Sistem Informasi Akademik Mahasiswa D3 Teknik Informatika Universitas Sumatera Utara

28 

Teks penuh

(1)

LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Komputer

Dalam merancang sebuah sistem informasi, digunakan suatu alat pendukung yaitu komputer.Bahasa komputer berasal dari bahasa asing yaitu To Compute, yang artinya hitung. Dengan demikian komputer diartikan sebagai alat hitung atau mesin hitung. Akan tetapi komputer diartiakn sebagai alat hitung atau mesin hitung. Akan tetapi komputer sangat berbeda dengan kalkulator. Perbedaannya adalah komputer dapat mengolah data dengan kecepatan denganss ketelitian yang tinggi. Selain itu komputer dapat menyimpan data dalam memory atau storageunitnya dan dapat melakukan proses secara kontiniu dan otomatis tanpa banyak campur tangan manusia.Sejalan dengan perkembangan komputer banyak para ahli mendefenisikan pengertian komputer yang pada intinya semuanya hamper sama seperti di bawah ini:

1. Komputer adalah rangkaian pekerjaan elektronika yang bekerja sama dalam melakukan rangkaian – rangkaian pekerjaan secara otomatis melalui instruksi atau program yang diberikan kepadanya.

2. Komputer sebagai suatu mesin elektronik bertujuan mengolah data yang mampu menerima masukan dan keluaran dalam melaksanakan pekerjaanArithmatic Logical Unit ( calculating, selecting, moving, soring, comparing dan lain – lain ) dan mengendalikan Control Unit ( peralatan

(2)

3. Komputer merupakan mesin elektronik yang dapat melakukan serangkaian perintah – perintah dari user dengan bahasa yang dimengerti oleh manusia (bahasa tingkat tinggi) dan bahasa yang dimengerti oleh komputer (bahasa mesin) dalam memproses data.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian komputer adalah alat pengolah data yang terdiri dari hardware, software dan brainware yang saling berkaitan erat.Namun demikian harus disadari bahwa meskipun komputer dapat melakukan pengolahan data, tetaplah benda mati yang bekerja atas dasar perintah atau instruksi yang diberikan oleh manusia melalui bahasa pemrograman.

Dalam pengolahan data tersebut harus menggunakan alat – alat untuk mempercepat jalannya proses pengolahan data yang tentunya memerlukan suatu prosedur pengolahan beserta orang – orang yang mampu melaksanakan pengolahan data, mulai dari perekaman data, pengumpulan data, pemasukan data, perhitungan – perhitungan sampai kepada pembuatan laporan atau informasi yang diinginkan.

Hal – hal tersebut di dalam pengolahan data dan informasi merupakan suatu kesatuan yang saling berhubungan dan bekerjasama yang terdiri dari peralatan, tenaga pelaksana, prosedur data sehingga pengolahan ini merupakan sistem pengolahan data.

2.2 Sistem Informasi

2.2.1 Pengertian Sistem Informasi

(3)

a.Data

Data merupakan fakta, bisa berupa symbol, angka, huruf dan lain – lain sebagai dasar untuk perhitungan ataupun pengolahan meliputi serangkaian tindakan yang akan diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan bermanfaat.

b.Sistem

Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang terinteraksi satu sama lain dan saling melengkapi untuk mencapai suatu tujuan.

c.Informasi

Informasi merupakan hasil pengolahan data yang berfungsi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Sistem informasi adalah sistem buatan manusia yang berisikan himpunan berinteraksi dari berbagai komponen yang bertujuan untuk mengumpulkan data, menyimpan data dan mengolah data menjadi informasi. Sistem informasi harus dapat menghasilkan informasi yang berkualitas yaitu singkat dan jelas, up to date(bermutu), mempunyai nilai lebih dan relevan kepada semua masyarakat maupun organisai.

(4)

2.2.2 Hubungan Data dan Sistem Informasi

Hubungan data dengan informasi dapat digambarkan sebagai hubungan antara barang baku dengan barang jadi. Dengan kata lain, sistem pengolahan data dari bentuk yang tidak dapat digunakan menjadi data yang lebih bernilai dan dapat dimengerti.

Hubungan tersebut dapat dijelaskan dengan gambar dibawah:

Gambar 2.1 Transformasi Data menjadi Informasi

2.2.3 Elemen Pendukung Suatu Sistem

Ada lima elemen dasar yang mendukung suatu sistem informasi pengolahan data dan informasi dengan menggunakan komputer yaitu :

1. Perangkat Keras ( Hardware )

Perangkat keras bagi suatu sistem informasi dapat berupa alat komputer ( pusat pengolahan), printer ( unit keluaran ), harddisk/floppy-disk ( unit penyimpanan ).

Penyimpanan Data

Input Data

Pengolahan Data

(5)

2. Perangkat Lunak (Software )

a. Perangkat lunak merupakan program yang berisikan perintah – perintah untuk melakukan pengolahan data yang terdiri dari : Operating Sistem yaitu program yang berfungsi untuk mengontrol dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan sistem komputer dalam pengolahan data.

b. Paket aplikasi yaitu paket program yang dibuat untuk memecahkan masalah tertentu seperti Word- Star, Windows dan lainnya.

c. User Program yaitu paket program yang dibuat sendiri.

3. File merupakan tempat penyimpanan data yang dapat dicari dan digunakan lagi.

4. Prosedur merupakan komponen fisik karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik seperti buku pandunan dan instruksi.

5. Personil merupakan operator komputer, sistem analisi, pembuat program ( programmer), personil penyiapam data dan lain – lain.

2.3 MySQL

2.3.1 PengertianMySQL

(6)

MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, dimana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael “Monty” Widenius.

Kehandalan suatu sistem basisdata (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja pengoptimasi-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL yang dibuat oleh pengguna maupun program-program aplikasi yang memanfaatkannya. Sebagai peladen basis data, MySQL mendukung operasi basisdata transaksional maupun operasi basisdata non-transaksional.

(7)

Untuk kebutuhan sistem yang ditujukan untuk bisnis sangat disarankan untuk menggunakan modus basisdata transaksional, hanya saja sebagai konsekuensinya unjuk kerja MySQL pada modus transaksional tidak secepat unjuk kerja pada modus non-transaksional

.

2.3.2 Sejarah MySQL

Sejarah MySQL pada awalnya diciptakan pada tahun 1979, oleh Michael “Monty” Widenius, seorang programmer komputer asal Swedia. Monty mengembangkan sebuah sistem database sederhana yang dinamakan UNIREG yang menggunakan koneksi low-level ISAM database engine dengan indexing. Pada saat itu Monty bekerja pada perusahaan bernama TcX di Swedia.TcX pada tahun 1994 mulai mengembangkan aplikasi berbasis web, dan berencana menggunakan UNIREG sebagai sistem database.

Namun sayangnya, UNIREG dianggagap tidak cocok untuk database yang dinamis seperti web.TcX kemudian mencoba mencari alternatif sistem database lainnya, salah satunya adalah mSQL (miniSQL). Namun mSQL versi 1 ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak mendukung indexing, sehingga performanya tidak terlalu bagus.

(8)

Namun saat itu Hughes menolak, dengan alasan sedang mengembangkan teknologi indexing yang independen untuk mSQL versi 2.

Dikarenakan penolakan tersebut, David Hughes, TcX (dan juga Monty) akhirnya memutuskan untuk merancang dan mengembangkan sendiri konsep sistem database baru. Sistem ini merupakan gabungan dari UNIREG dan mSQL (yang source codenya dapat bebas digunakan). Sehingga pada May 1995, sebuah RDBMS baru, yang dinamakan MySQL dirilis.David Axmark dari Detron HB, rekanan TcX mengusulkan agar MySQL di ‘jual’ dengan model bisnis baru. Ia mengusulkan agar MySQL dikembangkan dan dirilis dengan gratis.

Pendapatan perusahaan selanjutnya di dapat dari menjual jasa “support” untuk perusahaan yang ingin mengimplementasikan MySQL. Konsep bisnis ini sekarang dikenal dengan istilah Open Source.

Pada tahun 1995 itu juga, TcX berubah nama menjadi MySQL AB, dengan Michael Widenius, David Axmark dan Allan Larsson sebagai pendirinya. Titel “AB” dibelakang MySQL, adalah singkatan dari “Aktiebolag”, istilah PT (PerseroanTerbatas) bagi perusahaan Swedia.MySQL Biasanya dikendalikan secara administratif menggunakan bahasa pemrograman PHP yang user interfacenya dalam bentuk phpMyAdmin.

2.3.3Elemen SQL

(9)

a. Pernyataan

Perintah dari SQL yang digunakan untuk meminta sebuah tindakan kepada DBMS.

Pernyataan dasar SQL antara lain :

1. Alter : Merubah struktur tabel 2. Commit : Mengakhiri eksekusi tansaksi 3. Create : Membuat tabel, indeks

4. Delete : Menghapus baris pada sebuah tabel 5. Drop : Menghapus tabel, indeks

6. Grant : Menugaskan hak terhadap baris data kepada user 7. Insert : Menambah baris pada tabel

8. Revoke : Membatalkan hak kepada basis data

9. Rollback : Mengembalikan pada keadaan semula apabila transakasi gagal dilaksankan

10.Select : Memilih baris dan kolom pada sebuah tabel 11.Update : Mengubah value pada baris sebuah tabel

b. Nama

Nama digunakan sebagai identitas, yaitu identitas bagi objek pada DBMS Misal : Tabel, Kolom, dan Pengguna

c. Tipe data

(10)

1. Tipe data numerik antara lain adalah :

a. Tinyint : Nilai integer yang sangat kecil b. Smallint : Nilai integer yang kecil

c. Mediumint : Nilai integer yang sedang

d. Int : Nilai integer dengan nilai standar

e. Begint : Bilangan desimal dengan single-precission f. Float : Bilangan desimal dengan double-precission g. Desimal (M,D) : Bilangan float yang dinyatakan sebagai string.

M : Jumlah digit yang disimpan D : Jumlah angka dibelakang koma

2. Tipe data string antara lain :

a. Char : Karakter yang memiliki panjang yang tetap yaitu sebanyak n

b. Varchar : Karakter yang memiliki panjang tidak tetap yaitu maksimum n

c. Tinyblob : Blob dengan ukuran sangat kecil d. Blob : Blob dengan ukuran kecil

e. Meduimblob : Blob dengan ukuran sedang f. Longblob : Blob dengan ukuran besar

(11)

j. Longtext : Text yang memiliki ukuran besar

k. Enum : Kolom diisi dengan satu member enumerasi l. Set : Kolom dapat diisi denagn beberapa nilai

anggota

3. Tipe data tanggal dan jam antara lain adalah :

a. Date : Memiliki format tahun-bulan-tanggal b. Time : Memiliki format jam-menit-detik c. Datetime : Gabungan dari format date dan time

d. Ekspresi

Ekspresi digunakan untuk menghasilkan/menghitung nilai. Misalnya : Jumlah=Harga=Diskon

Ekspresi aritmatika antara lain : 1. + : tanbah

2. – : kurang 3. / : bagi 4. * : kali

(12)

f. Fungsi bawaan

Fungsi adalah subprogram yang dapat mengahasilkan suatu nilai apabila fungsi tersebut dipanggil. Fungsi Agregat adalah fungsi yang digunakan untuk melakukan summary, statistik yang dilakukan pada suatu tabel/query

1. AVG (Ekspresi) : Digunakan untuk mencari nilai rata-rata dalam kolom dari tabel

2. COUNT (x) : Digunakan untuk menghitung jumlah baris paling besar dari kolom dan tabel

3. MAX (Ekspresi) : Digunakan untuk mencari nilai paling besar dari suatu kolom dari tabel

4. MIN (Ekspresi) : Digunakan untuk mencari nilai paling kecil dari suatu kolom dari tabel

5. SUM (Ekspresi) : Digunakan untuk menghitung jumlah keseluruhan darai suatu kolom dari tabel

2.3.4Kelompok pernyataan SQL

Pernyataan SQL dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu : DDL, DML, dan DCL.

a. Pernyataan SQL kelompok DDL (Data Defination Language)

(13)

1. Membuat Database

Syntax yang digunakan : CREATE DATABASE namadatabase; 2. Menghapus Database

Syntax yang digunakan : DROP DATABASE namadatabase; 3. Membuat Tabel

Syntax yang digunakan : CREATE TABLE namatabel; 4. Menghapus Database

Syntax yang digunakan : DROP DATABASE namadatabase; 5. Menghapus Tabel

Syntax yang digunakan : DROP TABEL namatabel; 6. Mendefenisikan null/not null

Syntax yang digunakan : CREATE TABLE namatabel (Field1 TipeData1 NOT NULL, Field2 TipeDta2);

7. Mendefenisikan nilai Default

Syntax yang digunakan : CREATE TABLE namatabel (Field1 TipeData1, Field2 TipeData2 DEFAULT nilai);

8. Mendefenisikan Primary Key pada Tabel Dapat dilakukan dengan 3 syntax :

a. CREATE TABLE namatable (Field1 TipeData1 NOT NULL PRIMARY KEY, Field2 TipeData2

(14)

c. ALTER TABLE namatabel ADD CONSTRAINT namaconstraint PRIMARY KEY (NAMA KOLOM)

9. Menghapus Primary Key pada Tabel Syntax yang digunakan ada 2:

a. ALTER TABLE namatabel DROP CONSTRAINT NAMACONSTRAINT;

b. ALTER TABLE NAMATABLE DROP PRIMARY KEY; 10.Menambah Kolom baru pada Tabel

Syntax yang digunakan : ALTER TABLE NAMATABEL ADD newfield tipe;

11.Mengubah Tipe Data atau Lebar Kolom pada Tabel

Syntax yang digunakan : ALTER TABLE namatabel MODIFY COLUMN field tipe;

12.Mengubah Nama Kolom

Syntax yang digunakan : ALTER TABLE namatabel CHANGE COLUMN namakolomlama namakolombaru tipe;

13.Menghapus Kolom pada Tabel

Syntax yang digunakan : ALTER TABLE namatabel DROP COLUMN namakolom;

(15)

a. CREATE TABLE namatabel (Field1 TipeData1, Field2 TipeData2, FOREIGN KEY (Field2) REFERENCES namatabelinduk

(namakolominduk) ON UPDATE CASCADE ON DELETE NO ACTION)

b. ALTER TABEL namatabel ADD CONSTRAINT namaconstraint FOREIGN KEY (namakolom) REFERENCES namatabeliinduk (namakolominduk) ON UPDATE CASCADE ON DELETE NO ACTION;

15.Menghapus Foreign Key

Syntax yang digunakan : ALTER TABLE namatabel DROP FOREIGN KEY namaconstraint;

b. DML (Data Manipulation Language)

DML berfungsi untuk memanipulasi data yang ada didalam basis data, contohnya untuk pengambilan dat, penyisipan data, pengubahan data dan penghapusan data.

Perintah yang digunakan biasanya adalah : INSERT, DELETE, UPDATE, dan SELECT`

1. INSERT

(16)

2. DELETE

Menghapus baris pada tabel. Syntaxnya adalah DELETE FROM namatabel [where kondisi];

3. UPDATE

Mengubah isi beberapa kolom pada tabel. Syntaxnya adalah UPDATE namatabel SET kolom1=nilia1=nilai2[where kondisi];

4. SELECT

Menampilkan isi dari suatu tabel yang bisa dihubungkan dengan tabel yang lainnya;

2.3.5Keunggulan SQL

Terdapat beberapa keunggulan SQL, diantaranya :

a. Program yang multi-threaded, sehingga dapat dipasang pada server yang memiliki multi-CPU

b. Didukung bahasa pemrograman umum seperti C,C++, Java, Perl, PHP, Phyton, TCL, Apls dls.

c. Bekerja pada berbagai platform

d. Memiliki jenis kolom yang cukup sehingga memudahkan konfigurasi system database

e. Memiliki system sekuriti yang cukup baik dengan verifikasi host f. Mendukung ODBC untuk OS Microsoft Windows

(17)

2.4 Xampp

2.4.1 Pengertian Xampp

XAMPP merupakan salah satu paketinstallasi Apache, PHP dan MySQL instant yang dapat kita gunakan untuk membantu prosesinstallasi ketiga produk tersebut. XAMPP adalah perangkat lunak bebas,yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa pro gram. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database,dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPPmerupakan singkatan dari X (empat sistem operasiapapun), Apache,

MySQL, PHP dan Perl. Programini tersedia dalam GNU General Public Licensedan bebas,merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halamanwebyang dinamis. Untuk mendapatkanya dapatmendownload langsung dari web resminya.

2.4.2 Sejarah Xampp

(18)

Bagian-bagian Xampp yang biasa digunakan pada umumnya, antara lain : 1. HtDoc

Folder tempat meletakkan berkas-berkas yang akan dijalankan,seperti berkas PHP, HTML,dan skrip lain.

Gambar 2.1 HtDoc

2. PHPMyAdmin

Merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada dikomputer. Untuk membukanya,buka browser laluketikkan alamat

(19)

3. Kontrol Panel

Berfungsi untuk mengelola layanan (service) XAMPP. Seperti menghentikan (stop) layanan, ataupun memulai (start).

Gambar 2.3 Kontrol Panel

2.5 World Wide Web (WWW)

World Wide Web (WWW), lebih dikenal dengan web merupakan salah satu layanan

yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung dengan internet. Web pada awalnya adalah ruang informasi dalam internet, dengan menggunakan teknologi hypertext.Pemakai dituntut untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang

(20)

Kini internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai standart interface pada layanan yang ada pada internet, dari awalnya sebagai penyedia informasi, kini digunakan juga untuk komunikasi dari email sampai dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi bisnis (commerce).

Kini, web seakan lebih popular dari pada email, walaupun secara statisktik email masih merupakan aplikasi terbanyak yang digunakan oleh pengguna

internet.Web lebih popular bagi khalayak umum dan pemula, terutama untuk tujuan pencarian informasi dan melakukan komunikasi email yang menggunakan web sebagai interfacenya.

Interface identik dengan web, karena popularitas sebagai penyedia informasi dan interface yang digunakan oleh pengguna internet dari masalah informasi sampai dengan komunikasi. Informasi produk dari yang serius sampai dengan yang sampah, dari yang cuma–cuma sampai dengan yang komersial, semuanya ada.Web memudahkan pengguna komputer untuk berinteraksi dengan pelaku internet lainya dan menelusuri (informasi) di internet. Selain itu web telah diadopsi oleh perusahaan sebagai bagian dari stategi teknologi informasi, karena beberapa alasan:

a. Akses informasi yang mudah. b. Setup server yang lebih mudah. c. Informasi mudah didistribusikan.

(21)

2.5.1 Lahirnya Web

Tahun 1989, Trimothy Berners-Lee seorang ahli komputer dari Inggris dan peneliti lain di European Particle Physics Lab (Consei European Pour la Recherche Nucleaire, atau CERN) di Geneva Swiss, mengembangkan satu cara untuk membagi

data antar koleganya menggunakan sesuatu yang di sebut dengan hypertext.

Pemakai di CERN dapat menampilkan dokumen pada layar komputer dengan menggunakan software browser baru.

Kode-kode khusus disisipkan kedalam dokumen elektronik ini, memungkinkan

pemakai untuk meloncat dari satu dokumen ke dokumen lainnya pada layar dengan hanya

memilih sebuah hyperlink.

Kemampuan internet dimasukkan kedalam browser ini sehingga lompat dari satu

dokumen ke dokumen lain, tidak lagi dari satu komputer saja, tetapi dapat melompat

kedokumen lain yang letaknya pada komputer remote. Seorang peneliti dapat juga

mengirimkan sebuah file dari komputer remote kesistem lokalnya, atau login kedalam suatu

sistem remote hanya dengan mengklik hyperlink. Tidak perlu melalui mekanisme FTP atau

Telnet.Jalan pintas CERN digunakan sebagai dasar dari yang disebut World Wide Web atau

berikut server dan browser webnya (sekarang dimaintenence oleh World Wide Consortium).

2.6 HTML (Hypertext Markup Language) 2.6.1 Dukumen HTML

(22)

dokumen yang disajikan dalam browser web surfer. Dokumen umumnya berisi informasi atau interface aplikasi didalam internet.

Ada dua cara untuk membuat web page : dengan web editor (misalnya macromedia Dreamweaver atau Microsoft Frontpage) atau teks editor biasa misalnya notepad atau editplus.

2.6.2 Penamaan Dokumen HTML

Penamaan dokumen HTML yang menggunakan tiga karakter awalnya adalah untuk mengakomodasikan sistem penamaan yang ada pada sistem operasi DOS.Nama dokumen pada beberapa sistem operasi bersifat case sensitive (membedakan huruf besar dan kecil). Nama dokumen yang sama tapi dituliskan dalam case yang berbeda akan dianggap sebagai document yang berbeda, misalnya „dokumen.html’ berbeda dengan „DOKUMEN.html’.Kasus case sensitiveakan dijumpai pada dokumen web yang dihosting didalam server yang berbasis *.nix (keluarga sistem operasi UNIX).

2.6.3 Elemen dan Tag HTML

(23)

Tag yang menunjukkan tag awal yang berarti awal elemen, dan yang kedua menunjukkan tag akhir, berarti akhir elemen.

Nama elemen ditunjukkan dengan namatagnya. Suatu elemen didalam dokumen HTML harus ditandai dengan tagnya yang berpasangan. Ada beberapa elemen yang tidak mengharuskan tagnya ditulis secara berpasangan, elemen tersebut diantarnya adalah:

a. Paragraf dengan tag <p>.

b. Ganti garis – break line dengan tag<br>. c. Ganti datar – horizontal rule dengan tag <hr>. d. List item dengan tag<Li>.

Secara umum elemen dalam dokumen HTML yang dinyatakan dengan tagnya, dituliskan: <namatag>_</nametag> penulisan penamaan tag bebas, dapat menggunakan huruf besar, huruf kecil, ataupun campuran (tidak case sensitive).

Tetapi untuk antisipasi pada standar penulisan tag, direkomendasikan untuk menuliskan tag dengan menggunakan huruf kecil semuanya.Tag mark up sebenarnya memberi tahu browser bagaimana memberlakukan atau menampilkan (memformat) halaman dokumen tersebut dalam browser.

(24)

Secara umum dokumen dibagi menjadi dua section (bagian), yaitu section head dan section body, sehingga setiap dokumen HTML harus mempunyai pola dasar sebagai berikut:

<html> <head>

…informasi tentang dokumen HTML </head>

<body>

…informasi yang ditampilkan oleh browser web </body>

</html>

Setiap dokumen HTML harus diawali tag<html> dan tag</html> diakhir dokumen. Tag ini menandai elemen HTML, yang berarti dokumen ini adalah dokumen HTML.

Dalam suatu dokumen hanya ada satu dokumen HTML, section atau elemen head ditandai dengan tag<head> diawal, dan tag</head> diakhir.Section ini berisi

informasi tentang dokumen HTML lainnya. Minimal informasi yang dituliskan dalam elemen ini adalah judul dari elemen, judul ini akan ditampilkan pada captionBr dari windows browser, ditandai dengan menggunakan tag<title>dan diakhiri dengan

(25)

Elemen ini berisi dokumen yang akan ditampilkan pada browser, meliputi paragraf grafik, link, tabel, dan sebagainya.

Contoh dokumen HTML sebagai berikut : <!-contoh.html->

<html> <head>

<title> Halaman contoh </title> </head>

<body>

File ini merupakan file contoh.<br>

<b>ini untuk membuat huruf cetak tebal</b> </body></html>

Hasil dokumen HTML yang ditampilkan di browser Internet Explorer adalah :

(26)

2.7 PHP (Hypertext Preprocessor) 2.7.1 Sejarah PHP

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang masih muda namun telah

mengalami perkembangan yang cukup signifikan dan telah banyak digunakan oleh user dalam membuat sebuah aplikasi web yang baik baik perseorangan maupun

perusahaan.

2.7.2 Kelebihan PHP dari Bahasa Pemrograman Lain

Berikut adalah beberapa kelebihan daribahasa pemrograman PHP :

1. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.

2. Web server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana-mana dari mulai IIS sampai dengan apache, dengan kompilasi yang ralatif mudah.

3. Dalam sisi pengembangan relative mudah, karena banyak developer yang siap membantu dalam pengembangan.

4. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan diberbagai mesin (linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga

dapat menjalankan perintah-perintah sistem.

(27)

2.8Sublime Text

Dalam membuat situs web diperlukan suatu editor. Salah satu contoh editor yang sangat sederhana adalah notepad.

Sublime Text merupakan editor HTML yang professional mendesain, menulis

kode program dan mengembangkan website, halaman web, dan aplikasi web. Dalam pengerjaanya dreamweaver memberikan tiga pilihan yaitu bekerja dengan menulis kode program (Menu Code), dengan pengeditan secara visual (Mode Design) dan dengan tampilan keduanya (Split Mode).

Dreamweaver juga menyediakan alat-alat bantu untuk mengembangkan kreatifitas

(28)

Figur

Gambar 2.1 Transformasi Data menjadi Informasi
Gambar 2 1 Transformasi Data menjadi Informasi . View in document p.4
Gambar 2.1 HtDoc
Gambar 2 1 HtDoc . View in document p.18
Gambar 2.3 Kontrol Panel
Gambar 2 3 Kontrol Panel . View in document p.19
Gambar 2.5 Tampilan Editor Sublime Text
Gambar 2 5 Tampilan Editor Sublime Text . View in document p.28

Referensi

Memperbarui...