• Tidak ada hasil yang ditemukan

KASUS DUGAAN KORUPSI PERUMAHAN GRIYA LAWU ASRI Content Detail KASUS DUGAAN KORUPSI PERUMAHAN GRIYA LAWU ASRI (Analisis Framing Pemberitaan Kasus Dugaan Korupsi Bupati Karanganyar Rina Iriani terhadap Perumahan Griya Lawu Asri di Surat Kabar Harian SOLOP

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "KASUS DUGAAN KORUPSI PERUMAHAN GRIYA LAWU ASRI Content Detail KASUS DUGAAN KORUPSI PERUMAHAN GRIYA LAWU ASRI (Analisis Framing Pemberitaan Kasus Dugaan Korupsi Bupati Karanganyar Rina Iriani terhadap Perumahan Griya Lawu Asri di Surat Kabar Harian SOLOP"

Copied!
15
0
0

Teks penuh

(1)

KASUS DUGAAN KORUPSI

PERUMAHAN GRIYA LAWU ASRI

(Analisis Framing Pemberitaan Kasus Dugaan Korupsi Bupati Karanganyar Rina Iriani terhadap Perumahan Griya Lawu Asri di Surat Kabar Harian

SOLOPOS Edisi Maret -Agustus 2010)

SKRIPSI

Diajukan sebagai syarat Memperoleh Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom)

Oleh :

INDRIYANI

030902199 / kom

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

(2)
(3)
(4)

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Indriyani

Nomor Mahasiswa : 03 09 02199 Program Studi : Ilmu Komunikasi

Judul Skripsi : “ Kasus Dugaan Korupsi Perumahan Griya Lawu Asri “ (Analisis Framing Pemberitaan Kasus Dugaan Korupsi Bupati Karanganyar Rina Iriani terhadap Perumahan Griya Lawu Asri di Surat Kabar Harian Solopos Edisi Maret -Agustus 2010)

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa karya tulis tugas akhir ini benar- benar saya kerjakan sendiri.

Karya tulis tugas akhir ini bukan merupakan plagiarisme, pencurian hasil karya milik orang lain, hasil kerja orang lain untuk kepentingan saya karena hubungan material maupun non-material, ataupun segala kemungkinan lain yang pada hakikatnya bukan merupakan karya tulis tugakhir saya secara orisinil dan otentik.

Bila dikemudian hari diduga kuat ada ketidaksesuaian fakta dengan pernyataan ini, saya bersedia diproses oleh tim Fakultas yang dibentuk untukmelakukan verfikasi dengan sanksi terberat berupa pembatalan kelulusan /kesarjanaan saya.

Pernyataan ini saya buat dengan kesadaran sendiri dan tidak atas tekanan ataupun paksaan dari pihak manapun demi menegakkan integritas akademik di institusi ini.

Yogyakarta, 7 Juni 2011 Saya yang menyatakan

(5)

MOTTO

Kau selalu punya jalan utk menolongku. Kau selalu punya jalan keajaibanMu. Kau dasyat dalam segala perbuatanMu.

(6)

HALAMAN PERSEMBAHAN

“Serahkanlah perbuatanmu kepada Tuhan, maka terlaksanalah semua rencanamu”

(Amsal 16:3)

Skripsi ini kupersembahkan kepada: Bapak Yohanes Sudjiman

(7)

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan atas kemurahan serta bimbingan Tuhan Yang Maha Kasih sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Pemberitaan Kasus Dugaan Korupsi Bupati Karanganyar Rina Iriani terhadap Perumahan Griya Lawu Asri di Surat Kabar Harian SOLOPOS Edisi Maret-Agustus 2010”. Skripsi ini disusun sebagai syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Sosial dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Tentunya pengerjaan serta penyelesaian skripsi ini tidak lepas dari bantuan serta dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada :

1. Tuhan Yesus Kristus, Allah Bapa di Sorga, Bunda Perawan Maria, atas berkat, doa, cinta kasih yang tiada habisnya. (Rencana-Mu, selalu indah pada waktunya..).

2. Bapak Bonaventura Satya Bharata, M.Si yang terhormat selaku dosen pembimbing yang telah sabar membimbing, memberi pengarahan serta pencerahan pada penulis selama penyusunan skripsi ini.

3. Dr. Phil. Lukas S. Ispandriarno, MA, Dosen Penguji utama untuk masukan serta kritik dan sarannya pada saat ujian skripsi.

4. Drs. Mario Antonius Birowo, MA, Dosen Penguji II yang sudah memberi masukan yang berguna bagi perbaikan skripsi ini.

5. Segenap dosen yang telah membantu kelancaran studi penulis dan karyawan TU Fisip UAJY yang banyak membantu dari membuatkan kartu KRS, surat ijin penelitian, hingga bantuan dimenit-menit sebelum ujian skripsi.

