Contoh Pernyataan Belum Pernah Menerima

33 

Teks penuh

(1)

PANDUAN

PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (Entrepreneur Student Program)

UNIVERSITAS MALIKUSSALEH LHOKSEUMAWE

(2)

PENGANTAR

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dikembangkan oleh Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional sebagai kebijakan dan program penguatan kelembagaan dalam rangka mendorong peningkatan aktivitas berwirausaha dan percepatan pertumbuhan wirausaha-wirausaha baru dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

PMW Universitas Malikussaleh 2013 merupakan sebagian dari strategi Universitas Malikussaleh untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan untuk memulai berwirausaha dan mampu menjadi wirausaha yang berpendidikan tinggi dan berbudaya.

Panduan ini disusun untuk memberikan informasi kepada mahasiswa tentang pelaksanaan PMW di Universitas Malikussaleh. Di dalamnya termuat informasi yang secara garis besar dibagi ke dalam dua bagian, yaitu 1) Teknis Pelaksanaan PMW dan Rencana Jadwal Kegiatan, dan 2) Format Usulan Rencana Bisnis.

Harapan kami kiranya Panduan ini dapat memberikan kemudahkan bagi para mahasiswa untuk memahami pelaksanaan PMW 2013 di Universitas Malikussaleh dan dapat berpartisipasi aktif demi tercapainya tujuan kegiatan tersebut.

Lhokseumawe, 03 Mei 2013 Mengetahui,

Pembantu Rektor III

Ttd

(3)

DAFTAR ISI

PENGANTAR ...2

DAFTAR ISI ...3

BAGIAN I ...5

TEKNIS PELAKSANAAN PMW DAN RENCANA JADWAL KEGIATAN ...5

1.1 Latar Belakang ...5

1.2 Tujuan ...6

1.3 Manfaat ...6

1.4 Mekanisme Pelaksanaan ...6

1.5 Bidang Usaha Yang Didanai ...7

1.6 Syarat peserta ...7

1.7 Bantuan Modal Usaha ...8

1.8 Komunikasi ...8

1.9 Rencana Jadwal Pelaksanaan ...9

1.10 Agenda Sosialisasi Tatap Muka ...9

1.11 Agenda Diklat Kewirausahaan ... 10

1.12 Magang ... 11

1.13 Pihak yang Terlibat dan Peran Masing-masing ... 12

1.14 Tim Seleksi (Reviewer) ... 12

1.15 Indikator Keberhasilan Program ... 12

2 BAGIAN II ... 14

FORMAT USULAN PROPOSAL RENCANA BISNIS ... 14

2.1 Syarat Pengajuan ... 14

2.2 Tata Cara Penulisan ... 14

2.3 Penjilidan dan Susunan Usulan Rencana Bisnis ... 15

2.4 Sistematika Bagian Utama ... 15

2.5 Seleksi Usulan Rencana Bisnis ... 16

2.6 Jaminan Kerahasiaan... 16

2.7 Lain-lain... 17

LAMPIRAN-LAMPIRAN ... 18

Contoh Sampul Depan Usulan Rencana Bisnis ... 19

Contoh Lembar Pengesahan ... 20

(4)

FORMAT PERSETUJUAN ORANG TUA ... 24

Contoh Pernyataan Belum Pernah Menerima Bantuan Modal PMW ... 27

Contoh Analisis Keuangan ... 28

Contoh Sampul Depan Laporan Magang ... 29

Contoh Lembar Pengesahan Laporan Magang ... 31

(5)

BAGIAN I

TEKNIS PELAKSANAAN PMW DAN RENCANA JADWAL KEGIATAN

1.1 Latar Belakang

Hasil survai Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bulan Maret 2006 menyebutkan bahwa jumlah penduduk miskin di Indonesia bulan Maret 2006 sebanyak 39,05 juta atau 17,75% dari total 222 juta penduduk. Penduduk miskin bertambah 4 juta orang dibanding yang tercatat pada Februari 2005. Angka pengangguran berada pada kisaran 10,8% sampai 11% dari tenaga kerja yang masuk kategori sebagai pengangguran terbuka, bahkan mereka yang lulus perguruan tinggi semakin sulit mendapatkan pekerjaan karena tidak banyak terjadi ekspansi kegiatan usaha. Dalam keadaan seperti ini maka masalah pengangguran termasuk yang berpendidikan tinggi akan berdampak negatif terhadap stabilitas sosial dan kemasyarakatan.

Kondisi tersebut di atas di dukung oleh kenyataan bahwa sebagian besar lulusan perguruan tinggi adalah lebih sebagai pencari kerja (job seeker) daripada pencipta lapangan kerja (job creator). Hal ini bisa disebabkan karena sistem pembelajaran yang diterapkan diberbagai perguruan tinggi saat ini lebih terfokus pada bagaimana menyiapkan para mahasiswa yang cepat lulus dan mendapatkan pekerjaan, bukannya lulusan yang siap menciptakan pekerjaan. Di samping itu, aktivitas kewirausahaan (entrepreneurial activiy) relatif masih rendah.

Untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dan meningkatkan aktivitas kewirausahaan agar para lulusan perguruan tinggi lebih menjadi pencipta lapangan kerja daripada pencari kerja, maka diperlukan suatu usaha nyata. Departemen Pendidikan Nasional telah mengembangkan berbagai kebijakan dan program mendukung terciptanya lulusan perguruan tinggi yang lebih siap bekerja dan menciptakan pekerjaan. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Cooperative Education (Co-op) telah banyak menghasilkan alumni yang terbukti lebih kompetitif di dunia kerja dan hasil karya inovasi mahasiswa melalui PKM potensial untuk ditindaklanjuti secara komersial menjadi sebuah embrio bisnis berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS). Kebijakan dan program penguatan kelembagaan yang mendorong peningkatan aktivitas berwirausaha dan percepatan pertumbuhan wirausaha-wirausaha baru dengan berbasis IPTEKS sangat diperlukan.

Dengan latar belakang tersebut di atas, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi mengembangkan sebuah Program Mahasiswa Wirausaha (Student Entrepreneur Program) yang merupakan kelanjutan dari program-program sebelumnya (PKM, Coop, KKU) untuk menjembatani para mahasiswa memasuki dunia bisnis riil melalui fasilitas start-up business. Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) sebagai bagian dari strategi pendidikan di perguruan tinggi, dimaksudkan untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan untuk mulai berwirausaha dengan berbasis IPTEKS yang sedang dipelajarinya.

(6)

pada kearifan lokal sangat penting dalam membentuk wirausaha muda, selain berpendidikan tinggi, tetapi juga berbudaya.

Dalam kegiatan PMW di Universitas Malikussaleh, fasilitas yang diberikan kepada peserta meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, magang, penyusunan rencana bisnis, dukungan permodalan dan pendampingan usaha. Program ini diharapkan mampu mendukung visi dan misi pemerintah dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM).

1.2 Tujuan Tujuan PMW adalah:

1. Menumbuhkan motivasi dan sikap mental kewirausahaan di kalangan mahasiswa sehingga terbentuk wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi

2. Mendorong terbentuknya model pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi

3. Mendorong pertumbuhan dan perkembangan kelembagaan pengelola kewirausahaan mahasiswa di perguruan tinggi

4. Menciptakan unit bisnis baru yang berbasis IPTEKS.

5. Membangun jejaring bisnis antar pelaku bisnis, khususnya antara wirausaha pemula dengan pengusaha yang sudah mapan.

1.3 Manfaat

1. Bagi mahasiswa

Kesempatan mengasah jiwa Kewirausahaan, meningkatkan soft skill dengan terlibat langsung dalam dunia kerja, meningkatkan keberanian memulai usaha, mendapat dukungan modal dan pendampingan secara terpadu.

2. Bagi UKM

Mendapatkan tenaga kerja terdidik walaupun dalam jangka pendek, adanya peluang merekrut pekerja baru atau mitra bisnis dimasa mendatang, memberikan akses terhadap informasi dan teknologi, mempererat hubungan UKM dengan dunia kampus, terbantunya permasalahan usaha UKM karena adanya transfer of knowledge.

3. Bagi perguruan tinggi

Memungkinkan penyesuaian kurikulum yang lebih aplikatif pada dunia usaha, menghasilkan wirausaha- wirausaha muda pencipta lapangan kerja dan calon pengusaha sukses masa depan, mempererat hubungan dunia akademis dan dunia usaha, penguatan kelembagaan PT dalam pengembangan Kewirausahaanan.

1.4 Mekanisme Pelaksanaan

(7)

Mahasiswa yang dapat mengikuti program ini adalah mahasiswa yang memenuhi syarat (persyaratan diuraikan pada pasal berikutnya). Kegiatan usaha dapat dilakukan individual maupun kelompok yang terdiri dari 3 sd. 5 orang mahasiswa. Jumlah modal kerja yang disediakan untuk pendirian dan kegiatan usaha maksimal Rp 8.000.000,00 (delapan juta rupiah) per mahasiswa. Dana Program Mahasiswa Wirausaha berupa pinjaman modal usaha yang digunakan secara bergulir untuk pengembangan unit bisnis mahasiswa. Pengguliran dana dilaksanakan setelah adanya penghimpunan dana yang berasal dari pengembalian dana pinjaman modal usaha yang dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha bagi mahasiswa berikutnya.

Tahapan pelaksanaan PMW Unimal 2013 sebagai berikut:

1. Pelaksanaan kuliah umum sebagai sarana sosialisasi PMW dan pelatihan penyusunan business plan

2. Penyusunan proposal business plan

3. Seleksi proposal berupa seleksi administrative dan wawancara 4. Workshop bagi peserta yang lulus

5. Kegiatan magang ke usaha kecil menengah (dilaksanakan diluar agenda secara mandiri)

6. Monev

7. Seleksi akhir dan penentuan penerima bantuan PMW 2013 8. Pelaksanaan usaha dan monitoring serta pelaporan 1.5 Bidang Usaha Yang Didanai

Bidang usaha yang akan didanai pada PMW Universitas Malikussaleh tahun 2013 ini adalah:

1. Peternakan 7. Pertanian

2. Keteknikan 8. Keanekaragaman Hewani dan Hayati

3. Air 9. Konstruksi

4. Energi 10. Pengemasan

5. Kesehatan 11. Dll.

6. Konsultasi

1.6 Syarat peserta

1. Mahasiswa aktif S1 yang telah menyelesaikan kuliah 3 semester atau minimal telah menempuh 60 SKS (dibuktikan dengan menyerahkan foto copy Transkrip Nilai atau KHS dari setiap semester yang telah dilegalisir dan menyerahkan KRS Semester Berjalan dan Fotocopy Slip SPP berjalan).

2. Mempunyai minat, bakat dan atau pengalaman berwirausaha.

3. Belum pernah memperoleh bantuan modal PMW yang didanai Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti baik individu maupun kelompok. Baik selaku ketua maupun anggota kelompok.

(8)

5. Total dana yang dikucurkan pada PMW tahun 2013 adalah Rp. 208.000.000,- ( Dua Ratus Delapan Juta Rupiah). Untuk usaha yang bersifat individu akan mendapat bantuan modal kerja maksimum 8 juta/orang, sedangkan untuk kelompok sesuai jumlah anggota kelompok maksimum 40 juta/kelompok, Disesuaikan dengan kebutuhan/jenis usaha serta lokasi usaha dan tidak boleh melebihi pagu.

6. Denah lokasi usaha harus digambarkan pada proposal usaha,lokasi usaha tidak boleh diubah bila dilakukan perubahan lokasi pada saat monev secara otomatis proposal tersebut dinyatakan Tidak Lulus, Lokasi usaha berada di wilayah Aceh Utara dan Lhokseumawe.

7. Jenis Usaha yang inovatif dan terbaru serta telah ada usaha akan menjadi prioritas pada PMW 2013

8. Sanggup mengikuti seluruh agenda kegiatan yang diselenggarakan.

9. Menandatangani kontak kerja dan menyepakati klausul-klausul di dalamnya, termasuk kesediaan menabungkan dana hasil usaha, untuk digulirkan pada mahasiswa yang lain oleh pengelola agar keberlanjutan program terlaksana.

10. Program yang bersifat individu akan menjadi prioritas pada PMW tahun 2013 11. Seorang mahasiswa hanya dibenarkan masuk dalam satu kelompok pengusul yang

disetujui untuk didanai.

12. Mengingat kompetisi untuk memenangkan dana PMW tahun 2013 ini sangat ketat maka seleksi sangat ditentukan oleh kualitas proposal rencana bisnis yang diajukan dan kemampuan mempresentasikan rencana usaha serta kemungkinan untuk dilaksanakan sesuai batasan dana yang disediakan.

1.7 Bantuan Modal Usaha

Pembiayaan program berasal dari pemerintah melalui Direktorat Kelembagaan Ditjen Pendidikan Tinggi. Bantuan modal kerja untuk memulai bisnis besarnya maksimum Rp. 8 juta per mahasiswa atau kelompok yang terdiri dari 3-5 orang per kelompok dengan dana maksimum Rp. 40 juta per kelompok. Total dana yang disediakan untuk modal usaha PMW 2013 adalah Rp. 208.000.000,-.

1.8 Komunikasi

Komunikasi untuk hal-hal yang kurang jelas dapat dilakukan langsung ke bagian kemahasiswaan Unimal

13. Menyusun Proposal sesuai dengan Panduan PMW 2013 dan Usulan yang dinyatakan didanai akan diumumkan melalui papan pengumuman dan website Unimal http://www.unimal.ac.id

14. Pelaksanaan Sosialisasi PMW akan dilaksanakan pada tanggal 05 Juni 2013 di gedung ACC Cunda Lhokseumawe

15. Pendaftaran Peserta Sosialisasi PMW dapat dilakukan secara langsung di Biro Akademik dan Kemahasiswaan Kampus Utama Reuleut pada saat jam kerja atau bisa dilakukan melalui via SMS dengan ketik (NAMA#NIM#FAKULTAS# JURUSAN) kirim ke nomor HP : 0823-6329-1685

16. Pendaftaran untuk kegiatan sosialisasi dimulai pada tanggal 24 Mei s.d 04 Juni 2013 17. Pendaftaran dan Penyerahan Usulan Rencana Bisnis tanggal 07 s.d 19 Juni 2013 pukul

(9)

1.9 Rencana Jadwal Pelaksanaan

PMW tahun 2013 di Universitas Malikussaleh dilaksanakan dengan tahapan dan rencana jadwal waktu sebagai berikut:

1.10 Agenda Sosialisasi Tatap Muka

NO KEGIATAN JADWAL PELAKSANAAN

A TAHAP PERSIAPAN DAN SELEKSI

1 Sosialisasi kegiatan (Spanduk dan Selebaran) 2 Mei s/d 04 Juni2013

2 Pendaftaran Sosialisasi /Tatap Muka 27 Mei s/d 04 Juni 2013

3 Sosialisasi Tatap Muka (Kuliah Umum) 05 Juni 2013

4 Pendaftaran dan Penyerahan Usulan Rencana

Bisnis 07 Juni s/d 19 Juni 2013

5 Seleksi Tahap I (Syarat dan Format) 02 Juli s/d 03 Juli 2013

6 Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I 04 Juli 2013

7 Seleksi Tahap II (Presentasi Rencana Bisnis) 13 Juli s/d 14 Juli 2013

8 Rapat Paripurna Tim Seleksi 15 Juli 2013

9 Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II 16 Juli 2013

B TAHAP PEMBEKALAN DAN SELEKSI AKHIR

1 Pendidikan dan Pelatihan Umum 20 Juli s/d 21 Juli 2013

2 Pengajuan Revisi Business Plan Oleh Peserta

yang Lulus Seleksi Tahap II 24 Juli 2013

3 Monitoring dan Evaluasi 26 Juli s/d 28 Juli 2013

4 Seleksi Tahap III (Kelayakan berdasarkan

pantauan faktual hasil monev) 29 Juli s/d 30 Juli 2013

5 Pengumuman Hasil Seleksi Akhir 31 Juli 2013

C TAHAP PELAKSANAAN PROGRAM

(10)

2 Konsultasi dengan biro Keuangan dan Pencairan

dana Tahap I 05 Agustus s/d 19 Agustus 2013

3 Pendirian Usaha Baru 21 Agustus 2013

4 Penyerahan Laporan Kemajuan Usaha 28 Agustus 2013

5 Pendampingan Tim Monitoring dan Evaluasi 29 Agustus s/d 31 Agustus 2013

6 Konsultasi dengan biro Keuangan dan Pencairan

dana Tahap II 01 September s/d

10 September 2013

7 Monitoring dan Evaluasi Program 11 September s/d 15 September

2013

8 Penyerahan Laporan Akhir (LPJ) 13 Desember 2013

 Agenda bersifat tentatif

Agenda sosialisasi sebagai berikut:

TAHUN Keterangan Catatan

2013

Registrasi

Tempat : Gedung ACC Cunda Pembukaan

Teknis PMW 2013 materi dari UKM sukses

Kuliah Umum Penyusunan Business Plan Penutupan

Note: Seluruh calon peserta PMW dan Dosen Pendamping wajib mengikuti acara Sosialisasi

1.11 Agenda Diklat Kewirausahaan

Har/Tanggal Keterangan Catatan

Indoor 2013

Registrasi

Buku dan alat tulis Pembukaan

Sikap Mental Wirausaha Berpikir Kreatif dan Inovatif Makan Siang

Strategi Meraih dan Mempertahankan Pelanggan Kudapan

(11)

Indoor 2013

Perilaku Etis Dalam Berbisnis

Note: Seluruh pesertayang lulus Seleksi Tahap II wajib mengikuti Diklat

1.12 Magang

Lokasi perusahaan tempat magang ditentukan sendiri oleh peserta dan dilaporkan kepada panitia pada saat Diklat. Bagi peserta berkelompok, magang dapat dilakukan di tempat yang sama atau berbeda. Kriteria produsen (UKM) untuk tempat magang adalah:

1. Usaha tersebut sudah berjalan minimal 1 tahun 2. Bukan usaha yang bersifat musiman

3. Memiliki tenaga kerja tetap diluar pemilik 4. Lokasi UKM : Lhokseumawe dan Aceh Utara

5. Usaha peserta PMW 2009 dan 2010,2011dan 2012 dapat dijadikan tempat magang

Kegiatan magang pada PMW 2013 ini tidak dijadwalkan khusus dalam agenda kegiatan. Kegiatan ini merupakan inisiatif dan partisipasi aktif mahasiswa sendiri yang dapat dilaksanakan pada rentang waktu selama 2013 ini. Selesai magang, peserta diwajibkan membuat Laporan Magang secara individu dengan kriteria sebagai berikut:

a. Susunan laporan Magang:

- Halaman depan

- Lembar pengesahan

- Isi Laporan

b. Sistematika Isi Laporan (maksimum 3 halaman) 1. Pendahuluan (berkaitan dengan PMW)

- Latar Belakang - Tujuan

2. Gambaran Umum Lokasi Magang

- Identitas Perusahaan (nama perusahaan, alamat, telp,dll) - Jenis/Ruang Lingkup Usaha

3. Kegiatan/tugas Selama Magang

4. Penutup

c. Laporan dikumpulkan (tercantum dalam pengumuman)

d. Laporan dikumpulkan sebanyak 4 (empat) rangkap ( 1 asli + 3 fotocopy) dijilid senyawa.

