KATA PENGANTAR. Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa karena berkat Asung Kertha Wara Nugraha-Nya,

10  22  Download (0)

Teks penuh

(1)

v

KATA PENGANTAR

Om Swastyastu,

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa karena berkat Asung Kertha Wara Nugraha-Nya, penulisan skripsi ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya guna memenuhi syarat untuk memperoleh gelar kesarjanaan dalam bidang hukum pada Fakultas Hukum Universitas Udayana. Adapun judul yang dipilih dalam penulisan skripsi ini adalah “Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Parkir Di Kota Denpasar”.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kata sempurna karena keterbatasan kemampuan dan pengalaman penulis, baik secara teori maupun praktek. Penulis berharap semoga skripsi ini memenuhi kriteria salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Udayana

Adapun keberhasilan penyusunan skripsi ini tidak lepas dari bimbingan dan bantuan secara moral maupun material dari berbagai pihak. Oleh karenanya, penulis melalui kesempatan ini ingin menyampaikan rasa hormat dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Bapak Prof. Dr. I Made Arya Utama, SH., M.Hum, Dekan Fakultas Hukum Universitas Udayana.

2. Bapak Dr. Gde Made Swardhana, SH., MH., Wakil Dekan I Fakultas Hukum Universitas Udayana.

(2)

vi

3. Ibu Dr. Ni Ketut Sri Utari, SH., M.H., Wakil Dekan II Fakultas Hukum Universitas Udayana.

4. Bapak Dr. I Gede Yusa, SH., MH., Wakil Dekan III Fakultas Hukum Universitas Udayana.

5. Bapak Dr. I Wayan Wiryawan, SH., MH., Ketua Bagian Hukum Perdata di Fakultas Hukum Universitas Udayana yang telah menyetujui skripsi penulis ini.

6. Ibu Made Nurmawati, S.H., M.H., Pembimbing Akademik yang telah membimbing, mengarahkan dalam setiap pengambilan mata kuliah dan selama mengikuti perkuliahan dari awal hingga akhir di Fakultas Hukum Universitas Udayana.

7. Ibu Dr. Desak Putu Dewi Kasih, SH., M.Hum., Pembimbing I yang telah memberikan petunjuk dan bimbingan dengan penuh kesabaran dalam penulisan skripsi ini.

8. Bapak I Nyoman Darmadha, SH., MH., Pembimbing II yang telah memberikan petunjuk dan bimbingan dengan penuh kesabaran dalam penulisan skripsi ini.

9. Bapak dan Ibu Dosen Fakultas Hukum Universitas Udayana yang telah memberikan pengetahuan dan bimbingan yang sangat berharga kepada penulis.

10.Segenap Staff Tata Usaha, Perpustakaan dan Laboratorium yang membantu dalam mengurus segala keperluan selama penulis kuliah.

(3)

vii

Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar dan Bapak I Ketut Nurjana, Kepala Seksi Data dan Analisa Program Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar yang sudah bersedia penulis wawancarai untuk melengkapi data penelitian yang penulis lakukan.

12.Orang Tua tercinta, Bapak Ir. I Wayan Parwita dan Ibu A.A.A Diah Kurniawati, S.Pt., Msi., serta ketiga adik kandung saya, Bagus Andika Pramana, Agus Rama Prasetya, Agus Krisnanda Pranata, atas segala dukungan, perhatian dan kasih sayangnya. Begitu pula keluarga terdekat yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu

13.Paman saya bapak I Made Dwita, SH. beserta sekeluarga, atas segala bantuan, dukungan, dan motivasinya selama penulisan skripsi ini.

14.Ni Nengah Tuti Arianthi, S.Ked., Pendamping hidup penulis, yang selalu menemani, mendukung, memotivasi, mendoakan, memberikan segala dorongan moril maupun materiil kepada penulis selama ini.

15.Sahabat-sahabat penulis, A.A Ngurah Wisnu Nayaka Putra, S.Ked., Ida Bagus Gede Dhana Iswara, SE., A.A.Istri Chintya Paramitha, SH., Ida Andriani, I Putu Renatha Indra Putra, SH., Esbe, Shah Rangga W, SH., Rahde, Agus tresna, Krisna Adhi, I Gede Arya Pratama, SH., Ade Chrisna, Rony, I Made Deno Kardika, SH., serta teman-teman lainnya yang membantu dan memberikan dukungannya. Terima kasih untuk LMFH yang telah memberikan saya banyak pengalaman dalam berorganisasi. 16.Para senior dan junior baik regular maupun ekstensi yang tidak dapat

(4)

viii

17.Keseluruhan teman-teman yang tergabung dalam group Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Udayana 2014/2015, Karang Taruna Dharma Bakti Kelurahan Renon, Ikatan Teruna Teruni Kelurahan Renon, 21 MKH, Pembimbing Akademik, Kominfo FH, DPM FH, KKN Pejeng Kawan, Jero Lanang Keceha Pemecutan, Alumni Primagama Gatsu, dan Hukum 2012.

Semoga bantuan, dorongan dan bimbingan yang telah diberikan kepada penulis memperoleh penghargaan yang baik dari Tuhan Yang Maha Esa. Penulis menyadari sepenuhnya masih ada kekurangan dalam penulisan ini. Dengan kerendahan hati, penulis menghargai dan menerima kritik dan saran demi kesempurnaan skripsi ini. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat, baik sebagai bahan bacaan maupun untuk pengetahuan bagi yang memerlukan.

Om Santih, Santih, Santih Om.

Denpasar, 22 September 2016 Penulis

(5)

ix

DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL DEPAN

HALAMAN SAMPUL DALAM ... i

HALAMAN PRASYARAT GELAR SARJANA HUKUM ... ii

HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING SKRIPSI ... iii

HALAMAN PENETAPAN PANITIA PENGUJI SKRIPSI ... iv

KATA PENGANTAR ... v

SURAT PERNYATAAN KEASLIAN ... ix

DAFTAR ISI ... x

ABSTRAK ... xiii

ABATRACT ... xiv

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah ... 1

1.2 Rumusan Masalah ... 8

1.3 Ruang Lingkup Masalah ... 8

(6)

x 1.5 Tujuan Penelitian ... 10 1.5.1 Tujuan umum ... 10 1.5.2 Tujuan khusus ... 10 1.6 Manfaat Penelitian ... 11 1.6.1 Manfaat teoritis ... 11 1.6.2 Manfaat praktis ... 11 1.7 Landasan Teoritis ... 11 1.8 Metode Penelitian... 18 1.8.1 Jenis penelitian ... 18 1.8.2 Jenis pendekatan ... 19 1.8.3 Sifat Penelitian ... 20

1.8.4 Data dan Sumber Data ... 20

1.8.5 Teknik Pengumpulan Data ... 22

BAB II TINJAUAN UMUM MENGENAI KONSUMEN DAN PERUSAHAAN JASA PARKIR DI KOTA DENPASAR 2.1 Tinjauan Umum Mengenai Konsumen 2.1.1 Pengertian Konsumen ... 25

(7)

xi

2.1.3 Pengertian Perlindungan Konsumen... 38

2.1.4 Prinsip-Prinsip Perlindungan Konsumen ... 41

2.2 Tinjauan Umum Tentang Perusahaan Jasa Parkir

2.2.1 Pengertian Perusahaan Jasa Parkir, Parkir, dan Pelaku Usaha Parkir... 42

2.2.2 Pengaturan Terkait Penyelenggaraan Parkir ... 49

2.2.3 Hak dan Kewajiban Pelaku Usaha Perusahaan Jasa Parkir ....

... 50

BAB III BENTUK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP

PENGGUNA JASA PARKIR DI KOTA DENPASAR

3.1 Deskripsi Tentang Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar ... 54

3.2 Kedudukan Hukum Antara Konsumen Jasa dan Perusahaan Jasa Parkir di Kota Denpasar ... 64

3.3 Bentuk Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Parkir di Kota Denpasar ... 70

BAB IV TANGGUNGJAWAB PERUSAHAAN DAERAH PARKIR DALAM HAL TERDAPAT KEHILANGAN KENDARAAN TANPA ADANYA BUKTI PERJANJIAN PARKIR BERUPA KARCIS PARKIR

(8)

xii

4.1 Kekuatan Hukum Karcis Parkir sebagai Bukti Perjanjian Parkir dan Jaminan Parkir ... 78

4.2 Tanggungjawab Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar dalam Hal Terdapat kehilangan kendaraan tanpa disertai karcis parkir

... 85

4.3 Proses Pemberian Ganti Rugi sebagai Tanggungjawab Perusahaan Daerah Parkir di Kota Denpasar ... 92

BAB V PENUTUP 5.1 Kesimpulan... 96 5.2 Saran-saran ... 97 DAFTAR PUSTAKA DAFTAR RESPONDEN LAMPIRAN RINGKASAN

(9)

xiii ABSTRAK

Perlindungan Hukum terhadap pengguna jasa parkir di Kota Denpasar dalam penyelenggaraan perpakiran yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar dilatarbelakangi bertambahnya jumlah kendaraan serta kebutuhan akan lahan parkir semakin meningkat. Kondisi ini membuat pengguna jasa parkir membutuhkan adanya perlindungan hukum terhadap kendaraannya yang telah terpakir sebagai tanggungjawab untuk menerima hak-haknya apabila mengalami kerugian. Karcis parkir adalah bukti parkir sebagai jaminan terhadap kendaraan yang sebelumnya telah terjadinya kesepakatan antara pihak pengguna jasa dengan pengelola perpakiran. Namun, penyalahgunaan terhadap karcis parkir tersebut, menambah lemahnya kondisi pengguna jasa parkir dalam memperoleh ganti kerugian. Berdasarkan latar belakang tersebut, adapun permasalahan sekaligus tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap pengguna jasa parkir di Kota Denpasar? dan untuk mengetahui bagaimana tanggungjawab Perusahaan Daerah Parkir dalam hal terdapat kehilangan kendaraan tanpa adanya bukti perjanjian parkir berupa karcis parkir di Kota Denpasar?

Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian empiris dengan menggunakan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan fakta.

Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah perlindungan hukum terhadap pengguna jasa parkir di Kota Denpasar dalam memberikan pelayanan perpakiran pemenuhan hak-hak selaku konsumen dan karcis parkir sebagai bentuk perlindungan yang diberikan Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar sekaligus sebagai alat kontrol dan pengawasan. Namun pelaksanaannya belum optimal dalam pemenuhan hak-hak pengguna jasa parkir, serta kurangnya informasi terkait pentingnya karcis parkir untuk pengguna jasa parkir. Tanggungjawab Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar dalam hal terjadinya kehilangan kendaraan tanpa adanya karcis parkir tidak dapat diberikan santunan ganti kerugian sebagaimana syarat permohonan ganti rugi diatur dalam Peraturan Walikota Denpasar Nomor 30 Tahun 2006. Tetapi Perusahaan Daerah Parkir tetap memberikan bantuan memberikan informasi dalam proses pencarian kendaraan yang hilang.

Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Tanggungjawab, Pengguna jasa parkir, Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar.

(10)

xiv

ABSTRACT

Legal protection against users of parking services in the city of Denpasar in organizing perpakiran conducted by the Regional Company of Denpasar City Parking motivated the increasing number of vehicles and the need for parking spaces is increasing. These conditions make the parking service user requires legal protection to vehicles that have terpakir as the responsibility to accept their rights when experiencing loss. Parking ticket is proof of parking as a guarantee against a vehicle that has previously been the agreement between the service user with perpakiran manager. However, abuse of the parking ticket, adding to the poor condition of the parking service user in obtaining damages. Based on this background, as well as for issues of interest in this study is to examine how the forms of legal protection against users of parking services in Denpasar? and to find out how the company responsibility Regional Centre in the event of loss of vehicle without any evidence of an agreement in the form of a parking ticket parking in Denpasar?

The method used in this thesis is empirical research methods using the approach of law and fact approach.

The results obtained in this study is the legal protection of the users of parking services in the city of Denpasar in providing services to parking fulfillment of rights as a consumer and a parking ticket as a form of protection provided Local Company Denpasar City Centre as well as a means of control and supervision. However, implementation has not been optimal in the fulfillment of the rights of users of parking services, as well as the lack of information regarding the importance of a parking ticket for parking service users. Corporate Responsibility Regional Denpasar City Parking in the event of loss of vehicle without a parking ticket can be not awarded compensation for damages as a condition of claim for damages Denpasar Mayor Regulation Number 30 of year 2006. But the company still provide assistance Regional Centre to provide information in the search process vehicles missing.

Keywords: Legal Protection, Responsibility, User parking services, Centre Regional Company of Denpasar.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :