SURAT PERNYATAAN. penelitian ini adalah saya sendiri yang membuat, dan semua kutipan yang ada. dalam skripsi ini telah saya sebutkan sumber aslinya.

Teks penuh

(1)

i ABSTRAK

Resty Hidayati ( 210111100141 ), 2013. Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran dengan Dr. Hj. Lukiati Komala Erdinaya, Dra.,M.Si sebagai pembimbing utama dan Priyo Subekti, S.Sos.,M.Si sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini berjudul “ Tanggapan Pelajar Pada Kegiatan Kampanye ‘ Anti Human Trafficking ‟ Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ( BPPKB ) Provinsi Jawa Barat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan pelajar Sekolah Menengah Atas mengenai kegiatan kampanye ‘ Anti Human Trafficking Kepada Pelajar ‟ yang dilihat dari aspek komunikator kampanye, pesan kampanye dan media yang digunakan dalam kampanye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan untuk memperoleh data yang dibutuhkan digunakan cara penyebaran kuisioner, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Objek penelitian ini adalah pelajar Sekolah Menengah Atas ( SMA ) di Kota Bandung yang mengikuti kegiatan kampanye ‘ Anti Human Trafficking Kepada Pelajar ‟ Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ( BPPKB ) Provinsi Jawa Barat.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tanggapan pelajar Sekolah Menengah Atas mengenai kegiatan kampanye ‘ Anti Human Trafficking Kepada Pelajar ‟ adalah positif. Tanggapan positif ini dinilai dari aspek komunikator dalam kegiatan kampanye, pesan yang disampaikan dalam kegiatan kampanye dan media yang digunakan dalam kampanye.

Saran, berdasarkan tanggapan yang diberikan oleh para pelajar kepada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ( BPPKB ) Provinsi Jawa Barat agar dapat mempertahankan kegiatan seperti ini untuk memberikan edukasi dan pengetahuan seputar human trafficking dan sebagainya.

(2)

ii ABSTRACT

Resty Hidayati ( 210111100141 ), 2013. manjoring in Public Relations Faculty of Science Communication Padjadjaran University with Dr. Hj. Lukiati Komala Erdinaya, Dra., M.Si as the first supervisor and Priyo Subekti, S.Sos., M.Si as second supervisor. I hereby certify that this research paper entitled “ Response Student About The Activity Of „ Anti Human Trafficking ‟ Campaign Agency of Woman Empowerment and Family Planning ‟ ( BPPKB ) West Java Province”.

This research aims to determine the response high school student about campaign activities „ Anti Human Trafficking ‟ to student of the aspect of the campaign communicator campaign, message campaign and media used in the campaign. The method usesd in this research is descriptive and to obtain the required data used of distributing questioner, observation, interviwe and literature study. The objectives of this study is the high school student ( SMA ) in the city of Bandung which follows the activity of the campaign „ Anti Human Trafficking ‟ to the learner „ Agency of Woman Empowerment and Family Planning ‟ ( BPPKB ) West Java Province.

The result of study showed that high school student student response about activities of the campaign „ Anti Human Trafficking ‟ to the students was positive. Positive response was assessed from the aspect of the communicator in the campaign activities, the message of the campaign activities and media used in the campaign.

Based on suggestions, of responses given by students to learner „ Agency of Woman Empowerment and Family Planning ‟ ( BPPKB ) West Java Province in order to defend these activities for given education and knowledge all about human trafficking etc.

(3)

iii

SURAT PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi / hasil penelitian ini adalah saya sendiri yang membuat, dan semua kutipan yang ada dalam skripsi ini telah saya sebutkan sumber aslinya.

Bandung, Juni 2013 Mahasiswa

( Resty Hidayati ) NPM. 210111100141

(4)

iv

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

JUDUL : TANGGAPAN PELAJAR PADA KEGIATAN

KAMPANYE ‘ ANTI HUMAN TRAFFICKING ’

BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

DAN KELUARGA BERENCANA ( BPPKB ) PROVINSI JAWA BARAT

SUB JUDUL : STUDI DESKRIPTIF MENGENAI TANGGAPAN PELAJAR YANG MENGIKUTI KEGIATAN KAMPANYE ‘ ANTI HUMAN

TRAFFICKING KEPADA PELAJAR ’ BADAN

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN

KELUARGA BERENCANA ( BPPKB ) PROVINSI JAWA BARAT

DISUSUN OLEH : Resty Hidayati NPM : 210111100141

Bandung, Mei 2013 MENYETUJUI,

Pembimbing Utama,

(Dr. Hj. Lukiati Komala Erdinaya,Dra.,M.Si.) NIP. 19540508 198609 2 001

Pembimbing Pendamping,

(Priyo Subekti, S.Sos.,M.Si.) NIP. 19800725 200801 1 006

(5)

v

Bila engkau meminta sesuatu, mintalah kepada Allah dan bila engkau

meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah.

( H.R. Tirmidzi )

Dan perpeganglan kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu. Maka

dialah sebaik – baik Pelindung dan sebaik – baik Penolong.

( Al – Hajj : 78 )

Mandirilah.. maka kamu akan menjadi orang merdeka dan maju. I’timad ala

nafsi, bergantung pada diri sendiri, jangan bergantung pada orang lain.

Cukup bantuan Tuhan yang akan menjadi anutanmu.

Specially dedicated to :

Ayat Hidayat, Siti Jenab, S.Pd, Robby Maulana Hidayat, S.E.

Thank you for proud pats on the back and unconditional love…

(6)

vi

Alhamdulillahirabbil 'alamin. Segala Puji Bagi Allah, Tuhan Semesta

Alam. Puji dan syukur penulis ucapkan karena telah mencurahkan begitu banyak rahmat dan cintaNya kepada segenap makhlukNya, khususnya kepada peneliti, hingga peneliti dapat menyelesaikan skripsi ini. Sholawat dan salam tercurah untuk junjungan besar Rasulullah Muhammad SAW, para sahabat dan seluruh ummat hingga akhir jaman.

Tentunya skripsi ini pun bisa diselesaikan karena mendapat bantuan dari banyak pihak. Oleh karena itu, peneliti ingin mengucapkan terima kasih kepada:

1. Dr. Hj. Lukiati Komala Erdinaya, Dra.,M.Si, selaku dosen pembimbing utama yang telah bersedia meluangkan waktunya dan memberikan pengarahan dan masukan dalam proses pembuatan skripsi ini dari awal hingga akhir.

2. Priyo Subekti, S.Sos.,M.Si, selaku dosen pembimbing pendamping yang senantiasa membantu dan dengan sabar memberikan pengarahan juga memberikan ilmu serta masukan dari awal hingga akhir pembuatan skripsi ini.

3. Prof. H. Deddy Mulyana, M.A, Ph.D, selaku Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran yang telah membantu kelancaran peneliti dalam perkuliahan maupun dalam pembuatan skripsi ini.

(7)

vii

4. Feliza Zubair, Dra., M.Si, selaku Ketua Program Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Kampus Bandung yang telah membantu kelancaran peneliti dalam penulisan skripsi ini.

5. Drs. H. Wawan Setiawan., M.I.Ikom, selaku Ketua Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran yang telah membantu kelancaran peneliti dalam penulisan skripsi ini.

6. Drs. Dadang Sugiana M.Si, selaku dosen wali peneliti yang telah membantu kelancaran peneliti baik dalam hal kuliah maupun penulisan skripsi ini.

7. Seluruh staf pengajar dan staf Jurusan Ilmu Humas Fikom Unpad, dan segenap staf lainnya yang tidak dapat peneliti sebutkan satu per satu. Terima kasih atas beribu-ribu ilmu yang telah diberikan kepada penulis. 8. Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ( BPPPKB )

Provinsi Jawa Barat, terimakasih atas kerjasamanya untuk menjadi bahan penelitian sehingga penelitian ini dapat berjalan dengan baik.

9. Keluarga Besar Toha’s Family, terima kasih atas doa, support, dan kasih sayang yang sangat berarti bagi penulis.

10. Sahabat Sukoco Girls Generation, Gusti Paramitha E., Rianti Gozali, Amelia Christina, dan Yayu Wijohartono. Terima kasih atas persahabatannya selama ini yang akan penulis rindukan selalu kebersamaannya.

11. Teman - teman seperjuangan skripsi Felicia, Nur Ramdani Jamil, Aida Fahmad Jiata, Vallent Olivia dan Ahmad Fadli. Terimakasih atas

(8)

viii

kebersamaan dalam perjuangan skripsinya yang menjadi penghibur sekaligus pemicu motivasi penulis.

12. Big Brother Mekarjaya Family, Amelia, Leslie, Nina, Dewi, Nita, Nindhy, Indah, Risna, Natrisa, Ade, Wawan, Mikoriza, Rahardi, Jai Mohan, Verghese Raj, Yoyong, Vander Lee, Gugun, Evan, Ramadhan, Dedi, Raditya dan seluruh Keluarga Besar di Ciarileu, Garut. Terima kasih untuk masa KKN yang begitu menakjubkan yang akan menjadi pengalaman yang sangat indah bagi penulis.

13. Sahabat – sahabat, Rizma Anggia, Indra Firmansyah, Putri Kirana, Doni Romdona. Terima kasih untuk persahabatan yang tak pernah lekang oleh waktu.

14. Teman-teman di kelas Humas B dan seluruh teman – teman Humas Kelas Sore dan teman – teman seluruh angkatan 2010 yang telah bersama berjuang dalam dua tahun ini.

Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan kalian dan selalu dalam lindungan-Nya. Semoga skripsi ini berguna bagi yang membacanya. Amin.

Bandung, Juni 2013

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :