CARA MUDAH MEMBUAT DATABASE DENGAN MS. A

Teks penuh

(1)

CARA MUDAH MEMBUAT DATABASE

DENGAN MS. ACCESS

Hallo sobbat muda apa kabarnya ?... semoga dalam keadaan baik dan sehat..

Kali ini saya akan share bagaimana cara membuat database dengan Ms. Access 2010, caranya sangat mudah sobb. kalau gak dipelajari ya bakalan susah terus! betul gak?...

Apa sih database itu ?.. Database merupakan sebuah bentuk data atau pengolah data yang secara sistematis urutannya, memiliki sifat mudah di update atau dihapus sesuai dengan kebutuhannya. Untuk manfaat dari databes ini banyak sekali manfaatnya sobb. contoh, membuat absesnsi online, form online, daftar harga pada scanner market, perpustakaan, dan lain-lainnya. untuk tutorial kali ini saya coba untuk membuat contoh sederhana tahap awal membuat database. yaitu membuat tabel pada struktur database, karena didalam database itu ada beberapa struktur

database seperti :

- dan banyak lagi yang lainnya

Materi kali ini saya akan membuat contoh tabel Mahasiswa, berikut contohnya :

tahap awal kita buka program Ms. Accessnya, lalu buat nama databasenya, lalu klik Create, setelah kita klik create maka akan muncul tampilan lembar kerja pada Ms. Access.

(2)

Buat Nama Tabelnya, lalu klik Create

Tampilan Lembar Kerja Ms. Access 2010

Setelah terlihat tampilan lembar kerjanya, sekarang kita ubah tampilannya menjadi Design View

(3)

Tampilan Design View

Setelah memilih tampilan Design View, akan muncul kotak dialog untuk merubah/menyimpan nama table, dan isi nama table nya, sesuai data yang akan kita buat. disini saya membuat tablenya dengan nama "ekonomi"

setelah menyimpan table, sekarang kita akan membuat/mengisi field pada tablenya.

(4)

Tampilan membuat Table

Beriukutnya isilah bagian field, data type, dan descriptionnya, seperti ini :

(5)

Setelah kita buat bagian table ini, sekarang kita akan isi bagian tablenya, dengan cara mengubah tampilan viewnya menjadi Data Sheet View dengan cara klik menu View, pilih Data Sheet View.

(6)

Tampilan data Sheet View

Sekarang kita isi fieldnya seperti ini :

Nah! itulah cara-cara sederhana membuat Database, khusunya tabel pada program Ms. Access 2010. cara ini juga dapat diterapkan pada Office 2013, karena teknis pembuatannya tidak berbeda, yang membedakan hanya interfacenya saja.

jika sudah selesai sobbat muda bisa langsung Save saja datanya dengan mengklik icon save atau menekan tombol Ctrl+S.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...