(12)

1.13 Pihak yang Terlibat dan Peran Masing-masing

1. Perguruan Tinggi, sebagai pengelola program, melakukan : a. Sosialisasi program kepada mahasiswa dan UKM b. Identifikasi dan seleksi mahasiswa dan UKM c. Kegiatan pembekalan kewirausahaan d. Kegiatan monitoring dan evaluasi program e. Pelaporan kegiatan

2. Mahasiswa peserta PMW wajib: a. Mengikuti seleksi

b. Mengikuti pembekalan/diklat

c. Melaksanakan magang di UKM

d. Menyusun rencana bisnis

e. Mendirikan dan menjalankan usaha

f. Menandatangani perjanjian dengan perguruan tinggi pelaksana untuk memberikan bantuan modal kerja bagi mahasiswa PMW

g. Membuat laporan reguler mengenai perkembangan usaha

3. Dosen Pembimbing:

a. Mengikuti sosialiasi (penjelasan teknis dan penyusunan business plan) b. Mediasi antara UKM dan mahasiswa

c. Monitoring dan evaluasi kegiatan mahasiswa d. Konsultasi mahasiswa

e. Menandatangani Usulan Rencana Bisnis, Laporan Magang, dan Laporan Kemajuan Usaha.

f. Dosen Pembimbing ditentukan oleh Mahasiswa peserta PMW dan diutamakan yang memahami mekanisme pelaksanaan kewirausahaan mahasiswa

4. Pengusaha:

a. Melakukan bimbingan dan pendampingan usaha secara praktis b. Memberikan saran-saran pengembangan usaha

5. Pemerintah Daerah cq. dinas yang membidangi koperasi dan UKM: a. Memfasilitasi pelaksanaan PMW

b. Membantu mahasiswa peserta PMW dalam memulai dan mengembangkan usaha baik

dari segi teknis, manajemen, informasi pasar, perijinan, dsb. c. Memfasilitasi pengembangan jejaring bisnis

1.14 Tim Seleksi (Reviewer)

Tim seleksi proposal Rencana Bisnis Mahasiswa PMW bertugas melakukan seleksi Administrasi dan wawancara.Tim ini dipilih mewakili 5 fakultas dilingkungan Unimal sebanyak 2 orang per-fakultas dan selanjutnya di SK-kan melalui SK Rektor.

1.15 Indikator Keberhasilan Program

Keberhasilan program dapat dilihat dari beberapa indikator :

1. Mahasiswa Wirausaha

(13)

b. Memiliki sikap mental wirausaha c. Memiliki jejaring bisnis

2. Unit Bisnis

a. Meningkatnya jangkauan pasar

b. Dipertahankannya kelancaran cash flow c. Meningkatnya jumlah dan kualitas tenaga kerja d. Meningkatnya omzet dan asset

e. Meningkatnya jumlah dan variasi inventori

3. Perguruan Tinggi

a. Jumlah mahasiswa yang terlibat di dalam PMW b. Jumlah mahasiswa wirausaha yang memulai bisnis c. Jumlah unit bisnis yang berhasil diciptakan

d. Keberlanjutan program

e. Jumlah pengusaha yang terlibat dan tingkat kepuasan mereka terhadap pelaksanaan PMW

f. Efektifitas dan efisiensi penggunaan dana

(14)

2 BAGIAN II

FORMAT USULAN PROPOSAL RENCANA BISNIS

Usulan Rencana Bisnis merupakan langkah awal bagi peserta dalam upaya memperebutkan bantuan dana usaha melalui PMW. Karena itu Usulan Rencana Bisnis hendaknya disusun dengan cermat dan memenuhi kriteria-kriteria yang ditentukan.

2.1 Syarat Pengajuan

Mahasiswa dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi dengan syarat sebagai berikut a. Telah terdaftar sebagai peserta.

b. Mengikuti sosialisasi (penjelasan teknis pelaksanaan dan kuliah umum penyusunan Business Plan).

c. Menyerahkan Usulan Rencana Bisnis tanggal 07 s.d 19 Juni 2013, pada jam kerja ke Bagian Kemahasiswaan Unimal

d. Rencana bisnis dapat dilakukan secara individu atau kelompok (jumlah 3-5 orang). Seorang mahasiswa hanya dibenarkan masuk dalam satu kelompok pengusul.

e. Usulan Rencana Bisnis disusun sesuai dengan format yang telah ditentukan dan dilengkapi sesuai petunjuk.

f. Pada saat diserahkan, lembar pengesahan pada Usulan Rencana Bisnis harus sudah ditandatangani oleh pengusul/ketua tim dan pembimbing sesuai dengan nama pengusul/ketua tim berasal dan Pembantu Dekan III.

g. Bagi yang lulus seleksi wajib mempresentasikan Usulan Rencana Bisnis dihadapan reviewer pada tanggal 13 s.d 14 Juli 2013. Dosen pembimbing diharuskan hadir pada saat presentasi.

h. Usulan Rencana Bisnis yang lulus seleksi dan dinyatakan disetujui untuk didanai akan diumumkan pada tanggal 31 Juli 2013 melalui papan pengumuman dan website www.unimal.ac.id

2.2 Tata Cara Penulisan

a. Usulan Rencana Bisnis lengkap ditulis mengikuti sistematika penulisan sesuai kriteria yang tercantum dalam Panduan ini.

b. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tatabahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, dan jelas.

c. Usulan diketik di atas kertas HVS 70 gram, ukuran A4, menggunakan jenis huruf Times New Roman, ukuran 12, jarak 1,5 spasi, dan terdiri dari maksimal 10 halaman (bagian utama) dan dijilid senyawa sebanyak 4 (empat) Rangkap 1Eks asli dan 3 Eks fotocopy. d. Bagian awal usulan lengkap (halaman judul, lembar pengesahan, kata pengantar, dan

daftar isi) dan diberi nomor halaman menggunakan angka Romawi kecil dan diketik di tengah-tengah (i, ii, dan seterusnya).

e. Bagian utama (naskah usulan lengkap) diberi nomor halaman menggunakan angka Arab yang dimulai dengan halaman 1 (satu) dan diketik di sebelah kanan bawah.

f. Bagian akhir tidak perlu diberi nomor halaman.

g. Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka Arab. h. Gambar, baik dalam bentuk grafik maupun foto, diberi judul dengan penomoran gambar

(15)

i. Penyebutan sumber pustaka dalam naskah serta penulisan daftar pustaka (jika ada) hendaknya mengikuti aturan penulisan yang sama dengan aturan dalam penulisan usulan penelitian.

2.3 Penjilidan dan Susunan Usulan Rencana Bisnis

a. Sampul menggunakan kertas bufalo warna hijau mudadan dijilid senyawa sebanyak 4 (empat) Rangkap 1(satu) Eks Asli dan 3 (tiga) Eks fotocopy

b. Usulan Rencana Bisnis terdiri atas 3 bagian dan disusun secara berurutan sebagai berikut: - Bagian Awal:

Halaman judul Lembar Pengesahan Kata pengantar Daftar Isi

- Bagian Utama (sesuai sistematika) - Bagian Akhir

Daftar Riwayat Hidup Pengusul Daftar Riwayat Hidup Pembimbing Transkrip Akademik Pengusul

Surat Pernyataan Bersedia Menabung

Pernyataan Belum Pernah Menerima Bantuan Modal PMW Kesediaan kerjasama dari UKM

Persetujuan orang tua

2.4 Sistematika Bagian Utama

I. Pendahuluan (analisis situasi/latar belakang) II. Rencana Bisnis

2.1 Deskripsi Usaha - Bidang Usaha

- Jenis produk (barang/jasa) - Kegunaan, keunggulan, keunikan - Lokasi Usaha

- Waktu (untuk satu siklus usaha)

- Dampak usaha terhadap lingkungan (ekonomi, sosial, dan

budaya)

- Risiko Bisnis 2.2 Rencana Pemasaran

- Target konsumen - Wilayah pemasaran - Situasi Persaingan - Jumlah dan harga produk 2.3 Rencana Produksi

- Bahan baku - Alat/teknologi - Proses produksi - Kapasitas produksi

(16)

- Jumlah Tenaga Kerja - Rencana UKM Mitra

2.5 Rencana Keuangan (untuk 1 siklus usaha) - Kebutuhan investasi dan modal kerja

- Rencana Laba/Rugi (total Pendapatan dikurangi total biaya) - Benefit/Cost Rasio

III. Penutup (keyakinan dan harapan) IV. Daftar Pustaka

2.5 Seleksi Usulan Rencana Bisnis

A. Seleksi Tahap I (Seleksi Administratif), meliputi : 1. Status mahasiswa [sks, semester]

2. Review business plan : a. Format,

b. Jumlah dana, c. Jangka waktu

d. Kelengkapan lampiran

B. Seleksi Tahap II, diikuti oleh peserta yang lolos pada seleksi administratif, yaitu wawancara dengan Tim internal dan eksternal Unimal. Usulan Rencana Bisnis dipresentasikan dan diseleksi oleh tim reviewer yang terdiri dari unsur akademisi, pengusaha, dan perbankan. Kriteria penilaian sebagai berikut :

a) Integritas

- Kesesuaian data/info

- Motivasi dan Kepercayaan Diri - Keberanian Mengambil Resiko b) Pengusaan Bisnis

- Pasar - Teknis - Organisasi - Keuangan C. Seleksi Tahap III

Seleksi Diklat dan Magang

D. Seleksi Tahap IV, diikuti oleh peserta yang lolos pada seleksi tahap I, II dan III. Seleksi tahap IV dilakukan setelah panitia seleksi melakukan monitoring dan evaluasi ke lapangan. Hal yang perlu diperhatikan pada tahap ini adalah kebenaran data-data rencana usaha dengan kondisi faktual di lapangan, besar dana yang akan diluncurkan berdasarkan kondisi sebenarnya dan keberadaan mitra UKM

2.6 Jaminan Kerahasiaan

(17)

2.7 Lain-lain

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam Usulan Rencana Bisnis adalah:

a. Judul Usulan Rencana Bisnis

Judul hendaklah dibuat singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas menggambarkan kegiatan kewirausahaan yang prospektif.

b. Lokasi

Lokasi menunjukkan tempat dimana kegiatan usaha tersebut akan dilakukan. Apabila membuka cabang di beberapa tempat, hendaklah disebutkan tempat utama yang menjadi pusat usaha.

c. Waktu

Waktu harus menggambarkan satu siklus usaha sejak dihasilkannya produk, promosi, penjualan, dan penerimaan uang). Waktu dibuat dalam satuan minggu atau bulan tanpa menyebutkan nama bulannya (cukup bulan I, Bulan II, dst seluruhnya sekitar 6 bulan).

(18)
(19)

Contoh Sampul Depan Usulan Rencana Bisnis

USULAN RENCANA BISNIS PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

JUDUL

Diajukan Oleh

Ketua Pelaksana :... Anggota 1 :... Anggota 2 :... Anggota 3 :...

(20)

Contoh Lembar Pengesahan

LEMBAR PENGESAHAN

USULAN RENCANA BISNIS PMW UNIMAL 2013

1. Bidang Usaha : (centang pada kolom yang sesuai)

Pariwisata Budaya Pertanian

Keteknikan Keanekaragaman Hayati

Air Konstruksi

Energi Pengemasan

Kesehatan Lain-lain...

2. Judul Usulan Rencana Bisnis :

3. Ketua Pelakasana :

Nama :

NIM :

Jurusan/ Fakultas :

Alamat / No. Telpon/ hp :

4. Anggota : ... orang

5. Usulan Modal Kerja : Rp... (...)

6. Jangka Waktu Pelaksanaan : ... (...) bulan

Menyetujui, Lhokseumawe, ...

Dosen Pendamping Ketua Pelaksana Kegiatan

Ttd Ttd

... ...

NIP. NIM

Mengetahui; Pembantu Dekan III

Ttd

(21)

FORMAT BIODATA KETUA DAN ANGGOTA

BIODATA KETUA/ANGGOTA TIM*)

1. Nama Lengkap : ... 2. NIM : ... 3. Semester : ... 4. Jurusan/Prodi : ... 5. Fakultas : ... 6. Riwayat Pendidikan

No Jenjang Nama Sekolah Tempat(kab) Jurusan Tahun lulus

1 SD

2 SLTP

3 SLTA

4 PT

1. Prestasi yang Pernah Diraih

a. ... b. ... dst.

2. Pengalaman Kegiatan Kewirausahaan a. ... b. ... dst.

3. Pengalaman Kegiatan Ekstrakurikuler a. ... b. ... dst.

4. Pengalaman Kegiatan

(22)

FORMAT BIODATA PEMBIMBING 7. Riwayat Pendidikan

No Jenjang Nama Sekolah Tempat(kab) Jurusan Tahun lulus

1 SD

2 SLTP

3 SLTA

4 PT

8. Prestasi yang Pernah Diraih

a. ... b. ... dst.

9. Pengalaman Kegiatan Kewirausahaan a. ... b. ... dst.

10.Pengalaman Kegiatan Ekstrakurikuler a. ... b. ... dst.

11.Pengalaman Kegiatan

(23)

FORMAT KESEDIAAN KERJASAMA UKM MITRA

SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN BEKERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini saya,

Nama lengkap : ... Jabatan dalam UKM : ... Nama UKM : ... Bidang Usaha UKM : ... Alamat UKM : ... No. Telpon/HP : ...

Atas nama perusahaan, saya menyatakan bersedia menjalin kerjasama dengan kelompok Kewirausahaan Mahasiswa dari Unimal,

Nama lengkap ketua : ...

NIM : ...

Jurusan/Prodi : ...

Fakultas : ...

Judul Usaha : ... Alamat Lokasi Usaha : ... Alamat rumah : ... No. Telpon/HP : ... Nama Dosen Pembimbing : ... No. Telpon/HP : ... Alamat Dosen Pembimbing : ...

Demikian surat ini saya buat, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

...,... Pimpinan Perusahaan ...

(...)

Note : Disertakan Stempel UKM (jika ada)

(24)

FORMAT PERSETUJUAN ORANG TUA

SURAT PERSETUJUAN ORANG TUA/WALI

Yang bertanda tangan di bawah ini saya,

Nama lengkap : ...

Umur : ...

Pekerjaan : ...

Alamat : ...

Telpon : ...

Orang tua/Wali dari mahasiswa :

Nama lengkap : ...

NIM : ...

Jurusan/Prodi : ...

Fakultas : ...

Judul Usaha : ... Alamat Lokasi Usaha : ... Alamat rumah : ... No. Telpon/HP : ... Nama Dosen Pembimbing : ... No. Telpon/HP : ... Alamat Dosen Pembimbing : ...

Memberikan persetujuan kepada anak saya tersebut di atas, untuk mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha Unimal.

Demikian surat ini saya buat, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Lhokseumawe,... Orang tua/Wali mahasiswa,

(25)

SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN MENABUNGKAN DANA HASIL USAHA

Yang bertanda tangan di bawah ini, peserta Program Mahasiswa Wirausaha Unimal,

(26)

Fakultas :

No. Telp/HP :

Nama orangtua :

Alamat orangtua :

5. Anggota 4

Nama lengkap :

NIM :

Jurusan :

Prodi :

Fakultas :

No. Telp/HP :

Nama orangtua :

Alamat orangtua :

Judul Usaha :

Alamat Lokasi Usaha :

Dengan ini menyatakan sanggup menabungkan dana hasil usaha pada Program Mahasiswa Wirausaha Unimal, dengan cara sebagai berikut :

1. Jumlah modal usaha yang diterima : Rp...

2. Besar angsuran tabungan : Rp...selama ... kali, terhitung mulai tanggal ...

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan kesadaran penuh dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. Jika kami melanggar pernyataan ini kami bersedia menerima sanksi yang ditetapkan oleh universitas.

Lhokseumawe ... Yang membuat pernyataan,

Tanda tangan Nama terang

(27)

Contoh Pernyataan Belum Pernah Menerima Bantuan Modal PMW

PERNYATAAN BELUM PERNAH MENERIMA BANTUAN MODAL USAHA PMW

Yang bertandatangan di bawah ini

Nama :

NIM :

Jurusan :

Fakultas :

Jabatan Dalam Tim :

Judul Usulan Rencana Bisnis :

Dengan ini menyatakan bahwa tim kami (ketua beserta seluruh anggota) belum pernah menerima bantuan modal PMW yang didanai Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat digunakan bilamana perlu.

Lhokseumawe,

Yang membuat pernyataan,

Meterai Rp. 6.000

...

(28)

CONTOH RENCANA ANGGARAN BIAYA & PERHITUNGAN PROFIT

A. Rencana Anggaran Biaya

No Jenis Anggaran

Jumlah (Rp)

1. Modal investasi

a. Sarana prasarana

A. Prakiraan Profit

*) Penentuan harga jual disesuaikan dengan kelayakan sesuai harga pasar

C. Saldo Akhir

1. Saldo akhir = B – A : ... 2. Untuk Cicilan Utang : ... 3. Untuk investasi : ...

No Jenis Produk/Jasa Jumlah Harga

Pokok Harga Jual Profit*)

(29)

FORMAT PROGRESS REPORT

LAPORAN KEMAJUAN

A. Pelaksana

Identitas Ketua Anggota

I

Anggota II Anggota III Anggoa IV

Nama lengkap

Spesifikasi Produk Kapasitas Produksi (unit/bln)

Omzet sekarang (unit)

C. Pemasaran

No Komponen Rencana Pelaksanaan

1. Lokasi usaha 2. Jumlah tenaga kerja

3. Sasaran pemasaran

4. Kesuksesan pemasaran

D. Manajemen

No Komponen Rencana Pelaksanaan

1. Besar Modal investasi 2. Modal kerja

3. Jumlah pendapatan

4. Jumlah profit

B. Kendala/Permasalahan

(30)

Contoh Sampul Depan Laporan Magang

LAPORAN MAGANG

PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

Nama Mahasiswa : ...

NIM : ...

Fakultas/PS : ...

Jurusan : ...

(31)

Contoh Lembar Pengesahan Laporan Magang

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN MAGANG PMW UNIMAL 2013

Nama : ...

NIM : ...

Jurusan/ Fakultas : ...

Judul Rencana Bisnis : ...

Lokasi Magang

Nama Perusahaan : ...

Alamat : ...

Telp/Fax : ...

Waktu Magang : ... s/d ...

Lhokseumawe, ... Mengetahui,

Perusahaan Pembimbing/Pendamping

Ttd dan stempel ttd

Nama___________________ Nama___________________

(32)

Formulir Evaluasi Kelayakan Usulan Rencana Bisnis

FORM PENILAIAN KELAYAKAN USAHA

NO

NAMA KELOMPOK

PENGUSUL

NILAI

INTEGRITAS PENGUASAAN BISNIS

Kes

HAL YANG HARUS DIVERIFIKASI KE LAPANGAN

(33)

Reviewer Nilai

1.

2.

3.

Jumlah

Rata-rata (dibagi jumlah reviewer)

Reulet, ………..

(____________________________________)

TT dan Nama Ketua Tim Reviewer Dibulatkan

REKAPITULASI HASIL EVALUASI KELAYAKAN USULAN RENCANA BISNIS

PMW UNIMAL 2013

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...