Penulisan Hukum (Skripsi)

Teks penuh

(1)

commit to user i 

TINJAUAN TENTANG SALAH KOMPETENSI ABSOLUT SEBAGAI DASAR KEBERATAN TERDAKWA TERHADAP DAKWAAN ODITUR

MILITER DALAM PERKARA TIDAK MENYENANGKAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN MILITER III-12 SURABAYA NOMOR:

143-K/PM.III-12/AD/VI/2013)

Penulisan Hukum (Skripsi)

Disusun dan Diajukan untuk

Melengkapi Persyaratan Guna Meraih Derajat Sarjana S1 dalam Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Oleh:

Prakoso Dewantoro E0012300

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

(2)

commit to user

(3)

commit to user

(4)

commit to user

(5)

commit to user

ABSTRAK

PRAKOSO DEWANTORO. E0012300. 2016. TINJAUAN TENTANG SALAH KOMPETENSI ABSOLUT SEBAGAI DASAR KEBERATAN TERDAKWA TERHADAP DAKWAAN ODITUR MILITER DALAM PERKARA TIDAK MENYENANGKAN (STUDI PUTUSAN PENGADILAN MILITER III-12 SURABAYA NOMOR: 143-K/PM.III-12/AD/VI/2013). FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pengajuan keberatan atau eksepsi oleh terdakwa terhadap dakwaan oditur militer dengan alasan salah kompetensi absolut pengadilan dan kesesuaian pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan nomor: 143-K/PM.III-12/AD/VI/2013 dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer.

Penelitain ini merupakan penelitian hukum normatif atau penelitian doktrinal yang bersifat preskriptif dengan pendekatan kasus. Penelitian ini menggunakan jenis dan sumber bahan hukum yang terdiri dari bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan cara studi pustaka, melalui pengumpulan bahan hukum dengan cara membaca peraturan perundang-undangan, maupun literatur terkait lainnya. Dalam penulisan hukum ini, penulis menggunakan analisis dengan metode deduksi silogisme, dengan berpangkal pada pengajuan premis mayor berupa Undang-Undang Nomor 31 tahun 1997 tentang Peradilan Militer dan kemudian diajukan premis minor berupa Putusan Pengadilan Militer III-12 Surabaya Nomor: 143-K/PM.III-12/AD/VI/2013, untuk selanjutnya akan ditarik kesimpulan atau konklusi guna mendapatkan jawaban atas rumusan masalah berupa Apakah pengajuan keberatan terdakwa atau eksepsi terhadap dakwaan oditur militer dengan alasan salah kompetensi absolut sesuai dengan Undang-Undang Peradilan Militer dan Apakah pertimbangan hakim Pengadilan Militer III-12 Surabaya dalam memutus keberatan terdakwa telah sesuai dengan Undang-Undang Peradilan Militer.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan kesimpulan:

Pertama, pengajuan eksepsi oleh terdakwa dengan alasan salah kompetensi absolut sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer. Kedua, pertimbangan hakim Pengadilan Militer III-12 Surabaya dalam menjatuhkan putusan sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 31 tahun 1997 tentang Peradilan Militer.

(6)

commit to user

VI 

ABSTRACK

PRAKOSO DEWANTORO. E0012300. 2016. REVIEW OF THE COMPETENCE ABSOLUT ONE DEFENDANT AS A BASIS FOR OBJECTIONS TO CHARGE MILITARY PROSECUTOR CASE OF (STUDY OF THE MILITARY COURT III-12 SURABAYA NUMBER: 143-K/PM.III-12/AD/VI/2013). FACULTY OF LAW. SEBELAS MARET UNIVERSITY OF SURAKARTA.

This reseacrh aims to determine the suitability of filing an objection or exception by the defendant against the military prosecutor charges by reason of any of the absolute competence and suitability court judge consideration in decisions

Number: 143-K/PM.III-12/AD/VI/2013 with the provisions Constitution of the

Republic of Indonesia Number 31 of 1997 on Military Justice.

This research is normative research or doctrinal research which is prescriptive with case approach. This research uses and sources materials consisting of primary and secondary. The technique of collecting legal materials in this research is by the way of literature study, by collecting regulation and any other concerned literature. In the writing of this legal research, the autor uses the analysis with the method of deduction syllogism, that originated from the filling of major premise which Constitution of the Republic of Indonesia Number 31 of 1997 on Military Justice and the minor premise which is Military Court III-12 Surabaya Verdict Number: 143-K/PM.III-12/AD/VI/2013, then a conclusion can be drawn in order to get an answer of the problem is the defendant filing an objection or exception to the military prosecutor charges by reason of any of the absolute competence in accordance with the Law on Military Justice and Is the Military Court judge considerations III-12 Surabaya in deciding a defendant has objected in accordance with the Law on Military Justice.

Based on the result of the research and study, the conclusions generated:

First, submission of demurrer by the defendant by reason of any of the absolute competence is in accordance with Constitution of the Republic of Indonesia Number 31 of 1997 on Military Justice. Second, consideration of the Military Court judge III-12 Surabaya in decisions are in accordance with Constitution of the Republic of Indonesia Number 31 of 1997 on Military Justice.

Keyword: The Memorandum of Objection, Military Justice, Consideration of the

(7)

commit to user

VII 

MOTTO

Bismillaahirrahmaanirrahiim

“Dia memberikan hikmah (ilmu yang berguna)

kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mendapat hikmah itu, sesungguhnya ia telah mendapat kebajikan yang banyak.

Dan tiadalah yang menerima peringatan melainkan orang - orang yang berakal”.

(Q.S. Al-Baqarah: 269)

Orang-orang baik tumbang bukan hanya karena banyaknya orang jahat, tetapi karena orang-orang baik lainnya memilih untuk diam dan mendiamkan. (Anies Baswedan)

Semakin tinggi tumpukkan kekayaan kita, semakin serius tingkat kemiskinan kita. Sebab tanda bahwa seseorang itu miskin ialah apabila ia butuh. Tanda seseorang melarat adalah jika terbukti bahwa ia serakah. Tanda bahwa seseorang itu fakir, ialah

jika ia terbukti bernafsu untuk merampok, memonopoli dan merebut apa saja yang bukan miliknya. Hanya orang kaya yang bisa kenyang oleh kesederhanaan, yang sanggup memberikan apa saja tanpa segan tanpa rasa eman. (Emha Ainun Nadjib)

Walaupun tidak ada manusia yang benar-benar baik, tapi setidaknya jadi manusia yang agak baik itu lebih baik daripada jadi manusia yang tidak baik. (K.H. Anwar

Zaid)

Sukses adalah mempunyai keluarga, dan bisa membahagiakannya (Penulis)

Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tunai. Karena curahan hujan tak memilih-milih apakah akan membasahi pohon durian atau hanya semak belukar (Penulis)

(8)

commit to user

VIII 

PERSEMBAHAN

Dengan segala kerendahan hati dan ketulusan hati, penulisan hukum (skripsi) ini penulis persembahkan sebagai wujud rasa syukur, cinta dan terima kasih kepada: 1. Allah SWT, atas berkah limpahan rahmat dan hidayah-Nya telah membuat

penulis menyelesaikan penulisan hukum (skripsi) ini.

2. Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing penulis untuk terus berusaha dalam menyelesaikan penulisan hukum (skripsi) ini.

3. Orang tua penulis yang tercinta yaitu Bapak Tawiyun dan Ibu Indrawasih.

Mereka adalah orang tua hebat yang telah membesarkan dan mendidikku dengan penuh kasih sayang. Terima kasih atas pengorbanan, nasehat, perhatian, dukungan materiil atau formil dan doa yang tiada hentinya kalian berikan kepadaku selama ini.

4. Kepada adik-ku Rizky Agustin, terimakasih telah sama-sama berjuang atas

kehidupan yang kita tempuh ini, dan terimakasih untuk selalu menyuruhku untuk segera menyelesaikan penulisan (skripsi) ini

5. Bapak Edy Herdyanto, S.H., M.H. selaku Pembimbing penulisan hukum (skripsi) yang telah memberikan pengarahan serta motivasi kepada penulis.

6. Keluarga Besar Moot Court Community Fakultas Hukum Universitas

Sebelas Maret (MCC FH UNS), atas persahabatan yang selama ini telah terjalin serta dukungan motivasi serta doa yang diberikan kepada penulis.

7. Keluarga besar Kontrakan Bu Kapung Gulon, Kontrakan Bu Sutijan

Gulon, dan Kontrakan Pak Demang Mojosongo, terima kasih atas

persahabatan dalam satu rumah selama di Solo serta dukungan yang telah diberikan kepada penulis.

8. Keluarga besar Pesek Squad, terimakasih telah memberikan persahabatan dan kekeluargaan yang indah sejak masa SMA.

9. Herviani Septi Puspitasari, terimakasih atas segala hal yang telah diberikan selama ini.

(9)

commit to user

IX 

10. Teman-Teman Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2012, terima kasih selama 4 tahun ini telah memberikan dukungan dan persahabatan kepada penulis.

11. Seluruh Keluarga Besar Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta, yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

(10)

commit to user

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya telah membantu penulis dalam menyelesaikan penulisan hukum (skripsi) ini yang berjudul Tinjauan Tentang Salah Kompetensi Absolut Sebagai Dasar Keberatan Terdakwa Terhadap Dakwaan Oditur Militer Dalam Perkara Tidak Menyenangkan (Studi Putusan Pengadilan Militer III-12 Surabaya Nomor: 143-K/PM.III-12/AD/VI/2013). Penulisan hukum (skripsi) ini merupakan tugas akhir yang disusun dan diajukan untuk melengkapi persyaratan guna meraih derajat sarjana S1 dalam program studi Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penulis menyadari bahwa penulisan hukum (skripsi) ini dapat terselesaikan karena adanya bantuan dari pihak-pihak yang telah memberikan bantuannya baik itu berupa pengarahan, bimbingan, nasihat, kritik maupun saran serta dukungan dan doa bagi penulis. Oleh karena itu dalam kesempatan ini, penulis dengan segala kerendahan hati ingin mengucapkan terima kasih kepada:

1. Allah SWT, atas berkah limpahan rahmat dan hidayah-Nya telah membuat

penulis menyelesaikan penulisan hukum (skripsi) ini.

2. Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing penulis untuk terus berusaha

dalam menyelesaikan penulisan hukum (skripsi) ini.

3. Orang tua penulis yang tercinta yaitu Bapak Tawiyun yang selalu memberi

insipirasi dalam hidupku dan Ibu Indrawasih yang selalu mengingatkan kewajiban beragama. Terimakasih telah memberi motivasi kepada penulis, memberi dukungan Moril dan Materiil selama 22 tahun ini serta memberikan doa bagi penulis selama proses penulisan hukum (skripsi) ini. Semoga ini menjadi langkah awal untuk membuat ibu dan bapak bahagia. Amiiiin.

4. Bapak Prof. Dr. Supanto, S.H., M.Hum. selaku Dekan Fakultas Hukum

Universitas Sebelas Maret Surakarta, yang telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk mengembangkan ilmu dan menyelesaikan penulisan hukum (skripsi) ini.

(11)

commit to user

XI 

5. Bapak Dr. Soehartono, S.H., M.Hum. selaku Ketua Bagian Hukum Acara

Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

6. Bapak Edy Herdyanto, S.H., M.H., selaku Pembimbing penulisan hukum

(skripsi) yang telah memberikan pengarahan serta motivasi kepada penulis.

7. Ibu Andina Elok Puri Maharani, S.H., M.H., selaku Pembimbing Akademik

penulis, yang telah memberikan bimbingan, pengarahan dan nasihat bagi penulis selama melaksanakan studi di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

8. Ibu Sri Wahyuningsih Yulianti, S.H., M.H., selaku Ketua Pengelola Penulisan

Hukum dan Mas Suparno selaku staff Pengelola Penulisan Hukum (PPH), terimakasih atas segala bantuannya yang selalu membantu penulis selama proses penulisan hukum dari awal sampai akhir.

9. Bapak dan Ibu Dosen di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta,

yang telah memberikan banyak ilmu selama penulis selama melaksanakan studi di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

10. Seluruh staf Tata Usaha dan Karyawan Fakultas Hukum Universitas Sebelas

Maret Surakarta, atas pelayanan yang telah diberikan.

11. Keluarga Besar Moot Court Community Fakultas Hukum Universitas Sebelas

Maret (MCC FH UNS), utamanya teman-teman 2012 yaitu Kamil, Dewa, Safar, Ignas, Ayu, Ghesa, Indrianita, Ale, Otniel, Fery, Bahir dan Danang, dan juga kakak tingkat/adik tingkat keluarga besar Moot Court Comunity atas persahabatan dan ilmu yang telah diberikan selama ini yang telah terjalin serta dukungan motivasi dan doa yang diberikan kepada penulis.

12. Keluarga Pesek Squad Ngawi, Gembul, Dono, Fantas, Gondeng, Haris, Babon,

Senthun, Kepik, Kemil, TB, Aldy, Gentong, dll. Terimakasih telah memberikan persahabatan bahkan kekeluargaan yang luar biasa hebat sejak masa SMA hingga sekarang.

13. Teman-teman kontrakan selama di Solo, Fantas, Kemil, TB, Aldy, Wildhan,

Vicky, Najib, Apip, Toying, Ndiguk, Cino, Hary, Suntrik, Imam, Jati terima kasih atas persahabatan dalam satu rumah selama di Solo.

(12)

commit to user

XII 

14. Kesayanganku, Herviani Septi Puspitasari, terimakasih atas segala hal yang telah

diberikan selama ini dan terimakasih selalu mendukung serta menyemangatiku dalam segala hal yang kulakukan.

15. Teman-Teman Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan

2012, terima kasih selama 4 tahun ini telah memberikan dukungan dan persahabatan kepada penulis.

16. Seluruh Keluarga Besar Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta,

yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

17. Almamater tercinta Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penulis menyadari bahwa di dalam penulisan hukum (skripsi) ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak demi menyempurnakan isi dari penulisan hukum (skripsi) ini. Demikian, semoga kiranya penulisan hukum (skripsi) ini dapat memberikan manfaat serta berkonstribusi dalam pengembangan ilmu hukum pada umumnya dan hukum acara pidana pada khususnya serta diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi pihak-pihak yang ingin melakukan penelitian sejenis berikutnya.

Surakarta, September 2016

Prakoso Dewantoro E0012300

(13)

commit to user

XIII 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING ... ii

HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI ... iii

HALAMAN PERNYATAAN ... iv

ABSTRAK ... v

ABSTRACT ... vi

HALAMAN MOTTO ... vii

HALAMAN PERSEMBAHAN ... viii

KATA PENGANTAR ... x

DAFTAR ISI ... xii

BAB I PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Rumusan Masalah ... 5

C. Tujuan Penelitian ... 5

D. Manfaat Penelitian ... 6

E. Metode Penelitian ... 7

F. Sistematika Penulisan Hukum ... 12

BAB II TINJAUAN PUSTAKA ... 14

A. Kerangka Teori... 14

1. Tinjauan tentang Peradilan Militer ... 14

a. Pengadilan Militer ... 14

b. Pengadilan Militer Tinggi ... 15

c. Pengadilan Militer Utama ... 16

d. Pengadilan Militer Pertempuran ... 17

2. Tinjauan tentang Kompetensi Absolut ... 19

a. Pengertian Kompetensi Absolut ... 19

3. Tinjauan tentang Keberatan/Eksepsi ... 21

a. Pengertian tentang Keberatan/Eksepsi ... 21

(14)

commit to user

XIV 

4. Tinjauan tentang Surat Dakwaan ... 24

a. Pengertian Surat Dakwaan ... 24

b. Fungsi Surat Dakwaan ... 24

c. Syarat Surat Dakwaan ... 25

d. Jenis Surat Dakwaan ... 26

5. Tinjauan tentang Oditurat dan Oditur Militer a. Oditur ... 28

b. Oditur Militer ... 28

6. Tinjauan tentang Perbuatan Tidak Menyenangkan ... 29

B. Kerangka Pemikiran ... 31

BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ... 33

A. Hasil Penelitian ... 33

1. Kasus Posisi ... 33

2. Identitas Terdakwa ... 35

3. Surat Dakwaan Oditur Militer ... 35

4. Nota Keberatan (Eksepsi) ... 35

5. Tanggapan atas Nota Keberatan ... 51

6. Putusan Sela ... 56

B. Pembahasan ... 60

1. Kesesuaian Nota Keberatan Terdakwa terhadap dakwaan oditur militer dalam perkara tidak menyenangkan dengan alasan salah kompetensi absolut pengadilan dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 31 tahun 1997 tentang Peradilan Militer ... 60

2. Pertimbangan Hakim Pengadilan Militer III-12 Surabaya terhadap nota keberatan terdakwa atas dakwaan oditur militer dalam perkara perbuatan tidak menyenangkan dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 31 tahun 1997 tentang Peradilan Militer ... 65

BAB IV PENUTUP ... 71

A. Simpulan ... 71

(15)

commit to user

XV 

DAFTAR PUSTAKA ... 73 LAMPIRAN ... 75

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :