Sistem Pengawasan Intern Gaji Dan Upah Pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, Cabang Belmera

Teks penuh

(1)

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Di era globalisasi seperti saat ini setiap perusahaan, baik itu perusahaan jasa maupun perusahaan industri menciptakan iklim usaha yang sehat adalah suatu tuntutan bagi setiap perusahaan. Pada umumnya perusahaan memiliki tujuan dan sasaran yang hendak dicapai dalam kegiatan operasionalnya. Tujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, perkembangan perusahaan, dan juga memperoleh laba secara maksimal dapat dilakukan dengan pengendalian internal.

(2)

memberikan gaji yang sesuai dengan prestasi dan golongan atau strata kerja yang telah diberikan bagi perusahaan.

Gaji itu sendiri merupakan suatu bentuk kompensasi yang dibayarkan perusahaan kepada karyawannya atau jasa yang diberikan kepada perusahaan yang bersangkutan. Selain pemberian gaji, memberikan tunjangan-tunjangan, insentif, bonus dan lain-lain juga dapat merangasang timbulnya motivasi kerja sehingga kerja lebih produktif. Kegiatan penggajian dan pengupahan akan berpengaruh positif pada kinerja karyawan dan perkembangan perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan, permasalahan gaji dan upah merupakan hal yang sangat vital dan sensitive, maka untuk mencegah masalah-masalah tersebut terjadi perusahaan perlu mengembangkan suatu pengawasan gaji dan upah agar sistem penggajian tersebut masuk akal dan dapat dipertahankan. Di dalam pengawasan gaji dan upah ini diupayakan terjadinya hubungan yang harmonis antara perusahaan dan karyawan. Perusahaan berusaha memberikan motivasi kerja.

(3)

Regioal (UMR) yang ditetapkan pemerintah dan membuat para karyawannya melakukan demonstrasi untuk meminta kenaikan gaji dan upah mereka. Perusahaan yang sepertinya seharusnya mendapat sanksi dari pemerintah, karena telah melanggar aturan yang ada. Namun biasanya hal seperti ini jarang di jumpai pada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kemudian dengan adanya sistem pengawasan intern yang tegas dan objektifakan mendorong karyawan untuk semakin produktif dan bertindak jujur.

Dengan adanya latar belakang yang telah dipaparkan diatas, maka penulis tertarik untuk membahas gaji dan upah. Disini penulis menyertakan tugas akhir yang berjudul “Sistem Pengawasan Intern Gaji dan Upah pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, Cabang Belmera”.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian penulis dalam latar belakang masalah, maka perumusan masalah yang berkaitan dengan penelitian ini adalah : “ Apakah pengawasan intern gaji dan upah telah diterapkan secara baik pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, Cabang Belmera?”.

C. Tujuan Dan Manfaat Penelitian

1. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini sebagai berikut:

(4)

b) Untuk mengetahui secara jelas bagaimana PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Belmera Medan melakukan pengawasan intern gaji dan sejauh mana keberhasilan sistem pengawasan intern tersebut.

2. Manfaat Penelitian

a) Bagi penulis, untuk melihat perbandingan yang diuraikan dalam masa perkuliahan dengan praktek dilapangan serta menambah pengetahuan juga memperluas wawasan mengenai sistem pengawasan intern gaji dan upah pada perusahaan.

b) Bagi PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Belmera Medan, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dengan mempelajari teori yang ada dan masukan bagi pengambil keputusan demi meningkatkan kinerja perusahaan sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan. c) Bagi pihak lain, dapat menjadi masukan ataupun bahan rujukan dalam

(5)

D. Rencana Penelitian

1. Jadwal Survey/Observasi

Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Belmera yang bertempat di Jalan Simpang Tanjung No. 1 A Medan.

Tabel 1.1

Jadwal Survey/Observasi dan Penyusunan Tugas Akhir

No. KEGIATAN APRIL 2016 MEI 2016 JUNI 2016

I II III IV I II III IV I II

1 Pengesahan Tugas Akhir

2 Pengajuan Judul

3 Permohonan Izin Riset

4 Pengajuan Dosen Pembimbing

5 Pengumpulan Data

6 Penyusunan Tugas Akhir

7 Bimbingan Tugas Akhir

(6)

2. Rencana Isi

Secara garis besar penulis akan memberikan gambaran rencana isi dalam empat bab, yang masing-masing terdiri dari sub-sub bab yang sesuai dengan kebutuhan penulis. Secara garis besar pokok pembahasannya adalah sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN

Dalam bab ini peneliti akan menguraikan tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian dan rencana penelitian terdiri dari jadwal survey/observasi dan rencana isi.

BAB II : PT. JASA MARGA (Persero) Tbk, Cabang BELMERA

Dalam bab ini penulis akan menguraikan tentang sejarah perusahaan, jenis usaha, struktur organisasi, job description, jaringan usaha, kinerja usaha terkini, rencana usaha.

BAB III : SISTEM PENGAWASAN INTERN UPAH DAN GAJI

PADA PT. JASA MARGA (Persero) Tbk, Cabang

BELMERA

(7)

pembayaran gaji dan upah, pengawasan gaji dan upah, tujuan pengawasan intern, penerapan sistem pengawasan intern.

BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN

Figur

Tabel 1.1

Tabel 1.1

p.5

Referensi

Memperbarui...