• Tidak ada hasil yang ditemukan

STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DAERAH. (Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto pada Tahun 2011) SKRIPSI

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DAERAH. (Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto pada Tahun 2011) SKRIPSI"

Copied!
12
0
0

Teks penuh

(1)

STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DAERAH

(Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto pada Tahun 2011) SKRIPSI

Skripsi ini disusun sebagai salah satu persyaratan untk memperoleh gelar Sarjana Stara 1 Jurusan Ilmu Pemerintahan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Disusun oleh :

20080520078

NURLIA MARIONA PUTRI

JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

2012

(2)

STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DAERAH

(Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto pada Tahun 2011) SKRIPSI

Skripsi ini disusun sebagai salah satu persyaratan untk memperoleh gelar Sarjana Stara 1 Jurusan Ilmu Pemerintahan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Disusun oleh :

20080520078

NURLIA MARIONA PUTRI

JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

2012

(3)

PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi yang saya buat ini benar - benar merupakan hasil karya sendiri dan didalamnya tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan pada suatu perguruan tinggi manapun. Sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat orang lain yang pernah ditulis atau diterbitkan, kecuali secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka. Selanjutnya jika dikemudian hari terbukti terdapat duplikasi dan ada pihak yang merasa dirugikan, maka saya akan bertanggung jawab dan menerima segala konsekuensinya.

Yogyakarta, Agustus 2012 Yang membuat pernyataan

Tanda tangan dan nama terang NURLIA MARIONA PUTRI

(4)

MOTTO

™ Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar. Khalifah ‘Umar ™ Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi

berusahalah menjadi manusia yang berguna.

Einstein ™ Kita berdoa kalau kesusahan dan membutuhkan sesuatu, mestinya kita

juga berdoa dalam kegembiraan besar dan saat rezeki melimpah.

(5)

PERSEMBAHAN

“Teruntuk keluarga tercinta, mama dan papa serta adik--adikku yang selalu mengalirkan kasih sayangnya di setiap llangkah ku, semoga dikemudian hari kasih sayang masih akan tetap mengalir”

(6)

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Segala puji bagi Allah SWT yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang pencipta alam semesta. Shalwat serta salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW sebagai pambawa risalah yang senantias memancarkan kedamaian dimuka bumi juga kepada keluarga yang disucikan dan umat manusia yang masih memperjuangkan amanahnya.

Akhirnya samapailah pada satu titik di mana epnulis dihadapakan pada sebuah pertanggung jawaban akan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki kepada public meskipun telah melewati hari yang begitu melelahkan namun penuh dengan makna. Penelitian ilmiah ( Skripsi ) dengan judul “ Strategi Pengembangan Pariwisata Daerah” dapat penulis selesaikan dengan tidak menapikan masih banyak kekurangan didalamnya.

Beribu terima kasih yang pertama kali saya ucapkan kepada kedua orangtua saya yang tercinta Ayahanda Nurwan dan Ibunda Hj. Wisnanengsih

yang tetap tegar dalam mendidik, mendorong anak-anaknya untuk menuntut ilmu karena tanpa keikhlasan keduanya semua ini tidak ada apa-apanya. Begitu juga dengan adik-adikku Nabilla Afifah dan Tri Wiko Wandra tercinta yang selalu memberi semangatku.

(7)

Juga terima kasih kepada Kakanda Ahmad Budi Hermawan S.T yang selalu sabar dan setia menemani saya dalam menyelesaikan skripsi ini dari awal sampai akhir skripsi ini. Dan juga selalu motivasi saya untuk segera menyelesaikan skripsi ini.

Selanjutnya penulis juga ingin menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada pihak yang telah mengahantarkan penulisa pada suatu titik dan kondisi seperti ini, pihak – pihak tersebut adalah :

1. Bapak Dr. Dasron Hamid, selaku rector Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

2. Bapak Drs. Achmad Nurmandi , M.Sc., selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

3. Bapak Drs. Suranto M.Pol , selaku Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan

4. Bapak Dr. Ulung Pribadi selaku pembimbing skripsi penulis, terima kasih atas waktu, ilmu dan kesabarannya dalam memahami keterbatsan penulis.

5. Bapak/ Ibu Dosen Ilmu Pemerintahan atas ilmu, bimbingan dan arahannya. 6. Ibu Ning yang selalu memberi informasi yang dibutuhkan oleh penulis,

berserta seluruh karyawan TU IP, Bapak Wisnu, Bapak Wahid dan Baak Katon atas segala bantuan dan informasinya.

7. Untuk Sahabat terbaikku Nuria Mustaqimah yang selalu setia dan bersama-sama sampai skripsi ini terselaikan, terima kasih sobat. You are my best friend.

(8)

8. Teman – teman IP 08 semuannya yang gak mungkin disebutin nama satu persatu. Terima kasih atas persahabatannya yang terjalin selama ini, semoga ilmu yang kita dapat bisa berguna dan bermanfaat sebaik-baiknya.

9. Teman- teman Carrefour Maguwo yang selalu mendukung ku dalam menyelesaikan skripsi ini. Dan juga kepada Bapak Suranta dan Bapak Mulyana yang telah member saya izin untuk ke kampus menyelesaikan skripsi saya ini. Terima kasih atas semunya.

10. Teman – teman Kost Hilda mbak Nanik, mbak Tika, mbak Lizna , mbak uun dan yang lainnya. Terima kasih atas semua dukungannya, akhirnya beberapa anak- anak kost Hilda bisa Wisuda bareng.. Ayyoo yang lainnya menyusul. SSEEMAANNGGAATTT..

11. Untuk semua yang belum tertulis namanya dan belum terungkap semoga selaturahmi kota tetap terjaga.

Kebersamaan dan perpisahan bukanlah awal dan akhir dari segalanya, semoga Allah SWT senantiasa mempertemukan kita dalam keridhoan-Nya. Akhirnya dengan segala keterbatsan yang dimiliki penulis berharap skripsi ini akan memberikan ilmu pengetahuan untuk memperbaiki di kemudian hari dan juga dapat menjadi secercah harapan bagi pencarinya nanti.

Wassalamu’alaikum

Yogyakarta , Agustus 2012 Penulis

(9)

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah ………1

B. Rumusan Masalah……….……….7

C. Tujuan Penelitian……….………..7

D. Kerangka Dasar Teori……….………...8

1. Organisasi Pemerintah Daerah………..8

2. Strategi………..11

3. Kebijakan………..12

4. Pengembangan Pariwisata……….………13

5. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Pariwisata….…16 E. Definisi Konsepsional………19

F. Definisi Operasional………..20

G. Metode penelitian………..22

BAB II DESKRIPSI WILAYAH A. Keadaan Wilayah Kota Sawahlunto………..25

B. Pemerintahan Daerah Kota Sawahlunto………28

1. Visi ………....………...28

2. Misi………28

(10)

1. Visi………32 2. Misi………32 3. Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota

Sawahlunto………..………34

BAB III ANALISIS DAN INTERPRETASI DATA

1. Pengembangan Heritage Tourism Kawasan Kota Lama……….81 2. Pengembangan Aktivitas Pariwisata yang Mampu Menciptakan Mata Rantai

Nilai yang Tinggi………91 3. Pengembangan Manajemen Tata Ruang yang Mengacu pada Nilai-nilai

Konservasi dan Pelestarian……….102

BAB IV PENUTUP

A. Kesimpulan……….108 B. Saran………...111

DAFTAR PUSTAKA

(11)

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Struktur Organisasi Pemerintahan Daerah Kota Sawahlunto…30 Tabel 2.2 Struktur Organisasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto………..53 Tabel 3.1 Kondisi Jalan Kota Sawahlunto……….89 Tabel 3.2 Perkembangan Jumlah Penduduk 1999-2010………...101

(12)

SINOPSIS

Sektor pariwisata adalah salah satu sektor penggerak dalam perekonomian suatu daerah. Pariwisata di suatu daerah dapat memberikan sebuah harapan akan perbaikan dan percepatan dalam pemulihan ekonomi. Disini penulis mengangkat permasalahan pengembangan pariwisata khususnya di Kota Sawahlunto.rumusan maslah yang di angkat adalah bagaimana pelaksanaan strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto dalam mengembangkan sektor pariwisata periode 2011 dan faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan pariwisata di kota Sawahlunto. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan teknik analisa data yang digunaka adalah teknik analisa kualitatif.

Penelitian ini menggunakan metode penilitian metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif berusaha untuk menggambarkan secara sistematis dari situasi, problem, pelayanan atau program, penyediaan informasi tentang kondisi kehidupan masyarakat ata penggambaran mengenai sifat dan isu- isu tertentu. Untuk teknik pengumpulan data dengancara wawancara, observasi dan dokumentasi.

Setelah dilakukan penelitian, didapatkan bahwa pembangunan pariwisata di Kota Sawahlunto menunjukkan kemajuan seperti memperoleh pengharagaan yang diraih oleh kota Sawahlunto yaitu The Best Achievement Award, penghargaan sebagai daerah pengembangan pariwisata terbaik. Ini merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan bagi Kota Sawahlunto sendiri. N

Solusi yang diberikan peneliti untuk aspek komunikasi dalam promosi dan sosialiasasi lebih ditingkatkan lagi seperti pengelolan website yang baik. Dari aspek sumber daya yang dan sifat pelaksana tersedia lebih tingkatkan seperti pemberian pelatihan terhadap SDM yang ada. Dari aspek tourist organization keterlibatan pihak swasta terhadap pengembangan pariwisata dibuka lebih banyak lagi agar memperoleh hasil yang maksimal. Terakhir aspek transportasi serta saran dan prasarana yang tersedia yaitu akses jalan yang rusak segera diperbaiki menuju tempat wisata dan penginapan jangan hanya terpusat di satu titik saja tetapi juga di bangun di sekitar tempat- tempat wisata lainnya yang ada di Kota Sawahlunto. Karena Kota Sawahlunto memiliki banyak tempat wisata.

amun dibalik keberhasilan meraih penghargaan tersebut masih ada kekurangan dan pembenahan dalam peningkatan dan pengembangan pariwisata di Kota Sawahlunto ini. Ini terlihat masih banyaknya kekurangan dalam pengembangan Heritage Tourism Kawasan Kota Lama, pengembangan aktivitas pariwisata yang mampu menciptakan mata rantai nilai tambah yang tinggi, pengembangan manajemen tata ruang yang mengacu pada nilai- nilai konservasi dan pelestaraian baik dari aspek komunikasi, sumber daya, sifat pelaksana, tourist organization, transportasi serta sarana dan sarana yang tersedia.

Referensi

Dokumen terkait

Konsep Bentuk, Perancangan Ruang Dalam dan Ruang Luar Yang Dapat Meningkatkan Interaksi Sosial di Kalangan Mahasiswa Dengan Landasan Filosofis "Pulo Pupuro Perutu Sama

germinated shoot. f) Cell colony formation and plant regeneration from suspension protoplasts of dallisgrass. 2) Isolated protoplasts from suspension cells. 7) Shoot formation

Dari hasil tersebut, untuk mengetahui tingkat kesesuaian taman cerdas sebagai ruang publik skala pelayanan kelurahan terhadap konsep Kota Layak Anak (KLA) memiliki

Hasil penelitian ini menunjukkan KTK tanah yang diperoleh pada perlakuan pupuk kandang ayam dan beberapa sumber P (SP-36 & TSP) serta interaksinya tidak

Kasus KSS tipe sel jernih memiliki predominansi pada laki laki, derajat diferensiasi baik-sedang, indeks mitosis tinggi, dan ekspresi beta-catenin negatif.. Kata kunci:

1 21 Normalisasi Dan Pembuatan Talud Anak Sungai Kedukan Bungaran Panca Usaha Menuju RSUD Bari Kecamatan SU I..

Efektivitas antibakteri ekstrak etanol biji alpukat (Persea americana) sebagai bahan irigasi saluran akar terhadap pertumbuhan bakteri Enterococcus faecalis... Anis S, Laksmiari

Hasil analisis menunjukkan nilai customer satisfaction index (CSI) pada dimensi Responsiveness sebesar 0,8324 termasuk kategori sangat puas, pada dimensi assurance