WARGA NEGARA YANG BAIK

Teks penuh

(1)

WARGA NEGARA YANG BAIK

TUGAS AKHIR

Dosen Pembimbing : Mohammad Idris ,P,DRS,MM

disusun oleh

Hendi Pradita Septiadi 11.12.5718

Kelompok Sejahtera

JURUSAN SISTEM INFORMASI

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIKOM

YOGYAKARTA 2011

(2)

PENDIKIKAN PANCASILA 2 KATA PENGANTAR

Puji dan syukur, saya ucapkan kepada Tuhan yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya lah saya dapat selesai mengerjakan tugas mata kuliah Pendidikan Pancasila ini.

Dan Terimakasih kepada Bapak Ayub Permana Sh. yang telah memberikan Pelajaran dan ilmu kepada saya sehingga makalah “ WARGA NEGARA YANG BAIK ” dapat terselesaikan dengan baik sebagai tugas mata kuliah Pendidikan Pancasila.

Demikian pengantar dari saya,

Semoga makalah ini dapat diterima oleh pembaca. Terimakasih

(3)

PENDIKIKAN PANCASILA 3 BAB I

Tuhan Itu Ada

Tuhan itu ada, jelas ada !. Kenapa?, karena disemua ajaran agama menegaskan bahwa Tuhan itu memang ada. Tuhan lah yang menciptakan alam semesta. Khususnya Bumi, tempat dimana kita hidup. Saya ambil contoh, misalnya seorang pengrajin pisau. Dia membuat pisau dengan bahan yang terbaik, dan ketika dia selesai membentuk pisau itu, dia akan segera mengasah pisau itu agar tajam, tetapi dia akan tetap mengontrol pisau itu supaya tidak terlalu tajam, sehingga jadilah pisau yang sempurna. Begitu pula dengan Bumi, Tuhan ciptakan bumi dengan sangat baik. Tuhan berikan air, udara, dan tanah agar kita dapat hidup

didalamnya. Kemudian Tuhan akan mengontrol bumi itu agar menjadi bumi yang sempurna, dan dapat menjadi tempat tinggal bagi mahluk hidup di dalam nya. Manusia, serta Hewan dan Tumbuhan.

Saya pernah mendengar bahwa masih ada sekelompok bahkan ribuan orang yang tidak mempercayai akan adanya Tuhan. Mereka adalah orang orang Atheisme yang tidak memilika agama. Mereka beranggapan bahwa manusia tercipta dari manusia yang lainnya, dan bukan tuhan. Sungguh sungguh merugi sekali mereka. Mereka tidak akan pernah merasakan ketenangan jiwa, serta hidup mereka tidak akan teratur. Bagaimana tidak, karena mereka tidak mempunyai agama, mereka berbuat semau hati mereka tanpa ada larangan dari apapun. Kecuali undang undang. Orang orang seperti ini sungguh akan celaka hidupnya.

Tuhan itu memang ada, walaupun kita belum sama sekali bertemu dengan-Nya, walaupun kita belum pernah berbicara langsung dengan-Nya. Namun kita tetap yakin akan adanya Tuhan di dalam hidup kita. Melalui agama kita dianjurkan untuk berdo’a setiap saat kepada Tuhan yang Maha Esa. Disaat kita memulai suatu kegiatan, disaat sebelum dan sesudah makan, disaat kita sedang ada masalah, kita dianjurkan untuk berdo’a kepada Tuhan agar masalah yang kita hadapi akan segera berakhir.

Tuhan itu memang ada, sudah jelas pada pancasila yang sudah menjadi filsafah hidup bangsa Indonesia sejak bertahun-tahun yang lalu. Tertulis pada sila pertama yang berbunyi “ Ketuhanan yang maha Esa “ dari pancasila pada sial tersebut saja sudah dapat di mengerti bahwa kita Rakyat Indonesia adalah Negara yang beragama sejak awal berdirinya.

Saya percaya tuhan itu memang ada. Karena disetiap tubuh manusia mempunyai panca indra, untuk melihat, merasa, mendengar, mencium dan meraba. Serta kita juga diberi tangan, kaki, hati dan fikiran. Itu semua Tuhan berikan kepada kita secara Cuma-Cuma. Dan apakah Tuhan memberikan itu semua hanya untuk bersenang-senang dan memanjakan diri kita? Tentu tidak, Tuhan menciptakan itu semua agar kita semua menyembah-Nya,

menyerukan Nama-Nya, dan besyukur atas apa yang telah Tuhan berikan kepada kita.

Sungguh kekuatan Tuhan sangat luarbiasa. Bagaimana tidak, Ia dapat dengan mudah membuat bencana seperti tsunami, gempa, bahkan Tuhan dapat dengan mudah meletuskan gunung berapi. Itu semua dikarenakan apabila hambanya ingkar, yang bahkan tidak pernah menyembah-Nya. Saya ambil contohmisalnya, kisah Fir’aun. Dia(Fir’aun) adalah orang terkaya dan raja yang sangat dibenci oleh rakyatnya. Bagaimana tidak, dia pernah mengaku

(4)

PENDIKIKAN PANCASILA 4

sebagai Tuhan . bahkan dia pernah menantang tuhan untuk beradu ilmu dengannya, maka dari itu Tuhan marah, Firaun dan seluruh perajurit kerajaannya tenggelam di laut merah oleh Nabi Musa yang merupakan Utusan-Nya. Dari cerita tadi kita dapat menyimpulkan betapa dasyatnya kekuatan Tuhan.

Keajaiban Tuhan juga sungguh luarbiasa, bagaimana tidak seluruh keajaiban dunia ini ialah Tuhan yang menciptakannya, musalnya, bagaimana mata kita dapat melihat dan berkedip, bagaimana kita dapat bergerak, bagaimana kita dapat bernafas, bagaimana air bias mengalir, bagaimana angin bias berhembus, itu semua adalah hanya keajaiban kecil darinya. Bahkan yang sampai sekarang yang ilmuan belum bias memastikannya adalah bagaimana matahari dan planet-planet tidak saling bertabrakan di angkasa ? fenomena ini sampai sekarang belum terpecahkan bahkan oleh ilmuan terpintar sekalipun, namun masih ada satu keajaiban lagi, bagaimana dapat berputar dengan cepat, sedangkan kita yang didalamnya tidak terjatuh dan merasa pusing? \itu semua adalah kehendak dari Tuhan yang Maha Esa. Nah, apakah dengan semua keajaiban ini masih saja ada orang yang tidak mempercayai adanya Tuhan? Jika masih ada, sungguh bodoh orang yang beranggapan seperti itu.

Tuhan memang ada, ada didalam hati kita, Tuhan menganjurkan kita untuk menyembahnya, memujinya, memuliakannya, dengan ajaran agama kita masing-masing. “TUHAN MEMANG ADA”

(5)

PENDIKIKAN PANCASILA 5 BAB II

TERORISME

Terorisme adalah serangan-serangan terkoordinasi yang bertujuan membangkitkan perasaan terror terhadap sekelompok masyarakat. Aksi terorisme ini biasanya dilakukan oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan golongan, kelompok, ataupun agama. Aksi terorisme juga mengandung makna bahwa serangan-serangan teroris yang dilakukan tidak berperikemanusiaan dan tidak memiliki justifikasi, dan oleh karena itu para pelakunya (Teroris) layak mendapatkan pembalasan yang kejam dan setimpal.

Para teroris umumnya menyebut mereka sebagai separatis, pejuang pembebasan, pasukan perang salib, militant, jihad, mujahidin, dan lain-lain. Tetapi itu semua adalah yang mereka (Teroris) anggap benar. Tetapi “makna sebenarnya dari jihad dan mujahidin adalah jauh dari tindakan-tindakan terorisme, yang menyerang penduduk sipil, padahal tidak terlibat dalam perang “. Padahal terorisme itu sendiri sering tampak dengan mengatasnamakan Agama.

selain oleh pelaku individual atau kelompok, Aksi terorisme biasa juga dilakukan oleh Negara, atau dikenal dengan “ Terorisme Negara (state teroris) “ misalnya seperti yang dikemukakan oleh Noam Chomsky yang menyebut bahwa Amerika Serikat kedalam kategori itu. Persoalan standart ganda selalu mewarnai berbagai penyebutan yang awalnya bermula dari barat, seperti ketika Amerika Serikat banyak menyebut teroris terhadap berbagai kelompok di dunia, disisi lain liputan media menunjukan fakta bahwa Amerika Serikat melakukan tindakan terorisme yang mengerikan hingga melanggar konversi yang telah disepakati.

Terorisme di dunia bukanlah merupakan hal yang baru, namun menjadi berita actual sejak terjadi peristiwa terorisme di World Trade Center (WTC) di New York, Amerika Serikat pada tanggal 11 september 2001, yang dikenal sebagai “September Kelabu”, yang memakan korban 3000 orang. Serangan dilakukan melalui udara, tidak menggunakan pesawat tempur, melainkan menggunakan pesawat komersil milik perusahaan Amerika Serikat sendiri, sehingga tidak tertangkap oleh radar Amerika Serikat. Tiga pesawat komersil milik Amreika Serikat dibajak, dua diantaranya di tabrakan ke Menara kembar Twin Towers World Trade Center dan gedung pentagon.

Contoh tersebut diatas adalah salahsatu tindakan terorisme yang ada di luar negri. Dan kemudian apakah didalam negri, di Negara Republik Indonesia ini bersih dari Terorisme? Tentusaja tidak, sudah banyak aksi aksi terorisme yang terjadi di Negara kita tercinta ini.

Motif Terorisme di Indonesia bermacam-macam, diantaranya adalah Bom Bunuhdiri dan Paket Bom misterius. Kedua motif terorisme tersebut adalah yang paling fenomenal di Indonesia, terutama Bom bunuhdiri. Aksi bom bunuhdiri adalah yang paling sering

digunakan para teroris untuk mengacaukan ketentraman dan kedamaian masyarakat

Indonesia. Tempat sasaran serangan teroris bom bunuhdiri adalah tempat-tempat keramaian, misalnya kafe, restaurant, hotel, ataupun tempat ibadah.

(6)

PENDIKIKAN PANCASILA 6

Contoh peristiwa yang sampai sekarang dikenang oleh rakyat Indonesia adalah “Bom Bali “ yang terjadi pada tahun 2002 di Kuta dan di Jimbaran Bali. Peristiwa ini sungguh sangat tragis karena korban tewas n ya adalah 202 orang dan 300 orang lainnya mengalami luka-luka. Pelakunya ada 3 orang yaitu, Muhammad Salik Firdaus, Misno alias Wisnu, dan Ayib Hidayat. Ketiganya diduga merupakan anggota dari kelompok teroris yang dipimpin oleh Drs. Azhari yang tidak lain dan tidak bukan adalah perakit bom tersebut dampak dari bom bali ini adalah turunnya nilai mata uang Rupiah pada waktu itu dan bangkrutnya salah satu maskapai penerbangan yaitu Air Paradise.

Tentu saja pemerintah tak ingin tinggal diam untuk memburu dalang para pelaku terorisme, melalui Brimob dan Densus 88, Pemerintah mulai mengusut para teroris tersebut, pada tanggal 9 november 2005. Polisi melakukan penyergapan ke sebuah vila di Kota Batu, Malang. Dan akhirnya Dr. Azhari yang menjadi buronan asal Malaysia tewas dalam baku tembak dengan Polisi dan Densus 88. Kemudian pada tahun 2009 tepatnya pada tanggal 8 agustus. Buronan teroris yang paling dicari di Indonesia, yaitu Nurdin M.Top. di tembak mati setelah terjadi baku tembak dengan ratusan polisi dan Densus 88.

Dari semua contoh peristiwa di atas dapat disimpulkan bahwa aksi terorisme adalah tindakan yang paling tidak manusiawi, dan tentunya melanggar ketentuan agama. Nah, pertanyaan nya adalah, apakah ada cara agar pemuda Indonesia tidak menjadi teroris? Tentu saja ada, salah satu caranya adalah dengan cara meningkatkan wirausaha di kalangan pemuda, karena penyebab para pemuda menjadi teroris adalah karena alas an kekurangan ekonomi. Dan ada satu cara lagi agar para pemuda tidak akan menjadi teroris yaitu dengan cara mengajak para pemuda Indonesia mengerti akan arti setiap sila dari pancasila. Jika pemuda itu mengerti serta paham nilai-nilai dari pancasila maka ia tidak akan menjadi teroris, dia tidak akan mengebom dirinya sendiri untuk menghancurkan Negara nya sendiri. Apalagi jika ia sudah yakin bhawa Tuhan itu ada, sudah pasti pemuda itu tidak akan menjadi teroris yang sudah pasti itu adalah larangan dari Tuhan yang Maha Esa.

(7)

PENDIKIKAN PANCASILA 7

SPARATISME

Negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) adalah tempat dimana kita lahir dan menetap, tempat kita untuk bermasyarakat, tempat kita hidup dalam aturan Undang-Undang dasar 1945 dan juga Pancasila. Kita sebagai rakyat Indonesia harus menyadari betul akan penting nya pengertian dari pancasila, dari sila pertama, hingga sila kelima. Kita harus mengerti secara detail dari sila ke sila agar kita dapat hidup bermasyarakat di Indonesia. Sedikit mengingatkan bunyi-bunyi dari kelima sila tersebut. Yang pertama adalah “Ketuhanan yang Maha Esa”, kedua “ Kemanusiaan yang adil dan beradap “, ketiga,

“Persatuan Indonesia “ keempat “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam kemusyawaratan perwakilan “ dan kelima adalah “ Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia “.

Jika Pancasila sudah di tetapkan dan Undang-undang dasar 1945 sudah di sematkan di kehidupan masing-masing individu, apakah masih ada orang yang menghianati Pancasila undang-undang dasar 1945, dan NKRI ? jika dilihat dari beberapa peristiwa ada beberapa daerah yang menghianati NKRI. Mereka ingin memisahkan diri dari Negara kesatuan republic Indonesia. Sungguh mereka inilah yang ketika Indonesia merdeka mereka tidak ikut senang, dan mereka inilah orang orang yang tidak mengerti bahkan tidak mau tahu tentang arti sila sila dari pancasila. Mungkin yang mereka fikirkan, jika memisahkan diri dari Indonesia dan menjadi Negara yang baru adalah hal yang mudah? Tentu saja tidak !. justru sangat sulit, jika menjadi Negara baru, mereka harus memiliki konstitusi-konstitusi resmi seperti, kepolisian, tentara, majelis hokum, dan lain lain. Mereka juga harus memiliki undang undang dasar dan kemerdekaan mereka harus diakui oleh dunia secara defacto dan dejure. Apakah point-point diatas sangat mudah didapat? Tentu saja tidak, mereka yang ingin menjadi Negara baru harus berjuang ekstra keras melawan pemerintah republic Indonesia , jika ingin mendapatkan itu semua.

Ada satu contoh pemberontakan yang terjadi di daerah aceh. Ada satu kelompok orang yang menamai diri mereka “GAM” atau Gerakan Aceh Merdeka. Mereka adalah sekelompok orang yang memberontak ingin menjadi Negara baru dan memisahkan diri dari NKRI. Mereka Ingin provinsi Aceh yang mereka tempati menjadi Negara sendiri yang mandiri. Berbagai cara mereka lakukan untuk mendapatkan kemerdekaan, misalnya membujuk bahkan memaksa rakyat-rakyat Aceh untuk mendukung gerakan mereka, dan memberontak NKRI. Mereka mulai membuat bendera sendiri dan menancapkannya ke bukit bukit tertinggi dengan tiang yang sangat tinggi supaya begitu jelas terlihat, jika ada rakyat aceh yang menolak bergabung dengan mereka, maka mereka tidak segan segan menyiksa bahkan membunuhnya.apa yang mereka lakukan terhadap rakyat aceh yang tidak ingin bergabung dengan mereka merupakan pelanggaran HAM. Maka dari itu pemerintah tidak tinggal diamuntuk melawan pemberontakan yang dilakukan oleh GAM. Pemerintah menurunkn ribuan TNI AD untuk mengamankan daerah aceh beserta rakyatnya. Namun GAM semakin memberontak dan balik menyerang TNI dengan membabi buta. Beberapa tentara terluka bahkan ada yang tewas. Hal ini sontak membuat Pemerintah geram, yang awalnya TNI dilarang untuk menembak, dan akhirnya diperbolehkan untuk menembak dan membalas serangan GAM.

