Top PDF SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ARSITEKTUR DUNI

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ARSITEKTUR DUNI

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ARSITEKTUR DUNI

GEDUNG GEDUNG • Gedung Perpustakaan adalah bentuk fisik bangunan yang di dalamnya terdapat beberapa ruangan yang meliputi ruang koleksi, ruang layanan, ruang... Sarana Perlindungan ora[r]

59 Baca lebih lajut

Sejarah Perkembangan Arsitektur Dunia pdf

Sejarah Perkembangan Arsitektur Dunia pdf

Selain itu, buku ini juga dimaksudkan sebagai panduan untuk keperluan wisata, edukasi, serta pengenalan kepada masyarakat mengenai gaya Arsitektur Eropa, khususnya gaya Neo-Gotik. Untuk selanjutnya jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam pengetikan, kami mohon maaf dan akan berusaha untuk melengkapi kekurangan tersebut. Masukan dan kritikan dari pembaca sangat diharapkan untuk kesempurnaan buku ini.

23 Baca lebih lajut

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI DUNI

SEJARAH PERKEMBANGAN KEPERAWATAN DI DUNI

Manusia diciptakan memiliki naluri untuk merawat diri sendiri (tercermin pada seorang ibu). Harapan pada awal perkembangan keperawatan adalah perawat harus memiliki naluri keibuan (Mother Instinc). Dari masa Mother Instic kemudian bergeser ke zaman dimana orang masih percaya pada sesuatu tentang adanya kekuatan mistic yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Kepercayaan ini dikenal dengan nama Animisme. Mereka meyakini bahwa sakitnya seseorang disebabkan karena kekuatan alam/pengaruh gaib seperti batu-batu, pohon-pohon besar dan gunung-gunung tinggi.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

PERKEMBANGAN ARSITEKTUR ARSITEKTUR KLASI docx

PERKEMBANGAN ARSITEKTUR ARSITEKTUR KLASI docx

sejarah dan daerah. Selalu ingin universal (karena industri, ilmu pengetahuan dan teknologi yang juga bersifat universal) dan juga manusianya. (gaya universal sebagai international style). Pada bulan September 1930 telah diadakan suatu konggres oleh CIAM (Congres Internationaux d’Architecture Moderne) yang hasilnya adalah : Arsitektur modern adalah pernyataan jiwa dari suatu masa, dapat menyesuaikan diri dengan perubahan sosial dan ekonomi yg ditimbulkan zaman mesin. Yaitu dg dengan menjari keharmonisan dari elemen- elemen modern serta mengembalikan arsitektur pada bidangnya (ekonomi, sosiologi, dan kemasyarakatan) yg secara keseluruhan siap melayani umat manusia. Konsep baru dan sangat mendasar dari arsitektur modern antara lain adalah FORM FOLLOWS FUNCTION yang dikembangkan oleh Louis Sullivan (Chicago), dengan beberapa ciri sebagai berikut: 1. Ruang yang dirancang harus sesuai dengan fungsinya.
Baca lebih lanjut

38 Baca lebih lajut

MG 02 SEJARAH PERKEMBANGAN ARSITEKTUR LANSKAP

MG 02 SEJARAH PERKEMBANGAN ARSITEKTUR LANSKAP

WAKTU TAPAK, LANSKAP PENGGUNA PEMILIK KARAKTER PRODUK TEKNIKILMU & BC AC AC MILENIUM STONEHENGE, SALISBURRY THE HANGING GARDEN OF BABYLON CONTOH ALHAMBRA, TAJ MAHAL VILLA ACAD[r]

12 Baca lebih lajut

Rencana Kegiatan Pembelajaran Sejarah (Prof. Dr. MS. Barliana, M.Pd., M.T).doc

Rencana Kegiatan Pembelajaran Sejarah (Prof. Dr. MS. Barliana, M.Pd., M.T).doc

Dalam perkuliahan ini akan disajikan: pengertian sejarah arsitektur, orientasi sejarah arsitektur, fungsi sejarah arsitektur, pendekatan diakronik, sikronik, geologik, dan geneologik dalam pembelajaran sejarah arsitektur, orientasi tahap peradaban manusia berdasarkan perspektif alam, waktu, karya, hidup, dan hubungan antar manusia, pengertian manusia, lingkungan dan kebudayaan, model hubungan manusia, lingkungan dan kebudayaan , arsit ektur masa pra-modern (arsitektur Mesir) , arsitektur masa pra-modern (arsitektur Mesopotamia) , arsitektur masa pra-modern (arsitektur klasik Yunani) , arsitektur masa pra-modern (arsitektur klasik Romawi), arsitektur masa pra-modern (India), arsitektur masa pra-modern (China), arsitektur masa pra-modern (Jepang), arsitektur masa pra-modern (Kristen Awal, Bizantine), arsitektur masa pra-modern (Romanenska, Gothic), arsitektur masa pra-modern (Renaissance, Barok, Rokoko), implikasi revolusi industri terhadap arsitektur, pra kondisi arsitektur modern dilihat dari transformasi kultural, prakondisi arsitektur modern dilihat dari transformasi spasial dan teritorial, prakondisi arsitektur modern dilihat dari transformasi teknologi, aliran pemikiran, langgam, dan karakteristik arsitektur modern awal di Amerika, Eropa (Jerman dan Perancis), dan Rusia, aliran pemikiran, langgam, dan karakteristik arsitektur modern akhir di Amerika, Eropa (Jerman dan Perancis), dan Rusia, aliran pemikiran, langgam, dan karakteristik arsitektur modern terhadap perkembangan arsitektur di Indonesia pada masa pra kemerdekaan dan pasca kemerdekaan
Baca lebih lanjut

42 Baca lebih lajut

PERENCANAAN KOMPLEK PEMERINTAHANKABUPATEN WONOGIRI Perencanaan Komplek Pemerintahan Kabupaten Wonogiri(Penekanan Arsitektur Jawa).

PERENCANAAN KOMPLEK PEMERINTAHANKABUPATEN WONOGIRI Perencanaan Komplek Pemerintahan Kabupaten Wonogiri(Penekanan Arsitektur Jawa).

Wonogiri merupakan Kabupaten yang mempunyai dampak perkembangan arsitektur yang terus berkembang diantaranya perkembangan arsitektur pada masa sejarah bangunan Pemerintahan Kabupaten hanya berdiri bangunan tunggal yang berada di desa nglaroh selogiri kabupaten Wonogiri bangunan pemerintahannya masih bergaya arsitektur tradisional jawa yaitu Joglo. kemudian pada masa kolonial perkembangan arsitekturnya yang paling menonjol terletak dibagianan penataan layoutnya yang sudah menggunakan sistem grid dengan kantor pusat atau Kantor Bupati terletak dibagian pusat dan dikelilingi oleh bagunan-bangunan Kantor Dinas Daerah yang lainya kemudian gaya bangunanya sudah terpengaruh gaya arsitektur Blanda. Setelah gaya bangunan Blanda bertahan beberapa tahun gaya arsitektur mulai berubah pada bagian layotnya yaitu pada masa Pasca kemerdekaan layoutnya sudah mulai dipecah yaitu dengan sistim terpencar haltersebut karena untuk meningkatkan perkembangan pembangunan secara menyeluruh dan didalam menerapkan arsitekturnya pun sudah mulai berubah yaitu dengan mengunakan gaya moderen contoh lembaga Kantor BPS bagunanya mengunakan gaya arsitektur moderen .
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Sejarah Perkembangan Arsitektur Komputer docx

Sejarah Perkembangan Arsitektur Komputer docx

Sebutan teknis untuk sebuah komputer pribadi/PC (Personal Computer) adalah micro data processor/pengolah data yang kecil. Sebutan seperti itu saat ini sudah tidak sesuai lagi. Dari perkembangan komputer, PC telah menjadi hebat. Komputer-komputer pribadi sekarang mempunyai kemampuan seperti komputer-komputer mini dan komputer besar tidak seperti tahun-tahun yang lalu/telah lewat. Komputer pribadi yang mempunyai kemampuan hebat dengan mudah dapat bersaing dengan terminal kerja yang mahal. Bagaimana kita dapat mencapainya sejauh ini?

4 Baca lebih lajut

SEJARAH PERKEMBANGAN ARSITEKTUR KLASIK pdf

SEJARAH PERKEMBANGAN ARSITEKTUR KLASIK pdf

Istana Solitude di Stuttgart dan Istana Cina di Oranienbaum, gereja Bavarian Wies dan Sanssouci di Potsdam adalah contoh gaya bagunan rococo. Dalam Konteks kontinental itu gaya Rococo secara penuh terkendali, sportif, ajaib, dan dipahat dalam bentuk dekorasi interior ruangan yang abstrak menggunakan cahaya, motif seperti kerang atau dan hiasan yang berbentuk kurva,kesemuanya itu mengisyaratkan bagaimana gaya rococo dalam arsitektur. Pada bagian dalam ruangan tembok diberi hiasan dan dekorasi yang indah, penuh motif yang aneh dinyatakan dalam material plastik seperti kayu yang diukir dan di atasnya diplester mengunakan semen. Dinding, langit-langit, mebel, dibuat dari bahan metal dan porselin. (Rafinda, 2011).
Baca lebih lanjut

61 Baca lebih lajut

PERKEMBANGAN PELAYANAN KEBIDANAN DI DUNI

PERKEMBANGAN PELAYANAN KEBIDANAN DI DUNI

Dalam sejarah manusia terdapat peradaban-peradaban, diantaranya Romawi, di India, dan di Tiongkok, dimana praktik kedokteran sudah mencapai tingkat yang tinggi. Tanpa mengurangi jasa-jasa orang lain yang telah memajukan teori dan praktik kedokteran, perlu disebut nama Hippocrates yang hidup daru tahun 460 sampai 377 sebelum masehi dan yang dianggap sebagai bapak ilmu kedokteran.

13 Baca lebih lajut

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ARSITEKTUR KAWA

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ARSITEKTUR KAWA

Kayutangan yang sekarang adalah Jalan Basuki Rahmat, merupakan salah satu kawasan bersejarah di Kota Malang, kawasan ini pada masa colonial merupakan kawasan pusat perdagangan di Kota Malang selain kawasan Pecinan.Kawasan ini menyimpan banyak sejarah, hal ini dapat dilihat dari tampilan visual bangunan-bangunan yang ada di kawasan tersebut.Kawasan Kayutangan, adalah koridor Jalan Basuki Rahmat yang memiliki fungsi utama sebagai kawasan perdagangan dan jasa. Koridor ini pada awalnya terdiri atas bangunan- bangunan kolonial kuno bersejarah yang berderet sepanjang Jalan Basuki Rahmat. Selain itu, ada pula kawasan perkampungan di gang-gang Kayutangan yang memiliki fungsi sebagai kawasan permukiman. Kawasan perkampungan ini masih memiliki bangunan-bangunan rumah tinggal dengan gaya arsitektur kolonial Belanda yang masih bertahan.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Sejarah Perkembangan Arsitektur

Sejarah Perkembangan Arsitektur

Sejarah arsitektur satu merupakan mata kuliah yang membahas materi tentang wujud-wujud arsitektur tradisional dari masing-masing daerah di Indonesia, baik yang berupa bangunan (tempat tinggal, bangunan peribadatan, pasar, dan lain-lain) maupun kawasan, permukiman dan tata ruang

3 Baca lebih lajut

7. SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI NUSANTARA - SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM

7. SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI NUSANTARA - SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM

Selain didirikan Masjid Agung Banten dikenal dengan kemajuannya, perdagangan dan pertanian maju, demikian pula perkembangan agama Islam semakin pesat. Termasuk mendatangkan ulama besar dari Sulawesi Syaikh Yusuf. Juga melakukan hubungan internasional seperti Mongol, Turki, syarif di Makkah (1661). Banten hilang setelah dikalahkan VOC, Sultan wafat di benteng Batavia (penjara) tahun 1695.

10 Baca lebih lajut

MAKALAH SEJARAH ABAD PERTENGAHAN hingga

MAKALAH SEJARAH ABAD PERTENGAHAN hingga

Menurut Herman (2007-27), pada zaman ini dikenal aliran filsafat patristik dan skolastik berdasarkan Theos. Filsuf terkenal pada masa ini adalah Agustinus (354-43 SM) dan Thomas Aquinas (1225-1275) yang memunculkan ajaran Tomisme. Selain itu, dikenal juga filsuf-filsuf muslim pada zaman keemasan abad pertengahan, yaitu Al-Kindi, Al-Farabi, Ibnu Sina, Ibnu Rusjd, dan Al-Ghazali yang menunjukkan hubungan mata rantai dengan sejarah filsafat Yunani (adanya semboyan mitos-logos-theos). Thomas Aquinas (1225-1227) merupakan murid dari Albertus Agung yang mengembangkan pemikiran Aristoteles. Filsafatnya adlah theologis yang memadukan pemikiran Agustinus dan Neo Platomisme dengan mempergunakan pemikiran Arilstoteles.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

ALIRAN SENI KLASIKISME

ALIRAN SENI KLASIKISME

Pengulangan gaya arsitektur yang dimulai pada abad ke – 18 di Eropa membuktikan bahwa arsitektur klasik masih diminati dan dianggap sebagai karya bermutu tinggi, sehingga gaya arsitektur baru pada jaman itu seakan tenggelam karena tidak memiliki ciri kuat jika dibanding dengan gaya aliran klasikisme.

4 Baca lebih lajut

HEGEL DAN BHAGAVAD GITA MANUSIA DAN SEJA

HEGEL DAN BHAGAVAD GITA MANUSIA DAN SEJA

Gagasan dasar filsafat BG terletak dalam pergumulannya tentang “apa itu Yang Real” dan apa kedudukan alam semesta, manusia dan sejarah. Yang Real itu adalah Brahman dan di luar itu hanyalah “semu”. Tetapi konsep tentang Brahman dalam BG sudah merupakan perpaduan konsep- konsep sebelumnya dari tradisi Veda dan Upanishad. Hal yang baru dalam perpaduan itu ialah bahwa Brahman sudah bersifat personal. Istilah-istilah seperti Brahman sebagai yang tak dapat binasa dan yang tidak menjelma, Atman dan Purusha memperlihatkan karakter personal Brahman. Karakter personal Brahman dalam BG menyata dalam diri Kresna yang memandang diri sebagai penjelmaan Brahman, Visnu dan Siva, tiga bentuk penjelmaan dari satu Realitas Allah. Sifat personal Allah yang menjelma dalam Kreshna memiliki dinamikanya. Dia adalah Realitas “Ada” yang bersifat dinamis, dan itu berarti bahwa dia bergerak dan berubah sambil tidak kehilangan sifat tetapnya; dia merupakan asal dan tujuan terakhir segala sesuatu; dia bersifat transenden dan immanen; penjelmaannya merupakan satu tindakan dinamis yang menyelamatkan; dia memiliki kekuatan kreatif (maya); dia membangkitkan dinamisme cinta. Untuk mencapai Brahman diperlukan kerja (karma), pengetahuan (jajna) dan bakti (bhakti).
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

TAP.COM -   SEJARAH PERKEMBANGAN STATISTIKA DAN APLIKASINYA ...

TAP.COM - SEJARAH PERKEMBANGAN STATISTIKA DAN APLIKASINYA ...

Statistika diawali sebagai ilmu untuk mengumpulkan angka (data). Pada abad 17 statistika deskriptif mulai berkembang, begitu juga ilmu peluang yang awalnya dilahirkan dari meja judi sudah mulai muncul . Ilmu peluang ini melandasi berkembangnya statistika induktif yang terjadi pada pertukaran abad 19 dan 20 dengan Karl Pearson sebagai pelopornya. Statistika induktif berkembang pesat setelah R. A. Fisher memperkenalkan metode Maximum Likelihood pada tahun 1922. Dengan adanya perkembangan teknologi komputer, metode eksplorasi data dan bootstrap mulai berkembang pada tahun 1970. Metode ini sebagai awal dari analisis data tanpa model peluang yang populer dengan data driven. Seiring dengan perkembangan statistika induktif, statistika mulai diterapkan pada berbagai bidang seperti ekonomi, industri, pertanian, sosiologi, psikologi, dan lain-lain.Di bidang ekonomi aplikasi statistika pada ekonometrika, sedangkan di bidang industri aplikasi yang sangat terkenal adalah metode Quality Control dan metode Six- Sigma.Pada abad 21 diperkirakan metode data mining akan banyak digunakan dalam bidang terapan. Perkembangan ini akan berpengaruh terhadap model pendidikan dan pengajaran statistika dewasa ini.Di Indonesia penggunaan statistika dipelopori dengan dibukanya program pendidikan statistika di bawah naungan Jurusan Statistika IPB (S1 sejak tahun 1967 dan S2 sejak tahun 1975). Peran Jurusan Statistika IPB baik lewat mata kuliah pelayanan pada jurusan lain di lingkungan IPB, maupun para lulusannya yang sudah tersebar di bergai bidang pekerjaan memberikan dampak positif bagi penggunaan statistika sebagai alat bantu analisis.Sekarang selain IPB ada PTN dan PTS yang telah membuka jurusan statistika.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Pascamodernisme Sejarah dan Arsitektur docx

Pascamodernisme Sejarah dan Arsitektur docx

Di   era   tahun   ’90­an   ketika   arus   utama   arsitektur   postmodern   merambah   di Jakarta,   terdapat  gap  yang   jelas   antara   teori   aslinya   dengan   praksis   di   lapangan. Arsitek   dan   klien   Indonesia   saat   itu   cenderung   memahami   arsitektur   postmodern sebagai   “arsitektur   kosmetik”   yang   penuh   warna­warni.   Itu   disebabkan   tiadanya pengkajian teori yang mendalam dan hanya melihat aspek teori dari fasad sekilas di lapangan,   yaitu   bangunan   yang   dilabeli   “postmodern”   asli.   Padahal,   pendalaman postmodernisme erat dengan meaning dan symbolism yang filosofis dan tidak sekadar meniru apa­apa dari luar negeri yang sedang tren.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Diah Arum SEJARAH DAN PERKEMBANGAN CORELDRAW

Diah Arum SEJARAH DAN PERKEMBANGAN CORELDRAW

Dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, seni bisa dituangkan dalam bentuk yang bermacam-macam, terutama yang berkaitan dengan grafis. CorelDRAW tentunya sudah tidak asing ditelinga kita saat ini, CorelDRAW adalah software aplikasi pengolah gambar vektor bisa dibilang perangkat lunak untuk membuat gambar vektor, software ini merupakan salah satu produk dari Corel Corporation, perusahaan pembuat perangkat lunak komputer yang didirikan pada tahun 1985 di Ottawa Kanada. Michael Cowpland yang lahir pada tanggal 23 tahun 1943. Menerima gelar teknik B.Sc dari Imperial College di London. Kemudian pada tahun 1964 pindah ke Kanada dan menyelesaikan pendidikan masternya pada tahun 1968. Ia mendapat gelar Ph.D. dari Universitas Carleton Ottawa pada tahun 1973. Dia adalah salah satu Entrepreneur dari Kanada, businessman, dan pendiri dari Corel. Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan COREL PHOTO PAINT. Pesaing utama corel draw adalah adobe illustrasion dan xara extreme. Meskipun mereka semua juga program editor gambar barbasis vector, namun pengalaman penggunaanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Analisis Struktur dan Simbol Kubah pada Bangunan Masjid (Studi Kasus : Masjid Azizi Tanjung Pura, Langkat)

Analisis Struktur dan Simbol Kubah pada Bangunan Masjid (Studi Kasus : Masjid Azizi Tanjung Pura, Langkat)

Sejarah Arsitektur Sebuah Pengantar, PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta Sumalyo, Yulianto.. Arsitektur Mesjid dan Monumen Sejarah Muslim, Gadjah Mada, University Press.[r]

2 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...