(8)

7. Mas Hery Prasetyo, terima kasih atas support dan uang jajan yang diberikan padaku selama menyusun skripsi (Akhirnya).

8. Kekasihku tercinta, Stefanus Sigit Arif Saputra, untuk segala macam bantuan, pengorbanan, kesabaran, ketulusan, pengertian, perhatian, serta cinta dan kasihnya (Hanya kamu yang bisa mengerti aku,Thx for editing ...).

9. Sahabatku Rosalina Dina (hahaa.. makasi hiburan selama aku stres Yonantha Candra Premana, mbak Indah Setyaningsih, mas Triyono, mbak “ Fifi “ (Terimakasih sudah menyediakan waktu buat wawancaranya dan pengetahuannya).

11. Teman-teman TATV, temen perjuangan melawan hujan dan panas, khusunya departemen news, mb Nia Fathoni, Jarot Jurtaji, Mas Budi Sarwono,dll (akhirnya setelah sekian lama ini,, bisa lulus juga dan maafkan aku meninggalkan kalian, Love u all).

12. Santi Fiani, “Ednong”, Paskalina Herawati sepupuku tersayang, (terimakasih atas tumpangan kos jika aku bimbingan ke Jogja).

13. Romo Widianto ( makasi mo atas doanya untukku setiap kali membawa misa). 14. Semua saudara-saudaraku di Jogja, Solo, Jakarta, Jambi. (Terimakasih atas

(9)

15. Terimakasih untuk semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Finally, I’ve made it...

Yogyakarta, 7 Juni 2011

(10)

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL... i

HALAMAN PERSETUJUAN... ii

HALAMAN PENGESAHAN... iii

PERNYATAAN KEASLIAN... iv

MOTTO... v

PERSEMBAHAN... vi

KATA PENGANTAR... vii

DAFTAR ISI... x

DAFTAR TABEL DAN SKEMA... xiii

DAFTAR LAMPIRAN... xiv

1. Berita Sebagai Hasil Konstruksi Realitas ... 10

2. Proses Produksi Berita ... 12

3. Framing Sebagai Sebuah Teori ... 16

4. Teks dan Konteks ... 20

5. Korupsi... 21

G. METODOLOGI PENELITIAN... 23

1. Jenis Penelitian ... 23

(11)

a. Level Teks ... 24

BAB II DESKRIPSI OBYEK PENELITIAN A. Sejarah Pers dan kelahiran SOLOPOS... 35

B. SOLOPOS sebagai koran masyarakat... 37

C. Visi dan Misi SOLOPOS... 39

D. Distribusi dan Sirkulasi SOLOPOS ... 40

E. Pembaca SOLOPOS... 41

F. Struktur Rubrikasi SOLOPOS... 43

G. Redaksional SOLOPOS ... 44

H. Kebijakan Redaksional SOLOPOS... 47

I. Karakter Pemberitaan SOLOPOS... 47

J. Pola Liputan SOLOPOS... 48

3. Kasus dugaan korupsi GLA: Periksa Bupati Rina! 23 Juni 2010 ... 69

4. Rina terima Rp 18,6 M, 30 Juli 2010... 76

5. Jaksa segera panggil Bupati Rina, 31 juli 2010... 82

6. Rina: Jangan dipolitisasi, 1 Agustus 2010 ... 87

(12)

8. Handoko beberkan aliran Rp 370 juta,

6 Agustus 2010... 95

B. ANALISIS KONTEKS ... 101

1. Melihat sikap SOLOPOS pada kasus dugaan korupsi GLA ... 103

a. Pandangan SOLOPOS terhadap kasus dugaan korupsi GLA ... 103

b. Pandangan SOLOPOS keterlibatan Bupati Rina... 109

2. Kebijakan redaksional SOLOPOS... 115

a. Implementasi visi misi harian SOLOPOS... 115

b. Manajemen keredaksian SOLOPOS... 120

c. Karakteristik liputan dalam pemberitaan ... 123

d. Jurnalisme dalam kebijakan redaksional SOLOPOS. 128 C. Penggabungan Analisis Teks dan Konteks ... 135

(13)

DAFTAR TABEL DAN SKEMA

Tabel 1.1 Tabel tahap Proses Framing... 19

Tabel 1.2 Tabel Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki... 31

Tabel 2.1 Distribusi dan Sirkulasi SOLOPOS ... 41

Tabel 2.2 Pembaca SOLOPOS... 42

Skema 1.1 Tahapan untuk melakukan penulisan terhadap penelitian……….. 32

Skema 2.1 Proses Produksi SOLOPOS ... 46

Skema 2.2 Struktur Redaksi Harian Umum SOLOPOS... 49

(14)

DAFTAR LAMPIRAN

 Surat Keterangan telah melakukan penelitian dari SOLOPOS  Berita Harian SOLOPOS yang dianalisis

 Contoh Lembar Koding berita SOLOPOS

 Lampiran data narasumber

 Lampiran Pertanyaan untuk wawancara dengan pihak SOLOPOS  Hasil transkrip wawancara dengan pihak SOLOPOS

(15)

ABSTRAKSI

Indriyani 03 09 02199. Pemberitaan Kasus dugaan Korupsi perumahaan Griya Lawu Asri di Surat Kabar Harian SOLOPOS. Analisis Framing Headline Pemberitaan Persidangan Kasus dugaan Korupsi Bupati karanganyar Rina Iriani terhadap perumahaan Griya Lawu Asri di Surat Kabar Harian SOLOPOS. Kasus korupsi selama lima tahun terakhir telah menjadi sorotan publik. Korupsi yang terjadi dalam lingkup eksekutif dan legislative tergolong besar. Berdasarkan laporan Indonesia Corruption Watch (ICW), sebuah Lembaga Swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak dibidang pemberantasan korupsi di Indonesia, korupsi terbesar pada tahun 2004 dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, disusul kepala daerah.

Kasus dugaan korupsi Bupati karanganyar Rina Iriani terhadap perumaahan Griya Lawu Asri menarik perhatian peneliti, karena perumahaan Griya Lawu Asri awalnya merupakan program Bupati karanganyar, Rina Iriani kepada masyarakat kecil, tapi pada proses pembangunannya terhenti dengan adanya dugaan korupsi atas aliran dana kepada beberapa pihak, salah satunya Bupati Rina. Bupati Rina yang merupakan pejabat penting di Karanganyar, diduga turut terlibat dalam kasus ini, sehingga hal ini berdampak pada stabilitas daerah tersebut.

Penelitian terhadap pemberitaan Kasus dugaan korupsi Bupati karanganyar Rina Iriani terhadap perumaahan Griya Lawu Asri bertujuan untuk mengetahui pembingkaian pada pemberitaan Kasus dugaan korupsi Bupati karanganyar Rina Iriani terhadap perumaahan Griya Lawu Asri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah berita sebagai hasil konstruksi atas realitas, proses produksi berita, konsep framing, dan mengenai teks dan konteks. Peneliti melakukan analisis pada dua level, yaitu level teks pada beberapa berita utama (headline) serta level konteks dengan mewawancarai pihak redaksi SOLOPOS.

Hasil dari analisa teks yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa Frame SOLOPOS dalam tema pemberitaan ini adalah mengangkat pihak-pihak atau saksi-saksi yang diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi perumahaan Griya Lawu Asri (GLA), salah satu yang menjadi fokus adalah Bupati karanganyar, Rina Iriani. Hal ini menjadi sesuatu yang penting dalam kasus ini. Selain itu, kasus ini masih terus bergulir dan keterlibatan sejumlah pihak belum diusut secara tuntas oleh pengadilan. Sementara itu, Hasil analisa konteks, SOLOPOS merupakan salah satu media leader cetak lokal di Surakarta yang sangat concern terhadap tindak kasus korupsi, khususnya didaerah liputannya di Soloraya dan selalu menjadi headline pemberitaan.

Gambar

Tabel 1.1 Tabel tahap Proses Framing..........................................................

Referensi

Dokumen terkait

What is the content (%) of free fatty acids of a soybean oil if the acid value is 0.3. The average molecular weight of free fatty acids of the oil

Untuk menjawab permasalahan yang muncul tersebut mengenai bagaimana sebuah alat penampil informasi selain dapat menampilkan informasi dapat memiliki kesan artistik

Fadjrir, SpOG beserta staf yang telah memberikan kesempatan dan sarana kepada Saya dalam bekerja selama mengikuti pendidikan di Departemen Obstetri dan

• Pertahanan tubuh, dalam bentuk antibodi yaitu suatu protein khusus yang dapat mengenal dan menempel / mengikat benda – benda asing yang masuk ke dalam tubuh seperti virus,

Berdasarkan penjelasan tersebut, kajian ini dijalankan untuk mengkaji sama ada penggunaan modul pengajaran dan pembelajaran awal matematik yang menekankan pendekatan

Dapatan kajian menunjukkan elemen mengikut pangkat tertinggi ialah elemen (i) perubahan dalam perpustakaan dihebahkan dengan jelas kepada kakitangan bagi konstruk komunikasi;

Pengembangan Program Pembekalan Kecakapan Generik Biokimia Pada Materi Pokok Metabolisme Protein Bagi Mahasiswa Calon Guru.. Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu

bahan buangan organik juga bisa bereaksi dengan oksigen yang terlarut di dalam air mengikuti. reaksi