Pendidikan Taman Kanak-Kanak Aisyiyah.

Pengembangan Portal Pendidikan Taman Kanak-Kanak Aisyiyah.

Penelitian sebelumnya Sujana telah mengembangkan Portal Informasi Lembaga PAUD di kota Surakarta Berbasis Sistem Informasi Geografis. Hasil penelitian tersebut sangat bermanfaat dalam memetakan lokasi lembaga PAUD yang terdapat di Surakarta (Sujana dan Palupi, 2015). Sedangkan Ramdhani menunjukkan bahwa dalam proses pencarian data terdapat perbedaan kecepatan yang signifikan antara sistem lama dengan sistem baru, dimana sistem baru dinilai lebih cepat karena menggunakan web portal (Ramdhani et al., 2015). Selain itu Shah R menunjukkan bahwa portal dirancang untuk mengurangi pekerjaan manusia dari masalah pemborosan waktu karena proses manual (Shah R et al, 2017). Portal diharapkan dapat mempermudah dokumentasi dan mempercepat proses pencarian data (Ani et al, 2016). Pengaksesan informasi pada sebuah portal dapat dipermudah dengan menggunakan aplikasi search engine (Juliasari dan Sitompul, 2012). Berdasarkan penelitian terdahulu maka akan dikembangkan sistem Pengembangan Portal Pendidikan Taman Kanak-Kanak Aisyiyah, yang diharapkan mempermudah permasalahan dalam pencarian data.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TAMAN KANAK - KANAK AISYIYAH   Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan Taman Kanak - Kanak Aisyiyah (Studi Komparatif TK Aisyiyah I dan II Desa Pandeyan Ngemplak Boyolali 2015/2016).

PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TAMAN KANAK - KANAK AISYIYAH Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan Taman Kanak - Kanak Aisyiyah (Studi Komparatif TK Aisyiyah I dan II Desa Pandeyan Ngemplak Boyolali 2015/2016).

Tujuan penelitian ini mendeskrepsikan pengelolaan sarana prasarana pendidikan Taman Kanak-Kanak Aisyiyah yang ada di Desa Pandeyan Ngemplak Boyolali 2015/2016, dan penulis harapkan dapat menambah wawasan dan khasanah keilmuan terutama dalam hal pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan bagi penyususn khususnya dan pembaca pada umumnya, disamping itu memberikan kontribusi positif bagi sekolahan tersebut.

25 Baca lebih lajut

UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN ISLAM  DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PABELAN MENDUNGAN  Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Islam Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pabelan Mendungan Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014.

UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PABELAN MENDUNGAN Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Islam Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pabelan Mendungan Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara untuk memperoleh data langsung dari narasumber, yaitu tentang upaya guru dalam menanamkan pendidikan Islam. faktor pendukung dan penghamabat, meteri yang diberikan kepada peserta didik. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang upaya guru dalam menanamkan pendidikan Islam di Taman Kanak- Kanak Aisyiyah Pabelan Mendungan. Metode dokumentasi yang dimaksud adalah untuk memperoleh data yang berkaitan dengan gambaran umum Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pabelan Mendungan yang meliputi sejarah berdirinya Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pabelan, letak geografis, visi misi dan tujuan, sarana prasarana, peserta didik, jadwal pelajaran, dan kegiatan harian.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH   Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan Taman Kanak - Kanak Aisyiyah (Studi Komparatif TK Aisyiyah I dan II Desa Pandeyan Ngemplak Boyolali 2015/2016).

PENGELOLAAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan Taman Kanak - Kanak Aisyiyah (Studi Komparatif TK Aisyiyah I dan II Desa Pandeyan Ngemplak Boyolali 2015/2016).

Tujuan penelitian ini mendeskrepsikan pengelolaan sarana prasarana pendidikan Taman Kanak-Kanak Aisyiyah yang ada di Desa Pandeyan Ngemplak Boyolali 2015/2016, dan penulis harapkan dapat menambah wawasan dan khasanah keilmuan terutama dalam hal pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan bagi penyususn khususnya dan pembaca pada umumnya, disamping itu memberikan kontribusi positif bagi sekolahan tersebut.

19 Baca lebih lajut

MANAJEMEN SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TEMPURAN BULAKAN SUKOHARJO  MANAJEMEN SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TEMPURAN BULAKAN SUKOHARJO Tahun Pelajaran 2008/2009.

MANAJEMEN SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TEMPURAN BULAKAN SUKOHARJO MANAJEMEN SEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TEMPURAN BULAKAN SUKOHARJO Tahun Pelajaran 2008/2009.

Telah dimunaqasyahkan atau diujikan dalam ujian skripsi Fakultas Agama Islam Jurusan Tarbiyah, pada tanggal 26 November 2010. Dan dapat diterima sebagai kelengkapan akhir dalam menyelesaikan studi program strata I guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I).

