Top PDF Usaha dan Kegiatan Karang Taruna

Usaha dan Kegiatan Karang Taruna

Usaha dan Kegiatan Karang Taruna

Wilayah perkotaan menunjukkan kecenderungan usaha Karang Taruna di bidang jasa, dan daerah dengan hasil alam spesifik seperti rotan di Kalimantan mendorong Karang Taruna menekuni usaha kerajinan rotan. Meskipun antar daerah tetap memiliki keragaman jenis usaha, secara umum bidang-bidang kegiatan UEP yang dijalankan oleh Karang Taruna dapat antara lain: 1. Kerajinan, Konveksi, Olahan Pangan, Alat Perabotan, dll.

3 Baca lebih lajut

KONTRIBUSI KEGIATAN KARANG TARUNA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA REMAJA DI DESA ALURGADUNG KECAMATAN SAWIT SEBERANG KABUPATEN LANGKAT.

KONTRIBUSI KEGIATAN KARANG TARUNA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA REMAJA DI DESA ALURGADUNG KECAMATAN SAWIT SEBERANG KABUPATEN LANGKAT.

sosial. Karang taruna terdapat hampir diseluruh Indonesia. Karang taruna sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Sosial RI No. 83/HUK/2005 adalah organisasi sosial wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial, dari, oleh dan untuk masyarakat terutama bagi generasi muda diwilayah desa/kelurahan atau komunitas sederajat dan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial. Sedangkan keanggotaanya bersifat stelsel pasif artinya seluruh generasi muda dalam lingkungan Desa/Kelurahan atau komunitas adat sederajat yang berusia 11 sampai 45 tahun yang selanjutnya disebut Warga Karang Taruna.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

196193690.doc 2.61MB 2015-10-12 00:17:34

196193690.doc 2.61MB 2015-10-12 00:17:34

Menurut pandangan penulis, karang taruna “Bina Karya” di Desa Serayu Larangan kurang memiliki peran karena sebagian besar dalam masyarakat karena semakin majunya teknologi, pemuda menjadi kurang berminat mengurus organisasi karang taruna karena lebih sibuk dengan kepentingan pribadi dan lebih sibuk dengan gadget yang semakin canggih. Oleh karena itu, perlu adanya penyuluhan mengenai pengelolaan pentingnya karang taruna agar para pemuda di Desa Serayu Larangan lebih tertarik untuk menjadi regenerasi organisasi kepemudaan di Desa Serayu Larangan. Hal ini juga berdampak positif terhadap peningkatan peran pemuda untuk mengabdi kepada masyarakat. Regenerasi dalam kepengurusan karang taruna agar organisasi ini tetap berdiri dan mempunyai peran serta manfaat yang langsung atau tidak langsung bisa di rasakan oleh masyarakat Serayu Laranagan. Keberadaan karang taruna juga bisa di manfaatkan sebagai alternative pengembangan softskill, kreativitas, melatih berorganisasi, serta pemuda bisa memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang positif, selain itu juga bisa menumbuhkan kesadaran pemuda terhadap lingkungan sekitarnya. Penyuluhan kepada pemuda ini dilakukan dengan sosialisasi mengenai pentingnya keberlangsungan karang taruna, focus group discussion (fgd), pelatihan keterampilan terhadap remaja putri.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMUDA DESA MELALUI KEGIATAN KEPEMUDAAN KARANG TARUNA  Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecam

PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMUDA DESA MELALUI KEGIATAN KEPEMUDAAN KARANG TARUNA Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecam

Sedangkan agenda terprogram seperti pengobatan gratis, pembagian sembako, pembagian alat tulis untuk anak kurang mampu dan anak yatim, juga lomba di bidang olahraga. Seluruh kegiatan tersebut didanai oleh berbagai sponsor, dana bantuan dari masyarakat dan juga iuran anggota.

14 Baca lebih lajut

IbM KELOMPOK KARANGTARUNA UNTUK MEMPRODUKSI BIOINSEKTISIDA BARU PEMBERANTAS LARVA NYAMUK ADES AEFYPTI DI KECAMATAN SUMBERSARIYANG MERUPAKAN DAERAH INDEMIK DEMAM BERDARAH

IbM KELOMPOK KARANGTARUNA UNTUK MEMPRODUKSI BIOINSEKTISIDA BARU PEMBERANTAS LARVA NYAMUK ADES AEFYPTI DI KECAMATAN SUMBERSARIYANG MERUPAKAN DAERAH INDEMIK DEMAM BERDARAH

Karang taruna kecamatan Sumber Sari tidak memiliki keahlian khusus..Kondisi ini sangat tepat untuk dilakukan Ibm penerapan Iptek bagi Karang taruna yang dapat menjadi mikro industri yang memungkinkan berkembang menjadi makro industri, yaitu dengan memproduksi getah tanaman papaya menjadi bioinsektisida baru pemberantas larva nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakitdemam berdarah yang selama ini menjadi masalah di kecamatan Sumber sari, Pembuatan bioinsektisida baru dari getah papaya ini mempunyai prospek yang bagus untuk dikembangkan menjadi pruduk yang laik komersial. Metode dalam kegiatan ini meliputi: sosialisasi materi. Penyadapan getah papaya dan pembuatan bioinsektisida baru dari getah papaya. Hasil dari kegiatan ini telah dirintis produksi bioinsektisida baru dari getah papaya walaupun masih skala kecil.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

PERANAN KARANG TARUNA SEJATI DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN PEMUDA PADA BIDANG WIRAUSAHA DI DESA SENDANGSARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL.

PERANAN KARANG TARUNA SEJATI DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN PEMUDA PADA BIDANG WIRAUSAHA DI DESA SENDANGSARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL.

Pengembangan usaha ekonomi produktif di Desa Sendangsari bermula dari pengembangan Desa Sedangsari sebagai desa wisata. Dengan menjadi desa wisata diharapkan akan mampu menarik kedatangan wisatawan. Langkah selanjutnya yakni menyiapkan fasilitas penunjang berupa lahan-lahan parkir, warung-warung makan, dan kios- kios cindera mata. Fasilitas penunjang yang disiapkan bagi para wisatawan ini lah yang kemudian dimanfaat sebagai peluang usaha ekonomi produktif bagi masyarakat lokal di Desa Sendangsari. Contohnya, lahan-lahan parkir yang tersedia di beberapa titik objek wisata dijaga oleh para pemuda, kemudian warung-warung makan yang ada di lokasi wisata diperuntukkan bagi warga kurang mampu yang ingin berwirausaha bidang makanan dan minuman. Selanjutnya untuk kios- kios cindera mata juga diperuntukkan bagi warga yang memiliki daya kreatif untuk menjajakannya melalui kios-kios tersebut.
Baca lebih lanjut

131 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN PERILAKU ALTRUISME PADA KARANG TARUNA DESA PAKANG  Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Altruisme Pada Karang Taruna Desa Pakang.

HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN PERILAKU ALTRUISME PADA KARANG TARUNA DESA PAKANG Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Altruisme Pada Karang Taruna Desa Pakang.

Manusia merupakan makhluk sosial yang diciptakan untuk berdampingan dengan orang lain dan tidak bisa hidup secara individual. Sebagai makhluk sosial hendaknya manusia saling tolong menolong satu sama lain dan mengadakan interaksi dengan orang lain untuk bertukar pikiran serta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini sering terlihat secara langsung dalam masyarakat, seperti kegiatan sambatan, kerja bakti, atau memberi bantuan baik berupa barang maupun jasa pada orang yang sangat membutuhkan. Memberikan bantuan ataupun keuntungan pada orang lain tanpa mengharap imbalan apapun dalam psikologi disebut dengan altruisme.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

contoh penelitian psikologi kuantitatif dalam

contoh penelitian psikologi kuantitatif dalam

Perlu diketahui bahwa karang taruna termasuk sebagai Lembaga Kemasyarakatan. Berdasarkan Pasal 1 angka 14 Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan (“Permendagri 5/2007”), karang taruna adalah Lembaga Kemasyarakatan yang merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial, yang secara fungsional dibina dan dikembangkan oleh Departemen Sosial.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

Apa Itu Karang Taruna (1)

Apa Itu Karang Taruna (1)

Karang Taruna adalah Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/ kelurahan dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. Rumusan tersebut diatas dapat dijelaskan sebagai berikut: Karang Taruna adalah suatu organisasi sosial, perkumpulan sosial yang dibentuk oleh

4 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali).

PENDAHULUAN Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali).

mampu dijadikan sebagai public figure seperti yang dapat kita lihat seperti Revaldo seorang artis yang ditangkap oleh pihak kepolisian karena mengkonsumsi narkoba, begitu juga dengan artis lain seperti Sammy Simorangkir yang juga tersandung masalah narkoba. Selain itu masih banyak lagi perbuatan- perbuatan yang tidak seharusnya dilakukan oleh pemuda sebagai generasi bangsa. Sekarang ini banyak organisasi kepemudaan yang dapat dijadikan sebagai wadah pengembang nilai karakter pada pemuda. Contohnya seperti organisasi- organisasi keagamaan seperti remaja masjid, ataupun organisasi lain seperti perkumpulan pemuda pecinta motor, organisasi pemuda pecinta alam ataupun organisasi yang berdiri di suatu wilayah tertentu seperti di kecamatan, kelurahan ataupun di suatu dukuh atau RT seperti organisasi kepemudaan karang taruna.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

733593188.doc 57.80KB 2015-10-12 00:18:11

733593188.doc 57.80KB 2015-10-12 00:18:11

Potensi lainnya di Kampung ini adalah pemuda atau Karang Taruna yang sangat aktif dalam melakukan kegiatan, mulai dari kegiatan kesenian, keagamaan, gotong royong dan kegiatan lainnya. Terlihat dari kegiatan hari lahirnya Pancasila 2015 ini Karang Taruna Kampung Batur Wetan menyelenggarakan banyak kegiatan, yang puncaknya yaitu pentas seni dari warga untuk warga. Memang sebuah ide yang sangat kreatif, pemuda dan pemudi bergabung bersama membuat kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Analisis Partisipasi Karang Taruna Citra Yodha Dalam Pembangunan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua

Analisis Partisipasi Karang Taruna Citra Yodha Dalam Pembangunan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua

Pemekaran Desa Kedai Durian menjadi tiga bagian telah mempengaruhi perkembangan Karang Taruna Citra Yodha.Frekuensi kegiatan Karang Taruna Citra Yodha menurun.Hal ini diakibatkan oleh terpecahnya pengurus yang kemudian membentuk Karang Taruna di desa-desa pecahan yang baru. Memanfaatkan momentum saat pemerintah mengeluarkan Undang – Undang No. 11 tahun 2009 yang mengatur tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial masyarakat, pengurus Karang Taruna Citra Yodha kembali mencoba untuk bangkit dari keterpurukan masa lalu dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan Desa Mekar Sari.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

UPAYA KARANG TARUNA REJUMER KADIPATEN PONOROGO UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL REMAJA MELALUI KEGIATAN KESENIAN HADRAH

UPAYA KARANG TARUNA REJUMER KADIPATEN PONOROGO UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL REMAJA MELALUI KEGIATAN KESENIAN HADRAH

Kami sebagai pengurus kegiatan ini selalu berusaha memberikan motivasi kepada para anggota untuk selalu bersemangat. Membuat anggota merasa senang dan nyamansaat pelaksanaan kegiatan, kami selalu memastikan mereka dalam mengikuti kegiatan ini tidak ada unsur pemaksaan dari seiapapun karna kami akan menerima calon anggota hadrah yang mempunyai niat yang sungguh-sungguh. Dengan begitu mereka akan merasakan sendiri manfaat yang mereka dapatkan dari kegiatan ini. Kegiatan ini terlaksana tidak lepas dari persetujuan dan dukungan dari masyarakat dan itu menjadi faktor penting. Salah satu trik atau cara agar anggota tidak merasa jenuh saat pelaksanaan kegiatan yaitu setiap pelaksanaan kegiatan kami menghadirkan sesuatu-sesuatu yang baru dengan menyanyikan lagu Qasidah dan membuat irama-irama yang bervariasi, lagu- lagu yang dinyanyikan sama dengan hadrah pada umunya hanya saja iramanya kami buat lebih modern lagi seperti diambil dari irama dangdut. Dengan begitu akan membuat para anggota selalu bersemangat untuk terus belajar dan berlatih, hal ini akan membuat mereka merasa tertantang. Cara tersebut secara tidak langsung akan membuat kami dapat berfikir secara kreatif. Tujuan kami melakukan hal itu untuk membuat orang-orang yang mendengarkan tidak merasa jenuh atau bosan karena mendengar irama yang monoton hanya itu-itu saja. Alhamdulillah sampai sekarang pun kegiatan ini masih terus berjalan, dan saya yakin mereka mempunyai niat dan kemauan untuk bersungguh-sungguh dalam kegiatan ini sehingga mereka selalu hadir saat kegiatan. Bukan hanya dari kami saja yang memberikan motivasi, tetapi dengan adanya kegiatan ini mereka mempunyai motivasi tersendiri yang ada dalam diri mereka sehingga tanpa diminta angotatetap datang pada saat pelaksanaan kegiatan meskipun ada beberapa anggota yang telat datang. 46
Baca lebih lanjut

72 Baca lebih lajut

CONTOH PROPOSAL DAN KARANG TARUNA

CONTOH PROPOSAL DAN KARANG TARUNA

bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

PERAN PEMUDA SEBAGAI AGENT OF CHANGE MEL

PERAN PEMUDA SEBAGAI AGENT OF CHANGE MEL

Pemuda merupakan kader yang memiliki peran yang sangat penting dalam kelompok masyarakat. Dalam kaitannya dengan Sumber Daya Manusia, pemuda menjadi sumber daya manusia yang dengan potensi dan kemampuannya dapat menjadi agen perubahan dalam berbagai aspek kehidupan ke arah yang lebih maju. Hasil studi pendahuluan di Desa Mamben Daya, Kec. Wanasaba Kab. Lombok Timur menunjukan bahwa pemuda yang berada di desa tersebut memiliki kuantitas yang banyak serta telah memperoleh gelar sarjana dari berbagai universitas di Indonesia. Namun, fakta dilapangan menunjukan kehadiran pemuda-pemudi tersebut tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan Desa khususnya masyarakat sekitar. Oleh sebab itu langkah yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui revitalisasi organisasi desa (Karang taruna). Adapun Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengaktifkan kembali organisasi Karang Taruna, sehingga dapat dijadikan sebagai wadah dalam membina dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh pemuda desa sehingga dapat bermanfaat dan berguna bagi kelangsungan hidup masyarakat desa. Adapun metode pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu: Persiapan dan Pembekalan, dan Pelaksanaan Program Kerja, yang terdiri dari 5 program kerja utama, dan 4 program kerja tambahan. Kelima utama tersebut yaitu: Pemberian penyuluhan tentang arti penting dari organisasi Karang Taruna, Pembentukan Karang Taruna, Penguatan Karang Taruna, peningkatkan penerapan IPTEK, dan Memberikan pendampingan dalam pelaksanaan program kerja Karang Taruna. Sementara itu, empat program kerja tambahan, antaralain: Love Masjid, SHE (Smart House Education), Bersih-Bersih Lingkungan, dan pemasangan papan nama mushola. Dengan dilaksanakan program kerja tersebut pada tanggal 16 januari hingga 5 maret maka hasil yang dicapaipun sesuai dengan target yang telah ditentukan, yaitu terbentuknya kepengurusan organisasi karang yang baru dan telah terlaksananya satu program kerja karang taruna yaitu penghijauan. Oleh sebab itu, adapun rekomendasi untuk pelaksanaan kegiatan karang taruna selanjutnya adalah dengan membuat program-program yang inovatif agar mendukung pengembangan kualitas masyarakat di desa mamben daya.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

BAB III PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode LXV Tahun Akad. 20172018 - KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE LXV TAHUN AKADEMIK 2017/2018 DIVISI XIV.B.3 DUSUN KERUK IV, DESA BA

BAB III PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode LXV Tahun Akad. 20172018 - KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE LXV TAHUN AKADEMIK 2017/2018 DIVISI XIV.B.3 DUSUN KERUK IV, DESA BA

Subbidang Tematik Pelatihan Pembuatan Iklan bagi Karang Taruna Dusun Keruk IV 1 x 100’ 1 Menyelenggaraka n pelatihan pembuatan iklan bagi Karang Karang Taruna Pelatihan Pembuatan Ak[r]

45 Baca lebih lajut

PERAN ORGANISASI REMAJA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK DI MASYARAKAT (STUDI ORGANISASI KARANG TARUNA DI DUSUN REMBES, DESA GUNUNGTUMPENG, KECAMATAN SURUH, KABUPATEN SEMARANG) SKRIPSI Diajukan Untuk Memperoleh

PERAN ORGANISASI REMAJA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK DI MASYARAKAT (STUDI ORGANISASI KARANG TARUNA DI DUSUN REMBES, DESA GUNUNGTUMPENG, KECAMATAN SURUH, KABUPATEN SEMARANG) SKRIPSI Diajukan Untuk Memperoleh

peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang (Nana, 1984: 64). Menurut Arikunto (1992: 245), penelitian kualitatif deskriptif yaitu penulisan yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan status fenomena secara sistematik dan rasional (logika). Sehingga penelitian ini mempunyai ciri khas yang terletak pada tujuannya, yakni mendiskripsikan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan seluruh kegiatan. Pemilihan pendekatan kualitatif deskriptif adalah karena pada penelitian ini berusaha meneliti status kelompok manusia dan suatu peristiwa pada masa sekarang dengan tujuan membuat deskripsi, gambaran atau lukisan sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta penjelasan dari fenomena yang terjadi.
Baca lebih lanjut

99 Baca lebih lajut

PERAN KARANG TARUNA DALAM PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI PELATIHAN KARAWITAN GAMELAN JAWA DUSUN PLUMBON KELURAHAN NGADIREJO KECAMATAN EROMOKO WONOGIRI.

PERAN KARANG TARUNA DALAM PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI PELATIHAN KARAWITAN GAMELAN JAWA DUSUN PLUMBON KELURAHAN NGADIREJO KECAMATAN EROMOKO WONOGIRI.

AS : “Untuk soal keterlibatan, Karang Taruna ini sangat terlibat mas dalam kegiatan kemasyarakatan. Sebagai contoh, misalkan ada orang hajatan, dari Karang taruna sendiri sudah mengkoordinasi jadwal sinoman, menyiapkan segala macam barang yang diperlukan seperti meja, kursi, kotak uang itu mas. Semua dilakukan gotong royong oleh anggota Karang taruna. Selain itu waktu, rabat beton pembuatan jalan. Anggota karang taruna juga membantu mas, dengan suka rela. Pembangunan tempat wudhu pun juga demikian mas. Saya kira Karang taruna sebagai oraganisasi cukup membantu dan terlibat dalam segala kegiatan Lingkungan mas.”
Baca lebih lanjut

195 Baca lebih lajut

S PKN 1001716 Chapter5

S PKN 1001716 Chapter5

5. Terdapat enam upaya yang dilakukan karang taruna kampung baru untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kesadaran moral pemuda, diantaranya yaitu: (1) memberikan motivasi yang membangun kepada para pemuda untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan. (2) melakukan pengkaderan. (3) melakukan komunikasi, dan koordinasi yang baik antar pengurus dan anggota Karang Taruna Kampung Baru. (4) meningkatkan kerjasama, komunikasi dan koordinasi yang baik antara Karang Taruna Kampung Baru dengan pemerintah desa dan masyarakat. (5) melakukan upaya khusus seperti melaksanakan pengajian rutin dan diskusi atau sharing mengenai problematika anak muda setiap malam jumat di lingkungan Bale Paseban, serta melakukan kerjasama dengan pemerintah desa untuk mengadakan pengajian umum tingkat kelurahan yang dilaksanakan pada setiap hari rabu pagi di Masjid Besar Ujung Berung. (6) memberikan pengertian tentang tingkah laku yang benar melalui teladan yang baik, dan memberikan pengertian mengenai tingkah laku yang salah dan buruk melalui nasihat.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Dan Karakter Kepedulian Sosial Pada Anggota Karang Taruna Lismatu Bhakti Desa Karangbangun (Studi Kasus di Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar).

PENDAHULUAN Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Dan Karakter Kepedulian Sosial Pada Anggota Karang Taruna Lismatu Bhakti Desa Karangbangun (Studi Kasus di Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar).

Merubah pola pikir generasi muda adalah sebuah keharusan sebagai bentuk usaha mewujudkan generasi muda unggulan. Maka dari itu organisasi karang taruna dapat dijadikan sebagai wadah pengembangan nilai karakter bagi remaja. Contohnya, organisasi-organisasi keagamaan seperti remaja masjid, ataupun organisasi lain seperti perkumpulan organisasi pemuda pecinta alam, ataupun organisasi berdiri pada suatu wilayah tertentu seperti di desa, kecamatan, ataupun di suatu dukuh atau RT seperti organisasi karang taruna.

10 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...