• Tidak ada hasil yang ditemukan

Laporan Perjalanan Widya Wisata VIII

N/A
Protected

Academic year: 2018

Membagikan "Laporan Perjalanan Widya Wisata VIII"

Copied!

KOTA METROPOLITAN

Disusun

Oleh :

1. Amanina Putri Batrisia (03)/VIII B 2. Ari Kurniawan (07)/VIII B 3. Rohmiwa Destri Witanti (32)/VIII B

4. Umi Latifah (34)/VIII B

PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

SMP NEGERI 2 MAOS

(2)

MOTTO

Orang sukses adalah orang yang tidak pernah berhenti mencoba walau telah melalui seribu kegagalan.

Segala tanpak mustahil bagi orang yang tidak pernah mencoba apapun.Arti hidup adalah menemukan nilai dalam hal – hal yang kita lakukan.

(3)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang memberikan, kami kesempatan sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan tugas laporan perjalanan widya wisata ke Jakarta sebagai nilai tambahan Pelajaran Bahasa Indonesia.

Penulisan Laporan Perjalanan ini dapat terselesaikan berkat kerja sama teman– teman kelompok kami, juga tidak lupa berkat bantuan dari pihak lain. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada :

1. Mustaghfirin. S.Pd, selaku Kepala SMP NEGERI 2 MAOS;

2. Sunarti. S.Pd, Teguh Pramono. S.Pd, Syaeful Bahri. S.Pd, selaku Pembina OSIS; 3. Susmiyati. S.Pd, selaku Wali Kelas VIII B dan Guru Pembimbing;

4. Biro Perjalanan Wisata Dewangga.

5. Guru – guru Pendamping yang mengikuti Widya Wisata.

Tak ada gading yang tak retak. Penyusunan laporan ini masih sangat sederhana dan memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami mohon kritik dan saran yang membangun dari para pembaca khususnya. Semoga laporan ini bermanfaat. Terima kasih.

Maos, 5 Februari 2015 Penyusun,

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kegiatan widya wisata ke Jakarta dapat terwujud karena di rangkai oleh hal-hal sebagai berikut :

1. Permendiknas No 39 tahun 2008 tentang kegiatan pembinaaan kesiswaaan.

2. Program pemerintahan bidang wisata “Kenali Negerimu, Cintai Negerimu”.

3. Program OSIS periode tahun pelaksanaan 2014/2015.

4. Hasil rapat perwakilan kelas VIII tanggal 29-08-2014.

5. Keinginan para siswa kelas VIII untuk melaksanakan kegiatan widya wisata ke Jakarta.

A.T ujuan

Adapun tujuan dari penulisan laporan perjalanan ini adalah :

1. Menanamkan rasa cinta terhadap tanah air.

2. Menanamkan jiwa patriotisme & nasionalisme.

3. Melatih siswa untuk mengumpulkan data dan informasi.

(6)

BAB II

ISI LAPORAN

A. Pelaksanaan Kegiatan

SMP N 2 MAOS mengadakan kegiatan Widya Wisata ke Jakarta. Pada tanggal 17 – 20 Januari 2015. Kegiatan ini di ikuti kelas VIII sejumlah 271 siswa dan guru pendamping 15 orang guru. Dengan menggunakan bus Sinar Mas yang sudah bekerja sama dengan Biro jasa Dewangga dari Cilacap.

Pada Hari Sabtu, tepatnya tanggal 17 Januari 2015. Kami berangkat menuju Jakarta. Kami berkumpul di sekolah pukul 16.00 WIB untuk di beri pengarahan oleh bapak ibu guru. Sebelum berangkat, dilakukan pembagian kelas untuk masing – masing bus. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 271 siswa dengan 5 bus pariwisata.

Rombongan SMP N 2 MAOS berangkat pukul 17.00 WIB. Di perjalanan kami merasa sangat senang karena kami dapat bersenda gurau dengan teman – teman. Ada yang mendengarkan musik, facebook-an dan bercerita satu sama lain. Bahkan ada sebagian dari kami mabuk di dalam bus. Ada juga teman kami yang tertidur pulas.

Pukul 22.00 WIB. Rombongan SMP N 2 MAOS berhenti di POM bensin Cimanggu untuk melakukan sholat Magrib isya jamak takhir qosor. Teman – teman berlarian menuju mushola untuk sholat. Setelah selesai sholat, pukul 23.00 WIB rombongan SMP N 2 MAOS melanjutkan perjalan menuju Jakarta. Hari sudah malam tak terasa kami sampai di Jawa Barat. Rombongan berhenti sejenak untuk melepas lelah atau bersantai, setelah selesai rombongan kembali melanjutkan perjalanan.

(7)

B. Hasil Kegiatan

1. Kunjungan Hari Pertama

1.1 Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu

Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk

merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan

(8)

Pukul 07.30 WIB rombongan SMP N 2 MAOS pergi dari penginapan Islamic Centre

pada hari itu bertepatan dengan hari minggu, maka di sekitar Tugu Monas ramai di padati para pengunjung dari dalam negri maupun luar negri. Pemandangan disana sangat indah, di tambah lagi dengan hembusan anginnya. Setelah berjalan mengelilingi Monas dan mengetahui sejarahnya, kami pun bergegas menuju bus untuk melanjutkan menuju Museum Gajah.

1.2 Museum Gajah (Museum Nasional)

Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah, adalah sebuah museum yang terletak di Jakarta Pusat dan persisnya di Jalan Merdeka Barat 12. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di

(9)

Cikal bakal museumini lahir tahun 1778, tepatnya tanggal 24 April, pada saat pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. J.C.M. Radermacher, ketua perkumpulan, menyumbang sebuah gedung yang bertempat di Jalan Kalibesar beserta dengan koleksi buku dan benda-benda budaya yang nanti menjadi dasar untuk pendirian museum.

Di masa pemerintahan Inggris (1811-1816), Sir Thomas Stamford Raffles yang juga merupakan direktur dari Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen memerintahkan pembangunan gedung baru yang terletak di Jalan Majapahit No. 3. Gedung ini digunakan sebagai museum dan ruang pertemuan untuk Literary Society (dahulu bernama "Societeit de

Harmonie".) Lokasi gedung ini sekarang menjadi bagian dari kompleks Sekretariat Negara.

Pada tahun 1862, setelah koleksi memenuhi museum di Jalan Majapahit, pemerintah Hindia-Belanda mendirikan gedung yang hingga kini masih ditempati. Gedung museum ini dibuka untuk umum pada tahun 1868.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Lembaga Kebudayaan Indonesia yang mengelola menyerahkan museum tersebut kepada pemerintah Republik Indonesia, tepatnya pada tanggal 17

September1962. Sejak itu pengelolaan museum dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mulai tahun 2005, Museum Nasional berada di bawah pengelolaan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata sehubungan dengan dipindahnya Direktorat Jenderal Kebudayaan ke lingkungan kementerian tersebut.

Museum Nasional juga dikenal sebagai Museum Gajah karena dihadiahkannya patung gajah berbahan perunggu oleh Raja

Chulalongkorn dari Thailand pada tahun 1871 yang kemudian dipasang di halaman depan museum. Meskipun demikian, sejak 28 Mei 1979, nama resmi lembaga ini adalah Museum Nasional Republik Indonesia.

(10)

Waktu pun berlalu, setelah mendengarkan cerita kami berjalan-jalan untuk melihat

berbagai macam beda-benda pada zaman

prasejarah. Saat berjalan kami melihat banyak sekali peninggalan sejarah yang terdapat di tempat tersebut sambil mengambil gambar patung dan yang lainnya. Namun, waktu berkeliling telah usai, karena hari sudah siang kami pun makan bersama di tempat tersebut. Setelah itu, kami bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju Masjid Istiqlal.

(11)

Masjid Istiqlal adalah masjid nasional negara Republik Indonesiayang terletak di pusat ibukota Jakarta. Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno di mana pemancangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan.

Lokasi kompleks masjid ini berada di bekas Taman Wilhelmina, di timur laut lapangan Medan Merdeka yang ditengahnya berdiri Monumen Nasional (Monas). Di seberang timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta. Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih dari dua ratus ribu jamaah.

Di perjalanan, kami melihat keadaan kota Jakarta yang begitu kumuh dengan rumah yang terjajar saling berdesak-desakan. Sekitar pukul 13.00 WIB kami tiba di lokasi. Kami pun langsung beranjak turun dari bus untuk menunaikan sholat dzuhur, asyar jamak qosor taqdim di masjid tersebut. Sebelumnya kami menitipkan sepatu di tempat penitipan, lalu kami mengambil air wudlu, selesai wudlu rombongan manaiki tangga untuk menuju ke dalam. Kemudian rombongan mulai menunaikan sholat bersama – sama. Rasa lelah kami hilang setelah selesai sholat. Rasa semangat kembali terlihat di wajah kami. Setelah selesai sholat, kami kembali menuju bus masing-masing untuk menuju Lubang Buaya.

(12)

Lubang Indonesia. Saat ini di tempat tersebut berdiri Lapangan Peringatan Lubang Buaya yang berisi Monumen Pancasila, sebuah museum diorama, sumur tempat para korban dibuang, serta sebuah ruangan berisi relik.

Nama Lubang Buaya sendiri berasal dari sebuah legenda yang menyatakan bahwa ada buaya-buayaputih di sungai yang terletak di dekat kawasan itu. Di Lubang Buaya terdapat patung elang dan patung pahlawan, patung elang itu sangat besar. Selain itu juga terdapat rumah yang di dalamnya ketujuh pahlawan revolusi disiksa dan dibunuh. Terdapat mobil yang digunakan untuk mengangkut orang-orang.

Jam menunjukan waktu pukul 14.00 WIB. Dari Masjid Istiqlal, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Lubang Buaya dan Monumen Pancasila Sakti. Kami beristirahat sejenak di dalam bus. Tepat pukul 15.00 WIB kami rombongan SMP N2 MAOS tiba di lokasi tujuan. Sebelum berjalan menyusuri tempat tersebut, kami berfoto bersama didepan patung para pahlawan sesuai kelas masing-masing. Lalu rombongan yang sudah berfoto di bolehkan untuk melihat – melihat peninggalan yang ada disana.

(13)
(14)

2. Kunjungan Hari Kedua

2.1 Gelanggang Samudra Ancol

Gelanggang Samudra Ancol merupakan sebuah oseanarium atau oceanarium. Oseanarium merupakan taman mamalia laut dan mahluk laut lainnya. Selain menikmati rekreasi bersama keluarga, di sini Anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan yang menarik mengenai mamalia laut seperti lumba-lumba, paus, singa laut, dan binatang laut lainnya. Gelanggang Samudra Ancol juga menjadi sarana konservasi satwa laut.

Pada pagi hari tepatnya hari senin, 19 Januari 2015 pukul 03.00 WIB, kami bangun tidur untuk melakukan persiapan untuk mandi dan shalat subuh. Tepat pukul 04.00 WIB kami mandi. Setelah selesai kami bergegas menuju masjid terdekat untuk shalat berjamaah. Seusai shalat subuh kami kembali ke kamar masing-masing. Pukul 06.00 WIB kami bersama teman-teman dan bapak serta ibu guru melakukan sarapan pagi. Selesai melakukan sarapan pagi, kami bersiap-siap untuk chekout dari penginapan. Semua barang bawaan di masukan kedalam bagasi bus. Rombongan SMP N 2 MAOS star dari penginapan Islamic Center pukul 07.00 WIB menuju Gelanggang Samudra Ancol. Kami sampai di lokasi tujuan pukul 08.30 WIB. Disana kami beristirahat sejenak sambil menuggu antrian.

Pukul 08.50 WIB kami masuk menuju ke sebuah pertunjukan beruang, serta aneka satwa lainya. Setelah selesai, kami berjalan menuju pintu keluar. Kami melanjutkan perjalanan menuju Dufan.

(15)

2.2

Dufan

(Dunia

Fantasi)

Dunia Fantasi atau disebut juga Dufan (juga disebut "Do Fun") yang diresmikan pada 29 Agustus 1985 adalah tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol taman impian), Jakarta Utara, Indonesia.

(16)

Kami sampai di Dufan pukul 11.30 WIB. Pada saat kami tiba di tempat

tersebut, kami terguyur hujan hingga membuat baju serta sepatu yang kami pakai menjadi basah. Setelah memasuki Dufan, kami sangat kecewa karena hampir semua wahana ditutup dan kami tidak dapat memasukinya. Hanya beberapa wahana yang tidak di tutup. Kami juga sangat kecewa karena di Dufan kami hanya di beri sedikit waktu untuk bermain wahana yang ada. Disana kami hanya berputar – putar untuk mencari wahana yang bisa di gunakan.

Setelah hujan reda, beberapa wahana seperti tornado, hysteria dibuka. Kami ingin sekali memasuki wahana tersebut. Tetapi waktu yang ditentukan telah tiba. Kami bergegas mencari jalan keluar dari Dufan untuk menuju bus. Pukul 13.30 WIB rombongan SMP N 2 MAOS melanjutkan perjalanan menuju gedung ANTV.

(17)

Pesbukers (sebelumnya Pesta Buka Bareng Selebritis) merupakan sebuah acara televisi yang ditayangkan

oleh ANTVsetiap Senin hingga Jumat pada awalnya, ditayangkan pada pukul 18:00-19:00 WIB. Acara ini pertama kali dimulai pada tanggal 25 Juli2011. Yang berisi acara yang berhubungan dengan anak gaul (ABG) dan disiarkan selama 60 menit (15 Menit sebelum Adzan

Maghrib, dan dilanjutkan 3 menit kemudian setelah Iklan). Pesbukers memenangkan Panasonic Gobel Awards 2013 & Panasonic Gobel Awards 2014 untuk kategoriProgram Komedi Terbaik. Salah satu pemain, Olga SyahputraMeninggal Dunia pada tanggal 27 maret 2015.

Kami sampai di tempat tujuan pada pukul 13.30 WIB.Kami diharapkan menunggu sejenak, karena para artis pengisi acara tersebut belum kunjung datang.Setelah para artis mendatangi gedung tersebut, kami dipersilahkan untuk memasuki tempat syuting. Kami kira tempat syuting Pesbukers itu sangatlah luas,ternyata sempit. Disana kami di beri arahan untuk semangat dan kompak, saat adegan di mulai kami semuanya tertawa terbahak – bahak melihat salah satu pemain pesbukers di tarik hingga jatuh saat di lokasi Ruming (Rumah Miring).

Setelah selesai acara syuting,kami merasa lelah,tetapi kami merasa bahagia karena dapat tertawa dan bergembira. Rombongan SMP N 2 MAOS melanjutkan perjalanan pulang yang sebelumnya akan mengunjungi daerah pusat oleh-oleh yang terkenal dengan perajin sepatunya. Daerah tersebut yaitu Cibaduyut.

(18)

Cibaduyut Bandung merupakan pusat perbelanjaan yang berada di daerah selatan Bandung. Kawasan ini awalnya terkenal dengan sentral sepatu kulit. Patung sepatu merupakan lambang atau ciri khas dari jalan Cibaduyut dan patung sepatu satu-satunya yang ada di kota Bandung. Pantung sepatu Cibaduyut merupakan akses pintu masuk menuju dari jalan Cibaduyut Bandung. Sepanjang Jalan Cibaduyut Bandung banyak berdiri toko - toko yang menjual dan menerima pesanan sepatu. Daerah ini terkenal karena harga yang mereka tawarkan cukup murah, dan kwalitas yang cukup bagus. Keistimewaan dari Cibaduyut adalah dapat membeli sepatu dengan model yang anda inginkan. Harganya pun bervariasi, mulai dari beberapa puluh ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah. Dengan kualitas yang bagus juga. Karena kualitas yang terjamin, produk dari Cibaduyut sangat terkenal hingga ke Asia. Selain sepatu, dompet dan tas banyak juga di sini di jual makanan khas Bandung sebagai oleh-oleh Bandung.

Kami tiba di lokasi kira-kira pukul 21.00 WIB ,lalu kami keluar dari bus untuk membeli oleh-oleh. Disana terlihat banyak toko yang menjual berbagai macam. Kami bingung mau membeli lalu terfikir untuk membeli makanan sebagai oleh – oleh keluarga yang di rumah. Ada juga yang membeli baju, jaket, topi dan banyak lagi. Kami juga tidak lupa untuk mencari kerajinan bahan Anorganik yang di beri tugas oleh guru Prakarya. Namun, kerajinan itu tidak ada.

Pukul 22.30 WIB kami melanjutkan perjalanan menuju Maos. Didalam bus, ibu guru menganjurkan para siswa agar beristirahat. Kami pun tertidur pulas. Malam telah berlalu, pada hari selasa 20 Februari 2015, tepat pukul 05.30 WIB kami tiba di sekolah SMP N 2 MAOS dan bertemu keluarga kami masing-masing.

BAB III

PENUTUP

(19)

Kegiatan widya wisata dengan mengunjungi tempat-tempat yang bersejarah dapat meningkatkan edukasi kita. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menambah pengalaman dan wawasan kita. Serta dapat mengetahui lebih luas tentang sejarah objek wisata di Jakarta. Berbagai objek wisata ini dapat meningkatkan kedekatan dan kebersamaaan antara siswa dan guru, serta teman teman yang lain. Selain itu, kegiatan ini dapat melatih kemandirian siswa.

B. Saran

Dari semua kegiatan yang sudah kami ikuti selama perjalanan ke Jakarta; kami menyarankan :

1. Kepada pihak panitia dan biro perjalanan sebaiknya memberi waktu lebih lama di setiap objek wisata agar siswa mengetahui lebih banyak tentang sejarah objek wisata yang kita kunjungi sehingga menambah pengetahuan dan wawasan menjadi bertambah.

2. Kepada pihak Asrama Haji Islamic Center agar kebersihan di asrama lebih di tingkatkan lagi supaya dapat menciptakan kenyamanan dan keindahan yang lebih baik serta fasilitas yang sudah rusak harus di ganti agar keamanan penggunanya terjamin.

Daftar Pustaka

(20)

Referensi

Dokumen terkait

Saya yang bertandatangan di bawah ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi saya yang berjudul : “Mekanisme Audit oleh Satuan Pengawasan Intern Marketing & Trading

Hal ini dapat menunjukkan perbandingan hasil belajar yang tentunya sangat berbeda, perbedaan ini tentunya dipengaruhi oleh ranah apa yang berperan dalam hal menjawab soal,

Pada bagian ini akan diberikan simulasi menggunakan program Mathematica 9.0 untuk menunjukkan grafik hubungan dua variabel, yaitu hubungan posisi kendaraan terhadap

Activity yang di lakukan untuk melihat laporan Jenis Project dapat dilihat pada Gambar III.61. Sebagai

Perempuan memang tidak cukup hanya mempunyai peluang yang besar,namun harus melakukan berbagai strategi agar mampu bersaing dan menjadi bahagian dari proses politik. Perempuan

PENDETEKSIAN HOTSPOT DENGAN SPACE TIME SCAN STATISTICS PADA KESEHATAN BAYI DAN BALITA DI KOTA DEPOK.. Maryana 1* , Yekti Widyaningsih 2 , Dian

hanya cahaya yang sesuai (yang memiliki frekuensi yang lebih besar dari frekuensi tertentu saja) yang memungkinkan lepasnya elektron dari pelat logam atau menyebabkan terjadi

Melakukan assessment terhadap sumber daya manusia (SDM) TI yang terkait dengan peran dalam monitor dan evaluasi kinerja TI untuk mengetahui tingkat kompetensi