15 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Meronce Pada Anak Kelompok A Di TK Islam Albab Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013 / 2014.

PENDAHULUAN Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Meronce Pada Anak Kelompok A Di TK Islam Albab Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013 / 2014.

Pendidikan di Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yang memiliki peranan sangat penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Pendidikan di Taman Kanak-Kanak merupakan jembatan antara lingkungan keluarga dengan masyarakat yang lebih luas yaitu Sekolah Dasar dan lingkungan lainnya. Sebagai salah satu bentuk pendidikan anak usia dini, lembaga ini menyediakan program pendidikan dini bagi sekurang-kurangnya anak usia empat tahun sampai memasuki jenjang pendidikan dasar (Masitoh,2005:1). Tujuan dari Pendidikan Anak Usia Dini adalah agar anak memperoleh rangsangan- rangsangan intelektual, sosial, dan emosional sesuai dengan tingkat usianya. Pendidikan Taman Kanak-Kanak memberi kesempatan untuk mengembangkan kepribadian anak, oleh karena itu pendidikan untuk anak usia dini khususnya di Taman Kanak-Kanak perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak (Masitoh dkk, 2005:2).
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok A Di TK Desa Krajan 01, Weru, Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013.

PENDAHULUAN Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok A Di TK Desa Krajan 01, Weru, Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013.

Pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan sub system pendidikan nasional memiliki peranan penting dan sangat strategis dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Taman Kanak-kanak sangat membantu mempercepat kesempatan anak bangsa memasuki dunia pendidikan, dan keberhasilan proses pendidikan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Untuk berhasilnya penyelenggaraan proses pendidikan Taman Kanak-kanak dalam mewujudkan hasil pendidikan seperti yang diharapkan oleh tujuan pendidikan Taman Kanak-kanak, maka model pendidikan yang di gunakan harus dapat menumbuhkembangkan semua perilaku dan kemampuan dasar yang di miliki anak, termasuk jasmani dan rohaninya. Taman Kanak-kanak memiliki program pendidikan yang mengarah kepada pengembangan semua perilaku dan kemampuan dasar yang di miliki anak yang mencakup: pengembangan Nilai Agama dan Moral, Fisik Motorik, Bahasa, Kognitif dan Sosial Emosional.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

S PAUD 0903887 Bibliography

S PAUD 0903887 Bibliography

Konsep Dasar Bermain di Taman Kanak-kanak, dalam bahan ajar pendidikan dan latihan profesi guru.. 2004, pengembangan profesi guru TK.[r]

5 Baca lebih lajut

S PAUD 1010082 Chapter1

S PAUD 1010082 Chapter1

selanjutnya. Pendidikan di Taman Kanak-kanak merupakan jembatan antara lingkungan keluarga dengan masyarakat yang lebih luas yaitu Sekolah Dasar dan lingkungan lainnya. Sebagai salah satu bentuk pendidikan anak usia dini, lembaga ini menyediakan program pendidikan dini bagi sekurang-kurangnya anak usia empat tahun sampai memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Pendidikan anak usia dini khususnya Taman Kanak-kanak pada dasarnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak sebagaimana dikemukakan oleh Anderson (1993), " Early childhood education is based on a number of methodical didactic consideration the aim of which is provide opportunities for development of children personality ". Artinya, pendidikan Taman Kanak-kanak memberi kesempatan untuk mengembangkan kepribadian anak, oleh karena itu pendidikan untuk anak usia dini khususnya di Taman Kanak-kanak perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak (Masitoh dkk, 2005 :2), mereka butuh permainan sebagai media pendidikan dalam pembelajaran disekolah. Alat-alat permainan hendaknya memenuhi syarat untuk mengembangkan berbagai keterampilan anak sesuai dengan tingkat usia dan memperhatikan sifat-sifat perkembangan, secara kreatif guru dapat membuat dan menggunakan alat permainan yang berasal dari lingkungan sekitar dan memanfaatkan barang-barang bekas ataupun media-media yang sudah ada atau tersedia.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

127. P4TK TK DAN PLB_2017

127. P4TK TK DAN PLB_2017

PETA JABATAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN PENDIDIKAN LUAR BIASA KEPALA PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TEN[r]

1 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK  Pengembangan Kemampuan Membaca Melalui Papan Flanel Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Mundu Tulung Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014.

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK Pengembangan Kemampuan Membaca Melalui Papan Flanel Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal Mundu Tulung Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014.

Skripsi dengan judul “Pengembangan Kemampuan Membaca Melalui Papan Flanel Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Mundu Tulung Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014” ini disusun guna memenuhi sebagian persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan S-1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

16 Baca lebih lajut

UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN ISLAM  DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PABELAN MENDUNGAN  Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Islam Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pabelan Mendungan Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014.

UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH PABELAN MENDUNGAN Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Islam Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pabelan Mendungan Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014.

Pendidikan merupakan bagian terpenting yang tidak lepas dari kehidupan, baik pendidikan umum maupun pendidikan Islam, agar pendidikan senantiasa tertanam dalam diri seseorang hendaknya diberikan ketika anak-anak, karena masa kanak-kanak/prasekolah adalah masa keemasan yang tidak pernah terulang lagi dalam hidup. Masa ini merupakan masa yang tepatbagi orang tua dan guru dalam menanamkan pendidikan kepada anak, khususnya pendidikan Islam yang akan membentengi dirinya dalam masa perkembangan jasmani maupun rohaninya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa upaya guru dalam menanamkan pendidikan Islam dan apa factor pendukung dan penghambat guru dalam menanamkan pendidikan Islam.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B   Pengembangan Kemampuan Bahasa Lisan melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Ber

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B Pengembangan Kemampuan Bahasa Lisan melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Ber

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puji syukur kehadirat Ilahi Robbi yang telah melimpahkan taufiq dan hidayah-Nya kepada kami sehingga dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “ Pengembangan Kemampuan Bahasa Lisan melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan pada Anak Kelompok B Taman Kanak- kanakAisyiyah Bustanul Athfal Bero IV Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 ” ini dengan baik dan lancar.

16 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH CABANG BLIMBING.

PENDAHULUAN UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH CABANG BLIMBING.

Keterampilan berbicara dibelajarkan kepada anak sejak dini, mulai dari pra sekolah, sekolah dasar hingga ke jenjang sekolah menengah atas. Namun, pada umumnya pebelajaran berbicara yang benar dimulai pada situasi resmi siswa pada jenjang pendidikan di sekolah. Keterampilan berbcara yang baik dan benar dapat diupayakan sejak usia dini. Untuk itu pada tahap pendidikan usia usia dini maupun pendidikan taman kanak-kanak keterampilan berbicara sudah mulai diajarkan untuk memberikan bekal keterampilan berbicara yang lebih baik untuk jenjang pendidikan yang akan lebih tinggi.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENGARUH BERMAIN PASIR TERHADAP KREATIVITAS ANAK (DI BA. AISYIYAH SUREN MOJOLABAN SUKOHARJO).

PENGARUH BERMAIN PASIR TERHADAP KREATIVITAS ANAK (DI BA. AISYIYAH SUREN MOJOLABAN SUKOHARJO).

Taman kanak-kanak merupakan salah satu bentuk pendidilkan anak usia dini yang ada di jalur pendidikan formal. Pendidikan Taman kanak-kanak adalah pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan, jasmani dan rohani anak di luar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar bagi anak-anak usia 4-6 tahun agar lebih siap mengikuti pendidikan selanjutnya.

6 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kegiatan Membaca ‘Aism’ Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi II Canden Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2013-2014.

PENDAHULUAN Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kegiatan Membaca ‘Aism’ Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi II Canden Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2013-2014.

Mengajarkan membaca dan menulis di Taman Kanak-Kanak dapat dilaksanakan selama batas-batas aturan pengembangan pra-sekolah serta mendasarkan diri pada prinsip dasar hakiki dan pendidikan Taman Kanak- Kanak sebagai sebuah taman bermain, sosialisasi, dan pengembangan berbagai kemampuan pra-skolastik yang substansi yaitu bidang pengembangan kemampuan dasar yang meliputi kemampuan berbahasa atau membaca, kognitif, fisik-motorik dan seni.

6 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PROSES INKUIRI PADA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI TAMAN KANAK KANAK - repository UPI D PK 0907921 Title

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PROSES INKUIRI PADA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI TAMAN KANAK KANAK - repository UPI D PK 0907921 Title

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PROSES INKUIRI PADA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI TAMAN KANAK KANAK Penelitian dan Pengembangan di Taman Kanak-Kanak Kota Band[r]

5 Baca lebih lajut

Copy of Modul tk 2017 1 4 PKB

Copy of Modul tk 2017 1 4 PKB

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN PENDI[r]

4 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN PUZZLE DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK TAMAN KANAK-KANAK: Penelitian Deskriptif di TK PGRI Tunas Winaya Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya.

PEMANFAATAN PUZZLE DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK TAMAN KANAK-KANAK: Penelitian Deskriptif di TK PGRI Tunas Winaya Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya.

Taman Kanak-Kanak (TK) memiliki peranan yang besar dalam membantu meletakkan dasar bagi anak dalam mengembangkan moral, nilai-nilai agama, sosial emosional, konsep diri, disiplin dan kemandirian serta mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa dan seni. Penyelenggaraan pendidikan di TK bertujuan untuk memberikan berbagai pembiasaan pada anak. Pembiasaan sangat penting bagi anak diantaranya untuk mengembangkan sikap pengetahuan dan daya cipta. Hal tersebut bagi anak kelak akan sangat diperlukan dalam upaya menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...