Bentuk Tanggung Jawab Perusahaan yang ad

Teks penuh

(1)

Bentuk Tanggung Jawab Perusahaan yang ada di Koperasi Karya pemulung

SEJARAH SINGKAT KOPERASI KARYA PEMULUNG

Koperasi Karya Pemulung yang sekarang berkedudukan di Jalan Pura Demak No 90 Desa Pemecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, dibentuk atas kuasa rapat pembentukan pada tanggal 1 Oktober 1989 yang ditanda tangani oleh : Koperasi pada tanggal 19 Juli 1990 dengan Badan Hukum : 1278/BH/VII/1990.

Berdasarkan Rapat Anggota Khusus yang diselenggarakan pada tanggal 26 Maret 1996, bertempat di Ruang Rapat Koperasi Karya Pemulung, telah diputuskan untuk melakukan perubahan Anggaran Dasar, yang pada waktu itu dihadiri oleh 75 orang dari 106 orang anggota yang telah terdaftar pada buku daftar anggota. Perubahan anggaran dasar tersebut telah terdaftar dalam daftar umum Kantor Wilayah Departemen Koperasi Propinsi Bali dengan Badan Hukum Nomor : 418/BH/PAD/KWK.22/III/1996 tertanggal 29 Maret 1996 dan sekarang beralamat di Jalan Pura Demak No. 90 Denpasar Barat.

Beberapa periode Kepengurusan dan Pengawas telah diadakan pergantian, terakhir periode tahun 2014 sampai 2018 adalah sebagai berikut

I. PENGURUS

1. Ketua : I Wayan Suba,S.Sos.H 2. Sekretaris : I Ketut Gede Budi Utama 3. Bendahara : Dra. Ambar Susila Murti

II. PENGAWAS

1. Ketua : I Putu Wirya,S.H 2. Anggota : I Made Suardana 3. Anggota : Misnadi P Evi

Demikian sejarah singkat Koperasi Karya Pemulung, dapat dilihat bahwa Koperasi Karya Pemulung tetap berdiri sampai sekarang tentunya karena tanggung jawab dan etika bisnis yang dilaksanakan sudah mendapat kepercayaan

(2)

dari banyak masyarakat, terutama anggota koperasi sehingga Koperasi Karya Pemulung tetap bisa Eksis dan bertahan sampai sekarang dengan asset yang terus meningkat setiap tahunnya. Berikut bentuk tanggung jawab perusahaan yang ada di Koperasi Karya Pemulung.

1. Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan

Di kantor Koperasi Karya pemulung diterapkan go green yaitu ditanam banyak tumbuhan demi menjaga keasrian taman kantor, sekaligus untuk memberikan sirkulasi udara yang baik. Setiap hari di kantor Koperasi Karya Pemulung seorang karyawan yang bekerja sebagai cleaning service tetap menjaga agar kantor terlihat bersih, rapi dan nyaman, mulai dari menyapu bagian dalam kantor , mengepel, lap kaca, sampai menyapu halaman kantor agar terlihat bersih. Kantor yang bersih tentu membuat komunitas yang ada di dalamnya merasa nyaman dalam bekerja.

2. Tanggung Jawab Terhadap Karyawan

Di Koperasi Karya Pemulung kesejahteraan karyawan sangat diperhatikan , mulai dari kesehatan jasmani dan rohani serta jaminan hari tua yang sejahtera. Sesuai prinsip perusahaan, bahwa karyawan bukanlah robot yang bisa bekerja sepanjang waktu tanpa mengenal lelah, maka di Koperasi Karya Pemulung menjamin kesehatan karyawannya dengan mendaftarkan karyawan yang sudah memiliki masa kerja 1 tahun untuk masuk dalam asuransi PRUDENTIAL dan juga Tabungan Pensiun yang biaya setiap bulannya ditanggung oleh koperasi, kemudian dalam hal rohani, Koperasi Karya Pemulung juga mengajak karyawan untuk melakukan persembahyangan di pura tempat bekerja ataupun tirta yatra keluar daerah. Selain itu karyawan juga diberikan berbagai pelatihan demi meningkatkan kwalitas SDM dalam pelayanan masyarakat.

3. Tanggung Jawab Terhadap Investor

Di Koperasi Karya Pemulung Investor lebih dikenal dengan Anggota yang menanamkan modalnya dalam bentuk simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan khusus. Bentuk tanggung jawabnya yaitu dengan mengadakan RAT ( Rapat Anggota Tahunan) demi mempertanggungjawabkan dana yang ada di koperasi. Biasanya berupa

(3)

laporan yang disampaikan dengan rapat resmi dengan mengundang para anggota, pengurus dan disaksikan dari perwakilan Dinas Koperasi. Laporan tersebut berupa laporan pertangungjawaban pengurus dalam mengelola koperasi selama 1 tahun.

4. Tanggung Jawab Terhadap Pelanggan

Di Koperasi Karya Pemulung pelanggan kami sebut nasabah. Nasabah yang menabung dalam bentuk tabungan maupun deposito. Bentuk tanggung jawab terhadap nasabah yaitu dari pihak manajemen harus bertanggung jawab atas uang yang disetorkan nasabah dalam bentuk tabungan harian, bulanan atau deposito, saldo yang tertera di buku harus sesuai dengan kartu tabungan nasabah yang tertera pada program yang terpasang di komputer, untuk deposito, pembayaran bunga harus tepat waktu dan sesuai dengan perjanjian yang tertera dalam bilyet nasabah. Sehinnga alur kas bisa terlaksana dengan baik, tepat dan sesuai dengan neraca.

5. Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat

Bentuk tanggung jawab Koperasi Karya Pemulung terhadap masyarakat yaitu dalam bentuk membantu masyarakat untuk mendapatkan pinjaman, dengan syarat calon nasabah dari masyarakat harus memenuhi kriteria persyaratan yang ada di Koperasi Karya Pemulung, jadi dengan adanya koperasi, masyarakat yang perlu dana bisa tertolong dan koperasi juga mendapatkan keuntungan melalui pendapatan bunga, juga biasanya dari manajemen memberikan sembako pada saat RAT, memberikan sumbangan kepada korban bencana alam dengan memberikan sumbangan bentuk uang yang dikumpulkan melalui petugas dinas. Selain itu Ketua Koperasi Karya Pemulung mendapatkan penghargaan bakti koperasi pada tahun 2016, ini membuktikan pada masyarakat yang ikut menabung di Koperasi bahwa perintis koperasipun bisa berprestasi membawa nama baik koperasi dan memberikan kepercayaan kepada masyarakat.

II.3 Pelanggaran Tanggung Jawab di Koperasi Karya Pemulung 1. Pelanggaran Tanggung Jawab terhadap karyawan

Dalam proses penggajian di Koperasi Karya Pemulung, bagi karyawan yang masih dalam masa percobaan selama 3 bulan untuk gaji pokoknya

(4)

hanya di bayar sebesar Rp.300.000,00 , itu sangat jauh dari standar UMK yang ditetapkan. Tapi untuk uang bensin, tunjangan dan prestasi tetap dibayarkan. Setelah masa percobaan berakhir baru gaji pokoknya sesuai UMK yang ditetapkan, hanya saja bagi karyawan baru sering mengeluh karna rendahnya gaji pokok selama masa percobaan.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...