Akhirnya baku tembak terjadi, banyak dari mereka (anggota GAM) tertembak, mereka kabur, melarikan diri kehutan dan bersembunyi. Tampaknya mereka sadar betul akan kekuatan mereka yang tidak sebanding dengan kekuatan Indonesia . dan pada tahun 2010 GAM menyerah secara resmi dan damai dengan pemerintah Indonesia, mereka mengaku kalah dan segera bergabung dengan NKRI. Tetapi para pemimpin GAM ditahan oleh polisi,

(8)

PENDIKIKAN PANCASILA 8

dikarenakan telah melaukan berbagai pelanggaran berat. Dan akhirnya aceh hidup damai sampai sekarang.namun kerja keras TNI dan Pemerintah belum selesai, masih ada beberapa daerah yang melakukan pemberontakan salah satunya adalah Maluku Selatan. Mereka menamai diri mereka RMS (Republik Maluku Selatan). RMS berbeda dengan GAM , mereka tidak memaksa rakyat Maluku untuk bergabung. Tetapi apapun itu, mereka tetap menghianati NKRI. Dan membuat pemerintah tidak tinggal diam, Pemerintah memerintahkan Polisi dan TNI untuk menyergap tempat persembunyian RMS. TNI dan para pemberontak masih melakukan tembak menembak hingga sekarang. Belum selesai masalah RMS, Indonesia dikejutkan lagi oleh daerah papua yang berdemo besar-besaran untuk menuntut kemerdeakaan.

Sebenarnya salah satu penyebab terjadinya pemberontakan di Indonesia adalah kurang mengertinya sebagian rakyat Indonesia akan arti sila-sila dari pancasila, serta mereka tidak mengerti betapa sulitnya para pejuang Indonesia memperjuangan kemerdekaan

Republik Indonesia. Dan ada satu factor lagi yang menyebabkan terjadinya pemberontakan di Indonesia yaitu ketidakpuasan atas pemerintahan Indonesia yang sekarang, yang penuh dengan politik kotor dan korupsi.

(9)

PENDIKIKAN PANCASILA 9

PEMBERANTASAN KORUPSI

korupsi merupakan perbuatan buruk seperti penggelapan uang, penerimaan uang sogok dan sebagainya. korupsi juga merupakan permasalahan global yang harus menjadi keprihatinan semua orang. Praktik korupsi biasanya sejajar dengan konsep pemerintahan totaliter, diktator –yang meletakkan kekuasaan di tangan segelintir orang. Namun, tidak berarti dalam sistem sosial-politik yang demokratis tidak ada korupsi bahkan bisa lebih parah praktek korupsinya, apabila kehidupan

sosial-politiknya tolerasi bahkan memberikan ruang terhadap praktek korupsi tumbuh subur. Korupsi juga tindakan pelanggaran hak asasi manusia

.” Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1999 tentang

Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, pasal 1 menjelaskan bahwa tindak pidana korupsi sebagaimana maksud dalam

ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang tindak pidana korupsi. Jadi perundang-undangan Republik Indonesia mendefenisikan korupsi sebagai salah satu tindak pidana. Korupsi merupakan permasalah mendesak yang harus diatasi, agar tercapai pertumbuhan dan geliat ekonomi yang sehat. Berbagai catatan tentang korupsi yang setiap hari diberitakan oleh media massa baik cetak maupun elektronik, tergambar adanya peningkatan dan pengembangan model-model korupsi. Retorika anti korupsi tidak cukup ampuh untuk memberhentikan praktek tercela ini. Peraturan perundang-undang yang merupakan bagian dari politik hukum yang dibuat oleh pemerintah, menjadi meaning less, apabila tidak dibarengi dengan kesungguhan untuk manifestasi dari peraturan perundang-undangan yang ada

Politik hukum tidak cukup, apabila tidak ada recovery terhadap para eksekutor atau para pelaku hukum. Konstelasi seperti ini mempertegas alasan dari politik hukum yang dirancang oleh pemerintah tidak lebih hanya sekedar memenuhi meanstream yang sedang terjadi. Dimensi politik hukum yang merupakan “kebijakan

pemberlakuan” atau “enactment policy”, merupakan kebijakan pemberlakuan sangat dominan di Negara berkembang, dimana peraturan perundang-undangan kerap dijadikan instrumen politik oleh pemerintah, penguasa tepatnya, untuk hal yang bersifat positif atau negatif . Dan konsep perundang-undangan dengan dimensi seperti ini dominan terjadi di Indonesia, yang justru membuka pintu bagi masuknya praktek korupsi melalui kelemahan perundang-undangan.

Selain menghambat pertumbuhan ekonomi, korupsi juga menghambat

pengembangan sistem pemerintahan demokratis. Korupsi memupuk tradisi perbuatan yang menguntungkan diri sendiri atau kelompok, yang mengesampingkan

kepentingan publik. Dengan begitu korupsi menutup rapat-rapat kesempatan rakyat lemah untuk menikmati pembangunan ekonomi, dan kualitas hidup yang lebih baik. Pendekatan yang paling ampuh dalam melawan korupsi di Indonesia. Pertama, mulai dari meningkatkan standar tata pemerintahan – melalui konstruksi integritas nasional. Tata pemerintahan modern mengedepankan sistem tanggung gugat, dalam tatanan seperti ini harus muncul pers yang bebas dengan batas-batas undang-undang yang juga harus mendukung terciptanya tata pemerintah dan masyarakat yang bebas dari

(10)

PENDIKIKAN PANCASILA 10

korupsi. Demikian pula dengan pengadilan. Pengadilan yang merupakan bagian dari tata pemerintahan, yudikatif, tidak lagi menjadi hamba penguasa. Namun, memiliki ruang kebebasan menegakkan kedaulatan hukum dan peraturan. Dengan demikian akan terbentuk lingkaran kebaikan yang memungkin seluruh pihak untuk melakukan pengawasan, dan pihak lain diawasi. Namun, konsep ini sangat mudah dituliskan atau dikatakan daripada dilaksanakan. Setidaknya dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun pilar-pilar bangunan integritas nasional yang melakukan tugas-tugasnya secara efektif, dan berhasil menjadikan tindakan korupsi sebagai perilaku yang beresiko sangat tinggi dengan hasil yang sedikit.

Di Indonesia, badan atau institusi yang bertugas untuk memeberantas korupsi adalah KPK, (Komisi Pemberantasan Korupsi) .KPK, adalah komisi di Indonesia yang dibentuk pada tahun 2003 untuk mengatasi, menanggulangi dan memberantas korupsi di Indonesia. Komisi ini didirikan berdasarkan kepada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 mengenai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sesunguhnya korupsi di Negara ini bias saja di minimalisir, jika seluruh rakyat Indonesia mengerti dan paham akan sila ke 5 yang berbunyi “ Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia “. Jika seseorang sudah mengerti betul dengan arti dari sila tersebut, maka dia tidak mungkin melakukan praktek praktek korupsi. Apalagi jika ia Menganggap bahwa Tuhan itu ada, maka dia sangat tidak mungkin melakukan korupsi, karena jika ia melakukan nya maka dia akan merasa bahwa Tuhan akan marah kepadanya.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :